Perilaku

Behavior

Kata perikelakuan dipakai oleh Weber untuk perbuatan-perbuatan yang bagi sipelaku mempunyai ARTI SUBYEKTIF. Mereka dimaksudkan! Pelaku hendak mencapai suatu TUJUAN, atau ia didorong oleh MOTIVASI. Perikelakuan menjadi SOSIAL menurut Weber terjadi hanya kalau dan sejauh mana arti maksud subyektif dari tingkahlaku membuat individu memikirkan dan menunjukan suatu keseragaman yang kurang lebih tetap. Pelaku individual mengarahkan kelakuannya kepada penetapan penetapan atau harapan harapan tertentu yang berupa kebiasaan umum atau dituntut dengan tegas atau bahkan dibekukan dengan undang undang.

Weber membuat klasifikasi mengenai perilaku sosial atau tindakan sosial menjadi 4 yaitu :
Kelakuan yang diarahkan secara rasional kepada tercapainya suatu tujuan. Dengan kata lain dapat dikatakan sebagai kesesuaian antara cara dan tujuan. Contohnya Bekerja Keras untuk mendapatkan nafkah yang cukup.
Kelakuan yang berorientasi kepada nilai. Berkaitan dengan nilai – nilai dasar dalam masyarakat, nilai disini seperti keindahan, kemerdekaan, persaudaraan, dll. misalnya ketika kita melihat warga suatu negara yang berasal dari berbagai kalangan berbaur bersama tanpa membeda-bedakan.
Kelakuan yang menerima orientasi dari perasaan atau emosi atau Afektif . contohnya seperti orang yang melampiaskan nafsu mereka.

Kelakuan Tradisional bisa dikatakan sebagai Tindakan yang tidak memperhitungkan pertimbangan Rasional. Contohnya Berbagai macam upacara tradisi yang dimaksudkan untuk melestarikan kebudayaan leluhur.

147 thoughts on “Perilaku

  1. Sebuah perilaku merupakan tingkah laku kita atau bagaimana kita beraktivitas yg didorong oleh motivasi untuk tujuan tertentu…

    • Perilaku adalah sifat manusia yang masing-masing berbeda satu sama lain,menjadi ciri khas mereka dalam keseharian baik itu perilaku yg positif/negatif tergantung pada pembawaan diri sendiri

      • Perilaku adalah tindakan seserorang yg subyektif bertujuan pada apa yang kita mau, dan bisa menjadi sebuah ciri khas masing-masing individu

  2. Perilaku merupakan suatu tindakan ataupun aktivitas yang dilakukan untuk mencapai atau mendapatkan sesuatu. Dalam hal sosial menurut saya perilaku ialah tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, melampiaskan dan mengekspresikan emosional, ataupun melakukan tingkah laku sesuai dengan lingkungan dimana maituia itu berada.

    • Ralat : (…,ataupun melakukan tingkah laku sesuai dengan lingkungan dimana MANUSIA itu berada)

  3. Aktivitas manusia yang membentuk suatu ketergantungan untuk mencapai tujuan dan menuai keuntungan merupakan definisi perilaku menurut saya. sedangkan perilaku sosial lebih mengarah pada tujuan yang memuaskan hati namun tidak terlalu mementingkan keuntungan.

  4. Manusia tidak bisa bertindak sesuka hati, tetapi harus mempertimbangkan keadaan orang lain. Sebagai anggota masyarakat, perilaku manusia dapat mempengaruhi dan dipengaruhi kondisi masyarakat setempat. Tidak semua tingkah laku manusia dapat direncanakan dan dapat dikontrol oleh pikirannya. Perilaku muncul dari sejumlah orang yang mempunyai dorongan, maksud, kebutuhan serupa.

  5. Perilaku sosial adalah aktivitas ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia di dalam lingkungan masyarakat. Karena manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain. Ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan.

  6. Perilaku merupakan cerminan dari sifat manusia atau individu itu sendiri dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yg ia inginkan, dimana perilaku tersebut dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, adat istiadat atau hal yg lainnya. Oleh karena itu, kita harus berperilaku dengan baik jika kita ingin dipandang baik oleh mata masyarakat dan lingkungan sekitar.

  7. Perilaku timbul jika ada suatu hal yang memotivasinya untuk bertindak. Perilaku seseorang dalam menyikapi berbagai hal di kehidupannya berbeda-beda karena perilaku setiap orang itu dinamis, selalu berubah, tergantung faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor utama yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari adalah faktor lingkungan.
    Misalnya, perilaku mahasiswa/mahasiswi sangat dipengaruhi pergaulan yang mereka pilih. Pergaulan tersebut akan membawa mereka ke arah yang positif atau negatif.
    Keberhasilan perilaku sosial seseorang sangat bergantung pada kepandaian orang tersebut dalam beradaptasi dan memilih hal-hal positif yang membawa mereka mencapai tujuan.
    Jika berhasil, maka hal yang terjadi adalah tujuan tercapai serta kerukunan dan kenyamanan dalam kelangsungan hidup di masyarakat akan terwujud. Jika gagal, maka hanya penyimpangan sosial sajalah yang akan terjadi.

  8. Perilaku sosial merupakan hubungan antar manusia yang saling mempengaruhi satu sama lainnya untuk mencapai tujuan yang ia inginkan. Suasana ini semestinya harus dilakukan guna menjamin kelangsungan kehidupan manusia, karena manusia sepenuhnya tidak bisa hidup sendiri. Tapi secara langsung ataupun tidak langsung perlu bantuan dan dukungan dari oranglain. Dari saling ketergantungan tersebut, lantas muncul ikatan emosional pihak lain. Dari sinilah timbul perilaku-perilaku yang berkaitan dengan sosial. Perilaku sosial antara lain, hormat-menghormati, rendah diri, empati, saling berinteraksi secara intens, dll.

  9. Sebagai makhluk sosial, seorang individu sejak lahir hingga sepanjang hayatnya senantiasa berhubungan dengan individu lainnya atau dengan kata lain melakukan interaksi dengan orang lain. interaksi itu ditandai dengan berbagai aktivitas tertentu, baik aktivitas yang dihasilkan berdasarkan naluriah semata atau justru melalui proses pembelajaran tertentu. Berbagai aktivitas individu dalam interaksi ini biasa disebut perilaku sosial. jadi perilaku sosial adalah suatu aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan .

  10. Perilaku adalah tindakan/aksi yang mengubah hubungan antara organisme dan lingkungannya.
    Perilaku dapat terjadi sebagai akibat stimulus dari luar. perilaku dapat dibatasi sebagai keadaan jiwa untuk berpendapat, berfikir, bersikap, dan lain sebagainya yang merupakan refleksi dari berbagai macam aspek, baik fisik maupun non fisik.

  11. Menurut saya, perilaku sosial sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya, baik lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Apabila lingkungan sosial tersebut memfasilitasi atau memberikan peluang terhadap perkembangan seorang individu secara positif, maka individu akan dapat mencapai perkembangan sosial secara matang. Namun sebaliknya apabila lingkungan sosial itu kurang kondusif, seperti perlakuan yang kasar dari keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang tidak baik, maka perilaku sosial cenderung menampilkan perilaku yang menyimpang.

