Kebudayaan dalam perspektif Teori Sosial.

Kebudayaan
Kebudayaan dalam perspektif Teori Sosial.
Pengertian.

Istilah ‘kebudayaan’ yang penggunaannya sedemikian longgar, serta pengertiannya pun sedemikian berganda (ambiguous). Mulai untuk cakupan pengertian yang sempit hingga cakupan yang sangat luar biasa luas. Luas cakupan itu tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, namun juga dalam wacana ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan sosial. Kata ‘kebudayaan’ berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkenaan dengan budi atau akal. Kata kebudayaan sendiri di dalam wacana ilmu pengetahuan di Indonesia merupakan upaya mencari padanan kata culture dalam bahasa Inggris. Sedangkan ‘culture’ adalah berasal dari bahasa Latin yaitu ‘colere’ yang berarti bercocok tanam. ‘Culture‘ diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam. Hingga kinipun kata ‘culture’ tetap juga digunakan dalam dunia pertanian, misalnya ‘agriculture’ untuk menyebut ilmu-ilmu pertanian, ‘monoculture’ untuk menyebut pertanian yang terdiri dari satu jenis tanaman.
Penggunaan kata ‘culture’ yang semula berada di dunia pertanian itu lantas disublimasikan sehingga merambah ke dalam wilayah pengertian yang jauh lebih luas. Kenapa Hal itu bisa terjadi?. Tampaknya terkait dengan asal-mulanya perkembangan kebudayaan itu sendiri yang diduga pertama-tama berakar dari dunia pertanian. Realitas itu bisa dijelaskan dengan mengacu kepada teori sejarah ‘challenge and response’ dari Arnold Toynbee. Tantangan pertama yang menuntut respon manusia, yang memaksa manusia harus menggerakkan seluruh akal budinya adalah keharusan untuk mempertahankan hidup. Terutama harus makan. Manusia merespon tantangan itu dengan memuat ide, nilai, norma-norma dan peralatan-peralatan yang berkaitan dengan pertanian. Karena pertanianlah sebagai sumber mata pencaharian manusia. Jadi secara hipotetik, dapat dikatakan bahwa pertanian adalah awal manusia berbudaya.
Sebagai obyek studi, semula antropologilah yang dipandang sebagai ‘pemilik’ wilayah studi kebudayaan. Namun pada perkembangan lebih lanjut, antropologi tampaknya tidak mungkin memonopoli bidang ini, sebab pada kenyatannya wilayah studi ini juga berhimpitan dengan kawasan studi disiplin ilmu yang lain. Sosiologi misalnya. Hal itu bisa dimaklumi lantaran manusia adalah ‘obyek materia’ dari semua disiplin ilmu sosial. Sekalipun sosiologi memusatkan perhatian terhadap masyarakat, namun disadari bahwa masyarakat itu menjadi ada lantaran adanya kebudayaan. Keduanya bukan hanya berkoeksistensi namun juga berintegrasi. Masyarakat memproduksi kebudayaan sekaligus sebagai pengguna kebudayaan itu untuk bereksistensi. Itulah sebabnya, dalam studi sosiologi samasekali tidak mungkin mengabaikan aspek kebudayaan. Pandangan semacam ini setidaknya dikemukakan oleh para penganut determinisme kebudayaan seperti antropolog Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski ketika menyatakan bahwa segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukan keberadaannya oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu.
Definisi klasik mengenai kebudayaan yang hingga kini menjadi sumber rujukan adalah dikemukakan oleh E.B. Tylor seorang antropolog terkemuka, dalam bukunya Primitive Culture, yang terbit tahun 1924:2 “Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat” Dalam perpektif sosiologi, kebudayaan sebagaimana dikemukakan oleh Alvin L. Bertrand, adalah segala pandangan hidup yang dipelajari dan diperoleh oleh anggota-anggota suatu masyarakat.

Termasuk di dalam kebudayaan adalah: segala bentuk bangunan, peralatan, dan bentuk-bentuk pisik yang lain; di samping. teknik-teknik, lembaga masyarakat, sikap, keyakinan, motivasi serta sistem nilai yang diberlakukan pada kelompok.

Definisi tersebut mewakili pandangan yang melihat kebudayaan sebagai pemilik wilayah cakupan yang amat luas sekaligus memandang kebudayaan sebagai system besar, fungsional dan menjadi penentu terhadap seluruh aspek kehidupan sosial. Di sini, kebudayaan mempunyai peluang besar untuk lebih bersifat massif. Kebudayaan adalah tercermin dalam realitas apa adanya di masyarakat. Sehingga kebudayaan adalah makna, nilai, adat, ide dan simbol yang relatif. Sedang kebudayaan dalam pengertian yang sempit, adalah ia memiliki kandungan spiritual dan intelektual yang tinggi. Karena itu ia menjadi elitis, adi luhung, berstandar tertinggi. Ia lebih merupakan suatu yang seharusnya. Kebudayaan dalam pengertian luas lebih mewakili pandangan bahwa kebudayaan itu adalah kenyataan obyektif. Sehingga kenyataan budaya itu bisa ditemukan di dalam institusi-institusi dan tradisi-tradisi. Sedang yang melihat kebudayaan dalam arti sempit mewakili pandangan bahwa bagaimanapun kebudayaan adalah merupakan kenyataan subyektif. Ia adalah produk dari tafsiran pribadi-pribadi. Bertrand lebih jauh mencoba memilah antara masyarakat dengan kebudayaan. Ia melukiskan bahwa masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang terorganisasi secara mantap untuk memelihara keadaan yang diperlukan untuk hidup bersama secara harmonis. Suatu masyarakat bisa berfungsi lantaran anggota-anggotanya menyepakati aturan-aturan tertentu. Aturan-aturan dengan segala derivatnya inilah dalam pengetian yang lebih umum disebut kebudayaan suatu kelompok masyarakat.

Dengan demikian suatu kebudayaan tidak bisa eksis tanpa suatu masyarakat, begitu juga sebaliknya. Namun bagaimanapun, secara teoritis, evolusi budaya dapat dipelajari secara tersendiri (dalam antropologi) begitu pula perkembangan suatu masyarakat (dalam sosiologi).

BENTUK-BENTUK KEBUDAYAAN.
Sesungguhnya banyak cara untuk mengklasifikasikan kebudayaan. Di kalangan sosiolog umumnya sepakat bahwa kandungan kebudayaan pada dasarnya dapat dibedakan dalam dua komponen yaitu material culture dan nonmaterial culture. Untuk istilah yang pertama tampaknya semuanya sepakat, sedangkan untuk yang kedua, ada pula yang menyebut immaterial culture. Bertrand memberi pengertian ‘material culture’, sebagai: “… a culture includes those things Which men have created and use which have a tangible forms” (jenis kebudayaan dimana orang telah menciptakan dan menggunakan ciptaannya itu untuk memiliki bentuk yang berwujud). Sedangkan ‘nonmaterial culture’ sebagai: “all those creations of man with he uses to explain and guide his actions, but with are not found except in his mind” (segala buatan manusia yang ia gunakan untuk menyatakan dan membimbing tindakannya, tetapi buatannya itu tidak bisa didapati kecuali di dalam pikirannya saja.

Adapun Selo Soemardjan, sosiolog paling terkemuka di Indonesia, merumuskan kebudayaan sebagai: “semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.” Karya menghasilkan ‘material culture’, sedangkan rasa dan cipta membuahkan ‘immaterial culture”. Rasa itu sendiri menghasilkan segala kaedah dan nilai-nilai kemasyarakatan dalam arti yang luas; sedangkan cipta menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan. Bertitik tolak dari pembahasan singkat tersebut, patut dicurigai bahwa didalam kebudayaan terdapat adanya oposisi biner (binary oposition) sebagaimana pernah dituduhkan oleh antropolog strukturalis Levi-Strauss.

Jadi didalam kebudayaan itu ada unsur kontradiksi, yang menciptakan ketegangan-ketegangan kreatif. Dua ketegangan itu memiliki konsekuensi bahwa kebudayaan itu tidak pernah mandeg. Selalu melakukan rekonstruksi diri ataupun mendekonstruksi diri. Setidaknya ada lima oposisi biner didalam diri kebudayaan, yaitu: budaya material versus budaya immaterial, idea budaya versus realitas budaya, budaya seharusnya versus budaya senyatanya, budaya tinggi versus budaya rendahan, budaya elite versus budaya massa.

KARL MARX DAN MAX WEBER TENTANG DASAR KEBUDAYAAN.
Perdebatan dalam masalah yang paling fundamental mengenai kebudayaan berkembang dari Karl Marx dan Max Weber. Bagi Marx yang berpihak kepada faham materialistik dan strukturalistik, ide-ide kebudayaan dipandang sebagai produk dari hubungan-hubungan ekonomi. Sementara itu bagi Weber yang lebih berpihak pada faham konstruksianis melihat sebaliknya. Bahwa struktur ekonomi itu tidak lebih dari konsekuensi saja dari kebudayaan. Bagi Weber, sistem kebudayaan adalah otonom. Ia berevolusi sendiri tanpa terpengaruh oleh yang lain. Sebaliknya dalam pandangan Marx ide kebudayaan adalah didikte oleh keadaan materi tertentu dalam hal ini struktur ekonomi.
Secara sederhana, dan simplistis dua perbedaan itu bisa digambarkan sebagai berikut: bagi Marx, setelah di depannya ada kayu dan bahan-bahan lainnya ialah yang membuat munculnya ide membuat kursi. Jadi karena ada kayu maka kemudian muncul ide membikin kursi. Jika tidak ada kayu, ‘pasti’ tidak akan pernah muncul ide membuat kursi itu. Sedangkan bagi Weber, bermula ada ide membuat kursi, baru kemudian mencari-cari bahan untuk menuangkan ide tersebut. ‘Kebetulan’ di sana ada kayu. Maka kayu itu menjadi bermakna karena ada ide membuat kursi. Jika tidak ada ide itu, kayu akan tetap kayu, tidak akan pernah naik derajatnya menjadi kursi.
Dari dua perbedaan besar tersebut kemudian berkembang dua arus pemikiran yang disamping mendukung juga melakukan kritik dan merevisi. Dari Marx, muncul faham neomarxis antara lain Gramsci dan Lukacs. Sedangkan dari Weber muncul tokoh-tokoh konstruksionis kontemporer yaitu Habermas, Blias, dan Bourdieu.

 

219 thoughts on “Kebudayaan dalam perspektif Teori Sosial.

  1. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga kebudayaan sangat erat hubungannya dengan manusia. Kebudaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Wujud kebudayaan di bagi menjadi 3 yaitu gagasan, aktivitas, dan artefak. Ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi perubahan sosial kebudayaan yatu tekanan kerja dalam masyarakat, keefektifan komunikasi, perubahan lingkungan alam.

  2. Kebudayaan mempunyai arti yang sangat luas sekali, semua tergantung dari sudut pandang mana yang diambil untuk mengartikan kebudayaan tersebut. Kebudayaan dalam perspektif teori sosial menjelaskan bahwa kebudayaan tidak lepas dari masyarakat dan masyarakat tidak lepas dari budaya karena masyarakat saling berinteraksi dan berbagi budaya antara satu dengan yang lainnya. Adanya unsur kontradiktif membuat kebudayaan tidak pernah berhenti dan selalu melakukan seperti pembaharuan kebudayaan sesuai dengan kondisi masyarakat.

  3. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari bermacam-macam suku dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, agama, dan adat istiadat.
    Kebudayaan merupakan salah satu pedoman hidup manusia dalam bersikap, bertingkah laku, dan bertutur kata dalam kehidupan sehari-hari karena kebudayaan berisi nilai, etika, keyakinan, dan kebiasaan yang diberlakukan pada suatu kelompok di masyarakat. Jadi, kebudayaan dapat menjadi ciri khas suatu kelompok yang ada di masyarakat tersebut, yang terus diupayakan untuk dilestarikan.
    Di era globalisasi yang terus maju dan berkembang, Indonesia yang terdiri dari berbagai suku harus bisa beradaptasi dengan budaya-budaya yang datang dari luar. Setiap individu yang ada di suatu kelompok dalam setiap lapisan masyarakat harus pandai memilih budaya asing yang positif dan membuang yang negatif dengan tidak mengabaikan/menghilangkan budaya asli.
    Hal ini telah diterapkan di beberapa daerah di Indoensia. Misalnya: cara berpakaian/berbusana orang Aceh tetap tidak terpengaruh oleh masuknya budaya berbusana orang asing yang terbuka. Mereka tetap melestarikan kebudayaan berbusana mereka yang tertutup (menutup aurat).

  4. Indonesia yang ragam dan unik masih ada hingga saat ini. Bagaikan gado-gado, kebudayaan Indonesia yang kompleks mengusung konsep Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun satu jua jika kebudayaan Indonesia dilihat sebagai penyatu antara agraris dan maritim, antara barat dan timur, antara alam dan manusia, antara akal dan rasa, antara tradisi dan kontemporer yang merupakan lintas ruang dan waktu sehingga Indonesia perlu menemukan dan meletakkan sendiri definisi teori kebudayaannya.

  5. Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cita-cita masyarakat.Tidak ada kebudayaan yang statis, setiap kebudayaan mempunyai dinamika. Dimana gerak tersebut merupakan akibat dari gerak masyarakat itu sendiri. Budaya yang baik akan membentuk suatu sistem yang baik pula. Contoh budaya disiplin orang-orang jepang, budaya ini akan membentuk suatu sistem yang membuat orang didalamnya akan melaksanakan hal ini, bahkan bila tidak dilaksanakan mereka akan merasa sangat malu. hal ini tentunya akan menguntungkan negara Jepang itu sendiri

  6. Menurut Selo soemardjan dan soelaiman soemardi kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
    Francis Merill mengatakan bahwa kebudayaan adalah pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial. Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.
    Ciri-ciri:
    1. Menempati daerah tertentu
    2. Terdapat aturan yang menjadi kesepakatan
    3. Adanya kontak antar masyarakat

  7. Menurut saya, kebudayaan sangatlah luas bila dilihat dari sudut pandangnya. Tapi bilamana dalam perspektif sosial mungkin analisa saya merujuk kepada hasil dari sosialisasi individu selama ini, mengapa demikian . Karena dengan manusia itu bersosialisasi otomatis akan timbulah suatu kebudayaan baru yang akan beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan sistem sosial yang baru pula. Kebudayaan ini bersifat dinamis, kebudayaan selalu berubah sesuai era zaman nya. Contohnya saja kebudayaan orang – orang purba zaman mesolitikum akan berbeda dengan kebudayaan neolitikum. Lalu kebudayaan setiap daerah pun berbeda bentuknya. Dengan demikian, kita semua para generasi penerus bangsa khususnya untuk saya pribadi akan menyikapi dengan arif setiap perubahan kebudayaan yang terjadi di dalam ruang lingkup masyarakat.

  8. Kalau Menurut Saya Itu Kebudayaan adalah Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas.

  9. kebudayaan : hasil cipta,
    rasa, dan karya manusia yang dijunjung tinggi .
    Budaya timbul dari segala macam aspek seperti perilaku , adat dan sebagainya.
    Kebudayaan bisa berupa etika , tarian , makanan khas . Kebudayaan di Indonesia bermacam-macam di setiap wilayah daerah .

  10. Budaya, satu kata yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah negara terlebih untuk Indonesia yang dikenal sebagai negara multikultural. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat karena semua aspek dalam kehidupan masyarakt dapat dikatakan sebagai wujud dari kebudayaan, misalnya gagasan atau pikiran manusia, aktivitas manusia, atau karya yang dihasilkan manusia.

  11. Kebudayaan merupakan suatu cirri khas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, budaya dapat dipelajari, dan dapat dikembangkan. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keberagaman budaya. Sehingga manusia bisa mencakup pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasan yang didapatkan dalam anggota masyarakat.

  12. Kebudayaan merupakan suatu ciri khas yang tidak dapat dipisahkan dari suatu masyarakat, budaya dapat dipelajari, dan dapat dikembangkan. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keberagaman budaya. Sehingga manusia bisa mencakup pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasan yang didapatkan dalam anggota masyarakat.

  13. Kebudayaan adalah wujud ideal yang bersifat abstrak dan tak dapat diraba yang ada dalam pikiran manusia yang dapat berupa gagasan, tindakan, ide, norma, hasil karya yang dihasilkan dalam rangka kehidupan manusia dan dijadikan hak milik manusia melalui proses belajar.Jadi hasil karya seperti cara bertutur, teori idiologi, dan arsitektur rumah itu dapat dikategorikan dalam kebudayaan. salah satu contoh kebudayaan yaitu penggunaan sendok dan garpu ketika makan oleh masyarakat barat, akan berbeda dengan masyarakat timur tradisional yang langsung menggunakan tangan.

