Teori motivasi kontemporer:

Teori kebutuhan McClelland

mcclelland-theory-1Teori kebutuhan McClelland dikembangkan oleh David McClelland dan teman-temannya.
Teori kebutuhan McClelland berfokus pada tiga kebutuhan yang didefinisikan sebagai berikut:

  • AcquiredNeedsTheory-mcclelandkebutuhan berprestasi: dorongan untuk melebihi, mencapai standar-standar, berusaha keras untuk berhasil.
  • kebutuhan berkuasa: kebutuhan untuk membuat individu lain berperilaku sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya.
  • kebutuhan berafiliasi: keinginan untuk menjalin suatu hubungan antarpersonal yang ramah dan akrab.

Teori evaluasi kognitif

cognitive-theoryTeori evaluasi kognitif adalah teori yang menyatakan bahwa pemberian penghargaan-penghargaan ekstrinsik untuk perilaku yang sebelumnya memuaskan secara intrinsik cenderung mengurangi tingkat motivasi secara keseluruhan. Teori evaluasi kognitif telah diteliti secara eksensif dan ada banyak studi yang mendukung.

Teori penentuan tujuan

goal226x150Teori penentuan tujuan adalah teori yang mengemukakan bahwa niat untuk mencapai tujuan merupakan sumber motivasi kerja yang utama. Artinya, tujuan memberitahu seorang karyawan apa yang harus dilakukan dan berapa banyak usaha yang harus dikeluarkan.

teori-penguatanTeori penguatan

Teori penguatan adalah teori di mana perilaku merupakan sebuah fungsi dari konsekuensi-konsekuensinya jadi teori tersebut mengabaikan keadaan batin individu dan hanya terpusat pada apa yang terjadi pada seseorang ketika ia melakukan tindakan.

Teori Keadilan

teori-keadilanTeori keadilan adalah teori bahwa individu membandingkan masukan-masukan dan hasil pekerjaan mereka dengan masukan-masukan dan hasil pekerjaan orang lain, dan kemudian merespons untuk menghilangkan ketidakadilan.

Teori harapan

teori-harapan-motovasi-lawlerTeori harapan adalah kekuatan dari suatu kecenderungan untuk bertindak dalam cara tertentu bergantung pada kekuatan dari suatu harapan bahwa tindakan tersebut akan diikuti dengan hasil yang ada dan pada daya tarik dari hasil itu terhadap individu tersebut

82 thoughts on “Teori motivasi kontemporer:

  1. Bissmilahirrohmanirrohim.
    Kebutuhan-kebutuhan manusia didorong oleh faktor penghidupan kedepan manusia itu sendiri.tujuan hidup yang dimiliki setiap manusia didasari oleh suatu keinginan dan teori-teori diatas memperkuat adanya keyakinan itu sendiri.

  2. Menurut saya,manusia sebagai makhluk hidup harus bersosialisasi dan dalam bersosialisasi tidak terlepas dari kebuthan berprestasi,berkuasa,berafiliasi dan teori keadilan,teori harapan,penguatan,penentuan tujuan serta evaluasi kognitip sebagai kunci dalam mencapai kebutuhan tersebut

  3. Kontemporer sendiri memiliki arti persamaan waktu/pada waktu yang sama sehingga menurut saya teori motivasi kontemporer memiliki arti bahwa manusia harus memiliki tiga elemen kebutuhan (berprestasi,berkuasa dan berafiliasi) tersebut dalam waktu yang sama. Dan teori-teori diatas menjelaskan tujuan dari adanya tiga elemen kebutuhan tersebut.

  4. menurut saya dari sini saya dapat mengambill beberapa kesimpulan bahwa Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat antusianya dalam melaksanakan suatu kegiatan).

  5. Menurut saya teori motivasi kontemporer ini sangat erat dengan hubungan sosial antar individu. Dan setiap hubungan antar individu erat pula kaitannya dengan kebutuhan berprestasi, berkuasa, dan berafiliasi. Kebutuhan-kebutuhan ini pula berhubungan dengan teori-teori yang disebutkan di atas, sehingga motivasi kontemporer berpeluang dijadikan pandangan tentang bagaimana individu hidup dan mencapai sesuatu.

  6. 201352051_Siti Rahmayati_Seksi 59
    saya sependapat dengan teori kebutuhan yang dikemukakan oleh David Mclelland dkk karena manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan itu semua untuk mewujudkan target yang ingin dicapainya. afiliasi adalah kebutuhan untuk menambah jaringan pertemanan. dari jaringan pertemanan tersebut kita dapat menunjukkan kemampuan kita untuk berprestasi karena dari pertemanan tersebut kita dapat saling bertukar dan menambah pengetahuan. selanjutnya kebutuhan berkuasa adalah dapat saya katakan pencapaian tertinggi dari dua kebutuhan sebelumnya. kenapa? karena saya yakin, semua orang ingin memiliki kekuasan, namun hanya orang – orang tertentu sajalah yang mampu mewujudkan kebutuhan ini karena seseorang yang berkuasa umumnya mempunyai jaringan pertemanan yang luas, dan pengetahuan yang luas juga.

  7. Menurut saya teori motivasi kontemporer dimana setiap individu harus memiliki tiga elemen kebutuhan tersebut yaitu berprestasi,berkuasa, dan berafiliasi.

  8. Menurut saya. manusia sangat perlu masing2 kebutuhan dan dibalik semua kebutuhan mereka juga harus mempunyai prestasi,kekuasaan dan berafiliasi.

