Interaksi Sosial

Social Interaction

Pengertian Interaksi Sosial
Manusia dalam hidup bermasyarakat, akan saling berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lain. Kebutuhan itulah yang dapat menimbulkan suatu proses interaksi sosial.

Maryati dan Suryawati (2003) menyatakan bahwa, “Interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok” (p. 22). Pendapat lain dikemukakan oleh Murdiyatmoko dan Handayani (2004), “Interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial” (p. 50).
“Interaksi positif hanya mungkin terjadi apabila terdapat suasana saling mempercayai, menghargai, dan saling mendukung” (Siagian, 2004, p. 216).
Berdasarkan definisi di atas maka, dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial adalah suatu hubungan antar sesama manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain baik itu dalam hubungan antar individu, antar kelompok maupun atar individu dan kelompok.

Macam – Macam Interaksi Sosial
Menurut Maryati dan Suryawati (2003) interaksi sosial dibagi menjadi tiga macam, yaitu (p. 23) :
1. Interaksi antara individu dan individu
Dalam hubungan ini bisa terjadi interaksi positif ataupun negatif. Interaksi positif, jika jika hubungan yang terjadi saling menguntungkan. Interaksi negatif, jika hubungan timbal balik merugikan satu pihak atau keduanya (bermusuhan).
2. Interaksi antara individu dan kelompok
Interaksi ini pun dapat berlangsung secara positif maupun negatif. Bentuk interaksi sosial individu dan kelompok bermacam – macam sesuai situasi dan kondisinya.
3. Interaksi sosial antara kelompok dan kelompok
Interaksi sosial kelompok dan kelompok terjadi sebagai satu kesatuan bukan kehendak pribadi. Misalnya, kerja sama antara dua perusahaan untuk membicarakan suatu proyek.

Bentuk – Bentuk Interaksi Sosial
Berdasarkan pendapat menurut Tim Sosiologi (2002), interaksi sosial dikategorikan ke dalam dua bentuk, yaitu (p. 49) :
1. Interaksi sosial yang bersifat asosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk – bentuk asosiasi (hubungan atau gabungan) seperti :
a. Kerja sama
Adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
b. Akomodasi
Adalah suatu proses penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok – kelompok manusia untuk meredakan pertentangan.
c. Asimilasi
Adalah proses sosial yang timbul bila ada kelompok masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda, saling bergaul secara intensif dalam jangka waktu lama, sehingga lambat laun kebudayaan asli mereka akan berubah sifat dan wujudnya membentuk kebudayaan baru sebagai kebudayaan campuran.
d. Akulturasi
Adalah proses sosial yang timbul, apabila suatu kelompok masyarakat manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur – unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga lambat laun unsur – unsur kebudayaan asing itu diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian dari
kebudayaan itu sendiri.

2. Interaksi sosial yang bersifat disosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk – bentuk pertentangan atau konflik, seperti :
a. Persaingan
Adalah suatu perjuangan yang dilakukan perorangan atau kelompok sosial tertentu, agar memperoleh kemenangan atau hasil secara kompetitif, tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fisik di pihak lawannya.
b. Kontravensi
Adalah bentuk proses sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan atau konflik. Wujud kontravensi antara lain sikap tidak senang, baik secara tersembunyi maupun secara terang – terangan yang ditujukan terhadap perorangan atau kelompok atau terhadap unsur – unsur kebudayaan golongan tertentu. Sikap tersebut dapat berubah menjadi kebencian akan tetapi tidak sampai menjadi pertentangan atau konflik.
c. Konflik
Adalah proses sosial antar perorangan atau kelompok masyarakat tertentu, akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang sangat mendasar, sehingga menimbulkan adanya semacam gap atau jurang pemisah yang mengganjal interaksi sosial di antara mereka yang bertikai tersebut.

Ciri – Ciri Interaksi Sosial
Menurut Tim Sosiologi (2002), ada empat ciri – ciri interaksi sosial, antara lain (p. 23) :
a. Jumlah pelakunya lebih dari satu orang
b. Terjadinya komunikasi di antara pelaku melalui kontak sosial
c. Mempunyai maksud atau tujuan yang jelas
d. Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu

Syarat – Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
Berdasarkan pendapat menurut Tim Sosiologi (2002), interaksi sosial dapat berlangsung jika memenuhi dua syarat di bawah ini, yaitu (p. 26) :
a. Kontak sosial
Adalah hubungan antara satu pihak dengan pihak lain yang merupakan awal terjadinya interaksi sosial, dan masing – masing pihak saling bereaksi antara satu dengan yang lain meski tidak harus bersentuhan secara fisik.
b. Komunikasi
Artinya berhubungan atau bergaul dengan orang lain.

This entry was posted in Uncategorized by admin. Bookmark the permalink.

177 thoughts on “Interaksi Sosial

  1. Manusia terlahir sebagai mahluk sosial. Oleh karena itu manusia tidak bisa hidup sendiri, bagaimanapun ia pasti membutuhkan manusia lainnya untuk menajalani kehidupannya. Berhubungan dengan hal itu, maka manusia tidak bisa lepas dari interaksi sosial yang mana merupakan interpretasi dari hubungan antar manusia, baik individu dengan individu,individu dengan kelompok, ataaupun kelompok dengan kelompok. Tanpa interaksi sosial manusia tidak akan bisa melangsungkan kehidupannya karena semuanya saling ketergantungan dan juga saling mempengaruhi satu sama lain, baik itu interaksi yang positif ataupun negatif.

    • Interaksi sosial adalah cara komunikasi anar sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak luput dari komunikasi dan berinteraksi, untuk mempererat tali silahturrahmi

  2. Menurut saya, manusia tidak bisa dilepaskan dari proses interaksi sosial, interaksi sosial merupakan proses komunikasi di antara orang-orang untuk saling memengaruhi baik perasaan, pikiran, maupun tindakan . interaksi sosial akan berlangsung apabila seorang individu melakukan tindakan dan dari tindakan tsb menimbulkan reaksi dari individu yang lain. Interaksi sosial terjadi apabila dua orang atau lebih saling berhadapan, bekerja sama , berbicara , berjabat tangan dan bahkan terjadi persaingan .

  3. Interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis, menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Orang berinteraksi dengan simbol, isyarat, kata-kata atau tanpa kata-kata seperti ungkapan rasa senang. Faktor-faktor yang berpengaruh dalam proses interaksi sosial diantaranya adalah imitasi, sugesti, identifikasi, simpati.

  4. interaksi sosial adalah sarana aksi-reaksi bagi manusia. interaksi terjadi secara bertahap dan diperlukan kemampuan menyesuaikan diri (adaptasi) yang bagus. hasil dari interaksi sosial inipun ada positif dan negatifnya. hendaknya kita dapat menggunakan kesempatan berinteraksi sosial ini sebijak mungkin agar seluruh pihak didalamnya tidak ada yg merasa dirugikan.

  5. Interaksi sosial adalah Hubungan saling mempengaruhi antara sesama manusia dalam proses kehidupan. Proses interaksi ini berjalan disebabkan manusia merupakan makhluk sosial alias tidak bisa hidup sendiri. Setiap harinya manusia pasti berinteraksi . Seperti mengobrol, diskusi atau sekedar berpapasan di jalan antara satu dengan yg lainnya . Berargumen ato adu mulut via telepon juga merupakan interaksi. Karena manusia dan manusia satunya saling menjawab/menyahut(interaksi).

  6. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing – masing,maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Di dalam kehidupan sehari – hari tentunya manusia tidak dapat lepas dari hubungan antara satu dengan yang lainnya,ia akan selalu perlu untuk mencari individu ataupun kelompok lain untuk dapat berinteraksi ataupun bertukar pikiran.

  7. Interaksi sosial adalah kunci dari kehidupan sosial, karena dengan adanya interaksi maka akan tercipta kehidupan bersama. Interksi sosial juga sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan maksud atau tujuan yang diinginkan oleh manusia yg melakukan interksi tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka.

  8. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya didalam masyarakat. Trimakasih.

  9. Manusia sebagai makhluk sosial selalu berhubungan dengan orang lain. Dalam bergaul, berbicara, bersalaman, bahkan bertentangan sekalipun kita memerlukan orang lain. Dalam bergaul dengan orang lain selalu ada timbal balik atau melibatkan dua belah pihak. Interaksi sosial merupakan ciri khas kehidupan bermasyarakat. Artinya kehidupan bermasyarakat akan kelihatan nyata dalam berbagai bentuk pergaulan seseorang dengan orang lain. Interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.

  10. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang-orang perorangan dengan kelompok manusia.

