Perubahan Sosial

Changing Society

Untuk Tugas Explorative Learning harap kirim ke email sosiologitugas212@gmail.com

Perubahan Sosial
Perubahan sosial merupakan suatu gejala yang akan selalu ada dalam masyarakat, karena masyarakat selalu berubah dalam aspek terkecil sekalipun. Perubahan sosial maupun perubahan budaya sebenarnya dua konsep yang berbeda tetapi saling berkaitan satu sama lain, di mana perubahan sosial mengacu pada perubahan struktur sosial dan hubungan sosial di masyarakat sedangkan perubahan budaya mengacu pada perubahan segi budaya di masyarakat. Tetapi perubahan pada hubungan sosial akan menimbulkan pula perubahan pada aspek nilai dan norma yang merupakan bagian dari perubahan budaya.
Terdapat berbagai teori yang dapat menjelaskan fenomena perubahan sosial di masyarakat. Tetapi semua teori itu sebenarnya saling mengisi satu sama lain, merupakan perbaikan ataupun juga memberikan sumbangan yang berarti dalam memahami fenomena perubahan sosial.
Perubahan sosial dapat terjadi karena sebab internal maupun eksternal. Faktor internal berkaitan dengan permasalahan yang timbul dalam diri masyarakat, sedangkan faktor eksternal mengacu pada sumber perubahan yang berasal dari luar masyarakat.

 

 

 

 

 Proses Perubahan Sosial
yang memicu terjadinya perubahan dan sebaliknya perubahan sosial dapat juga terhambat kejadiannya selagi ada faktor yang menghambat perkembangannya. Faktor pendorong perubahan sosial meliputi kontak dengan kebudayaan lain, sistem masyarakat yang terbuka, penduduk yang heterogen serta masyarakat yang berorientasi ke masa depan. Faktor penghambat antara lain sistem masyarakat yang tertutup, vested interest, prasangka terhadap hal yang baru serta adat yang berlaku.
Perubahan sosial dalam masyarakat dapat dibedakan dalam perubahan cepat dan lambat, perubahan kecil dan besar serta perubahan direncanakan dan tidak direncanakan.
Tidak ada satu perubahan yang tidak meninggalkan dampak pada masyarakat yang sedang mengalami perubahan tersebut. Bahkan suatu penemuan teknologi baru dapat mempengaruhi unsur-unsur budaya lainnya. Dampak dari perubahan sosial antara lain meliputi disorganisasi dan reorganisasi sosial, teknologi serta cultural lag.

This entry was posted in Uncategorized by admin. Bookmark the permalink.

129 thoughts on “Perubahan Sosial

  1. Masyarakat pasti mengalami perubahan, karena masyarakat bersifat dinamis. Perubahan sosial termasuk didalamnya adalah nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku diantara kelompok dalam masyarakat. Penyebab perubahan sosial baik karena masyarakat itu sendiri maupun dari luar masyarakat, seperti halnya kematian, pengaruh kebudayaan lain. Contoh perubahan sosial yaitu perubahan dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Contoh perubahan kebudayaan yaitu dari yang dulu membajak sawah dengan kerbau sekarang menggunakan traktor. Bentuk perubahan sosial diantaranya adalah evolusi dan revolusi, perubahan kecil dan besar, perubahan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki.

  2. Menurut saya, perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di masyarakat akibat adanya faktor yang menyebabkan perubahan itu baik secara internal maupun eksternal. Untuk saat ini faktor terbesar dalam perubahan sosial adalah era globalisasi yang penuhdengan gadget canggih. Sehingga membuat perubahan secara perlahan dalam masyarakat.

  3. Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial yaitu Perubahan lambat dan perubahan cepat, Perubahan kecil dan perubahan besar, Perubahan yang dikehendaki atau direncanakan dan perubahan yang tidak dikehendaki atau tidak direncanakan, dan Perubahan progres dan perubahan regres.

  4. Sadar atau tidak sadar, setiap manusia pasti akan berubah. Perubahan ini terjadi karena berbagai faktor. Faktor yang utama adalah karena adanya faktor kebutuhan/keinginan untuk berkembang. Manusia mempunyai sifat yang tidak pernah puas akan suatu hal yang telah dimiliki/diraih ataupun pada situasi yang statis. Itulah yang menjadi motivasi bagi setiap individu untuk berkembang dan berubah menjadi lebih baik.

    Misalnya: masyarakat golongan menengah ke bawah yang hidup sederhana dan hanya makan tahu tempe ingin makan daging setiap hari, maka mereka akan termotivasi untuk memenuhi keinginnanya. Mereka akan bangkit dan bekerja keras untuk dapat naik jabatan dari kelas menengah menjadi kelas atas.

    Proses perubahan pada diri setiap manusia ada yang cepat dan lambat. Hal ini tergantung seberapa besar niat manusia yang termotivasi untuk berkembang menjadi lebih baik serta seberapa besar keinginan dan tuntutan hidup yang ingin mereka ubah/wujudkan.

  5. Perubahan sosial terjadi karena adanya pergeseran orientasi manusia dari yang lama menuju sesuatu yang baru dan disebabkan oleh pola pikir manusia yang dipengaruhi lingkungan yang ada. Perubahan tersebut berada pada dua bidang terdiri dari perubahan materiil dan immaterial. Perubahan materiil yaitu perubahan fisik yang dilakukan dan dialami oleh manusia misalnya dalam hal teknologi telah merubah pola interaksi manusia .Perubahan immaterial yaitu perubahan keyakinan dan prinsip hidup manusia, misalnya berkaitan dengan HAM.

  6. perubahan sosial memang harus disikapi dengan cermat dan tidak boleh asal-asalan karena seperti pada paparan diatas, tidak ada perubahan yang tidak meninggalkan dampak. dampak itu maksudnya ada dampak baik ataupun buruk. dampak buruk itulah yang jangan sampai terjadi. tanggung jawab kita dalam memanage diri sendiri beperan penting disini agar setiap yang kita lakukan dapat memberi dampak yang baik

  7. Perubahan sosial : sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  8. Perubahan Sosial adalah Proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.

  9. Perubahan Sosial adalah perubahan sosial yang terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

  10. Menurut saya, Manusia adalah makhluk individu yang tidak dapat melepaskan diri dari hubungan dengan manusia lain. Sebagai akibat dari hubungan yang terjadi di antara individu kemudian lahirlah kelompok-kelompok sosial yang dilandasi oleh kesamaan-kesamaan kepentingan bersama. Dalam kelompok social yang telah tersusun susunan masyarakatnya akan terjadinya sebuah perubahan dalam susunan tersebut merupakan sebuah keharusan. Karena perubahan merupakan hal yang mutlak terjadi dimanapun tempatnya. Perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan interaksi antar orang, organisasi atau komunitas, dapat menyangkut “struktur sosial” atau “pola nilai dan norma” serta “peran”. Perubahan sosial dalam masyarakat bukan merupakan sebuah hasil atau produk tetapi merupakan sebuah proses. Perubahan sosial merupakan sebuah keputusan bersama yang disepakati oleh anggota masyarakat. Konsep dinamika kelompok menjadi sebuah bahasan yang menarik untuk memahami perubahan sosial. Perubahan sosial juga bisa diartikan segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempunyai pengaruh dalam sistem sosialnya. Termasuk nilai-nilai yang terkandung didalamnya, sikap-sikap dan pola-pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat

  11. Selama manusia hidup dan beraktifitas, dengan disadari atau tidak disadari manusia sendirinya akan mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi dapat terjadi dengan cepat atau lambat dan besar atau kecil perubahan juga dipengaruhi oleh kemauan pada diri tiap individu itu sendiri. Pada dasarnya Perubahan Sosial adalah segala perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakup perubahan dalam aspek-aspek struktur dari suatu masyarakat, faktor yang mempengaruhi antara lain karena berubahnya komposisi penduduk, keadaan geografis, serta berubahnya sistem hubungan sosial, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.

    Terimakasih.