  9. maksud dalam tiga elemen kebutuhan (berprestasi,berkuasa dan berafiliasi) adalah bagaimana kita berperilaku dalam mencapai tujuan . Pada dasarnya , ketiga elemen diatas adalah tahapan dalam mewujudkan suatu tujuan .

    terima kasih

  10. Setiap manusia yang ingin mencapai tujuannya pastilah memiliki motivasi-motivasi tertentu yang membuat mereka mempunyai dorongan semangat dalam bertindak mencapai tujuannya. Dan motivasi-motivasi tersebut bisa lahir dari 3 kebutuhan-kebutuhan di atas.
    Menurut saya, kebutuhan untuk berprestasi (Needs of Achievement) muncul dari faktor internal atau kepribadian orang tersebut dalam memandang tujuan yang ingin dicapainya dalam standar kepuasan pencapaian targetnya. Lalu kebutuhan untuk berkuasa (Needs of Power) muncul dari pribadi orang tersebut dan bisa juga dari faktor lingkungan orang tersebut yang mendorong ambisi orang tersebut untuk mendapatkan prestasi yang dapat mempengaruhi orang lain dan lingkungannya. Dan terakhir kebutuhan untuk berafiliasi (Needs of Affiliation) muncul dari lingkungan yang mendorong seseorang berprestasi untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan-lingkungan yang dipandang sepadan

  11. Kebutuhan manusia tidak dapat dikukur dari satu kegiatan atau satu waktu saja, karena setiap manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda beda. Karena keinginan manusia hidup sebagai makhluk sosial selalu berubah ubah setiap waktu mengikuti zaman. Jadi menurut saya meskipun teori diatas benar tetapi belum cukup untuk mewakili setiap kebutuhan manusia.

  12. Berdasarkan teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang.

  13. Menurut saya Motivasi Extempore berfokus pada 3 Kebutuhan yaitu : kebutuhan akan dorongan untuk mencapai standar tertentu sehingga akan berusaha bekerja keras untuk mewujudkan impian tersebut, kebutuhan untuk membuat individu lain berperilaku sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya, dan yang terakhir adalah kebutuhan akan berafliasi yaitu keinginan untuk menjalin suatu hubungan antar personal yang ramah dan akrab karena sebagai makhluk sosial manusia pasti sangat membutuhkan sosialisasi dimana saling berinteraksi dengan makluk lainnya sehingga mampu mendorong untuk mencapai tujuan tersebut. terima kasih

  14. SRI MULYANI 2013-11-461 Seksi 58
    Sebagai makhluk sosial manusia memerlukan kebutuhan akan kekuasaan, kebutuhan akan prestasi dan kebutuhan bersosialisasi, hal ini sebagai wujud aktualisasi diri dan kontribusi seseorang dalam hidup bermasyarakat. Kekuasaan atau prestasi yang telah dicapai seseorang, akan mendorong seseorang untuk bertindak agar bisa melebihi mereka atau setidaknya mempunyai prestasi dan kekuasaan yang sama, seperti dikatakan dalam teori keadilan yang membandingkan hasil pekerjaan mereka.

  15. Teori-teori yang telah dikemukakan di atas telah banyak diterapkan di tempat kerja maupun di kehidupan sehari-hari kita saat ini. Teori motivasi kotemporer di atas telah terbukti sangat banyak membantu dalam pencapaian suatu tujuan dari perusahaan maupun tujuan personal sesuai yang diinginkan. Teori evaluasi kognitif inilah yang paling saya temui dalam dunia kerja saat ini. Dengan adanya pemberian penghargaan-penghargaan untuk suatu perilaku yang memuaskan akan meningkatkan motivasi seseorang sehingga setiap orang akan bersaing untuk mendapatan penghargaan itu yang dapat membuat meningkatnya perkembangan personal pribadi tersebut.

  16. Menurut saya dari teori McClelland dikenal tentang teori kebutuhan untuk mencapai prestasi atau Need for Acievement (N.Ach) yang menyatakan bahwa motivasi berbeda-beda, sesuai dengan kekuatan kebutuhan seseorang akan prestasi kebutuhan pencapaian; dorongan untuk melebihi, mencapai standar, berusaha keras untuk berhasil atau keinginan untuk menjalin suatu hubungan antar personal yang ramah dan akrab. Terimakasih

  17. menurut saya teori motivasi kontemporer memiliki arti bahwa manusia harus memiliki tiga elemen berprestasi,berkuasa dan berafiliasi kebutuhan tersebut dalam waktu yang sama. Dan teori-teori diatas menjelaskan tujuan dari adanya tiga elemen kebutuhan tersebut.

  18. menurut saya teori kontemporer lebih menjelaskan secara garis besar tentang kehidupan manusia. seperti ketiga hal itu, kebutuhan untuk berprestasi, kekuasaan dan berelasi. Semuanya sangat kita butuhkan dan semuanya memiliki arti tersendiri

  19. Ada beberapa teori motivasi kontemporer, teori-teori ini bisa menjelaskan upaya manusia memenuhi kebutuhan dan keinginannya, seperti berprestasi ( dalam teori Kebutuhan MC Clelland), menjadi orang yang ekstrensik supaya dihargai (dalam teori evaluasi kognitif) atau menjadi instrinsik (motivasi dari diri sendiri), menentukan goal, fokus dan peneguhan akan tujuan, belajar dari orang lain dan merespon untuk membenahi diri, dan penuh dengan harapan dan percaya diri.

  20. Teori kontemporer adalah teori yg menjelaskan tentang kehidupan, juga dalam suatu pekerjaan yang point-point tsb mungkin harus dijalankan secara bersamaan

  21. Teori motivasi kontemporer ini menggambarkan kondisi pemikiran kita dalam menjelaskan kebutuhan hidup guna mencapai suatu hubungan yang baik antarapersonal.

