Mobilitas Sosial

Social Mobility
A. Pengertian

Kata mobilitas berasal dari bahasa Latin mobilis yang artinya mudah dipindahkan atau banyak gerak. Kata sosial yang melekat pada istilah mobilitas bermaksud menekankan bahwa istilah itu mengandung makna gerak dengan melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam masyarakat. Dengan demikian mobilitas sosial ialah suatu gerak perpindahan seseorang atau sekelompok warga dari status sosial yang satu ke status sosial yang lain. Mobilitas sosial bisa berupa peningkatan atau penurunan dalam segi status sosial dan (biasanya) termasuk pula segi penghasilan yang dapat dialami oleh beberapa individu atau oleh keseluruhan anggota kelompok.
Mobilitas sosial dapat diartikan gerakan sosial. Gerakan sosial yang menggunakan nada protes, penuh emosi, serta dengan kekerasan.lebih tepat disebut gerakan sosial (social movement).
Tingkat mobilitas sosial pada masing-masing masyarakat berbeda-beda. Pada masyarakat yang bersistem kelas sosial terbuka maka mobilitas sosial warga masyarakatnya akan cenderung tinggi. Tetapi sebaliknya pada sistem kelas sosial tertutup – seperti masyarakat feodal atau masyarakat bersistem kasta – maka mobilitas sosial warga masyarakatnya akan cenderung sangat rendah dan sangat sulit diubah atau bahkan sama sekali tidak ada.

B. Jenis Mobilitas Sosial

 Mobilitas sosial vertikal ; perpindahan individu atau objek sosial dari kedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat.
Sesuai dengan arahnya dikenal dua jenis mobilitas vertikal, yakni :
1. Gerak sosial yang meningkat (social climbing), yakni gerak perpindahan anggota masyarakat dari kelas sosial rendah ke kelas sosial yang lebih tinggi.
2. Gerak sosial yang menurun (social sinking), yakni gerak perpindahan anggota masyarakat dari kelas sosial tertentu ke kelas sosial lain lebih rendah posisinya.

 Mobilitas sosial horizontal ; perpindahan individu atau objek-objek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial yang satu ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Dalam mobilitas sosial yang horizontal tidak terjadi perubahan dalam derajat status seseorang ataupun objek sosial lainnya. Mobilitas sosial horizontal bisa terjadi secara sukarela, tetapi bisa pula terjadi karena terpaksa.

C. Saluran-saluran Mobilitas sosial vertikal (sirkulasi sosial)
a. Angkatan Bersenjata
b. Lembaga-lembaga pendidikan
c. Lembaga-lembaga keagamaan
d. Organisasi Politik
e. Organisasi Ekonomi

D. Determinan Mobilitas Sosial
Horton dan Hunt (1987) mencatat ada dua faktor yang mempengaruhi tingkat mobilitas pada masyarakat modern, yakni :
1. Faktor struktrual ; yakni jumlah relatif dari kedudukan tinggi yang bisa dan harus diisi seta kemudahan untuk memperolehnya. Contoh: ketidakseimbangan jumlah lapangan kerja yang tersedia dibandingkan dengan jumlah pelamar atau pencari kerja.
2. Faktor individu ; kualitas orang per orang, baik ditinjau dari segi tingkat pendidikannya, penampilannya, keterampilan pribadi, dan lain-lain-termasuk faktor kemujuran yang menentukan siapa yang akan berhasil mencapai kedudukan itu.

E. Konsekuensi Mobilitas Sosial
1. Konflik
Konflik ; suatu benturan antara berbagai nilai dan kepentingan tertentu.Benturan itu terjadi karena suatu masyarakat belum siap menerima perubahan yang dibawa oleh mobilitas sosial.

2. Penyesuaian
o perlakuan baru untuk masyarakat kelas sosial, kelompok sosial, atau generasi tertentu.
o Penerimaan individu atau sekelompok warga dalam kedudukannya yang baru
o Pergantian dominasi dalam suatu kelompok sosial atau masyarakat.

This entry was posted in Uncategorized by admin. Bookmark the permalink.

131 thoughts on “Mobilitas Sosial

  1. Kehidupan dalam masyarakat tidaklah sama, ada kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah. Perbedaan itulah yang mendorong manusia untuk meningkatkan taraf hidupnya agar dapat naik ke strata yang lebih tinggi, khususnya bagi yang berasal dari strata bawah. Namun tidak semua orang dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi, ada pula yang mengalami kegagalan (menurun) dan ada pula yang tetap pada status orangtua mereka (tidak mengalami mobilitas). Jika tingkat mobilitas sosial tinggi meskipun mempunyai latar belakang yang berbeda, orang akan merasa mempunyai hak yang sama dalam mencapai kedudukan sosial yang lebih tinggi. Berbeda halnya jika mobilitas sosial rendah kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit.

  2. Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kata sosial yang ada pada istilah tersebut mengandung makna gerak yang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial. Jadi, mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain.

  3. Kata mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Dalam bahasa Indonesia istilah yang sepadan dengan kata itu dan lazim digunakan adalah perpindahan, gerak atau gerakan. Dengan demikian mobilitas sosial diartikan sama dengan istilah perpindahan sosial, gerak sosial, atau gerakan sosial.
    Mobilitas Sosial adalah gerak perpindahan individu atau kelompok dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya. Masyarakat dengan sistem pelapisan sosial terbuka memiliki tingkat mobilitas yang tinggi dibandingkan dengan sistem pelapisan sosial tertutup, yang biasanya mempunya tingkat mobilitas sosial rendah, seperti yang terlihat pada masyarakat dengan sistem kasta.
    Mobilitas Sosial dapat diartikan sebagai perpindahan orang atau kelompok oraang dari strata sosial yang satu ke strata sosial yang lain. Sedangkan mobilitas geografik ialah perpindahan orang atau kelompok orang dari suatu daerah ke daerah lain. Perpindahan ini sering disebut dengan kata migrasi. Didasarkan pada lokasinya, migrasi dibedakan menjadi beberapa jenis, anatara lain imigrasi, emigrasi, transmigrasi, urbanisasi dan seterusnya.

  4. menurut saya, mobilitas sosial adalah sebuah proses perpindahan status individu dari kelas atas ke kelas bawah begitu juga sebaliknya dan juga ada yang dinamakan mobilitas lateral. dengan adanya mobilitas sosial yang telah dijalankan otomatis terjadi pula dinamika sosial di dalam kehidupan bermasyarakat.

  5. Mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik atau turunnya status seseorang atau kelompok masyarakat. Terjadinya mobilitas sosial berkaitan dengan hal-hal yang dianggap berharga dalam masyarakat. Oleh karena itu, kepemilikan atas hal-hal tersebut akan menjadikan seseorang menempati posisi atau kedudukan yang lebih tinggi. Akibatnya, dalam masyarakat terdapat penggolongan yang memengaruhi struktur sosial. Hal-hal tersebut antara lain kekuasaan, kehormatanm ilmu pengetahuan, dan kekayaan.

  6. Manusia lahir dari berbagai golongan dan latar belakang yang berbeda. Keinginan akan suatu hal setiap individu juga bebeda. Hal itulah yang menyebabkan seseorang ingin berpindah posisi dari satu lapisan ke lapisan lain agar dapat mencapai keinginannya.

    Misalnya: Karena tuntutan ekonomi, banyak orang yang berbondong-bondong ingin bekerja di perusahaan terkenal dan tidak hanya di posisi karyawan, melainkan sebagai atasan.

    Dalam hal ini, mobilitas sosial hanya dapat dilakukan oleh masayarakat yang terbuka. Berbeda dengan masyarakat yang sifatnya tertutup (sistem kasta). Bagi orang yang terlahir dari kasta rendah akan tetap di posisinya, tidak bisa berpindah ke kasata yang lebih tinggi. Meskipun demikian, mobilitas sosial tidak hanya terjadi secara vertikal, baik ke arah atas atau bawah, tetapi juga secara horizontal.

    Pada umumnya, mobilitas sosial akan menyebabkan konflik karena persaingan yang terjadi. Oleh karena itulah setiap individu harus mengetahui batas diri masing-masing dan dapat menyesuaikan diri.

  7. Mobilitas sosial sebagai peralihan status dan peranan individu atau kelompok sosial dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya, baik yang sederajat maupun yang tidak sederajat diperlukan anggota masyarakat agar struktur sosial masyarakat berubah. Dari asumsi tersebut kita dapat memperoleh kesimpulan bahwa tujuan mempelajari mobilitas sosial adalah untuk mendapatkan keterangan-keterangan tentang kelanggengan dan keluwesan struktur sosial pada suatu masyarakat. Para sosiolog mempunyai perhatian khusus terhadap kesulitankesulitan yang dialami para individu dan kelompok-kelompok banyak kesempatan mendapatkan kedudukan, semakin besar mobilitas sosialnya. Ini berarti bahwa sistem stratifikasi social masyarakat semakin terbuka.

    Pada masyarakat berkasta yang stratifikasinya bersifat tertutup sulit terjadi mobilitas social vertikal. Berbeda dengan masyarakat yang mempunyai system stratifikasi yang bersifat terbuka.

    Terimakasih.

  8. menurut saya mobilitas sosial adalah suatu hal dimana masyarakat dapat berpindah pikiran, yang menunjukan lebih ke status sosial untuk menunjukn bahwa orang tersebut ada. mobilitas soaialpun ada karna seseorang tersebut ingin dianggap ada pada suatu kelompok atau dikalangan masyarakat itu.

  9. Menurut saya Mobilitas Sosial ada karna masyarakat itu berfikir untuk mengubah pandang orang lain kepada dirinya, maka dari itu dia mengubahnya dari sisi status sosial. Mengapa dari sisi itu? kebanyakan di Negara kita yaitu Indonesia masih berfikir bahwa harta kekuasaan, dan jabatan adala penilain orang terhadapa diri kita.
    dan dari situlah adanya mobilitas sosial. mobilitas sosial sendiri ada yang menjukan peningkatan dan penurun tergantung dari kelasnya yaitu kelas terbuka atau kasta.

  10. menurut saya mobilitas sosial adalah suatu hal dimana masyarakat dapat berpindah pikiran, yang menunjukan lebih ke status sosial untuk menunjukn bahwa orang tersebut ada. mobilitas sosiallpun ada karna seseorang tersebut ingin dianggap ada pada suatu kelompok atau dikalangan masyarakat itu.Dari situlah masyarakat memiliki pemikiran mobilitas sosial. Tetapi mobilitas ada yang berdampang peningkatan dan ada juga penurunan.

  11. Dlm masyarakat juga ad strata” tertentu ad yang menunjukan jbatan, ekonomi, dll…stiap masyarakat mnduduki strata tertentu. Dlm sistem masyarakat yg kni digunkn yaitu sistem trbuka, stiap individu masyarakat dpt brrubah strata sosialny baik naik atau turun akibat bbrp faktor yg disebut mobilitas sosial.

  12. Mobilitas sosial adalah proses perubahan, pergeseran, peningkatan ataupun penurunan status dan peran anggotanya.
    Misalnya seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu departemen beralih pekerjaan menjadi pengusaha dan berhasil dengan gumilang. Contoh lain, seorang anak pengusaha yang ingin mengikuti jejak ayahnya yg telah berhasil. Ia melakukan investasi di suatu bidang yang berbeda dengan ayahnya, na,un ia gahal dan jatuh miskin.
    Proses kenerhasilan dan kegagalan setiap otang dalam melakikan gerak sosial inilah yang disebut mobilitas sosial.

