Obyek Sosiologi

Sociology Object

sosiologi-templateSosiologi meneliti dan mencari apa yg menjadi prinsip-prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antar manusia dan juga perihal sifat hakikat, bentuk, isi dan struktur masyarakat manusia.

201 thoughts on “Obyek Sosiologi

  1. Obyek sosiologi adalah individu-individu dalam masyarakat yang berasal dari berbagai golongan, latar belakang, budaya, adat istiadat, agama, dan strata sosial yang berbeda-beda dan selalu dinamis. Dengan demikian, setiap individu mempunyai pandangan dan prinsip yang berbeda. Dengan mempelajari sosiologi yang meneliti hubungan antara masyarakat, maka kita mengetahui pola umum kehidupan bermasyarakat sehingga hidup kita menjadi lebih terarah. Interaksi sosial yang terjadi di masyarakat pun juga akan berjalan dengan baik.

  2. Yg menjadi obyek sosiologi adalah tiap” individu” yg terdapat didalam masyarakat yg memiliki latar belakang yg beragam baik secara horizontal yaitu ras,agama,suku,dll dan vertikal yaitu pangkat,jabatan,gelar,dll.sehingga sosiologi menjadi sangat penting.

    • Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek

      1.Objek Material
      Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.

      2.Objek Formal
      Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

      3. Objek budaya
      Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.

      4. Objek Agama
      Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  3. Obyek Sosiologi ialah manusia,kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri ( individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta lingkungan disekitarnya). Sosiologi menjadikan hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat menjadi lebih jelas dan teratur.

  4. menurut saya, objek kajian sosilogi adalah masyarakat yang dilihat dari berbagai sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat . Ini berarti sosiologi pada dasarnya mempelajari masyarakat dan perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang dibangunnya. Kelompok tersebut mencakup keluarga , suku bangsa , komunitas, dan berbagai organisasi lain nya.

  5. Obyek sosiologi adalah manusia yang berada dalam suatu lingkup masyarakat dengan berbagai macam budaya, agama, suku, dan ras. Sosiologi mempelajari manusia dari aspek sosial yang disebut masyarakat. Istilah masyarakat sering digunakan untuk menyebut kesatuan hidup manusia. Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut sistem adat istiadat tertentu yang bersifat terikat. Manusia satu dengan manusia lain tidak dapat dipisahkan karena mereka saling membutuhkan dan saling berinteraksi dengan satu sama lain. Obyek sosiologi dibagi menjadi 4 yaitu obyek material, obyek formal, obyek budaya, dan obyek agama.

  6. Obyek Sosiologi —> hubungan, proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat yang yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain . Serta mencakup kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.

  7. Yang menjadi objek sosiologi adalah hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia dalam masyarakat. Pentingnya hubungan manusia dalam masyarakat diantaranya adalah untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, membela diri serta mengadakan keturunan. Dalam menjalin huubungan dengan masyarakat itu manusia harus menggunakan akal, perasaan dan kehendaknya.

  8. Objek sosiologi adalah masyarakat sebagai sistem sosial. Dimana masyarakat adalah orang-orang yang hidup bekerja sama yang menghasilkan kebiasaan dan menjadi kebudayaan.

  9. Manusia dalam masyarakat adalah hal yang dipelajari dalam sosiologi. Sejatinya, manusia akan selalu hidup dalam perbedaan namun dalam perbedaan tersebut akan harus tetap ada “Kesatuan” karena manusia adalah makhluk social yg tidak bisa hidup tanpa orang lain. Disinilah sosiologi memegang peran besar.

  10. Mengacu pada pengertian sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari hubungan sesama manusia. Jadi yang menjadi obyeknya sudah barang tentu manusia. Dimana dalam berhubungan (berinteraksi), manusia tersebut bisa individu ataupun berkelompok. Selain itu, terdapat perbedaan antara manusia satu dengan yang lain, perbedaan tersebut meliputi fikiran,agama,suku,bahasa, adat istiadat, dll, di sinilah peran sosiologi dibutuhkan agar kita bisa berhubungan baik dengan sesama manusia serta memberdayakan manusia yang ada dalam hal-hal yg menguntungkan serta positif.

  11. Objek sosiologi menurut saya adalah sekelompok manusia yang hidup di lingkungan tertentu dengan mempertahankan hukum-hukum adat yang berlaku serta kebiasaan (budaya) yang telah ada sehingga mereka dapat menjaganya dengan menjalin interaksi sosial sesama masyakat (lingkungan dalam) maupun lingkungan luar. Karena pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri dan pasti memerlukan bantuan orang lain sekecil apapun itu bantuannya (makhluk sosial).

  12. Objek sosiologi adalah manusia dari aspek sosial atau sering disebut dengan masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Serta mencakup kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan/kelompok manusia itu sendiri. Dengan adanya sosiologi, proses hubungan antar manusia didalam masyarakat akan lebih jelas dan teratur. Trimakasih.

    • Objek sosiologi adalah masyarakat yang melaksanakan hubungan sosial antar individu dan antar kelompok di tempat tinggalnya, atau tindakan individu itu sendiri serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  13. Objek Sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Di mana masyarakat ialah suatu sistem dari kebiasaan dan tata cara, dari wewenang dan kerja sama antara berbagai kelompok dan penggolongan, dan pengawasan tingkah laku serta kebebasan-kebebasan manusia.

  14. Obyek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia yang timbul didalam masyarakat tersebut dimana sosiologi memfokuskan diri dari hubungan antar manusia dan proses yang timbul dalam masyarakat. Sosiologi mempermudah masyarakat bersosialisasi, karena manusia tidak bisa hidup sendiri.

  15. Menurut saya, obyek sosiologi yang utama yaitu manusia, baik individu maupun berkelompok (masyarakat) . Mencakup lingkungan sosial, aspek, serta unsur-unsur yang ada didalamnya. Setiap manusia atau masyarakat pasti memiliki perbedaan, mulai dari bahasa, adat-istiadat, suku, agama, dll. Oleh karena adanya perbedaan itu kita mempelajari sosiologi supaya kehidupan bermasyarakat lebih terarah dan interaksi sosial berjalan baik.

    Terima kasih.

    • Objek dari sosiologi yang utama adalah manusia.Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dengan mentaati hukum-hukum adat (kebiasaan) yang telah ditetapkan oleh negara.Sebagai contoh berinteraksi antara manusia yang satu dengan yang lainnya,menghormati tata cara ibadah masyarakat sekitar,menjalin hubungan dengan masyarakat lain daerah atau suku,adil apabila menjatuhkan hukuman,menerima perbedaan antara masyarakat sekitar.Oleh karena itu kita mempelajari ilmu sosiologi agar dapat memahami karakter masyarakat yang ada disekitar kita

  16. menurut saya: objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yg timbul dari manusia di dalam masyarakat maksudnya adalah masyarakat itu terdiri dari individu-individu yang tidak bisa sendiri yang membuat individu itu salin berhubungan satu dengan lainnnya.

  17. menurut saya Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokuskan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat. dan maksudnya adalah Manusia itu tidak bisa hidup berindividu karna manusia pada dasarnya saling membutuhkan satu sama lain.

  18. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

  19. SOSIALISASImenurut saya Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokuskan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat. dan maksudnya adalah Manusia itu tidak bisa hidup berindividu karna manusia pada dasarnya saling membutuhkan satu sama lain.

  20. Objek Sosiologi adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan dan memiliki kepentingan bersama, serta memiliki budaya. Sosiologi mempelajari kebiasaan masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan memperhatikan perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pendapat berbeda dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain. Perbedaan pendapat tersebut dapat menghasilkan suatu ide yang dapat membangun lingkungan masyarakat.