  11. Manusia dalam hidup bermasyarakat, akan saling berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lain. Kebutuhan itulah yang dapat menimbulkan suatu proses interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok yang saling pengaruh mempengaruhi antar sama lain. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  12. Semua makhluk sosial pasti melakukan interaksi setiap harinya. Interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan timbal balik. Misalnya seperti Dosen yang sedang mengajar. Jika Dosen itu mampu berinteraksi dengan baik, pasti mahasiswa yang diajarkannya bisa memahami materi dengan cepat, tepat, dan baik.

    Terima Kasih.

  13. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan-aturan dan nilai-nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing-masing,maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Di dalam kehidupan sehari-hari tentunya manusia tidak dapat lepas dari hubungan antara satu dengan yang lainnya,ia akan selalu perlu untuk mencari individu ataupun kelompok lain untuk dapat berinteraksi ataupun bertukar pikiran.

  14. Saya setuju dengan Maryati dan Suryati Interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok. Karena dalam hidup kita penting untuk adanya interaksi sosial karena dalam hidup tidak bisa hidup sendiri makanya perlu ada interaksi sosial dengan adanya interaksi sosial kita bisa menambah wawasan.

  15. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang bersifat dinamis. jika ada dua orang yang bertemu dan berjabat tangan, berbeda pendapat, bahkan berkelahi, sejak saat itulah dimulainya interaksi sosial.

  16. interaksi sosial juga dapat dibedakan menjadi 4 yaitu, Imitasi, identifikasi, sugesti dan simpati. 4 jenis bentuk interaksi sosial tsb disebut juga sbg faktor2 yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial
    apa yang dimaksud dengan imitasi ?
    imitasi adalah proses belajar dengan cara meniru perilaku orang lain
    contohnya: seorang anak meniru perbuatan anaknya

    • *RALAT
      interaksi sosial juga dapat dibedakan menjadi 4 yaitu, Imitasi, identifikasi, sugesti dan simpati. 4 jenis bentuk interaksi sosial tsb disebut juga sbg faktor2 yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial
      apa yang dimaksud dengan imitasi ?
      imitasi adalah proses belajar dengan cara meniru perilaku orang lain
      contohnya: seorang anak meniru perbuatan orang tuanya, maka dari itu sbg orang tua biasakan lah berbicara dengan lembut kpd anaknya

  17. menurut saya interaksi adalah ,hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya didalam masyarakat. manusia tidak bisa bila tidak berinteraksi karena manusia tidak hidup sendirian,mereka membutuh interaksi supaya adanya pertukaran antarpribadi yang masing- masing orang menunjukkan perilakunya satu sama lain dalam kehadiran mereka, dan masing- masing perilaku mempengaruhi satu sama lain.
    sedangkan interaksi sosial adalah merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  18. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  19. Interaksi sosial adl suatu kegiatan dimana seseorang memberi efek kepada yang lainnya sehingga menimbulkan bermacam-macam reaksi sebagai feedback dari efek yang diberikan oleh orang tsb. interaksi sosial terjadi semenjak kelahiran sampai wafatnya seseorang walaupun terkadang kegiatan tsb tdk disadari sebagai “Interaksi Sosial”.

  20. Interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial, karena tanpa adanya interkasi sosial tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  21. Di dalam kehidupan bersama dengan masyarakat membutuhkan yang namanya interaksi sosial. Dimana interaksi sosial itu ibarat benteng yang kokoh dalam suatu hubungan sosial yang terjadi di dalam masyarakat yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan dianggap di dalam masyarakat. Hubungan-hubungan sosial menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Dengan kata lain, interaksi sosial merupakan kunci dari segala kehidupan sosial.

  22. Interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial, karena tanpa interkasi sosial tak akan mungkin ada kehidupan bersama. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis, menyangkut hubungan antara individu, antara kelompok maupun antara individu dengan kelompok. Manusia sebagai mahluk sisial pasti melakukan interaksi sosial dengan individu yang lain, untuk saling berbagi, bertukar fikiran dan menjalin hubungan. Manusia tidak bisa hidup sendirian. Individu pasti membutuhkan individu lain.

  23. Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang dapat hidup seorang diri karena pada dasarnya manusia hidup bergantung satu dengan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan serta agar keseimbangan dalam kehidupan dapat terjadi, maka dibutuhkanlah interaksi sosial. Dengan adanya interaksi sosial, kita dituntut untuk aktif bergaul dan bersosialisasi di masyarakat dalam bentuk apa pun, baik individu atau kelompok, selama hal tersebut positif. Selain mengenal suatu hal yang baru, interaksi sosial juga menambah relasi hubungan kita. Oleh karena itu, pandai-pandailah memilih individu atau kelompok untuk berinteraksi! Jangan mudah terseret ke dalam lingkungan yang negatif! Lakukanlah interaksi sosial untuk tujuan yang positif yang membawa hidupmu menjadi lebih berwarna!

  24. Interaksi sosial adalah dimana seseorang pasti memberikan suatu umpan kepada orang lain dan orang lain itu akan meresponnya dengan timbal balik, baik timbal balik itu disadarinya ataupun tidak oleh si pelaku. Interaksi sosial ini sudah terjadi pada saat kita masih dikandungan sampai dengan wafat kelak.
    Interaksi sosial sangat dibutuhkan dan berperan aktif dalam kehidupan manusia.

  25. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat

  26. Interaksi sosial merupakan suatu interaksi timbal balik kepada orang lain yang saling mempengaruhi. Melalui interaksi sosial, manusia dapat saling bekerja sama, menghargai, menghormati, hidup rukun, dan gotong royong. Sikap-sikap tersebut mampu menciptakan keteraturan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat yang mendorong munculnya keharmonisan dan keselarasan sosial.

  27. Terkadang dalam interaksi sosial terdapat berbagai hambatan. Kedekatan antar individu sering kali membuat seseorang sulit menegur sehingga orang cenderung menagmbil sikap acuh atau menjauh. Tindakan asosiatif sendiri terkadang sulit dilakukan terutama jika berhubungan dengan hal pribadi atau mencela kebiasaan seseorang. Maka dari itu diperlukan keberanian, kecakapan, dan penawaran solusi terbaik sehingga proses asosiatif dapat berjalan dan menghasilkan hasil yang positif ^^

  28. Menurut saya Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara dua individu atau lebih, hubungan timbal balik yang saya maksud adalah seseorang akan bereaksi jika orang lain membuat sebuah aksi, misalnya proses tanya jawab atau sharing yang dilakukan dikelas, silahturahmi dilingkungan, menyadari kehadiran seseorang pun sudah termasuk kedalam sebuah interaksi.

  29. Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis antara orang perorang, antara perseorangan dengan kelompok. Jadi kata kuncinya adalah hubungan sosial yang dinamis.

  30. Interaksi sosial merupakan hubungan dinamis yang terjadi antarindividu, individu dengan kelompok dalam bentuk kerja sama atau persaingan yang berdasarkan pada nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat .
    contohnya : pelatih tim futsal menyampaikan strateginya kepada anggota timnya.
    itu termasuk dalam hubungan antara individu dengan kelompok yang mengarah pada tujuan bersama . terimakasih

  31. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Karena manusia tidak lepas dari peran orang lain oleh sebab itu manusia dapat dikatakan makhluk sosial tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  32. Interaksi Sosial merupakan fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat

  33. Setiap manusia yang ada diciptakan tidak hanya seorang diri.Manusia membutuhkan orang lain untuk saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.Interaksi sosial sangatlah penting dikalangan bermasyarakat karena dapat membantu untuk mengenal karakter setiap individu ataupun sebuah kelompok.Dalam melakukan interaksi sosial kita harus memilih individu atau kelompok yang melakukan tindakan-tindakan yang positif karena berpengaruh terhadap kehidupan kita nantinya.Jaid pintar-pintarlah memilih individu atau kelompok agar kita sebagai masyarakat tidak terseret didalam hal-hal yang tidak benar atau hal-hal yang negatif.

  34. Interaksi adalah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi. DI Interaksi sosial setiap orang membutuhkan pertolongan, maka dalam interaksi tidak ada yang saling membedakan.

  35. Interaksi Sosial adalah pelanginya kehidupan. Interaksi sosial yang terdiri dari interaksi asosiatif dan disosiatif . Adanya kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi, persaingan, kontraversi, konflik, adalah warna dan ciri-ciri kehidupan manusia, karena manusia diciptakan untuk saling bersosialisasi.

  36. manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. oleh karena itu, manusia perlu berinteraksi dengan manusia lainnya. interaksi sosial yang menjadi syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial ini merupakan hubungan sosial yang dinamis. interaksi sosial menyangkut hubungan antarperorangan, antarkelompok, atau antar individu dengan kelompok.

