Budi, Pekerti dan Akal

Budi, Pekerti dan Akal

anak-muslim_pikirkan2Akal adalah kemampuan pikir manusia sebagai kodrat alami yang dimiliki manusia. Berpikir adalah  perbuatan operasional yang mendorong untuk aktif berbuat demi kepentingan dan peningkatan hidup manusia. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa fungsi akal adalah untuk berfikir.  Kemampuan berfikir manusia mempunyai fungsi mengingat kembali apa yang telah diketahui sebagai tugas dasarnya untuk memecahkan masalah dan akhirnya membentuk tingkah laku.

Disorganized Communication - People Speaking at OnceBudi adalah akal yang merupakan unsur rohani dalam kebudayaan. Budi diartikan sebagai batin manusia, panduan akal dan perasaan yang dapat menimbang baik buruk segala sesuatu.

Jadi jelas bahwa fungsi akal dan budi manusia adalah menunjukkan martabat manusia dan kemanusiaan sebagai pemegang amanah makhluk tertinggi di alam raya ini.

good-behaviourPekerti adalah apa yang terlihat pada manusia, karena didorong oleh perasaan hati, yang disebut behavior. Kata budi pekerti dalam kamus Bahasa Indonesia adalah tingkah laku, perangai, akhlak. Budi pekerti mengandung makna perilaku yang baik, bijaksana dan manusiawi. Di dalam perkataan itu tercermin sifat, watak seseorang dalam perbuatan sehari-hari. Budi pekerti sendiri mengandung  pengertian yang positif. Namun penggunaan atau pelaksanaannya yang mungkin negatif.

budi-pekerti

27 thoughts on “Budi, Pekerti dan Akal

  1. Budi adalah akal yang merupakan unsur rohani dalam kebudayaan. Budi diartikan sebagai batin manusia, panduan akal dan perasaan yang dapat menimbang baik buruk segala sesuatu.

    Pekerti berarti kelakuan

    Akal adalah kemampuan pikir manusia sebagai kodrat alami yang dimiliki manusia. Berpikir adalah perbuatan operasional yang mendorong untuk aktif berbuat demi kepentingan dan peningkatan hidup manusia.

  2. Akal, budi dan pekerti merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
    Akal merupakan kodrat manusia yang telah diberikan oleh sang pencipta sejak individu dilahirkan dimuka bumi ini. Sebagai pembeda dari makhluk lainnya , bahwa manusia memiliki derajat yang lebih mulia.
    Budi merupakan aplikasi dari output akal yang menunjang individu dalam mempertimbangkan perbuatan baik maupun buruk secara rohani dan realitas yang berdampak lebih baik.
    Pekerti merupakan aksi yang disertai persaan manusia untuk berbuat lebih baik dan memiliki makna positif bagi dirinya maupun pandangan lingkungan sekitat.
    Ketiga makna tersebut tdak dapat dipisahkan.

  3. menurut saya, budi, pekerti dan akal adalah akhlak mulia, suatu pola perilaku dari individu yang sesuai dengan tata kelakuan dalam suatu masyarakat. Pola ini diperoleh melalui pembiasaan dari kecil yang akhirnya terbiasa lalu terlihat sebagai karakter dari individu tersebut.

  4. Budi, Pekerti, dan Akal merupakan suatu akhlak yang dimiliki oleh manusia yang sudah ada sejak lahir dan suatu karakter yang tertanam dalam jiwa berupa keinginan kuat yang melahirkan perbuatan-perbuatan secara langsung.

  5. Tiara (2014-11-002) SESI 01
    menurut saya akal,budi, dan pekerti merupakan kemampuan pikir manusia yang di miliki setiap orang dan unsur rohani dalam kebudayaan yang terlihat pada manusia, karena di dorong oleh perasaan hati…

  6. Akal itu kemampuan pikir manusia yang dimiliki setiap manusia. Budi diartikan batin manusia adanya akal dan perasaan untuk menentukan yg baik atau buruk di segala sesuatu.

  7. Dan pekerti itu terlihat di dalam manusia, dan di dorong oleh perasaan hati.
    jadi akal, budi, dan pekerti itu kemampuan yanh dimiliki oleh setiap manusia.

  8. Budi yang berarti sadar atau yang menyadarkan atau alat kesadaran. pekerti berarti kelakuan. Secara etimologi Jawa budi berarti nalar, pikiran atau watak. sedangkan pekerti berarti penggawean, watak, tabiat atau akhlak. Akal adalah suatu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk membedakan yang salah dan yang benar serta menganalisis sesuatu yang kemampuannya sangat tergantung luas pengalaman dan tingkat pendidikan, formal maupun informal, dari manusia pemiliknya. Jadi, akal bisa didefinisikan sebagai salah satu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk mengingat, menyimpulkan, menganalisis, menilai apakah sesuai benar atau salah.