  12. Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial dapat direncanakan dan tidak dapat direncanakan. Contoh yang dapat direncanakan adalah untuk mengurangi pertumbuhan jumlah penduduk pemerintah mengadakan program keluarga berencana (KB). Contoh yang tidak dapat direncanakan adalah kasus banjir bandang di Simpang Semadam, Aceh Tenggara. Timbulnya banjir dikarenakan pembukaan lahan yang kurang memerhatikan kelestarian lingkungan. Sebagai akibatnya, banyak perkampungan dan permukiman masyarakat terendam air yang mengharuskan para warganya mencari permukiman baru. Perubahan sosial juga bisa berpengaruh besar dan berpengaruh kecil. Contoh pengaruh besar adalah perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi, pada perubahan ini memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di wilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian. Contoh pengaruh kecil adalah perubahan model pakaian dan model rambut, perubahan ini tidak membawa pengaruh besar pada masyarakat.

  13. Setiap individu atau masyarakat pasti akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, tidak akan berhenti berkembang karena perubahan yang dialami bisa lambat maupun cepat. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat merupakan suatu proses yang terus menerus dan perubahan antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya tidak selalu sama. Perubahan yang terjadi biasanya disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi yang berkaitan dengan suatu hal yang kompleks. Perubahan sosial dan budaya mempunyai keterikatan yang sangat erat. Perubahan sosial pasti akan mempengaruhi terjadinya perubahan budaya dan budaya tidak lepas dari kehidupan sosial masyarakat. Ada perbedaan dari perubahan sosial dan budaya yaitu dilihat dari arahnya. Bila perubahan sosial lebih mengarah pada segi struktur dan hubungan sosial, sedangkan perubahan budaya lebih mengarah pada segi budaya dalam masyarakat.

  14. Menurut William F. Ogburn :
    Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

    Jadi, Perubahan Sosial adalah perubahan lembaga sosial dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem social, dari nilai sikap kelompok atau individu.

    bisa dikaitkan dengan kehidupan nyata seperti orang miskin yang ingin mengubah hidupnya menjadi lebih baik.

    Perubahan Sosial budaya terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya komunikasi; cara dan pola pikir masyarakat; faktor internal lain seperti perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, terjadinya konflik atau revolusi; dan faktor eksternal seperti bencana alam dan perubahan iklim, peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

  15. Perubahan sosial adalah proses berubahnya struktur sosial, pola sikap dan tindakan sosial didalam masyarakat serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat. Salah satu contoh dari perubahan sosial adalah penggunaan gedget canggih yang dapat merubah budaya masyarakat secara perlahan.

  16. Perubahan sosial ialah berubahnya tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  17. perubahan sosial menurut saya adalah suatu proses perubahan atau pergeseran struktur atau tantanan didalam masyarakat atau didalam diri manusia itu sendiri, yang meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosial untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  18. Perubahan sosial adalah segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
    kesimpulan dari perubahan sosial adalah perubahan perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakup perubahan dalam aspek-aspek struktur dari suatu masyarakat, ataupun karena terjadinya perubahan dari faktor lingkungan, karena berubahnya komposisi penduduk, keadaan geografis, serta berubahnya sistem hubungan sosial, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.

  19. Perubahan sosial adalah proses perubahan struktur di dalam masyarakat yang meliputi nilai-nilai, sikap, kebudayaan, pola pikir dalam kehidupan masyarakat. selain itu perubahan sosial di pengaruhi oleh dua faktor yaitu :
    1. faktor internal
    – penemuan baru
    – bertambah atau berkurangnya penduduk
    – terjadinya pemberontakan atau revolusi
    2. faktor eksternal
    – bencana alam
    – masuknya kebudayaan dari masyarakat lain
    – peperangan dengan negara lain

  20. Kita adalah Manusia secara wujud saja kita sudah mengalami perubahan dari bayi, balita, hingga deewasa, namun perubahn itu adalah perubahan secara fisik. Perubahan sosial yang terjadi saat inipun tidak dapat dihindari.Perubahan yang terjadi saat ini lebih kepada pembunuhan moral/ dan karakter seseorang, karna pembunuhan sosial itupun seseorang bisa mengabaikan kaidah dan norma yang ada. Perubahan Sosial yang terjadi saat ini berdampak negatif dan positif. berdampak negatif yaitu banyak pelajar atau mahasiswa sekalipun sudah mengikuti budaya barat dari fision, bergaul, bahkan lebih parah lagi adalah cara berfikir dan bertindaknya, dampak positif yaitu masyarakat dapat memanfaatkan teknologi bahakan pengetahuan yang lebih.

  21. perubahan sosial yang terjadi saat ini dikalangan masyrakat umumnya terjadi karna globalisasi yang masuk ke negara kita. Perubahn sosial sendiri tidak dapat kita cegah, tetapi dapat antisipasi agar berdampak positif untuk kita. Agar perubahan sosial tersebut berdampak positif untuk kita , kita harus memiliki wawasan yang cukup, dan memiliki cara agar kita tidak terjebak dengan perubahan sosialisasi yang berdampak negatif, tetapi tetap mengikuti arus globalisasi saat ini.

  22. Perubahan sosial , perubahan yang terjadi dalam setiap lingkup antar manusia atau antar masyarakat . Perubahan sosial terjadi karena proses bukan hasil . Perubahan sosial terjadi juga karena adanya perkembangan zaman modern dan globalisasi.
    Perubahan sosial ini dapat memberikan dampak positif , dan juga negatif .
    Dampak positifnya seperti :
    1) Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi -> Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

    2) Kebutuhan mudah terpenuhi/tingkat kehidupan yang lebih baik -> Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

    3) Pola pikir yang lebih maju -> Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.

    Dampak negatinya seperti :
    1) Pola Hidup Konsumtif -> Pembelian barang-barang yang bukan kebutuhan pokok , hanya untuk senang-senang / keinginan jika dilakukan secara berlebihan.
    2) Kriminalitas -> pencurian, penodongan, pemerkosaan, dan pembunuhan.
    3) Individualis -> tidak mau berbaur, maunya sendiri-sendiri karena merasa tidak butuh orang lain

  23. Perubahan sosial sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur atau tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bermartabat.
    Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami yang dinamakan dengan perubahan-perubahan.
    perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain tidak selalu sama.Perubahan tersebut dapat berupa perubahan-perubahan yang prosesnya cepat dan lambat

  24. Setiap saat masyarakat selalu mengalami perubahan. Jika dibandingkan apa yang terjadi saat ini dengan kemarin yang terjadi. Dan manusia akan menemukan banyak perubahan yang baik maupun buruk. Perubahan tersebut di lakukan sesuai dengan kebutuhan dan di lingkungan masyarakat yang ada karna manusia selalu tidak puas dengan apa yang dimilikinya sekarang dan manusia mempunyai rasa keingin tahuan apa saja yang terjadi di sekitarnya. Masyarakat mengalami perubahan karna ada faktor yang mendorong yaitu:
    1) Faktor Intern, yaitu faktor yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri yang mendorong terjadinya perubahan seperti: Petubahan penduduk, penemuan-penemuan baru dan konflik.
    2) Faktor Ekstern, yaitu faktor yang terjadi akibat adanya pengaruh dari masyarakat luar yang mendorong terjadinya perubahan seperti: faktor alam, peperangan, dan pengaruh budaya asing

  25. Perubahan sosial adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial merupakan gejala umum yang sering terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.
    Beberapa faktor yang dapat menghambat terjadinya perubahan sosial:
    1. Kurang intensifnya hubungan komunikasi dengan masyarakat lain (perkembangan IPTEK yang lambat)
    2. Sifat masyarakat yang tradisional
    3. Kepentingan-kepentingan yang tertanam kuat dalam masyarakat
    4. Prasangka negative terhadap hal-hal yang baru
    5. Pengaruh adat atau kebiasaan

  26. Perubahan sosial merupakan gejala yang melekat disetiap masyarakat. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat akan menimbulkan ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang ada didalam masyarakat, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak sesuai fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan.
    Suatu masyarakat yang telah mencapai peradaban tertentu, berarti telah mengalami evolusi kebudayaan yang lama dan bermakna sampai tahap tertentu yang diakui tingkat IPTEK dan unsur budaya lainnya. Dengan demikian, masyarakat tadi telah mengalami proses perubahan sosial yang berarti, sehingga taraf kehidupannya makin kompleks. Proses tersebut tidak terlepas dari berbagai perkembangan, perubahan, dan pertumbuhan yang meliputi aspek-aspek demografi, ekonomi, organsisasi, politik, IPTEK dan lainnya.

