Pemimpin yang Baik

BossesBeberapa  dekade  yang  lalu  kekuasaan  dan  posisi  sangat  berpengaruh terhadap seorang pemimpin. Namun, dewasa ini seorang pemimpin tidak dapat  menuntut  bawahan  untuk  menghormati  dan  menghargai  mereka. Penghormatan dan penghargaan tersebut harus diperoleh.

A-good-leaderKepemimpinan saat ini, lebih dari kapan pun, merupakan proses dua arah antara  pemimpin dan yang dipimpin. Pada akhirnya, tanpa bawahan yang mempunyai kemauan, pemimpin tidak dapat memimpin.

10_worst_leadersKepemimpinan sangat mempengaruhi produktivitas sebuah organisasi. Kepemimpinan yang buruk akan mengakibatkan:

  1. Kelompok tidak mengerti apa yang harus dikerjakan. Waktu dan sumber daya  dapat terbuang  percuma, dan  pekerjaan  pun  tidak dilaksanakan dengan sempurna.
  2. Kelompok tidak termotivasi. Memerlukan waktu yang lebih  lama untuk menyelesaikan suatu tugas, atau bahkan tidak dapat menyelesaikannya sama sekali.
  3. Individu tidak bekerja sebagai tim dan tidak tidak berinteraksi sebagai suatu kelompok.
  4. Kemungkinan  kelompok  akan  berusaha  minimal  untuk  menyelesaikan suatu tugas, dan tidak dapat bertahan jika bekerja dalam tekanan.
  5. Turn over anggota kelompok akan lebih sering karena mereka tidak mau bertahan dalam lingkungan tersebut.
  6. Individu  tidak  akan  mengembangkan  keahlian  yang  diperlukan. Oleh karena itu, kelompok ini tidak akan dapat menghadapi situasi baru.
  7. Individu maupun kelompok memiliki kecenderungan menutupi kesalahan yang terjadi, sehingga sumber/penyebab masalah tidak akan pernah terungkap dan alternatif jalan keluar dengan sendirinya tidak akan pernah ada, sehingga dari waktu ke waktu masalah yg sama akan terulang kembali.
  8. Setiap individu akan berusaha berjalan dalam koridor tertentu dan tidak akan pernah ada kata Inovatif serta kreatif.
  9. Kepedulian terhadap organisasi tidak akan pernah ada, sehingga tidak ada “sense of belonging“.

Sebaliknya, kegood-leaders loyalpemimpinan yang baik akan dapat mengakibatkan:

  1. Kelompok bekerja sebagai tim, tidak sebagai individu di dalam kelompok. Mereka bekerja untuk tujuan kelompok.
  2. Tim dapat  memahami tujuan-tujuan kelompok dan  bagaimana mereka dapat   menyesuaikan  tujuan  kelompok  tersebut  dengan  tujuan-tujuan organisasi.
  3. Anggota tim saling mendukung satu sama lain
  4. Tim bersedia memberikan usaha lebih saat dibutuhkan.
  5. Tim      menetapkan     target   pekerjaan   yang          sempurna,        tidak    hanya ‘melakukan pekerjaan’
  6. Setiap  individu  tahu  apa  yang harus  dikerjakan  oleh  tim,  dan peran masing-masing individu dalam melakukan pekerjaan tersebut.
  7. Anggota tim bermotivasi untuk melakukan tugas seefektif mungkin.
  8. Tugas  spesifik  di  dalam  pekerjaan  keseluruhan  ditugaskan  kepada anggota tim yang paling berkemampuan.

duckleaderManajer               menjadi                 seorang              pemimpin            saat        kepribadian        dan karakter, pengetahuan dan fungsi keahlian untuk pemimpin diakui dan diterima oleh individu-individu yang berhubungan.

