Sosialisasi

Socialization
socialization-with-related-tags-and-terms

Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma sosial yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya.

This entry was posted in Uncategorized by admin. Bookmark the permalink.

164 thoughts on “Sosialisasi

  1. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup seorang diri. Manusia juga bukanlah pribadi yang kehidupannya statis. Jadi mau tidak mau, sadar atau tidak sadar, sosialisasi sudah kita lakukan sejak lahir hingga kita dewasa menemukan jati diri kita. Setiap manusia dituntut untuk selalu beradaptasi dengan lingkungannya. Sosialisasi mengarahkan kita dalam berpikir dan bertingkah laku, mengajarkan kita mandiri dan bertanggung jawab, serta mengajarkan cara bergaul agar kita bisa diterima di masyarakat. Jadi kita harus bersosialisasi dengan baik. Jangan menunggu orang lain untuk berubah dan bertindak, tetapi bertindak dan ubahlah dirimu sendiri terlebih dahulu sehingga dapat diterima di masyarakat!

    • Sosialisasi adalah suatu proses yang harus dilakukan oleh setiap individu atau manusia agar bisa diterima disuatu lingkungan dimana individu atau manusia itu berada. Apabila individu/manusia tersebut tidak bisa bersosialisasi maka individu/manusia tersebut telah melakukan penyimpangan sosial. Contohnya : diBali memiliki hukum adat yang sangat kental, pada saat hari raya nyepi baik warga lokal ataupun turis dilarang pergi keluar rumah ataupun hotel karena umat hindu sedang menyepi. Apabila ada turis lokal ataupun turis mancanegara yang melanggar maka akan dihukum

  2. a, sudah menjadi hal yang wajar sosialisasi itu bisa terjadi dalam kondisi apapun, dikarenakan proses sosialisasi itu berawal sejak individu itu dilahirkan dan sampai kapan proses sosialisasi bisa dikatakan berakhir itu tidak bisa dibataskan. lalu apa sih sebenarnya sosialisasi itu? Menurut saya, Sosialisasi itu adalah proses belajar seseorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya. Di dalam sosialisasi, manusia mulai dikenalkan tentang nilai dan norma . Pengertian nilai menurut saya pribadi adalah suatu pandangan dan berisi sesuatu yang baik, diinginkan,dicita-citakan, serta dianggap penting sehingga memperngaruhi perilaku seseorang . Lalu pengertian norma menurut saya adalah suatu pedoman untuk hidup dan berinteraksi di dalam kehidupan bermasyarakat . Peran dari nilai dan norma sangatlah penting, yakni sebagai penentu cara pola sosialisasi yang akan berlangsung dalam diri seseorang. Lalu media sosialisasi yang paling utama adalah ada di lingkungan keluarga dikarenakan ini sebagai peletak dasar untuk mengenal kebudayaan dan lingkungan sosial. Hasil dari adanya sosialisasi adalah terbentuknya suatu kepribadian yang berkarakter khas sesuai lingkungan masing-masing.

  3. Sosialisasi ialah suatu proses kehidupan yang dilakukan oleh manusia yang mana bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitarnya agar dapat mengenal dan mengahayati kebudayaan dan nilai-nilai masyarakat di lingkungannya. Sehingga dengan sosialisasi diharapkan setiap individu dapat membentuk sikap dan berperilaku sesuai dengan lingkungan budaya,dan nilai-nilai masyarakat dimana ia berada tanpa adanya suatu penyimpangan sosial.

  4. Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. Jenis Sosialisasi di bagi menjadi 3 yaitu sosialisasi sekunder, sosialisasi formal, dan sosialisasi informal.

  5. Sosialisasi sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.
    Sosialisasi sendiri sering digunakan untuk penyuluhan, adanya saling interaksi sesama manusia dan mempelajari pola2 kehidupan .
    Sosialisasi pun digunakan agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. dan juga lebih mudah berbaur.

  6. Sosialisasi merupakan proses “never ending studies” maka, manusia sepanjang hidupnya akan terus mengalami proses sosialisasi, karena sosialisasi merupakan proses seseorang belajar untuk dapat menjadi anggota baru dalam masyarakat. Yang dipelajari perihal kebiasaan dalam masyarakat itu sendiri. Proses sosialisasi berperan dalam kepribadian seseorang. Sosialisasi dibedakan menjadi sosialisasi primer dan sekunder. Sosialisasi primer merupakan proses sosialisasi paling awal yang dari lingkungan hidupnya, yaitu keluarga. Sedangkan sosialisasi sekunder adalah sosialisasi lanjutan dari sosialisasi primer, yaitu lingkungan masyarakat.

  7. Manusia adalah makhluk sosial, jelas tergambar dari pengertian tadi bahwa akan ada proses sosial dalam kehidupan manusia yang dinamakan “Sosialisasi”. Sukses atau tidaknya kita dalam melakukan sosialisasi akan berpengaruh besar thd diri kita kedepannya. Mengapa? Karena sosialisasi adalah “Never Ending Studies”, maka bila dalam masyarakat sekitar yang dekat saja kita tidak bisa belajar bersosialisasi bagaimana nanti kita dapat memahami dan menempatkan diri dengan baik dalam menghadapi derasnya perubahan yg terjadi dalam masyarakat akibat perkembangan zaman?

  8. Individu dalam masyarakat akan mengalami proses sosialisasi agar ia dapat hidup dan bertingkah laku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat di mana individu itu berada. Sosialisasi mengajarkan manusia sesuai apa yang ia terima dan ia lihat dalam masyarakat.
    Jadi, sosialisasi adalah proses belajar yang dialami individu untuk memperoleh pengetahuan, nilai-nilai dan norma-norma agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota dalam kelompok masyarakat.

  9. Karena manusia merupakan makhluk sosial dimana tidak bisa hidup tanpa manusia yg lain. Nah sosialisasi ini lah yang membuat kita bisa mengenal orang lain atau pun kelompok lain. Karena pada dasarnya sosialisasi adalah sebuah proses pembelajaran atau tahapan dimana kita mengenal peranan-peranan yg ada di masyarakat, setelah kita mengenal maka kita akan mengetahui peranan diri kita dan orang lain yg harus dijalankan.

  10. Setiap manusia atau individu akan melakukan dan pasti melakukan sebuah proses dalam mencapai tujuan, dalam proses itu ada yang baik maupun buruk. Proses tersebut dapat dipelajari dan dimengerti dalam mengambil langkah yang baik dan tepat, dalam sosialisasi pasti tidak luput dari interaksi sosial, dimana dalam mengambil langkah ini lama kelamaan akan menjadi pelajaran dalam hidup dalam mencapai tujuan yang akan menghasilkan pengetahuan, nilai, serta norma yang dapat dipakai dalam berhubungan/berpartisipasi dalam masyarakat.

  11. Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial, yang dimaksud makhluk sosial adalah bahwa manusia satu dengan manusia yang lain saling membutuhkan. Oleh karena hal itu, manusia tidak bisa hidup sendiri. Sosialisasi merupakan hasil dari sosialisasi atau hasil dari interaksi antar manusia. Selama manusia masih berinteraksi, proses sosialisasi pun masih berlangsung.
    Proses sosialisasi dilakukan setiap orang sejak lahir di muka bumi sampai meninggal. Bahkan, seorang bayi yang baru lahir melakukan sosialisasi. Contohnya belajar membuka mata untuk melihat dunia, belajar memegang sesuatu, dan belajar merasakan sesuatu. Bersamaan dengan berjalannya waktu, pembelajaran bayi mengenai dunia semakin kompleks. Misalnya belajar berjalan, berbicara, makan, dan mengenal lingkungan sekitar. Trimakasih.

  12. Sosialisasi adalah proses belajar individu untuk mengenal norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan dan perilaku masyarakatnya. Mengapa demikian, karena proses sosialisasi berlangsung secara bertahap. Pada awalnya proses itu berlangsung dalam lingkungan keluarga kemudian berlanjut pada lingkungan sekitarnya.

  13. Sosialisasi ada karena manusia adalah makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri oleh karena itu manusia satu dengan manusia yang lain harus saling membantu karena sesama manusia saling membutuhkan. Pada hakikatnya proses sosialisasi merupakan hasil dari interaksi antar manusia. Sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai aturan dari satu generasi ke generasi lainnya.

