Menetapkan tujuan yang SMART

Menetapkan tujuan yang SMART

set-goalsTujuan harus dirumuskan dengan benar, karena akan memudahkan seseorang dalam mewujudkannya. Tujuan harus dirumuskan dengan SMART sehingga memiliki indikator keberhasilan yang jelas dan mudah disosialisasikan. Apakah yang dimaksud dengan tujuan yang SMART?

Tujuan finansial

goals_rewardsKetika seorang pekerja atau pekerja lepas sudah berhasil mengubah pola pikir dalam bekerja, maka mantapkanlah niat bahwa bekerja bukan semata-mata untuk mendapatkan uang namun bekerja adalah belajar cara menguasai uang. Sebelum jauh melangkah, alangkah lebih bijaksananya kalau kita tetapkan dulu tujuan kita ke depan, terutama tujuan finansial kita. Untuk membuat tujuan finansial yang tepat, maka ingatlah konsep SMART yang merupakan singkatan specific, measurable, achieveable, realistic, timebound.

smart-goals

Specific-goals-21Tujuan finansial yang spesifik (Specific) artinya kita harus menetapkan tujuan yang fokus, jelas dan dirumuskan secara tertulis. Tujuan finansial yang specifik, misalnya begini : “Saya ingin mempunyai penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 5.000.000”. Kita jangan hanya mengatakan,  ”Saya ingin mempunyai penghasilan pasif yang besar” karena ini adalah tujuan finansial yang terlalu umum dan tidak jelas. Penghasilan pasif adalah penghasilan yang diperoleh secara terus menerus tanpa keharusan untuk bekerja mendapatkan uang, karena uang yang dimilikinya telah ”bekerja” menghasilkan uang untuk pemiliknya.

measurement-targetTarget finansial yang terukur (Measurable) menyangkut kriteria keberhasilan dalam mencapainya, baik kuantitatif atau kualitatif.  Tentukan kriteria keberhasilannya misalnya berapa jumlah penghasilan pasif yang anda inginkan atau berapa lama penghasilan tersebut akan diwujudkan. Tujuan finansial yang berbunyi, “Saya ingin mempunyai penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 5.000.000” mempunyai kriteria yang jelas karena menyangkut besaran rupiah. Tujuan tersebut akan semakin mudah mengukurnya kalau ditambahkan dengan besaran waktu, sehingga kalimatnya menjadi begini,  “Saya ingin mempunyai penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 5.000.000 pada saat saya berumur 40 tahun”

achievable-goals-bannerTujuan finansial tersebut dapat dicapai (Achieveable) karena kita mempunyai keyakinan untuk mencapainya. Kita mempunyai keyakinan dapat mencapai tujuan itu karena ada seseorang yang memiliki kemampuan setara dengan kita atau bahkan pendidikan dan pengalaman orang tersebut relatif lebih rendah dari kita telah mampu mencapainya.

realistic-Goals_largeTarget finansial yang realistis (Realistic) artinya target tersebut bersifat moderat, tidak terlalu sulit tapi juga tidak terlalu mudah bagi kita. Target yang terlalu sulit mustahil dapat mewujudkannya, sedangkan target yang terlalu mudah membuat kita tidak termotivasi untuk memperjuangkannya. Mendapatkan penghasilan pasif sebesar Rp 500.000 pada saat berumur 40 tahun adalah terlalu mudah, namun kalau ditetapkan sebesar Rp 500.000.000 juga tidak realistis karena terlalu sulit.

time-boundTarget finansial juga perlu ditetapkan waktunya (Timebound). Tujuan finansial yang berbunyi : “Saya ingin mempunyai penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 5.000.000 pada saat saya berumur 40 tahun” telah memenuhi persyaratan ini.

 

Indikator keberhasilan

Tujuan yang dirumuskan dengan SMART dengan sendirinya akan mengmeasure of successhasilkan sebuah tujuan dengan  indikator keberhasilan yang jelas. Tujuan yang dirumuskan dalam contoh tersebut di atas mempunyai indikator keberhasilan dalam bentuk besaran uang dan besaran waktu. Artinya, tujuan tersebut dapat dikatakan tercapai apabila berhasil mendapatkan penghasilan pasif sebesar Rp 5.000.000 pada saat berumur 40 tahun.

Tujuan di atas merupakan tujuan jangka panjang yang dapat dipersingkat dalam jangka waktu yang lebih dekat, misalnya 15 tahun, 10 tahun, atau 5 tahun. Untuk tujuan jangka waktu 5 tahun yang akan datang rumusan menjadi, ”Saya ingin mempunyai penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 1.000.000 dalam waktu 5 tahun”

Selain merumuskan tujuan jangka panjang, perlu dibuat pula tujuan jangka pendek untuk kurun waktu 1 tahun. Tujuan jangka pendek atau tujuan tahun depan tersebut dapat dirumuskan, misalnya ”Saya ingin mempunyai penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 500.000 setahun yang akan datang” Untuk mereka yang memiliki utang, sebaiknya dibuatkan pula rumusan tujuan yang menyangkut penyelesaian utang-utangnya, misalnya ”Saya ingin mempunyai penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 200.000 dan mengurangi utang sebesar Rp 3.000.000 pada tahun yang akan datang”