  22. YOSUA SALIM / 2013-12-089 / SEKSI 58.

    Menurut saya. Didalam hal 3 tentang teori kebutuhan :
    1. Berprestasi itu motivasinya itu kalau dia dapat prestasi atau award apapun
    2. Berkuasa itu motivasiya dia bisa mengatur orang
    3. Afiliasi itu motivasinya adalah dia bisa menjalin hubungan sama yg lainnya.
    Jika Teori penentuan tujuan itu maksudnya, orang akan termotivasi kalau tau hasil akhirnya itu apa.
    Jika Teori pengutan itu motivasinya itu hadir karena ada konsekuensi” kalau dia tidak mengerjakan pekerjaan itu.
    Jika teori keadilan itu dia termotivasi karena melihat orang lain uda melakukan itu, dan dia melihat hasil orang tsb.
    Jika teori harapan yaa motivasinya karena dia mengharapkan sesuatu, entah mungkin/tidak.

  23. Menurut saya teori ini merupakan 3 komponen yang dilakukan dalam kehidupan kita baik itu dalam bermasyarakat maupun berada dilingkungan kantor atau bisnis. 3 komponen tersebut tidak bisa dilarang jika dilarang maka seseorang akan sulit untuk berkembang dilingkungan bermasyarakat maupun bisnis.

  24. Menurut saya, semua teori ini sangatlah dan alangkah indahnya jika semua manusia menggunakan teori yg berada disini, dan tindakan teori ini sifat nya individu atau sesuai kebutuhan masing-masing.

  25. Teori kontemporer menjelaskan teori kehidupan manusia memiliki arti bahwa manusia memiliki 3 elemen yaitu berprestasi,berkuasa dan berafiliasi.

  26. menurut saya Teori kebutuhan McClelland, berpendapat bahwa seseorang yang mampu memahami kebutuhan motivasinya akan dapat menentukan karir maupun pekerjaan yang cocok sesuai dengan karakternya.

  27. Teori motivasi kontemporer menurut McClelland adalah faktor internal yang terdapat pada setiap individu untuk mencapai tujuannya. Dan faktor yang lain adalah faktor externalnya, dengan adanya pengakuan dari pihak lain membuat seseorang merasa dihargai dan membuatnya semakin giat dalam menggapai semua tujuannya.

  28. 201311267 – Fendy – seksi 58

    Dari teori kebutuhan McClelland, menurut saya manusia memiliki sifat ingin diakui, karena itulah muncul keinginan berprestasi, berkuasa, dsb. Hal itu pun mendorong manusia memiliki motivasi kuat untuk mencapai tujuannya.
    Terima kasih Pak.

  29. Menurut saya :
    Teori kebutuhan McClelland berfokus pada tiga kebutuhan yang didefinisikan sebagai berikut:
    1.kebutuhan berprestasi: dorongan untuk melebihi, mencapai standar-standar, berusaha keras untuk berhasil.
    2.kebutuhan berkuasa: kebutuhan untuk membuat individu lain berperilaku sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya.
    3.kebutuhan berafiliasi: keinginan untuk menjalin suatu hubungan antar personal yang ramah dan akrab.Jadi jika semuanya dijalankan akan merpengaruh banyak bagi kehidupan.

  30. Teori motivasi kontemporer terdiri dari tiga kebutuhan prestasi, kekuasaan, dan berafiliasi. kebutuhan prestasi adalah di mana setiap individu yang berprestasi menginginkan pengakuan atau penghargaan, sehingga menjadi motivasi dari individu itu sendiri untuk terus meningkatkan prestasi. Sedangkan kekuasaan adalah kelebihan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar individu lain berprilaku sedemikian rupa. dan kebutuhan berafiliasi adalah keinginan individu yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan dengan ramah dan akrab. Apabila kebutuhan prestasi, kekuasaan, dan berafiliasi dapat berjalan dengan baik maka pencapaian suatu tujuan akan lebih mudah untuk di wujudkan.

  31. Setiap manusia harus memiliki motivasi yang didasari oleh unsur yang jelas serta sama rata dengan teori motivasi lainnya.

  32. Dalam teori motivasi temporer ini didapati bahwa segala sesuatu yang timbul karena suatu dorongan dalam diri manusia untuk mencapai tujuan akhir yang sempurna, sesuai dengan kebutuhan alami manusia dalam hidup yaitu kebutuhan berprestasi,berkuasa dan berafiliasi.

  33. Teori yang dikembangkan oleh David McClelland, dkk merupakan suatu teori yang memotivasi setiap individu untuk mencapai tujuan terpenting didalam hidupnya. Teori yang dikembangkan adalah kebutuhan berprestasi, kebutuhan berkuasa, dan kebutuhan berafiliasi, dengan tercapainya ke 3 kebutuhan diatas maka membuktikan bahwa kebutuhan dihidupnya telah tercapai, hanya tinggal menjaga dan mengembangkan kebutuhan/ keinginan tersebut. Terimakasih

  34. Menurut saya teori motivasi kontemporer ini berkaitan dengan hubungan sosial dan individu. Sehingga motivasi kontemporer berpeluang dijadikan pandangan tentang bagaimana individu hidup mencapai sesuatu yang mereka inginkan.
    Terimakasih

  35. dalam teori Mcceland menjelaskan kebutuhan prestasi, kekuasaan, dan kebutuhan berafiliasi menjadi hal yang penting, ambil contohnya kebutuhan berafiliasi, bagaimana kita harus menjaga hubungan antar personal yang ramah dan akrab . dengan terjalin hubungan baik, kita semakin mudah bergaul dan mudah dengan kesuksesan.