  12. Perilaku sosial adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika , kekuasaan, persuasi, dan/atau genetika. Perilaku social seseorang merupakan sifat relatif untuk menanggapi orang lain dengan cara yang berbeda-beda. Sebagai contoh, dalam melakukan kerjasama, ada orang yang melakukannya diatas kepentingan pribadinya, ada orang yang bermalas-malasan, tidak sabar dan hanya ingin mencari untung sendiri.

  13. Perilaku sosial adalah perilaku yang relatif menetap yang diperlihatkan oleh individu
    di dalam berinteraksi dengan orang lain. Orang yang berperilakunya mencerminkan
    keberhasilan dalam proses sosialisasinya dikatakan sebagai orang yang sosial, sedangkan
    orang yang perilakunya tidak mencerminkan proses sosialisasi tersebut disebut non sosial.

  14. Perilaku sikap yang dimiliki oleh setiap manusia, dimana perilaku itu ada yang baik ataupun buruk. jika perilaku seseorang buruk dapat diperbaikinya. Setiap manusia pasti mempunyai perilaku yang berbeda-beda.

  15. perilaku manusia adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, genetika.

    Perilaku seseorang dikelompokkan ke dalam perilaku wajar, perilaku dapat diterima, perilaku aneh, dan perilaku menyimpang. Dalam sosiologi, perilaku dianggap sebagai sesuatu yang tidak ditujukan kepada orang lain dan oleh karenanya merupakan suatu tindakan sosial manusia yang sangat mendasar.Perilaku tidak boleh disalahartikan sebagai perilaku sosial, yang merupakan suatu tindakan dengan tingkat lebih tinggi, karena perilaku sosial adalah perilaku yang secara khusus ditujukan kepada orang lain.Penerimaan terhadap perilaku seseorang diukur relatif terhadap norma sosial dan diatur oleh berbagai kontrol sosial. Dalam kedokteran perilaku seseorang dan keluarganya dipelajari untuk mengidentifikasi faktor penyebab, pencetus atau yang memperberat timbulnya masalah kesehatan. Intervensi terhadap perilaku seringkali dilakukan dalam rangka penatalaksanaan yang holistik dan komprehensif.

  16. perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain sifat atau kebiasaan seseorang yang di jadikan untuk cerminan untuk melihat sifat seseorang tersebut dan dengan perilaku yang sering di pakai sehari-hari dapat dinilai oleh seseorang untuk mengetahui karakter diri kita yang baik ataupun buruk.

  17. Menurut saya, perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain : berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya. Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud perilaku manusia adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang dapat diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar atau orang lain.

  18. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia.Sebagai bukti bahwa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain.Ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan. Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleran dalam hidup bermasyarakat.

  19. Perilaku sosial dasarnya merupakan karakter dan ciri pribadi yang dapat dilihat dari caranya seorang individu bersosialisasi dengan individu lain.

  20. perilaku adalah suatu aktivitas atau tingkah laku manusia untuk memenuhi kebutuhan setiap individu atau tujuan individu itu sendiri.

  21. Perilaku yaiitu sesuatu tindakan yang kita lakukan , yang kita tunjukkan secara langsung dan terlihat jelas. Perilaku manusia tidak dapat lepas dari adanya individu itu sendiri dan lingkungan dimana individu itu berada, perilaku manusia juga didorong oleh motif tertentu yang menjadikan manusia itu berperilaku. Sehingga prilaku seseorang menentukan karakteristik orang tersebut.

  22. Perilaku sosial suatu tindakan yang dilakukan individu di dalam lingkungan masyarakat yang memotivasi dirinya untuk mencapai tujuannya yaitu kebutuhan hidup. Individu-individu ini melakukan berbagai aktivitas tertentu baik yang dihasilkan dari naluri atau dari suatu pembelajaran tertentu. Pada saat individu-individu ini bersosialisasi satu dengan yang lainnya maka yang ditunjukkan adalah perilaku sosial.

  23. Barangkali lebah madu dapat dijadikan perumpamaan bagi perilaku manusia (maksudnya disini adalah sikap/perilaku seseorang terhadap lingkungan pergaulan di dalam masyarakat/Perilaku Sosial). jenis serangga dengan nama ilmiah “Apis melifera” ini memiliki banyak kelebihan di antaranya : lebah makan dari makanan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih (madu) dan tidak merusak atau mematahkan yang dihinggapi.

  24. Perilaku sosial adalah manusia saling ketergantungan satu dengan yang lain dan merupakan keseharusan untuk menjamin kelangsungan hidup manusia. Untuk itu manusia diharapkan dapat bekerja sama, saling menghormati dan toleran dalam hidup bermasyarakat agar tercipta keharmonisan dalam lingkungan.

  25. Perilaku sosial seseorang itu tampak dalam pola respons antar orang yang dinyatakan dengan hubungan timbal balik antar pribadi. Perilaku sosial juga identik dengan reaksi seseorang terhadap orang lain perilaku itu ditunjukkan dengan perasaan, tindakan, sikap keyakinan, kenangan, atau rasa hormat terhadap orang lain.

  26. perilaku adalah segala perbuatan atau tindakan yang dilakukan oleh makhluk hidup. Perilaku dapat dibatasi sebagai keadaan jiwa untuk berpendapat, berfikir, bersikap, dan lain sebagainya yang merupakan refleksi dari berbagai macam aspek, baik fisik maupun non fisik.

  27. Perilaku adalah suatu aktivitas yang dilakukan setiap manusia untuk melakukan tujuan yang diinginkan individu tersebut.Menurut saya dalam hal sosial perilaku adalah mengekspresikan emosional dimana manusia itu berada dan adanya sikap ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

  28. Dalam sosiologi, perilaku dianggap sebagai sesuatu yang tidak ditujukan kepada orang lain dan oleh karenanya merupakan suatu tindakan sosial manusia yang sangat mendasar. Perilaku tidak boleh disalahartikan sebagai perilaku sosial, yang merupakan suatu tindakan dengan tingkat lebih tinggi, karena perilaku sosial adalah perilaku yang secara khusus ditujukan kepada orang lain.

  29. Perilaku merupakan sesuatu yang dikerjakan oleh individu untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan berdasarkan suatu dorongan atau motivasi dari lingkungan. Perilaku dalam sosial menurut saya adalah peri kelakuan yang sudah dalam lingkup kelompok yang berasal dari individu-individu yang memiliki keseragaman dalam lingkungannya.
    Seperti halnya di indonesia menghargai agama lain adalah hal hal terpuji dan diketahui banyak orang, maka seorang individu akan melakukannya.

  30. Perilaku sosial ialah suatu kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu kepada individu lain agar terjadinya saling mengenal satu sama lain dan membuat individu tersebut mempunyai rasa emosional atau simpati kepada individu lain.