  14. Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota. Sosialisasi dibedakan menjadi sosialisasi primer dan sekunder. Sosialisasi primer merupakan proses sosialisasi paling awal yang diterima individu dari lingkungan hidupnya. Sedangkan sosialisasi sekunder adalah sosialisasi lanjutan dari sosialisasi primer.

  15. Bersosialisasi tentu diwajibkan bagi manusia yang notabenenya sebagai makhluk sosial. Yang dimaksud sebagai makhluk sosial yaitu makhluk yang tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan orang lain disisinya. Misalnya seperti pemilihan ketua RT. Tidak mungkin para calon ketua RT memilih dirinya sendiri, pasti ada bantuan orang lain melalui voting.

    Terima Kasih

  16. Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

    Berdasarkan jenisnya sosialisasi dibagi 2 jenis : Primer dan Sekunder
    a. sosialisasi primer sebagai sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil dengan belajar menjadi anggota masyarakat (keluarga).
    b. Sosialisasi sekunder adalah suatu proses sosialisasi lanjutan setelah sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok tertentu dalam masyarakat.

  17. Sosialisasi adalah suatu proses individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri atau membutuhkan orang lain.Setiap individu atau manusia dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya.Jaidi sadar atau tak sadr kita sebagai manusia di paksa(dituntut) untuk mengenal lingkungan sekitar kita dan mentaati semua peraturan yang ada dilingkungan tersebut.

  18. menurut saya: sosialisasi sudah menjadi darah kita apalagi manusi adalah makhluk sosial balik lagi ke bab 1 tentang pebgertian sosilogi .
    intinya saya baca sosialisasi itu penting dalam peran masyarakt contohnya adanya dikeluarga,teman,sekolah,media massa.

  19. menurut saya sosialisasi itu penting karana dimana manusia harus bisa memahami karakter manusia lain. kita hidup tidak Individu maka kita sebagai manusia harus bisa bersosialisasi dengan lainnya . kita hidup tidak seperti binatang yang digerakkannya melalui nurani tapi kita hidup sebagai makhluk sosial dimana kita akan membentuk jati diri kita yang akan seperti apa pada lingkungan keluarga teman dan lainnya

  20. Menurut saya Sosialisasi itu adalah proses penanaman karakter atau aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiologi menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan. Karena dalam hidup itu perlu bersosialisasi

  21. Karena manusia yang terlahir akan otomatis menjadi mahluk sosial dan pastinya saling membutuhkan, jadi menurut saya kita sebagai manusia perlulah untuk bisa membaur dilingkungan tempat kita tinggal atau setidaknya belajar untuk menempatkan diri dengan baik, supaya tidak dieliminasi oleh lingkungan dan alam.
    Terimakasih.

  22. sosialisasi merupakan proses atau tahap-tahap dimana seorang individu. mempeajari atau membiasakan diri terhadap suatu norma-norma, adat istiadat, di dalam suatu lingkungan. dimana proses tersebut bisa bermanfaat untuk perkembangan diri seorang individu

  23. Sosialisasi bisa diartikan juga sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya
    contoh kasusnya: masyarakat perlu bersosialisasi dengan orang di sekitar habitatnya untuk mengetahui berbagai informasi yang telah terjadi di lingkungannya.

  24. sosialisasi itu salah satu konsep umum yang bisa dimaknakan sebagai sebuah proses di mana kita belajar melalui interaksi dengan orang lain, tentang cara berpikir, merasakan, dan bertindak, di mana kesemuanya itu merupakan hal-hal yang sangat penting dalam menghasilkan partisipasi sosial yang efektif. Sosialisasi merupakan proses yang terus terjadi selama hidup kita.

  25. Sosialisasi adalah kebiasaan manusia yang harus dipelajari oleh setiap anggota baru suatu masyarakat.
    Tujuan Sosialisasi :
    1) Membekali seseorang dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan
    2) Mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi seperti membaca,menulis,dll
    3) Membiasakan diri dengan nilai-nilai kepercayaan pokok yang ada dimasyarakat
    Agen Sosialisasi :
    1) Keluarga
    2) Teman
    3) Sekolah
    4) Media massa

  26. Manusia lahir ke dunia sebagai bayi yang penuh dengan segala macam kebutuhan fisik. Kemudian ia menjadi seorang manusia dengan seperangkat nilai dan sikap, kesukaan dan ketidaksukaan, tujuan serta maksud, pola reaksi dan konsep yang mendalam, serta konsisten dengan dirinya. Setiap orang memperoleh semua itu melalui suatu proses belajar yang kita sebut sebagai sosialisasi, yaitu proses belajar yang mengubahnya menjadi seorang pribadi yang manusiawi.

  27. Dalam kehidupan bermasyarakat, sosialisasi merupakan suatu proses yang diperlukan oleh setiap individu agar menjadi satu arah atau seimbang di tengah-tengah masyarakat. Sosialisasi adalah proses seumur hidup yang berlangsung secara bertahap dan berkesinambungan yang mempelajari dan menghayati cara-cara hidup, norma-norma yang berlaku di dalam suatu masyarakat serta nilai-nilai sosialnya. Sosialisasi dilakukan agar setiap individu dapat berkembang dan diterima dalam masyarakat yang menjadi kelompoknya.

  28. Sosialisasi merupakan proses yang dapat membantu individu untuk belajar menyesuaikan diri tentang bagaimana cara hidup dan cara berfikir agar dapat berfungsi di kelompok tempat dia masuk. Sosialisasi pertama kali didapatkan manusia sejak dia lahir, didapat dari keluarganya. Didapatkan juga dari oranv disekitarnya, media, sekolah, tempat kerja dan teman sepermainan.

  29. Sosialisasi membantu individu untuk menyesuaikan diri tengang bagaimana cara hidup dan berfikir, agar dapat berperan dan berfungsi di kelompoknya. Secara umum sosialisasi bertujuan unutk membentuk kepribadian yang utuh, yaitu pribadi atau individu yang setiap berbuat, bertindak, dan berperilaku selalu berpedoman pada nilai dan norma yang berlaku, bertanggung jawab dan punya kemandirian. Sosialisasi primer yaitu sosialisasi yg didapat sejak individu itu lahir. Sosialisasi sekunder itu adalah sosialisasi yang di dapat dari kuar keluarga, contohnya media, teman, sekolah, tempat kerja.

  30. Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat

  31. sosialisasi adalah semua proses yang di lalui oleh individu dalam belajar keseluruhan kebiasaan yang dimilliki oleh manusia dalam bidabng keluargaan , pendididkan, agama, dan lain- lain.
    fungsinya :
    1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada individu.
    2. Menambah kemamapuan berkomunikasi, mengembangkan kemampuan menulis, membaca dan bercerita.
    3. Membantu pengendalian fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihan mawas diri.
    3. Membiasakan individu dengan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat.

  32. Sosialisasi menunjuk pada semua faktor dan proses yang membuat setiap manusia menjadi selaras dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Berarti dengan kata lain sosialisasi adalah proses seorang individu beradaptasi dalam menjalankan kehidupannya ditengah-tengah masyarakat agar menjadi selaras dan dapat diterima.

  33. Sosialisasi mengajarkan manusia sesuai apa yang ia terima dan ia lihat dalam masyarakat.
    Jadi, sosialisasi adalah sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya

  34. Sosialisasi bisa dibilang sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat

    • Dalam artian lain, sosialisasi terjadi melalui interaksi individu dengan individu lainnya. Individu disini belajar sesuatu dari orang-orang yang dekat seperti keluarga, teman, guru, dan orang-orang yang berada dilingkungannya

  35. Manusia adalah makhluk SOSIAL yang tidak bisa hidup sendiri, dan pembelajaran individu untuk mengenal norma norma. Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma sosial yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya.

  36. Sosialisasi pada umumnya untuk menanamkan nilai dan norma sosial pada individu dengan tujuan yang jelas. tujuannya untuk membentuk kepribadian individu yang selaras dengan kondisi sosial masyarakat .

  37. Sosialisasi adalah cara untuk menanamkan proses kebiasaan, nilai atau aturan dari individu ke individu lainnya dalam lingkungan masyarakat sehingga dapat diterima dalam masyarakat tersebut.