  21. Dalam mempelajari ilmu sosiologi, semua materi pasti akan berhubungan. Jadi menurut saya materi mengenai Objek Sosiologi ini merupakan hal terpenting yang harus kita pahami sebelum lanjut ke materi lain. Karena Sosiologi dan Objek Sosiologi menjelaskan tentang apa yg menjadi prinsip, hukum umum dari interaksi antar manusia, sifat hakikat, bentuk, isi, struktur masyarakat manusia dan juga kepada siapa hal ini ditujukan. Maka perlulah untuk memahami materi ini agar nantinya kita bisa mengaplikasikan dengan baik hal-hal tersebut di kehidupan sehari-hari.
    Terimakasih.

  22. I Putu Wibowo Gustiyas 201358152 seksi 9

    Objek sosiologi dapat dipilah menjadi 2 jenis. yg pertama adalah objek sosiologi material. objek sosiologi material mengarah terhadap benda fisik, seperti tempat ibadah, kantor dan lain”. semua aspek fisik sangat mempengaruhi pola sosial seseorang.
    dan yang kedua adalah objek sosiologi non material. non material mengacu terhadap norma-norma, kesopan santunan, dan kode etik

  23. Objek Sosiologi
    Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa
    objek.
    a. Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejalagejala
    dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi
    kesatuan manusia itu sendiri.
    b. Objek Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia
    sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian
    objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara
    manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia
    di dalam masyarakat.

  24. menurut saya Objek Sosiologi adalah fakta atau realitas sosiai. bisa dikatakan objek sosiologi sebenarnya adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    objek sosiologi dibagi menjadi dua yaitu :
    => objek material : yang mempelajari tentang kehidupan sosial,gejala-gejala dan proses hubungan yang mempengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    =>Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  25. objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.objek sosilogi ini bermaksud mempunyai tujuan atau kepentingan bersama-sama dengan objek yang lain. Dengan mempelajari sosiologi, kita akan dapat melihat dengan lebih jelas siapa diri kita, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota kelompok atau masyarakat.

    Read more: http://edu.anashir.com/2013/09/pengertian-objek-dan-tujuan-sosiologi.html#ixzz2wNWESpVx

    => Objek Material : kehidupan sosial, gejalagejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    => Objek Formal lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  26. Objek sosiologi adalah hubungan masyarakat dengan lingkungannya, baik antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan tersebut. memahami pula norma, tradisi, keyakinan, kebudayaan, nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat lain, dan memahami perbedaan-perbedaan yang ada tanpa hal itu menjadi alasan untuk timbulnya konflik di antara anggota masyarakat yang berbeda.

  27. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tentang hidup masyrakat mempunyai obyek. Obyek sosiologi dilihat dari hubungan-hubungan dan proses-proses yang timbul yang terjadi di dalam masyarakat yang beinteraksi dengan lingkungannya, baik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok dan hal lain-lainnya yang berada di sekitarnya.

  28. Sosiologi sebagai ilnu yang mempelajari hubungan timbal balik antar masyarakat berupaya untuk memahami tindakan- tindakan sosial masyarakat. Sosiologi juga merupakan penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya. Sosiologi diharaapkan dapat membanti kita mengetahui norma norma, budaya, tradisi, dan nilai nilai dari masyarakat lain, sehingga kita tau perbedaannnya dan kita dapat mengerti, agar menghindari terjadinya konflik.

  29. Sosiologi sebagai ilmu mempelajari hubungan timbal balik antar masyarakat. Sosiologi juga berupaya untuk memahami tindakan -tindakan sosial. objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari hubungan antarmanusia dan proses yang timbul akibat dari hubungan tersebut. Fokus utama sosiologi dari objek masyarakat tersebut adalah gejala, proses pem bentukan, serta mempertahankan kehidupan masyarakat, juga proses runtuhnya sistem hubungan antarmanusia.
    Dilihat dari objeknya tersebut, jelaslah bahwa tujuan sosiologi adalah untuk meningkatkan kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya.

  30. Objek Sosiologi adalah fakta atau realitas sosiai. bisa dikatakan objek sosiologi sebenarnya adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  31. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

  32. Objek sosiologi ada dua yaitu objek material dan formal.
    objek material terdiri dari kehidupan sosial, gejala, dan proses hubungan antar manusia. Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial manusia dan gejala serta proses hubungan antarmanusia yang memengaruhi hubungan sosial dalam kesatuan hidup manusia
    objek formal terdiri dari manusia sebagai mahluk sosial atau masyarakat.
    meliputi:
    1. pengertian tentang sikap dan tindakan manusia terhadap lingkungan hidup manusia dalam kehidupan sosialnya melalui penjelasan ilmiah
    2.meningkatkan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat;
    3. meningkatkan kerja sama antarmanusia.

  33. Objek sosiologi adalah masyarakat yang berarti individu seorang manusia dan segala kegiatan yang terjadi baik yang terjadi diakibatkan proses sosial ataupun proses sosial itu sendiri

  34. Sosiologi sebagai ilmu mempelajari hubungan timbal balik antar masyarakat. jadi Sosiologi diharaapkan dapat membanti kita mengetahui norma norma, budaya, tradisi, dan nilai nilai dari masyarakat lain, sehingga kita tau perbedaannnya dan kita dapat mengerti, agar menghindari terjadinya konflik.

  35. Sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.
    – Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    – Objek Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia, dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. berikut terdapat beberapa macam objek sosiologi, antara lain :
    – Objek budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
    – Objek Agama
    Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  36. Sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia, dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. berikut terdapat beberapa macam objek sosiologi, antara lain :
    – Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    – Objek Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    – Objek budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
    – Objek Agama
    Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  37. Obyek Sosiologi adalah masyarakat dengnan menyoroti hubungan manusia dan proses sebab akibat yang timbul dari hubungan antar manusiayang selalu berubah. Obyek yang dipelajari sosiologi adalah:
    1) Hubungan timbal balik antara manusia satu dengan manusia lain.
    2) Hubungan antara individu dengan kelompok .
    3) Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok yang lain.

  38. Obyek Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat dan interaksi yang terjadi antar anggotanya. masyarakat merupakan kelompok manusia yang hidup bersama diwilayah tertentu dan memiliki aturan yang jelas.

  39. Objek Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai dua objek.

    # Objek Sosiologi Material
    Mengacu pada benda fisik, sumber daya, dan tempat yang menentukan kulturnya. Seperti rumah, tetangga, kota/daerah, sekolah, tempat ibadah, kantor, peralatan, produk, dan lain-lain. Semua aspek fisik tersebut menentukan perilaku dan kultur seseorang. Contoh dari perubahan sosial karena materi adalah, karena di internet terdapat banyak sekali terdapat materi tugas, maka siswa harus mempelajari bagaimana cara menggunakan komputer dan internet. Lama-kelamaan internet akan menjadi kebutuhan siswa itu walaupun untuk tujuan lain seperti berkomunikasi menggunakan jejaring sosial. Atau masyarakat di hutan harus terbiasa menggunakan segala sesuatu dari alam untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

    # Objek Sosiologi Non Material
    Mengacu pada budaya dan adat istiadat. Seperti nilai-nilai, aturan, norma, moral, bahasa, organisasi, dan lembaga. Misalnya, konsep dari suatu agama melahirkan suatu aturan, nilai, moral, bahasa, dan etnis yang disesuaikan dengan agama yang dianut.