Tujuan yang dirumuskan dengan SMART dengan sendirinya akan menghasilkan sebuah tujuan dengan  indikator keberhasilan yang jelas. Tujuan yang dirumuskan dalam contoh tersebut di atas mempunyai indikator keberhasilan dalam bentuk besaran uang dan besaran waktu. Tujuan jangka pendek dapat dikatakan tercapai apabila berhasil mendapatkan penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 500.000 atau mendapatkan penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 200.000 dan mengurangi utang sebesar Rp 3.000.000 pada tahun yang akan datang..

no-elevator-to-successTujuan yang telah dirumuskan dengan SMART dan jelas indikator keberhasilannya tidak serta merta dapat diwujudkan dengan mudah. Tujuan tersebut harus disosialisasikan pada relasi dan orang-orang terdekat atau disosialisasikan pada pihak-pihak yang terkait secara langsung atau tak langsung dengan upaya pencapaian tujuan. Sosialisasi tersebut diperlukan agar para pihak tersebut dapat memberikan dukungan atau bantuan guna memperlancar pencapaian tujuan yang diharapkan.

 

62 thoughts on “Menetapkan tujuan yang SMART

  1. Menurut saya,menetapkan tujuan yg smart adalah yg sangat diinginkan oleh individualis dan sosialis tetapi dalam menetapkan tujuan yg smart harus ada pencapaian hasil yg jelas sebelum tujuan itu ditetapkan

  2. Dalam kehidupan ini,kita pasti menginginkan yang namanya keberhasilan. Misalnya keberhasilan dalam dunia pekerjaan, bisnis, studi dll.
    kita harus fokus apa yang sedang kita inginkan untuk mencapai keberhasilan, Nothing is Instant
    Mencapai target maksimal dalam kehidupan adalah keinginan semua orang.Tidak ada yang instan dalam hidup ini. Semuanya butuh proses.

    SMART :
    Spesific, maksudnya agar setiap usaha yang kita kerahkan lebih fokus.

    Measureable, artinya yang bisa terukur. Bagaimana kita bisa tahu akan tercapai atau tidak kalau tujuan kita tidak bisa terukur.

    Achievable, adalah tujuan yang bisa mungkin tercapai. Jangan sampai tujuan yang kita pasang terlalu muluk-muluk sehingga kita sulit mencapainya.

    Relevan, berarti ada kaitan dengan prioritas kita. Tujuan hendaknya berorientasi pada hal-hal yang benar-benar kita inginkan.

    Time frame menunjukan bahwa kita mempunyai rentang waktu tertentu sesuai yang kita pilih, sebulan, setengah tahun atau setahun.

  3. bissmillahirrohmanirrohim.
    menurut saya menetapkan tujuan yang SMART adalah.menetapkan tujuan yang paling berpengaruh dalam hidup kita,yang paling bermanfaat. bukan hanya untuk diri sendiri tetapi utntuk orang lain.
    terimakasih.

  4. Menurut saya, menetapkan tujuan yang smart itu harus didasari dari niat dari dalam diri. Siapa yang tidak mau berhasil? Semua individu pasti menginginkannya. Tetapi dalam menuju keberhasilan harus ada pengorbanan serta butuh proses. Dan pengorbanan itu dilandasi oleh spesifik, measureable, achievement, dan lain-lain.

  5. Untuk mencapai tujuan yang SMART, setiap manusia harus mentargetkan secara kongkrit apa yang dia inginkan. Untuk mendapat kesuksesan setiap manusia butuh yang namanya proses, akan tetapi proses itu harus disertai tujuan yang jelas, terkadang manusia hanya memiliki rencana tetapi tidak tahu harus memulai dari mana. Manusia diberi akal untuk berfikir bagaimana mereka harus SMART untuk mendapatkan kesuksesannya. Harus jelas, dapat terukur, tidak terlalu menyulitkan diri sendiri, realistis, dan harus diberi jangka waktu supaya target sesuai dengan keinginan.

  6. Menurut saya, menetapkan tujuan yang SMART harus didasari oleh keinginan dan kemampuan kita untuk mencapai suatu kesuksesan. dan kita harus melihat semua peluang dan tantangan yang ada di masa depan, untuk mengantisipasi adanya kegagalan yang terjadi dalam rencana kita.

  7. Mempunyai pikiran yang smart itu memang sangat diperlukan. karena dengan daya fikir kita yang smart akan selalu berfikiran positif bagi kedepannya.

  8. Pemikiran yang SMART ini menurut saya adalah bagaimana cara kita mengatasi suatu hal dalam berbagai situasi , memanfaatkan peluang dan punya cara tersendiri dalam mencapai kesuksesan .

    Terima kasih

  9. Kriteria – Kriteria Membuat Goal / untuk mencapai tujuan:
    S.M.A.R.T
    1. S for Specific : Apakah Anda tahu apa sebenarnya goal Anda dan juga segala rinciannya?
    2. M for Measurable : Apakah Anda mampu memperkirakan jalannya nanti?
    3. A for Attainable : Apakah Goal Anda bisa dicapai dengan kondisi Anda sekarang?
    4. R for Relevant : Apakah goal Anda memiliki kaitan dengan tujuan hidup Anda?
    5. T for Time – Sensitive : Kapan Anda bisa mencapai goal tersebut?