  38. Sosialisasi adalah sebuah proses wajar individu sebagai makhluk sosial. Banyak konsep-konsep sosialisasi yang harus kita pahami. Diantaranya adalah tipe-tipe sosialisasi, pola dan bentuknya, proses sosialisasi dalam diri seseorang, agen-agen sosialisasi, pemikiran para ahli tentang sosialisasi dan konsep diri, dan sebagainya.

  39. Sosialisasi adalah proses hasil interaksi antar manusia. Proses sosialisasi dilakukan setiap orang sejak lahir di muka bumi sampai meninggal. Bahkan, seorang bayi yang baru lahir melakukan sosialisasi. Contohnya belajar membuka mata untuk melihat dunia, belajar memegang sesuatu, dan belajar merasakan sesuatu. Bersamaan dengan berjalannya waktu, pembelajaran bayi mengenai dunia semakin kompleks. sosialisasi diabgi menjadi dua yaitu:
    1 sosialisasi primer
    Proses sosialisasi primer mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan kepribadian seorang anak. Hal ini karena anak akan menerapkan hasil belajarnya dalam keluarga ke dalam pergaulan di masyarakat. Proses sosialisasi primer merupakan dasar seseorang melakukan sosialisasi sekunder.
    2 sosialisasi sekunder
    Setiap individu melakukan sosialisasi karena individu tersebut berupaya menjadi bagian dari suatu masyarakat. Melalui sosialisasi, individu mengenal dan memahami kebiasaan, perilaku, adat istiadat, dan peraturan lain yang berlaku di masyarakat. Secara umum, terdapat dua pola sosialisasi yang berkembang di masyarakat, yaitu sosialisasi represif dan partisipatif.

  40. Sosialisasi adalah aktivitas yang tak ada hentinya dalam kehidupan manusia. Karena pada pengertiannya saja manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin bisa menjalani kehidupannya benar-benar sendiri.
    Dari masa ke masa, sosialisasi dalam hidup manusia terus meningkat dan terus berjalan bahkan mengalami tingkat kesulitan yang semakin tinggi. Saat SD kita di tuntut hanya berhubungan dengan teman-teman sebaya dan obrolan seputar kehidupan anak-anak, namun seiring berjalannya waktu sosialisasi manusia meningkat dan mulai berhubungan dengan orang-orang yang jauh lebih tua dan obrolan pun semakin berat.

  41. Sosialisasi itu dilakukan oleh setiap individu untuk memepelajari hal2 yang baru menjadi biasa dilakukan oleh mereka sehingga hal tersebut tidak asing lgi bagi mereka.

  42. Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat

  43. pengertian sosialisasi adalah proses belajar individu untuk mangenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakat.
    dan proses sosialisasi itu terjadi secara bertahap, perlahan tetapi tetap berkesinambungan.

  44. sosialisasi adalah proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakat ataupun orang orang di sekelilingnya.

  45. Sosialisasi adalah proses setiap individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya, agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya

  46. Sosialisasi merupakan proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati norma dalam masyarakat sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan tuntunan. Dengan menjalani proses sosialisasi, seseorang akan tahu dan memahami cara bersikap dan bertingkah laku di lingkungan masyarakat. Dengan menjalani proses ini juga, seseorang akan tahu hak dan kewajiban yang sesuai dengan peranannya dalam masyarakat.

  47. sosialisasi merupakan suatu cara untuk menyampaikan suatu tujuan sambil mempelajari apa yang dibutuhkan dalam menyampaikan tujuan tersebut. yang dibutuhkan untuk dipelajari adalah nilai2, moral, hukum, adat, ketentuan / peraturan dan segala hal yang berhubungan di dlm masyarakat dimana kita akan melakukan sosialisasi. dengan sosialisasi, masyarakat tahu apa yang menjadi tujuan kita dan kita sendiri juga menjadi tahu apa yang menjadi tujuan mereka sehingga kedua pihak (kita & masyarakat) dapat menyatukan tujuan yang ingin dicapai bersama2 dengan saling menyesuaikan rencana sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang mungkin saja dapat berujung pada pemberontakan, diskriminasi, perang, dsb.

  48. sosialisasi adalah proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai sosial sehingga membentuk sikap berprilaku sesuai dengan tuntutan

  49. menurut saya manusia pasti bersosialisasi dengan individu lain nya bahkan dengan kelompok,karena manusia tidak dapat hidup tanpa bersosialisasi,karena manusia adalah mahluk sosial

  50. Sosialisasi merupakan proses belajar untuk mengenai nilai dan norma dalam pembentukan sikap agar dapat berpartisipasi dalam masyarakat.

  51. Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri, sosiolisasi adalah proses kerpibadian seorang individu disesuaikan dengan sistem norma yang berlaku dalam masyarakat sehingga mereka terbiasa untuk berinteraksi dengan sesama manusia lainnya dan dapat mempelajari kehidupan yang ada disekitarnya.

  52. Menurut saya sosialisasi adalah suatu ilmu alam yang dimiliki oleh pribadi setiap orang untuk masuk kedalam lingkup masyarakat dengan mempelajari terlebih dulu nilai2, moral, hukum, adat, ketentuan / peraturan dan segala hal yang berhubungan di dalam lungkungan masyarakat tersebut agar dapat tercapai tujuan yang ingin dilakukan dalam lingkungan masyarakat tersebut.

  53. Menurut saya sosialisasi adalah sebuah proses bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakat.
    sosialisasi dibagi ke dalam 2 tipe yaitu secara formal dan informal

  54. pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. manusia pasti membutuhkan pertolongan orang lain untuk menjalani kehidupannya serta memenuhi kebutuhannya. dalam bersosialisasi kita harus bisa menyesuaikan kebiasaan, nilai, dan aturan kita agar dapat diterima di masyarakat. dalam bersosialisasi juga kita harus menjalankan peran masing-masing agar mencapai tujuan bersama. dengan bersosialisasi kita dapat merasakan dan melihat sesuatu yang berbeda. kita juga bisa belajar menerima perbedaan di masyarakat dan berusaha menyesuaikan diri di dalam masyarakat tersebut.sosialisasi dapat juga berfungsi untuk membentuk pola perilaku dan kepribadian individu di dalam masyarakat. serta kita juga dapat mewariskan nilai dan norma yang baik pada generasi mendatang.

  55. sosialisasi merupakan suatu pembelajaran individu untuk mengenal norma, adat dan nilai-nilai sosial dan pemahaman untuk proses yg membuat manusia menjadi sama dalam setiap kehidupan di tengah tengah masyarakat.

  56. Menurut Saya Sosialisasi itu menunjuk pada semua faktor dan proses yang membuat setiap manusia menjadi selaras dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Seorang anak dikatakan telah melakukan sosialisasi dengan baik, apabila ia bukan hanya menampilkan kebutuhannya sendiri saja, tetapi juga memerhatikan kepentingan dan tuntutan orang lain.untuk mengenal norma norma, cara hidup dan nilai sosial yang terdapat di dalam masyarakat agar diterima di lingkungan masyrakat tersebut.

  57. Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota. Sosialisasi juga membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, tentang cara hidup dan berpikir kelompoknya agar dia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

  58. sosialisasi disini diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup manusia mempelajari kebiasaan agar dapat diterima oleh masyarakatnya. sebagai contoh : 1. kita harus mengikuti peraturan di suatu lingkungan masyarakat.
    2. dari sejak kecil kita dilatih untuk berbuat baik dan mempelajari kebiasaan2 yang sesuai dengan ajaran agama masing2 agar menjadi orang yang terbaik di masyarakat.

  59. Sosialisasi adalah proses seseorag untuk menyesuaikan diri pada lingkungan sekitarnya. Proses sosialisasi juga dimulai dari intitusi masyarakat yang paling kecil yaitu keluarga. Proses sosialisasi juga dimulai dari sejak dini. Media sosialisasi juga dapat berupa yaitu:
    1 koran
    2 internet
    3 majalah

  60. Kalau berbicara tentang ‘sosialisasi’ yang ada dalam pikiran saya adalah individu atau manusia. Manusia adalah makhluk sosial, maksudnya manusia tidak bisa hidup sendiri dan sudah pasti membutuhkan orang lain. Berhubungan dengan sosialisasi, menurut saya sosialisasi itu adalah individu yang memiliki nilai, norma yang ada dan untuk disesuaikan di lingkungan itu sendiri. Contohnya seperti saat saya baru masuk ke Universitas Esa Unggul dan bertemu dengan teman baru, saya harus berkenalan dan berbicara dengan teman baru saya, dan otomatis kita saling bersosialisasi satu dengan yang lainnya.