Kepemimpinan dapat diperoleh dari sebuah situasi spesifik dan otoritasnya dapat   diperoleh   dari  posisi  (jabatan),   kepribadian   (kualitas  dasar  dan pengaruh), serta pengetahuan (keahlian teknis).

great-leaderAgar dapat menjadi seorang pemimpin yang baik, terdapat beberapa kualitas yang harus dimiliki, yaitu:

  1. Enthusiasm
  2. Integrity,  baik  pribadi  keseluruhan  dan konsisten  pada  nilai  diluar  diri sendiri, terutama   kebaikan     &            kejujuran.   Kualitas    ini        menimbulkan kepercayaan kepada pemimpin.
  3. Toughness,  Demanding,  with  high  standards,  resilient,  tenacious  and with the aim of being respected ( not necessarily popular )
  4. Fairness, memberi reward dan penalty terhadap performa kerja tanpa ada ‘favorite’, memperlakukan individu berbeda tapi seimbang.
  5. Warmth, hati dan pikiran terikat, menyayangi orang lain, serta kepedulian terhadap orang lain.
  6. Humility, kebalikan dari angkuh, menjadi pendengar yang baik dan tanpa ego yang berlebihan.
  7. Confidence, tidak percaya diri berlebihan (yang biasanya dapat menuju pada arogansi), tapi tetap memiliki kepercayaan diri.

 

51 thoughts on “Pemimpin yang Baik

  1. Menurut saya,pemimpin yg baik harus memberikan contoh yg baik bagi anggotanya sehingga mamotivasi anggotanya agar bisa menjadi seperti dirinya dan mungkin yg lebih baik lagi dari pada pemimpinnya sendiri

  2. Menjadi pemimpin yang baik bukanlah muda. Pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang keras, yang suka marah dan yang ditakuti. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memimpin pengikutnya mencapai suatu tujuan tertentu. yang baik untuk kepentingan bersama. Ada kerinduan luar biasa terhadap sosok pemimpin yang tidak hanya jujur, adil, dan tegas, tapi juga mengayomi, bersahaja, dan dekat dengan rakyat. tidak banyak mengumbar janji

  3. bissmilahhirrohmanirrohim.
    pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki ahlak.pemimpin yang mampu menjalankan amanah dari anggotanya.dan mampu bergerak kearah yang benar dan baik,bermanfaat untuk orang banyak.
    terimakasih.

  4. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau mendengarkan masukkan bawahannya, selalu bersama-sama dalam menyelesaikan masalah, bukan menyalahkan kesalahan pada satu pihak, bahkan pemimpin yang baik adalah pemimpin yang masih mau belajar atas apa yang menjadi kekurangannya selama ini.

  5. Siapa yang tidak ingin mempunyai pemimpin yang baik? Suatu organisasi pasti ingin mempunyai pemimpin yang baik, sehingga lebih terarahnya apa yang ingin dicapai, dan jelas visi misi apa yang akan dipakai untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Masalahnya disini adalah, pemimpin seperti apa yang baik? Jawabannya ya sudah jelas yang dapat memotivasi suatu individu agar lebih produktif. Seorang pemimpin tidak perlu merasa bahwa dirinya paling hebat atau sok penguasa. Yang terpenting dia bisa membawa suatu kaumnya untuk menjadi lebih baik lagi. Menjadi seorang pemimpin bukanlah persoalan yang mudah, pemimpin dituntut untuk menjadi seorang yang berwibawa dan bijaksana. Serta seorang pemimpon pun akan diminta pertanggung jawabannya di akhirat kelak. Jadi jika suatu saat kalian menjadi seorang pemimpin, gunakanlah kepemimpinanmu sebaik baiknya.

  6. Pemimpin yang Baik menurut saya adalah pemimpin yang memberi contoh yang baik untuk anggotanya, bertanggung jawab dan tidak semena-mena ke anggotanya.

  7. Pemimpin yang baik adalah yang selalu memperhatikan dibawahnya, karena dengan dia saling kerjasama terhadap kesemuanya akan lebih mudah dia menjadi seseorang pemimpin yang baik,tegas dan dipercaya.

  8. Pemimpin yang baik adalah seseorang yang bisa membuat bawahannya merasa nyaman dalam pekerjaannya , fokus dalam apa yang dikerjakan, dan bisa membuat para anggotanya bisa percaya satu sama lain,sehingga terjadi interaksi yang baik antara pemimpin dan bawahannya .