  27. Perubahan sosial adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.
    Beberapa faktor yang menghambat terjadinya perubahan:
    1. Kurang intensifnya hubungan komunikasi dengan masyarakat lain (perkembangan IPTEK yang lambat)
    2. Sifat masyarakat yang tradisional
    3. Prasangka negatif terndap hal-hal baru
    4. Hambatan ideologis
    5. Pengaruh adat atau kebiasaan

  28. Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu kehidupan masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat., Perubahan sosial dapat direncanakan dan tidak dapat direncanakan

  29. Perubahan sosial adalah perubahan perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakup perubahan dalam aspek-aspek struktur dari suatu masyarakat, ataupun karena terjadinya perubahan dari faktor lingkungan, karena berubahnya komposisi penduduk, keadaan geografis, serta berubahnya sistem hubungan sosial, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.

    Perubahan sosial budaya terjadi karena beberapa faktor, diantaranya komunikasi (cara dan pola pikir masyarakat), perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, terjadinya konflik atau revolus, bencana alam dan perubahan iklim, peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

  30. Menurut saya Perubahan Sosial ialah perubahan sikap dan perilaku ataupun budaya seseorang/individu dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial ini dapat terjadi karena adanya perunahan ataupun pengaruh yang berasal dari diri individu itu sendiri ataupun berasal dari orang lain atau lingkungan. Selain itu, Perubahan Sosial pun dapat terjadi karena pengaruh dari tingkat pendidikan,lingkungan,pergaulan, dan budaya yang mengarahkan perubahan, baik itu perubahan ke arah positif ataupun negatif.

  31. Pengertian perubahan sosial adalah perubahan perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakup perubahan dalam aspek-aspek struktur dari suatu masyarakat, ataupun karena terjadinya perubahan dari faktor lingkung an, karena berubahnya komposisi penduduk, keadaan geografis, serta berubahnya sistem hubungan sosial, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.

  32. Jika berbicara mengenai perubahan sosial kita akan berbicara mengenai perubahan dalam sisi pola pikir, tingkah laku, selera, gaya hidup dan banyak lagi yang berkaitan dengan masyarakat. Setiap peradaban manusia pasti selalu berubah seperti dahulu manusia hidup berpindah-pindah (nomaden) dan mengumpulkan makanan karena adanya pembelajaran dari pengalaman mereka yang meningkatkan kecerdasan mereka sehingga mulai mengalami perubahan yaitu manusia mulai menetap dan mulai mengolah tanah dalam kelompok kecil. Kemudian berubah dalam kelompok yang lebih besar dan mulai adanya tingkah laku formal yaitu feodalisme dan akhirnya sampai saat ini masyarakat modern. Walaupun ada beberapa masyarakat yang tidak mengalami perubahan akibat ketidakpercayaan terhadap perubahan itu dan lainnya.

  33. perubahan sosial selalu terjadi dalam kehidupan manusia. perubahan sosial terjadi karena adanya benturan dari sisi eksternal & internal manusia tersebut yang memaksa keadaan sehingga memungkinkan manusia tersebut mengalami perubahan tingkah laku & sebagainya sehingga terjadilah perubahan sosial. manusia yang tadinya bertingkah laku seperti A berubah menjadi manusia yang bertingkah laku seperti B dimungkinkan karena efek dari suatu yang ditimbulkan oleh sisi eksternal & internal yang membuat manusia tersebut berpikir bagaimana caranya hidup dengan mengambil dampak-dampak positif yang ditimbulkan dari sisi eksternal & internal tersebut sehingga terciptalah perubahan sosial dalam dirinya yang bisa saja menjadi pengaruh kepada orang disekitarnya sehingga perubahan sosial tersebut pada akhirnya akan menjadi perubahan sosial kelompok, tidak individu lagi.

  34. Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding­an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu atau masa sekarang yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau.
    Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses berubahnya struktur didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  35. Perubahan sosial dapat diartikan sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur sosial dan lembaga sosial masyarakat. Perubahan ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sosial yang ada, disebabkan oleh ketidakpuasan manusia terhadap apa yang dimiliki dan selalu ingin mencari sesuatu agar bisa hidup lebih baik.
    Namun kita harus tetap menyadari siapa kita, agar tidak memaksakan kehendak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan tetap bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki.
    Demikian pendapat saya mengenai perubahan sosial. Terima Kasih

  36. Menurut saya, perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di masyarakat akibat adanya faktor internal maupun eksternal.

  37. Setiap manusia selama hidupnya pasti akan mengalami suatu perubahan. Adapun perubahan itu berbentuk perubahan sosial berdasarkan cepat lambatnya, Perubahan sosial berdasarkan pengaruh yaitu pengaruh kecil dan pengaruh besar, Perubahan berdasarkan perencanaan yaitu perubahan yang direncanakan dan perubahan yang tidak direncanakan, dan ada juga perubahan struktur dan perubahan proses. Perubahan-perubahan tersebut biasanya berkaitan dengan nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, dan sebagainya.
    Masyarakat terbagi atas 2 jenis, yaitu masyarakat yang statis dan dinamis. Masyarakat statis pada umumnya mereka hanya mengalami sedikit perubahan, dan perubahan tersebut berjalan dengan lambat. Sedangkan masyarakat dinamis adalah masyarakat yang mengalami perubahan secara cepat. Perubahan-perubahan yang dilakukan bukan semata-mata hanya untuk menghasilkan suatu kemajuan (progress), namun dapat berarti menjadi sebuah kemunduran dalam bidang-bidang tertentu. Perubahan-perubahan yang terjadi dipengaruhi karena adanya komunikasi modern yang semakin berkembang, terutama di bidang teknologi. Perubahan sosial merupakan segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempunyai pengaruh dalam sistem sosialnya.

  38. Perubahan sosial itu pasti akan terjadi pada setiap individu, pada tiap menit atau pada tiap jam pasti akan terjadi perubahan, seperti perubahan sikap baik atau buruk juga akan terjadi jika individu itu sendiri memutuskan untuk mengambil sikap seperti apa yang akan dipilih oleh individu tersebut.

  39. Perubahan sosial pasti akan terjadi seiring dengan berubahnya waktu dan zaman serta tuntutan hidup. Perubahan sosial bisa berasal dari dalam diri individu maupun dari luar diri individu. Perubahan sosial bisa terjadi tergantung kelompok masyarakat tersebut apakah kelompok masyarakat tersebut membuka diri untuk melakukan perubahan tersebut atau tidak.

  40. Apakah kalian pernah lihat anak muda zaman sekarang yang menggunakan model rambut serta warna rambut yang berbeda-beda?Apakah pada zaman dahulu juga demikian?Apa penyebabnya bisa terjadi perubahan seperti itu?Itu semua disebabkan oleh adanya suatu perubahan sosial yang terjadi didalam masyarakat tersebut.Karena perubahan sosial dapat terjadi kapan saja.Perubahan sosial itu dapat diartikan suatu hubungan atau gejala yang terjadi deidalam masyarakat tersebut.Terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan sosial itu yaitu eksternal dan internal.Dua faktor tersebut saling berhubungan antara satu dan yang lainnya.

  41. Menurut Saya Perubahan Sosial :

    secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.Teori dan Pengertian Perubahan Sosial
    Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding­an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat,pada dasarnya merupakan suatu proses yang terus menerus, ini berarti bahwa setiap masyarakat pada kenyataannya akan mengalami perubahan-peru­bahan.

  42. Setiap manusia selama hidupnya pasti mengalami perubahan. Adapun perubahan itu berbentuk sesuatu hal yang mencolok dan kurang mencolok, perubahan yang terbatas maupun luas, dan ada juga perubahan yang berjalan dengan lambat maupun cepat. Perubahan-perubahan tersebut biasanya berkaitan dengan nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat , kekuasaan dan wewenang, dan sebagainya.Jadi, perubahan sosial adalah suatu gejala yang akan selalu ada dalam masyarakat, karena masyarakat selalu berubah dalam aspek terkecil sekalipun.