  61. Menurut saya sosialisasi adalah Sosialisasi menunjuk pada semua faktor dan proses yang membuat setiap manusia menjadi seimbang dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Seorang anak dikatakan telah melakukan sosialisasi dengan baik, apabila ia bukan hanya menampilkan kebutuhannya sendiri saja, tetapi juga memerhatikan kepentingan dan tuntutan orang lain.

  62. Sosialisasi adalah suatu proses yang tidak bisa di hindari karena dimanapun kita akan merasakan proses itu sendiri. Contohnya sudirman di lahirkan di pedalaman Papua dan sudirman di pilih menjadi ketua adat di sana maka sudirman di haruskan telanjang dan hanya memakai koteka tetapi pada saat sudirman pindah rumah ke Jakarta sudirman harus meninggalkan itu semua dan harus memakai baju dan mematuhi norma-norma yang berlaku di Jakarta bukan yang di Papua

  63. Marsello fransiskus (2013-58-113) seksi 17
    Sosialisasi adalah suatu proses yang tidak bisa di hindari karena dimanapun kita akan merasakan proses itu sendiri. Contohnya sudirman di lahirkan di pedalaman Papua dan sudirman di pilih menjadi ketua adat di sana maka sudirman di haruskan telanjang dan hanya memakai koteka tetapi pada saat sudirman pindah rumah ke Jakarta sudirman harus meninggalkan itu semua dan harus memakai baju dan mematuhi norma-norma yang berlaku di Jakarta bukan yang di Papua.

  64. Menurut saya, manusia sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan manusia lain disampingnya untuk melakukan hal-hal dalam kesehariannya. Dalam proses saling membutuhkan itu, akan timbul kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh manusia atau individu yang baru bergabung dalam suatu kelompok tertentu yang dapat mereka peroleh melalui proses belajar. Setiap anggota baru dari kelompok masyarakat harus mempelajari kebiasaan kelompok tersebut melalui proses yang dinamakan “Sosialisasi”
    Seiring dengan berjalannya proses sosialisasi yang dilakukan oleh individu dalam kelompok masyarakat, kepribadian individu tersebut juga akan terbentuk. Jika proses sosialisasi dari awal sudah berjalan dengan baik, maka akan menghasilkan kepribadian yang baik pula. Sebaliknya, apabila sosialisasi berjalan kurang sempurna, besar kemungkinan akan menghasilkan pribadi yang tidak baik pula seperti pemurung, kurang percaya diri, dan lain-lain sebagainya.

  65. Menurut pemahaman saya sosialisasi adalah sebuah proses seumur hidup manusia mempelajari kebiasaan agar dapat diterima oleh masyarakatnya. dengan kata lain sosialisasi adalah proses adaptasi manusia kedalam lingkungan baru. contohnya adalah seorang yang baru pindah ke luar kota dan mempunyain lingkungan dan tetangga baru, dengan demikian dia harus melaukan proses sosialisasi kepada orang di sekitarnya agar bisa diterima di dalam lingkungan tersebut

  66. sosialisasi seperti dimana yang di jelaskan bahwa sosialisasi adalah bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan yang meliputi cara hidupnya. karena sebagai individu harus bisa bersosialisasi dalam ruang lingkup masyarakat, tak mudah memang untuk menjalankan sosialisasi terkadang ke idealisan kita terlalu kuat dalam menyikapi hal-hal diluar sana maka dari itu setiap individu harus bersikap ideal agar bisa diterima oleh masyarakat, karena pada hakikatnya masyarakat punya penilaian sendiri berdasarkan pola pikirnya maupun nilai yang terkandung pada norma-norma. maka dari itu kita sebagai makhluk sosial harus bisa menjalankan sosialisasi itu dengan baik dengan nilai-nilai yang positif dan tidak melenceng dari norma yang berlaku,apa bila semua itu berjalan dengan baik maka akan terbentuk karakter dari dalam diri kita yang mengarah pada suatu perubahan.

  67. Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

  68. Sosialisasi adalah suatu kegiatan atau upaya yang dilakukan oleh seorang atau beberapa orang atau organisasi / perusahaan / lembaga tertentu memberitahukan sesuatu (informasi) untuk diketahui oleh umum atau kalangan tertentu / terbatas.

  69. Sosialisasi merupakan proses “never ending studies” maka, manusia sepanjang hidupnya akan terus mengalami proses sosialisasi, karena sosialisasi merupakan proses seseorang belajar untuk dapat menjadi anggota baru dalam masyarakat. Yang dipelajari perihal kebiasaan dalam masyarakat itu sendiri. Proses sosialisasi berperan dalam kepribadian seseorang. Sosialisasi dibedakan menjadi sosialisasi primer dan sekunder. Sosialisasi primer merupakan proses sosialisasi paling awal yang dari lingkungan hidupnya, yaitu keluarga. Sedangkan sosialisasi sekunder adalah sosialisasi lanjutan dari sosialisasi primer, yaitu lingkungan masyarakat.
    Reply ↓

  70. LIKA DESI NATALIA (2013-11-246) SEKSI 15

    Sosialisasi menunjuk pada semua faktor dan proses yang membuat setiap manusia menjadi selaras dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Seorang anak dikatakan telah melakukan sosialisasi dengan baik, apabila ia bukan hanya menampilkan kebutuhannya sendiri saja, tetapi juga memerhatikan kepentingan dan tuntutan orang lain.

    Pengertian sosialisasi secara umum dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.

  71. Sosialisasi adalah sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya.

  72. Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

  73. Sosialisasi adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap individu-individu atau manusia agar bisa diterima disuatu lingkungan dimana individu atau manusia itu berada.
    contoh sosialisasi dalam kehidupan nyata:
    1. lingkungan keluarga : orang tua harus mengenalkan anaknya kepada anggota keluarga yang lain,orang tua harus mengajarkan anaknya sopan santun terhadap orang lain atau terhadap anggota keluarga lain.
    2. lingkungan sekolah : membentuk kelompok untuk belajar atau mengerjakan tugas.
    3. lingkungan masyarakat : membentuk kelompok karang taruna untuk mengumpulkan anak muda di lingkungan rt.

    • Sosialisasi adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap individu-individu atau manusia agar bisa diterima disuatu lingkungan dimana individu atau manusia itu berada.
      contoh sosialisasi dalam kehidupan nyata:
      1. lingkungan keluarga : orang tua harus mengenalkan anaknya kepada anggota keluarga yang lain,orang tua harus mengajarkan anaknya sopan santun terhadap orang lain atau terhadap anggota keluarga lain.
      2. lingkungan sekolah : membentuk kelompok untuk belajar atau mengerjakan tugas.
      3. lingkungan masyarakat : membentuk kelompok karang taruna untuk mengumpulkan anak muda di lingkungan rt.

  74. Menurut saya sosialisasi adalah proses belajar individu untuk mengenal lebih dalam mengenai kebudayaan, lingkungan, mempelajari norma serta nilai-nilai sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan yang ada pada lapisan mayarakat.

  75. Sosialisasi adalah proses belajar individu untuk mengenal norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan dan perilaku masyarakatnya. Mengapa demikian, karena proses sosialisasi berlangsung secara bertahap. Pada awalnya proses itu berlangsung dalam lingkungan keluarga kemudian berlanjut pada lingkungan sekitarnya.

  76. Menurut saya sosialisasi adalah proses belajar seumur hidup tentang lingkungan sekitar. bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya.

  77. Sosialisasi adalah proses dimana individu belajar menyesuaikan diri di suatu lingkungannya agar dapat diterima oleh masyarakat di lingkungan tersebut dengan cara menaati norma-norma,nilai-nilai serta budaya yang terdapat di lingkungan masyarakat tersebut

  78. sosialisasi adalah sifat dan kebiasaan yang ada di dalam diri manusia atau peraturan dan segala hal yang berhubungan di dalam masyarakat.