  37. Interaksi sosial adalah suatu hubungan yang berupa tindakan yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya interaksi sosial akan dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik.

  38. Interaksi adalah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi. DI Interaksi sosial setiap orang membutuhkan pertolongan, maka dalam interaksi tidak ada yang saling membedakan

  39. Interaksi sosial adalah hubungan sosial manusia, karena manusia dalam kehidupannya tidak dapat hidup sendiri tanpa orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang sepanjang hidupnya bersosialisasi dengan orang lain dalam proses interaksi

  40. Menurut saya interaksi sosial adalah suatu cara untuk dapat bersosialisasi dengan banyak individu. Adanta interaksi untuk memudahkan kita memiliki hubungan dengan banyak individu. Interaksipun dapat berjalan baik, jika kita memiliki tujuan yang jelas

    • Menurut saya interaksi sosial adalah suatu cara untuk dapat bersosialisasi dengan banyak individu. Adanta interaksi untuk memudahkan kita memiliki hubungan dengan banyak individu. Interaksipun dapat berjalan baik, jika kita memiliki tujuan yang jelas

  41. Upaya manusia dakam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya dilaksanakan melalui suatu proses yang disebut interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok dalam masyarakat. Interaksi ini sifatnya dinamis. Interaksi sosial sebagai factor utama dalam kehidupan sosial. Interaksi sosial sangat berguna untuk mempelajari banyak masalah di dalam masyarakat. Sebagai contoh di Indonesia, dapat di bahas bentuk-bentuk interaksi sosial yang berlangsung antara berbagai suku bangsa, antara golongan-golongan yang di sebut mayoritas dan minoritas, dan antara golongan terpelajar dengan golongan agama da seterusnya. Intraksi social merupakan kunci semua kehidupan social karena tanpa interaksi social, tak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  42. interaksi sosial merupakan ciri khas kehidupan bermasyarakat sosial akan kelihatan nyata dalam berbagai bentuk pergaulan seseorang dengan orang lain.interaksi sosial terjadi apabila satu individu melakukan tindakasehingga menimbulkan reaksi bagi individu-individu lainnya.

  43. interaksi sosial adalah hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai yang berlaku diterapkan oeh masyarakat. dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial dapat berlangsung dengan baik dengan aturan dan nilai yang ada dilakukan dengan baik.

  44. Interaksi merupakan hubungan timbal balik yang melibatkan 2 orang, antara lain:
    -interaksi antaindividu
    -interaksi antar individu dengan kelompok
    -interaksi antar kelompok

  45. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik di dalam lingkup sosial, hubungan ini terjadi karena adanya individu ataupun kelompok yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan bersama.

  46. Interaksi sosial adalah hubungan yang dilakuna lbebih dari satu orang atau kelompok dengan maksud untuk mencapai tujuan yang sama, penyesuaian sosial dengan berinteraksi antara invidu atau kelompok dengan memahami sikap pribadi dan kebudayaannnya.

  47. Interakhir sosial adalah suat hubungan sosial yang selalu terjadi antara individu satu dengan yang lainnya serta kelompok satu dengan lainnya yang dilakukan karena sifat dari manusia yang menjadi individu sosial ini mengartikan bahwa setiap manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan harus hidup berdampingan dengan yang lainnya.

  48. interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang terjadi antar individu, individu dengan kelompok, dan antar kelompok dalam bentuk kerja sama atau persaingan. interaksi sosial dilaksanakan masyarakat berdasarkan nilai dan norma yang berlaku.dalam interaksi harus ada kontak dan komunikasi satu sama lain. jika tidak ada dua hal ini maka tidak akan ada interaksi sosial. dengan berinteraksi kita bisa saling mengetahui keadaan individu atau kelompok lain dan kita juga dapat memberikan respon positif dalam interaksi tersebut guna mempererat hubungan antar individu maupun kelompok.

  49. menurut saya, manusia itu di lahirkan untuk mendapatkan suatu sifat yang memiliki panutan untuk mengenal satu sama lain dari individu satu ke individu lain nya yang lebih dari satu bisa di sebut interaksi sosial, menandakan manusia berinteraksi bisa dengan tindakan bisa dengan penyampaian secara langsung maupun tidak langsung

  50. Menurut Saya Interaksi sosial merupakan ciri khas kehidupan bermasyarakat/ sosial. artinya kehidupan bermasyarakat sosial akan kelihatan nyata dalam berbagai bentuk pergaulan seseorang dengan orang lain.contoh: keramaian di pasar, buruh pabrik berdemontrasi, dan pelajar belajar di sekolah.Interaksi sosial terjadi apabila satu individu melakukan tindakan sehingga menimbulkan reaksi bagi individu-individu lain. Interaksi sosial tidak hanya berupa tindakan yang berupa kerja sama tetapi juga dapat berupa persaingan dan pertikaian.

  51. menurut saya, Interaksi Sosial adalah hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi.

  52. Interaksi sosial adalah hubungan yang terjadi antara individu dengan individu lainnya,individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok lainnya. Manusia berinteraksi dengan manusia lainnya karna manusia lahir sebagai mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

  53. interaksi sosial disini bisa dijelaskan bahwa setiap manusia memiliki kebutuhan, kebutuhan inilah yang membuat manusia menjadi berinteraksi. sebagai contoh : seorang tetangga rumah kontrakan yang sudah lama tinggal, memiliki tetangga baru. tetangga baru tersebut awalnya canggung untuk berinteraksi, tetapi karena butuh sesuatu, mau tidak mau tetangga baru itu berinteraksi kepada tetangga yang lebih lama.

  54. Setiap manusia didunia ini tidak dapat hidup seorang diri saja,karena Tuhan telah menciptakan setiap manusia berpasang-pasangan dan juga membutuhkan orang lain lagi untuk melakukan sesuatunya,Adanya suatu interaksi sosial adalah salah satu wujud dari kepedulian masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya.Ada 2 macam interaksi sosial yaitu ada yang bersifat asosiasi ada juga yang berbentuk pertentangan.Tinggal bagaimanam sikap kita dalam berinteraksi terhadap sesama kita.

  55. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  56. interaksi sosial tidak mungkin terjadi tanpa adanya dua syarat, yaitu kontak sosial dan komunikasi.
    Proses interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat bersumber dari faktor imitasi, sugesti, simpati, motivasi, identifikasi dan empati.

  57. Menurut saya, interaksi sosial adalah individu yang saling berkomunikasi atau saling berhubungan satu sama lain. Interaksi sosial bisa dilakukan jika lebih dari satu orang. Ada dua bentuk interaksi sosial yaitu disosiatif dan asosiatif. Disosiatif disini yaitu yang bertentangan sedangkan asosiatif adalah mempunyai tujuan yang baik. Ada beberapa kategori dari interaksi asosiatif yaitu, kerja sama, akomodasi, asimilasi, akulturasi. Dan kategori interaksi disosiatif yaitu, persaingan, kontravensi, dan yang terakhir terjadinya konflik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok. Salah satu contoh interaksi sosial individu dengan kelompok adalah seorang dosen yang sedang memberikan penjelasan mata kuliah tertentu dengan mahasiswa didalam kelas.

  58. Menurut saya interaksi sosial adalah suatu hubungan yang terjadi antara sesama manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, antar individu, antar kelompok maupun antar individu dan kelompok.

  59. interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua atau lebih individu, yang dapat mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lainnya.
    Interaksi sosial merupakan hubungan antar individu yg menghasilkan helping mutualisme, serta saling mempengaruhi dalam upaya tercapainya perubahan perilaku dan perubahan kondisi menjadi lebih baik

  60. interaksi sosial adalah suatu cara untuk dapat bersosialisasi dengan individu lainnya. Adanya interaksi untuk memudahkan kita memiliki hubungan dengan individu lainya. Interaksipun dapat berjalan baik, jika kita memiliki tujuan jelas

  61. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. interaksi sosial bersumber dari faktor imitasi, sugesti, simpati, motivasi, identifikasi dan empati

  62. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing – masing,maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan

  63. Manusia terlahir sebagai mahluk sosial yang akan hidup bermasyarakat, saling berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lain. Dari kebutuhan itulah yang nantinya akan menimbulkan interaksi sosial. Interaksi sosial ini dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antar individu, antar kelompok, atau antar individu dan kelompok. Interaksi sosial ini juga memiliki bentuk-bentuk, seperti; Interaksi sosial yang bersifat asosiatif (mengarah kepada bentuk hubungan) yaitu; kerja sama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi. Interaksi sosial juga bersifat disosiatif (mengarah kepada bentuk pertentangan) yaitu; persaingan, kontravensi, dan konflik.
    Demikian tanggapan saya tentang materi interaksi sosial. terima kasih

  64. interaksi sosial adalah hubungan – hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan perorangan, antara kelompok dengan kelompok lain, dan antara kelompk manusia dengan individu.