  43. marsello (2013-58-113) seksi 17

    perubahan sosial menurut saya adalah perubahan norma-norma dalam masyarakat yang meliputi pikiran masyarakat dan gaya masyarakat.

  44. Perubahan sosial dapat dikatakan sebagai suatu perubahan dari gejala-gejala sosial yang ada pada masyarakat, dari yang bersifat individual sampai yang lebih kompleks. Perubahan sosial dapat dilihat dari segi terganggunya kesinambungan di antara kesatuan sosial walaupun keadaannya relatif kecil.

  45. Perubahan sosial : sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  46. LIKA DESI NATALIA (2013-11-246) SEKSI 15

    Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

  47. Perubahan sosial terjadi karena adanya pergeseran orientasi manusia dari yang lama menuju sesuatu yang baru dan disebabkan oleh pola pikir manusia yang dipengaruhi lingkungan yang ada. Perubahan tersebut berada pada dua bidang terdiri dari perubahan materiil dan immaterial. Perubahan materiil yaitu perubahan fisik yang dilakukan dan dialami oleh manusia misalnya dalam hal teknologi telah merubah pola interaksi manusia .Perubahan immaterial yaitu perubahan keyakinan dan prinsip hidup manusia, misalnya berkaitan dengan HAM.

  48. Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi status sosialnya.

  49. Manusia pasti mengalami perubahan-perubahan selama hidupnya. Baik perubahan yang terbatas maupun luas dan perubahan yang lambat maupun cepat. Perubahan itu sendiri dapat mengenai nilai dan norma sosial, pola-pola perilaku organisasi, susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial dan sebagainya. Dan semua perubahan-perubahan itu bersifat normal.
    Contohnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang perkembangannya sangat pesat, pembangunan shopping center (mall), perumahan atau apartment mewah.

  50. sepahaman saya mengenai Perubahan sosial adalah Suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur / tatanan di dalam masyarakat meliputi pola pikir yang lebih Inovatif, sikap serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat contohnya seperti orang miskinyang giat bekerja agar bisa merubah nasibnya menjadi kaya.
    Perububahan sosial dapat terjadi karena faktor Internal dan Eksternal. yang Internal permasalaan yang timbul dalam diri masyarakat seperti perubahan jumlah penduduk dan penemuan baru. dan faktor eksternal mengacu pada sumber perubahan yang berasal dari luar seperti bencana alam dan perubahan iklim.
    Perubahan sosial dalam masyarakat dapat dibedakan dalam perubahan cepat yaitu contohnya Penggunaan komputer kalau perubahan lambat itu seperti Perang Kemerdekaan Indonesia, pada perubahan kecil itu contohnya seperti Fashion dan perubahan besar itu Perubahan sistem pemerintahan dan yang perubahan direncanakan itu adalah Imunisasi dan yang tidak direncanakan adalah Pola pergaulan remaja.
    mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan terimakasih

  51. setiap masyarakat pasti mengalami perubahan sosial. Penyebab dari perubahan itu bisa berupa faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berasal dari masyarakat itu sendiri, misalnya norma atau aturan-aturan yang berlaku. Sementara faktor eksternal berasal dari luar maayarakat, misalnya globalisasi. perubahan sosial bisa menghambat atau mendorong status sosial masyarakat atau individu.

  52. Perubahan sosial adalah bagian dari pertumbuhan hidup manusia. itu sebabnya semua manusia pasti mengalami perubahan sosial karena mereka pasti bertumbuh. bertumbuh seperti mulai remaja yang tadinya anak-anak. mulai main ke mall, mulai berteman dengan orang-orang yang lebih beragam secara strata sosial dan umur, dengan otomatis pula hubungan sosial, sifat, dan karakter tak lagi seperti anak-anak.

  53. Menurut saya perubahan sosial diartikan sebagai proses pergeseran dan struktur tatanan dalam masyarakat .

  54. perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam masyarakat yang mempengaruhi status sosial, serta pola perilaku antara kelompok dan masyarakat. perubahan yang terjadi karena proses bukan hasil akhirnya.

  55. Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

  56. Perubahan sosial adalah perubahan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial yaitu Perubahan lambat dan perubahan cepat, Perubahan kecil dan perubahan besar, Perubahan yang dikehendaki atau direncanakan dan perubahan yang tidak dikehendaki atau tidak direncanakan, dan Perubahan progres dan perubahan regres.

  57. Perubahan sosial menurut saya merukapan perubahan yang terjadi dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat. perubahan sosial dapat direncanakan dan tidak dapat direncanakan.

    *perubahan sosial yang dapat direncanakan contoh: yang dapat direncanakan adalah untuk mengurangi pertumbuhan jumlah penduduk pemerintah mengadakan program keluarga berencana (KB).
    *perubahan sosial yang tidak dapat direncanakan Contoh: kasus banjir bandang di simpang semadam, aceh tenggara. timbulnya banjir dikarnakan pembukaan lahan yang kurang memperhatikan kelestarian lingkungan. sebagai akibatnya, banyak perkampungan dan permukiman masyarakat terndam air yang mengharuskan para warganya mencari pemukiman baru.

    perubahan sosial juga bisa berpengaruh besar dan berpengaruh kecil.
    contoh untuk berpengaruh besar yaitu perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi, pada perubahan inimemberi pengaruh secara besar terhadap jumlah kepadatan penduduk diwilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian.
    contoh untuk berpengaruh kecil yaitu perubahan model pakaian dan model rambut, perubahan ini tidak membawa pengaruh besar pada masyarakat.

  58. Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

  59. menurut pemahaman saya, perubahan sosial terjadi karena du faktor internal dan eksternal, salah satunya adalah perubahan perilaku seorang individu yang sangat berpengaruh kepada perubahan status, perubahan sosial, bahkan perubahan budaya.

  60. perubahan sosial merupakan sebuauh proses pergeseran sosial entah itu ke arah yang positif maupun yang negatif. pada dasarnya manusia merupakan makhluk yang dinamis, sehingga kemasyarakatan menurut saya adalah hal yang akan terus dipelajari setiap individu hingga akhir hayatnya

  61. perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.Teori dan Pengertian Perubahan Sosial
    Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan.

  62. Menurut saya perubahan sosial adalah suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  63. Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial yaitu Perubahan lambat dan perubahan cepat, Perubahan kecil dan perubahan besar, Perubahan yang dikehendaki atau direncanakan dan perubahan yang tidak dikehendaki atau tidak direncanakan, dan Perubahan progres dan perubahan regres.

  64. Perubahan Sosial sudah mrupakan hal yang wajar di masyarakat, di Indonesia maupun di negara lain. hal tersebt wajar terjadi di kalangan masyarakat, apalai degan perbedaan yang ada di masyarakat, seerti budaya, agama, ras, dan pendapat. malah menurut saya aneh kalo tidak ada adasebuah perubahan sosial di masyarakat.

  65. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat,pada dasarnya merupakan suatu proses yang terus menerus, ini berarti bahwa setiap masyarakat pada kenyataannya akan mengalami perubahan-peru­bahan.

    Tetapi perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat Perubahan sosial adalah perubahan yang tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan adanya suatu masyarakat yang meng­alami perubahan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan-perubahan yang tidak menonjol atau tidak menampakkan adanya suatu perubahan. Juga terdapat adanya perubahan-perubahan yang memiliki pengaruh luas maupun terbatas. Di samping itu ada juga perubahan-perubahan yang prosesnya lambat, dan perubahan yang berlangsung dengan cepat.

  66. Perubahan sosial ialah berubahnya tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  67. perubahan sosial pasti terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat. perubahan tersebut bisa ke arah negatif atau positif. perubahan sosial dimasyarakat bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, bisa dari diri sendiri atau dari luar. tetapi menurut saya, perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat terjadi karena faktor dari luar, karna pergaulan, dan lain lain,

  68. SEKSI 18

    perubahan sosial pasti terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat. perubahan tersebut bisa ke arah negatif atau positif. perubahan sosial dimasyarakat bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, bisa dari diri sendiri atau dari luar. tetapi menurut saya, perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat terjadi karena faktor dari luar, karna pergaulan, dan lain lain,

  69. Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  70. Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

  71. Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan dalam kehidupan setiap individu atau setiap kelompom masyarakat, yang meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik. etiap perubahan ini ada yang berjalan secara cepat dan ada juga yang berjalan lambat. Pergerakan perubahan ini sesuai dengan seberapa besar keinginan setiap individu atau kelompok masyarakat untuk berubah dan meningkatkan status sosial mereka.

