Kepemimpinan dalam Motivasi

leadershipKepemimpinan adalah: The process of inspiring others to work hard   to   accomplish   important   task   (Schermerhorn,   1996).   Pengertian tersebut dapat dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • inspirationMemberikan   inspirasi  pada  orang   lain  untuk  termotivasi/memotivasi dirinya bekerja keras agar produktif.
  • efektif-komunikasi
  • Mengarahkan/mempengaruhi usaha orang lain untuk pencapaian tujuan bersama melalui komunikasi efektif.

conducive_solutions_logoDalam hubungannya dengan motivasi, kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap  penciptaan   lingkungan   kelompok   yang   kondusif   agar  dapat memotivasi   anggota-anggota kelompoknya. Agar dapat menginspirasi individu untuk   memotivasi dirinya   sendiri, seorang pemimpin  perlu memahami kebutuhan dan keinginan individu tersebut. Lingkungan kondusif yang dapat memotivasi sangat penting, karena motivasi setiap individu akan berkorelasi langsung dengan produktivitas.

Pada saat menginspirasi anggota kelompoknya, seorang pemimpin sedang mengubah   cara      berpikir   mereka, sedangkan   pada   saat memotivasi, pemimpin sedang mengubah cara bertindak.

INSPIRATION is changing THINKING, MOTIVATION is changing ACTION.

48 thoughts on “Kepemimpinan dalam Motivasi

  1. Menurut saya,kepemimpinan dalam motivasi sangat berpengaruh karna dalam motivasi harus ada sesuatu yg menjadi tujuan utama yg ingin dicapai

  2. menurut saya kepemimpinan dalam motivasi, mengajarkan kita agar menjadi pemimpin yang bertanggung jawab pemimpin yang baik dan sukses sehingga dapat menggapai hasil yang bagus.. dan bisa menjadi inspirasi bagi bawahannya (karyawannya) dan bagi yang lainnya juga

  3. bissmillahirrohmanirrohim.
    menurut saya Pemimpin yang dapat memotivasi adalah seorang pemimpin yang berhasil,meski tugas pemimpin bukan hanya memotivasi tetapi motivasi ini adalah suatu dasar tujuan yang sangat pentik sebelum bergerak melangkah.
    terimakasih

  4. menurut saya, kepemimpinan dalam motivasi mempengaruhi kinerja daripada bawahannya, jika pemimpin dapat memotivasi bawahannya bukan tidak mungkin perusahaan tersebut dapat berkembang pesat, akan tetapi jika pemimpin tersebut tidak dapat memotivasi bawahannya, maka siap-siap pemimpin itu digantikan oleh orang yang memiliki motivasi untuk mengembangkan perusahaan. “Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan”. {Kartini Kartono (1994 : 33)

  5. menurut saya, kepemimpinan dalam motivasi mempengaruhi kinerja daripada bawahannya, jika pemimpin dapat memotivasi bawahannya bukan tidak mungkin perusahaan tersebut dapat berkembang pesat, akan tetapi jika pemimpin tersebut tidak dapat memotivasi bawahannya, maka siap-siap pemimpin itu digantikan oleh orang yang memiliki motivasi untuk mengembangkan perusahaan. “Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan”. Kartini Kartono (1994 : 33)

  6. Menurut saya memang benar perlu adanya kepemimpinan dalam motivasi, karena dengan adanya pemimpin, kehidupan terasa lebih terarah. Contohnya saja pemimpin negara, pemimpin negara tugasnya memimpin sebuah negara. Dalam kepemimpinannya tersebut, ada baiknya jika rakyatnya juga ikut turun tangan dalam membantu membangun bangsa. Seperti yang disebutkan diatas, seorang pemimpin bisa memotivasi suatu kaum individu, supaya dapat kerja keras agar menjadi lebih produktif. Bayangkan saja jika suatu negara mempunyai pemimpin yang dapat memotivasi rakyatnya, sehingga bekerja sama membangun negara, negara tersebut akan jauh lebih maju bukan?

