Teori Hierarki Kebutuhan.

Hierarchy of Needs Theory

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow / Abraham Maslow.
• Menurut Abraham Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. Motivasi manusia sangat dipengaruhi oleh kebutuhan mendasar yang perlu dipenuhi.

Kebutuhan maslow harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkat ke yang tidak terlalu penting. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya.

Lima (5) kebutuhan dasar Maslow – disusun berdasarkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial :

1. Kebutuhan Fisiologis/Physiological Needs.
Contohnya adalah : Sandang / pakaian, pangan / makanan, papan / rumah, dan kebutuhan biologis seperti buang air besar, buang air kecil, bernafas, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan/Safety Needs.

Contoh seperti : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, bebas dari rasa sakit, bebas dari teror, dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan Sosial/ Social Needs.
Misalnya adalah : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.

4. Kebutuhan Penghargaan/Esteem Needs.
Contoh : pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.

5. Kebutuhan Aktualisasi Diri/Self Actualisation.
Adalah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya.

174 thoughts on “Teori Hierarki Kebutuhan.

  1. Menurut pendapat saya pada dasarnya manusia melaksanakan kelangsungan hidupnya baik itu dengan melakukan interaksi sosial ataupun yang lainnya tidak lain untuk memenuhi segala kebutuhan dalam hidupnya,baik itu kebutuhan primer,sekunder, atau tersier,kebutuhan moril ataupun materil, dan kebutuhan lainnya.

    • Kebutuhan setiap individu atau kelompok tidak lah sama, itu tergantung pada tingakatan atau kelas dimana orang itu berada, serta tingkat kepuasana dalam pemenuhan kebutuhan pun bersifat relatif.

  2. Menurut saya , dengan adanya interaksi sosial maka setiap makhluk hidup khususnya manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda – beda . dengan beragamnya kebutuhan tersebut, maka jelas lah bahwa setiap manusia menginginkan pemenuhan kebutuhan yang sesuai dengan keadaan diri seorang individu .

  3. berbicara mengenai pemenuhan kebutuhan maka kita akan otomatis berbicara mengenai logika. sejatinya, tidak salah bila sesekali kita menggunakan perasaan dalam pemenuhan kebutuhan namun hal itu akan menjadi salah bila tidak dilakukan pada timing yg tidak tepat. Makadisinilah logika yang berbicara, bagaimana memenuhi “Kebutuhan” terlebih dahulu daripada “Keinginan” seperti lima (5) kebutuhan dasar Maslow yg menggambarkan dengan jelas bagaimana memenuhi kebutuhan, mulai dari yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial sehingga pepatah “Besar Pasak daripada Tiang” tidak akan sering terjadi.

    • berbicara mengenai pemenuhan kebutuhan maka kita akan otomatis berbicara mengenai logika. sejatinya, tidak salah bila sesekali kita menggunakan perasaan dalam pemenuhan kebutuhan namun hal itu akan menjadi salah bila dilakukan pada timing yg tidak tepat. Makadisinilah logika yang berbicara, bagaimana memenuhi “Kebutuhan” terlebih dahulu daripada “Keinginan” seperti lima (5) kebutuhan dasar Maslow yg menggambarkan dengan jelas bagaimana memenuhi kebutuhan, mulai dari yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial sehingga pepatah “Besar Pasak daripada Tiang” tidak akan sering terjadi.

  4. Kebutuhan manusia tidaklah dapat diukur batasannya, karena manusia mempunyai sifat apabila kebutuhan yang satu sudah terpenuhi maka akan berusaha memenuhi kebutuhan lainnya. Manusia dituntut untuk memenuhi kebutuhan yang paling utama dan mengesampingkan kebutuhan selain yang utama.

  5. Kebutuhan adalah rasa ingin memilikinya untuk melengkapi proses hidupnya. Setiap individu dalam kehidupnya selalu mempunyai kebutuhan. Kebutuhan tidak harus selalu terpenuhi, dan ada juga kebutuhan yang harus terpenuhi. Kebutuhan ada yang berbentuk fisik dan ada pun yang non fisik. Kebutuhan yang harus terpenuhi contohnya adalah kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan pokok. Kebutuhan yang berbentuk non fisik contohnya adalah kasih sayang. Setiap individu membutuhkan kasih sayang dari orang lain, karena setiap individu tidak bisa hidup seorang diri, Dari kasih sayang itu lah akan menimbulkan hasrat kekeluargaan dan persaudaraan.