  13. Mobilitas Sosial pada dasarnya sudah dimiliki oleh setiap manusia sejak lahir karena manusia memiliki latar belakang yang sangat berbeda sejak ia lahir. Sehingga pada saat setiap manusia tersebut beranjak dewasa maka ia telah melakukan mobilitas sosial dari anak-anak, remaja, dan dewasa. salah satu faktor penyebab mobilitas sosial adalah lingkungan sekitar dimana manusia tersebut berada

  14. Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. ada dua jenis mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat yaitu Meningkat dan Menurun.
    Perubahan dalam mobilitas ditandai oleh perubahan struktur sosial yang meliputi hubungan antarindividu dalam kelompok dan antara individu dengan kelompok. Mobilitas sosial terkait erat dengan stratifikasi sosial karena mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan dari satu strata sosial ke strata sosial yang lain.

  15. perubahan status sosial masyarakat dari rendah menjadi lebih tinggi merupakan hal yang pasti diinginkan oleh semua orang. namun tidak dapat dipungkiri, kita tidaklah bisa selalu ingin ke atas karena roda kehidupan akan selalu berputar. warna warni perubahan sosial inilah yang bisa disebut jg sebagai mobilitas sosial.

  16. mobilitas sosial ialah suatu gerak perpindahan seseorang atau sekelompok warga dari status sosial yang satu ke status sosial yang lain.
    tetapi saya disini kagak hanya pengertian saja tetapi saya kasih contoh
    contoh 1: dari orang miskin ke orang kaya itu termaksud mobilitas sosial tetapi dlm jenis mobilitas termaksud mobilitas vertikal.
    contoh 2: dari orang kaya yang punya perusahaan menjadi miskin dikarena kan bangkrut atau mengalami kerugian yg besar itu termaksud mobilitas sosial jenisnya itu mobilitas vertikal.
    contoh 3: orang yg bekerja di perusahaan besar dgn jabatan menager tetapi karena perusahaan itu buka cabang di daerah laen atau diluar daerah orang tersebut dipindahkan ke perusahaan cabang dgn jabatan yg sama menager itu termaksud dengan mobilitas sosial tetapi jenisnya itu mobilitas horizontal .

    sekian dari contoh saya agar orang tidak hanya pengertian saja tetapi dia bisa memahami contoh atau kasus dlm kehidupan sehari-hari di mobilitas sosial,hehehehehe

  17. Mobilitas Sosial disebut juga gerak sosial yang artinya perpindahan posisi atau status seseorang atau kelompok manusia dalam stuktur masyarakatnya, ke ke dudukan lain, baik kedudukan yang sama maupun kedudukan yang berbeda. Mobilitas sosial dibagi 2 macam yaitu ;
    1. Mobilitas Sosial Horizontal adalah perpindahan status dengan lapisan yang sama atau sederajat. Contohnya : Bu Rika dulu berjualan di kantin SMA 1, sekarang berjualan di kantin SMK 2.
    2. Mobilitas Sosial Vertikal adalah perpindahan status dengan lapisan yang berbeda. Mobilitas Vertikal juga dibagi 2 yaitu :
    – Vertikal naik adalah perpindahan status dengan tingkat yang lebih tinggi. Contohnya: dari seorang “Petani” menjadi “Pengusaha Sukses”.
    -Vertikal Turun adalah perpindahan status dengan tingkat yang lebih rendah. Contohnya: dari “Pengacara Sukses” menjadi “Pengangguran”.

  18. Mobilitas -> bergerak / berpindah / perubahan .
    Sosial -> menyangkut bersama alias tidak sendiri (masyarakat) .
    Mobilitas sosial : Perpindahan / perubahan status sosial dalam masyarakat .
    Tidak hanya lewat perubahan status sosial saja , namun dapat dari lingkungan yang baru .
    Contoh : Yang dulu sekolah di sekolah biasa , lalu pindah ke sekolah internasional yang elit. Perlengkapan yang dipakai saat sekolah biasa pasti berbeda .
    2 mobilitas sosial vertikal , yang adanya perubahan / pergerakkan status sosial yang tidak sederajat .
    -Climbing -> pergerakkan / perubahan status dari bawah ke naik .
    contoh simple : Dari sarjana S1 -> menjadi S2
    -Sinking -> pergerakkan / perubahan status naik ke lebih rendah .
    contoh : Yang tadinya berjabat manajer , turun menjadi karyawan biasa karena gagal .
    Horizontal –> pergerakkan status yang sederajat /sama .
    contoh : tukang pecel , beralih menjadi tukang nasi uduk

  19. Menurut saya, mobilitas sosial berasal dari kata mobilitas yang berarti gerakan , perubahan yang bersifat dinamis. Lalu, sosial merujuk kepada individu, kelompok dan masyarakat . Jadi mobilitas sosial ini terjadi akibat adanya keinginan untuk selalu berubah dan merasa ingin menjadi berbeda dimata orang lain. mobilitas sosial ini juga bisa di artikan sebuah proses perpindahan posisi atau status sosial yang dialami oleh seseorang atau sekelompok orang dalam struktur sosial masyarakat. lalu bila kita melihat di era modern sekarang, banyak orang berupaya melakukan mobilitas sosial. Mereka meyakini bahwa hal tersebut akan membuat orang menjadi lebih bahagia dan memungkinkan mereka melakukan jenis pekerjaan yang paling cocok bagi diri mereka. Bila tingkat mobilitas sosial tinggi, meskipun latar belakang sosial berbeda. Mereka tetap dapat merasa mempunyai hak yang sama dalam mencapai kedudukan sosial yang lebih tinggi. Terjadinya mobilitas sosial sangat erat kaitan nya dengan hal-hal yang dianggap berharga dalam masyarakat. Oleh karena itu, kepemilikan atas hal-hal tersebut akan menjadikan seseorang menempati posisi atau kedudukan yang lebih tinggi. Akibatnya, dalam masyarakat terdapat penggolongan yang memengaruhi struktur sosial. Hal-hal tersebut antara lain kekuasaan, kehormatan, ilmu pengetahuan, dan kekayaan. oiya mobilitas sosial ini hanya berlaku pada stratifikasi terbuka. Untuk stratifikasi tertutup kecil kemungkinan akan terjadi mobilitas sosial. Mobilitas ada dua jenisnya : 1. mobiltas vertikal ini berarti perubahan ini bisa perubahan sosial keatas dan kebawah . 2. mobilitas horizontal ini berarti perubahan yang terjadi tanpa merubah status individu. Ada beberapa Faktor pendorong mobilitas sosial :
    a. perubahan kondisi sosial
    b. ekspansi teritorial (perluasan daerah)
    c. pembagian kerja
    d. situasi politik
    Faktor penghambat mobilitas sosial :
    a. tingkat pendidikan yang rendah
    b. sudah puas dengan apa yang dimiliki
    c. diskriminasi kelas
    d. kemiskinan
    Cara mobilitas sosial :
    a. perubahan standar hidup
    b. perubahan tempat tinggal
    c. perubahan tingkah laku
    d. perubahan nama
    e. pernikahan
    f. bergabung dengan asosiasi tertentu

  20. mobilitas sosial adalah suatu perubahan berupa kemajuan atau kemunduran status / tingkat derajat kehormatan suatu masyarakat yang terjadi dengan berbagai sebab tertentu. mobilitas sosial yang terjadi misalnya seorang yang lahir dari keluarga miskin lalu menikah dengan orang terpandang di masyarakat yang tentunya akan membuat si orang yang lahir dari keluarga tidak mampu beserta dengan keluarganya tersebut mendapat kehormatan dari orang-orang karena dapat bersanding dengan orang yang terpandang / berpengaruh di dalam masyarakat mereka. atau ada contoh lain misalnya ada beberapa pejabat yang dikenal sangat baik kepada masyarakatnya lalu tiba-tiba mereka tertangkap basah bahwa sebenarnya mereka yang menyusahkan perekonomian di negara, maka mereka bisa saja dipenjara dan secara otomatis status sosialnya akan berubah dari sebutannya di awal adalah seorang pejabat, kini statusnya adalah tahanan polisi.

  21. Mobilitas Sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain.Ada 2 Jenis Mobilitas Sosial yang biasanya terjadi di masyarakat yaitu Meningkat dan Menurun.
    Contoh : Seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu Departemen beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang.

  22. Mobilitas sosial adalah perpindahan yang dilakukan oleh beberapa individu atau suatu kelompok dari satu kedudukan tertentu ke kedudukan yang lain. Bentuk mobilitas sosial terbagi menjadi dua yaitu mobilitas sosial horizontal dan vertikal. Mobilitas sosial horizontal yaitu perpindahan lapisan sosial pada status yang sama atau sederajat, contohnya : Pak Tono dulunya dosen di salah satu Perguruan Tinggi Swasta sekarang ia pindah mengajar di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan mobilitas sosial vertikal yaitu perpindahan lapisan sosial pada status yang berbeda atau tidak sederajat. Mobilitas sosial vertikal bisa naik dan bisa turun, contoh mobilitas sosial vertikal naik : Tadinya Pak Ratno berjualan bakso keliling dengan gerobak tetapi sekarang usaha baksonya sudah maju dan sekarang Pak Ratno menyewa sebuah ruko di pinggir jalan untuk berjualan bakso. Contoh mobilitas sosial vertikal turun : Turunnya jabatan seseorang yang tadinya seorang Dewan Komisaris menjadi staf biasa karena melakukan kesalahan yang fatal. Mobilitas bisa terjadi karena ada faktor pendukungnya diantaranya, yaitu perubahan kondisi sosial, perluasan daerah, pembagian kerja dan situasi politik. Beberapa individu atau kelompok harus mempersiapkan diri sebelum mereka mengalami moblitas sosial, karena mobilitas sosial memberikan dampak yang positif dan negatif. Contoh mobilitas sosial yang memberikan dampak negatif, Sofi adalah mahasiswi di salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkemuka, Sofi berasal dari keluarga yang sederhana, ia bisa kuliah di Universitas tersebut karena mendapatkan beasiswa. Kemudian mau tidak mau Sofi pasti bergaul dengan orang-orang yang memang status sosialnya tinggi. Teman-temannya yang biasanya suka berpergian ke mall dan membeli barang-barang mewah pasti Sofi pun lama-kelamaan terbawa arus dan mengikuti gaya hidup teman-temannya. Karena Sofi belum mempersiapkan dirinya dengan baik akhirnya pun Sofi sering membohongi kedua Orang Tua nya dengan dali meminta uang untuk keperluan kuliah tetapi pada nyatanya Sofi malah menggunakan uang tersebut untuk berpergian dengan teman-teman kuliahnya. Oleh karena itu, agar proses mobilitas sosial bisa berjalan dengan baik maka kita harus mempersiapkannya dengan baik pula.

  23. Mobilitas sosial adalah sebuah proses pergerakan atau perubahan dengan melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam masyarakat dari kelas sosial yang satu ke kelas sosial yang lainnya. Artinya setiap seseorang atau sekelompok warga masyarakat dapat berubah dan dapat diubah berupa peningkatan atau penurunan dalam segi status sosial.