  36. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Dear Bp Darmanysah,

    Banyak hal yang bisa membangkitkan serta mendasari motivasi seseorang, di antaranya karena kepuasan / pencapaian pribadi, kebutuhan sosial, dan lain sebagainya.
    Hal-hal tersebut yang mendasari timbulnya motivasi dalam diri manusia guna mencapai goal yang ditetapkan oleh manusia itu sendiri.
    Terima kasih

    Best regards,
    Rohani

  37. Menurut saya, tujuan hidup yang ingin dicapai seorang manusia tidak lepas dari keinginan untuk sukses di bidangnya, entah itu untuk mendapatkan jabatan tertinggi, meraih salary atau profit yang besar. Disinilah teori kebutuhan McClelland sangat dibutuhkan, sebab hal pertama yang harus dimiliki manusia adalah hasrat untuk berprestasi. Prestasi itulah yang akan dijadikan penilaian terhadap individu akan kinerjanya, setelah berprestasi maka individu cenderung ingin memiliki kekuasaan lebih sebagai apresiasi atas apa yang telah diraihnya. Namun dalam konteks ini bukan berarti individu berprestasi yang ingin memiliki kekuasaan tidak ada hasrat untuk berinteraksi dengan individu lainnya, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain.

    Terima Kasih

  38. Menurut saya Teori yang dikeluarkan oleh McCelland ini merupakan sebuah teori yang saling bergantungan dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Teori ini juga memiliki keterkaitan untuk menjadi seorang manajer yang baik, Cntoh nya :

    1. Jika Seorang manajer memiliki kebutuhan yang tinggi untuk pencapaian ( need achievement ) tidak selalu dapat menjadi manajer yang baik, hal ini di sebabkan orang yang memiliki kebutuhan pencapaian ( need achievement ) yang tinggi cenderung tertarik dengan bagaimana mereka bekerja secara pribadi, dan tidak akan mempengaruhi pekerja lain untuk bekerja dengan baik..
    2. Seseorang yang termotivasi oleh kekuasaan memiliki keinginan kuat untuk menjadi berpengaruh dan mengendalikan, hal ini dapat menjadikan seseorang sebagai pemimpin yang baik karena mereka akan termotivasi oleh reputasi dan harga diri, seseorang yang memiliki kebutuhan berkuasa yang tinggi akan mengerjakan pekerjaan ynya sebaik mungkin sehingga ia dapat meningkatkan reputasi nya dan menjadi kan nya berkuasa.
    3. Seseorang yang memiliki kebutuhan afiliasi yang tinggi cenderung memilih untuk ditrima dan disenangi oleh orang lain, dalam menjadi seorang pemimpin yang baik hendaknya bersifat tegas dalam membuat sebuah keputusan sekalipun keputusan itu tidak disukai oleh orang banyak.

    Maka dari itu menurut saya teori kebutuhan menurut McCelland ini banyak memberikan pengaruh terhadap seorang pemimpin dalam pembagian nya .

  39. melva marshella (2013-52-199) seksi 59
    secara sederhana teori kontemporer ini mengatakan bahwa manusia haus akan 3 hal.
    1. ingin diakui orang lain melalui hal-hal baik yang bisa dicapainya
    2. ingin dihormati sehingga orang lain mau mendengarkan bahkan melakukan sesuatu seperti yang diinginkannya
    3. ingin dicintai dan diterima bukan hanya karna rasa hormat yang tercipta dari keinginan dihormati.

  40. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Beberapa teori motivasi yang Bapak jabarkan di atas menambah pengetahuan saya dalam ragam teori motivasi. Teori-teori di atas merupakan teori motivasi yang bersifat psikologis. Dimana selain motivasi bertahan hidup ( kebutuhan fisik ), manusia juga sebagai mahkluk sosial yang membutuhkan manusia lain dalam hidupnya. Manusia memerlukan penghargaan, pengakuan serta hubungan dengan manusia lainnya.

    Best regards,
    Rohani

  41. menurut saya, Teori kontemporer adalah teori yg menjelaskan tentang kehidupan, juga dalam suatu pekerjaan yang point-point tsb mungkin harus dijalankan secara bersamaa,dan sesuai arah jalur nya.

  42. teori kebutuhan, teori penentu tujuan, teori penguat adalah seperti harapan proyeksi keinginan untuk menstimulasi diri secara positif menyusun strategi mencapai tujuan. Bisa juga dianggap usaha memanipulasi diri, yang penting realistis

  43. Teori motivasi kontemporer merupakan sebuah teori yang telah dikembangkan sejak lama. Teori ini menggambarkan kondisi pemikiran saat ini dalam menjelaskan motivasi karyawan, Teori motivasi kontemporer diklasifikasikan menjadi tiga kelompok yaitu teori isi tentang motivasi, teori proses tentang motivasi dan teori penguatan tentang motivasi.

  44. Teori motivasi kontemporer merupakan sebuah teori yang telah lama dikembangkan dan merupakan sebuah teori yang menggambarkan pemikiran sekarang dalam menjelaskan motivasi karyawan. Teori motivasi kontemporer terdiri dari Teori kebutuhan McClelland, Teori evaluasi kognitif, Teori penentuan tujuan , Teori penguatan, Teori keadilan, dan Teori harapan.

    Menurut pendapat saya, motivasi sendiri berarti sebuah tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut harus ada tiga elemen utama yaitu intensitas, arah, dan ketekunan.