  14. Kebudayaan adalah berbicara pada ranah sosial dan sekaligus ranah individual. Disebut pada ranah sosial adalah karena budaya lahir ketika manusia bertemu dengan manusia lainnya dan membangun kehidupan bersama yang lebih dari sekedar pertemuan-pertemuan insidental. Dari kehidupan bersama tersebut diadakanlah aturan-aturan, nilai-nilai kebiasaan-kebiasaan hingga kadang sampai pada kepercayaan-kepercayaan transedental yang semuanya berpengaruh sekaligus menjadi kerangka perilaku dari individu-individu yang masuk dalam kehidupan bersama. Semua tata nilai, perilaku, dan kepercayaan yang dimiliki sekelompok individu itulah yang disebut budaya.

  15. Menurut saya, kebudayaan sangatlah luas bila dilihat dari sudut pandangnya. Tapi bilamana dalam perspektif sosial mungkin analisa saya merujuk kepada hasil dari sosialisasi individu selama ini, mengapa demikian . Karena dengan manusia itu bersosialisasi otomatis akan timbulah suatu kebudayaan baru yang akan beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan sistem sosial yang baru pula. Kebudayaan ini bersifat dinamis, kebudayaan selalu berubah sesuai era zaman nya. Contohnya saja kebudayaan orang – orang purba zaman mesolitikum akan berbeda dengan kebudayaan neolitikum. Lalu kebudayaan setiap daerah pun berbeda bentuknya. Dengan demikian, kita semua para generasi penerus bangsa khususnya untuk saya pribadi akan menyikapi dengan arif setiap perubahan kebudayaan yang terjadi di dalam ruang lingkup masyarakat.

  16. kebudayaan adalah warisan nenek moyang kita sejak dulu dan warisan itu tidak akan pernah hilang dalam kehidupan kita walaupun jaman sudah berubah.
    contoh kebudayaan yang tak pernah hilang dalam kehidupan : kebudayaan sopan santun,kebudayaan adat

  17. Pada dasarnya kebudayaan merupakan hasil output dari suatu masyarakat, mengapa demikian?. Kebudayaan muncul dari adat, norma, kebiasaan”, dll dalam masyarakat yang kemudian berubah menjadi sebuah kebudayaan bagi suatu kelompok tersebut. Budaya juga dapat diartikan ide karena cara hidup nenek moyang kita yang berdasarkan ide sehingga ide tersebut kemudian menjadi kebudayaan.

  18. Kebudayaan mempunyai peluang besar untuk lebih bersifat massif. Kebudayaan adalah tercermin dalam realitas apa adanya di masyarakat. Sehingga kebudayaan adalah makna, nilai, adat, ide dan simbol yang relatif. Kebudayaan dalam pengertian luas lebih mewakili pandangan bahwa kebudayaan itu adalah kenyataan obyektif. Sehingga kenyataan budaya itu bisa ditemukan di dalam institusi-institusi dan tradisi-tradisi. Sedang yang melihat kebudayaan dalam arti sempit mewakili pandangan bahwa bagaimanapun kebudayaan adalah merupakan kenyataan subyektif. Ia adalah produk dari tafsiran pribadi-pribadi.

  19. Setiap manusia dan budaya selalu berkaitan atau selalu berhubungan karna didalamnya mempunyai suatu ketergantungan hal satu sama lain.
    Contohnya, perubahan yang di lakukan masyarakat atau penduduk yang datang dari desa kekota atau sebaliknya. Masyarakat dari desa biasanya hanya meniru atau mengikuti budaya yang di lakukan masyarakat dari kota tanpa memikirkan sisi positif dan negatifnya, mereka hanya berfikir bahwa budaya kota itu lebih maju dan harus mereka jadikan contoh, akibatnya mereka terkadang terjebak akan hal-hal negatif baru yang mereka tidak ketahui sebelumnya. Begitu pula sebaliknya, penduduk kota yang merasa lebih modren dan pintar akan tekhnologi biasanya cenderung pamer dengan budaya yang mereka biasa lakukan tanpa berfikir dampak positif atau negatif bagi penduduk desa, akibatnya tidak sedikit dari masyarakat desa justru menirukan hal-hal buruk saja ,hal ini selalu terjadi karna faktor cara berfikir masyarakat cendrung menirukan, hal ini lah yang terkadang dapat menimbulkan konflik pada masyarakat luas karena adanya perbedaan pandangan kebudayaan.

  20. Kebudayaan adalah daya cipta dari masyarakat yang kemudian melebur dalam wujud-wujud kebudayaan. Kebudayaan datang dari masyarakat, berkembang atau tidaknya juga oleh masyarakat. Karena tindakan-tindakan masyarakat dapat mempengaruhi kebudayaan dan kebudayaan merupakan bagian dari lingkungan yang diciptakan oleh manusia.

  21. budaya adalah teori yang muncul dari pemikiran lalu ditetapkan oleh masyarakat terdahulu yang pada akhirnya membentuk moral, norma, etika, sikap, sifat, cara bertindak & tujuan yang ingin dicapai dari adanya teori tersebut. budaya membuat kebiasaan setiap orang menjadi berbeda, baik dengan perbedaan yang besar maupun yang kecil. perbedaan besar yang diciptakan dari adanya budaya contohnya adalah budaya antar negara & bangsa. pemikiran masyarakat terdahulu antar negara ini dipengaruhi oleh pengalaman “tidak biasa” berbeda yang di alami oleh mereka sehingga berkembanglah pemikiran menciptakan teori untuk menyesuaikan diri dengan apa yang terjadi dari pengalaman “tidak biasa” yang mereka alami. lalu teori tersebut diturunkan kepada generasi-generasi selanjutnya untuk menghindari pengalaman “tidak biasa” yang di alami oleh masyarakat terdahulu & mulai menciptakan alat yang mendukung berjalannya budaya tersebut. pengalaman “tidak biasa” yang saya maksudkan disini contohnya adalah ketika masyarakat terdahulu ingin makan. karena ingin makan, muncullah pemikiran untuk mencari makan. jadi dari sini terciptalah teori jika ingin makan, maka yang harus dilakukan adalah mencari makan. lalu muncul pemikiran bagaimana caranya mencari makan, lalu tercipta pemikiran untuk berburu hewan untuk dimakan. karena sudah punya ide untuk berburu hewan, lalu muncul lagi pemikiran bagaimana caranya berburu, lalu terciptalah pemikiran untuk membuat alat berburu. lalu mereka membuat alat berburu & mereka pun berburu. karena pemikiran-pemikiran itu, masyarakat yang lain melihat si pelaku pembuat teori lalu mengikuti jejaknya. dari mengikuti jejaknya, terciptalah yang namanya budaya berburu. lalu ketika mereka memiliki keturunan, maka keturunan mereka akan diajarkan budaya tersebut agar bisa makan. jadi menurut saya, itulah salah satu contoh terciptanya suatu budaya. terimakasih.

  22. Tidak ada istilah yang penggunaannya sedemikian longgar, serta pengertiannya pun sedemikian berganda (ambiguous) selain istilah ‘kebudayaan’. Mulai untuk cakupan pengertian yang sempit hingga cakupan yang sangat luar biasa luas. Luas cakupan itu tidak hanya terjadi dalam penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, namun juga penggunaannya sebagai istilah dalam wacana ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan sosial. Kata ‘kebudayaan’ berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi. Dengan demikian kebu-dayaan dapat diartikan sebagai hal-ha1 yang berkenaan dengan budi atau akal. Kata kebudayaan sendiri di dalam wacana ilmu pengetahuan di Indonesia merupakan upaya mencari padanan kata culture dalam bahasa Inggris. Sedangkan ‘culture’ adalah berasal dari bahasa Latin yaitu ‘colere’ yang berarti bercocok tanam. ‘Culture‘ diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam. Hingga kinipun kata ‘cul-ture’ tetap juga digunakan dalam dunia pertanian, misalnya ‘agriculture’ untuk menyebut ilmu-ilmu pertanian, ‘monoculture’ untuk menyebut pertanian yang terdiri dari satu jenis tanaman.

  23. Kebudayaan adalah ciri dari suatu negara, adanya kebudayaan sendiri tercipta dari pemikirin setiap individu yang pada saat itu dikembangkan dan menjadi suatu hal yang di patenkan. Kebudayaan yang ada di Negara kita sendiri itu sangat kental dengan nilai adat istiadat, dari nilai adat istiadat itulah menjadi nilai dari suatu kelompok masyrakat yang ada di indonesia.Kebudayaan sendiri tidak bisa dilepaskan begitu saja bahkan ditinggalkan, karna kebudayaan itu sendiri ada hasil pemikiran individu – individu yang terdahulu dan dijadikan simbol dari kelompok masyarakat tersebut.

  24. Seperti yang dijelaskan, istilah kebudayaan memiliki arti yang luas serta pengertiannya pun sedemikian berganda (ambiguous). Dan juga seperti dijelaskan diawal kata kebudayaan berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi.
    Budaya juga bisa diartikan sebagai kebiasaan suatu kelompok yang berbeda dengan kebiasaan suatu kelompok lainnya, tetapi tetap berpegang pada akal atau budi tersebut.
    Contoh misalnya kebiasaan atau budaya masyakarat Indonesia yang makanan pokoknya adalah nasi, sedangkan kebiasaan atau budaya masyarakat Amerika yang makanan pokoknya adalah gandum.

  25. Kebudayaan adalah keseluruhan kompleks dari pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan semua kemampuan dan kebiasaan yang lain yang diperoleh oleh seseorang sebagai anggota masyarakat atau secara sederhana bisa dikatakan kebudayaan adalah segala sesuatu yang dipelajari dan dialami bersama secara sosial oleh para anggota suatu masyarakat.

  26. Kebudayaan merupakan kebiasaan yang mencerminkan perilaku suatu masyarakat dalam suatu daerah tertentu. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan kebudayaannya, karena Indonesia terdiri dari berbagai macam provinsi dan kota yang ada di dalam provinsi tersebut, dimana setiap daerah memiliki kebiasaan atau kebudayaannya sendiri. Kebudayaan bisa berubah karena pengaruh dari luar, kita harus pandai memfilter setiap hal-hal baru yang bisa mempengaruhi kebudayaan yang ada sehingga kebudayaan tersebut tidak hilang. Contoh : kebudayaan di Indonesia berkiblat pada kebudayaan orang timur yang mempunyai sifat sopan santun serta ramah tamah bahkan cara berpakaian pun tidak seperti orang barat yang bisa bebas. Di Indonesia cara berpakaian pun harus sopan, namun karena pengaruh globalisasi, kebudayaan tersebut perlahan hilang. Sudah banyak sekali masyarakat Indonesia khususnya di kota-kota besar yang mulai mengikuti kebudayaan orang barat. Akibatnya banyak sekali kasus pencabulan dan pemerkosaan akhir-akhir ini.

  27. Dapat kita ketahui bahwa diIndonesia terdapat banyak atau beraneka ragam kebudayaan yang ada.Kebudayaan mer4upakan warisan yang telah kita terima/terima pada saat nenk moyang kita,budaya yang ada dapat dijunjung tinggi dan tidak dapat dipisahkan oleh apapun.Bentuk kebudayaan dapat berupa adat-istiadat,suku,dan lain-lain.Dapat juga berupa makanan khas,sikap,cara berpakaian dan lain-lain.

  28. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. Budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri.
    Contohnya saja anak muda jaman sekarang, mereka sangat antusias dan up to date untuk mengetahui juga mengikuti perkembangan kehidupan budaya luar negeri. Sebenarnya bukan hanya orang-orang tua saja yang harus mengenalkan dan melestarikan kebudayaan asli negara kita tetapi juga para anak muda harus senang dan mencintai kebudayaan asli negara sendiri.

    Trimakasih.

  29. Kebudayaan adalah daya cipta dari masyarakat yang melebur dalam wujud-wujud kebudayaan yang merupakan jumlah dari seluruh sikap,adat istiadat,dan kepercayaan yang membedakan sekelompok orang dengan kelompok lain.
    Contoh : Di Indonesia terdapat beraneka ragam lag-lagu,tradisi,dan pakaian adat dari berbagai macam daerah di indonesia

  30. Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
    Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

  31. Kebudayaan adalah kebiasaan hidup individu ataupun kelompok. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri.”Citra yang memaksa” itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti “individualisme kasar” di Amerika, “keselarasan individu dengan alam” d Jepang dan “kepatuhan kolektif” di Cina. Citra budaya yang brsifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

  32. Kebudayaan yang memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

  33. Menurut saya kebudayaan berasal dari masyarakat itu sendiri. Karna kebudayaan tidak dapat dipisahkan dari suatu bangsa. Walaupun notabenenya kebudayaan itu tidak pernah terlihat oleh bangsa lain.

  34. kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam keseharian kebudayaan itu bersifat abstrak.

  35. Menurut saya kebudayaan yaitu suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh suatu kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan juga terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

  36. Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi

  37. Segala sesuatu yang ada di masyarakat ditentukan oleh kebudayaan masyarakat itu sendiri. Kebudayaan bersifat turun temurun dari generasi ke generasi. Kebudayaan mengandung keseluruhan nilai dan norma sosial, ilmu pegetahuan, keseluruhan struktur sosial, religious, pernyataan intelektual dan artistic, pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, humu, adat istiadat yang menjadi cirri khas suatu masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem idea tau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.
    Contoh : Penduduk Indonesia yang mempunyai sifat tolong menolong, ramah, saling tegur sapa merupakan tradisi (ciri khas) bangsa Indonesia. Penduduk Jepang yang selalu mengantri juga merupakan cirri khas bangsa Jepang.

  38. Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cita-cita masyarakat.Tidak ada kebudayaan yang statis, setiap kebudayaan mempunyai dinamika. Dimana gerak tersebut merupakan akibat dari gerak masyarakat itu sendiri. Budaya yang baik akan membentuk suatu sistem yang baik pula. Contoh budaya disiplin orang-orang jepang, budaya ini akan membentuk suatu sistem yang membuat orang didalamnya akan melaksanakan hal ini, bahkan bila tidak dilaksanakan mereka akan merasa sangat malu. hal ini tentunya akan menguntungkan negara Jepang itu sendiri

  39. Kebudayaan dalam perspektif Teori Sosial itu mempunyai makna yang luas. Kebudayaan itu yang berarti Budi dan Akal dan semua itu akan di kerjakan oleh masyarakat. bahwa kebudayaan tidak lepas dari masyarakat dan masyarakat tidak lepas dari budaya karena masyarakat saling berinteraksi dan berbagi budaya antara satu dengan yang lainnya

  40. menurut pemahaman saya, benar bahwa budaya berasal dari bahasa latin colere yang berarti bercocok tanam terutama masyarakat indonesia yang terkenal negara agraris yang dari dahulu para nenek moyang kita bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan, bahkan hingga tanah air kita dijajah hasil bercocok tanamnya.

  41. Dari berbagai definisi, diperoleh pengertian tentang kebudayaan yaitu sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat

  42. budaya merupakan kebiasaan yang mendarah daging. sesimpel apapun perbuatan yang dilakukan manusia apabila dilakukan terus menerus akan menjadi budaya. pernahkan anda mendengar kata ‘wah, adatmu baik sekali ya’ saat anda berperilaku sopan terhadap semua orang dan secara terus menerus, ya… itulah budaya menurut pandangan saya.. so simple, isn’t it?

  43. Menurut saya kebudayaan dalam perspektif teori sosial menjelaskan bahwa kebudayaan tidak lepas dari masyarakat dan masyarakat tidak lepas dari budaya karena masyarakat saling berinteraksi dan berbagi budaya antara satu dengan yang lainnya jadi dengan demikian kebu-dayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkenaan dengan budi atau akal.

  44. . Kata ‘kebudayaan’ berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi. Dengan demikian kebu-dayaan dapat diartikan sebagai hal-ha1 yang berkenaan dengan budi atau akal. Kata kebudayaan sendiri di dalam wacana ilmu pengetahuan di Indonesia merupakan upaya mencari padanan kata culture dalam bahasa Inggris. Sedangkan ‘culture’ adalah berasal dari bahasa Latin yaitu ‘colere’ yang berarti bercocok tanam. ‘Culture‘ diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam. Hingga kinipun kata ‘cul-ture’ tetap juga digunakan dalam dunia pertanian, misalnya ‘agriculture’ untuk menyebut ilmu-ilmu pertanian, ‘monoculture’ untuk menyebut pertanian yang terdiri dari satu jenis tanaman.