  10. Tujuan antara manusia satu dengan yang lain pasti berbeda-beda, pun dengan indikator kesuksesan mereka pun berbeda-beda tergantung dari pengalaman,motivasi, dukungan,dan kepuasan kerja. Dengan menitikberatkan fokus pada sisi finansial, dengan beragamnya variabel tentu akan sangat sulit didefinisikan bagi satu orang dengan orang lainnya. Hanya saja, saya pikir kita dapat mengambil kesepakatan jika kebahagiaan tidak dapat diukur dengan uang namun di dalam langkah mencapai kebahagiaan tersebut memerlukan bantuan dari kekuatan uang. Kalau kamu menjadikan uang sebagai indikator kebahagiaan, maka sampai kapanpun kamu tidak akan pernah merasakan kebahagiaan.

  11. Tujuan yang SMART harus dibangun dengan sungguh sungguh yaitu memikirkan jalan keluar atas segala resiko dan hambatan yang mungkin akan terjadi. Begitupun dengan hasilnya haruslah jelas dan bermanfaat untuk masa sekarang dan masa depan juga berguna bagi semua orang.

  12. Tujuan yang SMART, harus jelas dan pasti dan bisa di ukur besarannya dengan satuan misalnya panjang, lebar atau satuan mata uang serta nyata dan tidak mustahil kita mencapainya dangan waktu yang dapat diperkirakan.
    Contohnya saja menentukan VISI dan MISI.
    VISI merupakan tujuan yang hendak dicapai, sedangkan misi merupakan langkah-langkah atau tindakan yang hendak dilakukan untuk mencapai tujuan.

  13. menurut saya smart adalah filosofi yang digunakan untuk membantu anda menetapkan target dan tujuan , pikiran yang smart tidak gegabah dan terburu buru dalam mengambil sebuah keputusan

  14. Menurut saya menentukan tujuan yang SMART itu sangatlah penting, karena demi mencapai suatu keberhasilan yang kita inginkan itu berasal dari tujuan yang SMART iut sendiri. Tujuan yang SMART menggambarkan cara kita untuk menempuh suatu kesuksesan seperti menentukan target yang benar benar meyakinkan kita untuk mencapainya. maka dari itu, kita sendiri harus merumuskannya dengan jelas agar tujuan yang kita harapkan tercapai.

  15. Memantapkan tujuan pertama-tama harus ubah pola pikir agar termotivasi untuk mencapai tujuan. Setelah itu baru menetapkan tujuan ke depan terutama tujuan finansial yang sehat, maka konsep SMART sangat disarankan.

  16. Sebelum membuka usaha kita perlu menetapkan tujuan agar usaha kita berjalan lancar, tanpa tujuan yang kuat kita tidak akan pernah mencapai mimpi-mimpi kita meskipun mimpi tersebut setinggi mungkin . untuk itu kta harus punya tujuan yang jelas agar usaha yang kita buka berjalan dengan lancar, dan juga kita harus memikirkan modal sekalipun dapat memprediksi laba atau ruginya

  17. Tujuan yang SMART sangatlah dibutuhkan oleh para pembisnis guna mencapai target yang di tentukan juga penghasilan yang lebih untuk kembali memutar usahanyaa

  18. Untuk menetapkan ini biasanya muncul fikirran setelah kita bekerja dan mendapatkan tanggung jawab dengan bidang yang dimilikinya . tujuan yang SMART akan hadir dengan segala kebutuhan yang dimilikinya. Dengan hal itu target target atau impian yang ingin di capainya banyaknya tercapai jika mempunyai target-terget dan tanggung jawab yang keras .

  19. Menetapkan suatu bisnis atau usaha harus memiliki pemikirian yang SMART bertujuan untuk mendapatkan sasaran sehingga dapat terukur dan menghitung sendiri berapa keuntungan yang akan kita dapatkan jika menginginkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena SMART pada umumnya dapat dimiliki oleh setiap individual secara spesifik dan realitis.

  20. Setiap manusia pasti menginginkan suatu keberhasilan yang maximal, misalnya keberhasilan dalam karir. Untuk mencapai keberhasilan yang perlu diperhatikan adalah menetapkan rumus SMART yaitu :
    1. Spesific. berarti jelas, tidak global, tidak ada kemungkinan lain. Misalnya menetapkan usaha awal yang ingin dikelola harus jelas.
    2. Measurable. berarti bisa diukur. Misalnya menetapkan jumlah karyawan dan kapasitas perlengkapan serta peralatan Usaha.
    3. Antusiasme. berarti antusias. Dalam menetapkan dan memperjuangkan tujuan kita senantiasa bersemangat,tidak mudah menyerah dan tahan terhadap tantangan.
    4. Realistic. berarti disesuaikan dg kondisi diri, harus benar-benar yakin bisa mencapai apa yang kita tuju.
    5. Time Line. artinya batasan waktu. Tetapkan kapan target dan tujuan anda harus dicapai.