  65. Menurut saya, manusia terlahir sebagai makhluk sosial tidak akan terlepas dengan manusia lainnya atau lebih jelasnya membutuhkan orang lain dalan kehidupannya. Dalam proses membutuhkan tersebut akan mncul suatu kegiatan yang dinamakan sebagai interaksi sosial.
    Interaksi sosial sendiri merupakan kunci utama dalam kehidupan sosial. Tanpa interaksi sosial, maka kehidupan bersama tidak mungkin ada serta aktivitas sosial tidak mungkin berkembang. Interaksi sosial sendiri adalah suatu hubungan-hubungan sosial yang dinamis menyangkut hubungan individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, serta individu dengan kelompok.

  66. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing – masing,maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan.

  67. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing – masing,maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Di dalam kehidupan sehari – hari tentunya manusia tidak dapat lepas dari hubungan antara satu dengan yang lainnya,ia akan selalu perlu untuk mencari individu ataupun kelompok lain untuk dapat berinteraksi ataupun bertukar pikiran.

  68. interaksi sosial menurut saya adalah suatu proses yang saling menguntungkan satu sama lain tidak menuntungkan satu pihak saja.

  69. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi. Ada aksi dan ada reaksi. Pelakunya lebih dari satu. Individu vs individu. Individu vs kelompok. Kelompok vs kelompok dan lain-lain .

  70. Interaksi sosial merupakan proses komunikasi diantara orang-orang untuk saling mempengaruhi perasaan yang ada dari diri setiap individu, baik pikiran dan tindakan.
    Interaksi sosial akan berlangsung apabila seorang individu melakukan tindakan dan dari tindakan tersebut menimbulkan reaksi individu yang lain. Interaksi sosial ini terjadi jika dua orang atau lebih saling berhadapan, bekerja sama, berbicara, berjabat tangan atau bahkan terjadi persaingan dan pertikaian.

  71. LIKA DESI NATALIA (2013-11-246) SEKSI 15

    Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya didalam amasyarakat. Menurut Soerjono Soekanto, proses sosial diartikan sebagai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan bentuk hubungan sosial.

  72. Interaksi sosial adalah sebuah komunikasi yang dilakukan oleh tiap individu baik secara hubungan kontak langsung maupun tidak secara langsung. Karena dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh individu tersebut pasti akan ada respon dari individu lain.

  73. contoh interaksi di keluarga itu seperti pendidikan awal seperti benar salah tingkah laku, orang tua mengajarkan anak tentang keagamaan
    kalo di masyarakat banyak banget seperti pendidikan, cara beradaptasi dengan pergaulan, bermain dengan teman, bersosialisasi lewat komunikasi yang baik :)

  74. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya didalam amasyarakat. Menurut Soerjono Soekanto, proses sosial diartikan sebagai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan bentuk hubungan sosial.

  75. Interaksi sosial sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis, dimana hubungan tersebut dapat berupa hubungan antara individu yang satu dengan individu lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun antara kelompok dengan individu.
    contoh
    1.Individu dengan kelompok:misalnya seorang walikota sedang berpidato di depan masyarakat
    2.Individu dengan individu:misalnya seorang ayah sedang mengajak bermain anaknya
    3.Kelompok dengan Kelompok:misalnya rapat rw antara rw

  76. Menurut saya interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antar individu, maupun individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Dan tanpa adanya interaksi sosial maka tidak akan ada kehidupan bersama.

  77. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing – masing,maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Di dalam kehidupan sehari – hari tentunya manusia tidak dapat lepas dari hubungan antara satu dengan yang lainnya,ia akan selalu perlu untuk mencari individu ataupun kelompok lain untuk dapat berinteraksi ataupun bertukar pikiran

  78. Interaksi sosial adalah Hubungan saling mempengaruhi antara sesama manusia dalam proses kehidupan. Proses interaksi ini berjalan disebabkan manusia merupakan makhluk sosial alias tidak bisa hidup sendiri. Setiap harinya manusia pasti berinteraksi . Seperti mengobrol, diskusi atau sekedar berpapasan di jalan antara satu dengan yg lainnya . Berargumen ato adu mulut via telepon juga merupakan interaksi. Karena manusia dan manusia satunya saling menjawab/menyahut(interaksi).

    • Yuni Cahyani 201411102 Seksi 02
      Interaksi sosial merupakan suatu hubungan yg dpt berinteraksi atau berkomunikasi yg dilakukan dua org atau lebih. Dalam kehidupan sehari hari juga sering kita lihat banyak kegiatan2 berinteraksi contohnya: terjadinya antara penjual dan pembeli di suatu pasar. Bisa juga dlm suatu kelas guru memberikan tugas kpd muridnya dan disuruh membuat kelompok prilaku tersebut memberikan contoh antara individu dengan kelompok

  79. Interaksi sosial adalah kunci dari kehidupan sosial, karena dengan adanya interaksi maka akan tercipta kehidupan bersama. Interksi sosial juga sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan maksud atau tujuan yang diinginkan oleh manusia yg melakukan interksi tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka.

  80. Menurut saya Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing – masing,maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Interaksi sosial dilakukan untuk mencapai tujuan hidup.

  81. Interaksi sosial adalah hubungan atau aktivitas didlam lingkup sosial, hubungan ini terjadi karena ada suatu individu ataupun kelompok. Manusia membutuhkan interaksi sosial untuk membentuk kelompok karena kembali lagi ke sosialisasi saling membutuhkan satu sama lain.

  82. Interaksi sosial dapat diartikan hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok , maupun kelompok dengan kelompok dalam rangka memenuhi kebutuhan bersama

  83. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis, menyangkut hubungan antara individu, antara kelompok maupun antara individu dengan kelompok. Manusia sebagai mahluk sisial pasti melakukan interaksi sosial dengan individu yang lain, untuk saling berbagi, bertukar fikiran dan menjalin hubungan.

  84. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok

  85. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  86. Interaksi sosial sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis, dimana hubungan tersebut dapat berupa hubungan antara individu yang satu dengan individu lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun antara kelompok dengan individu.
    contoh
    1.Individu dengan kelompok:misalnya seorang walikota sedang berpidato di depan masyarakat
    2.Individu dengan individu:misalnya seorang ayah sedang mengajak bermain anaknya
    3.Kelompok dengan Kelompok:misalnya rapat rw antara rw

  87. interaksi sosial Interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Hubungan sosial yang dimaksud dapat berupa hubungan antara individu yang satu dengan individu lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun antara kelompok dengan individu. Dalam interaksi juga terdapat simbol, di mana simbol diartikan sebagai sesuatu yang nilai atau maknanya diberikan kepadanya oleh mereka yang menggunakannya

  88. Interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Hubungan sosial yang dimaksud dapat berupa hubungan antara individu yang satu dengan individu lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun antara kelompok dengan individu. Dalam interaksi juga terdapat simbol, di mana simbol diartikan sebagai sesuatu yang nilai atau maknanya diberikan kepadanya oleh mereka yang menggunakannya

  89. Interaksi sosial adalah suatu interaksi atau hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya didalam amasyarakat. Menurut Soerjono Soekanto, proses sosial diartikan sebagai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan bentuk hubungan sosial.

  90. Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, manusia akan saling membutuhkan satu sama lain, dari kebutuhan-kebutuhan yang beragam yang dimiliki setiap manusia inilah yang mendasari manusia untuk saling berinteraksi

  91. Mnurut penafsiran saya, interaksi sosial adalah terjadinya antara aksi dan reaksi saling memberikan nyawa positif bagi pelaku aksi dan reaksi. Interaksi sosial terjadi apabila jumlah orang lebih dari 2 dan ada hal yang sedang dilakukan antara kedua belah pihak baik dalam bahasa verbal maupun non verbal. Interaksi bisa terjadi anatara individu-individu, individu-kelompok, atau kelompok-kelompok.

  92. Jadi sama seperti yang dijelaskan diatas, bahwa interaksi sosial itu sangat dibutuhkan dan diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya interaksi, hidup ini tidak akan berjalan dengan sempurna. Interaksi sosial mempunyai 3 macam yaitu : Interaksi yg terjadi antar individu dan individu, individu dan kelompok serta kelompok dengan kelompok.