  45. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga kebudayaan sangat erat hubungannya dengan manusia. Kebudaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Wujud kebudayaan di bagi menjadi 3 yaitu gagasan, aktivitas, dan artefak. Ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi perubahan sosial kebudayaan yatu tekanan kerja dalam masyarakat, keefektifan komunikasi, perubahan lingkungan alam.

  46. Kebudayaan adalah warisan dari nenek moyang, sudah ada sejak dulu. setiap masyarakat pasti memunyai kebudayaan dan pasti berbeda beda. di Indonesia kebudayaan itu tidak dapat disatukan, tetapi harus saling menghagai, maka dibentuk lah bhineka tunggal ika dalam masyarakat indonesia, berbeda beda tetapi tetap satu jua.

  47. Kebudayaan adalah keseluruhan kompleks yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan lain, serta kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyarakat.

  48. SEKSI 18

    kebudayaan sangat erat hubungannya dengan manusia/ masyarakat. setiap manusia pasti mempunyai kebudayaannya sendiri. kebudayaan lahir karna ada suatu gagasan dalam dirinya dan itu sudah ada dan lama tertanam dalam hidup masing masing manusia. karna perbedaan ini sering terjadi konflik sosial, kemudian trjadi perilaku menyimpnag. beruntung indonesia memiliki Bhineka tunggal ika, berbeda tapi tetap satu jua. walaupun bhineka tunggal ika belum benar benar tercermin dalam hidup indonesia.

  49. Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cita-cita masyarakat. Kebudayaan dalam perspektif teori sosial menjelaskan bahwa kebudayaan tidak lepas dari masyarakat dan masyarakat tidak lepas dari budaya karena masyarakat saling berinteraksi dan berbagi budaya antara satu dengan yang lainnya. Adanya unsur kontradiktif membuat kebudayaan tidak pernah berhenti dan selalu melakukan seperti pembaharuan kebudayaan sesuai dengan kondisi masyarakat.Tidak ada kebudayaan yang statis, setiap kebudayaan mempunyai dinamika. Dimana gerak tersebut merupakan akibat dari gerak masyarakat itu sendiri. Budaya yang baik akan membentuk suatu sistem yang baik pula.

  50. Pengendalian sosial adalah pengawasan dari suatu kelompok terhadap kelompok lain untuk mengarahkan peran-peran individu atau kelompok sebagai bagian dari masyarakat agar tercipta situasi, kemasyarakatan sesuai dengan yang diharapkan. Selo Sumarjan & Sulaeman Sumardi memberikan pengertian kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, cipta dan karsa masyarakat. (Soekanto, 1990:189). Karya (material culture) menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat dipergunakan oleh masyarakat.

  51. Pengendalian sosial adalah pengawasan dari suatu kelompok terhadap kelompok lain untuk mengarahkan peran-peran individu atau kelompok sebagai bagian dari masyarakat agar tercipta situasi, kemasyarakatan sesuai dengan yang diharapkan. Selo Sumarjan & Sulaeman Sumardi memberikan pengertian kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, cipta dan karsa masyarakat. Karya (material culture) menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat dipergunakan oleh masyarakat.

  52. Kata ‘kebudayaan’ berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi. Dengan demikian kebu-dayaan dapat diartikan sebagai hal-ha1 yang berkenaan dengan budi atau akal.

  53. Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

  54. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga kebudayaan sangat erat hubungannya dengan manusia. Kebudaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Wujud kebudayaan di bagi menjadi 3 yaitu gagasan, aktivitas, dan artefak. Ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi perubahan sosial kebudayaan yatu tekanan kerja dalam masyarakat, keefektifan komunikasi, perubahan lingkungan alam.

  55. Kebudayaan adalah daya cipta dari masyarakat yang kemudian melebur dalam wujud-wujud kebudayaan. Kebudayaan datang dari masyarakat, berkembang atau tidaknya juga oleh masyarakat. Karena tindakan-tindakan masyarakat dapat mempengaruhi kebudayaan dan kebudayaan merupakan bagian dari lingkungan yang diciptakan oleh manusia.

  56. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

  57. Kebudayaan adalah hasil karya manusia dalam usahanya mempertahankan hidup, mengembangkan keturunan dan meningkatkan taraf kesejahteraan dengan segala keterbatasan kelengkapan jasmaninya serta sumber- sumber alam yang ada disekitarnya

  58. Kebudayaan berkaitan dengan budi dan akal manusia, di mana manusia akan mempertahankan dengan cara di teruskan ke generasi-generasi yang ada sehingga kebudayaan tersebut tidak mudah hilang.

  59. kebudayaan indonesia beranekaragam karena indonesia terdiri dari berbagai pulau, adat istiadat, agama, dan kepercayaannya sendiri.
    Kebudayaan merupakan salah satu pedoman hidup manusia dalam bersikap, bertingkah laku, dan bertutur kata dalam kehidupan sehari-hari pada suatu kelompok di masyarakat. Jadi, kebudayaan dapat menjadi ciri khas suatu kelompok yang ada di masyarakat tersebut, yang terus diupayakan untuk dilestarikan sampai keturunannya berlanjut.
    pada era globalisasi , Indonesia yang terdiri dari berbagai suku harus bisa beradaptasi dengan budaya-budaya dari luar. individu yang ada di suatu kelompok dalam setiap lapisan masyarakat harus pandai memilih budaya asing yang positif dan membuang yang negatif dengan tidak mengabaikan/menghilangkan budaya asli.
    Hal ini telah diterapkan di beberapa daerah di Indoensia. Misalnya: cara berpakaian/berbusana orang bali asli yang beragama hindu tetap tidak terpengaruh oleh masuknya budaya berbusana orang asing yang terbuka. Mereka tetap melestarikan kebudayaan berbusana mereka yang tertutup (menutup aurat).

  60. Kebudayaan terdiri atas berbagai pola, bertingkah laku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang diperoleh dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang menyusun pencapaiannya secara tersendiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk di dalamnya perwujudan benda-benda materi, pusat esensi kebudayaan terdiri atas tradisi cita-cita atau paham, dan terutama keterikatan terhadap nilai-nilai.

  61. budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.Dari berbagai definisi kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.
    Setelah kita memahami apa itu kebudayaan, maka kita tidak akan sulit untuk mencari contoh dari kebudayaan itu sendiri.
    Contoh dari kebudayaan, khususnya di Indonesia ternyata sangatlah berada dekat dengan kehidupan sehari-hari, misalnya lagu-lagu daerah yang ada disekitar kita, lagu lagu Ondel-Ondel yang berasal dari Jakarta, alat musik Angklung yang juga berasal dari Jakarta, upacara adat seperti Sekaten, Makepung ; Balap Kerbau Masyarakat Bali, Atraksi Debus Banten, Karapan sapi Masyarakat Madura Jawa Timur.

  62. Kebudayaan dan Sosial merupakan sesuatu yang bersifat luas/universal dan juga sesuatu yang kaya karena tidak memiliki batasan. Maksud batasan disini karena kebudayaan itumerupakan sesuatu yang kompleks,ada dalam ruang lingkup adat istiadat/suku,agama,geografis ataupun lain sebagainya. Menurut saya Kebudayaan itu selalu berbeda-beda karena karakter manusia sendiri itu berbeda-beda sehingga dimana ada suatu kebudayaan pastilah berbeda dengan kebudayaan di lain tempat dan itulah kehidupan.
    Contohnya saja Indonesia, Negara kita ini merupakan negara yang kaya akan budaya/kebudayaan,baik dala sisi suku bangsa,bahasa,sikap perilaku ataupun karakter masyarakatnya.

  63. Kebudayaan memiliki faktor pendorong yang terbagi dalam internal dan eksternal.
    I. Faktor Internal
    1. Perubahan Demografis
    Perubahan demografis akan terus bertambah yang mengakibatkan perubahan di berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, pergaulan, dan nilai kesopanan.
    2. Konflik Sosial
    Konflik sosial yang terjadi akan menyebabkan manusia berpikir kreatif untuk mencari jalan agar hidup mereka bisa tetap sejahtera. Hal ini dapat menyebabkan perubahan kebudayaan.
    3. Bencana Alam
    Bencana alam yang memaksa warga untuk evakuasi dapat menyebabkan perubahan budaya terutama jika dievakuasi ke tempat yang jauh dan berkumpul dengan orang yang latar budayanya berbeda.
    4. Perubahan Lingkungan Alam
    Ada beberapa faktor misalnya pendangkalan muara sungai yang membentuk delta,rusaknya hutan karena erosi,perubahan demikian dapat mengubah kebudayaan hal ini disebabkan karena kebudayaan mempunyai daya adaptasi dengan lingkungan setempat.

    II. Faktor Eksternal
    1. Perdagangan
    Indonesia merupakan negara yang memiliki area laut yang cukup luas dan pernah mengalami masa penjajahan yang cukup lama, sehingga banyak pedagang yang datang. Hal ini menyebabkan perubahan budaya sebab dalam proses berdagang kita dituntut untuk bersikap luwes.
    2. Penyebaran Agama
    Masuknya agama ke Indonesia tentu dipengaruhi oleh orang yang membawanya. Agama sendiri memiliki beberapa aturan yang terkadang bertentangan dengan budaya. Maka dari situ masyarakat dituntut untuk mengubah atau menyesuaikan kebudayaan mereka dengan aturan agama.
    3. Peperangan
    Kedatangan bangsa barat ke indonesia umumnya menimbulkan perlawanan keras dalam bentuk peperangan,dalam suasana tersebut ikut masuk pula unsur unsur budaya bangsa asing ke indonesia.

  64. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak

  65. Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
    Contoh : Bahasa, yaitu sesuatu yang berawal dari hanya sebuah kode, tulisan hingga berubah sebagai lisan untuk mempermudah komunikasi antar sesama manusia. Bahkan sudah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa Inggris.

  66. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas.

  67. Pengertian dari budaya, adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas.
    Contoh : memperingati hari kematian seseorang, biasanya warga masyarakat kita, mengadakan selamatan Misal pada 40 hari kematiannya.

  68. Tidak ada istilah yang penggunaannya sedemikian longgar, serta pengertiannya pun sedemikian berganda (ambiguous) selain istilah ‘kebudayaan’. Mulai untuk cakupan pengertian yang sempit hingga cakupan yang sangat luar biasa luas. Luas cakupan itu tidak hanya terjadi dalam penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, namun juga penggunaannya sebagai istilah dalam wacana ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan sosial. Kata ‘kebudayaan’ berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi. Dengan demikian kebu-dayaan dapat diartikan sebagai hal-ha1 yang berkenaan dengan budi atau akal.

  69. budaya adalah cara hidup yang menyangkut bahasa, perilaku, kebiasaan, dll, yang dimiliki dalam sebuah kelompok orang yang telah di wariskan dari generasi ke generasi yang terbentuk oleh agama, politik, adat istiadat, bangunan, dll.

  70. Budaya dalam perspektif sosial adalah sebuah cipta, rasa, karsa, karya yang dilakukan atau dihasilkan baik itu oleh seorang ataupun kelompok yang dilakukan secara terus menerus dari generasi ke generasi. Sehingga menjadi suatu hal yang membudaya contohnya, dalam sebuah keluarga di terapkan terhadap anak-anaknya saat masuk ke dalam rumah sandal harus diletakkan di depan pintu agar memudahkan untuk memakainya kembali, kegiatan tersebut terus dilakukan sehingga kegiatan tersebut menjadi membudaya bagi kelurga tersebut

  71. Indonesia, sebagai sebuah bangsa, terbentuk dari aneka kultur dan struktur sosial yang berbeda-beda, kebudayaan yang ada di indonesia pun beraneka ragam, belum lagi budaya-budaya asing yang masuk ke indonesia. perbedaan latar belakang, kultur, corak, bahasa yang berbeda beda dengan berbagai macam daerah dan pulau yang berbibu jumlahnya yang tergabung menjadu satu Negara Kesatuan. Karena Negara ini menjadikan Demokrasi sebagai Prinsip kebangsaannnya, dan Negara Kesatuan sebagai bentuk Negaranya agar Bangsa ini tetap Kuat sebagai Bangsa yang utuh, Maka diperlukan berbagai macam nilai, norma, dan budaya budaya tertentu untuk menjaga keutuhan tersebut. pergeseran nilai-nilai budaya kita yang condong ke Barat. Dalam era globalisasi informasi menjadi kekuatan yang sangat dahsyat dalam mempengaruhi pola pikir manusia. Budaya barat saat ini diidentikkan dengan modernitas (modernisasi), dan budaya timur diidentikkan dengan tradisional atau konvensional. Orang tidak saja mengadopsi ilmu pengetahuan dan teknologi Barat sebagai bagian dari kebudayaan tetapi juga meniru semua gaya orang Barat, sampai-sampai yang di Barat dianggap sebagai budaya yang tidak baik tetapi setelah sampai di Timur diadopsi secara membabi buta.ada keharusan kita wajib memilih dan menyeleksi budaya yang baik yang sesuai dengan agama dan pancasila

  72. kebudayaan menjadi suatu topik yang panjang jika diulas dalam sebuah pembicaraan. seperti kita ketahui bahwa kebudayaan itu sendiri tidak lepas dari adanya sebuah kelompok manusia yang mencipatakan kebiasaan yang menjadi sebuah rutinitas. Dari rutinitas tersebut terbentuklah sebuah budaya yang terjadi dalam sebuah habitat yang masing – masing daerah diindonesia mungkin berbeda – beda. Kebudayaan itu sendiri tidak bisa disama ratakan dalam satu pandangan saja karena dalam paradigma budayawan sendiri kebudayaan tidak bisa disimpulkan menjadi sebuah rumusan. tergantung dari sudut mana seseorang memandang.

    FILEMON MAHAJAJAR SUMENDAP
    2013-52-139
    SEKSI 59

    terima kasih.

  73. dalam memahami aktivitas kehidupan sosial dan kebudayaan seyogyanya menggunakan pendekatan integratif atau memandang bahwa aktivitas sosial-budaya merupakan suatu sistem, karena antar unsur sosial dan unsur kebudayaan hakikatnya yaitu saling mempengaruhi satu sama yang lainnya , karena antar unsure-unsur sosial-budaya tersebut bersifat adapti, dalam realitassosial sehari-hari masing-masing unsur sosial-budaya saling berhubungan timbal balik atau saling memberikam aksi dan reaksi, perubahan pada satu unsur sosial atau unsur budaya akan mempengaruhi perubahan unsur sosial atau unsur budaya yang lai,serta hakikatnya pola perilaku sosial atau budaya sehari-hari selalu menampilkan keterpaduan antar unsur.

  74. kebudayaan adalah suatu hasil cipta, rasa dan karsa manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan.

  75. Kebudayaan dalam perspektif teori sosial merupakan kebiasaan-kebiasan yang didapatkan,dipengaruhi dan diperoleh oleh suatu anggota masyarakat.

  76. kebudayaan adalah suatu hasil cipta, rasa dan karsa manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat & setiap kecakapan, dan kebiasaan.

  77. Kebudayaan ialah suatu hasil cipta, rasa dan karsa manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat & setiap kecakapan, dan kebiasaan.

  78. Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh dari zaman nenek moyang yang berkaitan dengan adat-istiadat,kepercayaan,kebiasaan,dan juga norma-norma.

    .

  79. Kebudayaan adalah hasil buah budi manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup. Kebudayaan juga merupakan suatu sistem terpadu antara sistem ide (gagasan) dengan sistem tingkah laku serta hasilnya yang dimiliki masyarakat manusia melalui proses belajar.Kebudayaan adalah segenap hasil cipta, karya, dan karsa masyarakat manusia.

  80. kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkatpengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia
    sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial,religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

  81. Menurut saya kebudayaan itu sangatlah penting dalam suatu kelompok masyarakat atau dalam suatu daerah tertentu. Mengapa? karena kebudayaan merupakan simbol atau peninggalan dari nenek moyang kita yang telah diwariskan kepada anak cucunya, dan kita wajib menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut. Kebudayaan juga dapat mempengaruhi sikap dan kebiasaan kita sehari hari dalam masyarakat karena suatu kebudayaan itu lahir secara tidak langsung yang telah turun temurun .