  31. sebagai makhluk sosial, seorang individu sejak lahir hingga sepanjang hayatnya senantiasa berhubungan dengan individu lainnya. dalam berhubungan dengan individu lainnya, ditandai dengan berbagai aktivitas tertentu, yaitu dengan aktivitas yg dihasilkan berdasarkan naluri atau melalui proses pembelajaran. berbagai aktivitas ini biasa disebut perilaku sosial.

  32. Perilaku sosial adalah perilaku yang terjadi dalam situasi sosial, yakni bagaimana orang berpikir, merasa dan bertindak karena kehadiran orang lain. Dapat diartikan juga sikap dimana kita saling membutuhkan orang lain.

  33. Perilaku sosial seseorang merupakan sifat relatif untuk menanggapi orang lain dengan cara yang berbeda-beda. Sebagai contoh yaitu seperti dalam melakukan kerjasama. Ada orang yang melakukannya diatas kepentingan pribadinya, ada orang yang bermalas-malasan, tidak sabar dan hanya ingin mencari untung sendiri

  34. Perilaku suatu tingkah laku yang dimiliki seseorang dengan karakter yang berbeda tetapi sifatnys tidak melekat, karna setiap individu dapat berubah perilakunya. Prilaku adalah cerminan untuk diri kita dikalangan masyarakat apakah prilaku kita sudah benar ataupun salah?

  35. Perilaku adalah merupakan perbuatan atau tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya sedangkan sosial adalah keadaan dimana terdapat kehadiran orang lain. Perilaku sosial adalah perilaku yang terjadi dalam situasi sosial, yakni bagaimana orang berpikir, merasa dan bertindak karena kehadiran orang lain. Dapat diartikan juga sikap dimana kita saling membutuhkan orang lain.

  36. Perilaku sosial adalah suasa saling ketegantaungan satu dengan yang lain dan merupakan keseharusan untuk menjamin kelangsungan hidup manusia. Untuk itu manusia diharapkan dapat bekerja sama, saling menghormatidan toleran dalah hidup bermasyarakat agar tercipta keharmonisan dalam lingkungan. Banyak pula faktor-faktor dalam pembentukan perilaku sosial dan kita harus bisa memilih mana yang baik dan tidak baik. Sebagian besar yang mempengaruhi perilaku sosial diantaranya faktor lingkungan, misalnya orang yang berasal dari daerah pantai/pegunungan yang berkata keras, maka perilaku sosialnya seolah keras pula, ketika berada di lingkungan masyarakat yang terbiasa lembut dan halus dalam bertutur kata.

  37. perilaku didasari oleh motif yang menjadi alasan, lalu tercipta tujuan, dari adanya tujuan terbentuk motivasi untuk menyatakannya. dari motivasi terjadilah rencana. dari rencana terjadilah sosialisasi untuk beradaptasi dengan apa yang terjadi jika tujuan tersebut tercapai. dari adanya sosialisasi maka berkembanglah perilaku setelah menyesuaikan diri. perilaku merupakan tindakan / tingkah yang di lakukan seseorang / masyarakat karena adanya alasan tertentu dan perilaku sengaja diterapkan untuk meluruskan rencana demi tercapainya tujuan tsb.

  38. prilaku adalah aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas seperti : berjalan, berbicara,membaca,mengangis,menulis. semua kegiatan manusia baik yang diamati langsung maupin tidak langsung oleh pihak luar.

  39. Perilaku sosial adalah perilaku yang relatif menetap yang diperlihatkan oleh setiap individu di dalam berinteraksi dengan orang lain.

  40. Perilaku adalah cerminan dari seseorang yang terlihat baik dari ucapan, tingkah laku bahkan kebiasaan yang dilakukan oleh orang tersebut.

  41. Perilaku sosial adalah cerminan perilaku atau sifat manausia yang ada d lingkungan sekitarnya, ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan.untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleransi dalam hidup bermasyarakat.

  42. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Sebagai bukti bahwa manusia dalam memnuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain.Ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan. Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleran dalam hidup bermasyarakat.

  43. Perilaku manusia adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat,sikap,emosi,nilai,etika,kekuasaan,persuasi,dan genetika. perilaku seseorang dikelompokkan ke dalam perilaku wajar, perilaku dapat diterima, perilaku aneh, dan perilaku menyimpang. dalam sosiologi, perilaku dianggap sebagai sesuatu yang tidak ditujukan kepada orang lain dan oleh karenanya merupakan suatu tindakan sosial manusia yang sangat mendasar.

  44. Perilaku sosial adalah perilaku yang berpacu kepada ketergantungan keberadaan individu tersebut.Dengan adanya perilaku sosial individu yang ada disuatu daerah tersebut akan lebih saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lainnya.

  45. Perilaku sosial menurut saya adalah sesuatu sikap atau sifat individu maupun kelompok yang berpacu terhadap gerak lingkup sosial yang dimana perilaku tersebut berpengruh terhadap tempat, individu&kelompok serta waktu, dimana perilaku tersebut akan melekat pada diri dan menjadi kebiasaan dalam menjalani kegitan sosial, dan perilaku tersebut nantinya dapat dipertanggung jawabkan .

  46. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia (Rusli Ibrahim, 2001). Sebagai bukti bahwa manusia dalam memnuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain.Ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan. Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleran dalam hidup bermasyarakat.

  47. Faktor-Faktor Pembentuk Perilaku Sosial

    Baron dan Byrne berpendapat bahwa ada empat kategori utama yang dapat membentuk perilaku sosial seseorang, yaitu :

    1. Perilaku dan karakteristik orang lain
    Jika seseorang lebih sering bergaul dengan orang-orang yang memiliki karakter santun, ada kemungkinan besar ia akan berperilaku seperti kebanyakan orang-orang berkarakter santun dalam lingkungan pergaulannya. Sebaliknya, jika ia bergaul dengan orang-orang berkarakter sombong, maka ia akan terpengaruh oleh perilaku seperti itu. Pada aspek ini guru memegang peranan penting sebagai sosok yang akan dapat mempengaruhi pembentukan perilaku sosial siswa karena ia akan emberikan pengaruh yang cukup besar dalam mengarahkan siswa untuk melakukan sesuatu perbuatan.

    2. Proses kognitif
    Ingatan dan pikiran yang memuat ide-ide, keyakinan dan pertimbangan yang menjadi dasar kesadaran sosial seseorang akan berpengaruh terhadap perilaku sosialnya. Misalnya seorang calon pelatih yang terus berpikir agar kelak dikemudian hari menjadi pelatih yang baik, menjadi idola bagi atletnya dan orang lain akan terus berupaya dan berproses mengembangkan dan memperbaiki dirinya dalam perilaku sosialnya. Contoh lain misalnya seorang siswa karena selalu memperoleh tantangan dan pengalaman sukses dalam pembelajaran penjas maka ia memiliki sikap positif terhadap aktivitas jasmani yang ditunjukkan oleh perilaku sosialnya yang akan mendukung teman-temannya untuk beraktivitas jasmani dengan benar.