  7. Menurut saya kepemimpinan dalam motivasi sangat berpengaruh besar terhadap kelompok atau suatu organisasi. Agar dapat menginspirasi individu untuk memotivasi dirinya sendiri, seorang pemimpin perlu memahami kebutuhan dan keinginan individu tersebut

  8. Kepemimpinan dalam Motivasi adalah suatu timbul dorongan atau motivasi untuk secara mandiri bekerja mencapai tujuan pribadi maupun kelompok.

  9. Kepemimpinan dalam motivasi menurut saya penting. Karna seseorang yang memimpin juga harus mendengar nasihat bawahan. Jangan membuat keputusan sendiri yang pada akhirnya tidak baik.

  10. Seorang pemimpin dituntut sebagai contoh yang harus dipanut dalam suatu tim/ organisasi . Dengan pemimpin yang mempunyai motivasi yang jelas, disiplin , tegas dan berwibawa , otomatis bawahannya dengan sendirinya termotivasi dan bisa menjadi organisasi yang produktif .

    Terima kasih

  11. Keberhasilan seorang pemimpin sebagai seorang motivator berkaitan langsung dengan kesungguhannya dalam menunjukkan kepedulian terhadap bawahannya. Seorang pemimpin sering menggunakan sebuah gaya kepemimpinan tertentu, yang bahkan mungkin tidak disadarinya. Penggunaan gaya kepemimpinan itu disebabkan oleh cara mereka memandang pengikut mereka dan motivasi-motivasinya. Karena fungsi pemimpin adalah memimpin, maka membuat pengikut mengikuti otoritasnya adalah tujuannya yang utama.

  12. menurut saya kepemimpinan dalam motivasi adalah bentuk pemimpin yang baik dalam dirinya sendiri . dengan ia berhasil mempimpin dirinya sendiri untuk memotivasi dirinya , mungkin saja dia bisa memotivasi orang lain untuk mempunyai satu motivasi yang baik .
    Terimakasih

  13. Pendapat saya adalah pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mengangkat bawahannya agar lebih termotivasi dalam hidup dan pekerjaannya . pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpinan dalam memotivasi akan disenangi bawahannya

  14. menurut saya pemimpin yang maju adalah pemimpin yang mampu memotivasikan setiap rekannya agar setiap rekannya terinspirasi olehnya dan lebih giat lagi dalam berproduktif serta bisa menentukan pilihan yang terbaik

  15. Untuk memotivasi seorang pemimpin sangatlah perlu dan dibutuhkan dalam sebuah kelompok atau organisasi, kita memang bisa memotivasi kepada sesama tapi akan lebih baik jika seorang pemimpin yang memotivasi agar lebih terarah dan jelas. Seperti kiranya seorang bapak dalam keluarga yang selalu memotivasi anaknya agar sukses.

  16. Dalam hubungannya dengan motivasi, kepemimpinan sangat berpe ngaruh terhadap penciptaan lingkungan kelompok yang kondusif agar dapat memotivasi anggota
    -anggota kelompoknya. Agar dapat menginspirasi individu untuk memotivasi dirinya sendiri, seorang pemimpin perlu memahami kebutuhan dan keinginan individu tersebut. Lingkungan kondusif yang dapat memotivasi sangat penting, karena motivasi setiap
    individu akan berkorelasi langsung dengan produktivitas.

    Menetapkan tujuan yang SMART

  17. saya sangat setuju dengan kalimat ini INSPIRATION is changing THINKING, MOTIVATION is changing ACTION. pada kenyataannya inspirasi sangat berpengaruh terhadap pemikiran seseorang sehingga orang tersebut termotifasi untuk melakukan suatu aksi yang positif bagi diri dia mau pun untuk orang lain.

  18. Kepemimpinan dalam motivasi sangatlah bagus dan baik sekali, karena dari kepemimpinan yang bermotivasi lah akan terlahir etos tenaga produktif yang banyak.