  93. Menurut saya interaksi adalah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi.

    Dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial itu ada 4 yaitu :
    1.imitasi merupakan tindakan sosial yg meniru tinkah laku seseorang
    2.segesti merupakan rangsangan yang diberikan seseorang kepada orang lain sehingga ia melaksanakan apa yang disugestikan tanpa berfikir rasional.
    3.simpati merupakan sikap seseorang yang merasa tertarik pada orang lain dari hal-hal berpenampilan
    4.identifikasi merupakan keinginan sama atau identik bahkan serupa dengan orang lain yang ditiru.
    5.empati merupakan rasa ikut serta yang di alamim pada orang lain..

  94. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat.
    interaksi sosial merupakan kunci semua kehidupan sosial. Dengan tidak adanya komunikasi ataupun interaksi antar satu sama lain maka tidak mungkin ada kehidupan bersama. Jika hanya fisik yang saling berhadapan antara satu sama lain, tidak dapat menghasilkan suatu bentuk kelompok sosial yang dapat saling berinteraksi. Maka dari itu dapat disebutkan bahwa interaksi merupakan dasar dari suatu bentuk proses sosial karena tanpa adanya interaksi sosial, maka kegiatan–kegiatan antar satu individu dengan yang lain tidak dapat disebut interaksi.

  95. Interaksi sosial itu hubungan yang sangat di namis, dimana interaksi sosial akan membentuk sebuah kelompok dan kebersamaan yang akan membangun kita agar lebih baik lagi untuk kedepannya.

  96. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  97. Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar orang perorang,antara kelompok-kelompok dengan kelompok-kelompok lain maupun antara kelompok manusia dengan individu yang menimbulkan aksi dan reaksi. Dalam interaksi sosial,nilai dan norma berperan dalam menentukan perilaku seseorang.

  98. Syarat utama terjadinya suatu interaksi sosial adalah adanya kontak sosial dan komunikasi

    Kontak Sosial
    Dalam pengertian sosiologis, kontak merupakan gejala sosial, di mana orang dapat mengadakan hubungan dengan pihak lain tanpa mengadakan sentuhan fisik, misalnya berbicara dengan orang lain melalui telepon, surat, dan sebagainya
    Jadi, kontak sosial merupakan aksi individu atau kelompok dalam bentuk isyarat yang memiliki makna bagi si pelaku dan si penerima, dan si penerima membalas aksi itu dengan reaksi.

    Komunikasi
    Dalam berinteraksi dengan kawan-kawanmu, tentu kamu juga melakukan komunikasi. Apakah komunikasi itu? Komunikasi dapat diwujudkan dengan pembicaraan gerakgerik fisik, ataupun perasaan. Selanjutnya, dari sini timbul sikap dan ungkapan perasaan, seperti senang, ragu, takut, atau menolak, bersahabat, dan sebagainya yang merupakan reaksi atas pesan yang diterima.
    Saat ada aksi dan reaksi itulah terjadi komunikasi. Jadi, komunikasi adalah tindakan seseorang menyampaikan pesan terhadap orang lain dan orang lain itu memberi tafsiran atas sinyal tersebut serta mewujudkannya dalam perilaku.

  99. Interaksi sosial yaitu hubungan percakapan atau komunikasi yang saling memberikan respond/pengaruh antara individu dgn individu atau individu dgn kelompok ^^

  100. DEVI PUTRIANI 201411174 (SEKSI 23)
    memurut saya interaksi sosial menandakan bahwaha adanya kehidupan yang dinamis karena adanya timbal balik antara sesama individu kelompo sesama kelompok atau organisasi
    Terima Kasih.

  101. Menurut saya interaksi merupakan proses timbal balik atau juga bisa disebut sebagai hubungan yang saling membutuhkan antara individu dengan individu yang sifatnya dinamis. 3 macam dari interaksi sosial yaitu 1. Interaksi antara individu dengan individu 2. Interaksi antara individu dengan kelompok dan yang 3. Interaksi antara kelompok dengan kelompok. Faktor-faktor pendorong interaksi sosial yaitu ; imitasi,identifikasi,sugesti,motivasi,simpati,dan empati. Syarat terjadinya interaksi sosial adalah kontak sosial dan komunikasi sosial. Dan terakhir bentuk bentuk dalam interaksi sosial kerjasama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi.

  102. interaksi sosial adalah hubungan sosial yang menyangkut hubungan – hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

  103. Interaksi sosial adalah: dua orang atau lebih yang melakukan suatu interaksi secara langsung maupun tidak langsung melalui proses komunikasi bersama.

  104. menurut saya interaksi sosial itu adanya keterkaitan antara 2 orang atau lebih yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari , contoh nya adalah dapat kita lihat di pasar yaitu antara penjual dan pembeli , adanya aksi dan reaksi.

  105. Nurdiansyah (2014-11-256) seksi 02
    Interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial baik itu antara individu dengan individu maupun antara individu dengan kelompok. Interaksi dapat terjadi dengan baik jika adanya seseorang yang memberikan suatu aksi yang dapat menimbulkan suatu reaksi. di dalam kehidupan bermasyarakat manusia akan saling berinteraksi karena manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan dari orang lain karena semua manusia akan saling membutuhkan satu sama lain.

  106. Interaksi sosial itu adalah suatu hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok satu dengan lainnya,yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial.
    ^_*

  107. Interaksi sosial adalah hubungan atau aktivitas didlam lingkup sosial, hubungan ini terjadi karena ada suatu individu ataupun kelompok. Manusia membutuhkan interaksi sosial untuk membentuk kelompok karena kembali lagi ke sosialisasi saling membutuhkan satu sama lain.
    Ciri – Ciri Interaksi Sosial ;
    a. Jumlah pelakunya lebih dari satu orang
    b. Terjadinya komunikasi di antara pelaku melalui kontak sosial
    c. Mempunyai maksud atau tujuan yang jelas
    d. Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu
    Tujuan dari interaksi sosial sebagai berikut.
    1. Untuk menjalin hubungan persahabatan.
    2. Untuk menjalin hubungan dalam bidang perdagangan.
    3. Untuk melaksanakan kerja sama yang saling menguntungkan.
    4. Untuk membicarakan dan merundingkan sesuatu masalah yang timbul.
    5. Untuk meniru kebudayaan orang lain yang lebih maju dan lain-lain.

  108. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Interaksi sosial merupakan kontak atau hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi individu dan kelompok.
    proses interaksi sosial terjadi pada masyarakat bersumber dari faktor tersebut :
    1. Simpati adalah sikap seseorang yang tertarik kepada orang lain karena penampilan.
    2. Sugesti adalah pengaruh yang diberikan seseorang kepada orang lain.
    3. Imitasi adalah tindakan seseorang untuk meniru sikap,tindakan maupun penampilan seseorang.
    4. Identifikasi adalah keinginan sama atau serupa dengan orang lain yang ditirunya.
    5. Empati adalah suatu proses ikut merasakan sesuatu yang dialami oleh orang lain.

  109. Ummu Hani (2014-11-14 “seksi 01″)

    Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik dari reaksi yang diberikan manusia dan yg membalikan nya ialah memberikan aksi kembali kepada yg memberi reaksi. Contohnya seperti berdiskusi, mengobrol, dll.

  110. Menurut saya semua orang membutuhkan interaksi sosial satu dengan lainnya, karena seorang manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain sedikit pun. Interaksi sosial adalah hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Jadi tidak ada 1 orang pun manusia bisa hidup tanpa ada bantuan dari orang lain

  111. mia damayanti
    2014-11-136 Seksi 01
    menurut saya interaksi sosial merupakan kunsi dari semua kehidupan sosial, karena tanpa interaksi sosial tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. pengertian interaksi itu adalah suatu hubungan timbal balik antara dua orang individu atau lebih. dalam proses ini ide, pandangan dan tingkah laku individu yang saling mempengaruhi, mengubah atau memperbaiki individu yang lain, atau sebaliknya. Interaksi sosial merupakan dasar dari proses sosial dimana proses sosial hanya akan terjadi pada saat terjadinya INTERAKSI. Apabila interkasi sosial tidak dilanjutkan dengan hubungan timbal balik antar kedua belah pihak, maka proses sosial tidak akan pernah terjadi.

  112. mia damayanti
    2014-11-136 Seksi 01
    menurut saya interaksi sosial merupakan kunsi dari semua kehidupan sosial, karena tanpa interaksi sosial tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. pengertian interaksi itu adalah suatu hubungan timbal balik antara dua orang individu atau lebih. dalam proses ini ide, pandangan dan tingkah laku individu yang saling mempengaruhi, mengubah atau memperbaiki individu yang lain, atau sebaliknya. Interaksi sosial merupakan dasar dari proses sosial dimana proses sosial hanya akan terjadi pada saat terjadinya INTERAKSI. Apabila interkasi sosial tidak dilanjutkan dengan hubungan timbal balik antar kedua belah pihak, maka proses sosial tidak akan pernah terjadi…

  113. interaksi sosial merupakan hubungan antar individu atau kelompok. bila tidak ada interaksi sosial maka tidak ada kehidupan bersama. interaksi juga bisa dibilang hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia.