  40. Sosiologi berarti pengetahuan tentang perkawanan atau pertemanan. Pengertian pertemanan ini kemudian diperluas cakupannya menjadi sekelompok manusia yang hidup bersama dalam suatu tempat, atau bisa disebut dengan masyarakat. Misalnya, dalam sekolompok manusia tidak ada yang membeda-bedakan agama dan budaya tersebut.
    1 Objek Sosiologi Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    2 Objek Sosiologi Budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.

  41. Obyek sosiologi menurut saya adalah Manusia. Manusia adalah mahkluk berakal budi dan memiliki kemampuan berpikir melalui otak. Manusia juga adalah mahkluk sosial. Maka sebagai obyek sosiologi,
    Itu sebabnya ilmu sosiologi mempelajari prinsip-prinsip dan pikiran-pikiran manusia dalam bersosialisai dengan lingkungannya.

  42. Objek sosiologi ialah ilmu yang mempelajari tentang individu atau kelompok.agar terjadinya hubungan sosial dan timbal balik macam2 gejala sosial.

  43. menurut saya objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. sosiologi memfokuskan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

  44. Objek sosiologi adalah masyarakat. sekumpulan manusia yang dilihat dari sudut hubungan dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. objek sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

  45. Sosiologi berarti pengetahuan tentang perkawanan atau pertemanan. Pengertian pertemanan ini kemudian diperluas cakupannya menjadi sekelompok manusia yang hidup bersama dalam suatu tempat, atau bisa disebut dengan masyarakat. Misalnya, dalam sekolompok manusia tidak ada yang membeda-bedakan agama dan budaya tersebut.
    1 Objek Sosiologi Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    2 Objek Sosiologi Budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.

  46. Objek sosiologi adalah manusia, karena sosiologi mempelajari manusia dari aspek sosial yang disebut masyarakat. Istilah masyarakat sering digunakan untuk menyebut kesatuan hidup manusia. Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu & terikat

  47. Mnurut saya, Objek sosiologi adalah manusia dan sosiologi itu mempelajari manusia dari aspek sosial yang disebut masyarakat. Istilah masyarakat sering digunakan untuk menyebut kesatuan hidup manusia. Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu & terikat oleh rasa identitas bertema.
    Ciri – ciri masyarakat :
    -Adanya manusia yang hidup bersama yang dalam ukuran minimal 2 orang atau lebih.
    – Adanya pergaulan dan kehidupan bersama antara manusia dalam wantu yang cukup lama.
    – Adanya kesadaran bahwa mereka yang menghasilkan kebudayaan.

  48. objek sosiologi ialah orang/manusia/individu yang merupakan bagian dari suatu kelompok yang dinamakan masyarakat yang pastinya setiap dari mereka memiliki perbedaan yang cukup spesifik diantara mereka semua. sementara Sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan-hubungan antar manusia yang cukup berbeda satu sama lain yang pada akhirnya menciptakan masyarakat dengan cara menjalin suatu hubungan antar sesama & saling memahami satu sama lain.

  49. obyek sosialisasi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia ke dalam masyarakat, sosiologi biasanya digunakan untuk memahami latar belakang,susunan,dan pola kehidupan sosial dalam masyarakat.

  50. Objek sosiologi dapat digolongkan menjadi 2 yaitu:
    -Obek material : kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.
    -Objek formal : ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  51. sosiologi adalah masyarakat yang di lihat dari sudut pandang antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  52. menurut saya Objek sosiologi adalah individu – individu atau sekelompok kumpulan masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia yang satu dengan yang lainnya dan proses yang timbul dari hubungan yng terjalin diantara manusia atau sekelompok orang . Karena jelas sosiologi suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia satu dengan yang lainnya yang berarti bahwa manusia bukanlah makhluk yang hidup sendiri ata individualisme melainkan manusia itu adalah orang yang membutuhkan satu sama lain.

  53. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

  54. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.masyarakat dapat melakukan hubungan antar individu, individu dengan kelompok, serta antar kelompok.
    Objek sosiologi dibagi menjadi 4 yaitu:
    Objek material sosiologi, adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    Objek formal sosiologi, lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    Objek budaya, salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
    Objek Agama, Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  55. menurut saya objek sosiologi adalah salah satu tujuan interaksi dari satu individu ke individu lain dari satu kelompok ke kelompok lain untuk menciptakan suatu komunikasi, hubugan sosial dan ikatan pada orang-orang tersebut

  56. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

    ~Objek Sosiologi Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    ~Objek Sosiologi Budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
    ~Objek Sosiologi Agama
    Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia

  57. Menurut saya Obyek sosiologi adalah masyarakat dalam berhubungan dan juga proses yang dihasilkan dari hubungan tersebut. Tujuan dari ilmu sosiologi adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.
    Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa
    objek, yaitu:
    a. Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejalagejala
    dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi
    kesatuan manusia itu sendiri.
    b. Objek Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia
    sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian
    objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara
    manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia
    di dalam masyarakat.

  58. obyek sosiologi disini adalah meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip2 atau hukum2 yang berlaku di masyarakat. meneliti disini adalah mencari tahu apa yang menjadi asas obyek sosiologi.

  59. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek.
    objek material : kehidupan sosial,gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang mempengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    objek formal : lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat

  60. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek.
    Objek Material: adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    Objek Formal: lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    Objek budaya: salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
    Objek Agama: Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat.dan banyak juga hal-hal ataupaun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  61. Objek Sosiologi adalah fakta atau realitas sosiai. bisa dikatakan objek sosiologi sebenarnya adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  62. Objek sosiologi adalah objek-objek nyata yang diteliti di dalam ilmu sosiologi. Objek sosiologi itu biasaya berupa hubungan masyarakat yag terjadi di lingkungan sekitar kita

  63. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

    Teori Sosiologi biasanya digunakan untuk memahami latar belakang, susunan, dan pola kehidupan sosial dari pelbagai golongan dan kelompok dalam measyarakat. Juga dapat diketahui sampai di mana susunan dan stratifikasi sosial mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perubahan – perubahan sosial yang terjadi di suatu lingkungan masyarakat.

  64. Objek sosiologi mempelajari hubungan antar masyarakat mengenai hukum-hukum yang berlaku di antara masyarakat. Juga mengenai sifat hakikat, isi dan struktur antar masyarakat itu sendiri.

  65. objek sosiolgi menurut saya adalah dimana masyarakat itu merupakan suatu objek yang saling berkaitan satu sama lain, untuk menjalankan hubungan yang berada di lingkup masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini maka interaksi yang dilakukan setiap individu akan berhakikat pada apa yang telah ditetepkan pada norma-norma,budaya dan agama yang ada maka akan membentuk strukturnya itu sendiri agar komunikasi dan hubungan tetap terarah serta berjalan dengan baik.

  66. Menurut pemahaman saya, semua objek sosiologi itu saling berhubungan. Ada beberapa objek sosiologi yaitu objek material yaitu hubungan kesatuan setiap manusia itu sendiri, objek formal yang menekankan manusia sebagai makhluk sosial yaitu yang tidak bisa hudip sendiri, dan juga objek agama yang bisa mempengaruhi dari prinsip-prinsi setiap individu/manusia itu sendiri.

  67. Pengertian Sosiologi
    Pengertian Sosiologi Istilah sosiologi berasal dari kata “Socius” yang artinya teman dan logos dalam bahasa Yunani yang artinya Ilmu Pengetahuan.
    Obyek Sosiologi Terdiri Dari:
    1. Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    2. Objek Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    3. Objek Budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
    4. Objek Agama
    Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  68. Menurut saya, objek sosiologi adalah mayarakat itu sendiri yang dapat dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyakat. Artinya, segala sesuatu yang menyangkut individu dalam kelompok atau masyarakat merupakan inti dari objek sosiologi itu sendiri. interaksi individu yang timbul karena adanya suatu hubungan merupakan objek sosiologi juga.