  21. menurut saya tujuan yang smart adalah langkah-langkah yang dapat diambil dengan sebijak mungkin untuk dapat membangun tujuanya, dengan membangun kekuatan diri agar tidak dapat dipengaruhi dengan hal-hal negatif yang datang dari segelintir orang.

  22. Menurut saya, SMART merupakan landasan awal seseorang untuk memotivasi dirinya dalam mencapai tujuan yang bersifat finasial

    1. Spesik, yaitu menetapkan dengan jelas bagaimana jenis atau harga dari apa yang ingin dicapai yang sifatnya berhubungan dengan finansial

    2. Measurable yaitu apa yang ingin dicapai dapat diukur jelas dalam proses pencapaiannya maupun sifat materialnya

    3. Achievement, yaitu Pemahaman bahwa apa yang ingin dicapainya tersebut masuk di akal untuk dicapai, dan jelas dapat diraih.

    4. Realistis, yaitu apa yang ingin dicapainya bersifat wajar dalam upaya mencapainya.

    5. Time Bound, yaitu waktu penentuan tujuan tersebut dicapai, tanpa adanya waktu penentuan seseorang tidak akan pernah sadar kapan kesuksesan itu dicapai dan tidak memberikan dorongan untuk bertindak lebih dalam upaya mencapainya

  23. Menurut saya, SMART merupakan landasan awal seseorang untuk memotivasi dirinya dalam mencapai tujuan yang bersifat finasial

    1. Spesik, yaitu menetapkan dengan jelas bagaimana jenis atau harga dari apa yang ingin dicapai yang sifatnya berhubungan dengan finansial

    2. Measurable yaitu apa yang ingin dicapai dapat diukur jelas dalam proses pencapaiannya maupun sifat materialnya.

    3. Achievement, yaitu Pemahaman bahwa apa yang ingin dicapainya tersebut masuk di akal untuk dicapai, dan jelas dapat diraih.

    4. Realistis, yaitu apa yang ingin dicapainya bersifat wajar dalam upaya mencapainya.

    5. Time Bound, yaitu waktu penentuan tujuan tersebut dicapai, tanpa adanya waktu penentuan seseorang tidak akan pernah sadar kapan kesuksesan itu dicapai dan tidak memberikan dorongan untuk bertindak lebih dalam upaya mencapainya

  24. Menurut saya, SMART merupakan landasan awal seseorang untuk memotivasi dirinya dalam mencapai tujuan yang bersifat finasial

    1. Spesik, yaitu menetapkan dengan jelas bagaimana jenis atau harga dari apa yang ingin dicapai yang sifatnya berhubungan dengan finansial

    2. Measurable, yaitu apa yang ingin dicapai dapat diukur jelas dalam proses pencapaiannya maupun sifat materialnya.

    3. Achievement, yaitu Pemahaman bahwa apa yang ingin dicapainya tersebut masuk di akal untuk dicapai, dan jelas dapat diraih.

    4. Realistis, yaitu apa yang ingin dicapainya bersifat wajar dalam upaya mencapainya.

    5. Time Bound, yaitu waktu penentuan tujuan tersebut dicapai, tanpa adanya waktu penentuan seseorang tidak akan pernah sadar kapan kesuksesan itu dicapai dan tidak memberikan dorongan untuk bertindak lebih dalam upaya mencapainya

  25. Tujuan yang Smart diperlukan jika kita ingin menjadi orang yang lebih baik dari orang lain. karena setiap tujuan sangat menentukan sekali kehidupan kita ini akan seperti apa kedepannya.

  26. Menurut saya, Tujuan SMART adalah tujuan yang terorganisir atau tujuan yang terstruktur, maka dalam kehidupan kita pasti kita memilikitujuan masing-masing, dan untuk mencapai tujuan yang SMART kita tidak hanya bekerja keras, akan tetapi kita juga jangan lupa untuk Berdoa,Bersabar serta Bertawakkal.

  27. saya menyetujui isi dari artikel tersebut, dalam menetapakan tujuan yang SMART seseorang harus dapat menganalisis dan memastikan apa tujuannya,Tujuan harus sesuai dengan maksud kita. Tidaklah penting dimana kita berada, yang menentukan adalah arah mana yang kita tuju. Usaha dan keberanian tanpa tujuan adalah sia-sia.

  28. Bekerja tidak hanya bisa mendapatkan uang namun juga bisa menguasai uang. Salah satu caranya adalah dengan menetapkan tujuan finansial ke depannya dan harus mengingat konsep smart. Tujuan yang ditetapkan harus fokus, jelas dan dirumuskan secara tertulis, target yang ditetapkan tidak boleh terlalu rendah dan terlalu tinggi, semuanya harus bersifat realistis sehingga tingkat indikator keberhasilannya jelas.