  24. Mobilitas adalah suatu gerak perpindahan individu dari status sosial yang satu ke status sosial yang lain. Sedangkan Mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan suatu kelompok dari status sosial yang satu ke status sosial yang lain. Mobilitas sosial bisa juga diartikan gerakan sosial contohnya seperti emosi dan kekerasan. Ada dua tingkat mobilitas sosial yaitu masyarakat yang kelas sosial terbuka maka mobilitas sosial tinggi dan masyarakat yang kelas sosial tertutup maka mobilitas sosial rendah. Jenis mobilitas sosial di bagi menjadi dua yaitu vertikal dan horizontal. Vertikal adalah perpindahan kedudukan sosial yang tidak sederajat, sedangkan horizontal adalah perpindahan kedudukan sosial yang sederajat.

  25. Mobilitas Sosial adalah gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya, mobilitas sosial dapat mengacu pada individu maupun kelompok.
    Gerak sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat terbuka karena lebih memungkinkan untuk berpindah strata. Sebaliknya pada masyarakat yang sifatnya tertutup kemungkinan lebih sulit untuk pindah strata. Meskipun demikian, gerak mobilitas sosial dapat secara horizontal maupun secara vertikal ke atas atau ke bawah.

  26. Mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial. perpindahan yang berkaitan dengan pelapisan sosial yang ada dalam masyarakat. pihak yang bergerak atau berpindah adalah manusia warga masyarakat baik sebagai orang per orang atau kelompok sosial, termasuk keluarga di dalamnya. bergeraknya atau berpindahnya orang per orang atau kelompok pelapisan sosial itu bisa bersifat vertikal ke atas atau ke bawah. namun juga dapat bersifat horizontal ke samping. perpindahan itu menyangkut status, kedudukan sosial ekonomi, posisi atau kelas sosial dari seseorang atau kelompok tertentu di masyarakat.

  27. Mobilitas Sosial adalah proses perpindahan atau perubahan suatu posisi, peran atau status sosial seseorang baik individu maupun kelompok di dalam suatu struktur sosial masyarakat. Banyak orang yang berusaha untuk melakukan mobilitas sosial karena individu atau kelompok tersebut percaya bahwa dengan melakukan mobilitas sosial akan membuat mereka lebih bahagia dan lebih baik kehidupannya. Mereka berusaha untuk melakukan mobilitas vertikal dimana mereka misalnya bisa mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan dan lebih baik dari pekerjaan sebelumnya. Jenis mobilitas sosial ada vertikal dan horizontal. Mobilitas sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat terbuka karena adanya kemungkinan perubahan strata atau status, sebaliknya mobilitas sosial susah terjadi pada masyarakat tertutup karena kemungkinan untuk berubah strata atau statusnya sulit. Ada beberapa cara yang digunakan untuk melakukan mobilitas sosial ini yaitu dengan perubahan standar hidup, perkawinan, perubahan tempat tinggal, perubahan tingkah laku dan perubahan nama.

  28. MOBILITAS SOSIAL
    pengertian mobilitas adalah pergerakan atau perpindahan, sedangkan sosial adalah masyarakat.
    jadi, mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik(social climbing) atau turunnya(social sinking) status seseorang atau kelompok masyarakat.
    Contoh : Seseorang diberi tugas oleh Presiden untuk menjadi Menteri Pertanian pada suatu kabinet selama lima tahun. Pada pergantian kabinet berikutnya, yang bersangkutan diserahi tugas sebagai Menteri Perindustrian.

  29. Mobilitas terjadi ketika seseorang atau kelompok berpindah posisi ke posisi lain, baik antar lapisan sosial yang berbeda maupun dalam lapisan sosial yang sama. Terjadinya mobilitas sosial berkaitan dengan hal-hal yang dianggap berharga dalam masyarakat. Oleh karena itu, kepemilikan atas hal-hal tersebut akan menjadikan seseorang menempati posisi atau kedudukan yang lebih tingi. Sehingga terdapatnya golongan yang mempengaruhi struktur sosial seperti Kekuasaan, Kehormatan, Ilmu Pengetahuan dan Kekayaan.

  30. Mobilitas sosial ialah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke sosial lainnya, baik antar lapisan sosial berbeda maupun dalam lapisan sosial yag sama. Terjadinya mobilitas sosial berkaitan dengan hal-hal yang dianggap berharga dalam masyarakat. Oleh karena itu, kepemilikan atas hal-hal tersebut akan menjadikan seseorang menempati posisi atau kedudukan yang lebih tinggi. Sehingga terdapat golongan yang mempengaruhi struktur sosial seperti Kekuasaan, Kehormatan, Ilmu Pengetahuan dan kekayaan.

  31. Beberapa dampak positif mobilitas sosial antara lain:
    -Mendorong seseorang untuk lebih maju,
    Terbukanya kesempatan untuk pindah dari satu strata ke strata yang lain menimbulkan motivasi yang tinggi pada diri seseorang untuk maju dalam berprestasi agar memperoleh status yang lebih tinggi.
    -Mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik,
    Dengan adanya mobilitas sosial, masyarakat selalu dinamis bergerak mencapai tujuan yang diinginkan.

  32. Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kata sosial yang ada pada istilah tersebut mengandung makna gerak yang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial. Jadi, mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain.

    Misalnya, seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu departemen beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang.
    Contoh lain, seorang anak pengusaha ingin mengikuti jejak ayahnya yang berhasil. Ia melakukan investasi di suatu bidang yang berbeda dengan ayahnya. Namun, ia gagal dan akhirnya jatuh miskin.

  33. Mobilitas sosial adalah perpindahan seseorang atau sekelompok warga dari status sosial satuke status sosial yang lainnya.
    mobilitas sosial terbagi dalam 2 jenis, yaitu
    1. mobilitas sosial vertikal : perpindahan individu atau objek sosial dari kedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat.
    contohnya : Seorang anggota polisi yang sangat berprestasi berhasil mencapai pangkat tertinggi di kesatuannya, namun ia harus pensiun karena faktor usia.
    2. mobiitas sosial horizontal : perpindahan individu atau objek-objek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial yang satu ke kelompok sosial lainnya yang sederajat.
    contohnya : Pak Dadang yang sebelumnya mengajar di SMK, sekarang mengajar di SMA.

  34. Mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan kelas sosial, dimana perpindahan gerak kelas sosial itu berpindah dari suatu kelas sosial yang dimana ia berasal kekelas sosial lainnya. Mobilitas sosial itu sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu : Mobilitas sosial horizontal dan mobilitas sosial verikal.
    Mobilitas sosial horizontal adalah perpindah gerakan sosial dimana perpindahan itu dilakukan secara sederajat. contohnya : Ibunya seorang penjual sayur, dan anaknya meneruskan usaha ibunya menjadi penjual tetapi bukan penjual sayur melaikan buah-buahan. Itu dikatakan mobilitas sosial horizontal karena sederajat, yaitu sebagai seorang penjual.
    Sedangkan mobilitas sosial vertikal adalah perpindah gerakan sosial dimana perpindahan tersebut tidak sederajat sesuai dengan arahannya. Mobilitas sosial vertikal ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu : mobilitas vertikal keatas dan mobilitas vertikal kebawah. Contoh dari mobilitas sosial vertikal keatas adalah bapaknya seorang pemulung dan dengan giat belajar dan berusaha anaknya menjadi seorang insinyur pertanian berkat hasil jerih payahnya, otomatis anak tersebut telah merubah status sosial dan mobilitas sosial keluarganya menjadi lebih baik. Sedangkan contoh mobilitas vertikal kebawah adalah bapaknya seorang direktur utama di suatu perusahaan, karena anaknya malas berlatih untuk meneruskan usaha bapaknya, anak itu akhirnya bekerja sebagai office boy disebuah perusahaan. Atau bisa juga dia seorang manajer perusahaan dan dia berhenti lalu memilih pekerjaan menjadi pedagang buah dipasar.

  35. Secara etimologis, kata mobilitas sosial berasal dari bahasa Latin, yaitu
    mobilis yang artinya mudah dipindahkan atau banyak bergerak. Mobilitas terjadi ketika seseorang berpindah dari suatu posisi ke posisi lain, baik antarlapisan sosial berbeda maupun dalam lapisan sosial yang sama.
    Terjadinya mobilitas sosial berkaitan dengan hal-hal yang dianggap berharga dalam masyarakat. Oleh karena itu, kepemilikan atas hal-hal tersebut akan menjadikan seseorang menempati posisi atau kedudukan yang lebih tinggi. Akibatnya, dalam masyarakat terdapat penggolongan yang memengaruhi struktur sosial. Hal-hal tersebut antara lain kekuasaan, kehormatan ilmu pengetahuan, dan kekayaan.
    Perubahan dalam mobilitas ditandai oleh perubahan struktur sosial yang meliputi hubungan antarindividu dalam kelompok dan antara individu dengan kelompok. Mobilitas sosial terkait erat dengan stratifikasi sosial karena mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan dari satu strata sosial ke strata sosial yang lain.

  36. Mobilitas sosial (gerak sosial) adalah pergeseran, pergerakan, peningkatan, ataupun penurunan status sosial seseoran atau kelompok,
    Dengan demikian mobilitas sosial hanya terjadi pada kelas sistem stratifikasi sosial terbuka tidak ada bila di stratifikasi sosial secara tertutup atau kasta,
    Jenis mobilitas sosial ada 2:
    1. Mobilitas sosial vertikal
    Yaitu mobilitas sosial yang terjadi antara kelas sosial atas
    dengan bawah.
    Contoh: seorang pegawai biasa diangkat menjadi seorang
    manager di suatu perusahaan.
    2. Mobilitas sosial horizontal
    Yaitu perpindahan status sosial seseorang atau kelompok dalam
    Dalam satu lapisan yang sama.
    Contoh: seorang pedagang bakso berubah menjadi seorang
    Pedagang mie ayam.

  37. mobilitas sosial ada suatu prubahan yang terjadi pada diri seseorang. perubahan tersebut terjadi karna adanya perubahn status sosial pada diri orang tersebut.Perubahan Sosial tersebut ada yang mengarah vertikal dan horizontol. Vertikal adalah prubahan status sosial yang tidak sederajat, dan vertikal perubahan yang sederajat. Mobilitas ini pun dapat terjadi tergantung dari setiap individual.

  38. mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya.
    mobilitas soaial dibagi menjadi 2 yaitu :
    Mobilitas sosial vertikal
    Perpindahan individu atau objek dari suatu kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat.
    contoh : Pak Andi yang berkedudukan sebagai Office Boy (OB) diangakat
    pangkatnya menjadi ketua HRD di kantor tempat Ia bekerja.

    Mobilitas sosial horizontal
    Peralihan individu atau kelompok sosial dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat.
    Contoh : Pak Dedi seorang penjual mie ayam, suatu ketika Ia memutuskan untuk
    Berganti profesi menjadi seorang penjual soto. Pekerjaan Pak Dedi berubah namun status sosialnya tetap pada derajat yang sama.