    Terima kasih

  9. Kepemimpinan menduduki urutan yang paling atas, yang berarti kepemimpinan memegang peran yang sangat penting. Untuk mencapai sukses, suatu organisasi tidak hanya sekedar memerlukan pemimpin, tetapi yang diperlukan adalah pemimpin yang memiliki kepemimpinan (leadership) yang baik. Pemimpin yang memiliki visi (visioner) dan mampu mewujudkan visi tersebut melalui pengelolaan sumber daya yang ada di dalam organisasinya. Banyak sumber daya yang harus dikelola oleh seorang pemimpin, dan dari sekian banyak sumber daya, yang paling penting adalah sumber daya manusia.

    Seorang pemimpin yang sukses dituntut untuk mampu mengelola sumber daya manusia secara optimal dengan cara menjadikan setiap anggota organisasi memiliki kemauan untuk bekerja sesuai dengan tugasnya dan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik guna mewujudkan sasaran organisasinya.

  10. menurut saya pemimpin yang baik bukan tampan , mapan ataupun kaya tetapi pemimpin yang baik diawali dengan bisanya dia memimpin dirinya sendiri . dengan itu dia bisa memimpin banyak orang dan menjadi seorang pemimpin yang baik .
    Terimakasih ..

  11. pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menjaga sikap dengan baik, berprilaku adil dalam bertindak, berkomunikasi dengan jujur dalam setiap pesan yang disampaikan. Seorang pemimpin juga harus memiliki Visi dan Misi yang kuat, karena sebagai pemimpin harus menyampaikan tujuan visi dan misinya , agar bawahan/ masyarakat memiliki suatu motivasi untuk mencapai target yang sama, sehingga pimpinan bisa memberikan bimbingan untuk mengerakkaan masyarakat mencapai tujuan .

  12. pemimpin yang baik menurut saya adalah pemimpin yang bisa memotivasi bawahannya , mengerti dan menghargai pendapat bawahannya dan bersikap objektif dalam menyikapi setiap persoalan dipekerjaannya

  13. menurut saya, menjadi seorang pemimpin harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mau di proses serta di bentuk. pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang mau maju yang mau bertanggung jawab serta juga memberikan semangat kepada rekannya sendiri

  14. Menurut saya untuk menjadi seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memimpin dirinya sendiri juga keluarganya kalau itu sudah bisa di lakukan bukan tidak mungkin seseorang dapat memimpin kelompok dengan sangat baik, menjadikan anggotanya untuk jadi lebih produktif.

  15. menurut saya pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat menjalankan amanah dengan baik, bijaksana, adil dalam menegakkan hukum, tegas, disiplin, bertanggung jawab, dapat melarang dirinya untuk katakan tidak pada hal yang dapat merugikan banyak pihak seperti halnya KKN, dan tidak otoriter.

  16. Pemimpin yang baik adalah Pemimpin yang dapat memberikan contoh tauladan yang baik kepada anggotanya dan dapat bertanggung jawab atas kerjaannya serta dapat mengayomi anggotany dengan baik dan benar.

  17. Pemimpin memang memiliki peranan yang sangat penting di dalam pergerakan organisasi, peranan yang sangat penting itu dapat berupa planning,organizing,actuating, dan controlling, memang harus di akui bahwa tidak hanya berfokus kepada para bawahan, banyak hal hal yang juga harus difokuskan oleh seorang pemimpin. Karenanya, dewasa ini pemimpin karismatik begitu di inginkan dan di butuhkan oleh setiap organisasi, pemimpin yang karismatik dipercaya dapat memberikan pengaruh positif dan menginspirasi para bawahannya untuk memberikan kemampuan mereka semaksimal mungkin. PS: Pemimpin Karismatik tidak serta merta berasal dari talenta seseorang tetapi juga dapat di pelajari dan di bentuk.

  18. Setiap orang terlahir sebagai pemimpin, ada yang memang bisa menjadi pemimpin karena sifatnya tetapi ada juga yang menjadi pemimpin karena mereka belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tahu bagaimana harus mengatur sikapnya kepada bawahannya, ada saatnya seorang pemimpin harus bersikap keras dan ada saatnya sikapnya berubah menjadi seorang teman tetapi tidak melewati batas. Pemimpin harus bisa menghargai bawahannya karena tanpa adanya bawahan, pemimpin tidak akan bisa memimpin.