  79. Sosialisasi merupakan proses “never ending studies” maka, manusia sepanjang hidupnya akan terus mengalami proses sosialisasi, karena sosialisasi merupakan proses seseorang belajar untuk dapat menjadi anggota baru dalam masyarakat. Yang dipelajari perihal kebiasaan dalam masyarakat itu sendiri. Proses sosialisasi berperan dalam kepribadian seseorang. Sosialisasi dibedakan menjadi sosialisasi primer dan sekunder. Sosialisasi primer merupakan proses sosialisasi paling awal yang dari lingkungan hidupnya, yaitu keluarga. Sedangkan sosialisasi sekunder adalah sosialisasi lanjutan dari sosialisasi primer, yaitu lingkungan masyarakat.

  80. sosialisasi adalah suatu proses pengenalan diri pada sebuah lingkungan baru, baik di masyarakat, maupun di lingkungan sekolah dan dimanapun…
    sosialisasi bertujuan untuk membentuk suatu keperibadian

  81. Sosialisasi menunjuk pada semua faktor dan proses yang membuat setiap manusia menjadi selaras dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Seorang anak dikatakan telah melakukan sosialisasi dengan baik apabila ia bukan hanya menampilkan kebutuhannya sendiri saja, tetepi juga memerhatikan kepentingan dan tuntutan orang lain. Pengertian sosialisasi secara umum dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.

  82. Sosialisasi yaitu sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

  83. Sosialisasi merupakan proses dimana masyarakat saling mempelajari kebiasaan-kebiasaan, cara hidup agar dapat di terima di dalam kehidupan bermasyarakat tersebut

  84. Mnururt pendapat saya, proses sosialasi mutlak diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Karena tanpa adanya sosialisasi, kehidupan serasa hampa dan tak bernyawa. Dengan kegiatan sosialisasi kita mampu membentuk suatu jaringan yang positif baik dalam bidang bisnis, politik, budaya, pendidikan dan lainnya.

  85. Jadi bersosialisasi dalam kehidupan sehari hari itu sangat penting dan sangat dibutuhkan sekali. Tanpa adanya sosialisasi, interaksi tidak akan berjalan dengan bai. Dan beberapa aspek yang mendukung dalam proses sosialisasi yaitu sikap, perilaku, watak, kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Bersosialisasi itu sangat dibutuhkan dalam dunia ekonomi khususnya dalam dunia bisnis.

  86. Pengertian sosialisasi secara umum dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.
    Sosialisasi di bagi menjadi Dua yaitu :
    1. sosialisasi formal adalah sosialisasi yang di bentuk di dalam lingkungan kelurga.
    2.sosialisasi nonformal adalah sosialisasi yang di bentuk di luar lingkungan teman.

    dan semuanya itu bisa dianggap menjadi suatu positif maupun negatis sesuai tujuan yang kita ingginkan..

    • (201411199) seksi 02

      Sosialisasi mempelajari dan menyesuaikan alam pikiram ,sistem norma ,berperilaku yg baik dengan masyarakat lain dan peraturan yg berlaku dalam kebudayaan masyarakat .setiap orang pasti memperoleh pembelajaran tentang sosialisasi yg baik dengan melalui suatu proses belajar ,yaitu proses belajar yg mengubah diri menjadi seorang pribadi yg manusiawi .

  87. Sosialisasi merupakan sebuah proses pembelajaran untuk menjadi anggota masyarakat, dan melalui sosialisasi,kita dapat menjadi makhluk sosial yang dicapai melalui interaksi dengan orang lain. Sosialisasi bisa dilakukan dengan pembentukan dasar atau kepribadian dan proses ini melibatkan berbagai aktivitas seperti bermain,meniru dan mengamati.

  88. Rochayah – 201411158 – Sesi 23

    Sosialisasi adalah suatu proses di mana individu mulai menerima dan menyesuaikan diri hingga meniru unsur-unsur kebudayaan (adat istiadat, perilaku, bahasa, dan kebiasaan-kebiasaan) masyarakat, yang dimulai dari lingkungan keluarganya dan kemudian meluas pada masyarakat luas, lambat laun dengan keberhasilan penerimaan atau penyesuaian tersebut, maka individu akan merasa menjadi bagian dari keluarga atau masyarakat.
    Dimana pengaruh baik atau buruk dalam sosialisasi tidak dapat ditolak melainkan dapat diselaraskan dengan tujuan hidup yang dimiliki tiap individu, sehingga menghasilkan pengaruh yang positif bagi individu, dimana individu dapat menyeleksi pengaruh sesuai untuk menunjang tujuan hidupnya tersebut.

  89. Menurut saya,Sosialisasi berperan dalam membentuk kepribadian seseorang. Jika sosialisasi berlangsung dengan baik maka akan baik pula kepribadian seseorang. Sebaliknya apabila sosialisasi berlangsung kurang baik maka kurang baik pula kepribadian seseorang. Dengan demikian, proses pembentukan kepribadian dimulai dari proses sosialisasi baik dilingkungan keluarga, teman sepermaianan, lingkungan sosial, lingkungan kerja, maupun lingkungan masyarakat luas. karena pada hakikatnya manusia itu makhluk sosial dimana tidak bisa hidup tanpa pengaruh lingkungan. maka tugas kita sebagai manusia yang penuh dengan pengaruh lingkungan yaitu dengan cara memilah dimana kita itu harus tahu apakah itu baik atau tidak untuk diri kita,karena jika kita tidak memilah kita akan terjerumus atau terpengaruhi oleh hal yg negatif.

  90. Sosialisasi merupakan sebuah proses pembentukan kepribadian individu. Proses sosialisasi ini tidak akan pernah berhenti, sebab manusia sepanjang hidupnya akan terus mengalaminya. Karena, semakin individu tersebut bertumbuh dewasa, dia akan banyak menemukan anggota-anggota baru didalam masyarakat.

    Pengaruh sosialisasi terbagi menjadi dua, yaitu:
    1. Keluarga
    Sosialisasi pertama kali terbentuk di dalam keluarga. Faktor keluarga sangat berpengaruh dalam pembentukan diri individu tersebut, namun kadang pada prakteknya terjadi pengecualian. Misalnya, keluarga ulama ternyata anaknya menjadi perampok, dan keluarga perampok ternyata anaknya menjadi ulama. Itu terjadi karena adanya rasa penolakan atau tidak suka dari individu tersebut kepada keluarganya.
    2. Lingkungan
    Lingkungan terbagi menjadi lingkungan formal, dan lingkungan informal. Lingkungan formal seperti lembaga pendidikan. Sedangkan lingkungan informal yaitu pergaulan sehari-hari di dalam masyarakat. Pengaruh sosialisasi ini ada yang berdampak positif maupun negatif, tergantung dari sudut pandang tiap individu melihat atau menilainya. Pengaruh baik atau buruk dalam sosialisasi ini tidak bisa ditolak, oleh karena itu tiap individu harus menyelaraskannya dengan tujuan hidupnya, sehingga bisa menghasilkan pengaruh yang positif bagi individu tersebut.

  91. Menurut saya sosialisasi merupakan sebuah proses pembentukan individu dalam suatu lingkungannya yang berjalan sejak individu tersebut lahir sampai akhir hayatnya dalam bentuk pengaruh, baik itu pengaruh yang positif maupun pengaruh yang negatif yang tidak bisa individu tersebut hindari. Sehingga apabila individu tersebut tidak bersosialisasi dengan individu lainnya ataupun dengan lingkungannya maka dia tidak dapat berinteraksi. Dengan demikian tidak ada satupun individu yang tidak mengalami proses sosialisasi dalam hidupnya.

  92. secara umum sosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya. Sosialisasi juga menunjuk pada semua faktor dan proses yang membuat setiap manusia menjadi selaras dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Seorang anak dikatakan telah melakukan sosialisasi dengan baik, apabila ia bukan hanya menampilkan kebutuhannya sendiri saja, tetapi juga memerhatikan kepentingan dan tuntutan orang lain. Dimana Proses pembelajarannya berlangsung secara bertahap, perlahan tapi pasti dan berkesinambungan. Pada awalnya, proses itu berlangsung dalam lingkungan keluarga, kemudian berlanjut pada lingkungan sekitarnya, yaitu lingkungan tetangga, kampung, kota, hingga lingkungan negara dan dunia. Di samping itu, individu mengalami proses enkulturasi (pembudayaan), yaitu individu mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran dan sikapnya dengan adat istiadat, sistem norma, dan peraturan yang berlaku dalam kebudayaan masyarakatnya.