  39. Mobilitas sosial itu dapat diartikan sebagai perubahan kedudukan atau status individu secara vertikal maupun horizontal. Contohnya :
    – bu vira yang tadinya mengajar di SMA sekarang berpindah mengajar di SMK (mobilitas sosial horizontal)
    – ayahnya adalah seorang kuli bangunan sedangkan anaknya adalah seorang dokter. (mobilitas sosial vertikal naik) 
    atau, ayahnya adalah seorang pengusaha sukses, sedangkan anaknya adalah seorang pemulung (mobilitas sosial vertikal turun) 

  40. Seperti yang kita tahu definisi dari mobilitas sosial adalah perpindahan dari suatu strata tertentu ke ke strata lainnya baik secara vertikal maupun horizontal. Tapi yang menjadi faktor yang dapat membuat seseorang dapat berubah strata sosialny yaitu perubahan kualitas hidup, peningkatan pendapatan, perpindahan secara geografis, pendidikan, pernikahan, dan lain lain.
    setiap seseorang mengalami mobilitas sosial baik secara vertikal ataupun horizontal pasti selalu dilengkapi dengan alat kelengkapannya yaitu atribut seperti perubahan tingkah laku, perubahan nama, perubahan dalam berbusana, dan lain lain.
    Contoh : Bapak adi dan Ibu tuti merupakan pasangan suami istri mereka bekerja sebagai karyawan(manajer) kemudian bapak adi di promosikan sebagai manajer direktur oleh atasannya disatu sisi ibu tuti bekerja sebagai manajer memutuskan untuk mencari pekerjaan baru sebagai tapi tetap sebagai manajer. dalam kasus ini bapak adi mengalami mobilitas sosial vertikal dan ibu tuti mengalami mobilitas sosial secara horizontal.

  41. Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain.Perubahan dalam mobilitas ditandai oleh perubahan struktur sosial yang meliputi hubungan antarindividu dalam kelompok dan antara individu dengan kelompok. Mobilitas sosial terkait erat dengan stratifikasi sosial karena mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan dari satu strata sosial ke strata sosial yang lain. Dan terdapat dua mobilitas yang terjadi di dalam masyarakat yaitu Meningkat dan Menurun

  42. Pengertian mobilitas adalah pergeseran atau perpindahan, sedangkan sosial dapat berarti masyarakat. Mobilitas sosial adalah pergeseran atau perpindahan status atau kedudukan seseorang dari suatu kelas ke kelas yang lain. Mobilitas sosial terbagi atas mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal.

    Mobilitas vertikal adalah perpindahan sosial ke kelas atas atau kelas bawah. Dalam mobilitas sosial dapat terjadi kenaikan atau penurunan. Dalam mobilitas sosial vertikal yang mengalami kenaikan terjaji perpindahan dari kelas bawah ke kelas atas atau pembentukan kelompok baru yang menggeser kelompok atas.

    Mobilitas horizontal adalah perpindahan sosial ke lapisan yang sama. Tidak ada penurunan atau kenaikan dalam mobilitas horizontal.

    Mobilitas dapat dilakukan dengan:
    1. Usaha (prestasi)
    2. Keturunan
    3. Perubahan nama
    4. Perubahan tempat tinggal
    5. Bergabung dengan organisasi tertentu
    6. Perubahan tingkah laku
    7. Perubahan standar hidup

    Selain itu mobilitas sosial menimbulkan dampak, baik bagi orang lain maupun si pelaku mobilitas sosial itu sendiri.
    Dampak mobilitas sosial terbagi atas dampak positif dan dampak negatif.

    Dampak positif :
    1. Mendorong seseorang lebih maju
    2. Mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yg lebih baik

    Dampak negatif :
    1. Menimbulkan konflik
    2. Berkurangnya solidaritas kelompok

  43. Mobilitas sosial adalah suatu pergeseran,peningkatan,penurunan,perubahan yang terjadi akibat status pribadi atau status sosial individu.Status ekonomi manusia atau individu ada 3 jenis yaitu ada yang diatas,ada yang menengah ada juga yang di bawah.Status sosial semua individu tidaklah sama pasti berbeda-beda.Maka dari itu mobilitas sosial dapat di katakan pergeseran dari lapisan yang satu ke lapisan yang llebih baik atau bisa kebalikannya.Kehidupan manusia semua butuh proses.

  44. Mobilitas sosial merupakan suatu proses pergerakan naik/turunnya status seseorang/kelompok masyarakat. Dengan demikian, mobilitas sosial hanya terjadi pada kelas sistem stratifikasi sosial yang terbuka. Ruang lingkup mobilitas sosial terdiri dari individu dan kelompok. Contoh dari individu : Keberhasilan Nandi mencapai posisi manajer dari sebelumnya menjadi karyawan biasa. Contoh dari kelompok : Perpindahan penduduk desa Tegal dari daerah terbelakang ke daerah sekitar kota industri Bandung. Mobilitas sosial juga mempumyai dampak, yaitu : konflik antarkelas sosial, konflik antarkelompok sosial., dan konflik antar generasi.

  45. Mobilitas sosial adalah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Struktur sosial mencakup sifat-sifat hubungan antara individu dalam kelompok dan hubungan antara individu dengan kelompoknya.
    Mobilitas sosial menyangkut tiga hal pokok sebagai berikut.
    1.Perubahan kelas sosial, baik ke atas maupun ke bawah.
    2.Dialami oleh manusia sebagai individu maupun kelompok.
    3.Terjadi dampak sosial terhadap kelas sosial baru yang diperoleh individu atau kelompok.
    Jadi, mobilitas sosial adalah suatu perubahan atau perpindahan kelas sosial, baik ke atas mapun ke bawah, yang dialami oleh individu atau kelompok sosial, sehingga memberikan dampak berupa kelas baru yang diperoleh individu atau kelompok tadi.

  46. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kata sosial yang ada pada istilah tersebut mengandung makna gerak yang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial. Mobilitas Sosial (Gerakan sosial) adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya.
    Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack, mobilitas sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Struktur sosial mencakup sifat hubungan antara individu dalam kelompok dan hubungan antara individu dengan kelompoknya.
    Masyarakat yang berkelas sosial terbuka adalah masyarakat yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi sedangkan masyarakat yang berkelas sosial tertutup adalah masyarakat yang memiliki tingkat mobilitas yang rendah.
    Pada masyarakat berkasta yang sifatnya tertutup, hampir tak ada gerak sosial karena kedudukan seseorang telah ditentukan sejak dilahirkan. Pekerjaan, pendidikan dan seluruh pola hidupnya. Karena struktur sosial masyarakatnya tidak memberikan peluang untuk mengadakan perubahan.

  47. mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik(social climbing) atau turunnya(social sinking) status seseorang atau kelompok masyarakat..

    Mobilitas sosial dibagi menjadi 2 yaitu:
    -Mobilitas sosial Vertikal dan
    -Mobilitas sosial Horizontal

  48. seperti yang sudah kita tahu definisi dari mobilitas sosial adalah perpindahan strata seseorang atau lebih dari satu strata ke strata lainnya baik sederajat maupun tidak sederajat yaitu horizontal dan vertikal. Tapi mobilitas sosial dapat terjadi apabila adanya unsur berikut : perubahan taraf hidup, peningkatan penghasilan, pendidikan, perpindahan secara geografis, masuk kedalam organisasi atau kelompok tertentu, pernikahan , dan lain lain.
    dan pada saat seseorang atau lebih itu mengalami mobilitas maka orang tersebut pasti menggunakan alat kelengkapannya yaitu atribut. masing-masing strata yang ada baik tinggi, menengah, atau rendah pasti memiliki atributnya tersendiri seperti perubahan nama, perubahan berbusana, perubahan tingkah laku, perubahan selera, dan lain-lain.
    Contoh:
    Bapak adi dan Ibu Luna adalah sepasang suami istri yang bekerja sebagai staff di sebuah perusahaan berbeda dan memiliki seorang putra yang sudah dewasa. Bapak adimendapat promosi diangkat menjadi manajer, ibu luna pindah ke tempat lain sebagai staff, dan putranya diangkat menjadi direktur.
    Jawab : dari contoh diatas jelas sekali jika bapak adi mengalami mobilitas sosial secara vertikal, ibu luna mengalami mobilitas secara horizontal, dan putranya mengalami mobilitas vertikal. tapi jika secara keseluruhan akan terlihat bahwa putranya mengalami mobilitas sosial antargenerasi karena adanya peningkatan dari ayahnya seorang manajer dan ibunya seorang staff sedangkan dia adalah seorang direktur.

  49. Mobilitas sosial (social mobility) merupakan proses perpindahan posisi atau status sosial sosial atau yang dialami oleh seseorang atau sekelompok orang dalam struktur sosial masyarakat. Terdapat beberapa faktor penentu terjadinya suatu mobilitas dalam masyarakat. Ada beberapa tipe dalam mobilitas sosial, yaitu :

    1. Mobilitas Horisontal
    Mobilitas sosial horizontal terjadi apabila ada perubahan kedudukan atau posisi pada strata yang sama. Kedudukan sosial seseorang dapat bergerak maju atau mundur dalam lapisan yang sama, tanpa mengubah tinggi rendahnya kedudukan. Contohnya : Julia seorang reporter dari TV ABC pindah kerja ke stasiun TV XYZ sebagai seorang reporter juga. Perpindahan Julia ini tidak mempengaruhi status sosialnya dimana Julia tetap sebagai reporter, inilah mobilitas horisontal.

    2. Mobilitas Vertikal
    Yaitu perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau sekelompok orang pada lapisan sosial yang berbeda. Mobilitas vertikal terdiri dari mobilitas naik (social climbing) dan mobilitas turun (social sinking).
    -Social Climbing (Mobilitas Vertikal keatas)
    “Dewo seorang karyawan yang rajin kemudian diangkat sebagai manajer marketing”
    -Social Sinking (Mobilitas Vertikal kebawah)
    “Seorang pengusaha sukses yang terjebak pada pergaulan dengan rekan sejawatnya yang hobi berjudi, dia jatuh bangkrut. Kini yang tersisa hanya baju yang dipakainya”.

    3. Mobilitas Geografis (Lateral)
    Yaitu perpindahan individu atau kelompok dari satu daerah ke daerah yang lain seperti transmigrasi, urbanisasi dan migrasi.
    Contoh: ”Sekelompok orang yang bertransmigrasi dari daerah Ponorogo ke daerah Lampung, kemudian diantara orang tersebut salah satunya berhasil menjadi kepala desa.

    4. Mobilitas Struktural
    Mobilitas sosial ini terjadi dikarenakan oleh beberapa sebab seperti inovasi teknologi, urbanisasi, pertumbuhan ekonomi, peperangan dan lain sebagainya.

    Dan klasifikasi dari mobilitas sosial, dengan mengetahui itu kita tahu termasuk dalam golongan apa kita ini entah itu mobilitas vertikal, mobilitas horizontal atau yang lainnya itu tergantung kita menyikapinya. Mobilitas sosial dimasyarakat ternyata tidak seperti yang dibayangkan yaitu bergerak lurus sesuai dengan status dan peran sosial suatu individu atau kelompok. Jadi disimpulkan jika mobilitas sosial bersifat dinamis dapat berubah secara cepat dan lambat.

  50. menurut saya mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik atau turunnya status seseorang atau kelompok masyarakat dan Perubahan Sosial tersebut ada yang mengarah vertikal dan horizontol.