  9. Budi pekerti dan akal dapat diartikan sebagai moralitas yang mengandung pengertian adat istiadat, sopan santun, sikap dan perilaku yang ada pada diri manusia. Diperoleh dari pembiasaan dari kecil yang akhirnya akan terlihat sebagai suatu karakter yang ada dalam diri manusia.

  10. Menurut saya Budi, pekerti maupun akal adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena ini merupakan suatu unsur yang saling berhubungan dan menentukan bagaimana perilaku atau sikap dari manusia itu sendiri. Tanpa adanya akal kita tidak bisa berfikir secara rasional, karena budi dan pekerti saja pun tidak cukup untuk melengkapi semuanya. karena manusia diciptakan memang untuk memiliki akal, busi dan pekerti yang baik.

  11. IRMAWATI 201411251
    Seksi 23

    Budi pekerti pada kamus bahasa Indonesia merupakan kata majemuk dari kata budi dan pekerti. Budi yaitu sadar atau yang menyadarkan atau alat kesadaran. Pekerti yaitu kelakuan. Budi adalah yang ada pada manusia yang berhubungan dengan kesadaran, yang didorong oleh pemikiran, rasio yang disebut dengan nama karakter. Sedangkan pekerti adalah apa yang terlihat pada manusia, karena didorong oleh perasaan hati, yang disebut behavior. budipekerti dapat diartikan sebagai perpaduan dari hasil rasio dan rasa yang bermanifestasi pada karsa dan tingkah laku manusia. Penerapan budi pekerti tergantung kepada pelaksanaanya.Budi pekerti dapat bersifat positif maupun negatif. Budi pekerti itu sendiri selalu dikaitkan dengan tingkah laku manusia. Budi pekerti didorong oleh kekuatan yang terdapat di dalam hati yaitu rasio Rasio mempunyai tabiat kecenderungan kepada ingin tahu dan mau menerima yang logis, yang masuk akal dan sebaliknya tidak mau menerima yang analogis, yang tidak masuk akal. Akal itu kemampuan pikir manusia yang dimiliki setiap manusia.

  12. Akal adalah kemampuan cara berpikir kita untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah, dengan kata lain mendorong kita untuk kepentingan dan berperan aktif dalam meningkatkan pola pikir kita.
    Budi adalah perbuatan baik seseorang yang selalu diingat
    pekerti adalah tingkah laku atau akhlak seseorang
    jadi budi pekerti dan akal adalah tingkah laku atau perbuatan baik seseorang yang pantas untuk diingat orang, dengan memiliki kemampuan cara berpikir untuk membedakan yang baik dan yang tidak baik untuk mendorong kita untuk berperan aktif dalam meningkatkan pola berpikir seseorang.

  13. Akal yaitu kodrat alami manusia untuk berfikir dan mengingat atau memecahkan masalah sehingga mendorong manusia untuk bergerak dan membentuk perilaku.
    Budi yaitu perasaan atau batin manusia, budi itu berfikir dengan mempertimbangkan perbuatan baik atau buruk yang dilakukannya.
    Budi pekerti yaitu perilaku yang baik dan mengandung perilaku yang positif tetapi untuk penerapannya tergantung pelaksanaannya bisa saja bersifat negatif.

  14. Nama: Heribertus Edwin Kasiwali
    Nim: 2014-11-089

    Akal adalah suatu karunia berpikir yang hanya dimiliki oleh manusia yang di berikan tuhan. Akal sendiri merupakan suatu bentuk kegiatan sehari manusia dalam memecahkan masalah-masalah yang dialami dengan cara berpikir,melakukan kegiatan berpikir merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh manusia.
    Budi adalah suatu hal yang berhubungan dengan batin, rohani seseorang, dimana didalam budi tersebut seseorang bisa menimbang antara perbuatan baik dan buruk yang akan dilakukannya.
    pekerti adalah suatu bentuk perasaan yang dapat dikatakan selalu berhubungan dengan hal yang bersifat positif. Pekerti merupakan bentuk dorongan dari dalam perasaan manusia atau dari dalam hati manusia.

  15. Budi merupakan kesadran,pengertian,pikiran kecerdasaan.
    Pekerti merupakan penampilan,pelaksanaan atau perilaku
    Jadi budi pekerti merupakan kesadaraan yang ditampilkan oleh seseorang dalam berperilaku
    Akal merupakan salah satu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk mengingat ,menyimpulkan menganalisis menilai apakah sesuai benar atau salah.