    3. Faktor lingkungan
    Lingkungan alam terkadang dapat mempengaruhi perilaku sosial seseorang.Misalnya orang yang berasal dari daerah pantai atau pegunungan yang terbiasa berkata dengan keras, maka perilaku sosialnya seolah keras pula, ketika berada di lingkungan masyarakat yang terbiasa lembut dan halus dalambertutur kata.

    4.Tatar Budaya sebagai tampat perilaku dan pemikiran sosial itu terjadi
    Misalnya, seseorang yang berasal dari etnis budaya tertentu mungkin akanterasa berperilaku sosial aneh ketika berada dalam lingkungan masyarakat yang beretnis budaya lain atau berbeda. Dalam konteks pembelajaran pendidikan jasmani yang terpenting adalah untuk saling menghargai perbedaan yang dimiliki oleh setiap anak.

  48. Menurut saya ‘perilaku’ adalah individu (subjektif) untuk diri sendiri. dan kalau ‘perilaku sosial’ adalah individu-individu dalam suatu kelompok. Perilaku disini yaitu kebiasaan yang diikuti dari kelompok tersebut. Ada 4 klasifikasi perilaku sosial yaitu perilaku sosial secara rasional (masuk akal), perilaku sosial yang berorientasi pada nilai yang berlaku dalam masyarakat, contohnya keindahan, kemerdekaan, dan persaudaraan. Ada juga perilaku sosial yang menerima orientasi dari perasaan atau emosi dan yang terakhir perilaku sosial yang tidak memperhitungkan pertimbangan rasional, contohnya seperti adat-istiadat dan kebiasaan.

  49. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Sebagai bukti bahwa manusia dalam memnuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain.Ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan. Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleran dalam hidup bermasyarakat.

  50. Dalam mempelajari perilaku sosial banyak hal yang bisa kita dapat antara lain kita bisa menjadi bijaksana dalam menyikapi lingkungan sekitar dimanapun kita berada, kita juga dapat mengetahui perkembangan sosial dan tingkah laku lingkungan tempat kita berada.

  51. Perilaku sosial adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika , kekuasaan, persuasi, dan/atau genetika. maka Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleran dalam hidup bermasyarakat.

  52. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Sebagai bukti bahwa manusia dalam memnuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain.Ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan. Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleran dalam hidup bermasyarakat.

  53. Perilaku Sosial adalah perilaku yang secara khusus ditujukan kepada orang lain.[1] menurut Max Weber Perilaku mempengaruhi aksi sosial dalam masyarakat yang kemudian menimbulkan masalah-masalah.[2] Weber menyadari permasalahan-permasalah dalam masyarakat sebagai sebuah penafsiran.[2] Akan halnya tingkatan bahwa suatu perilaku adalah rasional (menurut ukuran logika atau sains atau menurut standar logika ilmiah), maka hal ini dapat dipahami secara langusung.[2]

  54. Perilaku sosial seseorang merupakan sifat relatif untuk menanggapi orang lain dengan cara-cara yang berbeda-beda. Misalnya dalam melakukan kerja sama, ada orang yang melakukannya dengan tekun, sabar dan selalu mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadinya. Sementara di pihak lain, ada orang yang bermalas-malasan, tidak sabaran dan hanya ingin mencari untung sendiri.

  55. Menurut saya, perilaku sosial merupakan sifat atau sikap individu dalam masyarakat yang timbul karena adanya aktivitas sosial yang dilakukan oleh individu tersebut. Perilaku timbul jika ada suatu hal yang memotivasinya untuk bertindak. Perilaku seseorang dalam menyikapi berbagai hal di kehidupannya berbeda-beda karena perilaku setiap orang itu dinamis, selalu berubah, tergantung faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor utama yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari adalah faktor lingkungan.
    Apabila individu hidup dan timbuh di lingkungan yang baik, maka perilaku sosial yang dimiliki individu tersebut juga akan bagus. Sebaliknya, apabila individu tumbuh dan hidup di lingkungan yang kurang sempurna maka akan membentuk perilaku individu menjadi tidak baik. Perilaku sosial dapat dibentuk atau diubah tergantung individu itu sendiri.

  56. marsello (2013-58-113) seksi 17

    perilaku sosial adalah perilaku dimana kita membutuhkan orang lain karena setiap manusia tidak bisa hidup menyendiri atau sendiri.

  57. Perilaku sosial adalah aktifitas fisik dan psikis seseorang terhadap
    orang lain atau sebaliknya dalam rangka memenuhi diri atau orang lain
    yang sesuai dengan tuntutan sosial.
    Seseorang agar bisa memenuhi tuntutan sosial maka perlu adanya
    pengalaman sosial yang menjadi dasar pergaulan.

  58. Perilaku sosial adalah aktivitas ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia di dalam lingkungan masyarakat. Karena manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain. Ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan

  59. LIKA DESI NATALIA (2013-11-246) SEKSI 15
    Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Sebagai bukti bahwa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain. Ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan. Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleran dalam hidup bermasyarakat.

  60. Perilaku manusia adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, dan/atau genetika.

  61. Perilaku sosial adalah saling ketergantungan untuk menjamin keberadaan manusia Sebagai bukti bahwa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain. Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, dan toleran dalam hidup bermasyarakat.

  62. Perilaku adalah keadaan jiwa untuk berpendapat, berfikir, bersikap, dan lain sebagainya yang merupakan refleksi dari berbagai macam aspek, baik fisik maupun non fisik.

  63. Perilaku adalah merupakan perbuatan atau tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya sedangkan sosial adalah keadaan dimana terdapat kehadiran orang lain.

  64. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan untuk membuktikan bahwasanya seorang individu tidak dapat menjalani kehidupannya dengan baik melainkan dengan bantuan orang lain.

  65. menurut pemahaman saya, perilaku sosial disini berhubungan dengan perilaku individu, dimana individu ingin mencapai sebuah tujuan tetapi harus mengikuti perilaku sosial.

  66. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Sebagai bukti bahwa manusia dalam memnuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan. Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleran dalam hidup bermasyarakat.

  67. Perilaku merupakan cerminan dari sifat manusia atau individu itu sendiri dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yg ia inginkan, dimana perilaku tersebut dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, adat istiadat atau hal yg lainnya. Oleh karena itu, kita harus berperilaku dengan baik jika kita ingin dipandang baik oleh mata masyarakat dan lingkungan sekitar.

  68. perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain sifat atau kebiasaan seseorang yang di jadikan untuk cerminan untuk melihat sifat seseorang tersebut dan dengan perilaku yang sering di pakai sehari-hari dapat dinilai oleh seseorang untuk mengetahui karakter diri kita yang baik ataupun buruk.

  69. Perilaku adalah ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia di dalam lingkungan masyarakat.

  70. Perilaku Sosial adalah perilaku yang secara khusus ditujukan kepada orang lain. menurut Max Weber Perilaku mempengaruhi aksi sosial dalam masyarakat yang kemudian menimbulkan masalah-masalah.