  93. Menurut saya sosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal, memahami, menyesuaikan, dan melaksanakan suatu tindakan sosial yang sesuai dengan pola perilaku masyarakatnya.

  94. Nama : anastasia irawati
    Nim : 201412054
    Seksi : 22
    Menurut saya sosialisasi adalah pembentukan pribadi setiap individu , yang melalui proses mengenali karakter untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik lagi untuk kedepan nya seperti meningkatkan kualitas hidup.

  95. Menurut saya sosialisasi sebuah proses atau penanaman transfer kebiasaan atau nilai aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Hidup tanpa sosialisasi akan hampa dan jenuh.

  96. Sosialisasi berperan dalam membentuk kepribadian seseorang.Jika sosialisasi berlangsung dengan baik maka akan baik pula kepribadian seseorang sebaliknya apabila sosialisasi berlangsung kurang baik maka kurang baik pula kepribadian seseorang.Dengan demikian,proses pembentukan kepribadian dimulai dari proses sosialisasi baik dilingkungan keluarga,temen sepermainan,lingkungan sosial,lingkungan kerja,maupun lingkungan masyarakat luas.
    Dan kita sebagai manusia yaitu makhluk sosial kita tidak bisa hidup sendirian tanpa adanya pertolongan ataupun pengaruh lingkungan,dan tugas kita sebagai manusia yang penuh pengaruh lingkungan maka kita harus memilah,diman kita harus tahu apakah itu baik atau buruk untuk diri kita jika tidak seperti itu maka kita akan terpengarh hal yang negativ dari lingkungan kita.

  97. nurdiansyah (2014-11-256) seksi 02
    menurut saya sosialisasi adalah proses belajarnya seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap sebuah lingkungan,yang di dalamnya terdapat nilai dan norma . sehingga seseorang tersebut dapat menerapkannya di dalam sebuah masyarakat.

  98. nurdiansyah (2014-11-256) seksi 02
    sosialisasi adalah proses belajarnya seseorang untuk menyesuaikan diri di dalam sebuah lingkungan yang di dalamnya terdapat nilai dan norma sehingga seseorang tersebut dapat menerapkannya di dalam sebuah masyarakat

  99. Sosialisasi diartikan sebagai proses pembentukan diri (individu). Yang terjadi secara terus menerus, karena manusia akan selalu mengalami proses pembentukan. Sosialisasi mengandung pengaruh yang tidak dapat ditolak. Jikapun terjadi penolakan, itu terjadi karena faktor yang sangat dominan untuk mendukung penolakan tersebut. Dan cara kita untuk mengatasinya dengan menyelaraskan kembali tujuan kita.
    Pengaruh Sosialisasi terbagi menjadi dua
    1. Pengaruh Keluarga. Dimana pengaruh ini menjadi pengaruh pertama yang didapatkan seseorang.
    2. Pengaruh Lingkungan. Pengaruh Lingkungan ini dibagi menjadi dua. Pertama Pengaruh Formal seperti lembaga pendidikan. Dan Kedua Pengaruh Informal sepertihalnya Pergaulan yang individu itu jalani.

  100. Sosialisasi yaitu proses pembelajaran seseorang yang meliputi tata cara, adat, serta sikap/perilaku yang ada di dalam masyarakat.
    Sosialisasi disebut juga proses pembentukan diri sendiri/individu ^^

  101. SITI TAHYATI (201411178) SESI 23
    Menurut pendapat sayaPengertian sosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.

  102. menurut saya, setiap individu tidak bisa hidup tanpa bersosialisasi satu sama lain. tanpa adanya sosialisasi kita tidak akan pernah tahu bagaimana sekitar kita, dan bagaimana kita bisa menyesuaikan diri ke dalam lingkungan itu. dimulai dari sosialisasi lingkup kecil yaitu keluarga, baru ke masyarakat. dengan sosialisasi diharapkan individu itu dapat menyesuaikan diri.

  103. Sosialisasi adalah proses mempelajari kebiasaan seorang individu dalam menjalani kehidupannya dalam bermasyarakat. Mempelajari setiap nilai maupun norma norma yang ada di dalam masyarakat. Seperti adat istiadat dan ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan tersebut.

  104. Sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan dan saling berhubungan sudah seharusnya kita sebagai manusia menjalankan apa yang disebut SOSIALISASI. Merujuk dari pengertian SOSIALISASI itu sendiri yang berarti sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan maupun nilai dan aturan dari satu individu ke individu lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Bahkan sejumlah sosiolog menyebut SOSIALISASI itu sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. Tapi apapun bentuk SOSIALISASI yang kita lakukan dalam bermasyarakat dan kehidupan sehari-hari semuanya itu harus dikembalikan lagi kepada TUJUAN HIDUP kita masing-masing.

  105. JULIUS SALIM (2014-11-126) SESI 23
    Menurut saya , sosialisasi adalah suatu tahapan yang berkesiambungan dan ditempuh seseorang / individu sejak dilahirkan hingga akhir hayatnya untuk belajar memahami dan melaksanakan suatu tindakan sosial yang sesuai dengan pola perilaku lingkungan sekitarnya sehingga melalui sosiallisasi akan menghasilkan suatu pribadi yang unik di dalam seseorang / individu itu sendiri .

  106. Menurut saya , sosialisasi adalah suatu tahapan yang berkesinambungan dan ditempuh seseorang / individu sejak dilahirkan hingga akhir hayatnya untuk belajar memahami dan melaksanakan suatu tindakan sosial yang sesuai dengan pola perilaku lingkungan sekitarnya sehingga melalui sosiallisasi akan menghasilkan suatu pribadi yang unik di dalam seseorang / individu itu sendiri .

  107. DEVI PUTRIANI 201411174 (SEKSI 23)
    sosialisasi sangat berperan dalam pembentukan kepribadian, dan terdapat banyak media yang mendukung seorang individu belajar mengenai sosialisasi mulai dari keluarga yang menjadi tempat sosialisasi paling pertama, kelompok bermain , sekolah, lingkungan sekolah dan media massa. Sejak lahir manusia diperhadapkan pada hubungan dengan orang lain di luar dirinya sendiri. Kodrat manusia dilahirkan sebagai gejala alam, belum bisa berbicara, makan, minum dan melakukan aktivitas untuk kehidupannya.Maka dari itu manusia akan disempurnakan melalui suatu proses yang disebut sosialisasi yang akan senantiasa berlangsung dalam kehidupan masyarakat. Sosialisasi dimulai sejak individu masih bayi yang dibimbing oleh orangtuanya sehingga kelak ia siap menyesuaikan diri dalam kelompoknya yaitu masyarakat. Dengan sosialisasi seseorang akan mengetahui bagaimana bertingkah laku di masyarakat. Namun kepribadian antara seseorang berbeda dengan orang lain tergantung pola asuhannya dalam masyarakat.

  108. menurut saya, Sosialisasi adalah proses pembelajaran atau penyesuaian suatu individu atau kelompok dalam suatu lingkungan yang didalamnya terdapat nilai dan norma – norma.

  109. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Sosialisasi merupakan proses belajar melalui interaksi dalam lingkungan masyarakat dan sosialisasi juga proses yang terus terjadi dalam hidup manusia. Dimana seseorang akan mengetahui dan menjalankan hak dan kewajibannya masing-masing.

  110. Eppy Juwanti – 201411207 – sesi 23

    Sosialisasi adalah sebuah pembentukan diri yang di pengaruhi oleh kluarga dan lingkungan sekitar,kita tidak bisa menolak pengaruh yang baik maupun buruk menurut sudut pandang berbeda ,tetapi kita bisa membiasakan diri untuk mencapai sebuah tujuan hidup yang ingin di capai walaupun banyak pengaruh yang masuk.dengan sendirinya diri kita akan menjadi pribadi yang baik.

  111. Sosialisasi yaitu proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau prilaku masyarakatnya. Proses itu terjadi dalam lingkungan keluarga atau lingkungan sekitarnya, serta individu mengalami proses enkulturasi pembudayaan, yang mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran dan sikapnya dengan adat istiadat, sistem norma, dan peraturan yang berlaku dalam kebudayaan masyarakatnya.