  72. Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial yaitu Perubahan lambat dan perubahan cepat, Perubahan kecil dan perubahan besar, Perubahan yang dikehendaki atau direncanakan dan perubahan yang tidak dikehendaki atau tidak direncanakan, dan Perubahan progres dan perubahan regres.

  73. Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  74. perubahan sosial merupakan suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik lagi dari sebelumnya

  75. setiap orang pasti berubah. sekecil apapun karena perubahan pasti terjadi di setiap gejala.
    Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam suatu masyarakat yang dapat mempengaruhi sistem sosialnya, nilai,sikap sosial, dan pola perilaku di antar kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial dapat direncanakan dan tidak dapat direncanakan. Contoh yang dapat direncanakan adalah untuk memperluas wilayah yang padat penduduk pemerintah melakukan transmigrasi. Contoh yang tidak dapat direncanakan adalah kasus meletusnya gunung kelud. banyak rumah rumah warga yang terkena debu dan lahan pertanian yang hancur.
    Perubahan sosial juga bisa berpengaruh besar dan berpengaruh kecil. Contoh pengaruh besar adalah perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi, pada perubahan ini memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di wilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian. Contoh pengaruh kecil adalah perubahan model pakaian dan model rambut, perubahan ini tidak membawa pengaruh besar pada masyarakat.

  76. Perubahan sosial : sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  77. perubahan sosisial
    adalah perubahan lembaga sosial dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial nilai sikap kelompok atau individu. perubahan tersebut terjadi akibat adanya faktor2 pendorong yang menyebabkan suatu pperubahan itu terjadi baik itu faktor eksternal maupun internal.
    misalnya=> keluarga itu sepenuhnya berfungsi sebgai tempat perlindungan bagi anak-anak yang belum dewasa sumber pengetahuan dan keterampilan . tetapi pada masa sekarang keluarga mengalami perubahan anak-anak tidak hanya memperoleh pengetahuan dari keluarga, tetapi juga melalui media massa seperti tv,radio dan lain sebaginya.
    contoh perubahn sosial: orang yang hidupnya serba kekurangan ingin merubah hidupnya menjadi lebih baik lagi.

  78. Berbicara tentang Perubahan Sosial sudah jelas sekali bahwa ada suatu perubahan/perbedaan perilaku sosial atau kehidupan baik itu kebiasaan atau karakter yang mana perubahan sosial itu merupakan suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir,baik yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik daripada masa sebelumnya.
    Tetapi perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan adanya suatu masyarakat yang meng­alami perubahan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan-perubahan yang tidak menonjol atau tidak menampakkan adanya suatu perubahan. Juga terdapat adanya perubahan-perubahan yang memiliki pengaruh luas maupun terbatas. Di samping itu ada juga perubahan-perubahan yang prosesnya lambat, dan perubahan yang berlangsung dengan cepat.

  79. Menurut saya perubahan sosial adalah suatu proses berubahnya struktur didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosial untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik serta bermartabat.
    Contoh :
    *Faktor eksternal : Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain, peperangan serta dorongan untuk berubah dari luar diri kita.
    *Faktor internal : Keinginan untuk berubah menjadi lebih baik atau sebaliknya yang mengikuti orang luar, seperti Andi makan di meja makan mempergunakan sendok dan garpu. Heru pun meniru cara makan Andi tersebut.

  80. Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/ tatanan di dalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inofatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat

  81. Perubahan sosial yaitu secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  82. perubahan sosial adalah suatu proses pergeseran atau perubahan di dalam tatanan kehidupan masyarakat baik itu pola pikir, sikap, dan lain-lain.

  83. Perubahan sosial mencakup bidang pendidikan, struktur sosial dll. Perubahan sosial sangat penting, karena setiap individu mengharapkan kehidupan yang lebih baik dan bermartabat. Karena itu perubahan mampu memberikan dampak lebih maju terhadap kehidupan masyarakat . Tetapi setiap perubahan juga pasti ada dampak negatif dalam taraf kehidupan manusia. Hal tersebut mampu diatasi dari setiap individu bagaimana dalam menghadapi perubahan sosial yang terjadi.

  84. perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya. yang meliputi unsur-unsur kebudayaan, baik yang material maupun yang inmaterial, terutama yang menekankan pada pengaruh yang besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap kebudayaan inmaterial. dan semua itu bisa berjalan cepat dan lambat sesuai tujuan hidup kita.

  85. Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

  86. Yang tertera dari artikel diatas bahwa Perubahan sosial dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur atau tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, kreatif , dan kritis serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

  87. Perubahan sosial itu perubahan yang terjadi secara drastis dalam masyarakat. sehingga masyarakat mengalami peningkatan yang baik. Termasuk nilai nilai, sikap sikap sosial, dan perilakunya.

  88. Perubahan itu penting dan pasti terjadi pada masyarakat apapun dan dimanapun sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima. Perubahan sosial yang terjadi tidak selamanya suatu kemajuan. Bahkan, dapat pula sebagai suatu kemunduran masyarakat.

  89. Perubahan sosial secara umum yaitu diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur atau tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

  90. Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial juga merupakan suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

    Read more: PERUBAHAN SOSIAL : Pengertian Perubahan Sosial

  91. Perubahan Sosial
    Menurut Saya , Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.
    Perubahan Sosial pada dasarnya tidak dapat diterangkan oleh dan berpegang teguh pada faktor yang tunggal. Menurut Robin Williams, bahwa pendapat dari faham diterminisme monofaktor kini sudah ketinggalan zaman, dan ilmu sosiologi modern tidak akan menggunakai interpretasi-interpretasi sepihak yang mengatakan bahwa perubahan itu hanya disebabkap oleh satu faktor saja.

  92. Perubahan sosial adalah segala sesuatu yang berubah dikarenakan tuntutan zaman. Perubahan sosial identik dengan perubahan pada faktor alam, faktor teknologi, dan faktor kebudayaan.

  93. Nama : Vera Utifah
    NIM : 2014-11-082
    Sesi : 01

    Perubahan sosial merupakan proses berubahnya norma,nilai,adat istiadat serta kebiasaan dalam bermasyarakat. Perubahan sosial dapat berpengaruh negative dan positif. Perubahan sosial dipengaruhi oleh teknologi atau globalisasi serta kebudayaan luar negeri yang masuk ke dalam negeri sehingga berdampak pada perubahan kebiasaan,norma,nilai dan adat istiadat di dalam negeri.

  94. Perubahan Sosial adalah suatu pergeseran atau perubahan tatanan nilai pada masyarakat baik individu atau kelompok yang terjadi secara terus menurus yang mencakup pola pikir dan perilaku pada setiap individu maupun kelompok.

  95. Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.
    Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding­an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat,pada dasarnya merupakan suatu proses yang terus menerus, ini berarti bahwa setiap masyarakat pada kenyataannya akan mengalami perubahan-peru­bahan.

    CONTOH PERUBAHAN SOSIAL:
    Sebagaimana tampak pada perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi, pada perubahan ini memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di wilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian.

  96. Abdul Tri Handoko 201411209 seksi (01)

    Menurut Saya >> Perubahaan Sosial itu sering terjadi dari berbagai aspek di Lingkungan sekitar antar lain dari Faktor Pendidikan,Ekonomi dan Budaya yg Sering kali slalu berubah_ubah tergantung dari faktor mana kah perubahaan sosial itu terjadi.
    yg mengkhawatirkan yaitu perubahaan Budaya yg dimana Perubahaan sosial budaya kita sudah sangat berubah dan sudah merusak moral bangsa Indonesia perubahaan ini terjadi saat budaya indonesia ditinggal dan tidak di terapkan kembali dan budaya Asing mulai masuk ke Indonesia dengan merubah segalanya dari etika,sopan santun dan budaya lain2nya.