  6. Segala macam interaksi atau tindakan yg dilakukan oleh manusia pasti memiliki maksud dan tujuan. Salah satu maksud dan tujuannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Manusia akan mendahulukan kebutuhan yg utama, setelah kebutuhan yg utama terpenuhi maka dia akan terus berusaha untuk mencapai kebutuhan tambahan yg lainnya. Karena sifat dasar manusia adalah tidak pernah merasa puas.

  7. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak pernah puas. Kebutuhan manusia pada umumnya dibagi menjadi 2 yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani seseorang pada umumnya juga dibagi menjadi 3 yaitu, kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka manusia dituntut untuk berinteraksi. Dua kebutuhan tersebut wajib dipenuhi agar seimbang.
    Apabila kebutuhan jasmani maupun rohani seseorang tidak terpenuhi, maka akan membawa pola pikir manusia ke arah yang negatif. Mereka akan berupaya dengan segala cara untuk memenuhi kebutuhan mereka, walaupun tindakan mereka melanggar UU, norma, atau aturan yang berlaku.
    Oleh karena itu, agar kebutuhan jasmani dan rohani seseorang terpenuhi, maka setiap manusia harus berinteraksi sosial dan bersikap bijaksana dalam berupaya untuk memenuhi kebutuhannya, terutama kebutuhan primer. Jangan menjadikan kebutuhan sebagai beban yang harus dipenuhi, tetapi jadikanlah tujuan yang memotivasi kita untuk selalu berusaha meraihnya (dengan berbagai usaha/cara yang positif).

  8. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. kebutuhan manusia satu dengan manusia yang lain sudah pasti berbeda. hal tersebut dikarenakan pada kebutuhan manusia tersebut.
    Kebutuhan menurut intensitas dibagi atas kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Menurut sifat dibedakan menjadi kebutuhan jasmani dan rohani. Sedangkan menurut bentuk, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan material dan kebutuhan immaterial. Kebutuhan juga dibedakan berdasarkan kebutuhan menurut waktu yakni kebutuhan sekarang dan kebutuhan dimasa akan datang. Begitupula menurut subjek, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan individu dan kebutuhan bersama/kualitatif. Trimakasih.

  9. Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya. Kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingan, kebutuhan berdasarkan sifat, kebutuhan berdasarkan waktu dan kebutuhan berdasarkan subjek penggunannya. Supaya kebutuhan seseorang terpenuhi maka setiap manusia harus berinteraksi sosial untuk memenuhi kebutuhan masing-masing.

  10. Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan. Seperti:Makanan,Pakaian,Perumahan, Pendidikan,dan Kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi juga kebutuhan yang harus dipenuhi.

  11. Kebutuhan manusia sangatlah beragam dan tidak dapat dibatasi. Tetapi semua kebutuhan manusia seperti Kebutuhan Fisiologis, Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan, Kebutuhan Sosial, Kebutuhan Penghargaan, dan Kebutuhan Aktualisasi Diri harus dipenuhi, jika salah satu dari kebutuhan itu tidak terpenuhi, akan terjadi ketidakseimbangan dalam diri kita.

    Terima Kasih.

  12. Menurut Abraham Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. Motivasi manusia sangat dipengaruhi oleh kebutuhan mendasar yang perlu dipenuhi. Kebutuhan maslow harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkat ke yang tidak terlalu penting. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya. Lima (5) kebutuhan dasar Maslow – disusun berdasarkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial.

    Ketika seseorang sudah terpenuhi kebutuhan fisiologisnya, maka barulah dia beranjak ke kebutuhan sosial dan begitu seterusnya.

  13. Setiap manusia pasti mempunyai kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari.Selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan.Seperti:Makanan,Pakaian,Perumahan, Pendidikan,dan Kesehatan.Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi.