  19. Menurut saya, menjadi seorang pemimpinan yang baik sangatlah tidak mudah, Jadi sebaiknya gaya kepemimpinan yang baik itu haruslah balance dan harus bisa membedakan mana yang sifatnya pribadi dan mana yang sifatnya urusan untuk kantor,selain itu pula ada kalanya kita sebagai pemimpin haruslah bersikap solidaritas yang tinggi, jadi jika bawahan/karyawan kita ada yang sakit kemudian dirawat atau sedang berduka akibat kehilangan salah satu keluarganya tidak ada salah nya untuk menjenguk,atau memberi santunan dan perhatian yang sewajarnya. Terimakasih

  20. Menurut saya pemimpin yang baik adalah pribadi yang mau bekerja sama dan bertukar pendapat dengan bawahannya, pemimpin yang baik menilai dengan objektif tentang perkembangan perusahaan dan bisa menelaah keputusan yang harus diambil.

  21. Berdasarkan fakta yang terjadi saat ini. Pemimpin tidak bisa diangkat sebagai pemimpin secara sepihak. Apalagi negara Indonesia kita ini telah menganut asas demokrasi, sehingga untuk memilih pemimpin saja perlu melakukan pemilihan yang layak. Jadi untuk menjadi pemimpin kita tidak hanya punya jiwa kepemimpinan tetapi kita juga harus memiliki keterampilan yang sesuai dan diakui oleh bawahannya sehingga dapat memaksimalkan produktivitas suatu organisasi.

  22. Menurut saya pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat memberikan contoh yang baik pula untuk bawahannya. jika kepemimpinan yang buruk dapat mengakibatkan keburukan juga bagi bawahannya maupun perusahaan yang dia pimpin.
    Terimakasih

  23. pemimpin baik bukan lah pemimpin yang membawa keburukan untukanggotanya, karena pada dasarnya pemimpin adalah sosok yang paling dinilai, dan memberikan contoh, pemimpin harus mempunyai ketegasan, integritas dan akhlak yang baik, itulah hal minimal yang harus dimiliki pemimpin.

  24. Menjadi seorang pemimpin yang baik tidaklah mudah perlu kedisiplinan dan komitmen yang tinggi untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat.
    banyak yang menjadi pemimpin, tetapi banyak pula yang belum menjadi seorang pemimpin yang baik.
    Pemimpin bukan dilihat dari jabatan dan karir yang tinggi, tapi seorang pemimpin ialah seseorang yang mempunyai sejuta komitmen dan kedisiplinan yang tinggi sehingga dapat mencontohkan dengan baik kepada setiap orang sehingga orang tersebut menerima contoh kita dan mengikuti setiap contoh yang kita lakukan .

  25. Pemimpin memiliki banyak perspektif ada pemimpin yg tegas, otoriter, kompromi dll.Namun utk menjadi pemimpin yg berpengaruh perlu memberikan teladan yg baik kepada bawahannya bukan cuma main perintah sana & sini tetapi tidak ada ACTION yg diambil oleh pemimpin langsung.Pemimpin ketika memberikan contoh maka akan di ikuti oleh para bawahannya.Pemimpin yg mengayomi & mengerti kebutuhan para bawahannya adalah pemimpin yg memiliki hati mulia dan anggotanya pun juga akan loyal terhadapnya dalam setiap masalah yg dihadapi di organisasi.

  26. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Menjadi penguasa berbeda dengan menjadi seorang pemimpin. Saat ini pemerintahan kita sudah mengarah ke demokrasi. Ketaatan dan kepatuhan mutlak tidak lagi berlaku saat ini. Menjadi pemimpin haruslah dapat mengayomi serta membimbing anggotanya. Seorang pemimpin yang baik akan memperoleh penghargaan, rasa hormat serta loyalitas dari para anggotanya. Pemimpin yang baik memacu motivasi anggotanya.