    Sedangkan Teori motivasi kontemporer adalah sebuah teori yang sudah dikembangkan dari zaman dahulu. Teori yang dijadikan sebuah acuan dalam memberi arti sebuah motivasi, terutama motivasi karyawan. Teori ini adalah teori yang menggambarkan kondisi pemikiran saat ini dalam menjelaskan motivasi karyawan.

  45. menurut saya teori kontemporer lebih menjelaskan secara garis besar tentang kehidupan manusia. seperti ketiga hal itu, kebutuhan untuk berprestasi, kekuasaan dan berelasi kebutuhan tersebut dalam waktu yang sama. Dan teori-teori diatas menjelaskan tujuan dari adanya tiga elemen kebutuhan tersebut.

  46. Menurut pendapat saya,
    Teori motivasi kontemporer merupakan sebuah teori yang telah lama dikembangkan dan merupakan sebuah teori yang menggambarkan pemikiran sekarang dalam menjelaskan motivasi karyawan. Teori motivasi kontemporer terdiri dari Teori kebutuhan McClelland, Teori evaluasi kognitif, Teori penentuan tujuan , Teori penguatan, Teori keadilan, dan Teori harapan.

    Menurut pendapat saya, motivasi sendiri berarti sebuah tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut harus ada tiga elemen utama yaitu intensitas, arah, dan ketekunan.

    Sedangkan Teori motivasi kontemporer adalah sebuah teori yang sudah dikembangkan dari zaman dahulu. Teori yang dijadikan sebuah acuan dalam memberi arti sebuah motivasi, terutama motivasi karyawan. Teori ini adalah teori yang menggambarkan kondisi pemikiran saat ini dalam menjelaskan motivasi karyawan.

  47. Teori kebutuhan McClelland penting dan mendasar agar setiap usaha manusia dalam mencapai tujuannya dapat diukur.Contohnya teori keadilan dimana setiap pekerja pasti ingin mencapai hasilnya dengan membandingkan pekerjaannya dengan org lain.Apakah sudah sesuai dengan reward yang dia dapat dengan reward yg di dapat orang lain dengan target yang sama.

  48. Dear : Bp. Darmansyah

    Tak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan adalah tujuan setiap manusia. Baik itu sukses dalam bisnis, sukses dalam karir, sukses dalam pendidikan hingga sukses dalam asmara. Oleh karena itu utuk mencapai tujuannya manusia harus memiliki motivasi. Dimana motivasi tersebut memerlukan teori kebutuhan, yang disebut sebagai teori kebutuhan McClelland. Teori ini memuat tiga kebutuhan yaitu : kebutuhan pencapaian (need off achievement), kebutuhan kekuasaan (need of power) serta kebutuhan hubungan (need of affiliation) .
    Menurut saya setiap orang harus memahami kebutuhan motivasinya diantara tiga kebutuhan motivasi dari McClelland, karena dengan memahami kebutuhan motivasinya, setiap orang akan dapat menentukan karir maupun pekerjaan yang cocok sesuai dengan karakternya.
    Terima kasih.

  49. menurut saya, setiap manusia pasti ingin berprestasi, berkuasa, dan memiliki hubungan dengan sesama nya yang baik. saya sangat setuju dengan teori motivasi kontemporer ini, karena sejati manusia adalah makhluk sosial. yang artinya tidak bisa hidup seorang diri. maka dari itu manusia ingin saling mengenal dan berbaur dengan lingkungan sekitarnya atau sering disebut affiliation. setelah saling mengenal dan menjalin hubungan antar sesama manusia pasti mempunyai sifat ingin berprestasi. dimana manusia pun ingin memperbaiki standard kehidupan dan ingin mencapai target yang diinginkan.

  50. Setiap manusia selalu menginginkan yang terbaik untuk hidupnya. Sifat manusia cenderung selalu ingin melebihi dari standart-standart yang ada. Disinilah nampak teori Mclelland secara aplikatif diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki hasrat untuk berprestasi yang tinggi, manusia akan terdorong menuju ke tingkatan yang lebih tinggi yakni hasrat untuk berkuasa terhadap orang lain. Jiwa kepemipinan seseorang akan terlihat dalam fase ini. Dan pada akhirnya dengan melewati kedua fase tersebut yakni berprestasi dan berkuasa, manusia juga dituntut harus bisa bersosialisasi dan berafiliasi terhadap sesamanya karena pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial, mahluk yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

  51. Maslow mengatakan motivasi terbagi menjadi 3 yakni kebutuhan untuk berprestasi, berkuasa dan bersosialisasi .Dengan berprestasi , kita akan memperoleh kekuasaan untuk menpengaruhi orang lain. Dengan prestasi yang kita miliki diharapkan kita dapat bersosialisasi dengan sesama.

  52. Setiap manusia selalu ingin memiliki tingkatan yang paling tinggi, sehingga teori kebutuhan McClelland mengenai kebutuhan berprestasi , kebutuhan berkuasa,kebutuhan berafiliasi tidak bisa lepas bagi setiap manusia. Karena sifat setiap manusia selalu ingin di atas rata-rata/ingin paling di atas sesama manusia lain.

  53. Saya sangat sependapat dengan teori yang dikembangkan oleh David McClelland. Dimana ada 3 faktor yang membuat orang termotivasi untuk mencapai tujuannya. Pertama kebutuhan akan berprestasi hal ini adalah faktor internal seseorang yang ingin selalu lebih maju. Kedua kebutuhan berkuasa artinya ketika dalam menempati kedudukan tertinggi seseorang pasti ingin mempengaruhi orang lain untuk berperilaku sama dengan dirinya. Ketiga kebutuhan afiliasi dimana faktor ini mempengaruhi seseorang untuk menjalin kerjasama dan menambah relasi dengan berbagai pihak. Dan faktor eksternal pun banyak sekali yang membuat orang termotivasi untuk mecapai suatu tujuan dari waktu le waktu.