  14. kebutuhan .berbicara mengenai kebutuhan , manusia tidak akan puas dengan kebutuhannnya apalagi dijaman yang sudah modern manusia jarang sekali menerapkan teori Abraham Maslow. tidak jauh dengan Interaksi Manusia nya dengan siapa dia berinteraksi maka dari situlah muncul kebutuhan nya. dan seterusnya tapi tetaplah terapkan kebutuhan Primer Sekunder tersier,kebutuhan moril ataupun materil, dan kebutuhan lainnya

  15. kebutuhan sosial bisa disimpulkan juga kebutuhan akan saling berinteraksi antara manusia yang satu dengan manusia lainnya dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarkat tidak dapat dipisahkan dengan manusia, karena hanya manusia saja yang dapat hidup bermasyarakat yaitu hidup bersama-sama dengan manusia lain dan saling memandang sebagai penanggung jawab hak dan kewajiban. Sebaliknya manusia juga tidak dapat dipisahkan dari masyarakat sebab seorang manusia tidak akan dapat melakukan segala aktivitansnya dengan sendiri tanpa adanya masyarakat.

  16. Tingkat kbtuhan stiap mnsia dipngaruhi oleh kmmpuan mnsia itu untuk mmnuhi kbthannya smkin mdah pmenuhan kbtuhannya smkin meningkat kbtuhannya pula.

  17. Setiap manusia atau individu pasti mempunyai kebutuhan dan berkeinginan untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Kebutuhan manusia atau individu ini sangatlah beragam dan tidak terbatas. Karena setelah kebutuhan yang satu terpenuhi maka akan ada kebutuhan lainnya yang dibutuhkannya. Kebutuhan manusia harus terpenuhi untuk keberlangsungan hidupnya. Tetapi dalam pemenuhan kebutuhannya harus terlebih dahulu dipenuhi kebutuhan yang paling penting dari beragamnya kebutuhan yang manusia atau individu ingin penuhi.

  18. pada dasarmya kebutuhan manusia sangat beragam dan kebutuhan individu satu dengan individu lainnya berbeda-beda, oleh karena itu setiap detiknya kebutuhan manusia selalu berubah – ubah sehingga kebutuhan itu sendiri tidak ada habisnya ditambah lagi rasa keinginan manusia yang tidak pernah puas akan suatu hal dapat menyebabkan tingginya tingkat kebutuhan untuk bertahan hidup, memperoleh kenyamanan, kemakmuran serta kesejahteraan yang lebih.

  19. menurut saya setiap individu memiliki kebutuhan yang hampir sama, yang membedakannya adalah tinggkat pencapaian yang telah di peroleh setiap individu, setiap manusia memang tak memiliki rasa puas atas pencapian yang telah di dicapainya oleh karena itu setiap manusia berusaha untuk memenuhi setiap keinginannya yaitu dengan memenuhi setiap tingkatan dari yang penting sampai tidak penting.

  20. Kebutuhan adalah hak seseorang untuk mendapatkan apa yang seharusnya dibutuhkan oleh seseorang untuk memenuhi kehidupannya dalam menjalankan segala aktifitasnya. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, tidak dapat dipenuhi kebutuhan secara sekaligus namun dengan cara bertahap.

  21. Teori Hierarki ini menurut saya sekarang sudah sulit terpenuhi terutama dibagian kebutuhan sosial, keselamatan, dan fisik. Keadaan sekarang cenderung tidak kondusif sehingga masyarakat zaman sekarang sulit mendapatkannya. Hanya beberapa golongan yang mampu mendapatkannya, tetapi golongan-golongan tersebut tidak dapat memiliki semuanya atau puas dengan pemuasan kebutuhan-kebutuhan tersebut.

  22. Kebutuhan Sosial salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha.Pada dasarnya,manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu,yaitu memenuhi kebutuhan
    Misalnya adalah : Memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.

  23. Kebutuhan manusia banyak dan beraneka ragam, bahkan tidak hanya beraneka ragam tetapi bertambah terus tidak ada habisnya sejalan dengan perkembangan peradaban dan kemajuan ilmu dan teknologi. Satu kebutuhan telah kita penuhi, tentu akan datang lagi kebutuhan yang lainnya.

  24. kebutuhan merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan.

  25. Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, tidak dapat dipenuhi kebutuhan secara sekaligus namun dengan cara bertahap.

  26. Manusia memiliki banyak kebutuhan. Itu sebabnya manusia belajar, bekerja, dan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya tersebut .
    Maka ketika manusia belajar dan bekerja itulah mereka mengalami proses pemilahan mana kebutuhan yang penting dan tidak terlalu penting dalam kehidupannya seperti teori 5 kebutuhan maslow. Mereka akan tau mana yang paling penting dipenuhi dan tidak berdasarkam finansial dan kemampuan yang mereka miliki.