  71. Perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain : berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya. Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud perilaku manusia adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar (Notoatmodjo, 2003).
    Menurut Skinner, seperti yang dikutip oleh Notoatmodjo (2003), merumuskan bahwa perilaku merupakan respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus atau rangsangan dari luar. Oleh karena perilaku ini terjadi melalui proses adanya stimulus terhadap organisme, dan kemudian organisme tersebut merespons,

  72. Perilaku Sosial adalah perilaku yang terjadi di dalam situasi sosial, yakni bagaimana orang berpikir, merasa dan bertindak karena kehadiran orang lain. Dan dapat diartikan juga sikap dimana kita saling membutuhkan orang lain.

  73. Perilaku adalah merupakan perbuatan/tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya.
    Perilaku dapat bersifat covert ataupun overt
    – overt artinya nampak (dapat diamati dan
    dicatat)
    – covert artinya tersembunyi (hanya dapat
    diamati oleh orang yang melakukannya)

  74. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan  keharusan untuk menjamin keberadaan manusia  (Rusli Ibrahim, 2001).perilaku sosial seseorang itu tampak dalam pola respons antar orang yang dinyatakan dengan hubungan timbal  balik  antar pribadi. Perilaku sosial juga identik dengan reaksi seseorang terhadap orang lain (Baron & Byrne, 1991 dalam  Rusli  Ibrahim, 2001). Perilaku itu ditunjukkan dengan perasaan, tindakan, sikap keyakinan, kenangan, atau rasa hormat terhadap orang lain.

  75. Perilaku adalah kebiasaan aktifitas yang dilakukan seorang individu yang bisa menggambarkan sifat atau bagaimana individu tersebut

  76. Perilaku adalah tindakan yang dilakukan gina mencapai sesuatu yang ditargetkan, melampiaskan pemikiran yang dituangkan dalam tindakan baik positif maupun negatif. Perilaku dalam ilmu sosiologi adalah mencerminkan tindakan individu dalam mengawali interaksi yang akan dilakukan.

  77. Perilaku itu mencerminkan bagaimana jati diri kita yang sebenarnya. Maka dari itu, perilaku sangatlah penting dalam dunia perekonomian terutama dalam dunia berbisnis. Jika perilaku kita tidak baik, maka dalam dunia berbisnis kita tidak dapat diterima bahkan akan sulit untuk bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

  78. Menurut saya Perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain.

  79. Perilaku itu Tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain. Berjlan,bekerja,berbicara,kuliah ,membaca dan sebagainya. inti nya semua kegiatan atau aktifitas manusia, baik di amati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar.

  80. Perilaku adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh manusia yang dapat dilihat oleh orang lain. Yang dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, dan etika. Perilaku dianggap sebagai tindakan sosial manusia yang sangat mendasar.

  81. Perilaku adalah sebuah gerakan yang dapat diamati dari luar. Perilaku terdiri dari aktifitas-aktifitas atau kegiatan kita sehari-hari. Seperti kuliah, belajar, berjalan, tertawa, dan menangis.

  82. menurut saya, perilaku adalah suatu tindakan yang dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, dan genetika.

  83. MIA DAMAYANTI 2014-11-136
    SEKSI 01
    Dalam sistem sosial, lembaga sosial memiliki peranan yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok manusia baik lahir maupun batin, maka kehadiran lembaga sosial mutlak diperlukan terutama dalam rangka mengendalikan dan mengatur aktivitas-aktivitas baik individu maupun kolektif dalam kemasyarakatan. Tanpa adanya lembaga sosial, maka manusia tidak akan dapat menentukan arahnya sendiri, karena tidak ada batas-batas wilayah norma yang mengikatnya. Dengan adanya lembaga sosial, manusia dapat hidup teratur, tertib, dan tidak dapat berbuat semaunya sendiri karena ada norma yang mengikatnya. Tiap-tiap lembaga sosial memiliki norma yang berbeda-beda sesuai dengan jenis lembaga sosialnya, dan mengikat pula pada lingkup masyarakat yang memiliki hubungan dengannya.

  84. Perilaku seseorang itu didasarkan pada kondisi, yaitu tindakan mengenal atau memikirkan seseorang terlibat langsung dalam situasi itu dan memperoleh insight untuk pemecahan masalah.

  85. Perilaku manusia itu sekumpulan perilaku manusia yang adanya banyak pengaruh, dan perilaku manusia yang dapat dinilai oleh masyarakat bagaimana perilaku kita akan diterima atau menyimpang.

  86. Perilaku merupakan suatu tindakan yang mencermin kan apa yang ada di pikiran serta hati kita. Di dalam ilmu sosiologi perilaku juga bisa diartikan sebagai sikap terhadap individu lainnya dengan berupa tindakan positif maupun negatif.

  87. Perilaku seseorang dikelompokkan ke dalam perilaku wajar, perilaku dapat diterima, perilaku aneh, dan perilaku menyimpang.Dalam sosiologi, perilaku dianggap sebagai sesuatu yang tidak ditujukan kepada orang lain dan oleh karenanya merupakan suatu tindakan sosial manusia yang sangat mendasar. Perilaku tidak boleh disalahartikan sebagai perilaku sosial, yang merupakan suatu tindakan dengan tingkat lebih tinggi, karena perilaku sosial adalah perilaku yang secara khusus ditujukan kepada orang lain

  88. Inneke Putri Manna 201411302 seksi 23
    Kita sebagai manusia yang mempunyai akal budi harus bisa berperilaku baik. karena perilaku mencerminkan sikap dan pikiran kita. Jika kita berperilaku tidak baik, orang lain akan memberikan “cap jelek” juga kepada kita oleh karena itu, kita harus berperilaku dengan baik jika kita ingin dipandang baik oleh mata masyarakat dan lingkungan sekitar.

  89. Devi Putriani (201411174)
    Perilaku adalah suatu kegiatan & aktifitas organisme yang bersangkutan, baik aktifitas yang dapat diamati atau yang tidak dapat diamati oleh orang lain.
    Manusia berperilaku atau beraktifitas karena adanya kebutuhan untuk mencapai suatu tujuan / goal. Dengan adanya kebutuhan akan muncul motivasi atau
    penggerak. Sehingga individu itu akan beraktifitas untuk mencapai tujuan & mengalami kepuasan. Pada umumnya, perilaku dapat ditinjau secara sosial yaitu :
    pengaruh hubungan antara organisasi dengan lingkungannya.

  90. Putri wulandari (2014-11-033) sesi 01

    Perilaku adalah tindakan individu yang dapat dilihat serta di rasakan oleh individu yang lain sehingga dapat mencerminkan dampak yang positif maupun negatif bagi individu lain, tergantung apa yang di di lihat maupun di rasakan oleh individu tersebut.
    Contohnya adalah hubungan individu dengan lingkungannya. Individu yang baik, harus mencerminkan perilaku yang positif sehingga individu tersebut dapat di terima kehadirannya dalam lingkungannya

  91. Perilaku adalah merupakan perbuatan/tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya dan Perilaku ditunjukkan dengan perasaan, tindakan, sikap keyakinan, kenangan, atau rasa hormat terhadap orang lain.

  92. Perilaku adalah perilaku yang dimilki oleh manusia yang di pengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan.
    perilaku dianggap sebagai sesuatu yang di tunjukan kepada orang lain dan oleh karena nya meruapakan suatu tindakan sosial manusia yang mendasar.