  82. Bebby Elisa 2014-12-190 SESI 22

    Kebudayaan dan manusia saling berkaitan erat,budaya dan kebudayaan sudah ada ketika manusia berpikir, berkarya dan berkreasi. Bahkan akan senantiasa menunjukkan mengenai pola pikir dan interpretasi manusia pada lingkungannya. Dalam kebudayaaan ini pula terkandung nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat setempat dan hal ini menuntun untuk memaksa manusia dalam berperilaku yang sesuai dengan budayanya. Di antara kebudayaan yang satu dengan lainnya ternyata mempunyai sebuah perbedaan dalam menentukan nilai-nilai hidup dan berperan serta pada adat istiadat atau tradisi yang dihormati. Adat istiadat atau tradisi yang berbeda inilah antara yang satu dengan lainnya tak dapat dikatakan tentang benar atau salahnya, karena hal ini merupakan sebuah penilaian yang selalu terikat pada kebudayaan tertentu.

  83. Kebudayaan adalah hal-hal yang berkaitan dengan budi atau akal manusia karena kata budaya berasal dari bahasa sanskerta yaitu buddhayah yang bentuk jamak dari buddhi. Kebudayaan sebagai sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan atau ide atau gagasan dalam pikiran manusia yang data memunculkan suatu kebiasaan adat dalam suatu masyarakat tertentu.

  84. Martia Andini 2014-11-257 sesi 01
    Kebudayaan merupakan sesuatu aktivitas yang diwariskan dari generasi ke generasi lain, yang dapat memengaruhi pengetahuan, struktur sosial dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat abstrak.

  85. Kebudayaan adalah suatu hasil buah pikiran individu atau manusia yang dihasilkan dari kegiatan yang terjadi di lingkungan sekitar untuk mempertahankan hidup. Karena dengan adanya tujuan untuk mempertahankan hidup, manusia dituntut untuk berpikir dan menghasilkan ide-ide baru untuk menciptakan sesuatu agar kehidupan manusia dapat terpenuhi.
    Budaya juga berasal dar bahasa ‘Culture’ yang artinya pertanian atau bercocok tanam atau berkebun. Jadi budaya itu tidak hanya sekedar hal yang berbau kesenian, tetapi budaya juga berarti apa yang ada atau timbul disekitar kita dan kita menjadikannya suatu kebiasaan untuk bisa bertahan hidup seiring perkembangan zaman.

    Budaya itu dibedakan atas dua sudut pandang yaitu :
    1. Menurut Max , ia melihat dari satu sisi yang memungkinkan untuk terjadinya percabangan antara tujuan yang satu dengan tujuan yang lain. Misal : ada sehelai benang, ia berpikir bagaimana caranya agar benang itu menjadi sesuatu yg lebih berharga seperti dijadikan baju atau kerajinan lainnya.

    2. Menurut Weber, ia melihat dari satu tujuan yang kemudian ia menelaah bagaiman cara atau proses suatu barang itu terjadi, maka ia mengamatinya satu demi proses yang dilakukan untuk membuat suatu barang tersebut, Contoh : Misal ada kue cubit, disitu ia melihat bagaiman cara membuat kue cubit ini, dan bagaimana alat atau bahan yang digunakan untuk membuat kue ini lalu ia carilah bahan bahan tersebut.

  86. kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat dan segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat di tentukan oleh kebudayaan,contoh kebudayaan: tari tradisional,musik tradisional,dan lain-lain yang berhubungan erat dengan masyarakat dan juga kebudayaan merupakan alternatif bagi masyarakat untuk bertahan hidup,sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang di ciptakan oleh manusia sebagai mahluk yang berbudaya ,berupa prilaku dan benda-benda yang bersifat nyata meliputi;seni,religi,bahasa dan lain-lain.

  87. kebudayaan adalah akal pemikiran seseorang atau masyarakat untuk menghasilkan karya-karya baru yang belum ada sebelumnya dan karya tersebut menjadi suatu kebudayaan yang bisa ditiru maupun tidak bisa ditiru.

  88. kebudayaan adalah akal pemikiran seseorang atau masyarakat untuk menghasilkan karya-karya baru yang belum ada sebelumnya dan karya tersebut menjadi suatu kebudayaan yang bisa ditiru maupun tidak bisa ditiru

  89. SITI TAHYATI (2014-11-178) SESI 23

    kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Budaya terbentuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. tiga wujud kebudayaan, yaitu
    1. Wujud kebudayaan sebagai sebuah kompleks dari ide, gagasan, nilai, dan norma-norma.
    2. wujud kebudayaan sebagai sebuah kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam suatu masyarakat.
    3. wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
    Contoh dari kebudayaan, khususnya di Indonesia berada dekat dengan kehidupan sehari-hari, misalnya lagu-lagu daerah yang ada disekitar kita, lagu Angin Mamiri yang berasal dari Sulawesi Selatan, lagu Ondel-Ondel yang berasal dari Jakarta, alat musik Angklung yang juga berasal dari Jakarta

  90. Nama : Vera Utifah
    NIM : 2014-11-082
    Sesi : 01

    Kebudayaan adalah pola pikir manusia yang menghasilkan sesuatu untuk bertahan hidup. Maksud dalam bertahan hidup yaitu mengolah dan merubah sesuatu dengan apa yang dimiliki oleh alam sehingga dapat menjadi berguna dan menjadikan hal yang menguntungkan serta memudahkan manusia untuk bertahan hidup. Kebudayaan juga bukanlah hanya berkaitan dengan kesenian tetapi kebudayaan mencakup tentang pengetahuan,keyakinan,moral,hukum,adat-istiadat,kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan. Maka dari itu, kebudayaan memiliki kandungan spiritual dan intelektual yang tinggi. Karena kebudayaan merupakan pandangan hidup yang dipelajari dan diperoleh oleh manusia atau masyarakat. Hal ini menghasilkan banyak kebudayaan yang ada disekitar kita yang diperoleh dari pola pikir manusia untuk bertahan hidup,seperti : bangunan,peralatan,bentuk-bentuk pisik lainnya,teknik-teknik,lembaga masyarakat,sikap,keyakinan,motivasi serta sistem nilai yang diberlakukan pada kelompok.

  91. Kebudayaan biasaya di sangkut pautkan dengan kesenian, tapi.sebenarnya. kebudayaan adalah haso pola pikir manusia untuk bertahan hidup. Munusia yang bertaha hidup tidak akan monoton agar manusia tidak merasa bosan dan menghasilkan pergerakan yang maju. Kebudayaan pada zaman dulu sangat berbeda denga zaman sekarang. Karena pada zama sekarang manusia berpikir dengan akal dan semakin termotivasi membuat hal-hal yang baru untuk bertahan hidup.

  92. kebudayaan biasanya di artikan sebagai kesenian atau hiburan, tapi sebenarnya Kebudayan merupakan pola pikir dari manusia untuk bertahan hidup. Manusia yang bertahan hidup adalah manusia yang tidak monoton agar menusia tidak merasa bosan dan dapat menghasilkan pergerakan yang maju. Kebudayaan pada zaman dulu sangat berbeda dengan zaman sekarang. Karena pada zaman sekarang manusia berpikir dengan menggunakn akal mereka dan lebih termotivasi untuk membuat hal-hal yang baru untuk bertahan hidup.

    Ada 2 sudut pandang :
    1. Menurut Max kita bisa mencari bahannya baru membuat apa yang kita inginnkan. contohnya : kita mempunyai telur ayam, dari telur ayam itu bisa dibuat telur dadar, telur ceplok, atau telur rebus.

    2. Menurut Weber kita memikirkan ingin buat apa baru kita cari bahannya. contohnya : kita ingin mebuat tempe goreng, jadi bahan yang kita cari hanya tempe.

    Manusia pada zaman sekarang lebih setuju ,menggunakan sistem weber karena dapat mengurangi resiko.

  93. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.
    Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari
    Contoh hal kecil menjadi besar kebudayaan membuang sampah pada tempatnya, menjadikan peraturan
    hasil budaya : berupa suatu peninggalan,hasil karya/benda/fisik. contoh wujud kebudayaan dari hasil budaya pada masyrakat yogyakarta ialah keraton,alun alun,batik,keris dan lainnya

  94. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.
    Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari
    Contoh hal kecil menjadi besar kebudayaan membuang sampah pada tempatnya, menjadikan peraturan
    hasil budaya : berupa suatu peninggalan,hasil karya/benda/fisik. contoh wujud kebudayaan dari hasil budaya pada masyrakat ialah keraton,alun alun,batik,keris dan lainnya

  95. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.
    Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari
    Contoh hal kecil menjadi besar kebudayaan membuang sampah pada tempatnya, menjadikan peraturan
    hasil budaya : berupa suatu peninggalan,hasil karya/benda/fisik.

  96. Nama : Nurdiansyah
    Nim : 2014-11-256
    seksi : 02
    menurut pemikiran saya kebudayaan itu adalah sebuah dasar pemikiran atau ide yang muncul pada diri seseorang untuk maju dan berkembang karena dengan adanya kebudayaan itulah kita bisa bertahan hidup untuk mencapai sebuah keinginan dan tujuan selain itu juga manusia tidak akan bisa di pisahkan dengan kebudayan

  97. Kebudayaan material adalah semua ciptaan manusia yang nyaata sedangkan nonmaterial adalah ciptaan abstrak yg diwariskan dari generasi ke generasi contoh ny tarian tradisional, dongeng.

  98. Kebudayaan sangat banyak jangkauannya, dari mulai pengeritan yang sempit hingga pengertian yang luas, luasnya jangkauan itu tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga dalam makna ilmu pengetahuan tertama ilmu pengetahuan sosial. Kata ‘kebudayaan’ berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk lain dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkenaan dengan budi atau akal.
    kebudayaanadalah kompleks yang mencakup :
    Pengetahuan , Keyakinan(Saat nyepi, umat hindu berada di dalam rumah dan merefleksi hidupnya, agar mereka dapat hidup lebih baik),Kesenian (Unsur seni rupa India telah masuk ke Indonesia dibuktikan dengan ditemukannya relief-relief cerita sang Budha pada candi Borobudur, cerita Ramayana pada candi Prambanan. Dan sekarang relief-relief tersebut dijadikan hiasan pada bangunan, seperti yang terdapat pada pustaka wilayah yang terdapat di provinsi Riau), Moral : Tindakan yang mempunyai nilai positif (demo yang merusak fasilitas umum),Hukum : Aturan yang wajib di patuhi (Undang-undang atau larangan dalam agama),Adat-istiadat : aturan tingkahlaku yang di annut turun temurun (rukun dengan sesama, hormat kepada orang tua, bekerja sama dan lain-lain),Kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat”

  99. Kebudayaan adalah keseluruhan komplek yang tergantung dalam ilmu pengetahuan serta kebiasaan yang di dapat masyarakat sebagai makhluk sosial. Masyarakat yang dapat di pengaruhi oleh kebiasaan atau adat dari luar namun masyarakat dapat memila milahnya terlebih dahulu. Walau demikian masih ada masyarakat yang terjerumus mengikutin adat dari luar dan melupakan adat atau kebudayaan sendiri.

  100. Kebudayaan sangat banyak jangkauannya, dari mulai pengeritan yang sempit hingga pengertian yang luas, luasnya jangkauan itu tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga dalam makna ilmu pengetahuan tertama ilmu pengetahuan sosial. Kata ‘kebudayaan’ berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk lain dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkenaan dengan budi atau akal.
    Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup :
    1. Pengetahuan
    2. Keyakinan(Saat nyepi, umat hindu berada di dalam rumah dan merefleksi hidupnya, agar mereka dapat hidup lebih baik)
    3. Kesenian (Unsur seni rupa India telah masuk ke Indonesia dibuktikan dengan ditemukannya relief-relief cerita sang Budha pada candi Borobudur, cerita Ramayana pada candi Prambanan. Dan sekarang relief-relief tersebut dijadikan hiasan pada bangunan, seperti yang terdapat pada pustaka wilayah yang terdapat di provinsi Riau)
    4. Moral : Tindakan yang mempunyai nilai positif (demo yang merusak fasilitas umum)
    5. Hukum : Aturan yang wajib di patuhi (Undang-undang atau larangan dalam agama)
    6. Adat-istiadat : aturan tingkahlaku yang di annut turun temurun (rukun dengan sesama, hormat kepada orang tua, bekerja sama dan lain-lain)
    7. Kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat”
    Budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

  101. Nama:sri andani
    nim:201411024
    seksi:02
    menurut pendapat saya kebudayaan terdiri dari dua kata yaitu budi dan daya budi yang berarti akal dan daya yang berarti buah pikiran yang di hasilkan manusia.jadi kebudayaan adalah akal dari sebuah pemikiran manusia yang berkeinginan untuk bertahan hidup.karena asal muasal budaya adalah dari mata pencaharian manusia ,jadi secara hipotetik dapat di katakan bahwa pertanian adalah awal manusia berbudaya. dan di dalam kebudaya kita juga bisa menghasilkan kesenian di dalam hidup kita agar tidak monoton misalnya seperti lagu dangdut…

  102. Kebudayaan memiliki pengertian yang sangat luas yaitu sesuatu yang akan mempengaruhi seseorang dalam kehidupan sehari-hari maupun pada pengetahuan yang meliputi ide atau ilmu gagasan yang terdapat pada pikiran seseorang,sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan sangat penting.Dan budayaan mencakup pengetahuan,keyakinan,kesenian,moral,hukum dan adatistiadat yang terdapat di dalam masyarakat.
    Seperti indonesia yang memiliki berbagai macam budaya dan mereka tetap bersatu dan saling menghormati satu sama lain.

  103. Nama : Zahara Jufa Efeni
    NIM : 201411018
    sesi : 02

    Menurut pendapat saya Kebudayaan yaitu sebuah kata yang berasal dari bahasa sangsekerta ‘buddhaya’ di mana di ambil kata dasarnya buddhi yang berarti Akal atau budi. Dan daya yang berarti sebuah pikiran yg dimiliki setiap manusia. Seperti halnya dalam bahasa inggris kebudayaan merupakan culture yaitu bercocok tanam atau bertani. Dan hal ini sangat bersangkutan dengan makanan pokok untuk bertahan hidup. Sehingga pada saat itu kebudayaan atau culture berarti sebuah akal atau pikiran manusia untuk bertahan hidup.

    Disamping itu kebudayaan atau culture memiliki 2 bentuk yaitu material culture atau sebuah akal atau pikiran yang bsa di proses sehingga dapat mnciptakan dalam wujud yg sesungguhnya. Kedua ada nonmaterial culture atau sebuah akal atau pikiran yang hanya bsa di proses atau di ciptakan dlam pikiran saja tidak bsa di ciptakan dalam wujud yang sesungguhnya.

    Seperti halnya mark dan weber. Dimana mark melihat sebuah bahan dasar sehingga dia berbudaya atau berpikir untuk bsa mewujudkan buah pikirannya tersebut. Contoh : Ketika kita melihat bahan dasar seutas benang bisa di budayakan benang tersebut menjadi kain dengan melalui proses tenun, setelah mnjadi kain bsa di kembangkn lagi menjadi baju dan lain sebagainya. Selanjunya weber yang memiliki buah pikiran terlebih dahulu dengan hayalannya ingin mewujudkan sesuatu dengan mencari tau bahan-bahan dasarnya trlebih dahulu. Contoh : seorang anak melihat atau memikirkan sebuah baju yang di idam-idamkannya dengan desain yg dia inginkan, perlahan anak trsebut akan mencari tau sampai ke bahan dasarnya bagaimana baju yang dia idamkan bisa terwujud.

  104. Kebudayaan itu awalnya hal-hal yang dibutuhkan oleh orang-orang terdahulu kita untuk melengkapi kebutuhan jasmani rohani mereka. Lalu kebiasaan itu turun-temurun yang bisa disebut kebudayaan.
    Kebudayaan itu juga termasuk identitas/ciri khas dari daerah itu sendiri, mereka pasti memiliki kebiasaan/kebudayaan yang berbeda sehingga mereka menjadi kebudayaan yg unik.
    Jadi dapat disimpulkan kebudayaan itu adalah ide orang-orang terdahulu kita yang awalnya untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani mereka tetapi kebiasaan itu terjalin terus menerus jadilah disebut kebudayaan.

  105. Kebudayaan itu awalnya hal-hal yang dibutuhkan oleh orang-orang terdahulu kita untuk melengkapi kebutuhan jasmani dan rohani mereka. Lalu kebiasaan itu turun-temurun yang busa disebut kebudayaan, kebudayaan itu juga termasuk identitas/ciri khas dari daerah itu sendiri. Mereka pasti memiliki kebiasaan/kebudayaan yang berbeda sehingga mereka menjadi kebudayaan yang unik. Jadi dapat disimpulkan kebudayaan itu adalah ide orang-orang terdahulu kita yang awalnya untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani mereka tetapi kebiasaab itu terjalin terus menerus sehingga menjadi hal yang nyaman untuk dilakukan jadilah disebut dengan kebudayaan.