  27. kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. selama hidup manusia membutuhkan berbagai macam kebutuhan. seperti : makanan.
    kebutuhan dipengaruhi oleh lingkunga, waktu, agama dan kebudayaan. semakin tinggi tingkat kebudayaan maka semakin tinggi kebutuhan yang harus dipenuhi.

  28. setiap individu pasti memiliki kebutuhan masing masing, dan setiap individu tidak akan memiliki kebutuhan yang sama. entah itu kebutuhan fisiologis, keamanan dan sosial. jika suatu individu ingin memenuhi kebutuhannya, individu tersebut akan bersosialisasi dan berinteraksi kepada individulainnya yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya.

  29. Manusia memiliki bermacam-macam kebutuhan. Kebutuhan berdasarkan intensitas kegunaannya, sifatnya, waktu pemenuhan dan subjek. Kebutuhan adalah sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk bertahan hidup

  30. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk menpertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Pada dasarnya kebutuhan manusia sangat beragam dan kebutuhan individu satu dengan individu lainnya berbeda-beda, oleh karena itu setiap detiknya kebutuhan manusia selalu berubah-rubah sehingga kebutuhan itu sendiri tidak ada habisnya ditambah lagi rasa keinginan manusia yang tidak pernah puas

  31. manusia tidak akan pernah berhenti mendapatkan kebutuhannya sampai ia wafat. kebutuhan adl sesuatu yang akan mengakibatkan bencana, masalah & bahaya jika tidak dipenuhi. kebutuhan pada dasarnya bersifat mendesak sehingga seseorang yang kebutuhannya belum terpenuhi akan berupaya keras untuk mendapatkannya sekalipun pada akhirnya cara yang ditempuh cukup beresiko. ketidak tercapainya kebutuhan seseorang tanpa disadari akan mengubah perilaku seseorang tersebut menjadi pribadi yang cukup ekstrem dari pribadi yang sebelumnya menetap pada dirinya & bisa saja akan membahayakan diri & orang sekitarnya jika kebutuhannya tidak tercapai.

  32. kebutuhan dasar manusia merupakan unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatn.

  33. Teori hierarki kebutuhan menjelaskan bahwa manusia bukanlah makhluk individualisme melainkan maklhluk sosial penjelasan itu mencerminkan kebutuhan manusia yang memiliki kebutuhan sosial, kebutuhan rasa aman, Kebutuhan Fisiologis/Physiological Needs. Kebutuhan Fisiologis/Physiological Needs ini menjelaskan bahwa manusia tidak dapt memenuhi kebutuhannya sendiri. seperti pakaian manusia tidak dapat membuat pakaian sendiri.

  34. dalam hidup kita pasti memiliki kebutuhan yang harus terpenuhi. terutama kebutuhan pokok. kebutuhan pokok seperti pangan sandang papan merupakan kebutuhan yang wajib terpenuhi.
    dalam hidup kita membutuhkan keamanan. dengan begitu kita dapat tenang menjalani hidup dan menikmati hidup dengan cara kita sendiri.
    kebutuhan sosial juga dibutuhkan karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. manusia pasti dan selalu membutuhkan bantuan orang lain dalan memenuhi dan menjalani kehidupannya.
    hidup tidak ada tantangannya jika kita tidak mengikuti sebuah persaingan. persaingan positif pastinya. motivasinya adalah penghargaan. dengan penghargaan manusia dapat lebih semangat lagi untuk berbuat lebih untuk dirinya.

  35. Kebutuhan akan rasa aman mencakup banyak hal seperti rasa aman terhadap diri sendiri dan keluarganya dari serangan kejahatan, kondisi keamanan finansial dari pekerjaan/krisis ekonomi dan sebagainya. Orang yang masih berada pada level ini akan dipenuhi rasa khawatir hidupnya terancam. kebutuhan merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan.masih banyak lagi kebutuhan seseorang.

  36. Setiap individu kebanyakan tidak cepat merasa puas dengan apa yang mereka sudah miliki,maka dari itu kebutuhan deari setiap manusia berbeda-beda mulai dari ank bayi sampai ornga dewasa serta orang tua sekalipun berbeda.Kebutuhan manusia dapat terpenuhi apabila adanya interksi soasial anatar individu satu dengan yang lainnya.