  97. MIA DAMAYANTI 2014-11-136
    SEKSI 01

    Menurut pendapat saya perubahan, suatu hal yang akan dialami oleh setia individu atau makhluk hidup dengan disadari atau tanpa disadari. perubahan juga dapat terjadi disuatu kelompok masyarakat atau indiviu yang dikarenakan adanya suatu pergeseran nilai yang lama ke proses nilai yang baru, dimana maksut dari pergeseran tersebut adalah adanya keinginan untuk mencapai suatu tujuan dan berkembangan dalam diri seseorang maupun kelompok yang disebut perubahan sosial. perubahan sosial dalam masyarakat juga tejadi krena ketidak puasaan mereka dengan kondisi yang ada dan ingin lebih maju lagi dai sebelumnya. disertai dengan pola pikir yang lebih kreatif serta dengan sikap yang sesuai dengan kondisi yang akan mengalami perubahan sosial tadi. Proses perubahan pada diri setiap manusia ada yang cepat dan lambat. Hal ini tergantung seberapa besar niat manusia yang termotivasi untuk berkembang menjadi lebih baik serta seberapa besar keinginan dan tuntutan hidup yang ingin mereka ubah/wujudkan.

  98. Perubahan sosial dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat. Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding­an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat,pada dasarnya merupakan suatu proses yang terus menerus, ini berarti bahwa setiap masyarakat pada kenyataannya akan mengalami perubahan-peru­bahan. Tetapi perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan adanya suatu masyarakat yang meng­alami perubahan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan masyarakat lainnya.

  99. Dari penjabaran atau uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah suatu perubahan yang terjadi pada masyarakat baik perubahan struktur masyarakatnya, sikap, kebiasaan / budaya, perilaku ataupun karena terjadinya perubahan dari faktor lingkungan itu sendiri. Dalam proses perubahan sosial itu masyarakat itu dapat berubah dari aspek terkecil pun, karena dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal maupun faktor internal.

  100. Nama : Irmawati
    Nim : 201411251
    seksi : 23

    “Perubahan adalah esensi dari kemajuan. Menjadi maju berarti harus berpindah posisi semakin kedepan dari posisi semula.
    Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas
    jadi Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi secara terus menerus yang mencakup sistem sosial (pola pikir, pola perilaku, nilai) dan struktur sosial (lembaga sosial, kelompok, norma) didalam masyarakat.

  101. PERUBAHAN SOSIAL berasal dari kata berubah dan sosial
    Berubah berarti perbedaan dr satu titik ketitik yg lain
    Sosial adat istiadat tingkah laku
    Perubahan sosial didapat dr faktor Extrnal maupun Internal
    Extrnal adalah faktor dr luar yaitu lingkungan hidup,internal adalah faktor dr dalam yaitu diri sendiri
    Contoh perubahan sosial seperti berubahnya norma atau kebiasaan dimasyarakat, yg lebih menonjol itu tentang komunikasi dimana sekarang jauh lebih mudah mendapatkan informasi yg sangat cepat,dibanding Dulu
    Ibu hamil tidak boleh keluar malam,tapi sekarang banyak ibu hamil malam hari ke mall

  102. Perubahan sosial merupakan proses berubahnya norma,nilai,adat istiadat serta kebiasaan dalam bermasyarakat. Perubahan sosial dapat berpengaruh negative dan positif. Perubahan sosial dipengaruhi oleh teknologi atau globalisasi serta kebudayaan luar negeri yang masuk ke dalam negeri sehingga berdampak pada perubahan kebiasaan,norma,nilai dan adat istiadat di dalam negeri.

    Contohnya : ketika seseorang sejak kecil sudah di ajarkan untuk ketika masuk ataupun pergi dalam suatu perkumpulan ataupun pada orangtua,guru,dosen kita harus bersalama berjabat tangan dan mengucapkan salam. Karena zaman sudah modern banyak yang meninggalkan kebiasaan yang sudah di ajarkan tersebut dan bagi mereka jika masuk kedalam kelas saat sekolah bersalam berjabat tangan itu tidak menandakan kita terlihat gaul,oleh karena itu ia tidak bersalam berjabat tangan kepada guru ataupun dosen.

    #PerubahanSosial

  103. Putri Wulandari – 201411033 – sesi 01

    Perubahan adalah pergeseran atas sesuatu dari satu titik ke titik yang lain. sedangkan sosial adalah suatu masyarakat atau suatu kelompok.
    jadi perubahan sosial adalah proses perpindahan atau berubahnya struktur / tatanan yang ada dalam masyarakat.
    perubahan sosial dapat dilakukan apabila adanya perantara .
    contoh : model pakaian.

    perubahan sosial dapat berdampak positif maupun negatif, dan dapat berbentuk kemajuan maupun kemunduran.

  104. Eppy Juwanti 2014-11-207 sesi 23

    Perubahan sosial adalah perubahan pada kebudayaan atau kebiasaan masyarakat, bisa dipengaruhi dari dalam atau dari luar masyarakat , perubahan sosial bisa mempengaruhi struktur,fungsi, nilai,norma.dan semua aspek lainnya di masyarakat

    contohnya perubahan mode pakaian pada masyarakat, dulu masyarakat menggunakan pakaian adat khas daerahnya masing2, namun seiring dengan kemajuan dan perkembangan masyarakat tersebut membuat sedikit demi sedikit anggota masyarakat mulai meninggalkan pakaian adatnya dan menggunakan pakaian yang trend di daerah itu.

  105. Perubahan yaitu proses peralihan atau berbeda dengan keadaan biasa nya. Perubahan akan terjadi terus-menerus. Apalagi kebutuhan manusia semakin bertambah, maka manusia pasti mengalami perubahan. Baik dipengaruhi dari diri sendiri ataupun dari luar.
    Seperti handphone. Dahulu bila ingin berkomunikasi dengan orang yang berjarak jauh, maka orang tersebut akan mengirim surat ke orang yang dituju. Lalu beralihlah ke handphone namun berbentuk besar dan berantena. Sekarang handphone dapat digenggam (kecil) dan canggih.
    Perubahan berdampak positif atau negatif tergantung dari cara pandang atau perlakuan seseorang dalam menghadapi perubahan tersebut.

    thanks

  106. Rochayah – 20141158 – sesi 23

    Perubahan merupakan perpindahan dari satu titik ke titik lainnya, dan Sosial merupakan hubungan yang meliputi pola pikir, pola sikap dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga Perubahan Sosial merupakan perpindahan dari satu hubungan yang meliputi pola pikir, pola sikap, nilai dalam kehidupan bermasyarakat secara terus menerus dalam kehidupan bermasyarakat baik dipengaruhi faktor internal maupun eksternal yang menimbulkan dampak bagi masyarakat itu sendiri.

  107. SITI TAHYATI (2014-11-178) SESI 23
    Perubahan sosial merupakan proses perubahan dari satu titik ke titik yang lain.terjadi dalam suatu lingkungan sosial yang berbagai unsur dan menyebabkan terjadinya perubahan pada sistem sosial dalam lingkungan tersebut. Perubahan Sosial melitputi perubahan struktur dan fungsi masyarakat, termasuk nilai – nilai sosial, norma, dan berbagai pola dalam kehidupan manusia.

    contoh :Model rambut juga banyak berubah.masyarakat cenderung merasa harus mengikuti trend jika tidak mau dikatakan ‘jadul’ atau ‘culun’. Pengaruh terbesar adalah model rambut ‘punk’ atau ‘boy band’ yang membuat banyak remaja mengikuti model rambut dan gaya hidup orang dengan model rambut tersebut.

  108. Julius Salim 2014-11-126 sesi 23
    Perubahan sosial yaitu suatu perpindahan dari masa ke masa dan saling berkesinambungan yang mempengaruhi norma, perilaku, budaya, teknologi di dalam kehidupan bermasyarakat.
    contoh kasus , dahulu keluarga sebagai tempat perlindungan bagi anak dalam mendidik dan sebagai sumber pengetahuan selain sekolah namun , pada masa sekarang fungsi keluarga mengalami perubahan , anak-anak tidak hanya memperoleh pengetahuan dari keluarga dan sekolah tetapi juga melalui media massa seperti internet, televisi, koran, dan lainnya.