  106. Kebudayaan sendiri ITU unik dalam suatu Negara karena hanya Negara ITU sendiri yang mempunyai budaya tersebut contohnya wayang hanya indonesia saja yang mempunyainya kebudayaan juga dapat menumbuhkan keyakinan bahwa Indonesia mempunyai banyak budaya yang belum diketahui oleh orang lain

  107. Menurut saya kebudayaan ITU unik karena hanya dimiliki oleh satu Negara saja contohnya wayang, saying hanya dimiliki oleh Indonesia saja jadi Indonesia dapat banga bahwa ada kebudayaan yang belum terlihat

  108. Kata kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta ‘budh’ yang berarti akal. Lalu dibagi menjadi kata ‘budhi’ dalam bentuk tunggal dan ‘budhaya’ dalam bentuk jamak. Jadi, kebudayaan adalah hasil pemikiran (akal) manusia. Budaya adalah cara hidup yang ada didalam suatu kelompok yang kemudian turun temurun dari generasi ke generasi. Kebudayaan merupakan suatu yang berpengaruh dalam tingkat pengetahuan yang terdiri dari ide atau gagasan yang ada pada pikiran manusia. Jadi kebudayaan itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

  109. Nama : Dana Diah Delani
    NIM : 201411023
    sesi : 2

    Kata kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta ‘budh’ yang berarti akal. Lalu dibagi menjadi kata ‘budhi’ dalam bentuk tunggal dan ‘budhaya’ dalam bentuk jamak. Jadi, kebudayaan adalah hasil pemikiran (akal) manusia. Budaya adalah cara hidup yang ada didalam suatu kelompok yang kemudian turun temurun dari generasi ke generasi. Kebudayaan merupakan suatu yang berpengaruh dalam tingkat pengetahuan yang terdiri dari ide atau gagasan yang ada pada pikiran manusia. Jadi kebudayaan itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

  110. Kebudayaan merupakan akar dalam kehidupan masyarakat dan tertanam di diri masyarakat. Kebudayaan melekat dan tumbuh seiring dengan berjalannya zaman. Masyarakat bertingkah laku di dasarkan dari kebudayaan yang tumbuh di lingkungan mereka. Kebudayaan membawa pengaruh terhadap cara berbahasa, bertingkah laku, norma dan nilai-nilai kehidupan. Maka dari itu kebudayaan adalah jati diri, yang akan membawa pengaruh dalam kehidupan dan menjadi pedoman dalam kehidupan.

  111. Kebudayaan merupakan akar dalam kehidupan masyarakat dan tertanam di dalam diri masyarakat. Kebudayaan melekat dan tumbuh seiring dengan berjalannya zaman. Masyarakat bertingkah laku di dasarkan dengan kebudayaan mereka. Kebudayaan membawa pengaruh terhadap cara berbahasa, bertingkah laku, norma dan nilai-nilai kehidupan. Maka dari itu kebudayaan adalah jati diri, yang akan membawa pengaruh dalam kehidupan dan menjadi pedoman dalam kehidupan.

  112. Kebudayaan merupakan akar dalam kehidupan masyarakat dan tertanam di dalam diri masyarakat. Kebudayaan melekat dan tumbuh seiring dengan berjalannya zaman. Masyarakat bertingkah laku didasarkan dengan kebudayaan mereka. Kebudayaan membawa pengaruh terhadap cara berbahasa, bertingkah laku, norma, dan nilai-nilai kehidupan. Maka dari itu kebudayaan adalah jati diri, yang akan membawa pengaruh dalam kehidupan dan menjadi pedoman dalam kehidupan.

  113. Nama: Rizki Fitriandini
    Nim : 2014-11-013
    Sesi : 2
    Kebudayaan merupakan akar dalam kehidupan masyarakat dan tertanam di dalam diri masyarakat. Kebudayaan melekat dan tumbuh seiring dengan berjalannya zaman. Masyarakat bertingkah laku didasarkan dengan kebudayaan mereka. Kebudayaan membawa pengaruh terhadap cara berbahasa, bertingkah laku, norma dan nilai-nilai kehidupan. Maka dari itu kebudayaan adalah jati diri, yang akan membawa pengaruh dalam kehidupan dan menjadi pedoman dalam kehidupan.

  114. Nama: Heribertus Edwin Kasiwali
    Nim: 2014-11-089

    Kebudayaan adalah hasil pola pikir atau buah pikir manusia yang didorong oleh keinginan untuk hidup,atau kebudayaan adalah hasil pola pikir untuk hidup.
    contohnya: kebudayaan kita diera modern sekarang ini,kita menggunakan sarana/alat komunikasi,seperti hp,dll dan penggunaan alat transportasi seperti motor,mobil,pesawat dll.

  115. Nama: Heribertus Edwin Kasiwali
    Nim: 2014-11-089

    Kebudayaan adalah hasil pola pikir atau buah pikir manusia yang mendorong keinginan untuk hidup atau kebudayaan adalah hasil pola pikir untuk hidup.
    contohnya, penggunaan alat komunikasi dan alat transportasi diera modern ini,misalnya penggunaan handphone(hp),mobil,motor dll.

  116. Kebudayaan adalah suatu hasil pola pikir manusia karena adanya dorongan untuk bertahan hidup. Kebudayaan juga mempengaruhi perkembangan pengetahuan di berbagai bidang melalui perwujudan kebudayaan yang beragam. Seperti halnya manusia menciptakan teknologi baru seperti handphone untuk berkomunikasi, memperbaharui sumber daya yang ada seperti menanam padi yang menghasilkan beras dan diolah menjadi nasi untuk makan sehari-hari. Manusia memproduksi kebudayaan juga sekaligus sebagai pengguna kebudayaan. Semua unsur kebudayaan membantu manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

  117. menurut saya, kebudayaan adalah sebuah cara hidup yang dimiliki oleh suatu kelompok yang kemudian diwariskan kpd generasi-generasi berikutnya. akan tetapi, generasi saat ini banyak yang sudah lupa dengan budayanya, karena budaya itu terbentuk dari unsur dasar yang rumit seperti bahasa, pakaian, karya seni dll.

  118. Nama : Abdul Tri Handoko
    Nim : 2014 11 209 Seksi (01)

    Menurut Saya, Kebudayaan itu Memiliki Arti yg sangat berbeda serta memiliki Makna yg berbeda-beda di setiap individu seseorang serta bisa berpengaruh di kehidupan bermasyarakat dan kebudayaan itu memiliki sisi yg Positive dan Negative Tergantung Pola dan Akal Berfikir Individu nya Menyikapi Kebudayaan tersebut.
    Kebudayaan itu juga memiliki sudut pandang yg berbeda-beda di setiap Arti yg dimana ada Arti Luas secara Objektif dan Arti Sempit Subyektif tetapi bisa Mempengaruhi Pola dan Akal berfikir Individu

    • Nama : Abdul Tri Handoko
      Nim : 2014 11 209 Seksi (01)

      Menurut Saya, Kebudayaan itu Memiliki Arti yg sangat berbeda serta memiliki Makna yg berbeda-beda di setiap individu seseorang serta bisa berpengaruh di kehidupan bermasyarakat dan kebudayaan itu memiliki sisi yg Positive dan Negative Tergantung Pola dan Akal Berfikir Individu nya Menyikapi Kebudayaan tersebut.
      Kebudayaan itu juga memiliki sudut pandang yg berbeda-beda di setiap Arti yg dimana ada Arti Luas secara Objektif dan Arti Sempit Subyektif tetapi bisa Mempengaruhi Pola dan Akal berfikir Individu

  119. Nama : irmawati
    Nim : 201411251
    seksi : 23

    Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni . Sedangkan Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

  120. NAMA : MIA DAMAYANTI
    NIM : 2014-11-136 SESI 01

    menurut pendapat saya kebudayaan itu hasil karya manusia dalam usahanya mempertahankan hidup, mengembangkan keturunan dan meningkatkan taraf kesejahteraan dengan segala keterbatasan kelengkapan jasmaninya serta sumber- sumber alam yang ada disekitarnya. seringkali kebudayaan dikaitkan artinya dengan kesenian atau sesuatu yang ada kaitannya dengan musik, gerak gerik, adat istiadat, mengapa kebudayaan sering disangkut pautkan dengan seni? karena dalam hidup kita memerukan sesutu berupa gerakan seperti seni yang bisa membuat pergerakan atau tidak monoton dalam rutinitas kehidupannya agar hidupnya lebih ada terhibur atau hiburan yang membuat manusia termotivasi untuk membuat suatu pergerakan baru yaitu kebudayaan yang dapt bermanfaat untuk kehidupannya maupun orang banyak lainnya. jika ditelaah lebih lanjut arti dari budaya tersebut adalah hasil dari pola pikir manusia untuk menghasilkan sesuatu yang dapat berguna bagi dia lagi, atau dengan arti singkat dia yang menciptakan dia yang menggunakan. sebagai contoh nyata , teknologi seperti handphone manusia yang membuat manusialah yang menggunakan hasil dari pola pikirnya yang dituangkan menjadi ide dan menghasilkan suatu barang yang bisa berguna bagi kehidupan manusia tersebut.

    ada 2 sudut pandang yang berbeda dari para ahli yaitu :
    1. Karl Max: dia melihat satu gelondongan kayu dia akan berfikir kayu tu bsa dihasilkan apa pun seperti meja , kursi, lemari. baru dia akan menjalankan idenya tersebut setelah mendapatkan bahannya terlebih dahulu

    2. Max Weber : berbeda dengan Karl Max, weber akan memikirkan ingin membuat apa, baru kita mencari bahannya.misal :dia ingin membuat keripik singkong, maka dia akan membeli bahan dasarnya lalu selanjutnya membuatnya.

    dari kedua sudutpandang terebut lebih banyak dipakai pendapat Max Weber, karena memikirkan terlebih dahulu dan mempersiapkan sesehingga memperkecil resiko kegagalan.

  121. Kebudayaan itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu hasil pemikiran dari manusia yang berasal dari tindakan yang dilakukan dan yang diperoleh individu dari masyarakat untuk mencapai kesempurnaan hidup dan untuk mempertahankan hidup dengan cara menciptakan ide atau gagasan-gagasan baru. Kebudayaan telah menjadi kebiasaan yang turun menurun dari leluhur.
    Pengertian kebudayaan diambil dari bahasa inggris yang disebut culture yang berarti mengerjakan, menunjuk pada pengolahan tanah, perawatan dan pengembangan tanaman dan ternak. Karna pada awalnya pertanian adalah awal manusia berbudaya. Kebudayaan mencakup tentang pengetahuan, keyakinan, moral, hukum, adat-istiadat dan kesenian. Dengan adanya kesenian membuat kebudayaan itu tidak monoton dan menghasilkan pergerakan yang maju.

  122. menurut saya kebudayaan adalah hasil pola fikir hidup manusia,dimana hal tersebut dapat mendorong manusia untuk bertahan hidup.
    dan manusia memproduksi kebudayaan sekaligus sebagai pengguna kebudayaan itu untuk bereksitensi. contohnya : kendaraan dan pakaian. adapun segala sesuatu yang terdapat didalam masyarakat ditentukan keberadaannya oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu.

    Dan terdapat 2 sudut pandang berbeda dari para ahli :
    1. Karl Max : setelah didepannya ada kayu dan bahan” lainya ialah yang membuat munculnya ide membuat kursi.
    2. Weber : bermula ada ide membuat kursi lalu kemudian mencari” bahan untuk menuangkan ide tersebut.

    Dari sudut berbeda tersebut bisa saya simpulkan bahwa kalau menurut KARL MAX itu : memikirkan / mengumpulkan bahan”nya terlebih dahulu baru dipikir mau bikin apa, sebaliknya dengan pendapat MAX WEBER : bahwa dia memikirkan terlebih dahulu apa yang ingin dibuatnya baru kemudian mencari bahan”nya.

  123. Menurut saya Kebudayaan adalah hasil pola fikir hidup manusia karena dengan hal itu untuk manusia bertahan hidup. dan manusia memproduksi kebudayaan sekaligus sebagai pengguna kebudayaan itu untu bereksitensi. contoh : kendaraan dan pakaian.
    dan manusia untuk bertahan hidupnya maka mesti adanya kreatifitas untuk menghasilkan budaya.
    Adapn segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukan keberadaannya oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.dan kebudayaan adalah tercermin atas realitas apa adanya di masyarakat.

    Ada 2 sudut pandang berbeda dari para ahli :
    1.Karl Max : setelah didepannya ada kayu dan bahan” lainya ialah yg membuat munclnya ide membuat kursi.
    2.Max Weber : bermula ada ide membuat kursi baru kemudian mencari bahan” untuk menuangkan ide tersebut.

    Dari yg aku simpulkan pada 2 sudut pandang ini bahwa menurut Karl Max : memikirkan/mengumpulkan bahan”nya terlebih dahulu baru kmudian dipikir mau bikin apa, sebaliknya pada pendapat Max Weber bahwa dia memikirkan apa yang ingin dibuat baru cari bahan”nya.

  124. USWATUN HASANAH
    nim : 2014-11-040
    seksi :2
    Kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil yang harus didapatkan dengan belajar, dan semua itu tersusun dalam kehidupan masyarakat. Unsur yang tergolong yaitu unsur besar dan unsur kecil yang disebut dengan istilah culture universal karena disetiap penjuru dunia manapun kebudayaan dapat ditemukan seperti pakaian, tempat tinggal, dll.

  125. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. budaya bentuknya yaitu adat , agama, ras, bahasa, karya seni. sehingga ketika kita bertemu dan berkomunikasi dengan orang dengan menggunakan bahasa dari adat-adat masing-masing. budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. yang besifat komplek, abstrak dan luas. sehingga kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat khususnya indonesia.

  126. Kebudayaan merupakan hal yang tisak asing di telinga masyarakat, khususnya negara Indonesia. Kebudayaan yg berasal dari bahasa sansekerta yaitu boddhi atau artinya akal Budi. Budaya sendiri bisa diartikan sebagai akal budi manusia atau pola pikir manusia untuk mereka bertahan hidup. Di Indonesia sendiri, budaya sering dikaitkan dengan kesenian, adat istiadat. Bila kita ambil kesimpulan dari kalimat budaya itu sendiri, budaya bisa juga diartikan sebagai cara bertahan hidup manusia untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang dengan cara mengadakan atau menciptakan suatu kesenian, ciri khas suatu daerah agar dapat dikenal khalayak luas serta menjadi sarana hiburan untuk masyarakat agar menghindari gaya hidup yang monoton.