  19. Menurut saya seorang pemimpin yang berhasil memberikan motivasi dalam pekerjaan atau dalam hidup kepada bawahan serta karyawannya adalah seorang pemimpin yang juga menginginkan kehidupan yang lebih baik untuk para karyawannya. sehingga bisa dijadikan motivasi agar apa yang dikerjakan hari ini dapat memberikan hasil yang memuaskan kedepannya.

  20. Kepemimpinan yang baik dimulai dari sikap bisa mengendalikan diri sendiri, bisa mengontrol ego diri sendiri dan mengarahkannya untuk memilih yang lebih dibutuhkan daripada yang diinginkan. Apabila seseorang telah berhasil menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri, maka dia pasti bisa untuk memotivasi orang lain.

  21. Kepemimpinan dalam motivasi sangatlan berpengaruh untuk terciptanya lingkungan kelompok yang kondusif agar dapat menginspirasi anggota kelompok atau organisasi. Untuk memotivasi diri sendiri,seorang pemimpin perlu memahami kebutuhan dan keinginan individu tersebut,dalam area lingkungan yang kondusif itu memotivasi sangat penting, karena pada saat seorang pemimpin bisa menginspirasi anggota kelompoknya, berarti seorang pemimpin sedang merubah cara pola fikir mereka, sedangkan pada saat memotivasi untuk anggota kelompok atau organisasi pemimimpin merubah cara bertindak. Terimakasih.

  22. Kepemimpinan dalam motifasi yaitu sikap seorang pemimpin yang memberikan masukan serta penilaian positif untuk bawahannya. Motivasi sangatlah penting untuk semangat kinerja bawahannya apabila pemimpinnya saja tidak dapat memotivasi karyawan pun tidak dapat meningkatkan kinerja dalam bekerja.

  23. Hal penting lain dalam kepemimpinan adalah memotivasi bawahannya agar dapat bekerja dengan maksimal. Sebelumnya pemimpin harus bisa memotivasi dirinya sendiri, dan untuk memotivasi bawahannya, seorang pemimpin harus dapat memahami bawahan tersebut sehingga seorang pemimpin dapat memotivasi bawahannya dengan cara yang tepat.

  24. Menurut saya kepemimpinan dalam motivasi adalah seorang pemimpin yang dapat memotivasi bawahannya, karna dapat meningkatkan kinerja bawahannya dalam melalukan pekerjaan.
    Terimakasih

  25. terpenting dari hal tersebut, seorang pemimpin harus mempunyai integritas, intelektual dan komukasi yang baik terhadap anggotanya, terpenting dari hal tersebut seoarang pemimpin harus memiliki nilai sosial tinggi.

  26. memang perlu motivasi dalam kepemimpinan, sebelum menjadi pemimpin kita mampu memotivasikan orang lain agar orang tersebut dapat menjadi yang lebih baik lagi.
    pemimpin itu memberikan contoh agar orang lain merasa termotivasi

  27. Kepemimpinan dalam motivasi sangat penting karena seorang pemimpin perlu memotivasi bawahannya bagaimana cara bergerak yg efektif dan tepat sasaran.Pemimpin memberikan contoh dan motivasi berupa kata2 sehingga bawahan dpt termotivasi dan mencontoh pemimpin & mendapatkan hasil sama seperti pemimpin melakukan.

  28. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Pemimpin memiliki peran penting dalam memotivasi anggotanya. Memberikan motivasi memang lebih penting dan berpengaruh dibandingkan memberikan inspirasi. Seperti quote yang bapak berikan, “INSPIRATION is changing THINKING, MOTIVATION is changing ACTION”. Berpikir tanpa bertindak sama dengan Nol Besar, dalam artian semuanya hanya sebatas mimpi dan angan. Namun menurut saya, dalam bertindak pun diperlukan pemikiran serta konsep yang matang, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Sehingga kesimpulan saya, alangkah baiknya bila setiap pemimpin dapat memberikan inspirasi serta memotivasi semua anggotanya.

    Best regards,
    Rohani

  29. Saya setuju dengan menjadi pemimpin harus memotivasi dan menginspirasi. tetapi saya percaya dibalik itu, seorang pemimpin sudah mempunyai motivasi untuk dirinya sendiri serta memiliki sosok yang menginspirasi dirinya. Dengan demikian, pemimpin tersebut di mata bawahannya adalah pemimpin yang mau belajar dan berintegritas.