    Best regards,
    Rohani

  27. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tegas, berani mengambil resiko dan dapat mengemban amanat dari orang lain. Mampu memimpin dan bekerja sama yang baik dengan bawahannya serta bersikap jujur dan adil dalam setiap tindakan.

  28. Dalam berorganisasi, perlu sikap kepemimpinan yang baik dan bertanggung jawab supaya jalannya organisasi bisa efektif. Dengan deperti itu, para pekerja juga dapat bekerjasama dengan baik dengan adanya sikap kepemimpinan yang baik. Bukan seorang pemimpin yang harus menuntut bawahan menghormati dan menghargai atasan, tetapi hubungan dua arah antara atasan dan bawahan sehingga penghargaan dan penghormatan dengan sendirinya dapat diperoleh pemimpin.

  29. Menurut saya, pemimpin bukan hanya mencakup tentang seseorang yang berada di puncak organisasi, melainkan tentang semua orang yang terlibat didalam organisasi tersebut untuk mencapai tujuan.

  30. 201311267 – Fendy – seksi 58

    Dari sekian banyak syarat untuk menjadi pemimpin yang baik, menurut saya yang paling dibutuhkan seorang pemimpin yang baik adalah sifat yang bisa mengerti kebutuhan anak buah atau anggota organisasinya. Dengan bisa mengerti kebutuhan, pemimpin dapat memberikan porsi yang pas untuk setiap anggota organisasinya, dan para anggota pun pasti akan bekerja dengan sepenuh hati juga.

  31. Menurut pendapat saya :
    Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang jujur, cerdas, amanah, dan dapat menyampaikan pesan yang baik untuk para karyawannya. Seorang pemimpin yang baik juga bisa menerima kritik, saran dan masukkan dari bawahannya.

  32. Saya sangat setuju dengan teori di atas yang mengatakan bahwa seorang pemimpin tidak dapat menuntut bawahan untuk menghormati dan menghargai mereka, karena untuk menjadi pemimpin yang ingin dihormati dan dihargai haruslah bisa menghargai dan menerima saran serta kritik yang disampaikan oleh bawahannya. Jika dia hanya mementingkan diri sendiri dan tidak mau mendengarkan saran dan kritik dari bawahannya bagaimana dia bisa mengerti apa yang diinginkan oleh bawahannya. Menjadi seorang pemimpin haruslah bijaksana dalam mengambil suatu keputusan agar bawahannya mau mengikuti segala perintahnya.

  33. Menurut pendapat saya :
    Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang jujur dalam perkataannya, pintar, cerdas, dan juga dapat dipercaya. Pemimipin yang baik juga dapat memberikan motivasi untuk para karyawannya.

  34. melva marshella (2013-52-199) seksi 59
    menurut saya, pemimpin yang baik sangat dibutuhkan disetiap organisasi. pemimpin yang baik dapat menciptakan situasi yang nyaman, menyenangkan, dan kondusif bagi yang dipimpinnya. bila hal ini tercipta maka hasil yang dicapai akan lebih baik karena karyawan bekerja tanpa tekanan yang berlebihan. sebenarnya seorang pemimpin dilihat dari berapa banyak orang yang mengikutinya bukan dari sebuah jabatan. anda bisa saja berada di jabatan tinggi sebagai pemimpin namun anda tidak memiliki kemampuan atau tidak simpatik dengan karyawan anda yang menyebabkan karyawan anda tidak menghargai dan tidak mendukung anda, maka anda bukanlan pemimpin mereka.

  35. Menurut Saya teori di atas yang mengatakan bahwa seorang pemimpin tidak menuntut bawahan. Jika dia hanya mementingkan diri sendiri dan tidak mau mendengarkan saran dan kritik dari bawahannya bagaimana dia bisa mengerti apa yang diinginkan oleh bawahannya. Pemimpin yang baik yaitu pemimpin yang tegas, berani mengambil resiko dan dapat mengemban amanat dari orang lain.

  36. Agar organisasi dapat mencapai tujuan maka seorang Pemimpin seharusnya tidak sewenang-wenang kepada bawahan, karena suatu saat seorang pemimpin bisa menjadi seorang bawahan, sebaliknya sebagai bawahan harus bisa menghormati pemimpin, karena suatu saat seorang bawahan bisa menjadi seorang pemimpin.