  54. Nama: Eliana
    NIM: 201552106
    Seksi: 24
    Teori David McClelland membenarkan bahwa manusia membutuhkan kebutuhan untuk berprestasi. Sudah menjadi sifat dasar manusia yang selalu tidak mau kalah atau selalu ingin melebihi dari yang lain. Kompetisi antar manusia yang mencoba untuk lebih berprestasi membuktikan bahwa kebutuhan berprestasi dalam teori David 100% benar

  55. Nama: Shinta Anggraini Karsono
    NIM: 201466113
    Sesi: 24

    Dari semua teori yang telah dikemukakan oleh para ahli pada dasarnya adalah setiap manusia cenderung mengutamakan kepentingan dan keberhasilan tentang dirinya. Meskipun batin dan hati nurani sering pula meluruskan segala niat-niat yang egois, bahwa apapun yang kita dapat dan kita usahakan pasti ada peran “orang lain”. Tidak mungkin hanya hasil sendiri. Dan idealnya, kita juga harus memikirkan kebaikan bersama. Tapi memang sudah naluriah, setiap manusia akan mendahulukan, memperjuangkan, dan membuat hal menjadi baik untuk kepentingan diri sendiri. Seolah-olah semua jalan menjadi “benar”, “wajar”, dan “pantas” dilakukan.

  56. Dari semua teori yang telah dikemukakan oleh para ahli pada dasarnya adalah setiap manusia cenderung mengutamakan kepentingan dan keberhasilan tentang dirinya. Meskipun batin dan hati nurani sering pula meluruskan segala niat-niat yang egois, bahwa apapun yang kita dapat dan kita usahakan pasti ada peran “orang lain”. Tidak mungkin hanya hasil sendiri. Dan idealnya, kita juga harus memikirkan kebaikan bersama. Tapi memang sudah naluriah, setiap manusia akan mendahulukan, memperjuangkan, dan membuat hal menjadi baik untuk kepentingan diri sendiri. Seolah-olah semua jalan menjadi “benar”, “wajar”, dan “pantas” dilakukan.

  57. Nama : Muhammad Iqbal
    Nim : 201581185
    Sesi : 24

    Menurut saya Teori David McClelland yang menjelaskan sifat manusia tidak mau kalah itu adalah benar. Di mana manusia sangat ingin bersaing satu dengan yang lainnya, sehingga membuat manusia tersebut ingin merasa di sanjung ” berada di tingkat lebih tinggi dari manusia lainnya”. ini adalah sebagian yang saya ambil dari kebutuhan berkuasa.

  58. Teori kebutuhan menurut David Mc.Clelland berfokus pada 3 faktor yaitu kebutuhan berprestasi, kebutuhan berkuasa, kebutuhan berafiliasi. dimana kebutuhan berprestasi ini selalu ada pada diri manusia dalam hal apapun, setelah tujuan atau prestasi telah tercapai timbulah kebutuhan berkuasa, setelah tercapai pada posisi ini hendaknya kita juga mengembangkan kebutuhan berafiliasi agar terciptanya lingkungan kerja yang aman dan damai, dan ketika kita jadi pemimpim akan menjadi pemimpin yang di seganin dan hormati oleh karyawan.

    Nama : Desi Irma
    NIM : 201466078
    Sesi : 24

  59. nama : Iqbal Ramadhan Fauzi
    nim : 2014.66.059
    sesi : 24

    saya berpendapat bahwa manusia sebagai makhluk sosial. dimana setiap saat berkomunikasi dengan orang lain. dari tiga elemen tersebut bahwa kita sebagai manusia tanpa kita sadari sudah menjadi kompetitor diantara yang lain. diposisi tersebut harus mempunyai jiwa kepimpinan yang luhur dengan tidak merendahkan hal yang lain. karena kembali lagi bahwa kita manusia sebagia makhluk sosial yang mau tidak mau membutuhkan orang lain diskeitar kita.

  60. Nama : Resti Myuelpi
    NIM. : 201452164
    Seksi. : 24

    Dalam teori penentuan tujuan, bisa disimpulkan bahwa setiap hasil atau tujuan pasti membutuhkan proses. Setiap manusia memiliki cara dalam mencapai tujuan atau hasilnya masing-masing. Ketika mereka berusaha mencapai tujuan mereka, proses yang mereka ambil akan menentukan tujuan dan hasil yang mereka harapkan. Setiap tujuan membutuhkan proses, dan proses tidak pernah mengkhianati hasil.

  61. Nama : Nuur Nisa Rahajeng
    NIM : 201466127
    Seksi : 24

    Teori motivasi kontemporer yang meliputi teori kebutuhan McClelland, evaluasi kognitif, Penentuan tujuan, Penguat, Keadilan, serta Harapan semuanya mengarah kepada penggambaran motivasi contohnya pada seorang karyawan dalam bekerja. Pada teori Kebutuhan McClelland yaitu kebutuhan berprestasi, berkuasa, dan berafiliasi (membangun hub antarpersonal) serta teori-teori motivasi kontemporer adalah hal yang ingin dicapai seorang karyawan untuk semakin meningkatkan kemampuan diri, aktualisasi diri serta kepuasan pada diri individu terhadap apa yang sudah dilakukannya.