  69. Objek sosiologi menurut saya adalah masyarakat. Perhatian utamanya adalah hubungan antarmanusia dan proses yang ditimbulkannya dalam masyarakat. Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang berinteraksi dalam suatu hubungan sosial yang mempunyai struktur dan memiliki suatu kesamaan.

  70. Objek Sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia, dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  71. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

  72. marsello (2013-58-113) seksi 17

    objek sosiologi menurut saya adalah semua yang bisa di teliti termasuk sifat-sifat manusia.

  73. Obyek Sosiologi adalah Masyarakat
    Masyarakat menunjuk pada sejumlah manusia yang telah sekian lama hidup bersama, dan mereka menciptakan berbagai peraturan pergaulan hidup sehingga membentuk kebudayaan.

  74. Mengacu pada pengertian sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari hubungan sesama manusia. Jadi yang menjadi obyeknya sudah barang tentu manusia. Dimana dalam berhubungan (berinteraksi), manusia tersebut bisa individu ataupun berkelompok. Selain itu, terdapat perbedaan antara manusia satu dengan yang lain, perbedaan tersebut meliputi fikiran,agama,suku,bahasa, adat istiadat, dll, di sinilah peran sosiologi dibutuhkan agar kita bisa berhubungan baik dengan sesama manusia serta memberdayakan manusia yang ada dalam hal-hal yg menguntungkan serta positif

  75. LIKA DESI NATALIA ( 2013-11-246) SEKSI 15

    Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

    Teori Sosiologi biasanya digunakan untuk memahami latar belakang, susunan, dan pola kehidupan sosial dari pelbagai golongan dan kelompok dalam measyarakat. Juga dapat diketahui sampai di mana susunan dan stratifikasi sosial mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perubahan – perubahan sosial yang terjadi di suatu lingkungan masyarakat.

  76. Objek Sosiologi masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  77. Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.

    Objek Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

    Objek budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.

    Objek Agama
    Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  78. Objek Sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia, dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

    • Objek Sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia, dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  79. menurut saya, objek sosiologi adalah manusia-manusia itu sendiri. Dimana manusia saling berhubungan dan berinteraksi karena pada dasarnya Sosiologi memfokuskan pada proses-proses hubungan antar masyarakat dan hubungan-hubungannya.

  80. Menurut pemahaman saya, obyek sosiologi adalah meneliti dan mencari sesuatu untuk menjadi obyek, sesuatu disini bisa berarti individu, kelompok, norma – norma dan lain sebagainya.

  81. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

  82. Objek sosiologi adalah masyarakat yang berarti individu seorang manusia dan segala kegiatan yang terjadi baik yang terjadi diakibatkan proses sosial ataupun proses sosial itu sendiri

  83. Objek sosiologi adalah hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.masyarakat dapat melakukan hubungan antar individu, individu dengan kelompok, serta antar kelompok.

  84. Dalam mempelajari ilmu sosiologi, semua materi pasti akan berhubungan. Jadi menurut saya materi mengenai Objek Sosiologi ini merupakan hal terpenting yang harus kita pahami sebelum lanjut ke materi lain. Karena Sosiologi dan Objek Sosiologi menjelaskan tentang apa yg menjadi prinsip, hukum umum dari interaksi antar manusia, sifat hakikat, bentuk, isi, struktur masyarakat manusia dan juga kepada siapa hal ini ditujukan. Maka perlulah untuk memahami materi ini agar nantinya kita bisa mengaplikasikan dengan baik hal-hal tersebut di kehidupan sehari-hari.

  85. menurut saya, objek kajian sosilogi adalah masyarakat yang dilihat dari berbagai sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat . Ini berarti sosiologi pada dasarnya mempelajari masyarakat dan perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang dibangunnya. Kelompok tersebut mencakup keluarga , suku bangsa , komunitas, dan berbagai organisasi lain nya.

  86. Obyek sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala, dan proses hubungan manusia antar manusia yang timbul dari hubungan di dalam masyarakat. Dimana seseorang harus memahami kebiasaan, adat, dan tata cara yang berlaku di masyarakat

  87. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

  88. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia, dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat

  89. Menurut saya obyek sosiologi adalah masyarakat-masyarakat menunjuk pada sejumlah manusia yang telah sekian lama hidup bersama, dan mereka menciptakan berbagai peraturan pergaulan hidup sehingga membentuk kebudayaan.

  90. Sosialisasi yaitu sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuahkelompok atau masyarakat. Sejumlahsosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

  91. Objek Sosiologi adalah anggota kehidupan bermasyarakat, yang dimana setiap anggota masyarakat memiliki status sosial, pola pikir, perilaku yang berbeda-beda, dan cenderung selalu memiliki perubahan maupun pergeseran dalam aspek terkecil sekali pun, perbedaan tersebut dan perubahan tersebut dapat mempengaruhi bagaimana setiap anggota masyarakat saling berinteraksi, membangun relasi yang baik, dan tentu setiap aturan-aturan dalam berkomunikasi atau menjalin hubungan di dalam anggota masyarakat.

  92. Sosiology hal yang berkaitan dengan interaksi antar setiap individu yang memiliki kegiatan untuk menimbulkan penyebab yaitu aksi dan akibat yaitu reaksi. Sasaran sosiologi lebih tertuju individu yang memiliki aksi dan reaksi, bukan hanya sekedar individu pasif.

  93. Jadi, Objek sosiologi yaitu masyarakat yang dilihat dari berbagai sudut hubungan antarmanusia seperti sikap/tingkah laku, perilaku, kebiasaan dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam suatu masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut yang terjadi dalam lingkungan masyarakat.

  94. Sosiologi mempelajari bagaimana perilaku hubungan sosial dalam bermasyarakat. Berperilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, bahkan antar kelompok dan kelompok. Dengan sosiologi, kita dapat mengendalikan setiap tindakan dan perilaku sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

    • Yang menjadi objek adalah manusia disekitar kita. Sosiologi merupakan pembetukan diri kita. Pembentukan ini dapat terjadi di lingkungan baik formal maupun informal. Pembentukan diri ini dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekita. Kita harus bisa memilah dengan selaras dan yang terbaik dengan tujuan kita.

  95. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kolompok, dan kelompok dengan kelompok. Manusia sebagai makhluk sosial tidak pernah jauh dengan yang namanya hubungan sosial, karena bagaimanapun hubungan tersebut memengaruhi perilaku orang-orang.Dan Sosiologi juga melihat bagaimana orang mempengaruhi kita, bagaimana institusi sosial utama, seperti pemerintah, agama, dan ekonomi memengaruhi kita, serta bagaimana kita sendiri memengaruhi orang lain, kolompok, bahkan organisasi.

  96. Jadi obyek sosiologi adalah masyarakat, dengan memfokuskan hubungan antarmanusia dan proses sebab-akibat yang timbul dari hubungan tersebut. Masyarakat sebagai objek sosiologi menunjukkan bahwa sekumpulan manusia yang sudah lama hidup bersama dan menciptakan berbagai nilai dan norma untuk mengatur kehidupannya.

    • Jadi obyek sosiologi adalah masyarakat, dengan memfokuskan hubungan antarmanusia dan proses sebab-akibat yang timbul dari hubungan tersebut. Masyarakat sebagai objek sosiologi menunjukkan bahwa sekumpulan manusia yang sudah lama hidup bersama dan menciptakan berbagai nilai dan norma untuk mengatur kehidupannya.