  112. Menurut saya, Sosialisasi adalah bentuk proses belajar mengajar mengenai pola-pola tindakan interaksi dalam masyarakat. Proses belajar yang di maksud yaitu mempelajari kebiasaan-kebiasaan, norma-norma, perilaku, peran, dan semua aturan yang berlaku di masyarakat.

  113. Menurut saya , sosialisasi sangat penting bagi seseorang karena proses sosialisasi itu berguna untuk mengenal keadaan lingkungan sekitar. Apalagi sosialisasi dalam keluarga itu sangat penting sekali, karena kita akan sering berinteraksi dengan keluarga maka dari itu kita harus bisa bersosialisasi dengan keluarga guna mengenal lingkungan dalam keluarga itu seperti apa.

    Oleh karena itu, seseorang peluh banyak belajar tentang segala sesuatu agar kehidupannya menjadi lebih maju. Salah satu yang harus dipelajari oleh seseorang anggota baru dari satu masyarakat ialah mempelajari sikap, nilai, dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Proses inilah yang disebut “sosialisasi”.

    Proses sosialisasi adalah proses belajaran yang dilakukan individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar dirinya dapat berperan dalam lingkungan tersebut.

  114. Sosiologi adalah studi ilmiah mengenai hubungna antara masyarakat dan individu.sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.
    Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya.[butuh rujukan] Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.
    IIS CHAIRUN NISA 201411037

  115. Sosialisasi bisa dibilang sebagai proses pembentukan diri sesosok individu oleh lingkungan. Karna yg terkandung dalam sosialisasi adalah mengandung sesuatu yang tidak bisa ditolak.
    Bentuk nya apaa ? Yaitu berbentuk pengaruh.
    Bnyak faktor kelompok yg dapat mempengaruhi kita :
    1. Keluarga
    2. Lingkungan :
    • formal (pendidikan)
    • non formal (pergaulan, teman nongkrong, dll)

    Dan memang pengaruh tidak dapat ditolak tapi dapat diselaraskan dengan tujuan oleh karena itu tentukan tujuan hidupmu..

  116. Dalam kehidupan masyarakat sosialisasi merupakan suatu proses yang diperlukan oleh setiap individu agar menjadi satu arah atau seimbang ditengah-tengah masyarakat.
    Sosialisasi adalah proses seumur hidup yang berlangsung secara bertahap dan berkesinambungan yang mempelajari cara-cara hidup. Sosialisasi dilakukan agar setiap individu dapat berkembang dan menerima masyarakat yang menjadi kelompoknya

  117. Sosialisasi adalah proses pembelajaran individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial untuk membentuk diri dipengaruhi oleh lingkungan dan keluarga sekitar yang tidak bisa ditolak

  118. Menurut saya sosialisasi adalah proses interaksi seorang individu dengan lingkungannya dan dalam proses sosialisasi tersebut keluarga merupakan tempat awal individu tersebut memulai sosialisasi kemudian lanjut pada lingkungan sosial.
    Dan dalam bersosialisasi seorang individu tidak bisa menolak pengaruh baik dan pengaruh buruk yang masuk. Pengaruh tersebut tidak bisa kita tolak melainkan hanya bisa kita selaraskan dengan tunjuan hidup /pedoman hidup yang kita punya.

  119. Sosialisasi adalah tuntutan bagi semua manusia, kenapa karna manusia tidak bisa hidup dengan sendiri tanpa adanya Sosial. jadi sosialisasi adalah suatu hubungan yang terlajin antara dua orang atau lebih.

  120. Menurut pendapat saya, sosialisasi adalah proses pembentukan diri atau proses penyesuaian diri dengan norma atau nilai-nilai yang berlaku di sekitar lingkungan dia berada agar dapat berinteraksi dengan masyarakat di lingkungan tersebut.

  121. Menurut pendapat saya, sosialisasi adalah proses pembentukan diri atau proses penyesuaian diri dengan norma atau nilai-nilai yang berlaku di sekitar lingkungan dia berada agar dapat berinteraksi dengan masyarakat di llingkungan tersebut.

  122. MIA DAMAYANTI 2014-11-136
    Seksi 01
    Sosialisasi merupakan suatu peristiwa yang pasti dilalui oleh setiap individu. Sosialisasi yang dilalui seseorang akan memberikan pengaruh cukup besar terhadap pembentukan kepribadiannya. Keluarga, teman sepermainan, sekolah, dan media massa merupakan media sosialisasi yang memiliki peranan sangat besar terhadap pembentukan kepribadian seseorang. Sosialisasi juga diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya. Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli.

  123. MIA DAMAYANTI 2014-11-136
    Sesi 01
    Sosialisasi merupakan suatu peristiwa yang pasti dilalui oleh setiap individu. Sosialisasi yang dilalui seseorang akan memberikan pengaruh cukup besar terhadap pembentukan kepribadiannya. Keluarga, teman sepermainan, sekolah, dan media massa merupakan media sosialisasi yang memiliki peranan sangat besar terhadap pembentukan kepribadian seseorang. Sosialisasi juga diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya. Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli.

  124. Sosialisasi adalah proses mempelajari dan menanamkan suatu nilai,norma,peran,dan pola perilaku dari satu generasi ke generas lain dalam sebuah kelompok atau masyarakat agar dapat berpatispasi dalam kehidupan bermasyarakat.

  125. Sosialisasi adalah konsep umum yang bisa dimaknakan sebagai sebuah proses dimana kita belajar melalui interaksi dengan orang lain,tentang cara berpikir,merasakan dan bertindak dimana kesemuanya itu merupakan hal hal penting dalam menghasilkan partisipasi sosial yang yang efektif. Sosialisasi merupakan proses yang terus terjadi selama hidup kita.

  126. Nama : Vera Utifah
    NIM : 2014-11-082
    Sesi : 01

    Sosialisasi adalah sikap dari penyesuaian diri seseorang untuk menyesuaikan sikap,kebiasaan sehari-hari,tindakan berprilaku yang berlaku pada lingkungan sekitarnya. Proses sosialisasi atau penyesuaian diri juga dibantu oleh adanya peraturan-peraturan yang dibuat untuk memudahkan seseorang menyesuaikan dirinya untuk berprilaku atau berinteraksi di lingkungan sekitarnya yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku dimasyarakat.

  127. Menurut saya, Sosialisasi adalah bentuk proses belajar mengenal perilaku-perilaku yang ada di dalam masyarakat.Mempelajari cara interaksi individu dan bagaimana cara masyarakat bergaul & menciptakan komunitas, dari komunitas kecil sampai komunitas besar.Pada saat kita melakukan interaksi kita sendiri harus ada aksi nya & orang yang diajak interaksi melakukan bereaksi.

  128. sosialisasi itu sangat penting bagi manusia, mengapa ? karena sosialisai berlangsung sepanjang hidup dan karena itu manusia juga disebut sebagai makhluk sosial. manusia tidak bisa hidup sendiri, sangat membutuhkan bantuan dan juga komunikasi antar manusia. dengan bersosialisasi manusia juga dianggap keberadaannya ditempat dia tinggal.

  129. Fandy Anugrah (2014-11-099) Sesi 01

    Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.
    kalo sederhananya, Sosialisasi itu adalah Proses interakasi antara individu dengan individu, kelompok atau masyarakat.

    Terima Kasih

  130. Menurut saya sosialisasi adalah hal yang mutlak setiap manusia akan alami di setiap kehidupan sehari hari , seseorang melakukan sosialisasi untuk bisa bergaul, mengetahui kebiasaan seseorang, budaya, bagaimana cara manusia berhadapan dengan orang Lain.

  131. Sosialisasi secara umum yaitu sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.

  132. Sosialisasi mempelajari dan menyesuaikan alam pikiram ,sistem norma ,berperilaku yg baik dengan masyarakat lain dan peraturan yg berlaku dalam kebudayaan masyarakat .setiap orang pasti memperoleh pembelajaran tentang sosialisasi yg baik dengan melalui suatu proses belajar ,yaitu proses belajar yg mengubah diri menjadi seorang pribadi yg manusiawi .