  127. Putri Wulandari – 201411033 – Sesi 01

    Hasil pola pikir manusia yang untuk bertahan hidup, pola pikir tersebut akan menimbulkan ide yang menghasilkan kebudayaan.
    Kebudayaan merupakan keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur – struktur sosial, religius serta segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi cirri khas suatu masyakat.
    • Maksudnya kebudayaan merupakan keseluruhan pengertian (adalah hasil pola pikir, karya manusia untuk memenuhi kebutuhannya), nilai (apa saja yang dianggap baik maupun dianggap buruk dalam kehidupan masyarakat, ataupun yang dianggap pantas maupun tidak pantas. Seperti kebudayaan barat dalam segi berpakaian, disana hal yang wajar berpakaian “mini” karena pola pikir manusia untuk bertahan hidup dikarenkaan cuaca disana yang panas, tetapi apabila orang-orang barat datang ke Indonesia tetap menggunakan pakaian yang “mini” akan dianggap aneh maupun tidak sopan, dikarenakan di Indonesia menganut kebudayaan ketimuran), norma (aturan yang terdapat dalam masyarakat, misalnya aturan yang dibuat oleh ketua RT di perumahan agar membuang sampah pada tempatnya, karena sampah berserakan akan menimbulkan penyakit dan membuat perumahan menjadi kumuh, apabila ada orang yang membuang sampah sembarangan akan didenda Rp 50.000,- agar orang-orang yang melanggar aturan akan jera dan tidak akan melakukannya lagi), ilmu pengetahuan (hasil pola pikir manusia untuk bertahan hidup, dapat dilakukan dengan cara menyelidiki, menemukan sesuatu dan dapat meningkatkan pemahaman manusia terhadap sesuatu. Contohnya adalah komputer, dahulu komputer menggunakan Pentium 1, sekarang sudah menggunakan windows 8, karena berkembangnya ilmu pengetahuan), keseluruhan struktur-struktur sosial (dapat membentuk kelompok dalam masyarakat, contohnya adalah kelompok pria dan kelompok wanita, apabila diadakan kerja bakti dalam masyarakat biasanya kelompok pria yang melakukan kerja bakti dan kelompok wanita yang memasak), religius (kebudayaan agama islam adalah sholat lima waktu, kebudayaan orang Kristen adalah beribadah ke gereja dan kebudayaan lain menurut agama yang dianut setiap manusia), intelektual (pemikiran yang gemilang, seperti ilmu pengetahuan yang selalu berkembang), serta spiritual (hubungan manusia dengan Tuhan-Nya, seperti dalam islam menggunakan Hijab bagi para wanita)
    Bentuk – bentuk kebudayaan
    Menurut Bertrand ada dua bentuk kebudayaan :
    1. ‘material culture’, sebagai: “… a culture includes those things Which men have created and use which have a tangible forms” (jenis kebudayaan dimana orang telah menciptakan dan menggunakan ciptaannya itu untuk memiliki bentuk yang berwujud).
    Seperti dalam pembuatan meja, seorang tukang memiliki kayu, dan dalam pembuatannya, tukang tersebut akan memikirkan bentuk-bentuk meja yang unik, memikirkan jenis kayu yang digunakan agar meja yang dibuatnya tahan lama (tidak mudah rusak),

    2. ‘nonmaterial culture’ sebagai: “all those creations of man with he uses to explain and guide his actions, but with are not found except in his mind” (segala buatan manusia yang ia gunakan untuk menyatakan dan membimbing tindakannya, tetapi buatannya itu tidak bisa didapati kecuali di dalam pikirannya saja).
    Seperti sikap, keyakinan, dan nilai-nilai dalam masyarakat

  128. Apa yang sudah di jelaskan di blog ini,dapat diartikan budaya itu adalah
    Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.dan ada yg mendefinisikan kebudayaan adalah culture berasal dari bahasa latin Colore yang artinya pemeliharaan, pengolahan tanah menjadi tanah pertanian. Sedangkan Kebudayaan, akar katanya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddayah dari budhi atau akal. Dengan kata lain kebuadayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
    jadi dapat ditarik kesimpulan, budaya atau kebudayaan itu suatu cara hidup atau cara bertahan hidup untuk memenuhi kebutahan kita sebagai manusia Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku, dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. salah satu contoh nya seni kenapa seni termasuk dalam cara kita untuk bertahan hidup? karena seni membuat hidup kita tidak monoton coba bayangin kalo di dunia ini tidak ada seni seperti tari,musik,lukis dll. hidup kita bakal garing banget , contoh nih kita abis makan dan kita gatau mau ngapain lagi paling paling tidur lagi malah bikin nambah penyakit soalnya seni gada kaya kita gabisa dengerin musik. padahal seperti musik dangdut yang biasa bikin kita goyang atau lagu hiphop yg bisa bikin badan kita bergerak goyang2 itu pasti seru banget kita sambil bisa berolahraga, dan badan kita sehat. nahh,dari situlah seni termasuk budaya agar kita bisa bertahan hidup :) .

  129. Kebudayaan dapat diartikan dengan budaya dan dapat disebut juga dengan culture yang artinya keseluruhan sistem gagasan dan tindakan atau mengolah dan merubah alam yang dilakukan oleh masyarakat. Kebudayaan itu sendiri adalah segala bentuk yang dapat dipelajari masyarkat dari hasil budi pekertinya. Pertanian adalah salah satu contoh awal manusia bebudaya karena pertanianlah sebagai sumber mata pencaharian manusia, maka itu adalah hasil budi pekerti awal manusia dan membuatnya menjadi sebuah kebudayaan.

  130. Menurut saya, Kebudayaan adalah hal yang ada sejak nenek moyang kita terdahulu. dengan adanya kebudayaan kita bisa membangun,termotivasi,bahkan bisa kita lestarikan, bisa disebut juga suatu hasil cipta, rasa dan karsa manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan.

  131. Kebudayaan adalah suatu pengetahuan formal maupun non formal. Sehingga kebudayaan sering terjadi di kehidupan bermasyarakat tetapi bersifat abstrak Dan manusai yang bersifat berprilaku yang berbeda satu dengan yang lain. Contohnya : gaya bahasanya,seni,peralatan hidup,realigi dan cara berorganisasi di dalam masyarakat,. Dan semua terjadi untuk mengelengkapi di kehidupan bermasyarakat,.

  132. Nama : Muti Mussoleha
    Nim : 201411031
    sesi : 2

    kebudayaan itu merupakan tindakan dan kebiasaan yang berbeda pada masing-masing daerah, kota atau negara di dunia ini. kebudayaan dihasilkan karena sebuah kondisi dan situasi lingkungan masing masing dan disepakati oleh masyarakat tersebut dan bisa juga kebudayaan dihasilkan oleh kepercayaan mereka masing masing seperti contoh kepercayaan nenek moyang dan agama. dan khususnya di indonesia banyak sekali beragam budaya dari sabang sampai merauke. dan mayoritas kebudayaan disini di faktori oleh kepercayaan nenek moyang sehingga dalan urusan agama agak sedikit dicampur adukkan contohnya di jawa ada Islam kejawen yang mencapur adukkan hukum agama dan budaya.

  133. PURNAMA ZEBUA 2014-11-132 SESI02.
    KEBUDAYAAN, diambil dari kata dasar budaya. menurut saya sendiri budaya adalah hasil pola pikir manusia yang dituangkan dengan kreatifitas untuk bertahan hidup dan budaya itu bukan lagi hanya mengacu pada seni karena sekarang budaya itu bisa mengarah ke budaya berpakaian, budaya konsumtif,dll.
    cth :
    budaya berpakaian, seperti ketika orang asli australia dan indonesia memiliki perbedaan kebiasaan dalam berpakain. jika orang australia lebih sering memakai baju tebal² karena cuaca disna yang dingin,sedangkan orang indonesia memakai baju tipis² karena cuaca di sini yang panas.
    budaya konsumtif,ketika orang indonesia bekerja untuk mencari uang untuk membeli bahan pangan di rumah,sedangkan di jepang uang hasil kerja mereka langsung untuk membeli makanan yang siap saji tiap harinya…

  134. Kebudayaan, berasal dari bahasa sansekerta, boddhi, bodhya, yang artinya pola pikir. Bisa kita ambil kesimpulan bahwa, kebudayaan merupakan pola pikir manusia yang digunakan sebagai cara mereka untuk bertahan hidup. Dalam kehidupan sehari-hari kalimat ini sudah tidak asing di telinga kita. Kebudayaan sendiri di Indonesia sering di kaitkan dengan kesenian, dan adat istiadat. Ada kalimat yang mengatakan bahwa “Kebudayaan di Indonesia sangat beragam”. Dari pernyataan tersebut, bisa dikatakan bahwa kebudayaan adalah cara pola berpikir manusia untuk mempertahankan warisan kesenian daerahnya agar tidak punah, serta sebagai wadah pembelajaran kehidupan bahwa sesungguhnya dalam menjalani hidup, manusia membutuhkan hiburan agar hidup mereka tidak monoton, harus ada hiburan. Apa hiburannya? yaitu tadi, kesenian daerah serta adat istiadat masyarakat Indonesia yang harus kita jaga kelestariannya. Agar anak cucu kelak bisa mengetahui kebudayaan Indonesia yang beragam.

  135. Menurut saya KEBUDAYAAN itu suatu ciri khas dr suatu daerah yg terbentuk karena tindakan yg dilakukan masyarakatnya dan dijadikan suatu kebiasaan oleh masyarakatnya. hasil ciptra rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan kehidupannya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan dan seni

  136. Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya adalah buah pikiran untuk bertahan hidup yang dihasilkan atau didorong oleh keinginan untuk bertahan hidup. Budaya adalah juga suatu pergerakan yang terbentuk karena kebiasaan yang dilakukan terus menerus. Contohnya: memakai baju, membuang sampah pada tempatnya, mengantri, dll.
    Kebudayaan atau culture identik dengan pertanian. Pada jaman modern seperti ini budaya asli indonesia memang sudah mulai pudar, karena masuknya budaya luar atau terjadinya globalisasi tanpa adanya filterisasi atau penyaringan suatu budaya.

  137. Menurut saya Kebudayaaan itu sederhananya sebuah hasil cipta karsa manusia yg tetap d jalankan dan di sepakati secara kolektif.. Kbudayaan jg mrupakan sebuah kebiasaan yg dilakukan secara terus menerus oleh sklmpok manusia shingga mnjadi sbuah kekayaan intelektual dalam sbuah kelompok masyarakat yg terus d lestarikan

  138. Kebudayaan ialah hasil karya cipta seseorang atau hasil buah pemikiran seseorang untuk menciptakan sesuatu yang bemanfaat demi mempertahankan kelangsungan hidup orang tersebut maupun orang lain.
    Ada dua tokoh besar yang mendefinisikan tentang “Dasar Kebudayaan”:
    1) Karl Marx berpendapat bahwa setelah ia melihat peluang disekelilingnya baru lah selanjutnya ia memikirkan tujuan apa yang akan ia buat dari apa yang telah ia lihat tadi

    • Kebudayaan ialah hasil karya cipta seseorang atau hasil buah pemikiran seseorang untuk menciptakan sesuatu yang bemanfaat demi mempertahankan kelangsungan hidup orang tersebut maupun orang lain.
      Ada dua tokoh besar yang mendefinisikan tentang “Dasar Kebudayaan”:
      1) Karl Marx berpendapat bahwa setelah ia melihat peluang disekelilingnya baru lah selanjutnya ia memikirkan tujuan apa yang akan ia buat dari apa yang telah ia lihat tadi.
      2) Max Weber berpendapat bahwa ia memikirkan tujuan terlebih dahulu baru kemudian ia melihat peluang dan apa yang akan ia buat setelah ia melihat peluang tersebut

  139. Budaya berasal dari bahasa Sanskerta , yaitu Budhayah, yaitu budhi yang berarti budi atau akal.
    Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama atau sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi satu ke generasi yang lainnya .
    Budaya juga dapat mempengaruhi manusia seperti : agama , adat istiadat , pakaian , bahasa , karya seni.
    Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.
    Dengan demikian budaya dapat diartikan hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan cara hidup yang selalu berubah dan berkembang dari waktu ke waktu.
    Kata budaya atau kebudayaan itu sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
    kebudayaan yaitu sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau sebuah gagasan yang terdapat dalam pola pikir manusia , sehingga dalam kehidupan sehari-hari , kebudayaan itu bersifat abstrak atau campuran .

  140. edo yoga pamungkas
    2014-11-222
    sesi 23

    menurut pemahaman saya, kebudayaan itu sekumpulan pikiran manusia untuk bertahan hidup.Jadi mau gak mau untuk dapat bertahan hidup kita harus melakukan itu. contoh kebudayan misalnya ada suku di banjarmasin yang tinggal di wilayah perairan dan untuk dapat bertahan hidup dia melakukan proses transaksi jual beli melalu pasar apung.

  141. Kebudayaan adalah budi & akal seseorang dalam bertindak / melakukan sesuatu hal untuk memenuhi kebutuhan hidup / menjalani kehidupan. Seperti dengan adanya tanah liat, seseorang beride untuk membuat tanah liat tersebut menjadi teko antik yang dapat dijual sehingga menghasilkan uang yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

  142. menurut saya Budaya ilalah cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok manusia dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem politik dan agama ,adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni

  143. Harus diketahui Kebudayaan bukan lagi diartikan sebagai adat istiadat saja. kebudayaan ini dalam arti luas adalah sebuah pola pikir yang dimiliki oleh individu yang didorong untuk menghasilkan sesuatu. segala sesuatu yang berada didalam masyarakat bergantung dengan apa yang dimiliki individu itu sendiri.
    contoh : didalam kehidupan sehari-hari orang indonesia biasa memakan nasi kalau tidak memakan nasi atau belum memakan nasi belum bisa dinamakan makan. sedangkan orang arab dalam kehidupan sehari-hari orang arab biasa memakan roti.
    kebudayaan dalam arti sempit adalah yang memiliki kandungan spiritual dan intelektual.
    dasar kebudayaan menurut karl max dan max weber.
    kalau menurut karl max intinya adalah jika seseorang melihat atau mempunyai sebuah bahan baku maka disitulah ia berpikir untuk apa bahan baku itu digunakan. sedangkan max weber berpendapat sebelum mencari bahan baku yang paling utama dilakukan adalah berpikir terlebih dahulu apa yang mau dibuat setelah menemukan ide maka barulah mencari bahan yang dibutuhkan untuk membuat ide tersebut.

  144. Nama: Teklaudi Kurniati Senima
    Nim : 2014-11-191
    Sesi : 01

    Kebudayaan adalah kebiasaan atau tindakan yang sudah terbiasa yang dilakukan oleh individu maupun kelompok yang bersumber dari pola pikir dan akal budi masyarakat itu sendiri. Kebudayaan dapat dipandang dalam dua sisi yaitu negative dan positive tergantung dari penilaian masyarakat itu sendiri.
    contoh kebudayaan :
    ketika masuk rumah orang maka harus mengetok pintu dan memberi salam. Hal ini merupakan kebiasaan yang sudah dibudayakan oleh orang indonesia dan dapat diterima didalam masyarakat yaitu sebagai etika yang baik dan beradab.

  145. Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya adalah buah pikiran untuk bertahan hidup yang dihasilkan atau didorong oleh keinginan untuk bertahan hidup. Budaya adalah juga suatu pergerakan yang terbentuk karena kebiasaan yang dilakukan terus menerus. Contohnya: memakai baju, membuang sampah pada tempatnya, mengantri, dll.
    Kebudayaan atau culture identik dengan pertanian. Pada jaman modern seperti ini budaya asli indonesia memang sudah mulai pudar, karena masuknya budaya luar atau terjadinya globalisasi tanpa adanya filterisasi atau penyaringan suatu budaya.

  146. Masyarakat adalah orang yang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaan. Tidak ada masyarakat yang tidak mempunyai kebudayaan dan sebaliknya, tidak ada kebudayaan tanpa masyarakat sebagai wadah pendukungnya. Kebudayaan adalah kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. kebudayaan juga terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari perilaku yaitu mencakup segala cara-cara atau pola berpikir, merasakan dan bertindak.

  147. Menurut saya, kebudayaan berasal dari kata budi dan daya, budi artinya akal pikiran manusia, dan daya artinya kemampuan. Jadi budaya adalah suatu kemampuan yang berasal dari pikiran manusia. Misalnya adalah menciptakan inovasi baru. Inovasi baru yang manusia ciptakan salah satunya mengubah sistem bertani yang tadinya menggunakan kerbau untuk membajak sawah beralih menggunakan traktor agar lebih mudah dan efektif.
    Budaya sendiri terdiri dari unsur bahasa, kesenian, religi.

  148. Kebudayaan dalam arti luas, adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
    Kebudayaan dalam arti sempit dapat disebut dengan istilah budaya atau sering disebut kultur yang mengandung pengertian keseluruhan sistem gagasan dan tindakan.
    Kebudayaan ataupun yang disebut peradaban, mengandung pengertian luas, meliputi pemahaman perasaan suatu bangsa yang kompleks, meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hokum, adat-istiadat (kebiasaan), dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat.
    Seperti halnya saja contoh konkritnya yaitu bergotong royong. Gotong royong merupakan ciri khas dari kebudayaan Indonesia yang sampai saat ini masih sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sejak zaman leluhur. Dengan adanya gotong royong dapat membuat sesama manusia saling meolong satu sama lainnya. Namun di zaman moderen seperti saat ini, bergotong royong tampaknya sudah jarang kita temui di daerah perkotaan. Karena daerah perkotaan cenderung dengan manusia –manusia yang menganut kebudayaan individual dengan mengandalkan ego masing-masing.

  149. Nama : Fitri Oktaviani
    Nim : 201411041
    sesi 1

    kebudayaan sering kali diartikan sebagai kesenian dan adat istiadat kebudayaan jg mencangkup tentang pengetahuan, keyakinan, moral hukum, adat istiadat, kemampuan serta kebiasaan. pada dasarnya kebudayaan adalah pola pikir manusia yg menghasilkan sesuatu untuk bertahan hidup. yg dimaksud dengan bertahan hidup ialah mengolah sesuatu agar menjadi lebih berguna untuk bertahan hidup.