  29. Menurut saya :
    Sebelum kita membuka usaha perlu mempunyai tujuan supaya usaha kita berjalan dengan lancar, bila tidak ada tujuan yang kuat kita tidak akan pernah mencapai tujuan kita . untuk itu harus punya tujuan yang jelas supaya usaha yang kita buat berjalan dengan lancar, dan juga kita harus mempunyai modal yang cukup,dan wawasan tentang usaha yang akan kita buat.dan juga dalam usaha harus memperhitungkan untung dan ruginya.Terima kasih

  30. Tujuan yang smart dapat terwujud dengan didasari teori yang pas dan berasal dari sumber yang tepat. Tujuan yang smart juga merupakan suatu kajian agar mencapai kemajuan suatu perusahaan yang signifikan.

  31. Menurut saya tujuan yang SMART itu adalah tujuan yang harus dipikirkan dengan matang, tidak boleh tergesa- gesa karena kita juga harus melihat terlebih dahulu kedalam diri sendiri mampukah kita untuk mencapai tujuan itu. Jangan menentukan tujuan yang tidak mampu untuk dicapai. Terimakasih

  32. Menurut saya tujuan SMART adalah lebih spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, realistik dan dalam waktu tertentu. Jadi untuk menentukan tujuan yang SMART kita harus melihat 5 aspek yang ada dalam pengertian SMART itu sendiri. Suatu tujuan dapat disebut sebagai tujuan yang SMART apabila tujuan tersebut spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, realistik dan telah ditentukan dalam jangka waktu tertentu.

  33. Menurut saya menetapkan tujuan yang smart itu adalah langkah langkah yang diambil dengan sebijak bijaknya untuk mendapatkan sebuah tujuan. Dengan hal itu target target atau impian yang ingin di capainya banyaknya tercapai jika mempunyai target-terget dan tanggung jawab yang keras .
    Terimakasih

  34. pandangan saya dalam hal ini adalah bagaimana kita menunjukan sikap intelektual, dan mempunyai keyakinan pada suatu tujuan, contohnya jika hari ini kita mendapatkan nilai C, bagaima caranya kedepan kita mempunyai tujuan harus bisa mendapatkan hasil B, bahkan kita target harus mendapat A. bahwasanya semua tujuan yang baik, akan memetik hasil yang baik diakhir tujuan tsb.

  35. melva marshella (2013-52-199) seksi 59
    bila diartikan secara sederhana maka tujuan SMART adalah tujuan yang realistis dilihat dari apa yang ingin dicapai dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. sifat realistis yang dimaksud akan bertolak pada setiap individu. masing-masing individu akan memiliki takaran realistis yang berbeda-beda, hal ini dikarenakan kita harus mengukurnya dengan kemampuan diri kita sendiri dan bukan dari apa yang orang lain harapkan pada kita. maka tujuan SMART yang sudah kita buat belum tentu SMART bagi orang lain walaupun dalam bidang yang sama.

  36. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Dalam kehidupan sangat diperlukan perencanaan yang matang, terutama mengenai tujuan dalam hidup kita. Dalam topik ini, tujuan yang dimaksud lebih sempit lingkupnya, yakni tujuan finansial. Segala hal dalam hidup memerlukan uang, bahkan kebutuhan primer manusia (Papan, sandang, pangan) tidak dapat kita miliki tanpa “uang”. Adanya tujuan finansial yang terarah dan terencana membuat hidup kita tidak berjalan apa adanya dan berantakan, melainkan lebih terprogram dan tertata. Tujuan yang kita setting haruslah SMART, seperti pembahasan Bapak di atas. Tujuan harus Spesifik, terukur, nyata, realistik serta memiliki sasaran waktu yang jelas.

    Best regards,
    Rohani

  37. menurut saya , Menurut saya menentukan tujuan yang smart itu sangatlah penting, karena demi mencapai suatu keberhasilan yang kita inginkan itu berasal dari tujuan tersebut..

  38. Menurut, saya menetapkan tujuan yang smart adalah hal yang sangat sangat penting dalam hidup. Karena itu akan menuntun jalan hidup kita, menjadikan kita seperti apa di masa depan. Sebelum menetapkan tujuan kita harus fikirkan & perhitungkan segala resikonya & apa kira-kira yang istimewa dari tujuan tersebut. KIta juga harus berfikir logis, realistis & pertimbangkan dengan kemampuan kita, meskipun banyak orang yang berfikir bahwa orang sukses itu terdiri dari 1% otak & 99% keinginan, yang penting harus ada keinginan, seperti quote “There is a will there is a way”. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kita fikirkan & pertimbangkan matang-matang sejak dini. Kecuali jika Anda benar-benar yakin.

    Terima kasih

  39. Wilson-201312195-Seksi 58
    Menurut saya menetapkan tujuan S.M.A.R.T pada kehidupan itu sangat penting. Karena akan lebih memotivasi diri sendiri untuk mencapai tujuan/mimpi kita di masa depan. Dengan Konsep S.M.A.R.T juga akan lebih memberikan kejelasan kepada mimpi kita dimasa depan.Tetapi dalam menjalani konsep tersebut haruslah dengan bijak, jika menjalani konsep tersebut tidak bijak maka seseorang tidak bisa mencapai impian yang mereka inginkan.

    Terima kasih.