  93. Perilaku adalah serangkaian tindakan guna untuk mencapai sesuatu tujuan. Perilaku didasarkan oleh pemikiran / motivasi dari diri sendiri, dapat juga dipengaruhi dari lingkungan.

  94. perilaku sosial adalah perilaku ini tumbuh dari
    orang-orang yang ada pada masa kecilnya mendapatkan cukup
    kepuasan akan kebutuhan inklusinya. Ia tidak mempunyai masalah
    dalam hubungan antar pribadi mereka bersama orang lain pada
    situasi dan kondisinya. Ia bisa sangat berpartisipasi, tetapi bisa
    juga tidak ikut-ikutan, ia bisa melibatkan diri pada orang lain, bisa
    juga tidak, secara tidak disadari ia merasa dirinya berharga dan
    bahwa orang lain pun mengerti akan hal itu tanpa ia menonjolkannonjolkan
    diri. Dengan sendirinya orang lain akan melibatkan dia
    dalam aktifitas-aktifitas mereka

  95. Berdasarkan pengertian dari perilaku yang sudah diutarakan diatas itu berarti setiap perilaku yang dimiliki oleh manusia dipengaruhi oleh beberapa hal seperti adat, sikap, emosi, nilai dan etika. Dalam kita berperilaku ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya, artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan yang dicerminkan oleh sikap dan perilaku kita dalam bermasyarakat sehari-hari karena perilaku kita adalah cerminan kita untuk “mempromosikan” siapa diri kita entah itu perilaku baik maupun negatif.

  96. Perilaku adalah merupakan perbuatan/tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya.

  97. Anis Mutoharoh 2014 11 109 Seksi 23

    Perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain : berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya.Jadi dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud perilaku manusia adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar.

  98. Perilaku itu ditunjukkan dengan perasaan, tindakan, sikap keyakinan, kenangan, atau rasa hormat terhadap orang lain.
    Perilaku sosial seseorang merupakan sifat relatif untuk menanggapi orang lain dengan cara-cara yang berbeda-beda. Misalnya dalam melakukan kerja sama, ada orang yang melakukannya dengan tekun, sabar dan selalu mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadinya. Sementara di pihak lain, ada orang yang bermalas-malasan, tidak sabaran dan hanya ingin mencari untung sendiri

  99. Perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain : berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya.

    Dan kita sebagai manusia harus berperilaku baik, karena kita mempuyai akal dan pikiran serta bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

  100. Eppy Juwanti (2014-11-207) SEKSI 23

    Perilaku seseorang dikelompokkan ke dalam perilaku wajar, perilaku dapat diterima, perilaku aneh, dan perilaku menyimpang dan Perilaku adalah tindakan yang dilakukan secara subjektif,biasanya ditiru dan meniru,sebagai manusia kita harus berperilaku yang bisa menghasilkan sesuatu yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain.

  101. perilaku dapat terjadi karena proses kematangan dan dari proses interaksi dengan lingkungan. Terbentuknya dan perubahan perilaku karena proses interaksi antara individu dengan lingkungan ini melalui suatu proses yakni proses belajar. Oleh sebab itu, perubahan perilaku dan proses belajar sangat erat kaitannya. Perubahan perilaku merupakan hasil dari proses belajar.

    Perilaku masyarakat terbentuk dari lingkungan dimana ia hidup. Perilaku ini berlangsung cukup lama dan mungkin pula hingga saat ini. Bahkan bisa saja perilaku yang sama turun temurun dari generasi ke generasi di masyarakat. Hal ini bisa menjadi kebudayaan suatu masyarakat suatu daerah.

  102. Eppy Juwanti (2014-11-207) SEKSI 23

    Perilaku seseorang dikelompokkan ke dalam perilaku wajar, perilaku dapat diterima, perilaku aneh, dan perilaku menyimpang dan Perilaku merupakan salah satu yang mencerminkan tabiat manusia dan kita harus bisa membedakan perilaku mana yang baik dan mana yang buruk,dan kita harus bisa menyesuaikan tempat untuk menunjukan perilaku terhadap orang lain.

  103. Dalam sosiologi, perilaku dianggap sebagai sesuatu yang tidak ditujukan kepada orang lain dan oleh karenanya merupakan suatu tindakan sosial manusia yang sangat mendasar. Menurut Sunaryo (2006), bentuk perilaku ada dua macam, yaitu: 1.Perilaku pasif (respons internal)
    2. Perilaku Aktif (respons eksternal)
    Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manusia
    1)Genetika
    2)Sikap – adalah suatu ukuran tingkat kesukaan seseorang terhadap perilaku tertentu.
    3)Norma sosial – adalah pengaruh tekanan sosial.
    4)Kontrol perilaku pribadi – adalah kepercayaan seseorang mengenai sulit tidaknya melakukan suatu perilaku.

  104. Mia Damayanti
    2014-11-136 Seksi 01

    Menurut pendapat saya,perilaku merupakan suatu sebab dari keinginan seseorang untuk mencapai tujuannya (motivasi). setoiap orang dalam menyikapi kejadian2 yang terjadi sangatlah berbeda karena kehidupan setiap manusia selalu berubah dinamis, dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor, fakor yang sangat mendominan misalnya pengaruh lingkungan sekitar .
    Sebagai contoh, perilaku remaja masa kini yang sangat dipengaruhi pergaulan yang mereka pilih. Pergaulan tersebut akan membawa mereka ke arah yang positif atau negatif. kebrhasilan yang terjadi bagaimana kita mensleksi hal-hal positif yang bisa kita ambil dari pergaulan kita tersebut.

  105. SITI TAHYATI (2014-11-178) SEKSI 23
    Perilaku manusia adalah aktivitas yang timbul karena adanya stimulus dan respons serta dapat diamati secara langsung maupun tidak langsung. Sikap merupakan reaksi atau respon
    Yang masih tertutup dari seseorang terhadap suatu stimulus atau objek.Sikap secara nyata menunjukkan konotasi adanya kesesuaian reaksi terhadap stimulus tertentu yang dalam kehidupan sehari hari merupakan reaksi yang bersifat emosional terhadap stimulus sosial. Sikap belum merupakan suatu tindakan atau aktivitas, akan tetapi merupakan predisposisi tindakan suatu perilaku. Sikap itu masih merupakan reaksi tertutup, bukan merupakan reaksi terbuka atau tingkah laku yang terbuka.
    Contoh prilaku :
    A. Dalam keluarga: Mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.
    Terbuka terhadap suatu masalah yang dihadapi bersama.
    B. Dalam lingkungan sekolah : Ikut serta dalam kegiatan politik di sekolah seperti pemilihan ketua OSIS, ketua kelas, maupun kegiatan yang lain yang relevan.
    C. Dalam lingkungan masyarakat : Mengikuti kegiatan kerja bakti
    D. Dalam lingkungan bangsa dan negara : Memiliki kejujuran dan integritas

  106. Menurut pendapat saya Perilaku Sosial adalah sikap yang secara khusus ditunjukan kepada seseorang yang mempengaruhi aksi sosial kemudian menimbulkan masalah-masalah

  107. Perilaku adalah tindakan atau aktivitas individu yang dapat diamati baik secara langsung maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar atau individu lainnya.