  150. Kebudayaan bisa diartikan sebagai perbuatan ,ide-ide , atau akal manusia dari ide-ide tersebut manusia dituntut supaya bisa untuk mengelolah,mengubah alam demi mempertahankan hidupnya ,budaya itu tidak hanya sekedar kesenian saja tetapi budaya juga bisa diartikan untuk mengolah tanah, usaha bercocok tanam, sebagaimana tercermin dalam istilah agriculture dan holticulture.
    Ada dua sudut pandang membedakan budaya yaitu :
    1. Menurut marx , terjadinya percabangan dari satu sisi antara tujuan satu dengan yang lain . Contohnya : ada sebungkus tepung terigu dan bahan-bahan lainnya yang membuat munculnya ide untuk membuat cake , jadi karena ada tepung terigu kemudian muncul ide membuat cake .

    2. M enurut Weber , iya terlebih dahulu menelaah bagaimana atau proses suatu tujuan itu bisa terjadi . Contohnya : bermula ada ide untuk membuat cake baru kemudian mencari-cari bahan untuk menuangkan ide tersebut

  151. Menurut saya kebudayaan adalah hasil pola fikir manusia yang di dorong untuk bertahan hidup, hasil pola fikir itu menghasilkan sesuatu, antara lain ilmu pengetahuan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, kebiasaan-kebiasan yang ada dalam masyarakat untuk bertahan hidup manusia memerlukan ide dan kreatifitas dalam memenuhi kebutuhannya. Ada 2 sudut pandang menurut beberapa ahli tentang dasar kebudayaan antara lain:
    1) Menurut Karl Max ia akan melihat sesuatu dari satu sisi saja yang akan memunculkan beberapa percabangan antara tujuan satu dengan tujuan yang lainya. Misalnya saat karl melihat di depannya ada kayu dan bahan-bahan lainnya ia memunculkan suatu ide untuk membuat kursi.
    2) Menurut Max Weber ia akan memunculkan ide terlebih dahulu lalu ia mencari bahan dan ide tersebut memiliki satu tujuan. Misalnya saat weber mempunyai ide untuk membuat meja lalu ia akan mencari bahan-bahan untuk membuat meja tersebut.

  152. Menurut saya.. Kebudayaan dalam perspektif teori sosial menjelaskan bahwa kebudayaan tidak lepas dari masyarakat dan masyarakat tidak lepas dari budaya karena masyarakat saling berinteraksi dan berbagi budaya antara satu dengan yang lainnya. Adanya unsur kontradiktif membuat kebudayaan tidak pernah berhenti dan selalu melakukan seperti pembaharuan kebudayaan sesuai dengan kondisi masyarakat.
    Misalnya seperti budaya-budaya daerah indonesia yang tidak dapat di ubah oleh budaya lain yang mungkin budaya tersebut lebih baik dari budaya indonesia sendiri

  153. kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan . Kebudayaan lainya adalah hasil atau pola pikir yang dimaksud pola pikir itu bisa menghasilkan sesuatu untuk bisa bertahan hidup. masyarakat memproduksi nkebudayaan sekaligus juga sebagai penggunanya.

  154. Kebudayaan adalah suatu karya manusia yang berasal dari akal atau fikiran manusia.
    kebudayaan itu ada karena manusia yang menciptakannya dan manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya dan kebudayaan akan terus berjalan karena ada manusia sebagai pendukungnya.

  155. Menurut saya,kebudayaan adalah Suatu warisan turun temurun dari nenek moyang kita yang harus kita lestarikan dan kita kembangkan. Dengan upaya untuk menciptakan pola pikir manusia untuk bertahan hidup dan berkehidupan yang layak,dengan cara memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya alam yang ada disekitar kita.

  156. Yang tertera dari pernyataan diatas dapat saya kemukakan kembali bahwa kebudayaan merupakan suatu pola pikir untuk membuat sesuatu yang terdiri dari ide yang dapat dimanfaatkan untuk melangsungkan hidupnya pada masa yang akan datang. Dalam sosiologi arti kebudayaan harus dikaitkan dengan masyarakat. Mengutip dari pernyataan diatas “bahwa masyarakat itu menjadi ada lantaran adanya kebudayaan”, untuk itu masyarakat memiliki keharusan untuk terus memberikan hasil dari apa yang mereka pikirkan untuk membuat sesuatu agar dapat bertahan hidup. Kebanyakan orang berpendapat bahwa kebudayaan merupakan kesenian, benar adanya jika kesenian merupakan salah satu dari kebudayaan, tidak hanya ilmu pengetahuan, kebiasaan, atau kemampuan. Namun kesenian juga merupakan hasil ide kreatif yang dimiliki seseorang untuk dapat terus menerus dikembangkan. Untuk itu definisi kebudayaan sangat banyak dan beragam, tergantung dari sudut pandang yang kita lihat. Jika dilihat dari bentuknya pernyataan diatas terdiri dari material culture dan nonmaterial culture. Menurut Bertrand material culture yaitu jenis kebudayaan dimana orang telah menciptakan dan menggunakan ciptaannya itu untuk memiliki bentuk yang berwujud, dapat saya contohkan material culture itu seperti seseorang yang menciptakan tombak untuk menangkap ikan, tombak tersebut terus menerus digunakan dan benda tersebut bentuk yang berwujud.. Sedangkan ‘nonmaterial culture’ yaitu segala buatan manusia yang ia gunakan untuk menyatakan dan membimbing tindakannya, tetapi buatannya itu tidak bisa didapati kecuali di dalam pikirannya saja, dicontohkan seperti seorang guru dengan banyak berfikir kreatif untuk menciptakan ide, metode, dan teknik mengajar agar anak muridnya mengerti apa yang ia ajarkan dan apa yang ia ajarkan akan membimbing tindakannya, karena tindakannya tersebut akan ditiru oleh anak muridnya kemudian ide, metode, dan teknik mengajar tersebut hanya ada di dalam pikirannya saja.

  157. kebudayaan adalah segala sesuatu yang dilakukan manusia untuk mempertahankan hidup. Kebudayaan tersebut meliputi pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasan. Apabila tidak ada kebudayaan maka akan membuat hidup monoton yang akan membuat manusia jenuh dan malas bergerak sehingga tidak dapat mempertahanan kehidupannya. Kebudayaan akan membuat manusia berwarna dan manusia lebih semangat untuk membuat kehidupannya jauh lebih baik serta mempertahankan hidup.

  158. Menurut saya kebudayaan itu suatu kebiasaan masyarakat yang telah ada sejak turun temurun atau sudah ada sejak dahulu dan juga banyak kebudayaan baru yang masuk baik bersifat positif atau negatif dari budaya asing yang masuk ke indonesia dan banyak yang bersifat negatif contohnya budaya berpakain yang terbuka dan tidak sesuai dengan kebudayaan indonesia yang sopan .

  159. Kebudayaan adalah kebiasaan dari dahulu yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Budaya merupakan buah pikiran untuk bertahan hidup yang dihasilkan atau didorong oleh keinginan untuk bertahan hidup. pada zaman sekarang , kebudayaan yang ada di indonesia sudah ditinggalkan oleh remaja-remaja yang diakibatkan masuknya budaya dari luar.

  160. kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan sistem atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, kebudayaan berhubungan erat dengan masyarakat

  161. Pengertian Kebudayaan menurut saya adalah suatu cara kehidupan yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang yang diwariskan oleh generasi ke generasi lainnya .

  162. menurut saya kebudayaan adalah pola mikir manusia yang bertujuan untuk mempertahankan hidupnya . kebudayaan juga bisa berhubungan dengan kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian masyarakat. misalnya adalah kebudayaan dalam berpakaian atau dalam pemakaian alat tekhnologi.

  163. kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam keseharian kebudayaan itu bersifat abstrak.

  164. Kebudayaan adalah suatu hasil karya dari masyarakat yang berupa hasil pemikiran dan juga kebiasaan masyarakat itu sendiri. Kebiasaan ini juga diwariskan dari dahulu ke generasi generasi berikutnya. Dan seterusnya

  165. Kebudayaan sangat berhubungan erat dengan masyarakat karena kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

  166. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta: yaitu buddhaya, yang berarti bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Dalam bahasa inggris, kebudayaan disebut ‘culture’ yaitu mengolah atau mengerjakan. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia, bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bercocok tanam.

    Dari berbagai definisi tersebut, menurut saya pengertian mengenai kebudayaan dalam artian luas adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan, dan meliputi gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

    Segala sesuatu yang ada di masyarakat bergantung pada segala sesuatu yang dia pakai & dia gunakan oleh masyarakat.

    Contoh hasil hidup pola pikir: di Kanada orang memakai tebal karena dingin untuk bertahan hidup.

    Kita bisa mengatakan itu Budaya jika kita memiliki Wawasan.

    Kebudayaan dalam pengertian sempit: memiliki budaya dengan penuh spiritual & intelektual yang tinggi.

  167. Menurut saya Kebudayaan atau dengan kata lain budaya adalah Budi dan Daya yaitu AKAL dan TINDAKAN artinya adalah tindakan berdasarkan akal.
    Kebudayaan dalam perspektif teori sosial menjelaskan bahwa kebudayaan melekat dan tidak lepas dari masyarakat dan masyarakat tidak lepas dari budaya karena masyarakat saling berinteraksi dan berbagi budaya antara satu dengan yang lainnya.
    Dan Kebudayaan juga merupakan salah satu pedoman hidup manusia dalam bersikap, bertingkah laku, dan bertutur kata dalam kehidupan sehari-harinya karena kebudayaan berisi nilai, etika, keyakinan, dan kebiasaan yang diberlakukan pada suatu kelompok di masyarakat. Jadi, kebudayaan dapat menjadi ciri khas suatu kelompok yang ada di masyarakat tersebut dan dapat dilestarikan.

  168. suatu kebudayaan dapat menambah wawasan atau pengetahuan kita tentang budaya budaya yang ada pada terdahulu. kebudayaan tersendiri dapat di artikan sebagai suatu kebiasaan dalam suaty masyarakat atau golongan. kebudayaan didapat dari warisan warisan pada zaman terdahulu yang dapat berupa adat adat atau kepercayaan.

  169. Menurut saya Kebudayaan adalah cara cara atau siasat yang di gunakan oleh manusia untuk menyambung hidup. Kemudian dilanjutkan dan di kembangkan oleh generasi selanjutnya sehingga terjadinya kemajuan dan kemudahan cara untuk bertahan hidup.

  170. Kebudayaan adalah suatu tradisi atau cara hidup seseorang yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang dari masa ke masa.

  171. Nama: dea lupiana
    Nim: 2014-11-186
    Kebudayaan adalah suatu kebiasaan yang menjadi suatu bentuk karakteristik yang terjadi secara turun temurun berdasarkan pemikiran atau kelakuan yang mengandung suatu nilai dan norma dan juga sebagai simbol daerah. Contohnya sumatera barat pakaian gadis minangnya terkenal dengan sebutan “baju kurung” dengan melambangkan gadis minang itu harus memiliki sopan santun baik berprilaku maupun dalam cara berpakaian.

  172. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
    Unsur-unsur kebudayan : agama, adat istiadat, dan bahasa .
    Kebudayaan adalah suatu satu kesatuan atau jalinan yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, dan kesenian.

  173. Kebudayaan itu adalah sesuatu yang akan mempengaruhi manusia sebagai makhluk yang berbudaya dan berperilaku yang bersifat nyata seperti bahasa, religi, seni dan lainya. Kata budaya itu sendiri berasal dari bahasa sansekerta buddhayah yang dengan demikian kebudayaan diartikan sebagai hal yang berkenaan dengan budi atau akal bisa juga diartikan kebiasaan dalam suatu masyarakat disuatu tempat.

  174. Kalo menurut saya budaya itu adalah keseluruhan hasil karya manusia, yang bersifat benda maupun non benda dan itu diwarisi dari kakek moyang kita
    contonnya seperti benda : alat musik, tarian, dsb
    kalo non benda seperti perilaku, tata krama, kesopanan.

  175. kebudayaan menurut saya adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang di jadikan milik diri manusia dengan belajar dan kebudayaan meliputi pengetahuan,kepercayaan,seni,moral,hukum,adat-istiadat dan pembawaan lainnya.

  176. mengutip dari penjelasan di atas Kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti akal atau budi. Kebudayaan tercipta karna ada keinginan manusia untuk bertahan hidup. Dapat dikatakan seperti itu karena pada masa itu masyarakat hidup dari apapun yg berasal dari alam yang mengharuskan mereka menggerakkan seluruh akal budinya seperti borcocok tanam agar mereka dapat menunjang kehidupannya. Contoh lainnya yaitu salim yang biasa kita lakukan yang jadi kebudayaannya itu menghormati kepada orang tua bukan salimnya karena itu sebuah perilaku dan kenapa salim dijadikan contoh kebudayaan karena agar tidak timbulnya pertikaian yang menyebabkan kepunahan karena dalam pertikaian pasti ada kalah dan menang untuk itu perlu adannya saling menghormati agar kebudayaan itu dapat berjalan terus menerus atau turun temurun karena kebudayaan berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat.

  177. mengutip dari penjelasan di atas Kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti akal atau budi. Kebudayaan tercipta karna ada keinginan manusia untuk bertahan hidup. Dapat dikatakan seperti itu karena pada masa itu masyarakat hidup dari apapun yg berasal dari alam yang mengharuskan mereka menggerakkan seluruh akal budinya seperti borcocok tanam agar mereka dapat menunjang kehidupannya. Contoh lainnya yaitu salim yang biasa kita lakukan yang jadi kebudayaannya itu menghormati kepada orang tua bukan salimnya karena itu sebuah perilaku dan kenapa salim dijadikan contoh kebudayaan karena agar tidak timbulnya pertikaian yang menyebabkan kepunahan karena dalam pertikaian pasti ada kalah dan menang untuk itu perlu adanya saling menghormati agar kebudayaan itu dapat berjalan terus menerus atau turun temurun karena kebudayaan berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat.

  178. Kebudayaan berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah/Buddhi yang berarti akal atau budi. Dalam bahasa Inggris kebudayaan berarti culture sedangkan ‘culture’ adalah berasal dari bahasa Latin yaitu ‘colere’ yang berarti bercocok tanam. ‘culture‘ ialah kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam. Kita sebagai manusia harus menggerakkan seluruh akal budi untuk mempertahankan hidup. Budaya dengan kebudayan memiliki perbedaan jika Budaya itu cipta, rasa dan karsa suatu masyarakat seperti cara hidup sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi, sedangkan kebudayaan merupakan hasil dari cipta, rasa dan karsa masyarakat tersebut seperti pengetahuan, seni, dan sebagainya.

  179. Inneke Putri Manna 201411302 seksi 23
    Kebudayaan berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah/Buddhi yang berarti akal atau budi. Dalam bahasa Inggris kebudayaan berarti culture sedangkan ‘culture’ adalah berasal dari bahasa Latin yaitu ‘colere’ yang berarti bercocok tanam. ‘culture‘ ialah kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam. Kita sebagai manusia harus menggerakkan seluruh akal budi untuk mempertahankan hidup. Budaya dengan kebudayan memiliki perbedaan jika Budaya itu cipta, rasa dan karsa suatu masyarakat seperti cara hidup sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi, sedangkan kebudayaan merupakan hasil dari cipta, rasa dan karsa masyarakat tersebut seperti pengetahuan, seni, dan sebagainya.

  180. Rochayah – 201411158 – seksi 23

    Dari banyak pengertian tentang kebudayaan, maka kebudayaan yaitu hal yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan juga wawasan yang didalamnya meliputi ide atau gagasan dalam pikiran manusia yang berkaitan dengan akal dan budi, sehingga menciptakan suatu hal guna bertahan hidup dalam kehidupan sehari-hari dan guna masa yang akan datanng. Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang dihasilkan oleh manusia melalui rasa untuk bertahan hidup sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

  181. Kebudayaan terdiri atas berbagai pola, bertingkah laku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang diperoleh dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang menyusun pencapaiannya secara tersendiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk di dalamnya perwujudan benda-benda materi, pusat esensi kebudayaan terdiri atas tradisi cita-cita atau paham, dan terutama keterikatan terhadap nilai-nilai. Ketentuan-ketentuan ahli kebudayaan itu sudah bersifat universal, dapat diterima oleh pendapat umum meskipun dalam praktek

  182. Budaya merupakan suatu penciptaan ilmu pengetahuan, kebiasaan, keindahan dan suatu kekuatan dari dalam jiwa untuk melakukan sesuatu yang dikehendaki.
    Berbeda dengan kebudayaan, kebudayaan merupakan hasil dari budaya itu sendiri. Contohnya kemajuan bidang teknologi dan komunikasi yang terjadi saat ini seperti teknologi internet, parabola dan televisi, kebudayaan masyarakat lama cenderung menggunakan surat dalam surat menyurat namun, kebudayaan masyarakat sekarang, kita lebih sering menggunakan E-mail.