  109. Bebby Elisa 2014-12-190 Sesi 22

    Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

    Pada dasarnya setiap masyarakat atau individu yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding¬an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau.

    Contohnya : Jika pada jaman dahulu manusia menulis surat untuk menyampaikan pesan ataupun berkomunikasi ,maka pada saat ini manusia lebih mudah dalam berkomunikasi dengan adanya teknologi yang modern seperti telepon,email.fax,handphone,dan gadget.

  110. • Perubahan adalah berpindahnya atau bergeraknya sebuah kondisi yang berbeda dari yang sebelumnya. Kondisi ini bisa berupa kemajuan maupun kemunduran.
    •Sosial adalah segala perilaku manusia yang merujuk pada hubungan-hubungan dalam masyarakat, yakni antar manusia, dalam kelompok, serta hubungan dengan organisasi untuk mengembangkan diri.
    •Jadi, Perubahan Sosial menurut saya adalah berpindahnya atau bergeraknya sebuah kondisi yang berbeda dari sebelumnya dari segala perilaku manusia baik didalam hubungan bermasyakat, hubungan antar manusia, kelompok, maupun dengan organisasi dan perubahan sosial disebabkan oleh faktor Internal (yang ada didalam masyarakat) dan faktor eksternal (diluar masyarakat).

  111. SISCA 2014-11-297 (SESI 23)

    • Perubahan sosial adalah Proses bergeser / bergeraknya suatu keadaan, kondisi, norma, atau tradisi dari satu sisi ke sisi yang lain baik ke sisi positif maupun negatif. Perubahan sosial akan terus berlangsung selama manusia ada (siklus perubahan sosial)
    • Faktor pendukung : Adanya kemauan dari masyarakat untuk dapat bergerak maju baik dari segi teknologi, pendidikan, kebudayaan.
    • Faktor penghambat : Terdapat dalam diri manusia itu sendiri yang kadang tidak dapat menerima masukkan / kritikan dari pihak lain, masih memegah teguh tradisi kuno / tradisional dan selalu menaruh curiga / prasangka terhadap hal-hal baru.
    • Contoh perubahan sosial :
     Masyarakat dahulu selalu menggangap banyak anak banyak rejeki, namun sekarang mereka menggangap hal tersebut akan sangat memberatkan kehidupan ekonomi dan memilih mengikuti program KB dari pemerintah.
     Perubahan mode pakaian, seringkali kita melihat model pakaian yang terbaru justru merupakan tiruan atau pengulangan model pakaian zaman dahulu (kini disebut vintage)

  112. -Perubahan adalah berpindahnya atau bergeraknya sebuah kondisi yang berbeda dari sebelumnya. Kondisi ini bisa berupa kemajuan maupun kemunduran.
    -Sosial adalah segala perilaku manusia yang merujuk pada hubungan-hubungan dalam masyarakat, yakni antar manusia, dalam kelompok, serta hubungan dengan organisasi untuk mengembangkan diri.
    -Jadi, Perubahan Sosial menurut saya adalah berpindahnya atau bergeraknya sebuah kondisi yang berbeda dari sebelumnya dari segala perilaku manusia baik didalam hubungan bermasyakat, hubungan antar manusia, kelompok, maupun dengan organisasi dan perubahan sosial disebabkan oleh faktor Internal (yang ada didalam masyarakat) dan faktor eksternal (diluar masyarakat).

  113. Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat. Perubahan sosial merupakan suatu proses yang akan terjadi secara terus menerus dialami oleh semua orang atau masyarakat karena seiring dengan perkembangan zaman perubahan akan terus berlangsung dan semakin maju yang disertai dengan adanya perkembangan teknologi yang berpengaruh terhadap hubungan sosial antara individu dengan individu atau dengan masyarakat contohnya seperti jika kita ingin mengobrol, bertemu atau bertatap muka dengan teman atau sanak saudara yang berada jauh di sana dahulu kita harus menemuinya tapi sekarang kita dapat menggunakan skype. tetapi semua perubahan dan perkembangan yang telah terjadi dari waktu ke waktu dapat menimbulkan dampak positif dan negatif tergantung bagaimana kita menyikapinya

  114. Ria Monika Munthe – 201411107 Sesi 23

    Perubahan Sosial terdiri dari dua kata yaitu perubahan dan sosial, dimana perubahan adalah pergerakan atau pergeseran dari satu titik ke titik lain sementara sosial adalah hal yang meliputi lingkungan, budaya, nilai dalam masyarakat. Jadi dapat diartikan perubahan sosial itu adalah pergeseran nilai dan budaya di lingkungan masyarakat yang dapat dilihat secara nyata dan berpengaruh dalam pola kehidupan masyarakat tersebut.

    Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial dapat dibedakan menjadi :
    1. Faktor Internal, yaitu faktor yang berasal dari masyarakat itu sendiri
    Contohnya : Pemberontakan yang dapat menyebabkan perubahan besar dalam masyarakat seperti pada saat perpindahan dari orde lama ke orde baru, dimana terjadi perubahan di Indonesia dari segala aspek yang disebabkan oleh masyarakt itu sendiri.

    2. Faktor Eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar masyarakat
    Contohnya : Bencana alam seperti banjir yang menyebabkan perubahan perilaku yang mungkin tadinya perilaku seseorang dalam masyarakat cuek tetapi karena terjadinya bencana alam membuat masyarakat tersebut jadinya saling bekerja sama menghadapi bencana tersebut.

    Dalam masyarakat, perubahan sosial bisa terjadi secara cepat maupun lambat, direncanakan atau tidak contohnya adalah perkembangan teknologi yang semakin maju dimana saat ini telah memasuki era digital dan internet, maka masyarakat juga secara tidak disadari yang menerima perubahan tersebut juga ikut mengalami perubahan sosial yang tercermin dalam cara berkomunikasinya, berinteraksi dengan orang lain, bekerja, dan lain-lain. Dan apapun bentuk perubahan yang terjadi semuanya memiliki dampak baik positif maupun negatif, tinggal tergantung dari kita dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.

  115. Perubahan sosial adalah perubahan atau peralihan yang terjadi secara terus menerus yang mencakup sistem sosial (pola pikir, pola perilaku, nilai) dan struktur sosial (lembaga sosial, kelompok, norma) didalam masyarakat. Perubahan sosial terjadi karena masyarakat memilki sifat dinamis yaitu sifat yang selalu ingin berkembang.
    Ada 2 faktor yang mempengaruhi perubahan sosial :
    1. Faktor Internal : faktor yang berasal dari dalam individu atau masyrakat seperti rasa kemauan atau keinginan yang memotivasi diri untuk berubah
    2. Faktor eksternal : faktor yang berasal dari luar seperti pengaruh dari kebudayaan lain atau bencana alam.

  116. LULUT RIZKIANI ( 2014-11-122 ) SESI 23

    Menurut saya Perubahan Sosial adalah suatu proses bergeraknya atau berubahnya suatu pola seperti tingkah laku,kebiasaan,pola berpikir dan kondisi didalam lingkungan masyarakat yang terjadi karena adanya factor-faktor yang mempengaruhinya . Faktor yang mempengaruhi tersebut dapat berasal dari dalam atau luar yang dapat bersifat mendorong dan menghambat adanya perubahan.

  117. Martia Andini 2014-11-257 sesi 01
    Pada dasarnya perubahan terjadi berdasarkan faktor keinginan dalam diri seorang individu dan faktor dorongan yang ada disekitar mereka.
    jadi perubahan sosial merupakan perpindahan satu titik ke titik lain.
    Perubahan sosial dipengaruhi 2 faktor yaitu:
    1. Faktor Internal merupakan keinginan dari dalam diri nya yang disertai oleh tindakan.
    2. Faktor Eksternal merupakan dorongan dari luar yang memaksa untuk mengikuti alur perubahan yang sudah terjadi.