  108. LULUT RIZKIANI ( 2014-11-122 ) SESI 23

    Menurut saya, Perilaku dapat diartikan sebagai suatu tindakan manusia yang berupa membaca,bekerja,berbicara atau apa saja dan berorientasi pada apa yang diinginkan.
    Perilaku manusia beragam seperti perilaku menyimpang, perilaku aneh dan perilaku yang dapat diterima dengan akal .
    Perilaku positif atau negatif dapat muncul karena adanya tanggapan atau reaksi hal ini tergantung lingkungan sekitarnya atau dapat dikatakan sebagai hasil dari proses interaksi seseorang dengan lingkungannya.
    Contoh perilaku terhadap lingkungannya adalah menghormati sesama mahasiswa.

    Terimakasih.

  109. Perilaku adalah tindakan individu yang dapat dilihat serta di rasakan oleh individu. Baik dalam bentuk yang dapat diamati ataupun yang tidak dapat diamati. Perilaku sosial adalah perilaku yang terjadi dalam situasi sosial, yakni bagaimana orang berpikir, merasa dan bertindak karena kehadiran orang lain. Dapat diartikan juga sikap dimana kita saling membutuhkan orang lain.

  110. Perilaku (behaviour) adalah suatu tindakan atau aktivitas seseorang yang dilakukan secara subjektif. Jika individu tersebut berkembang di sebuah kelompok, maka perilaku tersebut bisa menjadi sebuah aturan hingga undang-undang.

    Perilaku ini bisa bersifat mengikat, maka dari itu berperilakulah ke arah perilaku yang baik.

  111. Perilaku merupakan aturan-aturan yg dilakukan menjadi sesuatu yang mengikat..
    Manfaat mengapa kita mengetahui perilaku yang mengikat kita adalah agar kita dapat mengarahkan diri kita untuk berperilaku yang baik dengan orang lain.

  112. Iis Chairun Nisa
    201411037
    Sosiologi seksi 23
    PRILAKU manusia adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, dan/atau genetika.Dengan melaksanakan berbagai perbuatan baik kepada orang-orang di sekitar kita dimulai dari diri kita sendiri, diharapkan akan menular kepada orang lain di sekitar kita. Jangan pernah berhenti berbuat baik karena hanya perbuatan baik yang baik untuk kita teladani dan dijadikan panutan kita. Mari menjadi orang yang baik!
    Contoh-Contoh Perilaku/Perbuatan Baik (Terpuji)
    1. Selalu menjaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan sekitar rumah kita
    2. Selalu menyapa dengan ramah tetangga-tetangga kita
    3. Menawarkan bantuan sesuai kemampuan kita kepada tetangga yang sedang membutuhkan bantuan
    4. Aktif menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan
    5. Ikut bergotong royong dengan warga lain jika ada kegiatan gotong royong
    6. Menjalankan peran yang telah diamanahkan kepada kita seperti misalnya sebagai pelajar, pengurus rt, pengurus masjid, dan lain-lain
    7. Bergaya hidup sederhana dan tidak pamer harta kekayaan kita
    8. Membantu menjaga dan memperbaiki fasilitas umum milik bersama
    9. Menjaga ketenangan di sekitar lingkungan rumah kita dengan tidak menciptakan polusi
    10. Menjadi orang yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan rajin beribadah

  113. Perilaku adalah perkataan dan perbuatan individu. Jadi apa yang dikatakan dan dilakukan oleh seseorang merupakan karakteristik dari perilakunya. Perilaku dapat diobservasi, dijelaskan, dan direkam oleh orang lain atau orang yang terlibat dalam perilaku tersebut. Perilaku bisa tampak atau tidak tampak. Perilaku yang tampak bisa diobservasi oleh orang lain, sedangkan perilaku yang tidak tampak merupakan kejadian atau hal pribadi yang hanya bisa dirasakan oleh individu itu sendiri atau individu lain yang terlibat dalam perilaku tersebut.

  114. Perilaku adalah tindakan yang di pengaruhi oleh sifat, adat istiadat dan juga lingkungan untuk mencapai tujuan tertentu. dan dapat di lihat dan di nilai oleh orang yang ada di lingkungan tersebut.

  115. Irmawati 201411251 seksi 23

    Perilaku sosial adalah cerminan perilaku atau sifat manausia yang ada d lingkungan sekitarnya, ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan.untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleransi dalam hidup bermasyarakat.

  116. Heribertus Edwin Kasiwali(2014-11-089)

    Menurut saya, perilaku adalah suatu tindakan atau perbuatan yang dapat mencerminkan orang itu sendiri atau menggambar tindakan atau perbuatan yang dilakukannya.

  117. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia.artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dlam suasana saling mendukung dalam kebersamaan,untuk itu manusia dituntut memiliki sikap yang bernilai kebersamaan.
    Dan perilaku ini juga merupakan repons dari stimulus,namun dalam diri individu itu sangatlah berperan penting /dalam keadaan aktif dalam menentukan perilakunya,dan dalam penentuan ini manusia menggunakan Anugerah terbesar dari sangMahaCipta yaitu akal untuk mentukan perilaku mana yang ia lakoni.

  118. menurut saya, perilaku merupakan suatu tindakan yang dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, etika, kekuasaan, lingkungan, bahkan genetika. dalam lingkungan, jika seseorang lebih sering bergaul dengan orang-orang yang memiliki karakter santun, ada kemungkinan besar ia akan berperilaku seperti kebanyakan orang-orang berkarakter santun dalam lingkungan pergaulannya. sebaliknya, jika ia bergaul dengan orang-orang berkarakter sombong, maka ia akan terpengaruh oleh perilaku seperti itu.

  119. perilaku secara umum adalah suatu bentuk atau sikap yang di buat manusia sendiri terhadap dirinya yang dapat menimbulkan suatu respon atau ojek.
    dan berikut adalah perilaku menurut para ahli :
    1 . Menurut Petty cocopio perilaku adalah evaluasi umum yang dibuat manusia terhadap dirinya sendiri, obyek atau issue.
    2 . Menurut Soekidjo perilaku adalah reaksi atau respon seseorang yang masih tertutup terhadap suatu stimulus atau objek.
    3 . Menurut Heri purwanto perilaku adalah pandangan – pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap objek tadi.
    4 . Menurut Louis thurstone rensis likert dan charles osgood menurut mereka perilaku adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. berarti sikap seseorang terhadap suatu objek adalah perasaan mendukung atau memihak ( favorable ) maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak ( unfavorable ) pada objek tersebut.
    5 . Menurut Chief,Bogardus ,Lapierre, Mead dan Gordon all port menurut kelompok pemikiran ini sikap merupakan semacam kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu objek dengan cara – cara tertentu dapat dikatakan bahwa kesiapan yang di maksudkan merupakan kecenderungan yang potensial untuk bereaksi dengan cara tertentu apabila individu dihadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya respon.