  40. 201311267 – Fendy – seksi 58

    Menurut saya, setiap tujuan yang ditetapkan memang harus SMART, alias cerdas. Karena cerdas itu artinya sudah memikirkan segala yang berkaitan dengan tujuan tersebut, dari cara mencapainya, kelemahan dan kelebihannya, dan manfaat ke depan dari tujuan tersebut.

  41. Menurut pendapat saya :
    Menetapkan tujuan adalah hal utama dalam meraih masa depan. Untuk dapat meraih masa depan yang berhasil, kita harus menetapkan tujuan yang SMART yang dapat memberikan indikator atau tolak ukur keberhasilan yang jelas. SMART yang merupakan singkatan dari specific, measurable, achieveable, realistic, timebound yang berarti spesifik, terukur, dapat dijangkau, realistis, ada batas waktu. Menetapkan tujuan yang smart adalah menetapkan tujuan yang mencakup semua aspek tersebut.

  42. Menurut pendapat saya, menetapkan tujuan yang smart sangat penting. Karena tujuan yg smart itu akan membawa kita ke arah yang lebih baik. dan akan memotivasi diri kita juga dalam pencapaian hasil yang maksimal baik dalam perhitungan, perencanaan dan pelaksanaan asalkan tujuannnya masih realistis.

  43. Menurut pendapat saya,
    Menetapkan tujuan adalah hal utama dalam meraih masa depan. Untuk dapat meraih masa depan yang berhasil, kita harus menetapkan tujuan yang SMART yang dapat memberikan indikator atau tolak ukur keberhasilan yang jelas. SMART yang merupakan singkatan dari specific, measurable, achieveable, realistic, timebound yang berarti spesifik, terukur, dapat dijangkau, realistis, ada batas waktu. Menetapkan tujuan yang smart adalah menetapkan tujuan yang mencakup semua aspek tersebut.

  44. menurut saya, tujuan yang fokus memang harus memiliki aspek SMART itu sendiri. karena dengan aspek tersebut sedikit banyak dapat memaparkan tujuan dan indikator yang jelas untuk bisa dicapai. dan tidak lupa juga untuk mempublikasikan dan mensosialisasikan apa yang menjadi tujuan kita ke relasi akan sangat membantu dalam hal mewujuadkan tujuan tersebut.

  45. Menurut saya menetapkan tujuan yang smart adalah mencari langkah yg efektif dan efisien dan tidak membuang2 waktu namun bisa meminimalisir setiap resiko yang ada dg kecil ato mendapatkan harga kecil untuk mendapatkan keuntungan besar (hukum ekonomi).Menyusun strategi penjualan yg jitu untuk mengait pelanggan utk meningkatkan penjualan.

  46. menurut saya, tujuan smart disini sangat jelas diartikan bahwa kita harus mempunyai tujuan yang jelas / fokus dengan apa yang kita ingin capaikan. setelah menentukan target, kita harus mengukur target yang kita sudah susun dengan baik bahwa target tersebut berhasil atau tidaknya.

  47. Nim : 2013-52-145

    Menurut saya, dari ke 4 area motivasi tersebut yang paling berpengaruh dalam kehidupan adalah pencapaian tujuan. Dengan adanya pencapaian yang terpenuhi maka seseorang telah mendapatkan apa yang paling di inginkan, sedangkan kebutuhan yang lain nya akan mengikuti terpenuhi setelah pencapaian tujuan.

  48. Dear : Bp. Darmansyah

    Menurut pandangan saya, makanan, cinta, sex dan pencapaian tujuan adalah kebutuhan manusia. Dan pasti semua orang memiliki kebutuhan tersebut. Karena dengan makananlah manusia mempunyai energi untuk beraktivitas, dengan cinta mereka termotivasi melakukan pekerjaannya dan mencapai tujuannya, dan sex dibutuhkan manusia untuk kebutuhan jasmani dan masa depannya. Namun seperti yang kita lihat, manusia sekarang ini memenuhi kebutuhan tersebut, hanya untuk kepuasannya sendiri.
    Terimakasih.

  49. Mungkin kita sering berpikir, untuk apakah tujuan hidup itu?
    Mengapa semua orang mempunyai tujuan hidup?
    Tujuan hidup sangat bermanfaat bagi pencapaian cita – cita kita. Oleh karena itu penetapan tujuan hidup kita itu harus tinggi dan jelas. Adapun yang dimaksud dengan tujuan SMART adalah
    * Specific : adalah kita mempunyai tujuan yang jelas, supaya kita bisa fokus untuk mencapai tujuan tersebut.
    * Measurable : adalah terukur, dimana tujuan itu harus dapat diukur, supaya kita bisa melihat apakah tujuan kita itu bisa dicapai atau tidak dalam waktu yang telah ditentukan.
    * Achieveable : adalah harus bisa dicapai, yang dimaksud disini adalah bahwa kita memahami tujuan kita tersebut, sehingga kita bisa mencapainya
    * Realistic : artinya, tujuan kita itu harus sesuai dengan kemampuan kita, agar tujuan itu pada akhirnya bisa dicapai.
    * Timebound : artinya kita harus mempunyai batas waktu untuk mencapi tujuan tersebut, jangan dengan waktu yang bertele – tele. Karena pencapaian tujuan sesuai dengan waktu yang ditentukan itu disebut dengan pencapaian yang sukses.
    Terimakasih.