  51. mobilitas sosial adalah suatu gerak atau perpindahan yang terjadi d masyarakat dari kelas sosial yang satu dengan kelas sosial yang lain atau dari kelas sosial yang satu dengan kelas sosial yang sama derajatnya.
    mobilitas itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal.yang mana tujuan dari mobilitas itu sendri adalah pengakuan sosial dari masyarakat baik derajat ,pangkat,serta kekuasaan.
    contoh :bu rina yang dulunya mengajar di SD setempat sekarang mengajar di SMP tempat tinggalnya.( mobilitas horizontal )
    yaitu pak aryo dulunya menjadi seorang pegawai tapi dengan kerja kerasnya sekarang menjadi seorang pengusaha (mobilitas vertikal )

  52. Secara umum kita telah mengetahui bahwa Mobilitas Sosial merupakan perpindahan posisi/status suatu individu atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lainnya, baik perubahan secara vertikal ataupun horizontal. Sehingga,dengan adanya mobilitas sosial ini suatu kedudukan seorang individu/kelompok bisa berubah baik ke posisi/status yang lebih baik tinggi ataupun lebih rendah, menjadi lebih baik ataupun lebih buruk, atau bahkan sama sederajat hanya berbeda bidang.
    Misalnya, seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu departemen beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang.

  53. mobilitas sosial merupakan perpindahan sosial baik horizontal maupun secara vertikal. entah itu meningkat ataupun menurun. yang dimaksud mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan naik atau turun status sosial suatu individu,. Misalnya kenaikan jabatan seorang guru menjadi kepala sekolah. sedangkan yang dimaksud perpindahan sosial secara horizantal perpindahan sosial secara mendatar atau hanya terjadi perubahan yang tidak terlalu signifikan misalnya pindahnya seorang individu ke wilayah lain yang sama situasi sosialnya.

  54. mobilitas sosial adalah perpindahan atau pergerakan setatus individu, keluarga, kelompok sosial, dari suatu lapisan ke lapisan lainya..
    jenis jenis mobilitas sosial ;
    mobilitas sosial vertikal yaitu perpindahan individu atau objek dari suatu kedudukan sosial kekedudukan sosial lainya yang tidak sederajat
    mobilitas horizontal yaitu perpindahan individu atau objek dari suatu kedudukan sosial kekedudukan sosial lainya yang sederajat

  55. Mobilitas sosial adalah perpindahan status suatu kelompok masyarakat dalam stratafikasi sosial atau dalam lapisan sosial. Hal ini terjadi karena kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki rasa tidak puas dengan apa yang dimilikinya sekarang. Sehingga menyebabkan perubahan-perubahan kondisi dalam struktur masyarakat.
    Arah gerak mobilitas sosial sendiri ada 2 yaitu secara horisontal maupun secara vertikal ke atas ataupun ke bawah. Gerak sosial sendiri dapat terjadi dengan mudah pada masyarakat terbuka karenalebih memungkinkan untuk berpindah strata. Sebaliknya, pada masyarakat yang sifatnya tertutup, kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit karena untuk kalangan ini masih mengenal sistem kasta. Lapisan masyarakat sendiri dibagi atas 4 kriteria yaitu berdasarkan kekayaan, kekuasaan, keturunan(kehormatan), serta pendidikan dan ilmu pengetahuan.

  56. Mobilitas Sosial menurut saya adalah suatu gerak perpindahan seseorang atau sekelompok warga dari status sosial yang satu ke sosialitas lainnya . Mobilitas sosial bisa berupa penurunan atau perubahan status dari kalangan atas menjadi kalangan bawah atau sebaliknya .
    Contohnya seperti Sinetron Tukang Bubur Naik Haji. dari dia hanya berdagang dengan keliling dan dia menabung atau menyisihkan uangnya dan di tabung di bang dan pada akhirnya dia mendapatkan undian dan memenangkan sebuah Mobil Sedan BMW dan dia menjualnya untuk memberangkatkan ibu dan Istrinya pergi haji. dan uangnya dari sisa penjualan mobil pun sisa dan dia membangun sebuah kafe bubur dan dia sudah mengalami mobilitas sosial dengan jenis Mobilitas Sosial Vertikal denan jenis Gerak sosial yang meningkat.

  57. Mobilitas sosial dapat diartikan sebagai perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan satu ke lapisan lain. Terdapat beberapa jenis mobilitas sosial, seperti; mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal, mobilitas sosial dibagi menjadi dua yaitu gerakan sosial meningkan(social climbing) dan gerakan sosial menurun(social sinking). Mobilitas sosial juga memiliki keterkaitan dengan angkatan bersenjata, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan, organisasi politik, organisasi ekonomi, dan organisasi keahlian. Lalu faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial pada masyarakat modern adalah faktor struktural dan individu. Selain itu, mobilitas sosial memiliki konsekuensi, seperti; akan terjadi konflik dan akan terjadi penyesuaian.
    Mobilitas sosial memang tidak dapat dihindari, namun kita bisa mengatur diri agar bisa menerima kedudukan baru atau tempat yang baru atau orang baru yang mengalami mobilitas sosial.
    Demikian pendapat saya tentang mobilitas sosial. Terima Kasih

  58. Mobilitas sosial dari yang saya pahami adalah. Suatu gerakan atau perpindahan sosial suatu masyarakat ataupun individu. Mobilitas sosial dibagi menjadi dua yaitu mobilitas sosial horizontal ; perpindahan sosial yang hanya sedikit merubah derajat saja contohnya seperti kenaikan jabatan dalam suatu perusahaan, lalu ada mobilitas sosial secara vertikal ; yang dimaksud adalah suatu perpindahan sosial yang juga turut merubah derajat orang tersebut contohnya seorang anak tukang becak yang menjadi pengusaha.

  59. Menurut saya, mobilitas sosial adalah pergerakan sosial individu atau kelompok masyarakat yang hanya terjadi pada kelas sistem stratifikasi sosial yang terbuka tidak menganut sistem stratifikasi tertutup atau kasta yang dibagi menjadi mobilitas vertikal dan horizontal.

  60. Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Misalnya, seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu departemen beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang. Contoh lain, seorang anak pengusaha ingin mengikuti jejak ayahnya yang berhasil. Ia melakukan investasi di suatu bidang yang berbeda dengan ayahnya. namun, ia gagal dan jatuh miskin. Proses keberhasilan ataupun kegagalan setiap orang dalam melakukan gerak sosial seperti inilah yang disebut mobilitas sosial (social mobility)

  61. Kalau Menurut Saya Mobilitas Sosial Itu

    Gerak sosial (Mobilitas sosial) adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kata sosial yang ada pada istilah tersebut mengandung makna gerak yang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial. Jadi, mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Misalnya, seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu departemen beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang.

    Contoh lain, seorang anak pengusaha ingin mengikuti jejak ayahnya yang berhasil. Ia melakukan investasi di suatu bidang yang berbeda dengan ayahnya. Namun, ia gagal dan akhirnya jatuh miskin

  62. Mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan seseorang atau sekelompok warga dari status sosial yang satu ke status sosial yang lain.
    Contoh Mobilitas sosial naik : Pak Andi yang berkedudukan sebagai Office Boy (OB) di angkat pangkatnya menjadi ketua HRD di kantor tempat Ia bekerja.
    Contoh Mobilitas sosial turun : Bu Rena yang berkedudukan sebagai Dirut (Direktur Utama) dikantornya tetapi karena Ia depresi maka ia diturunkan menjadi pegawai biasa di kantornya.

  63. marsello (2013-58-113) seksi 17

    mobilitas sosial menurut saya adalah suatu proses di mana perpindahan status sosial secara horizontal atau vertikal. Kalau bahasa sehari-harinya cara orang memandang kita bisa dari penhasilan,pekerjaan ataupun warisan.

  64. Secara etimologis, kata mobilitas merupakan terjemahan dari kata mobility yang berkata dasar mobile (bahasa Inggris). Kata mobile berarti aktif, giat, gesit, sehingga mobility adalah gerakan. Secara harfiah, social mobility berarti gerakan dalam masyarakat.
    Mobilitas sosial diartikan sebagai suatu gerak dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.

  65. Mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik atau turunnya status seseorang atau kelompok masyarakat. Terjadinya mobilitas sosial berkaitan dengan hal-hal yang dianggap berharga dalam masyarakat. Oleh karena itu, kepemilikan atas hal-hal tersebut akan menjadikan seseorang menempati posisi atau kedudukan yang lebih tinggi. Akibatnya, dalam masyarakat terdapat penggolongan yang memengaruhi struktur sosial. Hal-hal tersebut antara lain kekuasaan, kehormatanm ilmu pengetahuan, dan kekayaan.

  66. LIKA DESI NATALIA (2013-11-246) SEKSI 15

    Mobilitas sosial pada dasarnya merupakan perubahan susunan status seseorang dalam masyarakat baik secara vertikal maupun secara horizontal. Proses seperti ini berlangsung melalui interaksi melalui nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat (proses sosial). Proses ini berlangsung sampai akhir jaman. Dengan demikian proses perubahan struktur sosial akan terjadi secara kontinyu dalam kehidupan masyarakat.
    Mobilitas sosial mendiskripsikan perubahan status dan peran dari sseseorang yang ada dalam masyarakat dari masa ke masa. Proses ini berlangsung bersamaan dengan proses interaksi sosial dalam masyarakat.

  67. mobilitas adalah pergerakan atau perpindahan, sedangkan sosial adalah masyarakat.
    jadi mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik(social climbing) atau turunnya(social sinking) status seseorang atau kelompok masyarakat.

  68. Mobilitas sosial atau gerak sosial yaitu perpindahan orang atau kelompok dari sastra sosial yang satu ke sastra sosial yang lain baik secara vertikal (naik atau turun) maupun horizontal.
    Misalnya contoh dari mobilitas secara vertikal naik yaitu seorang staf perusahaan yang diangkat menjadi manajer perusahaan. Sedangkan contoh dari mobilitas secara vertikal turun yaitu seorang hakim yang menjadi narapidana.
    Dan contoh dari mobilitas secara horizontal yaitu dosen dari Universitas Esa Unggul dimutasi menjadi dosen di Universitas Trisakti.

  69. Mobilitas Sosial, sudah di katakan di atas dengan berbagai versi. Peepindahan, pergerakan, berjalan .
    Tidak dapat dipungkiri, peribahasa terkenal yang berbunyi “Hidup pasri berputar layaknya Roda, kadang di atas, kadang di bawah” adalah salah satu kalimat yang saling berhubungan dengan mobilitas Sosial. Namun bedanya, ketika peribahasa berbicara soal takdir, maka kita kelas Sosiologi berbicara mengenai sistemnya.
    Kita semua harus mengalami mobilitas sosial, tidak mungkin ada yang mau berjalan di tempat.
    Ketika naik pangkat, naik gaji, meraih cita-cita, meningkatnya IPK, nilai matakuliah yang meningkat, diterima di perusahaan impian.
    Yeaahh,, itu adalah termasuk mobilitas sosial.
    Meningkatnya kasta dan taraf hiduo seseorang hingga keluarganya.
    Ketika sekarang ayah saya seorang karyawan BUMN dengan gaji 2 juta peebulan ,dan saya akan bekerja sebagai manajer di stasiun Tv ternama, maka ibu saya akan menerima uang bulanan 10 juta perbulan, rumah dinas hanya akan menjadi kenangan. Begitulah hal yang diimpikan setiap manusia.