    • Menurut saya interaksi sosial adalah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi. interaksi sosial juga merupakan hubungan dinamis yang terjadi antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok

  114. Elvira Putri Pembayun
    2014-11-184 seksi 01
    Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi ada aksi ada reaksi, pelakunya lebih dari satu, misalnya individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Contohnya dosen mengajar merupakan contoh interaksi sosial antara individu dengan kelompok. Interaksi sosial terjadi apabila satu individu/kelompok melakukan tindakan sehingga menimbulkan reaksi bagi individu/kelompok lain. Interaksi sosial dapat berupa tindakan kerjasama atau juga dapat berupa persaingan. apabila sesuai dengan norma dan nilai dalam masyarakat, interaksi tersebut akan berlangsung secara baik, begitu pula sebaliknya.

  115. Menurut saya interaksi sosial adalah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi. interaksi sosial juga merupakan hubungan dinamis yang terjadi antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok

  116. menurut saya Interaksi sosial adalah suatu hubungan antara orang perorangan,antar kelompok manusia,maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.

  117. interaksi sosial yaitu hubungan yang saling mempengaruhi antara individu dengan indiidu individu dengan kelompok atau kelompok dengn kelompok dan kelompok dengan individu yang dapat menimbulkan pengaruh satu sama lain.

  118. ANIS MUTOHAROH (201411109) SESI 23
    Menurut saya interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih, dan masing – masing orang yang terlibat didalamnya memainkan peran secara aktif,Dalam interaksi itu pun lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak – pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi. Tanpa adanya interaksi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

  119. Menurut saya ,di dalam kehidupan sehari – hari tentunya manusia tidak dapat lepas dari hubungan antara satu dengan yang lainnya,ia akan selalu perlu untuk mencari individu ataupun kelompok lain untuk dapat berinteraksi ataupun bertukar pikiran .Interaksi sosial merupakan kunci semua kehidupan sosial. Dengan tidak adanya komunikasi ataupun interaksi antar satu sama lain maka tidak mungkin ada kehidupan bersama. Jika hanya fisik yang saling berhadapan antara satu sama lain, tidak dapat menghasilkan suatu bentuk kelompok sosial yang dapat saling berinteraksi. Maka dari itu dapat disebutkan bahwa interaksi merupakan dasar dari suatu bentuk proses sosial karena tanpa adanya interaksi sosial, maka kegiatan–kegiatan antar satu individu dengan yang lain tidak dapat disebut interaksi.

  120. Menurut saya Interaksi sosial adalah kontak atau sebuah komunikasi yang terdiri lebih dari satu orang dan terjadi hubungan timbal balik dalam artian saling bereaksi satu sama lain atau respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok yang memiliki maksud atau tujuan yang jelas dalam sebuah komunikasi melalui kontak social tanpa harus bersentuhan secara fisik.
    Oleh karena itu tanpa adanya interaksi sosial manusia tidak bisa disebut sebagai makhluk sosial karna sangat penting bagi manusia untuk saling berkomunikasi atau berinteraksi dengan org lain baik individu maupun kelompok.

  121. Menurut saya interaksi sosial merupakan suatu aksi yang menimbulkan reaksi pada individu dengan makhluk sosial lainnya. Interaksi sosial sangat melekat sekali dalam kehidupan individu dikarenakan pada hakekatnya manusia mebutuhkan orang lain untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

  122. Interaksi sosial adalah suatu kegiatan dimana satu individu memberikan aksi dan individu lain bereaksi. Interaksi dilakukan agar tercipta suatu komunikasi antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Manusia bisa menjalin hubungan baik dengan sesama karena adanya interaksi sosial.

  123. Interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Hubungan sosial yang dimaksud dapat berupa hubungan antara individu yang satu dengan individu lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun antara kelompok dengan individu. Interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan-aturan dan nilai-nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing-masing, maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Di dalam kehidupan sehari-hari tentunya manusia tidak dapat lepas dari hubungan antara satu dengan yang lainnya, ia akan selalu perlu untuk mencari individu serta kelompok lain untuk dapat berinteraksi ataupun bertukar pikiran.

  124. 2014 11 209 Seksi ( 01 )

    Interaksi Sosial Merupakan sebuah Hubungan antara manusia Individu dengan kelompok yang dimana hubungan tersebut bisa memberikan sebuah pengetahuan serta memberikan wawasan yang lebih terhadap makhluk sosial lainnya dan bisa memberikan timbal balik secara positive dan negative…

  125. Putri Wulandari (2014-11-033) seksi 01

    interaksi sosial sangat penting dalam kehidupan masyarakat, apabila tidak ada interaksi sosial, manusia satu dengan manusia yang lain tidak akan terjalin komunikasi yang baik, tidak adanya tata krama untuk mengatur kehidupan masyarakat. dan kemungkinan adanya permusuhan dalam masyarakat karena tidak ada interaksi (hubungan) yang baik.
    interaksi yang baik terjadi apabila individu mampu beradaptasi (penyesuaian) dengan lingkungannya, salah satunya penyesuaian dalam aturan yang ada dalam masyarakat.

  126. Putri Wulandari (2014-11-033) sesi 01

    interaksi sosial sangat penting dalam kehidupan masyarakat, apabila tidak ada interaksi sosial, manusia satu dengan manusia yang lain tidak akan terjalin komunikasi yang baik, tidak adanya tata krama untuk mengatur kehidupan masyarakat. dan kemungkinan adanya permusuhan dalam masyarakat karena tidak ada interaksi (hubungan) yang baik.
    interaksi yang baik terjadi apabila individu mampu beradaptasi (penyesuaian) dengan lingkungannya, salah satunya penyesuaian dalam aturan yang ada dalam masyarakat.

  127. Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri kita membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari dan hal ini juga sudah membuktikan bahwa dalam keseharian kita sudah melakukan apa yang disebut interaksi sosial dimana kita saling berhungan satu sama lain. Hanya saja yang menjadi poinnya adalah bagaimana cara kita berinteraksi dan bagaimana kita membuat orang lain nyaman saat berinteraksi dengan kita. Sebagai mana yang disampaikan oleh Maryati dan Suryawati (2003) yang menyatakan bahwa, “Interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok”

  128. Kurniawan (2014-11-264) Seksi 23

    Menurut saya, manusia sebagai mahluk sosial tidak dapat hidup sendiri, karena memiliki sifat mebutuhkan orang lain. Dari pernyataan tersebut, maka terbentuklah Interaksi, yaitu merupakan aksi/tindakan yang dilakukan suatu individu dan dibalas dengan adanya reaksi dari individu/kelompok lainnya, demi tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan. Interaksi juga didasari atas 2 syarat, yaitu kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial yang dimaksud bukan berarti kontak fisik secara langsung, bisa juga melalui telepon, radio, dll. Dan komunikasi menjadi sangat penting dalam kegiatan berinteraksi, karena dengan lemahnya kemampuan berkomunikasi, dapat terjadi kesalah pahaman. Interaksi sosial dapat menghasilkan tukar pikiran, pendapat, dan menjalin keharmonisan kehidupan bermasyarakat.

  129. SITI TAHYATI (2014-11-178) SEKSI 23

    Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok dalam masyarakat.
    Interaksi sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
    Pelakunya lebih dari satu orang.
    Ada komunikasi di antara pelaku melalui kontak sosial.
    Mempunyai maksud dan tujuan yang jelas.
    Ada dimensi waktu (masa lampau, masa kini, dan masa datang) yang akan menentukan sikap aksi yang sedang berlangsung.
    Contoh tindakan sosial misalnya sejak kecil manusia sudah melakukan tindakan sosial seperti membagi makanan dengan temannya atau memberikan sesuatu kepada pengemis. Tindakan sosial manusia diperoleh melalui proses belajar dan proses pengalaman dari orang lain.

  130. Dana Diah Delani (201411023) sesi 2

    Interaksi sosial merupakan bagian dari proses social. Di dalam proses tersebut terdapat tindakan-tindakan yang dilakukan manusia untuk berhubungan dengan manusia lainnya. Tindakan-tindakan tersebut dinamakan tindakan social. Manusia pada hakikatnya merupakan makhluk sosial. Hakikat tersebut dapat dilihat dari adanya tindakan atau perilaku untuk saling berhubungan antara individu satu dengan individu lainnya. Jalinan hubungan yang dibangun oleh individu tidak hanya dilakukan dalam kelompoknya. Tetapi, ia akan terus bergaul dengan individu lain yang ada di luar kelompok.