  97. Yang menjadi objek sosiologi ada manusia disekitar kita. Sosiologi merupakan pembetukan diri kita. Pembentukan ini dapat terjadi di lingkungan baik formal maupun informal. Pembentukan diri ini dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekita. Kita harus bisa memilah dengan selaras dan yang terbaik dengan tujuan kita.

  98. Makhluk hidup disebut sebagai makhluk sosial. Jadi, obyek sosiologi adalah manusia yg berkumpul dan saling berinteraksi. Dan oleh karena itu diperlukan pembelajaran sosiologi. ^^

    • Manusia disebut sebagai makhluk sosial. Jadi, obyek sosiologi adalah manusia yg berkumpul dan saling berinteraksi. Dan oleh karena itu diperlukan pembelajaran sosiologi. ^^

  99. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.Sebagai objek sosiologi pada sekumpulan manusia yang sudah lama hidup bersama,menciptakan berbagai nilai dan norma untuk mengatur kehidupannya

  100. TRY WAHYUNINGSIH (201411284)
    Menurut saya Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat,yang meliputi sikap, perilaku sosial,struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial yaang terjadi di lingkungan sekitarnya.
    adapun objek sosiologi adalah manusia (masyarakat) yang dilihat dari hubungan antara individu yang satu dengan individu yang lainnya ataupun hubungan sosial antara kelompok yang satu denga kelompok yang lainnya di dalam suatu lingkungan masyarakat.

  101. Sosiologi itu membahas atau mengkaji mengenai cara bertindak, berpikir juga atas perasaan yang ada diluar jiwa masing-masing individu, yang mempunyai kekuatan tersendiri dalam mengendalikan individu tersebut . dan disini individu juga di ajarkan untuk mempertimbangkan perilaku orang lain yang ada di Lingkungannya.

  102. sosiologi adalah ilmu mengenai hubungan interaksi sosial dalam masyarakat ,entah itu dari tingkah laku,sifat,hakikatnya,bentuk hingga isi yang mencakup struktur dalam masyarakat ,dan sasarannya adalah individu .

  103. Suci Kusumastuti (2014-11-263) SEKSI 2

    Jadi obyek sosiologi adalah masyarakat, dengan memfokuskan hubungan antarmanusia dan proses sebab-akibat yang timbul dari hubungan tersebut. Masyarakat sebagai objek sosiologi menunjukkan bahwa sekumpulan manusia yang sudah lama hidup bersama dan menciptakan berbagai nilai dan norma untuk mengatur kehidupannya.

  104. Masyarakat adalah obyek sosiologi yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

    • Masyarakat adalah obyek sosiologi yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  105. Objek Sosiologi adalah suatu hubungan masyarakat dengan lingkungan nya, baik antar manusia maupun dengan hal lain disekitarnya. Sebagai objek sosiologi memahami latar belakang susunan dan pola kehidupan sosial berbagai golongan dan kelompok dalam masyarakat.

  106. Nim : 201411022
    Seksi : 22

    Menurut saya, obyek sosiologi meliputi individu atau manusia atau masyarakat yang timbul karena adanya interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat sehingga dapat membentuk pola kehidupan masyarakat serta stratifikasi sosial yang disebabkan oleh perubahan-perubahan sosial yang tejadi disuatu lingkungan masyarakat.

  107. Manusia disebut juga makhluk sosial. Krna manusia tdk dapat hdup di dunia hanya sendiri.
    Oleh karna itu manusia adl obyek sosiologi dilhat dr sudut hubungan antar manusia yg saling berinteraksi stu sma lain.
    Dan sosiologi adl ilmu pengetahuan tentang pikiran dan tingkah laku manusia dalam menjalin sbuah hubungan antarmanusia yg saling berinteraksi dan sosilogi juga mengajarkan tentang tindakan dlm berinteraksi yaitu sperti manusia satu beraksi dan manusia yg satu lagi bereaksi yg bsa disebut juga hbungan timbal balik dlm sbuah interaksi.

  108. Nama : Daniel Meydrian
    NIM : 2014-11-179
    Seksi : 22

    Menurut saya obyek sosiologi adalah : individu yang ada didalam masyarakat yang menciptakan pola-pola hubungan saling interaksi sehingga membentuk sebuah pola masyarakat yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi.

  109. Sosiologi menurut saya adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan manusia lainnya yang membentuk suatu lingkungan

  110. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari jaringan hubungan antara manusia dalam masyarakat lainnya.

  111. Nama : Anastasia Irawati
    Nim : 2014120154
    seksi : 22

    sosiologi adalah ilmu pengetahuan individu atau manusia yang saling berinteraksi , yang saling berhubungan yang memberikan aksi dan rekasi satu dengan yang lain nya di dalam suatu lingkungan.

    objek sosiologi adalah manusia atau masyarakat itu sendiri .

  112. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara manusia yang saling berinteraksi yang membentuk suatu lingkungan.
    Objek sosiologi adalah masyarakat itu sendiri.

  113. Ayu Anggraeni (201411268) seksi 23

    Menurut pendapat saya. objek sosiologi sebagaimana kedudukannya sebagai ilmu sosial adalah masyarakat dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia tersebut dalam kehidupan bermasyarakat

  114. Manusia disebut sebagai makhluk sosial. Jadi, obyek sosiologi adalah manusia yg berkumpul dan saling berinteraksi. Dan oleh karena itu diperlukan pembelajaran sosiologi. ^^

  115. nama :muhamad aditya
    NIM :201411218
    sesi :23

    Menurut saya Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat,yang meliputi sikap, perilaku sosial,struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial yaang terjadi di lingkungan sekitarnya.

  116. Objek sosiologi adalah masyarakat yang berhubungan dan berinteraksi sosial antara yang satu dengan lainnya dan juga proses yang dihasilkan dari hubungan tersebut. Tujuan dari ilmu sosiologi adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.

  117. menurut saya obyek sosiologi adalah masyarakat yang hidup pada suatu lingkungan tertentu yang saling berinteraksi dengan aksi dan menghasilkan reaksi

  118. Sosiologi adalah ilmu yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup.karna kita butuh bersosialisasi terhadap sesama makhluk hidup..seperti bertenggang rasa dan peduli sesama.dan jadikan sosiologi sebagai pedoman kita

  119. Sosiologi sangat penting buat manusia karna sosiologi itu adalah cara kita untuk berkomunukasi dngan individu lainnya

  120. Objek sosiologi adalah hubungan masyarakat dengan lingkungannya, baik antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan tersebut. memahami pula norma, tradisi, keyakinan, kebudayaan, nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat lain

  121. Menurut saya Sosiologi adalah ilmu mengenai hal yang berhubungan dengan interaksi antar setiap individu yang memiliki kegiatan untuk menimbulkan aksi dan reaksi atau bisa dikatakan penyebab dan akibat, karena kita ini manusia ialah makhluk sosial yang berkehidupan bermasyarakat maka berilah/tampilkanlah ke masyarakat aksi yg baik “positif” maka akan ada reaksi yang positif pula.

    Dan yang menjadi Objek Sosiologi adalah masyarakat itu sendiri dalam berhubungan dan juga proses yang dihasilkan dari hubungan tersebut.

  122. Menurut pendapat saya yang menjadi objek sosiologi adalah manusia dan lingkungannya. Di dalam sosiologi kita mempelajari manusia sebagai objek studi tetapi bukan hanya manusia saja tetapi juga lingkungannya karena tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada interaksi di dalamnya. Kalau tidak ada interaksi maka bukan objek studi dari sosiologi karena sosiologi itu mempelajari tentang manusia yang saling berinteraksi satu sama lain.