  50. Tujuan yang smart adalah penuntun yang akan mempermudah langkah kita dalam mencapai hal yang diinginkan. Kita memiliki arah, target dan sasaran apabila kita memilki tujuan. Tujuan dapat dikatakan sebagai tujuan yang SMART apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
    1. Spesific : Tujuan kita harus spesifik, tidak bersifat umum sehingga dapat menimbulkan ketidakjelasan dalam penafsiran.

    2. Measureable : Tujuan yang kita miliki juga harus dapat diukur baik dalam satuan waktu, besaran, dll

    3. Achieveable : Kita harus memiliki kemampuan dalam pencapaiannya.

    4. Realistic : Tujuan yang kita tetapkan hendaknya dapat kita wujudkan dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan dan kemudahannya.

    5. Time bound : Tujuan kita akan kita capai secara konsisten apabila kita memiliki batas waktu pencapain tujuan tersebut. Kita akan semakin termotivasi seiring dengan dekatnya batas waktu yang kita tentukan.

  51. Tujuan yang kita miliki harus memenuhi kriteria SMART. Spesific, Measureable, Achieveable, Realistic, and Time Bound. Tujuan yang SMART harus umum, dapat diukur, realistis dan memiliki jangka waktu yang dapat dicapai.

  52. Ada banyak cara untuk merumuskan tujuan secara efektif, salah satunya yang terkenal adalah konsep SMART (specific, measurable, achievable, realistic, time-based).
    Specific
    Tujuan yang Anda tetapkan harus jelas dan spesifik. Jelas akan membantu menguraikan apa yang akan Anda lakukan, sedangkan spesifik akan membuat segala upaya Anda fokus pada target yang akan dicapai.
    Measurable
    Apa yang ingin Anda capai haruslah bisa diukur, misalnya seberapa kuat, seberapa sering, seberapa banyak, atau seberapa dalam.
    Achievable
    Tujuan yang Anda tetapkan haruslah bisa dicapai. Dengan begitu Anda akan berkomitmen untuk mencapainya dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai Anda menetapkan tujuan yang tidak mungkin Anda capai.
    Realistic
    Realistis atau masuk akal adalah hal lain yang harus dipenuhi oleh tujuan yang ingin Anda capai. Jangan membuat tujuan yang terlalu sulit sehingga tidak mungkin Anda capai atau membuat tujuan yang tidak sejalan dengan keinginan atau hasrat hati Anda.
    Time-Based
    Anda harus bisa menetapkan kapan tujuan tersebut harus dicapai. Apakah minggu depan, tahun depan, atau lima tahun lagi. Dengan adanya batasan waktu, Anda akan terpacu untuk segera memulai melakukan tindakan.

  53. penetapan sebuah tujuan keberhasilan adalah bagaimana cara pandang awal yg harus kita tetapkan agar segala sesuatu dapat lebih mudah dilakukan dalam upaya pencapaian tujuan yg SMART itu sendiri

  54. Sri Sugiarti (2012-31-313) seksi 10
    Membuat SMART Goal:
    1. Spesifik
    Apa yg ingin dicapai harus jelas, lebih
    Baik jika di visualisasikan.
    2. Measurable
    Goal harus terukur contoh
    Lulus pendidikan S1 Manajemen RS
    3. Achievable
    Goal harus mungkin untuk dicapai
    4. Realistic
    Goal harus wajar dan nyata
    5. Timebound
    Jelas kapan tujuan tersebut akan dicapai.
    Contoh SMART Goal :
    Lulus S1 Manajemen RS pada Tahun 2016

  55. Nama : Katharina M
    NIM :201466180
    Seksi 24

    Setiap orang mempunyai tujuan hidup masing-masing yang sangat spesifik dan berbeda-beda. Tujuan hidup bisa saja sangat kompleks dan rumit, namun bisa juga sangat sederhana. Berbeda lagi bila hidup tanpa tujuan bagaikan perjalanan tanpa arah yang sering membuat kita kebingungan. Disadari atau tidak, setiap individu tentu sudah mempunyai tujuan hidup masing-masing. Namun tujuan-tujuan tersebut mungkin belum tergambar dengan jelas, sehingga kesulitan menentukan arah kegiatan yang mendukung mencapai tujuan tersebut. Pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan atau membuat daftar tujuan.
    Daftar tujuan terdiri dari hasrat, keinginan, harapan, impian, kehendak. Buat daftar tujuan berdasarkan klasifikasi yang dibutuhkan. Misalnya berdasarkan waktu; tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Untuk memudahkan tetapkan waktu yang jelas. Contohnya Yang akan dicapai pada tahun ini, 5 tahun kedepan, 10 tahun lagi. Dan yang perlu diketahui bersama yaitu gunakan Kriteria SMART untuk Tujuan-tujuan tersebut yaitu
    Specific (jelas); buatlah tujuan yang jelas, tidak abstrak dan mudah dimengerti.
    Measurable (dapat diukur); pengukuran akan memberikan bukti tentang apa yang sudah dan belum dicapai.Archiveable (dapat dicapai); jangan terlalu muluk-muluk, tetapi bukan berarti sederhana saja. Realistic (masuk akal); tetapkan tujuan yang logis. Timely (tepat waktu); gunakan waktu sebagai sumber daya, semakin tepat waktu pencapaian tujuan, semakin banyak tujuan yang bisa dicapai. Penggunaan istilah yang positif sangat penting berkenaan dengan cara dan mekanisme tujuan pikiran bawah sadar bekerja. Sikap optimis menghasilkan kesuksesan yang lebih banyak, prosesnya lebih dapat dinikmati tidak peduli berhasil atau tidak. Tetapkan tujuan yang tidak merugikan kepentingan orang lain, sebaliknya upayakan orang lain juga menerima manfaat dari tujuan yang ditetapkan tersebut. Dengan mengetahui tujuan hidup kita yang sangat jelas adalah sangat menyenangkan, tidak peduli berhasil atau tidak, yang penting kita menikmati prosesnya. Namun yang tak kalah paling penting harus diingat adalah kewajiban manusia adalah berusaha, hasil akhir tentu saja ditangan Yang Maha Kuasa.