  62. Rudy Chandra
    201511341
    Seksi 24

    Saya sangat setuju dengan Teori Harapan.
    Karena setiap manusia pasti memiliki suatu harapan untuk melebihi orang lain dan melebihi dirinya sediri di waktu sekarang untuk menjadi lebih baik.
    Dengan harapan tersebut manusia termotivasi dan bertindak agar harapan tersebut dapat tercapai sesuai dengan harapannya.

  63. Dela Fariha Fuadi
    201466144
    Sesi: 24

    Assalamualaikum wr wb
    Teori-teori diatas menegaskan bahwa, perbuatan yang hendak kita lakukan harus mempunyai tujuan yang nyata. Sebaiknya untuk para pegawai kantoran atau individu lain yang menjalani rutinitas yang sama setiap harinya, harus menyelipkan inovasi agar dapat mengembangkan kualitas diri.
    Terimakasih

  64. Menurut Alderfer manusia memiliki tiga kebutuhan, yaitu kebutuhan teras (existence), keterhubungan (reladness), dan pertumbuhan (growth). Pembagian Nama : Ofi Putri Liani
    NIM : 201552048
    Sesi : 24

    kebutuhan didasarkan pada lima kebutuhan manusia dalam teori Maslow yang disederhanakan menjadi tiga kebutuhan. Teori ini lebih dikenal dengan nama teori ERG. Walaupun memiliki kemiripan dengan teori Maslow, akan tetapi ada beberapa hal dalam teori ERG yang berbeda dengan teori Maslow, antara lain dikatakan bahwa manusia dapat memiliki lebih dari satu kebutuhan sekaligus. Perbedaan lain adalah teori ERG tidak membuat suatu hirarki kebutuhan manusia yang tegas, artinya manusia dapat saja memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi sebelum kebutuhan yang lebih rendah terpenuhi. Perbedaan terakhir ini didukung oleh berbagai macam studi yang telah dilakukan berdasarkan penelitian atau studi yang dilakukan terungkap bahwa teori Maslow tidak berjalan. Kebutuhan tingkat atas dapat saja terpenuhi walaupun kebutuhan tingkat bawah belum terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan tergantung pada prioritas kebutuhan itu sendiri.

  65. Nama : Ofi Putri Liani
    NIM : 201552048
    Sesi : 24

    Menurut Alderfer manusia memiliki tiga kebutuhan, yaitu kebutuhan teras (existence), keterhubungan (reladness), dan pertumbuhan (growth). Pembagian kebutuhan didasarkan pada lima kebutuhan manusia dalam teori Maslow yang disederhanakan menjadi tiga kebutuhan. Teori ini lebih dikenal dengan nama teori ERG. Walaupun memiliki kemiripan dengan teori Maslow, akan tetapi ada beberapa hal dalam teori ERG yang berbeda dengan teori Maslow, antara lain dikatakan bahwa manusia dapat memiliki lebih dari satu kebutuhan sekaligus. Perbedaan lain adalah teori ERG tidak membuat suatu hirarki kebutuhan manusia yang tegas, artinya manusia dapat saja memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi sebelum kebutuhan yang lebih rendah terpenuhi. Perbedaan terakhir ini didukung oleh berbagai macam studi yang telah dilakukan. Berdasarkan penelitian atau studi yang dilakukan terungkap bahwa teori Maslow tidak berjalan. Kebutuhan tingkat atas dapat saja terpenuhi walaupun kebutuhan tingkat bawah belum terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan tergantung pada prioritas kebutuhan itu sendiri.

  66. Motivasi merupakan alasan untuk melakukan suatu usaha, usaha tersebut dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan. Selain itu, motivasi dalam bentuk lain yang berhubungan dengan perilaku naluriah yang ada dalam diri manusia yakni motivasi untuk berprestasi, berkuasa, dan beraffiliasi. Ketiga motivasi itu dapat berjalan bersinergi maupun kontradiktif. Misalnya, Tuan X berperilaku berkuasa terhadap Tuan Y, agar Tuan X dapat berprestasi.

  67. NAMA : SARI TRI YULIANTI
    NIM : 201466147
    SESI : 24
    Dari seluruh teori yang menyatakan tentang teori motivasi kontemporer baik itu teori kebutuhan McCelland, teori evaluasi kognitif, teori penentuan tujuan, teori penguatan, dan teori harapan dapat kita tarik kesimpulan bahwa perilaku dalam kehidupan manusia pada pada dasarnya disebabkan oleh banyak kebutuhan sehingga menyebabkan manusia itu sendiri melakukan usaha untuk mencapai apa yang menjadi kebutuhannya. Dan untuk mencapai goal nya tersebut, maka disini manusia yang secara hakikatnya merupakan makhluk social dimana ia membutuhkan pertolongan dari individu lain untuk memenuhinya sehingga tujuan nya tercapai. Secara tidak sadar maka manusia hidup saling membutuhkan yang disebut makhluk sosial, namun dilain hal juga hidup secara kompetitif. Artinya manusia hidup berlomba-lomba satu sama lain untuk mecapai keinginannya(kompetitif) namun manusia tidak bisa hidup secara individual dan membutuhkan pertolongan dari individu lain dalam hidupnya.

  68. Menurut saya teori yang diberikan oleh David Mc. Clelland mengenai kebutuhan akan berprestasi..berkuasa dan berafiliasi memang sudah menjadi dasar pemenuhan kebutuhan manusia selain fisik. Pd dasarnya manusia memang ingin mencapai suatu prestasi dimana nanti nya prestasi tersebut akan menghantarkan manusia tersebut menjadi pemimpin suatu kelompok. Hal ini sering terjadi didalam suatu organisasi..sebagai contoh seorang karyawan di suatu perusahaan akan bekerja secara maksimal dan berprestasi lali pada akhirnya ia akan dinilai oleh management kalau memang capable untuk dipromosikan menjadi supervisor.