  133. Sosialisasi merupakan proses pembelajaran individu untuk mengenali norma-norma, nilai-nilai, dan pandangan hidup yg ada di dalam lingkungan masyarakat

  134. sosialisasi adalah keseluruhan kebiasaan manusia yang harus dipelajari oleh setiap anggota baru suatu masyarakat. sosialisasi mengajarkan peranan-peranan, oleh sebab itu sosialisasi dikatakan sebagai teori peranan. sosialisasi bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi. selain itu dengan adanya sosialisasi juga dapat membiasakan diri dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. sosialisasi juga berperan dalam menentukan kepribadian seseorang. jika proses sosialisasi berjalan dengan baik, makan akan menghasilkan kepribadian yang baik juga, dan sebaliknya.

  135. Menurut saya sosialisasi adalah interaksi yang terjadi dalam masyarakat agar tejadinya suatu pengenalan atau saling mengenalnya satu dengan yang lainya, proses sosialisasi terjadi setiap hari di masyarakat untuk menyampaikan apa yang ingin di sampaikan nya.

  136. sosialisasi adalah proses belajar bertingkah laku berdasarkan patokan yang terdapat dimasyarakat.

  137. proses penanaman atau melakukan kebiasaan pada nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

  138. Menurut pendapat saya sosialisasi merupakan proses mutlak atau yang sudah ada di dalam diri setiap individu. karena setiap individu tidak bisa melakukan kehidupan sendiri tanpa adanya sosialisasi sehingga sosialisasi tersebut di manfaatkan untuk saling mengenal dengan individu lainnya tanpa ada batasan namun masih dalam aturan yang terdapat di lingkungan masing-masing individu tersebut.

  139. Kurniawan (2014-11-264) Seksi 23

    Menurut saya, Sosialisasi merupakan proses pembentukan karakter setiap individu. Manusia dengan mudahnya terpengaruh dengan pergaulan lingkungan sekitar. Pada sosialisasi, peran keluarga menjadi sangat penting dan sangat dominan mempengaruhi diri individu, karena manusia pertama kali bersosialisasi yaitu didalam sebuah keluarga, sejak lahir. Tidak lepas dari itu, tujuan hidup masing-masing individu juga memegang teguh akan terbentuknya sebuah karakter individu itu sendiri.

  140. Irawati 2014.11.270 sesi: 23 Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

  141. Pengertian sosialisasi menurut para ahli yang menyatakan bahwapengertian sosialisasi adalahproses pembelajaran seseorang untuk mempelajari pola hidup sesuai nilai, norma dan kebiasaan yang ada dijalankannya dalam masyarakat atau kelompok dimana dia berada. Unsur-unsur sosialisasi adalah peranan pola hidup dalam masyarakat sesuai nilai, norma, dan kebiasaan masyarakat. Sosialisasi peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dari fungsi sosialiassi dan tujuan sosialsiasi, Apakah fungsi sosialisasi itu ?. dan Tujuan Sosialisasi tersebut. 
    kepada seseorang untuk dapat hidup bermasyarakat. 
    Tujuan Sosialisasi 
    1. Memberikan keterampilan
    2. Mengembangkan kemampuan sesorang dalam berkomunikasi secara efektif. 
    3. Mengembangkan fungsi-fungsi organik seseorang melalui introspeksi yang tepat. 
    4. Menanamkan nilai-nilai dan kepercayaan kepada seseorang yang mempunyai tugas pokok dalam masyarakat. 
    Fungsi Sosialisasi :
    Adapun fungsi sosialisasi dalam pembentukan perandan status sosial adalah sebagai berikut:
    1. Mampu mempelajari dan menghayati norma-norma yang ada dalam kelompok tempat ia tinggal. 
    2. Dapat mengenal masyarakat lebih luas.
    3. Mengetahui peran-peran yang dimiliki masing-masing anggota masyarakat.
    4. Dapat mengembangkan kemampuan sesuai peran dan status sosialnya. 

  142. LULUT RIZKIANI ( 2014-11-122 ) Sesi 23

    Menurut saya Sosialiasi adalah suatu proses pembentukan diri seseorang didalam mengenal norma-norma disekitarnya agar dapat selaras dan diterima oleh lingkungannya.
    Seperti diketahui pengaruh sebagai akibat dari Sosialisasi tidak dapat ditolak ataupun dihindari dalam diri seseorang tetapi dapat di selaraskan dengan tujuan hidup seseorang tersebut.

    Terimakasih.

  143. Sosialisasi adalah proses pembentukan diri, karena yang terkandung dalam sosialisasi itu pengaruh yang tidak bisa ditolak. Pengaruh tidak bisa di tolak tetapi hanya bisa di selaraskan dengan tujuan hidup.

  144. Sosialisasi adalah satu konsep umum yang bisa dimaknakan sebagai sebuah proses di mana kita belajar melalui interaksi dengan orang lain, tentang cara berpikir, merasakan, dan bertindak, di mana kesemuanya itu merupakan hal-hal yang sangat penting dalam menghasilkan partisipasi sosial yang efektif. Sosialisasi merupakan proses yang terus terjadi selama hidup kita. Sosialisasi erat sekali kaitannya dengan enkulturasi atau proses pembudayaan, yaitu suatu proses belajar seorang individu untuk belajar mengenal, menghayati, dan menyesuaikan alam pikiran serta sikapnya terhadap sistem adat dan norma, serta semua peraturan dan pendirian yang hidup dalam lingkungan kebudayaan masyarakatnya

  145. Menurut saya sosialisasi yaitu proses pembelajaran sesorang untuk mempelajari pola hidup sesuai nilai, norma dan kebiasaan yang ada dalam masyarakat atau kelompok dimana dia berada. Dengan bertujuan untuk :
    1. Memberikan keterampilan Kepada seseorang untuk dapat hidup bermasyarakat
    2. Mengembangkan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif
    3. Mengembangkan fungsi2 organik Sesorang untuk intropeksi yang tepat.
    4. Menanamkan kepercayaan kepada sesorang yanh mempunyai tugas pokok dalam bermasyarakat

    Sekian terima kasih..

  146. Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

  147. Heribertus Edwin Kasiwali(2014-11-089)

    Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

  148. Menurut saya sosialisasi adalah merupakan proses belajar menuju pembentukan kepribadian melalui pemahaman mengenai kesadaran terhadap peran yg ia jalankan dan peran yg dijalankan oranglain yg memiliki fungsi membentuk pola perilaku individu berdasarkan kaidah nilai dan norma yg berlaku dalam masyarakat.
    Tahapan sosialisasi itu sendiri:
    1. Tahap Persiapan (prepatory stage)
    2. Tahap Meniru (play stage)
    3. Tahap siap bertindak (game stage)
    4. Tahap penerimaan norma kolektif (generalized stage)

  149. Nama : Tri ulaika
    Nim : 201411212
    Sesi : 23
    Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota.

  150. Sosialisasi ialah proses penanaman atau kebiasaan dalam sebuah kelompok atau masyarakat, sosialisasi di sebut juga peranan, di mana seseorang harus berperan dan mematuhi aturan di sekitar masyarkat atau lingkungan ditempat ia tinggal.

  151. Sosialisasi menunjuk pada semua faktor dan proses yang membuat setiap manusia menjadi selaras dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat.
    Pengertian sosialisasi secara umum dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.

  152. sosialisasi merupakan proses belajar atau pengenalan mengenai pola tindakan interaksi dalam masyarakat. dalam sosialisasi dukungan keluarga sangat penting, karena yang pertama kali individu akan sosialisasi adalah dengan keluarga dan orang terdekat .

  153. Sosialisasi merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap individu agar ia mengetahui aturan apa saja yang berlaku dilingkungannya dan agar ia dapat terbiasa berkomunikasi dengan orang lain disekitarnya dimanapun ia berada

  154. Sosialisasi merupakan suatu interaksi antara satu individu dengan individu lainnya. Ada sosialisasi primer dan sekunder :
    -primer : sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil dengan belajar dari keluarga.
    -sekunder : proses sosialisasi lanjutan setelah sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok tertentu dalam masyarakat.

  155. NAMA : IRMAWATI
    SEKSI : 23
    NIM : 201411251

    Sosialisasi adalah aktivitas yang tak ada hentinya dalam kehidupan manusia. Karena pada pengertiannya saja manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin bisa menjalani kehidupannya benar-benar sendiri.
    Dari masa ke masa, sosialisasi dalam hidup manusia terus meningkat dan terus berjalan bahkan mengalami tingkat kesulitan yang semakin tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>