  118. Nama : Heribertus Edwin Kasiwali
    Nim : 2014-11-089
    Sesi :02

    Perubahan Sosial

    Perubahan sosial sendiri terdiri dari dua kata yaitu perubahan dan sosial. Perubahan adalah suatu perpindahan dari satu titik ke titik lainnya dan Pengertian sosial adalah menyangkut individu,kelompok dalam suatu masyarakat. Jadi pengertian Perubahan sosial adalah Suatu perpindahan yang terjadi dari satu titik ke titik lainnya yang terjadi didalam lingkungan masyarakat. Perpindahan itu bisa berupa aturan-aturan atau norma-norma,struktur-struktur masyarakat, pola pikir masyarakat yang bisa berubah-ubah dan sebagainya. Perubahan sosial itu bisa mencakup aspek yang besar sampai aspek yang terkecil. Perubahan sosial dan perubahan budaya merupakan dua konsep yang berbeda, tapi saling berkaitan. Dimana perubahan sosial mengacu pada perubahan struktur sosial dan hubungan sosial di masyarakat sedangkan perubahan budaya mengacu pada perubahan segi budaya di masyarakat. Tetapi perubahan pada hubungan sosial akan menimbulkan pula perubahan pada aspek nilai dan norma yang merupakan bagian dari perubahan budaya. Perubahan sosial bisa disebabkan oleh faktor internal(faktor dari dalam),contohnya ada aturan atau norma yang sudah tidak bisa menopang atau tidak bisa lagi dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat,tentu akan digantikan dengan aturan baru yang dapat bisa dijalankan dan bisa menopang kehidupan masyarakat dan faktor eksternal(faktor dari luar) contohnya masuknya pengaruh asing misalnya dari kebudayaan barat yang bisa merubah cara pandang, misalnya dalam hal berpakian,tentunya itu bagian dari globalisasi yang terjadi yang bisa merubah masyarakat. Dalam perubahan sosial terdapat juga faktor pendukung dan faktor penghambat dari proses perubahan sosial, faktor pendukung itu antara lain kontak dengan kebudayaan lain, sistem masyarakat yang terbuka, penduduk yang heterogen serta masyarakat yang berorientasi ke masa depan, dan faktor penghambatnya antara lain sistem masyarakat yang tertutup,vested interest, prasangka terhadap hal yang baru. Perubahan sosial dalam masyarakat dapat dibedakan juga dalam hal perubahan cepat dan lambat, perubahan kecil dan besar serta perubahan direncanakan dan tidak direncanakan. Contoh perubahan sosial misalnya pergantian pemimpin dalam suatu negara,tentunya akan terjadi perubahan gaya kepemimpinan dalam suatu negara,yang juga bisa merubah pola pikir masyarakat dalam negara tersebut.

  119. Irmawati 201411251 seksi 23

    Perubahan sosial merupakan salah satu kajian ilmu sosiologi. Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat.Perubahan sosial mencakup perubahan pada norma-norma sosial, nilai-nilai sosial, interaksi sosial, pola-pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, susunan kekuasaan, dan wewenang. Karena luasnya bidang-bidang perubahan sosial tersebut, maka diperlukan suatu pengertian perubahan sosial yang mampu mencakup seluruh bidang tersebut.

  120. “Perubahan adalah suatu keharusan karena perubahan adalah esensi dari kemajuan sesuai dengan perkembangan zaman. Yang Menjadi maju berarti harus berpindah posisi semakin kedepan dari posisi semula seperti, perkembangan tekhnologi

    Sosial adalah segala perilaku manusia yang menggambarkan hubungan antar individu dalam masyarakat, jadi Perubahan Sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi di dalam fungsi dan struktur masyarakat Yang ada didalam lingkungan masyarakat.

  121. Menurut saya perubahan sosial adalah suatu perubahan baik dalam sosial Danbudaya karena dengan adanya perubahan sosial kita dapat melihat perbedaan antara dulu Dan sekarang

    Juga menilai apakah perubahan social ITU datang Dari Diri sendiri atau luar

  122. Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat. Perubahan-perubahan masyarakat ini meliputi nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku, norma-norma sosial, lapisan-lapisan dalam masyarakat, susunan lembaga kemasyarakatan, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial dan lain sebagainya

  123. Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat yang mencakup perubahan dalam aspek struktur dari suatu masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermatabat ataupun karena terjadinya perubahan dari faktor lingkungan, karena berubahnya komposisi penduduk, keadaan geografis, serta berubahnya sistem hubungan sosial, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.
    Contoh perubahan sosial
    1. Model rambut
    Model rambut juga banyak berubah. Bahkan masyarakat cenderung merasa harus mengikuti trend tersebut jika tidak mau dikatakan jadul, atau culun. Yang lagi trend sekarang adalah model rambut ala ‘korea” yang banyak di minati oleh kalangan remaja khusus nya wanita.

    2. Ekonomi
    Perubahan ekonomi tampak jelas pada sifat masyarakat. Pada umumnya masyarakat lebih suka dengan produk impor dibandingkan produk di dalam negeri karena kualitasnya di anggap lebih bagus.

    3. Industri
    Revolusi industri membuat perubahan besar-besaran pada kehidupan sosial masyarakat. Mulai dari ketimpangan antara industry dengan agrikultur, banyaknya pengangguran, munculnya gerakan sosialis, rendahnya kesejahteraan buruh.

  124. Ana Setiana (2014-12-061) – Sesi 22
    Perubahan Sosial merupaka perubahan-perubahan yg terjadi dalam masyarakat yang meliputi pola pikir, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak/bermartabat. Perubahan Sosial merupakan hal yg tidak bisa terhindarkan, perubahan itu sendiri sudah, sedang dan akan terus terjadi baik dalam kehidupan individu maupun masyarakat. Terjadinya perubahan sosial dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor yg berasal dari dalam individu/masyarakat itu sendiri maupun faktor yg berasal dari luar individu/masyarakat itu sendiri. contoh faktor penyebab terjadinya perubahan dari dalam yaitu dapat dilihat dari perkembangan ilmu pengetahuan misalnya dengan perkembangan ilmu pengetahuan kita dapat menciptakan penemuan-penemuan baru (inovasi), sedangkan contoh faktor penyebab perubahan dari luar misalnya banyak masyarakat indonesia yg melupakan ciri khas dari kebudayaan sendiri seperti bahasa, cara berpakaian, dll. Perubahan Sosial juga dapat berdampak baik dan buruk bagi individu/masyarakat itu sendiri tergantung dari sudut pandang mana mereka menilai perubahan tersebut baik atau buruk bagi kehidupannya. Perubahan sosial akan nampak setelah tatanan dan kehidupan masyarakat yg lama dapat dibandingkan dengan tatanan dan kehidupan masyarakat yg baru.

  125. Irawati nim : 2014.11.270 sesi : 23

    Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga – lembaga kemasyarakatan. perubahan tersebut mempengaruhi sistem sosial, termasuk nilai – nilai, sikap dan pola prilaku diantara kelompok – kelompok masyarakat.

    Ciri – ciri perubahan sosial :
    1. Tidak ada masyarakat yang berhenti berkembang ( dinamis ).
    2. Perubahan pada satu lembaga akan menyebabkan perubahan pada lembaga lainnya.
    3. perubahan yang tepat ( revolusi ) dapat menyebabkan disorganisasi dalam kelompok dan bersifat sementara.
    4. Perubahan sosial tidak hanya mencakup material / spiritual nya saja tapi mencakup semuanya.

  126. Inneke Putri Manna 201411302 sesi 23
    Perubahan sosial adalah perubahan atau pergeseran dari satu titik ke titik lain yang terjadi di masyarakat akibat adanya faktor yang menyebabkan perubahan itu baik secara internal maupun eksternal seperti penggunaan gadget yang sekarang semakin canggih . Contoh : faktor internal, seperti perubahan jumlah penduduk seperti munculnya kelas sosial yang baru dan profesi yang baru, penemuan baru seperti memperbaiki dan menyempurnakannya melalui penemuan baru, terjadinya konflik atau revolusi dan faktor eksternal, seperti bencana alam dan perubahan iklim yang bersumber dari lingkungan alam fisik kadang kala disebabkan oleh masyarakat itu sendiri, peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>