  56. Nama : Dyah Laras Harjanti
    Nim : 201466179
    Seksi : 24

    Tujuan harus dirumuskan dengan benar, karena akan memudahkan seseorang dalam mewujudkannya. Tujuan harus dirumuskan dengan SMART sehingga memiliki indikator keberhasilan yang jelas dan mudah disosialisasikan.
    SMART (specific, measurable, achievable, realistic, time-based).
    Spesifik (Specific) artinya kita harus menetapkan tujuan yang fokus, jelas dan dirumuskan secara tertulis.
    Measurable artinya Target finansial yang terukur
    Achieveable artinya Tujuan finansial tersebut dapat dicapai
    Realistic,Target finansial yang realistis artinya target tersebut bersifat moderat, tidak terlalu sulit tapi juga tidak terlalu mudah bagi kita.
    Target finansial juga perlu ditetapkan waktunya (Timebound).
    Tujuan yang dirumuskan dengan SMART dengan sendirinya akan menghasilkan sebuah tujuan dengan indikator keberhasilan yang jelas.

  57. Nama : Robert Setiady
    NIM : 201281216
    Seksi : 24

    Dalam menentukan tujuan hidup perlu berpegang pada konsep SMART yang merupakan singkatan specific, measurable, achieveable, realistic, timebound.
    Spesifikasi Detail dari tujuan, Tujuan yang dapat diukur , dapat dicapai, berdasarkan pada kenyataan dan mempunyai batas waktu (deadline).

  58. Nurhata
    201321082
    Sesi 24

    Menetapkan tujuan yang didasari dengan oleh konsep SMART sangat penting karena menetapkan tujuan tanpa didasari konsep SMART maka tujuan tersebut tidak akan terjadi. Terimakasih

  59. Dela Fariha Fuadi
    201466144
    Sesi 24

    Kunci dalam menentukan tujuan adalah waktu. Kita harus menentukan rentang waktu kapan tujuan itu dapat terwujud. Tentu saja tujuan yang kita tentukan harus bersifat rasional.

  60. Dalam kehidupan ini,kita pasti menginginkan yang namanya keberhasilan. Misalnya keberhasilan dalam dunia pekerjaan, bisnis, studi dll.
    kita harus fokus apa yang sedang kita inginkan untuk mencapai keberhasilan, Nothing is Instant
    Mencapai target maksimal dalam kehidupan adalah keinginan semua orang.Tidak ada yang instan dalam hidup ini. Semuanya butuh proses.

    SMART :
    Spesific, maksudnya agar setiap usaha yang kita kerahkan lebih fokus.

    Measureable, artinya yang bisa terukur. Bagaimana kita bisa tahu akan tercapai atau tidak kalau tujuan kita tidak bisa terukur.

    Achievable, adalah tujuan yang bisa mungkin tercapai. Jangan sampai tujuan yang kita pasang terlalu muluk-muluk sehingga kita sulit mencapainya.

    Relevan, berarti ada kaitan dengan prioritas kita. Tujuan hendaknya berorientasi pada hal-hal yang benar-benar kita inginkan.

    Time frame menunjukan bahwa kita mempunyai rentang waktu tertentu sesuai yang kita pilih, sebulan, setengah tahun atau setahun.

    Isabella Nuzirwan 201352169

  61. Nama: Shinta Anggraini Karsono
    Seksi: 24
    NIM: 201466113

    Nenetapkan tujuan yang smart Dalam menetapkan tujuan tidak boleh bersifat umum dan tidak spesifik. Yang paling penting adalah harus memiliki tolak ukur. Mengapa tujuan harus memiliki tolak ukur dan mengikuti konsep SMART? Karena dalam menentukan tujuan bukan hanya semata-mata “ingin” atau tersusun dengan ketidakjelasan pencapaian. Dalam satu tujuan harus terukur, dapat dicapai, realistis, dan ditetapkan waktunya. Agar tujuan tersebut dapat dicapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>