  70. Mobilitas sosial adalah Perubahan susunan status seseorang dalam masyarakat baik secara vertikal maupun secara horizontal.
    contohnya : Setelah pensiun sebagai guru, Pak Reno beralih profesi menjadi seorang pedagang bakso. profesi yang terjadi pada pak reno terjadi mobilitas vertikal bawah.

  71. Mobilitas sosial menurut saya yaitu proses perpindahan posisi atau status sosial yang dialami oleh seseorang atau sekelompok orang dalam struktur sosial masyarakat.

    1. mobilitas horizontal

    mobilitas sosial horizontal ini terjadi apabila ada perubahan kedudukan atau posisi pada strata yang sama .
    contohnya yaitu : ada seseorang bekerja sebagai reporter di stasiun TV A, ia pindah kerja ke stasiun TV B sebagai seorang reporter, perpindahan ini tidak mempengaruhi status sosialnya dimana seorang reporter tetap menjadi seorang reporter. yang berpindah hanya tempat iya bekerja sebagai reporter.

    2. mobilitas vertikal

    mobilitas vertikal ini perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau sekelompok orang pada lapisan sosial yang berbeda.
    mobilitas vertikal ini terdiri dari mobilitas naik ( sosial climbing ) dan mobilitas turun (social sinking).
    – social climbing
    contoh ; ada seseorang karyawan bekerja sebagai OB di perusahaan besar, dia sangat rajin saat mengerjakan pekerjaannya sebagai OB, dan manager perusahaan tersebut melihat pekerjaan dia sangat baik, dan manager pun mengangkat karyawan OB itu sebagai manager markerting DLL. ini hanya contoh saja.
    -sicial sinking
    contoh ; ada seorang pengusaha yang sukses dalam perusahaannya, dan si pengusaha itupun terjebak dalam pergaulan dengan rekan paling dekat yang berhobi bermain judi, si pengusaha itupun di ajak untukm bermain judi, dan si pengusaha itu pun tergila-gila dengan judi. dan pada akhirnya si pengusaha itu pun bangkrut dalam perusahaannya, yang dikarnakan menjadi seorang yang gila bermain judi, kini yang tersisa hanyalah baju yang dipakainya.

    3. mobilitas geografis
    mobilitas ini adalah perpindahan individu atau kelompok dari satu daerah kedaerah yang lain seperti transmigrasi.
    contoh ; sekelompok orang yang bertransmigrasi dari daerah jogja ke daerah lampung, dan kemudian diantara orang tersebut salah satunya berhasil menjadi kepala desa di bukan tempat dia lahir.

    4.mobilitas struktural
    mobilitas ini terjadi yang dikarnakan oleh beberapa sebab seperti inovasi teknologi, pertumbuhan ekonomi, dll

    klasifikasi dari saya mobilitas sosial, dangan mengetahui itu kita tahu termasuk dalam golongan apa kita ini entah itu dari mobilitas vertikal, horizontal, atau yang lainnya itu tergantung kita menyikapinya . :)

  72. Menurut saya mobilitas sosial adalah pergerakan atau perubahan kelas sosial seseorang dari satu kedudukan ke kedudukan yang lain. Dan terjadinya mobilitas sosial sebenarnya tergantung kepada individu itu sendiri. Seorang individu mampu merubah mobilitas sosial vertikal climbing atau malah sebaliknya. Atau individu tidak merubahnya sama sekali.

  73. mobilitas sosial adalah perpindahan posisi atau status sosial seseorang atau kelompok dari status sosial 1 ke status sosial yang lain. seperti kenaikan tingkat sosial.

  74. Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Perubahan dalam mobilitas ditandai oleh perubahan struktur sosial yang meliputi hubungan antarindividu dalam kelompok dan antara individu dengan kelompok. Mobilitas sosial terkait erat dengan stratifikasi sosial karena mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan dari satu strata sosial ke strata sosial yang lain.

  75. menurut pemahaman saya, mobilitas sosial adalah pergerakan sosial, baik individu ataupun kelompok dalam status sosial, mobilitas dikenal terbagi menjadi dua : 1. mobilitas sosial vertikal 2. mobilitas sosial horizontal

  76. Menurut pendapat saya mobilitas sosial adalah pergerakan atau perpindahan, sedangkan sosial adalah masyarakat. jadi mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik(social climbing) atau turunnya(social sinking) status seseorang atau kelompok masyarakat.

  77. Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kata sosial yang ada pada istilah tersebut mengandung makna gerak yang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial. Jadi, mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain.

  78. Mobilitas Sosial terjadi di masyarakat. Mobilitas yang biasanya terjadi di masyarakat adalah naik atau menurunnya tikat sosial. naik turunnya penghasilan. di Indonesia sering terjadi mobitas sosial. seperti ada orang yang di PHK, jadi menurunkan tingkat pendapatannya. atau seorang karyawan biasa, yang mencoba bisnis lalu sukses.

  79. Mobilitas sosial menurut saya adalah suatu proses di mana perpindahan status sosial secara horizontal atau vertikal. Kalau bahasa sehari-harinya cara orang memandang kita bisa dari penhasilan,pekerjaan ataupun warisan.

  80. mobilitas memang sering terjadi didalam masyarakat, termasuk masyarakat di dunia. perubahan penghasilan, seperti kenaikan atau penurunan gaji adalah salah satu contohya. mobilitas dapat diubah oleh diri masyarakat itu sendiri, karyawan biasa membuka bisnis lalu sukses, dia sudah menaikan mobilitas sosialnya. pengusaha yang bangkrut dia sudah mengalami mobilitas yang turun dalam hidupnya.

  81. SEKSI 18

    mobilitas memang sering terjadi didalam masyarakat, termasuk masyarakat di dunia. perubahan penghasilan, seperti kenaikan atau penurunan gaji adalah salah satu contohya. mobilitas dapat diubah oleh diri masyarakat itu sendiri, karyawan biasa membuka bisnis lalu sukses, dia sudah menaikan mobilitas sosialnya. pengusaha yang bangkrut dia sudah mengalami mobilitas yang turun dalam hidupnya.\

  82. Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.

  83. Mobilitas sosial adalah suatu pergerakan yang dilakukan individu atau sekelompok warga yang mempunya keinginan untuk memperbaiki kehidupannya. yang ingin merubah status sosialnya dari status sosial yang dibawah menjadi status sosial yang diatas. Namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang atau masyarakat yang terbuka. Tidak dapat dilakukan oleh masyarakat yang tertutup. Karena golongan yang tertutup tidak akan melakukan perpindahan dan pergeseran. Mereka akan tetap pada tingkat sosial yang sama.

  84. menurut saya, mobilitas sosial adalah sebuah proses perpindahan status individu dari kelas atas ke kelas bawah begitu juga sebaliknya dan juga ada yang dinamakan mobilitas lateral. dengan adanya mobilitas sosial yang telah dijalankan otomatis terjadi pula dinamika sosial di dalam kehidupan bermasyarakat.

  85. Mobilitas Sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain

  86. Mobilitas Sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain.Ada 2 Jenis Mobilitas Sosial yang biasanya terjadi di masyarakat yaitu Meningkat dan Menurun.
    Contoh : Seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu Departemen beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang.

  87. mobilitas sosial mobilitas sosial:yang dimaksud dengan mobilitas sosial yaitu :
    Mobilitas adalah sebuah pergerakan atau sebuah perpindahan sedangkan sosial itu adalah sekelompok masyarakat.
    jadi mobilitas itu adalah suatu peroses perpindah posisi seorang atau sekelompok masyarakat dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Setiap lapisan masyarakat akan mengalami sebuah peroses mobilitas sosial dengan cara yang sangat beragam, agar dapat mengawasi perilaku dari suatu individu tersebut. Mobilitas tersebut akan bergerak ketika seorang individu berpindah antara satu posisi lapisan, kelapisan yang lain baik itu sama maupun berbeda.
    Misalnya: Seorang yang bekerja didalam sebuah perusahaan dan seorang tersebut ingin beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha,ketika dia beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha , dia menjadi lebih sukses didalam sebuah usaha yang dia dirikan tersebut.
    Jadi proses perpindah posisi atau status sosial yang dialami oleh seseorang atau kelompok masyarakat itulah yang dinamakan gerak sosial atau mobilitas sosial.

  88. Istilah Mobilitas sosial dapat diartikan sebagai suatu perpindahan status seorang individu atau kelompok dari satu kedudukan ke kedudukan lain baik itu secara vertikal ataupun horizontal.
    mobilitas sosial dapat dilihat dengan ciri-ciri sebagai berikut :
    a. perubahan standar hidup
    b. perubahan tempat tinggal
    c. perubahan tingkah laku
    d. perubahan nama
    e. pernikahan
    f. bergabung dengan asosiasi tertentu

    Contoh cara mobilitas sosial dengan perubahan tempat tinggal:
    Keluarga A sebelumnya tinggal di kampung kemudian pindah ke perumahan elit.

    Saluran mobilitas sosial vertikal naik :
    a. organisasi politik
    b. organisasi ekonomi
    c. perkawinan
    d. organisasi keagamaan
    e. organisasi pendidikan
    f. angkatan bersenjata
    Proses mobilitas sosial seorang individu atau kelompok menurut pendapat saya dapat berbeda-beda,tergantung pada pendidikan,sikap,perilaku,pengetahuan,dan lingkungan setiap orang karena lembaga pendidikan merupakan salah satu bagian yang penting yang mengantarkan seseorang ke lapisan sosial atas, tahap demi tahap.

  89. mobilitas sosial mempengaruhi individu dan kelompok, untuk menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk.
    itu di sebabkan oleh perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran dari individu atau kelompok itu sendiri.

  90. pengertian mobilitas adalah pergerakan atau perpindahan, sedangkan sosial adalah masyarakat.jadi mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik(social climbing) atau turunnya(social sinking) status seseorang atau kelompok masyarakat.
    mobilitas sosial ada 3:        1.mobilitas sosial vertikal.mobilitas sosial vertikal yaitu, mobilitas sosial yg terjadi antara kelas sosial bawah dan kelas sosial atas.
      2.  mobilitas sosial horizontal:         perpindhan status seseorang atau kelompok orang dalam lapisan yg sama. ciri utama dalam mobilitas sosial horizontal adalah tidak ada perpindahan lapisan sosial.
    3. mobilitas sosial diagonal:         perpindahan yg dialami seseorang atau kelompok yg mengalami perpinahan tempat dan status sosial.

  91. mobilitas sosial merupakan perpindahan atau pergeseran status sosial di dalam kehidupan bermasyarakat, baik itu secara vertikal maupun horizontal

  92. Dalam kehidupan mobilitas sosial pasti akan terjadi. Dari hal yang rendah ke tinggi maupun sebaliknya dari tinggi ke rendah. Masyarakat sosial pasti akan melakukan mobilitas, misalnya dalam perubahan status atau jabatan demi dipandang segan oleh orang lain. Contoh dari profesi guri honorer menjadi PNS pendidikan ( guru tetap ). Itu merupakan mobilitas dari bawah ke atas. Sedang mobilitas dari atas ke bawah misalnya seorang kepala sekolah menjadi guru pengajar karena suatu hal. Jadi mobilitas dan masyarakat sangat erat hubungannya

  93. menurut pendapat saya mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik atau turunnya status seseorang atau kelompok masyarakat.
    Dan mobilitas sosial bisa berdampak positif dan negatif :
    1. DAMPAK POSITIF:
    a. mendorong seseorang lebih maju
    b. meningkatkan integrasi
    c. mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yg lebih baik
    2. DAMPAK NEGATIF:
    a. menimbulkan konflik:
    A. konflik antar kelas
    B. konflik antar kelompok sosial
    C. konflik antar generasi
    b. berkurangnya solidaritas kelompok
    c. timbulnya gangguan psikologis

  94. Jadi menurut saya mobilitas sosial merupakan perpindahan posisi yang dialami oleh seseorang atau sekelompok dari lapisan yang satu ke yang lain, atau kedudukan warga masyarakat dari kelas sosial yang satu ke kelas sosial yang lain.