  131. irawati 201411270 seksi 23
    interaksi sosial merupakan hubungan – hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang – orang perorangan antara kelompok – kelompok manusia maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia.interaksi sosial antara kelompok – kelompok manusia terjadi antara kelompok tersebut sebagai suatu kesatuan dan biasanya tidak menyangkut pribadi anggota – anggotanya.bentuk – bentuk interaksi sosial dapat berrupa kerja sama ( cooperation ),persaingan ( competition ) dan bahkan dapat juga berrbentuk pertentangan atau pertikaian ( coflict ).

  132. Menurut saya Interaksi Sosial ialah hubungan antar individu dengan individu yang lain dengan cara individu tersebut memberi aksi dan individu yang lainnya memberi reaksi sehingga bisa saling bersosialisasi.

  133. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi ada aksi ada reaksi, pelakunya lebih dari satu, misalnya individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Contohnya guru/dosen mengajar merupakan contoh interaksi sosial antara individu dengan kelompok.

  134. interaksi sosial merupakan kunci semua kehidupan sosial. Dengan tidak adanya komunikasi ataupun interaksi antar satu sama lain maka tidak mungkin ada kehidupan bersama

  135. Rochayah – 201411158 – Sesi 23
    Interaksi sosial adalah proses di mana kita bertindak dan bereaksi terhadap orang-orang di sekitar kita. Dengan singkat kata, interaksi sosial termasuk tindakan-tindakan orang melakukan terhadap satu sama lain dan tanggapan mereka memberikan imbalan. Memiliki percakapan singkat dengan seorang teman tampaknya relatif sepele.
    Interaksi sosial mencakup sejumlah besar perilaku. Biasanya dipecah menjadi lima jenis: pertukaran, persaingan, kerjasama, konflik dan kekerasan.

  136. Inneke Putri Manna 201411302 seksi 23
    Kita tak bisa dilepaskan dari adanya komunikasi antar sesama baik itu individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok. Oleh sebab itu kita adalah makhluk sosial . Tanpa melakukan interaksi sosial manusia tidak akan bisa melangsungkan kehidupannya karena semuanya saling ketergantungan dan juga saling mempengaruhi satu sama lain, baik itu interaksi yang positif ataupun negatif seperti bekerja sama , berbicara , berjabat tangan dan bahkan terjadi persaingan .

  137. Interaksi sosial dapat dikatakan sebagai suatu konsep yang sangat penting di dalam sosiologi dan juga merupakan kunci dari semua kehidupan sosial. Tanpa adanya interaksi sosial, maka kehidupan bersama tidak mungkin ada serta aktivitas sosial tidak mungkin berkembang.

  138. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat.

  139. Interaksi sosial adalah adanya aksi dan reaksi yang dialami oleh satu individu dengan individu lainnya dengan adanya komunikasi yang dilakukan satu sama lain. Agar adanya hubungan baik dengan sesama makhluk sosial. Karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup sendirian maka interaksi sangat dibutuhkan.

  140. Menurut saya interaksi sosial adalah hubungan antara individu dengan individu maupun kelompok dengan saling berkomunikasi satu dengan yang lain nya, dengan secara langsung maupun melalui media sosial atau pun secara tulisan dan pergerakan tubuh.

  141. Manusia sebagai makhluk sosial berarti memiliki makna bahwa manusia mempunyai keinginan untuk selalu hidup bersama dan berinteraksi dengan orang lain dalam suatu kelompok atau masyarakat. Tidak seorang pun di dunia ini yang mampu hidup sendiri tanpa melakukan interaksi ataupun kerja sama dengan orang lain. Jadi dengan adanya interaksi maka manusia dapat memenuhi kebutuhannya dan juga dapat menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok.

    Sehingga menurut pendapat saya, interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu atau individu dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok yang saling mempengaruhi satu sama lain.

  142. Menurut saya, interaksi sosial bisa terjadi karena adanya proses aksi-reaksi antar individu-individu atau individu-kelompok. Dimana dalam proses tersebut diperlukan adaptasi (penyesuaian diri) agar bisa saling mengetahui pola komunikasi yang baik dan yang paling penting dalam interaksi sosial diperlukan toleransi agar tidak terjadi konflik dan interaksi bisa berjalan dengan baik.

  143. Sebagai makhluk sosial, tentunya manusia membutuhkan orang lain didalam hidupnya. Maka dari itu, manusia berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Interaksi sosial merupakan aktivitas individu memberikan aksi dan individu lainnya bereaksi.

    Interaksi ini dilakukan agar tercipta suatu komunikasi antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial ada yang bersifat asosiasi (selaras), dan ada yang bersifat disosiatif (berlawanan).

  144. Menurut saya Interaksi sosial ini adalah hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih,dan masing-masing orang terlibat didalamnya memainkan peran secara aktif,dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak yang terlibat melainkan terjadi saling memengaruhi.
    Interaksi sosial diktegorikan menjadi 2 bentuk yaitu :
    1. Assosiatif yaitu mengarah pada bentuk asosiasi (selaras atau gabungan).
    seperti : kerjasama , akomodasi(proses penyesuaian sosial dalam interaksi) , asimilasi (pergaulan yang bisa merubah habitat) , akulturasi (diterimanya kebudayaan asing dan diolah kedlama kebudayaan sendiri tanpa hilangnya budaya sndiri).
    2. Disosiatif yaitu mengarah pada bentuk bertentangan atau konflik. seperti : persaingan,kontravensi dan konflik.

    Dan dari catatan diatas disimpulkan bahwa inilah bentuk-bentuk dalam interaksi sosial,maka dari itu kita harus tau mana sikap yang harus kita lakoni, yang baik dilakukan atau yang tidak..

  145. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik.

  146. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antar individu, antar kelompok maupun antar individu dengan kelompok.
    Bentuk interaksi dibagi menjadi 2 yaitu :
    1. Asosiatif (hubungan)
    a. Kerja sama
    b. Akomodasi
    c. Asimilasi
    d. Akulturasi
    2. Disosiatif (pertentangan)
    a. Persaingan
    b. Kontravensi
    c. Konflik

  147. Pengertian interaksi sosial menurut saya yaitu hubungan hubungan sosial yang dinamis, dimana menyangkut hubungan antara individu dan kelompok atau antar kelompok. Didalam hubungan sosial ini, individu atau kerja sama atau berkonflik. Melakukan Interaksi baik itu formal atau tidak formal, yang dilakukan secara langsung atau tidam langsung

    Sekia terima kasih…

  148. LULUT RIZKIANI ( 2014-11-122 ) SESI 23

    Menurut saya, Interaksi Sosial adalah Suatu tindakan yang muncul karena adanya rasa yang saling membutuhkan satu sama lain dan menyebabkan reaksi dari tindakan tersebut.
    Interaksi sosial tidak dapat terjalin jika tidak ada komunikasi, sehingga sangat mungkin kalau interaksi sosial memiliki beberapa manfaat seperti saling tolong menolong dan meningkatkan rasa solidaritas.
    Dengan interaksi sosial, kita juga dapat mengetahui karakter seseorang .
    Contoh Interaksi Kelompok dengan kelompok adalah Tim kesebelasan sepak bola yang bertanding melawan kesebelasan tim sepak bola lain.
    Dari tim yang terbentuk ini satu sama lain dalam tim tersebut akan bekerjasama untuk memenangkan tim-nya.

    Terimakasih

  149. Ayu Anggraeni 201411268
    menurut saya interaksi sosial merupakan suatu dasar dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik

  150. Interaksi Sosial adalah merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya didalam amasyarakat.

    Read more: INTERAKSI SOSIAL >> Pengertian Interaksi Sosial

  151. Heribertus Edwin Kasiwali(2014-11-089)

    Menurut saya, Interaksi sosial adalah proses terjadinya hubungan antara individu dengan individu maupun dengan kelompok. Dalam hubungan sosial itu ada aksi dan reaksi dari individu yang satu dengan yang lainnya maupun dengan kelompok.

  152. Menurut Saya , Interaksi Sosial yaitu hubungan saling mempengaruhi . Hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok yang dapat menimbulkan pengaruh satu dengan yang lain .
    Jadi, pengertian interaksi sosial, yaitu hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian.

  153. Faktor Terjadinya Interaksi Sosial

    1.Faktor Imitasi
    Faktor imitasi dapat mendorong seseorang untuk memusuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku, tetapi juga bisa mengakibatkan terjadinya hal-hal yang negatif, sebab yang ditiru mungkin tindakan-tindakan yang menyimpang.