  37. setiap individu pasti mempunyai kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya, salah satu nya kebutuhan pokok yang merupakan kebutuhan wajib bagi individu.
    Kebutuhan juga merupakan keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kebutuhan manusia tidak terbatas pada kebutuhan yang bersifat konkret (nyata) tetapi juga bersifat abstrak (tidak nyata). Misalnya rasa aman, ingin dihargai, atau dihormati,maka kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas.

  38. Kebutuhan , selalu ada dalam setiap manusia, ada yang primer dan sekunder..
    kebutuhan ada , karena butuh dan diperlukan dalam memenuhi kehidupan sehari-hari . Berbeda dengan keinginan , keinginan juga diperlukan . Tapi bukan sebagai pemenuhan utama dalam kehidupan sehari-hari alias hanya pelengkap . Tidak benar-benar dibutuhkan , melainkan pelengkap .

  39. Kebutuhan pasti akan menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu. Kebutuhan dalam memiliki sangan, pangan, papan. Kebutuhan dalam mempunyai teman, maupun kebutuhan dalam diberikan penghargaan dan lain-lain. Intinya bahwa setiap kebutuhan harus dipertimbangkan mana yang menjadi prioritas dan tidak menjadi prioritas setiap individu itu sendiri. Dan kebutuhan tidak akan lepas dari setiap invidu karena setiap manusia memiliki sifat tidak akan pernah puas dalam memiliki sesuatu.

  40. Saya tertarik mengaitkan teori kebutuhan Maslow tersebut dengan motivasi ngeblog. Ketika ngeblog, anda ingin memenuhi kebutuhan yg mana? Apakah anda Blogger yang menjalankan aktivitasnya blognya didorong oleh kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan atau aktualisasi?

  41. Menurut saya, manusia sebagai makhluk sosial akan terus melakukan aktivitas sosial dalam masyarakat untuk memunuhi kebutuhannya. Entah itu kebutuhan jasmani maupun rohaninya. Sejatinya, kebutuhan manusia itu berbeda-beda. Kembali lagi kepada tingkat kepuasan manusia itu sendiri serta tingkat status sosial yang dimilikinya.
    Sebagai contoh, ada seorang mahasiswa yang giat belajar agar bisa cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan yang mapan. Segala tindakan yang dilakukannya tersebut merupakan baru loncatan dalam pemenuhan kebutuhannya.

  42. Menurut Abraham Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. Motivasi manusia sangat dipengaruhi oleh kebutuhan mendasar yang perlu dipenuhi.

  43. berbicara mengenai pemenuhan kebutuhan maka kita akan otomatis berbicara mengenai logika. sejatinya, tidak salah bila sesekali kita menggunakan perasaan dalam pemenuhan kebutuhan namun hal itu akan menjadi salah bila tidak dilakukan pada timing yg tidak tepat. Makadisinilah logika yang berbicara, bagaimana memenuhi “Kebutuhan” terlebih dahulu daripada “Keinginan” seperti lima (5) kebutuhan dasar Maslow yg menggambarkan dengan jelas bagaimana memenuhi kebutuhan, mulai dari yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial sehingga pepatah “Besar Pasak daripada Tiang” tidak akan sering terjadi.

  44. LIKA DESI NATALIA (2013-11-246) SEKSI 15

    Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kebutuhan manusia tidak terbatas pada kebutuhan yang bersifat konkret (nyata) tetapi juga bersifat abstrak (tidak nyata). Misalnya rasa aman, ingin dihargai, atau dihormati,maka
    kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas. Beberapa factor yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas antara lain sebagai berikut :
    1. Makin bertambahnya jumlah penduduk.
    2. Makin maju ilmu pengetahuan dan teknologi.
    3. Makin meluaskan lingkungan perguruan.
    4. Meningkatkan tingkat kebudayaan manusia.

  45. Menurut saya setiap individu pasti selalu ingin kebutuhan mereka terpenuhi atau tercapai tapi terkadang mereka tidak bisa membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Sehingga terkadang mereka membuat hal yang lebih dulu mereka jalanin adalah sebuah keinginan bukan kebuuhan.

  46. Menurut saya setiap individu pasti selalu ingin kebutuhan mereka terpenuhi atau tercapai tapi terkadang mereka tidak bisa membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Sehingga terkadang mereka membuat hal yang lebih dulu mereka jalanin adalah sebuah keinginan bukan kebutuhan.