  95. Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau kelompok dari lapisan (strata sosial) yang satu ke lapisan yang lain. Mobilitas dibagi menjadi 3:
    1. mobilitas sosial vertikal yaitu mobilitas sosial yang terjadi antara kelas sosial bawah dan kelas sosial atas.
    2. mobilitas sosial horizontal yaitu perpindhan status seseorang atau kelompok orang dalam lapisan yg sama.
    3. mobilitas sosial diagonal yaitu perpindahan yang dialami seseorang atau kelompok yg mengalami perpinahan tempat dan status sosial.

  96. Jadi mobilitas sosial adalah proses perpindahan posisi atau status sosial yang dialami oleh seseorang atau sekelompok orang dalam struktur sosial masyarakat. Mobilitas sosial yang terjadi pada masyarakat tidak hanya bersifat naik ke tingkat yang lebih tinggi, akan tetapi banyak mobilitas turun tanpa direncanakan.

  97. Jadi benar apa yg sudah dikatakan diatas bahwa mobilitas sosial adalah suatu proses perpindahan posisi/ status sosial dalam suatu lingkungan masyarakat. seperti jabatan dll. mobilitas sosial terbagi atas 3 tingkatan:
    1. Mobilitas sosial yang horizontal
    2. Mobilitas sosial yang vertikal
    3. Mobilitas sosial yang diagonal

  98. Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau kelompok dari lapisan (strata sosial) yang satu ke lapisan yang lain. Mobilitas berasal dari bahasa Latin, yaitu mobilis yang berarti mudah dipindahkan dari satu ke tempat ke tempat lain.

  99. Gerak sosial (Mobilitas sosial) adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Mobilitas sosial dapat juga diartikan sebagai gerak sosial Mobilitas sosial adalah gerak perpindahan seseorang ataupun sekelompok warga dari status sosial yang satu ke status sosial yang lain. Mobilitas sosial juga mencakup struktur sosial yang bersifat hubungan antarindividu dalam kelompok dan hubungan antara individu dengan kelompoknya

  100. Mobilitas sosial adalah perpindahan seseorang atau kelompok dari satu lapisan sosial ke lapisan sosial yang lainnya.
    Jenis mobilitas sosial dibagi menjadi 2,yaitu:
    1.Mobilitas Vertikal : Perpindahan seseorang atau kelompok ke lapisan sosial yang tidak setingkat.Misalkan, Si A dulunya bekerja sebagai karyawan biasa. Namun seiring berjalannya waktu karena Si A tersebut rajin bekerja,tidak pernah terlambat ke kantor maka ia di angkat sebagai manager di kantornya tersebut.

    2.Mobilitas Horisontal : Perpindahan seseorang atau kelompok ke lapisan sosial yang sederajat. Misalkan, Si B dulunya bekerja sebagai peternak ayam. setelah ia meninggal ia mewariskan kepada anak-anaknya agar melanjutkan dan mengembangkan usaha ternak ayamnya tersebut.

  101. Mia Damayanti Seksi 01
    menurut saya mobiltas sosial itu adalah perubahan status sosial masyarakat dari rendah menjadi lebih tinggi merupakan hal yang pasti diinginkan oleh semua orang. namun tidak dapat dipungkiri, karna setiap orang mempunya keterbatasan dalam mencapai tujuan yang sudah direncakan, bahkan karena faktor manusia yang terlahir dari latar belakang yang berbda maka setiap keinginannya pun berbeda. maka dari itu menyebabkan seseorang menjadi ingin berpindah dari suatu lapisan ke lapisan yang lainnya yang diharapkan. tentu saja semua org mengharapkan capaian yang aka dicapai akan selalu meningkat namun dunia akan selalu berputar tidak selamanya kita diatas… proses dari mobilitas sosial itu tidak dapat kita hindri, kita harus bisa menyesuaikan diri menerima kedudukan baru yang lebih tinggi bahkan lebih rendah, serta menerima orang-orang sekitar yang berbeda akibat dari adanya mobilitas sosial.

  102. Dalam kehidupan mobilitas sosial pasti akan terjadi. Dari hal yang rendah ke tinggi maupun sebaliknya dari tinggi ke rendah. Masyarakat sosial pasti akan melakukan mobilitas, misalnya dalam perubahan status atau jabatan demi dipandang segan oleh orang lain. Contoh dari profesi guri honorer menjadi PNS pendidikan ( guru tetap ). Itu merupakan mobilitas dari bawah ke atas. Sedang mobilitas dari atas ke bawah misalnya seorang kepala sekolah menjadi guru pengajar karena suatu hal. Jadi mobilitas dan masyarakat sangat erat hubungannya

  103. Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Dalam dunia modern banyak orang berupaya meningkatkan mobilitas sosial. Mereka yakin bahwa hal tersebut membuat orang menjadi lebih sejahtera dan memungkinkan mereka melakukan jenis pekerjaan yang paling cocok bagi diri mereka. Jika tingkat mobilitas sosial tinggi, meskipun latar belakang berbeda, mereka tetap dapat merasa mempunyai hak yang sama dalam mencapai kedudukan sosial yang lebih tinggi. Jika tingkat mobilitas sosial rendah, tentu saja banyak orang akan terkungkung dalam status nenek moyang mereka. Mereka hidup dalam kelas sosial tertutup.

  104. Mobilitas sosial merupakan suatu pergerakan atau perpindahan dari suatu kelas sosial yang satu ke kelas sosial yang lainnya, bisa perpindahan dari kelas sosial rendah ke tinggi maupun sebaliknya. Perpindahan suatu kelas sosial ini bisa terjadi pada setiap individu maupun kelompok. Secara nyata kehidupan dalam masyarakat tidaklah sama. Ada yang miskin, ada yang kaya, ada yang memiliki kedudukan tinggi, ada pula yang memiliki kedudukan rendah. Perbedaan tersebut mendorong manusia untuk meningkatkan taraf hidupnya agar dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi, terutama bagi mereka yang berada di tingkat bawah. Jika seseorang ingin kelas sosialnya naik, maka pastinya orang itu akan berusaha untuk menaikkan status sosialnya, dengan cara bekerja keras. Sebagai contoh , seorang karyawan biasa yang berpenghasilan pas – pasan bertekad ingin menjadi pengusaha yang sukses. Akhirnya ia bekerja keras membangun usahanya dan akhirnya ia memiliki usaha yang sangat maju dan sukses, tidak lagi menjadi karyawan biasa melainkan sudah menjadi pengusaha yang sukses dan otomatis kelas sosialnya menjadi naik. Maka dari itu manusia berusaha agar harapan dan keinginanya untuk meningkatkan status tercapai sehingga ia dapat hidup lebih baik.

  105. Mobilitas sosial adalah perpindahan individu atau kelompok dari satu lapisan ke lapisan yang lain atau berpindahnya status sosial individu atau kelompok.
    Jenis mobilitas sosial ada 2, yaitu :
    1. mobilitas sosial horizontal yaitu perpindahan status sosial individu atau kelompok yang pergerakannya sejajar atau sederajay tidak ada peningkatan.
    contoh : Guru matematika disekolah A berpindah mengajar disekolah b sebagai guru matematika pula
    2. mobilitas sosial vertikal yaitu perpindahan status sosial individu atau kelompok yang pergerakannya ada vertikal keatas (menurun) ada pula vertikal kebawah (menurun)
    contoh : – vertikal keatas : seorang guru matematika disekolah A ditugaskan menjadi kepala sekolah disekolah B
    – vertikal Kebawah : seorang pengusaha yang pada awalnya sukses beberapa tahun kemudian usahanya mengalami kerugian dan bangkrut

  106. MOBILITAS SOSIAL
    pengertian mobilitas adalah pergerakan atau perpindahan, sedangkan sosial adalah masyarakat.
    jadi mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik(social climbing) atau turunnya(social sinking) status seseorang atau kelompok masyarakat.
    menurut HORTON, mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.
    dengan demikian MOBILITAS SOSIAL hanya terjadi pada kelas sistem stratifikasi sosial yg terbuka tidak menganut sistem stratifikasi tertutup atau kasta.
    mobilitas sosial ada 3:
            1. mobilitas sosial vertikal.
    mobilitas sosial vertikal yaitu, mobilitas sosial yg terjadi antara kelas sosial bawah dan kelas sosial atas.
    mobilitas vertikal ada 2 yaitu;
                    a. social climbing:
                         pergerakan naiknya status seseorang atau kelompok sosial.
                         bentuknya: 1. naiknya orang yg berstatus rendah ke kelas yg status sosialnya tinggi.
                                          2. terbentuknya kelas sosial baru yg menempati atau menggeser kelas sosial
                                              tertinggi yg ada didalam kelompol tsb.
                        penyebabnya: 1. melakukan prestasi kerja.
                                              2. menggantikan kedudukan yg kosong akibat proses peralihan generasi.
                   b. social sinking:
                        pergerakan turunnya status seseorang atau kelompok sosial.
                        bentuknya: 1. turunnya kedudukan seseorang ke kedudukan yg lebi rendah.
                                         2. tidak dihargainya lagi suatu kedudukan sebagai lapisan sosial atas.
                      penyebabnya: 1. berhalangan tetap atau sementara, misal sakit atau cacat tubuh
                                            2. memasuki masa pensiun
                                            3. berbuatkesalahan fatal sehingga diturunkan/dipecat dari kelas sosial yg tinggi.
       2.  mobilitas sosial horizontal:
             perpindhan status seseorang atau kelompok orang dalam lapisan yg sama.
               ciri utama dalam mobilitas sosial horizontal adalah tidak ada perpindahan lapisan sosial.
                 bentuknya: 1. mobilitas antar wilayah.
                                         meliputi transmigrasi, commuter, sirkuler(bagi yg ngekost), emigrasi, imigrasi,
                                         ruraliasi, urbanisasi.
                                  2. mobilitas antar generasi
                                        ada 2 bentuk antar generasi yaitu,
                                             a. mobilitas intra generasi: perpindahan status yg terjadi dalam beberapa generasi.
                                             b. mobilitas inter generasi: perpindahan status yg terjadi dalam beberapa generasi.
      3. mobilitas sosial diagonal:
             perpindahan yg dialami seseorang atau kelompok yg mengalami perpinahan tempat dan status sosial.
                  bentuknya: 1. mobilitas sosial diagonal ke atas: perpindahannya statusnya naik, tempatnya sama
                                   2. mobilitas sosial diagonal ke bawah: perpindahan statusnya turun, tempatnya pindah.