  120. Irawati nim : 2014.11.270 seksi : 23
    perilaku secara umum adalah suatu bentuk atau suatu sikap yang dibuat manusia sendiri terhadap dirinya yang dapat menimblkan suatu respon atau objek .
    dan berikut perilaku menurut para ahli :
    1 . Menurut Petty cocopio perilaku adalah evaluasi umum yang dibuat manusia terhadap dirinya sendiri, obyek atau issue.
    2 . Menurut Soekidjo notoatmojo perilaku adalah reaksi atau respon seseorang yang masih tertutup terhadap suatu stimulus atau objek.
    3 . Menurut Heri purwanto perilaku adalah pandangan – pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap objek tadi.
    4 . Menurut Louis thurstone , rensis likert dan charles osgood menurut mereka perilaku adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. berarti sikap seseorang terhadap suatu objek adalah perasaan mendukung atau memihak ( favorable ) maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak ( unfavorable ) pada objek tertentu.
    5 . Menurut Chief,bogardus,lapiere,mead dan gordon allport menurut kelompok pemikiran ini sikap merupakan semacam kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu objek dengan cara – cara tertentu.dapat dikatakan bahwa kesiapan yang dimaksudkan merupakan kecenderungan yang potensial untuk bereaksi dengan cara tertentu apabila individu di hadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya respon.

  121. Menurut saya perilaku adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Sebagai bukti bahwa manusia dalam memnuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain. Ada ikatan saling ketergantungan diantara satu orang dengan yang lainnya. Artinya bahwa kelangsungan hidup manusia berlangsung dalam suasana saling mendukung dalam kebersamaan. Untuk itu manusia dituntut mampu bekerja sama, saling menghormati, tidak menggangu hak orang lain, toleran dalam hidup bermasyarakat.

  122. Nama : Tri Ulaika
    Nim : 201411212
    Sesi : 23
    perilaku sosial merupakan fungsi dari orang dan situasinya yang dimaksudkan disini adalah setiap manusia akan bertindak dengan cara yang berbeda dalam situasi yang sama, setiap perilaku seseorang merefleksikan kumpulan sifat unik yang dibawanya ke dalam suasana tertentu yaitu perilaku yang di tunjukkan seseroang ke orang lain.

  123. Perilaku adalah suatu tindakan individu yang mementingkan diri sendiri dengan menggambarkan perasaan yang dirasakan oleh individu itu sendiri untuk mencapai tujuan tertentu.

  124. Menurut saya perilaku adalah suatu tingkah laku manusia yang bisa berbentuk aktivitas,cara bekerja,dan tindakan.
    Perilaku juga ada yang bersifat nampak dan juga tidak nampak. contoh perilaku nampak seperti perilaku yang dapat diamati oleh orang lain, misalnya berbicara,berolahraga,dan berjalan. Sedangkan perilaku tidak namoak contohnya seperti berdoa dalam hati.

  125. Behavior adalah sebuah hal yang mendasar dalam diri manusia. Behavior adalah perilaku atau sikap yang dibentuk oleh latar belakang keluarga,pendidikan,media yang kita konsumsi. Namun, behavior juga merupakan ekspresi dari karakter seseorang. Perilaku yang baik akan menghasikan kesuksesan. Kalau kita bisa memperlakukan diri kita dengan baik, maka hubungan social kita akan baik. Sedangkan prilaku yang tidak baik akan timbul sejumlah persoalan.

    Setiap orang adalah pribadi yang unik. Setiap orang mempunyai behaviornya masing-masing. Kita perlu mengetahuinya agar bisa memberikan respon dengan tepat. Manusia memang berbeda, tapi perbedaan itu bisa dikenali.

  126. perilaku dapat dibatasi sebagai keadaan jiwa untuk berpendapat, berfikir, bersikap, dan lain sebagainya yang merupakan refleksi dari berbagai macam aspek, baik fisik maupun non fisik. Perilaku juga diartikan sebagai suatu reaksi psikis seseorang terhadap lingkungannya, reaksi yang dimaksud digolongkan menjadi 2, yakni dalam bentuk pasif (tanpa tindakan nyata atau konkrit), dan dalam bentuk aktif (dengan tindakan konkrit)

  127. Perilaku merupakan hasil daripada segala macam pengalaman serta interaksi
    manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, sikap dan tindakan. Dengan kata lain, perilaku merupakan respon/reaksi seorang individu terhadap stimulus yang berasal dari luar maupun dari dalam dirinya. Respon ini dapat bersifat pasif (tanpa tindakan : berpikir, berpendapat, bersikap) maupun aktif (melakukan tindakan). Sesuai dengan batasan ini, perilaku kesehatan dapat dirumuskan sebagai bentuk pengalaman dan interaksi individu dengan
    lingkungannya,

  128. Nama : Vera Utifah
    NIM : 2014-11-082
    Sesi : 01

    Perilaku merupakan sifat,sikap atau kepribadian seseorang yang dapat terbentuk dari lingkungan sekitar agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Perilaku seseorang dapat berupa negative dan positif sesuai dengan kepribadian dan sikap yang dimilikinya. Perilaku negative menunjukan bahwa individu itu tidak bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku. Sedangkan perilaku positif menunjukan bahwa kepribadian individu itu sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku sehingga dapat berinteraksi dengan baik dan tanpa merugikan orang lain serta lingkungan sekitar.

  129. perilaku adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. Berarti sikap seseorang terhadap suatu objek adalah perasaan mendukung atau memihak (favorable) maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak (unfavorable) pada objek tersebut.

    Menurut CHIEF, BOGARDUS, LAPIERRE, MEAD dan GORDON ALLPORT, menurut kelompok pemikiran ini sikap merupakan semacam kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu objek dengan cara-cara tertentu. Dapat dikatakan bahwa kesiapan yang dimaksudkan merupakan kecendrungan yang potensial untuk bereaksi dengan cara tertentu apabila individu dihadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya respon.

  130. perilaku adalah reaksi individu yang akan di perbuat oleh individu itu sendiri , perilaku juga bisa di artikan sebagai tindakan individu yang ingin di apresiasikan atau di lakukan oleh individu sesuai dengan keinginannya . perilaku bisa berupa menyimpang , dsb .

  131. Perilaku merupakan suatu tindakan manusia itu sendiri yang bereaksi terhadap rangsangan dari luar

  132. Bebby Elisa 2014-12-190 SESI 22

    Prilaku adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu secara subjektif.Perilaku seseorang/individu dikelompokkan ke dalam perilaku wajar, perilaku dapat diterima, perilaku aneh, dan perilaku menyimpang.
    Contoh : Menangis saat terjatuh

  133. Menurut saya, perilaku adalah perbuatan/tindakan dan perkataan seseorang yang dapat dilihat oleh orang lain. Atau suatu tindakan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan.

  134. Menurut saya perilaku adalah sifat yang manusia lakukan baik ITU sadar maupun tidak untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan oleh dirinya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>