  37. NIM : 2013-52-145

    sifat seorang pemimpin yang baik adalah sbb:

    1. Beri teladan tentang arti sukses kepada bawahan.

    Alasan umum seseorang tidak berusaha keras dalam bekerja adalah karena mereka tidak tahu persis tujuan mereka bekerja. Ketidakadaan tujuan dan arah sering mematahkan motivasi kerja. Oleh sebab itu, seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memberi contoh kesuksesan yang bisa diraih para bawahannya.

    2. Beri bawahan Anda peralatan yang mereka butuhkan.

    Banyak orang mempersepsikan, tugas seorang pemimpin adalah menyelesaikan masalah bawahannya. Namun, sebenarnya itu bukan tugas Anda sebagai atasan. Daripada terus-menerus turun tangan menyelesaikan masalah orang lain, lebih baik berikan bawahan Anda cara dan rambu untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

    3. Jangan sungkan untuk memuji keberhasilan bawahan.

    Tak hanya kritik, pujian dan apresiasi terhadap hasil kerja bawahan juga dapat memotivasi produktivitas dan membangun kepercayaan diri bawahan untuk lebih sukses lagi.

    4. Berikan ruang untuk kesalahan.

    Sesungguhnya kesalahan adalah guru terbaik bagi pembelajaran, maka berilah toleransi bagi kesalahan yang dilakukan bawahan. Terkadang kesalahan dilakukan bawahan bukan karena ia tidak becus bekerja, tapi karena ketidaktahuannya akan suatu hal.

    5. Delegasikan tugas tanpa banyak turut campur.

    Pemimpin yang baik adalah seorang yang mampu mempercayakan tugas secara penuh kepada bawahannya. Biarkan bawahan mengatasi kendala pekerjaannya sendiri. Namun, di sisi lain pastikan diri Anda selalu ada untuk membantu saat mereka membutuhkan Anda

  38. Dear : Bp. Darmansyah

    Menurut pandangan saya, pemimpin yang memiliki kejujuran, mempunyai keahlian yang lebih tinggi dari pada bawahannya sehingga bisa memberikan contoh kepada bawahannya, pemimpin yang bisa memimpin bawahannya kepada pencapaian tujuan, dan bisa memecahkan masalah dan dapat memberikan keputusaan.
    Terimakasih.

  39. Dear Bapak Darmansyah,
    menurut pandangan saya, menjadi seorang pemimpin yang baik harus mempunyai ciri2 sebagai berikut :
    1. Jujur dan Dapat Dipercaya
    2. Mampu Bertanggung Jawab
    3. Mampu Menentukan Skala Prioritas
    4. Mampu Mendelegasikan Tugas
    5. Cepat Menangani dan Mengatasi Masalah
    6. Memiliki Sikap Positif
    7. Kemampuan Berkomunikasi Efektif
    8. Keberanian Sosial dan Percaya Diri
    9. Mampu Mengembangkan Setiap Anggota Tim
    10. Mampu mengendalikan keadaan

    terima kasih.

  40. Menurut saya, pemimpin yang baik bukan hanya pemimpin yang memiliki sifat selalu ingin merintah dan merasa paling benar, atau bersifat layaknya guru dengan murid. Tetapi pemimpin yang dapat menerima dan menghargai setiap masukan dari bawahannya serta saling bertukar pikiran. Hal ini membuat bawahan merasa dirinya dibutuhkan dan berarti, sehingga dapat memotivasinya untuk bekerja lebih giat dan baik.

    Terima kasih

  41. Menurut pendapat saya pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa di jadikan panutan atau contoh oleh bawahannya. yang tidak hanya menunjukan kekuasaannya dalam memimpin. tapi bijaksana dalam mengambil keputusan, pintar dalam mengambil peluang positif, dapat memecahkan masalah dengan baik.