    • Menurut pendapat saya yang menjadi objek sosiologi adalah manusia dan lingkungannya. Di dalam sosiologi kita mempelajari manusia sebagai objek studi tetapi bukan hanya manusia saja tetapi juga lingkungannya karena tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada interaksi di dalamnya. Kalau tidak ada interaksi maka bukan objek studi dari sosiologi karena sosiologi itu mempelajari tentang manusia yang saling berinteraksi satu sama lain.

  123. Menurut pendapat saya yang menjadi objek sosiologi adalah manusia dan lingkungannya. Di dalam sosiologi kita mempelajari manusia sebagai objek studi tetapi bukan hanya manusia saja tetapi juga lingkungannya karena tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada interaksi di dalamnya. Kalau tidak ada interaksi maka bukan objek studi dari sosiologi karena sosiologi itu mempelajari tentang manusia yang saling berinteraksi satu sama lain.
    Jadi, manusia dan lingkungan itu tidak dapat bisa dipisahkan, karena saling berkaitan satu sama lain.

  124. Menurut pendapat saya yang menjadi objek sosiologi adalah manusia dan lingkungannya. Di dalam sosiologi kita mempelajari manusia sebagai objek studi tetapi bukan hanya manusia saja tetapi juga lingkungannya karena tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada interaksi di dalamnya. Kalau tidak ada interaksi maka bukan objek studi dari sosiologi karena sosiologi itu mempelajari tentang manusia yang saling berinteraksi satu sama lain. Jadi manusia dan lingkungan tidak bisa dipisahkan karena saling berkaitan satu sama lain.

  125. Menurut saya sosiologi adalah suatu hal yang berhubungan dengan interaksi antar setiap individu yang memiliki kegiatan untuk menimbulkan suatu aksi dan reaksi atau penyebab dan akibat. karena kita ini adalah manusia dimana manusia itu makhluk sosial maka tidak bisa hidup tanpa pertolongan dan bermasyarakat.maka dari itu berilah atau tampilkan aksi yang baik “positif’ maka orang lain akan bereaksi positif pula begitupun sebaliknya.
    Dan yang menjadi objek sosiologi adalah masyarakat itu sendiri dalam berhubungan dan juga proses yang dihasilkan dari hubungan tersebut.

  126. Menurut saya Objek sosiologi itu masyarakt yang di lihat dari sudut hubungan antaramanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia dalam masyarakat.

  127. nama: christian
    nim : 2014-11-203
    sesi : 23
    Menurut saya objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia dalam masyarakat.

  128. Menurut pendapat saya, obyek sosiologi adalah individu-individu yang berada di dalam masyarakat yang melakukan proses hubungan timbal balik (interaksi) antar manusia. Proses interaksi ini bisa antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

  129. Menurut pendapat saya, obyek sosiologi adalah individu-individu yang berada di dalam masyarakat yang melakukan proses hubungan timbal balik (interaksi), baik antar individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

  130. Objek sosiologi adalah masyarakat. Teori sosiologi biasanya digunakan untuk memahami latar belakang,susunan dan pola kehidupan sosial dari berbagai golongan dan kelompok masyarakat. sosiologi sbg ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek. Yaitu: objek sosiologi material,objek sosiologi non material,objek sosiologi formal dan objek sosilogi budaya.

  131. obyek dari sosiologi adalah individu dari masyarakat itu sendiri yang mengalmi interaksi atau proses timbal balik antara satu individu ke individu lain.

  132. Menurut saya objek sosiologi adalah individu/masyarakat di sekitar kita. Sosiologi merupakan pembetukan diri kita. Pembentukan ini dapat terjadi di lingkungan baik formal maupun informal. Pembentukan diri ini dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekita. Kita harus bisa memilah dengan selaras dan yang terbaik dengan tujuan kita.

  133. Menurut pendapat saya, obyek sosiologi adalah individu-individu yang berada di dalam masyarakat yang melakukan proses hubungan timbal balik (interaksi), baik antar individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok.

  134. objek sosilogi adalah masyarakat masyarakat menunjuk pada sejumlah manusia yang telah sekian lama hidup bersama , dan mereka menciptakan berbagai peraturan pergaulan hidup sehingga terciptalah kebudayaan kebudayaan dan adat .

  135. Objek sosiologi adalah masyarakat masyarakat menunjuk pada sejumlah manusia yang telah sekian lama hidup bersama , dan mereka menciptakan berbagai peraturan peraturan pergaulan hidup sehingga membentuk sebuah kebudayaan , kelompok dan adat istiadat .

  136. obyek sosiologi adalah masyarakat masyarakat menunjuk pada sejumlah manusia yang telah sekian lama hidup bersama , dan mereka menciptakan berbagai peraturan peraturan pergaulan hidup sehingga membentuk suatu kebudayaan , kelompok dan adat istiadat .

  137. Objek sosiologi adalah individu atau masyarakat.
    Sosiologi adalah ilmu pengetahuan individu atau masyarakat yang saling berinteraksi, yang saling berhubungan memberikan aksi dan reaksi satu dengan lainnya didalam suatu lingkungan.

  138. Menurut saya, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi (aktivitas individu memberikan aksi, dan individu lainnya memberikan reaksi) individu dengan individu lainnya, sehingga membentuk sebuah kelompok.

    Sedangkan objek sosiologinya adalah tiap individu tersebut, baik seseorang maupun yang sudah membentuk sebuah kelompok. Namun, diantara individu tersebut terdapat perbedaan meliputi fikiran, suku, bahasa, agama, adat istiadat, dll. Disini peran sosiologi sangat dibutuhkan agar masing-masing individu bisa berinteraksi dengan baik.

    Terimakasih ^^

  139. Objek sosiologi adalah individu atau masyarakat.
    Sosiologi adalah ilmu pengetahuan individu atau masyarakat yang saling berinteraksi, yang saling berhubungan memberikan aksi dan reaksi satu dengan yang lainnya didalam suatu lingkungan.

  140. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat, sebagai objek sosiologi menunjukkan pada sekumpulan manusia yang sudah lama hidup bersama dan menciptakan berbagai nilai dan norma untuk mengatur kehidupannya.

  141. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.  
    sebagai objek sosiologi menunjukkan pada sekumpulan manusia yang sudah lama hidup bersama dan menciptakan berbagai nilai dan norma untuk mengatur kehidupannya.

  142. Obyek Sosiologi menurut saya yaitu individu itu sendiri atau sekelompok masyarakat yang saling berhubungan melalui proses interaksi yang bersifat bebas.

  143. Ilmu sosiologi adalahilmu yg mempelajari tentang interaksi antar individu dengan individu atau individu dengan kelompok serta kelompok dengan kelompok lingkungan yg bertujuan untuk saling menghargai dan menghormati.

    Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek

    Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.

    Objek Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

    Objek budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.