  183. Kebudayaan itu adalah sesuatu yang akan mempengaruhi manusia sebagai makhluk yang berbudaya dan berperilaku yang bersifat nyata seperti bahasa, religi, seni dan lainya. Kata budaya itu sendiri berasal dari bahasa sansekerta buddhayah yang dengan demikian kebudayaan diartikan sebagai hal yang berkenaan dengan budi atau akal bisa juga diartikan kebiasaan dalam suatu masyarakat disuatu tempat Tertentu.

  184. Kebudayaan berasal dari kata buddhi yang berarti budi dan akal. kebudayaan adalah bagaimana cara manusia harus menggerakkan seluruh akal dan budi mencakup pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasan yang didapatkan oleh manusia untuk bisa mempertahankan hidupnya. ada 2 bentuk kebudayaan yaitu : material culture dan non material culture, untuk material culture adalah manusia menciptakan dan menggunakan ciptaannya untuk memiliki bentuk dan wujud kemudian nonmaterial culture adalah semua ciptaan manusia yg di gunakan untuk menyatakan dan membimbing manusia tetapi tidak berwujud. contoh material culture : pakaian dan gadget, contoh nonmaterial culture : musik.

  185. Budaya merupakan sebuah pola pikir yang berasal dari budi dan akal yang menghasilkan kebudayaan.
    Kebudayaan adalah hasil dari budaya untuk bertahan hidup.

    Unsur-unsur kebudayaan antara lain :
    1. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia (teknologi) baik modern maupun tradisional, tercakup alat-alat rumah tangga, perumahan, senjata dan teknologi komunikasi.
    2. Mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi, antara lain :
    – Berbusu dan meramu
    – Beternak
    – Bercocok tanam di ladang
    – Menangkap Ikan, dll
    3. Sistem kemasyarakatan, kegiatan budayanya seperti tata kekerabatan, organisasi kemasyarakatan, organisasi politik, tata hukum, perkawinan.
    3. Bahasa merupakan sarana bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan sosialnya untuk berinteraksi atau berhubungan, bermacam bahasa menunjukkan karakter golongan/masyarakat yang cenderung berbeda. Misalkan bahasa Jawa, Sunda, Betawi, Batak, Minangkabau, Bali dsb.
    4. Kesenian, seperti seni tari, seni musik, seni suara, seni pahat dan seni lukis.
    5. Sistem Pengetahuan,
    6. Sistem kepercayaan atau religi, kegiatan budayanya seperti ritual ibadah dan kitab suci.

  186. Kebudayaan adalah suatu karya yang di ciptakan oleh manusia ,yang di dasarkan dari akal, ide , dan kreatifitas manusia sehingga menciptakan suatu karya , yang bisa di terapkan di dalam kehidupan.

  187. Kata ‘kebudayaan’ berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi dapat diartikan juga sebagai hal-hal yang berkenaan dengan budi atau akal. Sementara budaya lebih mengarah kepada cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan biasanya diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya maupun kebudayaan tidak mengarah hanya kepada seni, adat istiadat tapi lebih kepada akal dan kemampuan kita untuk bertahan hidup.

  188. Kebudayaan adalah hal hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, atau bisa diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang dimasyarakat atau kelompok dan kebudayaan itu diwariskan dari generasi ke generasi.

  189. kebudayaan adalah hal hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, dan kebudayaan jg merupakan suatu cara hidup yang berkembang dimasyarakat, dan kebudayaan juga selalu diturunkan dari generasi ke generasi yang meliputi sistem ide dan gagasan manusia.

  190. Kebudayaan adalah hal hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia yang dimiliki oleh sekelompok orang atau masyarakat yang cara hidup selalu berkembang dan kebudayaan selalu diwariskan dari generasi ke generasi. seperti bahasa, agama dan politik, pakaian dll. bisa disimpulkan kebudayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

  191. Kebudayaan adalah suatu kolaborasi antara akal dan tindakan yang menghasilkan suatu perilaku budaya untuk dapat bertahan hidup. sebagai contoh mengikuti perkembangan jaman juga dapat dibilang bertahan hidup. Dengan adanya kebudayaan masyarakat dapat menciptakan teknologi yang lebih modern dan canggih dari masa ke masa untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari, jika hal itu sudah terpenuhi maka masyarakat dapat bertahan hidup.

  192. Kebudayaan berasal dari kata budi dan daya, budi berarti akal dan daya berarti usaha. Budaya / kebudayaan berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat itu juga.
    Kebudayaan itu identik dengan segala sesuatu yang mengandung unsur-unsur seni.
    Contoh : Gadget , seiring perkembang tekhnologi gadget sekarang sudag menjadi kebudayaan , tanpa gadget sepertinya tidak bisa kita melakukan apa-apa, beda dengan zaman dahulu

  193. Kebudayaan adalah hasil dari akal dan usaha yang menghasilkan suatu karya atau ciptaan dan bertujuan untuk bertahan hidup.selain kebudayaan berdampak positif,kebudayaan juga dapat berdampak negatif.contoh kebudayaan adalah Gadget,dampak positif dari Gadget adalah kita dengan mudah memperoleh informasi dan berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain.dampak negatif dari Gadget adalah semakin banyaknya kalangan-kalangan yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan ,perjudian dan tindakan kejahatan lainnya.

  194. Kata kebudayaan berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkenaan dengan budi atau akal. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat, segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri . Sedangkan Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi dan tidak akan pernah berhenti

  195. LULUT RIZKIANI ( 2014-11-122 ) SESI 32

    Menurut saya, Kebudayaan berasal dari kata ” Budhi ” yang berarti akal. Akal ini yang digunakan untuk manusia bertahan hidup. Bertahan hidup disini seperti berkembang biak, mempererat tali persaudaraan atau bersosialisasi lainnya. Contoh Kebudayaan di era saat ini adalah pemakaian Gadjet. Gadjet digunakan sebagai alat komunikasi antar manusia karena komunikasi adalah salah satu kunci manusia untuk bertahan hidup dilingkungannya .

    Terimakasih

  196. Novita Sari 2014 12 170 sesi 22
    Kebudayaan, Kata “kebudayaan berasal dari (bahasa Sanskerta) yaitu “buddayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata”budhi” yang berarti budi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai “hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal”.
    Kebudayaan adalah suatu hal yang berkaitan erat dengan akal dan memiliki tujuan. Kebudayaan mencakup aturan-aturan yang berisikan kewajiban-kewajiban, tindakan-tindakan yang diterima dan ditolak, tindakan-tindakan yang dilarang, dan tindakan-tindakan yang diizinkan.dan kebudayaan merupakan hasil dari budaya.

  197. Kebudayaan adalah hasil pola pikir untuk bertahan hidup
    Bagian dari kebudayaan,memproduksi kebudayaan sekaligus menggunakan.
    Seni mampu menggerakan manusia,mengungkapkan rasa,Kesenian itu tidak terbatas.
    Motivasi adalah tujuan.
    Kebudayaan adalah makna,nilai,adat,ide,dan simbol yg relatif.
    Kebudayaan juga tercermin dalam realitas apa adanya dimasyarakat.

  198. Kebudayaan menurut saya yaitu komplek yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat. kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. kebudayaan terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perikelakuan yg normatif, yaitu mencakup segala cara-cara atau pola pola berpikir, merasakan dan bertindak. Titik fokus perhatian sosiolog pada perikelakuan sosial

  199. Eppy Juwanti (2014-11-207) sesi 23

    Kebudayaan berasal dari bahasa sanksekerta Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti akal atau budi atau bercocok tanam.kebudayaan adalah sesuatu yang pertama kali ditemukan oleh manusia dan diikuti secara terus menerus dari generasi ke generasi.
    Kebudayaan terwujud dan tersalurkan lewat perilaku manusia. Intisari kebudayaan yaitu pengetahuan, nilai, pandangan hidup, etos kerja contoh kebudayaan salah satunya sistem peralatan: peralatan yang selalu berubah dan terus berkembang akan mempercepat dinamika masyarakat untuk lebih maju.

  200. Menurut saya kebudayaan dan budaya itu berbeda maknanya
    Budaya yaitu Cara hidup yang berkembang dan diwariskan dari generasi ke generasi yg berasal dari pikiran,
    sedangkan Kebudayaan yaitu sesuatu yang dihasilkan dari akal budi seseorang berupa rasa, cipta dan karya untuk memenuhi kebutuhan hidup
    Contohnya:
     pernikahan dengan menggunakan berbagai macam adat
    kebudayaannya yaitu selain memperkenalan adat istiadaat tersebut terdapat pula rasa kebahagiaan yg ingin diperlihatkan ke semua orang
     Berperilaku adil dari dulu hingga saat ini orang tua kita mengajarkan selalu untuk berperilaku adil kepada saudara – saudaranya. Ketika kita mendapatkan sedikit rezeki bagilah sedikit rezekimu kepada saudara-saudaramu. Agar saudaramu dapat ikut merasakan rezekimu juga

  201. Kebudayaan. Berasal dari kata buddhi dan daya. Buddhi yang berarti akal / budi yang dimiliki oleh manusia. Sedangkan daya adalah kekuatan kuasa, tenaga dan pengaruh yang dilakukan oleh manusia. Kebudayaan dalam bahasa Inggris adalah ‘culture’, kata culture berasal dari bahasa latin, ‘colore’, yang berarti bercocok tanam
    Apakah hubungan bercocok tanam dengan kebudayaan itu sendiri? Pertama kita akan melihat asal perkembangan kebudayaan yang ada di manusia. Sebagai manusia, kita memiliki insting untuk mempertahankan hidup dan terus hidup. Dan hal yang paling utama dalam bertahan hidup adalah makan. Pada awalnya manusia hanya tinggal mengambil hasil hasil dari alam untuk dimakan. Namun, lama – lama kelamaan sumber – sumber makanan yang ada di alam tersebut habis dan manusia mulai menggunakan akal dan usahanya supaya bisa mendapatkan makanan dan bisa bertahan hidup. Maka daripada itu manusia menemukan cara bercocok tanam berdasarkan hasil yang diperoleh dari berpikir dan usaha yang dikerahkannya. Jadi dapat dikatakan, bercocok tanam adalah awal dari kebudayaan manusia.
    Manusia dan kebudayaan. Manusia ada karena adanya kebudayaan. Manusia dan kebudayaan, mereka saling berintegrasi, sehingga tidak dapat dipisahkan. Segala sesuatu yang terdapat dimasyarkat ada karena ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat tersebut. Kebudayaan ada dimasyarakat karena masyarakat mengusahakan dan berpikir cara cara untuk hidup secara selaras dan teratur.

  202. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.
    Kebudayaan merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani. Keanekaragaman kebudayaan yang ada di indonesia menjadikan keunikan tersendiri bagi bangsa dan negara sehingga dengan tercipta keunikan tersebut kita akan mengetahui karakteristik seseorang.

  203. Kebudayaan itu berasal dari kata budi dan daya.Budi itu akal sedangkan daya itu adalah usaha.maka dapat diarti akal dan usaha untuk hidup.

  204. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi ( budi atau akal) diartikan sebagai hal – hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
    Kebudayaan merupakan hasil karya dari keseluruhan pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial dalam usahanya mempertahankan hidup, mengembangkan keturunan dan meningkatkan taraf kesejahteraan sebagai perwujudan tanggapan manusia terhadap tantangan – tantangan yang di hadapi dengan segala keterbatasan kelengkapan jasmaninya serta sumber-sumber alam yang ada disekitarnya, dalam proses penyesuaian diri mereka dengan lingkungan.
    Contoh dari hasil kebudayaan adalah dulu para petani melakukan kegiatan penggemburan tanah dengan menggunakan peralatan tradisional yaitu berupa “cangkul”, sekarang di era modern para petani menggunakan “mesin traktor” untuk menggemburkan tanah karena dirasa manfaat nya yang lebih praktis, mudah, lebih cepat dan tidak menguras cukup tenaga bila di bandingkan dengan menggunakan cangkul.

  205. Dalam pengertian kebudayaan terdapat dua arti yaitu kebudayaan dalam arti sempit dan kebudayaan dalam arti luas. Kebudayaa dalam arti sempit berarti kesenian, namun kebudayaan itu tidak hanya dapat dikatakan kesenian, kebudayaan dikatakan kesenian karena kebiasaan dan persepsi yang ditangkap dari masa nenek moyang sampai masa sekarang. Kebudayaan dalam arti luas berarti seluruh hasil karya cipta manusia yang diciptakan untuk dapat bertahan hidup. Pengertian bertahan hidup dalam masa primitif dan masa sekarang sangatlah berbeda. Pada masa primitif bertahan hidup hanya dalam hal kebutuhan pokok yaitu untuk makan sehingga mengharuskan manusia pada masa itu merubah akal dan usaha nya untuk bekerja keras agar dapat bertahan hidup. Pada masa sekarang bertahan hidup dapat dilihat dalam bermacam-macam hal, contoh dalam hal menghormati orang tua, apabila seseorang tidak menghormati orang tua maka hidup nya tidaklah tentram mengakibatkan keresahan dalam hatinya sehingga hal tersebut dapat membuat ia tidak dapat bertahan hidup.

  206. Kebudayaan merupakan kolaborasi dari kata budi dan daya, yang berarti akal dan usaha atau upaya. Dengan adanya budaya, maka manusia bisa menciptakan suatu kebudayaan untuk mempertahankan hidupnya. Budaya sendiri diciptakan oleh masyarakat, dan dimanfaatkan oleh masyarakat lagi, baik dalam lingkup sempit maupun luas. Nah, hasil dari budaya itu dinamakan kebudayaan. Misalnya, didalam kebudayaan memasak. Maka penggorengan atau panci disebut sebagai suatu budaya.

  207. Budaya adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang berasal dari akal dan usaha untuk mempertahankan hidup.
    Contoh kebudayaan adalah hijab, sementara berhijab merupakan perilaku sosialnya. Kamera merupakan kebudayaan, sementara selfie merupakan perilaku sosialnya.

  208. Irawati nim : 2014.11.270 sesi : 23

    kata kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti akal atau budi. dengan demikian kebudayaan dapat di artikan sebagai hal – hal yang berkenan dengan budi atau akal, dengan demikian kebudayaan dapat di artikan sebagai hal – hal yang berkenan dengan budi atau akal. jadi kebudayaan merupakan hasil karya manusia untuk bertahan hidup.

  209. Inggrid nathalie (201411022) sesi 23

    Seperti yang di kemukan diatas bahwa asal mula kata kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah yang berarti “budi” dan “akal” maka menurut saya kebudayaan sendiri mempunyai arti segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan bertahan hidup. Salah satu bentuk kebudayaan ialah HP/Gadget yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan untuk berkomunikasi. Dan masih banyak contoh lainnya dari kesenian,dll. maka dari itu kita sebagai manusia patut untuk melestarikan kebudayaan yang sudah ada dari generasi ke generasi ini.

  210. Budaya adalah buah pikir manusia yang di dorong oleh keinginan manusia untuk bertahan hidup. Manusia memproduksi kebudayaan sekaligus sebagai pengguna kebudayaan itu. Contoh seperti manusia memproduksi alas kaki yaitu untuk bertahan hidup sebagai pelindung kaki dari segala sesuatu yang dapat melukai kaki. Maka sepatu merupakan budaya.

  211. Budaya adalah buah pikir manusia yang di dorong oleh keinginan manusia untuk bertahan hidup. Manusia memproduksi kebudayaan sekaligus sebagai pengguna kebudayaan itu. Contoh seperti manusia memproduksi alas kaki yaitu untuk bertahan hidup sebagai pelindung kaki dari segala sesuatu yang dapat melukai kaki.

  212. kebudayaan adalah suatu sikap yang yang dilakukan oleh individu menggunakan akal fikiran yang bertujuan untuk bertahan hidup, dan budaya diciptakan oleh individu dan berguna juga untuk individu itu sendiri.

  213. Several love this particular deep fried food at home and at and overtime forsale motives simply nowadays:
    The Taco was created to improve revenue.

    Check out my web site glass pipes near me (Bettye)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>