  47. Kebutuhan manusia adalah hal yang harus atau sangat ingin dipenuhi untuk dapat bertahan hidup atau untuk memuaskan suatu hasrat yang timbul. Banyak kebutuhan manusia yang harus terpenuhi, karena jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka manusia tidak akan bisa melakukan aktivitasnya.

  48. Menurut saya semua manusia mempunyai kebutuhan berdasarkan cara hidup masing-masing. Tetapi pada dasarnya semua kebutuhan manusia adalah sama.Tergantung dari seberapa banyak manusia itu membutuhkan dan menggunakan kebutuhan tersebut.

  49. Kebutuhan adalah rasa ingin memilikinya untuk melengkapi proses hidupnya. Setiap individu dalam kehidupnya selalu mempunyai kebutuhan. Kebutuhan tidak harus selalu terpenuhi, dan ada juga kebutuhan yang harus terpenuhi. Kebutuhan ada yang berbentuk fisik dan ada pun yang non fisik. Kebutuhan yang harus terpenuhi contohnya adalah kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan pokok. Kebutuhan yang berbentuk non fisik contohnya adalah kasih sayang. Setiap individu membutuhkan kasih sayang dari orang lain, karena setiap individu tidak bisa hidup seorang diri, Dari kasih sayang itu lah akan menimbulkan hasrat kekeluargaan dan persaudaraan.

  50. Kebutuhan adalah hal utama yang harus di penuhi oleh setiap manusia, untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  51. Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida, lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri

  52. Kebutuhan , Menurut Abraham Maslow, manusia memiliki lima tingkat kebutuhan hidup yang akan selalu berusaha untuk dipenuhi sepanjang masa hidupnya. Lima tingkatan yang dapat membedakan setiap manusia dari sisi kesejahteraan hidupnya, teori yang telah resmi di akui dalam dunia psikologi.
    Kebutuhan tersebut berjenjang dari yang paling mendesak hingga yang akan muncul dengan sendirinya saat kebutuhan sebelumnya telah dipenuhi. Setiap orang pasti akan melalui tingkatan-tingkatan itu, dan dengan serius berusaha untuk memenuhinya,
    Lima tingkatan tersebut adalah :
    1. Kebutuhan fisiologis
    2. Kebutuhan keamanan dan keselamatan
    3. Kebutuhan sosial
    4. Kebutuhan penghargaan dan
    5. Kebutuhan aktualiasai diri

  53. kebutuhan .berbicara mengenai kebutuhan , manusia tidak akan puas dengan kebutuhannnya apalagi dijaman yang sudah modern manusia jarang sekali menerapkan teori Abraham Maslow. tidak jauh dengan Interaksi Manusia nya dengan siapa dia berinteraksi maka dari situlah muncul kebutuhan nya. dan seterusnya tapi tetaplah terapkan kebutuhan Primer Sekunder tersier,kebutuhan moril ataupun materil, dan kebutuhan lainnya

  54. kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupuan psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.
    dalam teori Maslow menggambarkan manusia yang sudah mengaktualisasikan diri sebagai orang yang sudah terpenuhi semua kebutuhannya dan melakukan apapun yang bisa mereka lakukan, dengan mengidentifikasikan 15 ciri orang yang telah mengaktualisasikan diri sebagai berikut:
    1. Memiliki persepsi akurat tentang realitas.
    2. Menikmati pengalaman baru.
    3. Memiliki kecenderungan untuk mencapai pengalaman puncak.
    4. Memiliki standar moral yang jelas.
    5. Memiliki selera humor.
    6. Merasa bersaudara dengan semua manusia.
    7. Memiliki hubungan pertemanan yang erat.
    8. demokratis dalam menerima orang lain.
    9. Membutuhkan privasi.
    10. Bebas dari budaya dan lingkungan.
    11. Kreatif.
    12. Spontan.
    13. Lebih berpusat pada permasalahan, bukan pada diri sendiri.
    14. Mengakui sifat dasar manusia.
    15. Tidak selalu ingin menyamakan diri dengan orang lain.