  107. Abdul Tri Handoko 201411209 seksi (01)

    Menurut Saya Mobilitas Sosial yaitu Suatu Proses Perpindahaan/Penekanan Sosial antara individu atau kelompok dari Horizontal dan Vertikal yg dimaksud dari bawah ke atas serta harus memiliki keseimbangan secara bersikenambungan
    Cth nya Horizontal itu mobilitas sosial yg di atas tapi memiliki sederajatan yg sama antar individu dan kelompok >> Seorang Anggota DPR memiliki keakraban yg sama di lingukungan rumah tinggalnya walaupun mobilitas sosisalnya tinggi
    Cthnya Vertikal itu Mobilitas sosial yg menurun tetapi dipandangnya di sejajar dan setingkat>> Seorang Guru dengan Murid nya yaitu saat guru mengajar disekolah tetapi memiliki derajat sosial yg sama rata dengan lingkungan tempat tinggalnya

  108. Menurut saya mobilitas adalah perpindahan status sosial (bergerak). Jika ingin meningkatkan status sosial kita dapat menggunakan media seperti pendidikan. Mobilitas mempunyai sisi negatif dan positif. Dampak yang di akibatkan dari mobilitas pun baik karena dapat mengajarkan kita untuk berbuat jujur.

  109. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Mobilitas sosial adalah perubahan atau perpindahan posisi seseorang atau kelompok dalam lingkungan masyarakat.
    jenis sosial ada 2 yaitu:
    1. mobilitas sosial horizontal gerak sosial yg tidak menyebabkan perubahan dalam seseorang atau objek sosial.
    2. mobilitas sosial vertikal perubahan status sosial seseorang atau kelompok pada sosial yang berbeda. mobilitas sosial vertikal mempunyai 2 bentuk yaitu :
    – mobilitas vertikal ke atas yaitu terjadinya peningkatan posisi atau status seseorang.
    -mobilitas vertikal ke bawah yaitu terjadinya penurunan posisi atau status seseorang.

  110. Nama : vera utifah
    NIM : 201411082
    Sesi : 01

    Mobilitas sosial merupakan perpindahan status sosial atau dapat disebut sebagai gerakan sosial. Perpindahan status sosial dapat ke arah peningkatan (social climbing) maupun penurunan (social sinking)

  111. Mobilitas sosial adalah suatu proses perpindahan status soasial yang di pengaruhi oleh perilaku-perilaku dari setiap individu, mobilitas sosial dpt berubah secara vertikal dan horizontal sesuai perilaku individu tersebut.

  112. Devi Putriani 201411174

    Perpindahan mobilitas sosial memiliki berbagai macam arah yang berbeda-beda, tergantung dari individu yang melakukan mobilitas sosial. Seorang individu atau kelompok yang gagal melakukan mobilitas sosial, mereka melakukan pengembangan citra kelompoknya melalui bidang lain diantaranya budaya dan olahraga. Dengan demikian kelompok tersebut tidak merasa kecil hati karena memiliki kelebihan di bidang yang lain.
    Mobilitas sosial memiliki beberapa jenis pergerakan sosial, diantara pergerakan tersebut yaitu mobilitas sosial horizontal, mobilitas sosial vertikal naik, mobilitas vertikal turun, mobilitas sosial antargenerasi, dan mobilitas sosial intragenerasi. Dari beberapa bentuk mobilitas sosial, memiliki ciri-ciri yang berbeda satu dengan yang lainnya.

  113. Lindawati 2014-11-205 seksi 23

    Mobilitas sosial adalah perubahan sosial yang bisa dikategorikan perubahan dalam sisi derajat sosial di masyarakat atau juga pergerakan yang dilakukan secara beramai-ramai yang bertujuan merubah apa yang telah ada.
    Faktor utama dari adanya mobilitas adalah faktor individu dan juga lingkungan pelaku. Faktor individu bisa dari kualitas orang tersebut yang bisa dikatakan layak atau tidak untuk mempengaruhi orang/dirinya sendiri berubah. Dan dari lingkungan, kontribusi nya dalam mendukung si pencetus ide perubahan.
    Konsekuensi terbesar dari mobilitas sosial adalah konflik saat perubahan terjadi. Pro dan kontra yang terjadi di masyarakat.

  114. Adanya pelapisan sosial dalam masyarakat menjadikan masyarakat terbagi dalam kelas-kalas sosial tertentu antara lain kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah. Namun, masyarakat tidaklah statis. Masyarakat selalu bergerak dan berubah. Perubahan tersebut dapat berupa peningkatan, penurunan maupun pergeseran status dan peran. Dalam sosiologi, gerak sosial seperti itu disebut mobilitas sosial.

  115. Mobilitas Sosial dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan masyrakat, kita tentunya sering menyaksikan yaitu perubahan, perubahan itu yaitu perubahan status dan peran dalam masa hidupnya. Misalkan seorang buruh yang kemudian menjadi pengusaha sukses. Perpindahan dari kelas buruh ke pengusuha sukses merupakan contoh mobilitas sosial.

  116. Pengertian mobilitas adalah pergerakan atau perpindahan, sedangkan sosial adalah masyarakat.
    jadi mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik(social climbing) atau turunnya(social sinking) status seseorang atau kelompok masyarakat.
    Proses keberhasilan dan kegagalan setiap otang dalam melakukan gerak sosial inilah yang disebut mobilitas sosial.

  117. Putri Wulandari – 201411033 – sesi 01

    mobilitas sosial adalah pergerakan naik atau turunnya sesorang untuk status sosialnya dalam masyarakat. biasanya mobilitas sosial terjadi apabila perilaku dalam masyarakat yang tidak sesuai norma sehingga menimbulkan pergerakan turun, sebaliknya apabila terjadi perilaku yang taat aturan terhadap norma dalam masyarakat maka mobilitas sosial akan naik.

  118. Mobilitas sosial adalah pergerakan seseorang dari satu status ke status yang lain.
    Mobilitas diperlukan penyesesuaian karena mobilitas pun dapat menimbulkan konflik.
    Pergerakan tersebut ada yang menurun ke status yang lebih rendah atau menaik ke status yang lebih tinggi.

    thanks

  119. Bebby Elisa 2014-12-190

    Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Misalnya, seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu departemen beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha sukses.

  120. Gerak sosial (Mobilitas sosial) adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kata sosial yang ada pada istilah tersebut mengandung makna gerak yang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial. Jadi, mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Misalnya, seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu departemen beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang.

    Contoh lain, seorang anak pengusaha ingin mengikuti jejak ayahnya yang berhasil. Ia melakukan investasi di suatu bidang yang berbeda dengan ayahnya. Namun, ia gagal dan akhirnya jatuh miskin. Proses perpindahan posisi atau status sosial yang dialami oleh seseorang atau sekelompok orang dalam struktur sosial masyarakat inilah yang disebut gerak sosial atau mobilitas sosial (social mobility)

  121. Menurut pendapat saya, mobilitas sosial adalah perpindahan atau perubahan status sosial seseorang di dalam lingkungan masyarakat.
    Ada 2 jenis mobilitas sosial :
    1. Mobilitas sosial vertikal yaitu perpindahan/perubahan status sosial yang meningkat atau menurun.
    contoh mobilitas sosial yang meningkat : status anak yang beranjak dewasa berubah menjadi status orang tua
    contoh mobilitas sosial yang menurun : seorang direktur yang di PHK maka statusnya berubah menjadi pengangguran
    2. Mobilitas sosial horizontal : perpindahan/perubahan status sosial yang sederajat
    contoh : ani yang pindah sekolah dari SMA Negeri ke SMA swasta namun status Ani tidak berubah tetap sebagai pelajar

  122. Irmawati 201411251 seksi 23

    Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau kelompok dari lapisan (strata sosial) yang satu ke lapisan yang lain. Mobilitas berasal dari bahasa Latin, yaitu mobilis yang berarti mudah dipindahkan dari satu ke tempat ke tempat lain. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan dengan “gerak” atau “perpindahan”. Mobilitas sosial merupakan suatu konsep dinamika sosial yang secara harfiah seringkali diartikan sebagai suatu gerakan yang terjadi akibat berpindah atau berubah posisi sosial seseorang atau sekelompok orang pada saat yang berbeda.

  123. mobilitas adalah pergerakan atau perpindahan, sedangkan sosial adalah masyarakat.
    jadi mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik(social climbing) atau turunnya(social sinking) status seseorang atau kelompok masyarakat.
    menurut HORTON, mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.
    dengan demikian MOBILITAS SOSIAL hanya terjadi pada kelas sistem stratifikasi sosial yg terbuka tidak menganut sistem stratifikasi tertutup atau kasta yang ada dimasyarakat.

  124. Mobilitas sosial adalah peningkatan/penurunan, pergerakan dan perubahan dari suatu peran seseorang dalam status sosial
    • Bentuk – Bentuk Mobilitas
    1. Mobilitas vertikal adalah perpindahan status sosial terhadap status sosial yang berbeda
    A. Mobilitas vertical ke atas : mobilitas atau perubahan karna adanya kenaikan status misalnya dari hanya staff menjadi direktur
    B. Mobilitas vertikal ke bawah : mobilitas perubahan karna adanya penurunan status
    2. Mobilitas horizontal adalah perpindahan status sosial terhadap status sosial yang sama

  125. Menurut says mobilitas social adalah dimana titik perpindahan status sosial seseorang Dari satu titik ke titik yang Lain baik ITU cepat maupun lambat
    Mobilitas social INI bisa naik bisa turun

  126. Mobilitas merupakan perpindahan atau pergerakan. Sedangkan sosial dapat diartikan sebagai suatu individu atau kelompok masyarakat. Jadi, mobilitas sosial merupakan sebuah perpindahan yang terjadi atau dialami oleh individu maupun masyarakat. Perpindahan ini bisa terjadi peningkatan maupun penurunan sesuai dengan individu masing-masing.

    Menurut saya, semua orang pasti akan mengalami mobilitas sosial, walaupun dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya, ketika seorang anak yang duduk dibangku SD kemudian lulus, maka dia akan mengalami mobilitas sosial ke tingkat yang lebih tinggi yaitu SMP, lalu ke SMA, dan seterusnya sesuai kemampuan individu tersebut. Jadi, mobilitas sosial bergerak ketika individu berpindah dari satu tingkatan ke tingkatan yang lain.

  127. Irawati nim : 2014.11.270 sesi : 23

    mobilitas sosial
    pengertian mobilitas adalah pergerakan atau perpindahan.
    sedangkan sosial adalah masyarakat.
    jadi mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik ( social climbing ) atau turunnya ( social sinking ) status seseorang atau kelompok masyarakat.

  128. Inneke Putri Manna 201411302 sesi 23
    Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindah atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kata sosial mengandung makna gerak yang melibatkan seseorang atau sekelompok orang dalam kelompok sosial. Mobilitas sosial atau gerak sosial adalah pergeseran , perubahan, , peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Contoh mobilitas sosial ada 2 diantaranya mobilitas sosial vertikal ( seorang sales berhasil naik jabatan karena tingkat prestasi kerja yang tinggi ) dan mobilitas sosial horizontal ( seorang sales yang hanya menamatkan pendidikan pada jenjang menengah atas,ia bisa mendidik anaknya menjadi seorang yang sukses dan mendapatkan gelar sarjana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>