    Objek Agama
    Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia

  144. Sebagai bagian dari ilmu sosial, objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari hubungan antarmanusia dan proses yang timbul akibat dari hubungan tersebut. Fokus utama sosiologi dari objek masyarakat tersebut adalah gejala, proses pembentukan, serta mempertahankan kehidupan masyarakat, juga proses runtuhnya sistem hubungan antarmanusia. Selain itu, sosiologi dapat di kaji dengan pespektif lingkungan. Dalam perspektif tersebut, secara kolektif dapat di kategorikan dalam tahapan studi sosiologi, yaitu: 1. sifat dasar dan perkembangan manusia. 2. interaksi manusia dan hubungannya

  145. Sebagai bagian dari ilmu sosial, objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari hubungan antarmanusia dan proses yang timbul akibat dari hubungan tersebut. Fokus utama sosiologi dari objek masyarakat tersebut adalah gejala, proses pembentukan, serta mempertahankan kehidupan masyarakat, juga proses runtuhnya sistem hubungan antarmanusia. Selain itu, sosiologi dapat di kaji dengan pespektif lingkungan. Dalam perspektif tersebut, secara kolektif dapat di kategorikan dalam tahapan studi sosiologi, yaitu: 1. sifat dasar dan perkembangan manusia. 2. interaksi manusia dan hubungannya

  146. Sebagai bagian dari ilmu sosial, objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari hubungan antarmanusia dan proses yang timbul akibat dari hubungan tersebut. Fokus utama sosiologi dari objek masyarakat tersebut adalah gejala, proses pembentukan, serta mempertahankan kehidupan masyarakat, juga proses runtuhnya sistem hubungan antarmanusia. Selain itu, sosiologi dapat di kaji dengan pespektif lingkungan. Dalam perspektif tersebut, secara kolektif dapat di kategorikan dalam tahapan studi sosiologi, yaitu: 1. sifat dasar dan perkembangan manusia. 2. interaksi manusia dan hubungannya…..

  147. objek sosiologi yaitu masyarakat yang dilihat dari sudut manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia dalam masyarakat , atau dapat diartikan individu individu yang melakukan hubungan timbal balik antar satu manusia dan manusia lain sehingga terbentuk suatu kelompok, kebudayaan dan adat istiadat.

  148. Objek sosiologi adalah individu, sedangkan sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara berinteraksi antara individu dengan kelompok serta kelompok dengan kelompok sehingga mencapai tujuan menjadi masyarakat yang harmonis.
    jadi kesimpulannya, objek sosiologi adalah individu yang berinteraksi kepada masyarakat dalam bertujuan untuk mencapai keharmonisan.

  149. Objek Sosiologi

    Objek sosiologi ada dua macam, yaitu objek material dan objek formal.
    Objek material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.
    Objek formal
    Objek formal sosiologi ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  150. Yang menjadi objek sosiologi adalah manusia dan lingkungannya. Biasanya dalam sosiologi kita menggunakan manusia sebagai objek studi. Tetapi bukan hanya manusia saja melainkan lingkungannya. Karena apabila tidak ada lingkungan, tidak akan terjadi interaksi di dalamnya. Kalau tidak ada interaksi maka bukan objek studi dari sosiologi. Karena sosiologi itu tentang manusia yang saling berinteraksi satu sama lain.

  151. Dilihat kembali dari pengertian sosiologi yang terdapat pada postingan blog Pak Darmasnyah ini “Sosiologi meneliti dan mencari apa yg menjadi prinsip-prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antar manusia dan juga perihal sifat hakikat, bentuk, isi dan struktur masyarakat manusia.”
    Saya menyimpulkan bahwa ada beberapa Objek Sosiologi:
    Pertama, Objek Material. Dimana objek ini mengacu kepada benda fisik, sumber daya dan kulturnya. Seperti halnya: Rumah, Sekolah, Tempat Ibadah,dll. Karena aspek ini menjadi salah satu faktor penentu prilaku dan kultur seseorang.
    Kedua, Objek Non Material. Tentang Adat dan Istiadat.
    Ketiga, Objek Formal. Objek ini secara tidak langsung menjadi objek yang paling utama. Objek Formal Sosiologi ialah Manusia sebagai makhluk sosial/ Masyarakat.
    Keempat, Objek Budaya dan Agama juga turut serta menjadi bagian Objek Sosiologi.

  152. obyek sosiologi adalah masyarakat ,dimana kita harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, kita juga harus bisa berinteraksi dengan individu lainnya . biasanya di dalam lingkungan tersebut di buat peraturan dan kita pun harus bisa mengikuti dan mematuhi aturan tersebut .

  153. obyek sosialisasi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia ke dalam masyarakat, sosiologi biasanya digunakan untuk memahami latar belakang,susunan ,dan pola kehidupan sosial dalam masyarakat.

  154. Obyek Sosiologi ada dua macam, yaitu :
    1. Obyek Material
    Obyek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.
    2. Obyek Formal
    Obyek formal sosiologi, yaitu ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  155. Obyek Sosiologi ada dua macam, yaitu :
    1. Obyek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.
    2. Obyek Formal
    Objek formal sosiologi, yaitu ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  156. Sosiologi itu ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

    Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya.

    Kegunaan Sosiologi dalam masyarakat,antara lain:
    • Untuk pembangunan
    Sosiologi berguna untuk memberikan data-data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian pembangunan.

    • Untuk penelitian
    Tanpa penelitian dan penyelidikan sosiologis tidak akan diperoleh perencanaan sosial yang efektif atau pemecahan masalah-masalah sosial dengan baik.

    Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek:
    Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.

    Objek Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

    Objek budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.

    Objek Agama
    Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  157. Heribertus Edwin Kasiwali (2014 – 11- 089) sesi 01

    objek sosiologi
    : proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri. Objek sosiologi ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial, dimana dalam proses bermasyarakat manusia bisa saling berhubungan.

  158. DEVI PUTRIANI 201411174 (SEKSI 23)
    Seorang manusia akan memiliki perilaku yang berbeda dengan manusia lainnya walaupun orang tersebut kembar.
    Sosiologi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu kata socius dan logos, di mana socius memiliki arti kawan / teman dan logos berarti kata atau berbicara. Jadi sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.
    Menurut ahli sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.
    Objek dari sosiologi adalah masyarakat dalam berhubungan dan juga proses yang dihasilkan dari hubungan tersebut.
    Menurut saya tujuan dari ilmu sosiologi itu adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dimana pun manusia itu hidup dan tinggal atau menetap disuatu negara yang bukan negara asalanya
    Pokok bahasan dari ilmu sosiologi adalah seperti kenyataan atau fakta sosial, tindakan sosial, khayalan sosiologis serta pengungkapan realitas sosial.
    Terima Kasih.

  159. Obyek Sosiologi merupakan masyarakat yang memiliki hubungan antar manusia yang timbul dalam proses interaksi dalam masyarakat. Dapat diketahui perubahan-perubahan yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi maupun dari sisi positif dan negatif.

  160. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Obyek sosiologi merupakan masyarakat yang memiliki hubungan antar manusia yqng timbul dalam proses interaksi dalam masyarakat. Dapat diketahui perubahan-perubahan yang terjadi di dalam lingkungsn masyarakat yang dapat menpengaruhi dan dipengaruhi maupun dari sisi positif dan negatif.

  161. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek.
    1. Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
    2. Objek Formal
    Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
    3. Objek budaya
    Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
    4. Objek Agama
    Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  162. Yg menjadi obyek sosiologi adalah tiap individu yg terdapat didalam masyarakat yg memiliki latar belakang yg beragam. suku agama dan ras juga dapat menjadi objek sosiologi.

  163. SITI TAHYATI (201411178) SEKSI 23
    Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia dengan lingkungannya.
    sekelompok manusia yang hidup bersama dalam suatu tempat., sosiologi diartikan sebagai pengetahuan tentang hidup bermasyarakat

  164. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

    Teori Sosiologi biasanya digunakan untuk memahami latar belakang, susunan, dan pola kehidupan sosial dari pelbagai golongan dan kelompok dalam measyarakat. Juga dapat diketahui sampai di mana susunan dan stratifikasi sosial mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perubahan – perubahan sosial yang terjadi di suatu lingkungan masyarakat.