  30. 201311267 – Fendy – seksi 58

    Kepemimpinan dalam motivasi diperlukan sekali dalam organisasi. Dengan motivasi yang diberikan, anggota jadi memiliki pandangan dan arah yang jelas, sehingga mereka dapat segera bertindak sesuai instruksi.

  31. Menurut saya sebagai pemimpin memang sudah seharusnya memberikan motivasi kepada karyawan atau bawahannya untuk terus berusaha agar tercapai tujuan bersama yang memuaskan, Tetapi seorang pemimpin tidak hanya memberikan motivasi untuk mencapai tujuan melainkan ikut serta bertindak membantu untuk mencapai tujuan bersama.

  32. Menurut pendapat saya :
    Kepemimpinan dalam motivasi yaitu seorang pemimpin seharusnya dapat memberikan dorongan yang memacu para karyawannya dalam bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.

  33. melva marshella (2013-52-199) seksi 59
    menurut saya, kepemimpinan dan atau dalam motivasi adalah dua hal yang tidak terpisahkan. dalam sebuah perusahaan karyawan yang memiliki motivasi namun tidak dipimpin oleh orang yang baik dapat menghilangkan motivasinya atau sekedar menurunkan sehingga hasilnya produktivitasnya tidak sempurna. sebaliknya apabila karyawan tidak memiliki motivasi namun memiliki pemimpin yang baik mereka dapat terinspirasi kemudian termotivasi dan akhirnya meningkatkan produktivitas.

  34. Jadi fungsi pemimpin disini adalah sebagai orang yang menggerakan anggotanya untuk bertindak atau berpikir sesuai dengan keinginannya.

  35. Menurut saya dalam perusahaan sikap kepemimpinan dalam memotivasi karyawan itu sangatlah penting. Jika seorang pemimpin memberikan contoh atau motivasi yang baik kepada karyawan dapat mendorong semangat seorang karyawannya untuk dapat mencapai tujuan bersama & meningkatkan potensi kinerja karyawannya.

  36. NIM : 2013-52-145

    Kepemimpinan dan motivasi merupakan 2 hal yang berbeda, meski memiliki tautan dalam konteks kerja dan interaksi antar manusia organisasional. Keith Davis mengemukakan bahwa tanpa kepemimpinan organisasi hanya merupakan kelompok manusia yang kacau, tidak teratur dan tidak dapat melahirkan perilaku bertujuan. Kepemimpinan adalah faktor manusiawi yang mengikat suatu kelompok bersama dan memberinya motivasi menuju tujuan tertentu, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

  37. Dear : Bp. Darmanyah

    Menurut saya kepemimpinan dalam motivasi sangatlah penting, karena dapat seorang pemimpin akan mengarahkan dan mendukung organisasi tersebut dalam pencapaian tujuannya.
    Terimakasih

  38. Dear Bapak Darmansyah,
    menurut pandangan saya, Keberhasilan seorang pemimpin sebagai seorang motivator berkaitan langsung dengan kesungguhannya dalam menunjukkan kepedulian terhadap bawahannya.

  39. Kepemimpinan dalam motivasi sangatlah dibutuhkan. Karena salah satu ciri pemimpin yang baik adalah yang dapat memberikan motivasi kepada bawahannya agar lebih semangat, bukan hanya yang marah-marah jika bawahan melakukan kesalahan.

    Terima Kasih

  40. Menurut pendapat saya Kepemimpinan dan motivasi merupakan dua hal yang berbeda. tapi saling berhubungan. di mana pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat memotivasi bawahan atau karyawannya agar dapat bekerja lebih baik, sehingga apa yang menjadi tujuan dari suatu organisasi atau perusahaan dapat tercapai.