    2.Faktor Sugesti
    Faktor ini berlangsung kalau seseorang memberi sesuatu pandangan yang berasal dari dirinya, yang kemudian diterima oleh pihak lain. Berlangsungnya sugesti, dapat juga terjadi karena pihak yang menerima dilanda oleh emosi.

    3.Faktor Identifikasi
    Identifikasi, yaitu kecenderungan atau keinginan-keinginan dalam diri seseorang untuk menyamakan dirinya dengan pihak lain. Identifikasi bersifat lebih mendalam daripada imitasi dan sugesti. Proses identifikasi dapat berlangsung dengan sendirinya ataupun dengan disengaja.

    4.Faktor Simpati
    Simpati, yaitu suatu proses di mana seseorang merasa tertarik kepada pihak lain. Di dalam proses ini perasaan seseorang memegang peranan yang sangat penting. Proses simpati akan dapat berkembang jika terdapat saling pengertian pada kedua belah pihak.

    5.Faktor Empati
    Empati, yakni gejala kejiwaan tetapi dibarengi dengan perasaan organisma tubuh yang sangat dalam sehingga seolah-olah ikut merasakan penderitaan seseorang atau sekelompok orang yang terkena musibah. Misalnya, kita ikut merasa iba sampai meneteskan air mata ketika menyaksikan peristiwa kecelakaan yang merenggut nyawa.

    Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

    1.Kontak Sosial (Social Contact)
    Kontak sosial lebih menunjuk pada suatu hubungan sosial yang bersifat langsung. Sebagai contohnya, sentuhan, percakapan, maupun tatap muka. Namun, seiring dengan perkembangan zaman serta majunya teknologi saat ini telah memungkinkan terjadinya kontak sosial yang bersifat tidak langsung. Di mana pihak-pihak yang bersangkutan menggunakan media perantara untuk melakukan kontak sosial seperti E-mail, SMS, Telepon, dan lain-lain.

    2.Komunikasi (Communication)
    Komunikasi terjadi setelah kontak sosial berlangsung. Pada umumnya komunikasi mengacu pada proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberikan tanggapan atau respons tertentu .

  154. Nama :Tri Ulaika
    Nim : 201411212
    Sesi : 23
    Manusia senantiasa melakukan hubungan dan pengaruh timbal balik dengan manusia yang lain dalam rangka memenuhi kebutuhan dan mempertahankan kehidupannya. Bahkan, secara ekterm manusia akan mempunyai arti jika ada manusia yang lain tempat ia berinteraksi. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi. Ada aksi dan ada reaksi. Pelakunya lebih dari satu, Individu dengan individu. Individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial memerlukan syarat yaitu Kontak Sosial dan Komunikasi Sosial
    Dalam proses interaksi sosial menghasilkan 2 bentuk yaitu proses sosial asosiatif dan disosiatif.
    1. Proses/interaksi Sosial Asosiatif
    Adalah proses sosial yang membawa ke arah persatuan dan kerja sama. Proses ini disebut juga sebagai proses yang positif. Beberapa proses sosial yang bersifat asosiatif adalah :
    a. Akulturasi (acculturation)
    Merupakan proses sosial yang timbul akibat suatu kebudayaan asing/kebudayaan lain tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan sendiri.
    b. Asimilasi
    Proses asimilasi terjadi apabila dalam masyarakat terdapat perbedaan kebudayaan diantara kedua belah pihak, ada proses saling menyesuaikan, ada interaksi intensif antara kedua belah pihak.
    c. Kerja sama (coorperation)
    Merupakan bentuk yang paling utama dalam proses interaksi sosial karena interaksi sosial yang dilakukan oleh seorang/kelompok orang bertujuan untuk memenuhi kepentingan/kebutuhan bersama.
    d. Akomodasi
    Sebagai proses usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk meredakan atau memecahkan konflik dalam rangka mencapai kestabilan.

    2. Proses/interaksi sosial disosiatif
    Merupakan interaksi sosial yang membawa ke arah perpecahan. Ada beberapa bentuk interaksi sosial disosiatif yaitu :
    a. Konflik Sosial/pertentangan
    Dapat diartikan sebagai suatu proses antara dua orang atau lebih, maupun kelompok berusaha menyingkirkan pihak lain dengan jalan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.
    b. Persaingan (competition)
    Merupakan suatu proses sosial yang melibatkan mencapai keuntungan melalui bidang kehidupan yang pada suatu saat tertentu menjadi pusat perhatian umum, tanpa ancaman/kekerasan.
    c. Kontrovensi
    Merupakan suatu proses sosial yang posisinya berada diantara persaingan dan konflik. Kontrovensi dapat berwujud sikap tidak senang, baik secara terbuka/sembunyi-sembunyi

  155. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu yang satu dengan yang lain maupun dengan individu dengan kelompok agar mencapai suatu keharmonisan dalam berinteraksi.

  156. Pengertian interaksi sosial, yaitu hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian.

    Interaksi sosial melibatkan proses-proses sosial yang bermacammacam, yang menyusun unsur-unsur dinamis dari masyarakat, yaitu proses-proses tingkah laku yang dikaitkan dengan struktur sosial.

  157. Interaksi Sosial – Interaksi, yaitu hubungan saling mempengaruhi. Hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok yang dapat menimbulkan pengaruh satu sama lain.

  158. interaksi merupakan dasar dari suatu bentuk proses sosial karena tanpa adanya interaksi sosial, maka kegiatan–kegiatan antar satu individu dengan yang lain tidak dapat disebut interaksi.

  159. Interaksi Sosial suatu hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak-pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi.

  160. INTERAKSI SOSIAL
    – Interaksi, yaitu hubungan saling mempengaruhi. Hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok yang dapat menimbulkan pengaruh satu sama lain.
    Jadi, pengertian interaksi sosial, yaitu hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian.
    Interaksi sosial melibatkan proses-proses sosial yang bermacammacam, yang menyusun unsur-unsur dinamis dari masyarakat, yaitu proses-proses tingkah laku yang dikaitkan dengan struktur sosial

  161. Interaksi sosial ialah hubungan timbal balik antar individu dengan individu , individu dengan kelompok , yang dapat berpengaruh satu sama lain.
    interaksi sangat penting dalam kehidupan , karena tanpa adanya interaksi manusia tidak bisa membaur di lingkungan sekitar .

  162. interaksi sosial ialah hubungan timbal balik antar individu dengan individu , individu dengan kelompok , kelompok dengan kelompok yang dapat mempengaruhi satu sama lain.
    interaksi sangat penting dalam kehidupan , karena tanpa adanya interaksi manusia tidak bisa membaur di lingkungan sekitar .

  163. Pengertian Interaksi Sosial adalah suatu proses sosial dimana terjadi hubungan antara individu yang satu dengan yang lainnya, individu dengan kelompok maupun yang terjadi antara kelompok dengan kelompok.

  164. NAMA : IRMAWATI
    SEKSI : 23
    NIM : 201411251

    interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang terjadi antar individu, individu dengan kelompok, dan antar kelompok dalam bentuk kerja sama atau persaingan. interaksi sosial dilaksanakan masyarakat berdasarkan nilai dan norma yang berlaku.dalam interaksi harus ada kontak dan komunikasi satu sama lain. jika tidak ada dua hal ini maka tidak akan ada interaksi sosial. dengan berinteraksi kita bisa saling mengetahui keadaan individu atau kelompok lain dan kita juga dapat memberikan respon positif dalam interaksi tersebut guna mempererat hubungan antar individu maupun kelompok.

  165. Nama: Ria Resti Amalia
    Nim: 2014-11-189
    Seksi: 01
    Interaksi sosial itu hubungan antara individu ke individu, kelompok ke kelompok dan individu ke kelompok. Ada interaksi asosiatif yaitu yang mengarang kepada bentuk-bentuk asosiasi contohnya seperti kerja sama, akomodasi, asimilasi dan akulturasi. Sedangkan interaksi disostiatif yaitu yang mengarah kepada bentuk-bentuk pertengangan atau konflik seperti persaingan, kontraversi dan konflik.

  166. Bebby Elisa 2014-12-190 SESI 22

    Interaksi Sosial adalah hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif.Interaksi terdiri dari aksi dan reaksi,dimana pihak yang memberikan aksi akan mendapatkan feed back dan saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan tertentu.
    Contoh : Kerjasama

  167. Interaksi sosial adalah dimana 2 orang individuals atau lebih yang sailing bertemu baik sengaja maupun tidal Dan melakukan interaksi Tanpa ada interaksi manusia tidal akan bias berkomunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>