  165. Menurut pendapat saya objek sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi individu(pembentukan diri) agar terjadinya hubungan sosial dan timbal balik gejala sosial

  166. Sosiologi adalah pelajaran yang mengajarkan kita bagaimana untuk berinteraksi/bersosialisasi dengan baik. dan mengajarkan kita untuk bertoleransi dengan keadaan masyarakat yang berbeda-beda dan budaya yang beranekaragam

  167. Dana Diah Delani (201411023) sesi 2

    Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  168. objek sosiologi adalah kita manusia yang juga melihat hubungan atau interaksi yang terjadi dalam kehidupan manusia sehari hari

  169. Tiara (2014-11-002) SESI 01
    menurut saya obyek sosiologi merupakan masyarakat yang di lihat dari sudut hubungan antara manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia dalam masyarakat…

  170. Fandy Anugrah (2014-11-099) Sesi 01

    Cntoh objek material sosiologi itu adalah mengacuh pada benda fisik,sumber daya alam dan tempat yng menetukan kulturnya.seperti, rumah, tetangga,tempat ibadah, sekolah,kantor,peralatan,produk,maka dari itu siswa&siswi harus dapat memfungsikan otaknya untk mncari sesuatu atau pelajaran di internet, maka siswa harus betul” mnguasai komputer,, krna lama klamaan akan mnjadi kbutuhan siswa&siswi untuk masa yang akan datang.

    maaf kalau ada kata” yang kurang jelas , Terima kasih .

  171. Obyek sosiologi adalah individu-individu dalam masyarakat yang berasal dari berbagai golongan, latar belakang, budaya, adat istiadat, agama, dan strata sosial yang berbeda-beda dan selalu dinamis. Dengan demikian, setiap individu mempunyai pandangan dan prinsip yang berbeda. Dengan mempelajari sosiologi yang meneliti hubungan antara masyarakat, maka kita mengetahui pola umum kehidupan bermasyarakat sehingga hidup kita menjadi lebih terarah. Interaksi sosial yang terjadi di masyarakat pun juga akan berjalan dengan baik.

  172. Objek sosiologi meliputi individu serta lingkungan sekitarnya. Objek sosiologi lagi juga dibagi dengan beberapa objek yaitu objek material, objek formal, objek budaya, dan objek agama. Dengan adanya objek-objek tersebut maka satu individu bisa membaur dengan individu lainnya.

  173. Objek sosiologi meliputi individu serta lingkungan sekitarnya. Objek sosiologi lagi juga dibagi dengan beberapa objek yaitu objek material, objek formal, objek budaya, dan objek agama. Dengan adanya objek-objek tersebut maka satu individu bisa membaur dengan individu lainnya.

  174. menurut saya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku,terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagai mana sistem tersebut mempengaruhi orang lain dan bagai mana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

  175. Irawati 2014.11.270 sesi 23. Obyek sosiologi adalah masyarakat yang di lihat dari sudut hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Dan masyarakat sebagai obyek sosiologi menunjukkan pada sekumpulan manusia yang sudah lama hidup bersama dan menciptakan berbagai nilai dan norma untuk mengatur kehidupannya.

  176. Objek Sosiologi ada dua macam, yaitu objek material dan objek formal.

    a. Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.

    b. Objek Formal
    Objek formal sosiologi, yaitu ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

    Orientasi sosiologi di masyarakat meliputi hal-hal sebagai berikut.

    1.Keluarga adalah soko guru dari kelompok masyarakat.
    2.Kelangsungan hidup masyarakat memerlukan sejumlah ketentuan untuk mengatur tingkah laku manusia.
    3.Kehidupan manusia banyak dipengaruhi oleh lembaga-lembaga sosial yang ada di sekelilingnya, dan harus mampu menyesuaikan diri dengan lembaga-lembaga tersebut.
    4.Individu, keluarga, dan masyarakat mempunyai kecenderungan untuk mengklasifikasikan dirinya secara sosial menurut keturunan, tingkat kemakmuran, pendidikan, jabatan, keanggotaan kelompok, dan status sosial lainnya.
    5.Adanya komunikasi dengan kebudayaan dan masyarakat lain akan menimbulkan perubahan-perubahan nilai budaya.
    6.Kerja sama dan saling menghormati merupakan tuntutan kemanusiaan.
    7.Realisasi kehidupan pribadi dibentuk melalui hubungannya dengan yang lain.
    8.Perbuatan-perbuatan yang dapat diterima oleh suatu masyarakat dapat merupakan perbuatan yang tabu bagi masyarakat yang lain.
    9.Migrasi atau perpindahan bangsa-bangsa menimbulkan percampuran budaya antarindividu dan antarkelompok.
    10.Lingkungan sekitar baik fisik dan sosial akan mempengaruhi kehidupan manusia, dan manusia pun akan mempengaruhi lingkungannya.

  177. objek sosiologi itu ada dua:
    objek material dan objek dan objek formal
    a. Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.

    b. Objek Formal
    Objek formal sosiologi, yaitu ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

  178. menurut saya,Objek Sosiologi ada dua macam, yaitu objek material dan objek formal.

    a. Objek Material
    Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.

    b. Objek Formal
    Objek formal sosiologi, yaitu ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

    Orientasi sosiologi di masyarakat meliputi hal-hal sebagai berikut.

    1.Keluarga adalah soko guru dari kelompok masyarakat.
    2.Kelangsungan hidup masyarakat memerlukan sejumlah ketentuan untuk mengatur tingkah laku manusia.
    3.Kehidupan manusia banyak dipengaruhi oleh lembaga-lembaga sosial yang ada di sekelilingnya, dan harus mampu menyesuaikan diri dengan lembaga-lembaga tersebut.
    4.Individu, keluarga, dan masyarakat mempunyai kecenderungan untuk mengklasifikasikan dirinya secara sosial menurut keturunan, tingkat kemakmuran, pendidikan, jabatan, keanggotaan kelompok, dan status sosial lainnya.
    5.Adanya komunikasi dengan kebudayaan dan masyarakat lain akan menimbulkan perubahan-perubahan nilai budaya.
    Kerja sama dan saling menghormati merupakan tuntutan kemanusiaan.

  179. Definisi objek kajian Sosiologi menurut para ahli sebagai berikut:
    1. Emile Durkheim berpendapat bahwa pokok kajian Sosiologi adalah fakta social atau realita social
    2. Max Weber berpendapat bahwa objek kajian Sosiologi adalah tindakan manusia yang berhubungan dengan orang lain.

    kesimpulannya adalah objek Sosiologi adalah masyarakat yang melaksanakan hubungan sosial antar individu atau antar kelompok di lingkungan tempat tinggalnya.

  180. Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Masyarakat sebagai objek sosiologi menciptakan berbagai nilai dan norma untuk mengatur kehidupannya.

  181. NAMA : IRMAWATI
    SEKSI : 23
    NIM : 201411251

    Objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sosiologi memfokusan diri dari pada hubungan-hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

    Teori Sosiologi biasanya digunakan untuk memahami latar belakang, susunan, dan pola kehidupan sosial dari pelbagai golongan dan kelompok dalam measyarakat. Juga dapat diketahui sampai di mana susunan dan stratifikasi sosial mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perubahan – perubahan sosial yang terjadi di suatu lingkungan masyarakat.

  182. Nama: Ria Resti A
    Nim: 2014-11-189
    Seksi: 01
    Menurut saya Objek sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri yang disebut juga obyek material
    Ada pula Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Sedangkan Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain. Dan Objek Agama Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

  183. Inneke Putri Manna 201411302 seksi 23
    sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara masyarakat, jadi kita dapat mengetahui interaksi individu satu sama lain. jadi sosiologi itu hubungan sesama manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>