  41. Pemahaman akan kebutuhan setiap individu adalah hal yang dibutuhkan seorang pemimpin untuk memotivasi anggotanya. Kepemimpinan dan motivasi adalah dua hal yang saling berkaitan. Dengan kepemimpinan yang baik, motivasi anggota akan terbentuk sehingga kualitas dan kinerja yang dihasilkan dapat diandalakan. Proses kepimpinan juga bukanlah sekedar memberikan perintah-perintah pekerjaan kepada anggota untuk dilaksanakan tetapi juga bagaimana seorang pemimpin dapat terjun langsung dan benar-benar menjadi bagian dari tim tersebut sebagai seorang anggota sekaligus pemimpin.

  42. Kepemimpinan merupakan proses memotivasi bawahan agarbertindak sesuai dengan apa yang harus dilakukan sesuai dengan pekerjaan masing-masing. Pemimpin yang baik juga harus mendengarkan saran dari bawahannya sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif.

  43. Kepemimpinan dan motivasi. Menurut saya kedua hal ini menjadi sangat berpengaruh dalam sebuah organisasi.
    Kepemimpinan yang baik serta dapat menjadi contoh, dapat membuat anak buah nya memiliki motivasi eksternal untuk menjadi seorang pemimpin yang lebih baik lagi.
    dimana hal tersebut berperan aktif dalam suatu organisasi, seorang pemimpin akan bersifat terbuka kepada para anak buah nya untuk mencapai sebuah tujuan bersama. salah satu tugas awal seorang pemimpin adalah untuk memberikan motivasi awal mencapai sebuah tujuan bersama.

  44. kemampuan pengetahuan dan ketrampilan seorang pemimpin harus terus menerus diasah karena semakin tinggi jam terbang seorang pemimpin akan menuntunnya juga dalam menentukan arahan,tindakan dan kebijakan serta keputusan yg diambilnya utk sebuah lembaga organisasi atau perusahaan

  45. Nama : Tri ulaika
    Nim : 201411212
    Sesi : 25
    Kepemimpinan adalah suatu cara untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain, bawahan atau kelompok untuk saling bekerja sama dalam upaya mencapai suatu tujuan bersama tanpa adanya unsur pemaksaan.
    Kepemimpinan sangat penting dlm suatu organisasi , karena kepemimpinan merupakan faktor kunci dalam suksesnya suatu organisasi atau manajemen. Suatu organisasi akan menjadi buta dan tidak memiliki arah jika ada unsur kepemimpinan dalam organisasi tersebut.

  46. Untuk menjadi pemimpin yang dapat memenuhi semua keinginan dan kebutuhan sangat sulit, karena pemimpin tersebut harus dapat menyatukan karakter orang – orang yang menjadi bawahannya agar dapat melakukan tugas dan fungsinya secara sukarela. Mengapa sulit? Karena setiap orang mempunyai karakter yang berbeda – beda. Apabila terdapat karakter yang kurang baik bagaimana pemimpin dapat menyatukan visi bawahnnya. Namun disini peran pemimpin sejati yang dapat meyatukan karakter bawahannya, walaupun ada satu orang bawahan yang mempunyai karakter kurang baik tetapi tidak menghambat kinerja perusahaan secara keseluruhan. Diperlukan kesabaran, keteguhan serta keterbukaan agar pemimpin dapat membuat bawahannya dapat memahami dan melaksanakan tujuan dan visi pemimpin tersebut

  47. Nama: Shinta Anggraini Karsono
    Seksi: 24
    NIM: 201466113

    Pemimpin adalah orang yang mampu membuat orang lain melakukan apapun dengan sukarela. Bagaimana cara membuat orang lain suka rela? Dengan cara memenuhi kebutuhannya. Lalu bagaimana kepimpinan dalam motivasi? Itu artinya pemimpin harus mampu memotivasi  anggota. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Untuk bisa memotivasi, seorang pemimpin harus tahu kebutuhan anggota. Pemimpin harus rajin memberi. Memberikan kebutuhannya. Dengan tahu kebutuhan/apa yang diinginkan anggota, pemimpin tidak akan kesulitan memberikan dorongan agar anggota tidak putus asa dan termotivasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>