  42. Pemimpin yang disegani bukanlah pemimpin yang angkuh akan kedudukan dan kekuasaan yang dmilikinya. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat memposisikan dirinya sebagai bawahan tetapi sifat dan kharismanya sebagai seorang pemimpin tetap nampak. Dengan kepemimpinan yang baik, persatuan di dalam tim akan terbentuk yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja tim tersebut. Sebaliknya kemimpinan yang buruk menurunkan kinerja serta kualitas tim yang bersangkutan. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berusaha mencoba untuk menghormati serta menghargai apapun saran serta masukan yang diberikan dari bawahannya. Pemimpin yang baik selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi timnya dengan segala kemampuan, kompetensi, jiwa, pikiran dan perasaan yang ada di dalam dirinya.

  43. Kepemipinan yang baik akan membuat kualitas kerja anggota juga baik. Oleh karena itu diperlukan pemimpin yang baik. Dengan pemimpin yang baik akan ada motivasi yang timbul dari anggota.

  44. Semua pimpinan pasti di sengani oleh karyawannya. Sifat dari pemimpin yang baik dan tegas dapat membuat karyawan makin disegani atau dapat di contoh oleh karyawannya dalam melakukan pekerjaannya.

  45. Setiap orang dapat menjadi pemimpin yang baik, yang dapat menjadi contoh, namun untuk menjadi pemimpin yang baik diperlukan adanya mental yang kuat untuk menghadapi masalah-maslaah yang timbul serta cara penangan nya yang cepat dan efisien.
    namun untuk menjadi pemimpin yang biak tidak hanya perlu untuk penangan maslah, namun juga penanganan emosi , bagaimana dia dapat mengendalikan emosi nya saat dihadapkan oleh masalah yang rumit.
    tidak melulu menyalahkan anak buah, namun mampu mengarahkan anak buah nya untuk bersama-sama memecahkan suatu maslaah.

  46. Menjadi seorang pemimpin diperlukan etos yang baik dimata atasan maupun bawahan , kejujuran dan ketulusan dari hati dalam melakukan apapun akan sangat diperlukan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab seorang pemimpin

  47. menurut saya pemimpin yang baik itu disegani karena cara kemimpinannya dan kewibawaannya dalam memimpin,bukan ditakuti karna peraturan yg ada dan aturan yg diterapkan.
    karna dengan begitu karyawan bisa mencontoh cara pemimpinnya dalam bekerja

    NIM : 201471078
    NAMA : HAERUL IMAMI
    SEKSI : 11
    FAKULTAS : PSIKOLOGI

  48. Teori ini rada idealis menurut saya.
    Ada yg disebut situational leadership dimana kita sebagai pemimpin tidak bisa lagi memanjakan karyawan..lita sebagai pemimpin tidak bisa “reaching” terus. In some point, bawahan akan under estimate pemimpin yg terlalu “ngalem”.

    Just sharing,salam kenal

    Luki transwish
    Business & Development manager
    Transwish indonesia

  49. Nama : Bebby Elisa
    Nim : 201412190
    Sesi : 25
    Pemimpin adalah orang yang mampu memberikan manfaat kepada orang lain secara sukarela. Menjadi seorang pemimpin yang baik bukanlah mudah, pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang keras, yang suka marah dan yang ditakuti. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memimpin pengikutnya mencapai suatu tujuan tertentu.

  50. Nama: Shinta Anggraini Karsono
    Seksi: 24
    NIM: 201466113

    Bentuk konkret pemimpin adalah menjadi panutan. Apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin? Tindakan dan sikap pemimpin harus menjadi contoh yang baik untuk anggota. Karena, anggota akan berkaca pada pemimpin. Jika pemimpin melakukan hal baik, maka anggota juga akan melakukannya. Jika pemimpin memberikan contoh yang buruk. Maka, anggota akan berperilaku buruk. Ini bukan hukum yang pasti. Tentunya tidak semua orang akan seperti itu.

    Perilaku yang wajib dimiliki pemimpin yang baik adalah Memberi. Memberi apa yang anggota butuhkan. Memberi apa yang anggota inginkan. Agar hidupnya lebih mudah. Menjadi pemimpin yang baik tidak mudah. Harus memiliki kesabaran, keteguhan hati, lapang dada, dan keterbukaan yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>