    Terima kasih.
    Isabella Nuzirwan
    201352169

  69. Assalamualaikum Wr. Wb
    munurut saya teori teori-teori tersebut merupakan komponen-komponen dalam mencapai suatu tujuan, dalam kaitan nya dengan motivasi yaitu untuk menambah gairah/motivasi. saya juga sangat setuju dengan teori penetuan tujuan karna menurut saya itu adalah yang paling utama. terimakasih

    nama : fachrudinsyah
    nim : 201521046
    sesi : 24

  70. Nama : Kornelius Sendy
    NIM : 2013.81.194
    Sesi : 24

    Setuju dengan artikel di atas, bahwa memang untuk mendapatkan motivasi, seseorang perlu memiliki kebutuhan. Maka, terdengar lucu, apabila seseorang berkata “Saya butuh motivasi untuk belajar / bekerja”. Belajar atau bekerja dilakukan karena seseorang memiliki kebutuhan akan sesuatu, entah itu uang, edukasi atau relasi.
    Kadang terpikir bahwa tingginya motivasi seseorang berbanding lurus dengan tingginya kebutuhan orang tersebut. Ada orang yang berkekurangan secara ekonomi, kuliah begitu rajinnya. Alasan dia belajar begitu rajin, karena ini adalah salah satu jalan terbaik untuk keluar dari kekurangannya dalam hal ekonomi. Apakah kita perlu berada dalam kondisi itu, baru kita menjadi rajin?

  71. dari begitu banyak nya teori teori di atas, ini adalah bentuk dari setiap individu kita mempunyai tujuan hidup yang beraneka ragam dan cara pencapaian yang berbeda beda.
    dan semua teori di atas dapat kita pelajari guna kita sebagai individu dapat belajar bersikap agar setiap kebutuhan(NEED) bisa kita dapatkan dengan Visi dan Misi yang jelas.

    Nama: Benny Sutanto
    Nim : 201552037
    Sesi 24

  72. Nama : Heryanto
    Nim : 201321077
    Sesi : 24

    Menurut saya teori motivasi kontemporer ini sangat erat dengan hubungan sosial antar individu. Dan setiap hubungan antar individu erat pula kaitannya dengan kebutuhan berprestasi, berkuasa, dan berafiliasi. Kebutuhan-kebutuhan ini pula berhubungan dengan teori-teori yang disebutkan di atas, sehingga motivasi kontemporer berpeluang dijadikan pandangan tentang bagaimana individu hidup dan mencapai sesuatu.

  73. Nama : Nining Wijayanti
    NIM : 201466111
    Sesi : 24

    Sampai saat ini, teori motivasi yang tidak bisa dilupakan yaitu teori motivasi maslow, dimana manusia pada awalnya hanya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan fisiologis nya (kebutuhan dasar) dan tingkatan paling tinggi yaitu motivasi dari setiap manusia adalah senantiasa untuk meningkatkan kapasitas diri serta pengabdian (aktualisasi diri). Terlepas dari kontroversialnya, saya berpendapat bahwa sebaiknya motivasi yang paling utama di lakukan adalah aktualisasi, karena aktualisasi akan memberikan efek kepada 4 jenis motivasi yang lain (fisiologis, rasa aman, sosial, dan penghargaan).

  74. Nama : Katharina M
    Nim : 201466180
    Seksi : 24

    Menurut saya teori motivasi kontemporer ini mengambarkan kebutuhan dasar manusia bahwa manusia ingin dihargai, dicintai dan mendapatkan suatu tempat di masyarakat atau kalangan sosialnya. Sehingga tujuan hidup cenderung mengutamakan kepentingan dan keberhasilan tentang dirinya. Saya senang terhadap teori yang mengemukakan bahwa niat untuk mencapai tujuan merupakan sumber motivasi kerja yang utama. Yang artinya tujuan tersebut memberitahu seorang karyawan apa yang harus dilakukan dan berapa banyak usaha yang harus dikeluarkan. Sebagai seorang karyawan dan juga supervisi di departemen tertentu, saya sangat setuju dengan hal tersebut. Karena seberapa besar kontribusi saya dalam memberikn motivasi kepada staf dibawah terhadap tujuan yang ingin dicapai sangat berpengaruh terhadap hasil kinerja staf dibawah dalam mencapai tujuan. Hal ini pun mendukung kebutuhan akan berprestasi seseorang yang ingin selalu lebih maju.

  75. Nama : Dyah Laras Harjanti
    Nim : 201466179
    Seksi : 24

    Menurut saya berdasarkan teori motivasi kontemporer ini kebutuhan dasar manusia bahwa manusia ingin dihargai, dicintai dan mendapatkan suatu tempat di masyarakat atau kalangan sosialnya. Saya setuju terhadap teori yang mengemukakan bahwa niat untuk mencapai tujuan merupakan sumber motivasi kerja yang utama.

  76. Nama : Nurhata
    Nim : 201321082
    Sesi 24

    Menurut saya kebutuhan berprestasi sangat penting karena kebutuhan tersebut yang akan membuat seseorang menjadi lebih maju dari orang yang selevelnya.
    Terimakasih

  77. Ada beberapa macam teori motivasi kontemporer yang dikemukakan oleh para ahli. Beberapa teori ini mewakili hampir seluruh sifat manusia dalam memotivasi diri sendiri untuk mencapai tujuan yang diinginkannya.

    Nama : Robert Setiady
    NIM : 201281216
    Seksi : 24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>