  16. Akal merupakan suatu berkah yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap makhluk-Nya. Akal paling sempurna yang diberikan oleh Tuhan, diberikan kepada umat manusia. Digunakan untuk berpikir, mengingat, dan digunakan untuk manusia saat dilanda masalah. Dengan akal, manusia bisa berpikir bagaimana cara mereka memecahkan masalah agar dapat bertahan hidup.
    Budi, merupakan suatu kodrat yang lahir dari batin manusia. Yang artinya apakah manusia itu memiliki sifat baik atau buruk.

  17. Akal adalah kemampuan berfikir manusia dalam mengingat kejadian dimasa lalu untuk memecahkan suatu masalah.
    Budi adalah akal yang mempengaruhi alam bawah sadar manusia untuk mewujudkan suatu sikap.
    Pekerti adalah apa yang dapat dilihat oleh manusia yang didorong oleh perasaan hati. perilaku bisa disebut juga tingkah laku, akhlak manusia.
    Budi Pekerti merupakan sesuatu hal yang sangat positif namun dapat menjadi sesuatu yang negatif pulaa jika salah dalam pelaksanaannya.

  18. Akal adalah kemampuan berfikir manusia dalam mengingat kejadian dimasa lalu untuk memecahkan suatu masalah.
    Budi adalah akal yang mempengaruhi alam bawah sadar manusia untuk mewujudkan suatu sikap.
    Pekerti adalah apa yang dapat dilihat oleh manusia yang didorong oleh perasaan hati. perilaku bisa disebut juga tingkah laku, akhlak manusia.
    Budi Pekerti merupakan sesuatu hal yang sangat positif namun dapat menjadi sesuatu yang negatif pulaa jika salah dalam pelaksanaannya.

  19. Akal adalah kemampuan berfikir manusia dalam mengingat kejadian dimasa lalu untuk memecahkan suatu masalah.
    Budi adalah akal yang mempengaruhi alam bawah sadar manusia untuk mewujudkan suatu sikap.
    Pekerti adalah apa yang dapat dilihat oleh manusia yang didorong oleh perasaan hati. perilaku bisa disebut juga tingkah laku, akhlak manusia.

  20. sesuatu hal yang sangat positif namun dapat menjadi sesuatu yang negatif pulaa jika salah dalam pelaksanaannya merupakan budi pekerti.
    Akal adalah kemampuan berfikir manusia dalam mengingat kejadian dimasa lalu untuk memecahkan suatu masalah.
    Budi adalah akal yang mempengaruhi alam bawah sadar manusia untuk mewujudkan suatu sikap.
    Pekerti adalah apa yang dapat dilihat oleh manusia yang didorong oleh perasaan hati. perilaku bisa disebut juga tingkah laku, akhlak manusia.

  21. Menurut saya akal adalah kemampuan yang diberikan tuhan agar kita bisa mengingat kembali APA yang Sudah kita lakukan sedangkan budi lebih ke hati. Nurani agar kits tidak mengulang kesalahan yang Osama

  22. Menurut pendapat saya, akal, budi, dan pekerti mrupakan satu kesatuan yang saling berhubungan satu sama lain. yang dimiliki oleh setiap manusia. Karena akal merupakan kemampuan berfikir yang dimiliki manusia untuk perkembangan hidup manusia. Budi merupakan batin manusia yang berpengaruh dalam berpikir seperti yang mempengaruhi pemikiran tersebut baik atau tidak menurut batin manusia. Sedangkan pekerti adalah perilaku yang terlihat atau tindakan yang dihasilkan dari suatu pemikiran yang di dorong oleh perasaan hati manusia, seperti menolong orang.

  23. Inggrid nathalie (201411022)
    Sesi 23

    Menurut saya akal merupakan daya pikir untuk memahami sesuatu dan kemampuan untuk memahami lingkungan.
    Budi merupakan paduan akal dan perasaan untuk menimbang hal yang baik dan yang buruk.
    Pekerti merupakan akhlak atau watak pada manusia dalam berlaku, bertindak dan berkarya.

  24. EUDIA MARGARETTA AGE SESI 23
    Akal itu pikiran manusia yang berhubungan dengan otak yang harus dilatih. contohnyaa belajar agar bisa memahami sesuatu hal, mampu berfikir untuk memecahkan masalah
    Budi adalah yang ada pada manusia yang berhubungan dengan kesadaran, yang didorong oleh pemikiran.

    Budi Pekerti dan Akal menurut saya 3 unsur yang berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.

  25. Inneke Putri Manna 201411302 seksi 23
    Setiap makhluk hidup pasti memiliki akal untuk mendorong diri melakukan aktivitas hidup di dalam lingkungan.Budi pekerti mengandung arti yang postif namun dapat menjadi sesuatu yang negatif jika salah dalam mengartikannya dan secara garis besar menjelaskan tentang suatu perbuatan yang menggunakan akal dan perasaan untuk memilih mana yang baik serta yang buruk dalam melakukan sesuatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>