  55. Menurut saya tentang teori pemenuhan kebutuhan itu tergantung masing-masing individu, banyak keluarga yang masuk dalam kategori tidak mampu tetapi lebih mementingkan pergaulan daripada kebutuhan primer seperti tercantum dalam teori nomor 3 tentang “kebutuhan sosial”, sebagai contoh, sebuah mahasiswa yang mengontrak disebuah indekost, ia setiap bulan dikirimi uang oleh keluarganya untuk kebutuhan makanan dan juga untuk membayar kost yang berarti masuk dalam kategori sangat penting yaitu teori nomor 1 “kebutuhan fisiologis”, akan tetapi karena pergaulan, mahasiswa itu sering menghamburkan uangnya untuk jalan-jalan, nongkorong bahkan membeli handphone baru yang sama dengan temannya padahal dia mempunyai handphone yang masih layak digunakan, sehingga ia harus menunggak bayaran kost yang bisa mengakibatkan ia kehilangan tempat tinggal meskipun kostan itu tempat tinggal sementara, padahal kalo mahasiswa tersebut menggunakan uang itu sesuai “kebutuhan” bukan “keinginan” bukan tidak mungkin dia akan bisa menerapkan kelima teori pemenuhan kebutuhan tersebut secara bertahap.

  56. Bissmillahirrohmanirrohim.
    Menurut saya,kebutuhan manusia didunia ini itu semua sama.yang membedakan adalah Rasa Kepuasan atasn terpenuhnya kebutuhan itu sendiri.salah satu faktor penyebab perbedaan itu adalah.Rasa Kepuasan atas terpenuhnya kebutuhan hidup.
    misalnya,orang yang memenuhi kebutuhannya dari yang penting samapi kebutuhan yang tidak penting dengan cara berkerja.atau mandiri,mereka akan merasakan rasa kepuasan yang lebih,dan merasa bahwa kebutuhan yang sudah Ia penuhi itu cukup.berbeda halnya dengan orang yang terpenuhi kebutuhannya yang didapatkan dari orang lain,misalnya orang tua.Rasa kepuasan atas terpenuhnya kebutuhan itu sendiri jelas berbeda dengan orang yang Mandiri tadi,dipastikan orang ini tidak akan merasakan akan rasa cukup akan semua kebutuhannya.dan dari kesimpulan diatas adanya rasa Puas tadi didasari dengan ras Bersyukur
    Maka …sudahkah anda menjadi orang yang bersyukur ?
    terimakasih

  57. Menurut saya,manusia yaitu makhluk hidup yg diciptakan oleh Tuhan yg tidak terlepas dari kebutuhan untuk hidup yg terdiri dari kebutuhan yg paling penting dan hanya sebagai pelengkap saja cth kebutuhan pokok sehari-hari yg paling penting dan mobil pribadi yg hanya sebagi pelengkap karna masih ada angkutan umum

  58. menurut saya,pada dasarnya manusia membutuhkan kebutuhan-kebutuhan yang memang satu persatu harus dipenuhi,Kebutuhan ini mempunyai tingkat yang berbeda-beda. Ketika satu tingkat kebutuhan terpenuhi atau mendominasi, orang tidak lagi mendapat motivasi dari kebutuhan tersebut. Selanjutnya orang akan berusaha memenuhi kebutuhan tingkat berikutnya. bahkan sangat sering ada istilah besar pasak dari pada tiang, artinya lebih banyak pengeluaran daripada penghasilan, tapi itulah kebutuhan. kita pun harus bijak dan selektif dalam memenuhi kebutuhan agar kebutuhan yang pokok dapat terpenuhi

  59. Menurut saya memang benar tingkatan-tingkatan kehidupan ini. Dianalogikan dengan individu dapat hidup tanpa makanan selama berminggu-minggu. Tetapi tanpa air, individu hanya dapat hidup selama beberapa hari saja karena kebutuhan akan air lebih kuat daripada kebutuhan akan makan. Maka dari itu, setiap kebutuhan mempunyai tingkatan-tingkatan tersendiri. Dan individu yang sudah mencapai kebutuhannya akan merasa puas. Sedangkan yang belum mencapainya akan memotivasi dirinya untuk mencapai kebutuhan tersebut.

  60. Menurut saya tentang semua kebutuhan yg telah disebutkan diatas sangat betul sekali, akan tetapi tidak semua orang saa dengan tingkat kebutuhan yg ada, terkadang banyak orang yg hanya mengutamakan kepentingan nomer 1,2 dan 3 saja.
    adapun kebutuhan yg lainnya kembali kepada perorangan masing-masing.

  61. Kebutuhan manusia tidak ada batasannya.. karena setiap setiap manusia mempunyai kebutuhannya masing-masing.. terkadang juga manusia menilai semua yang menjadi keinginannya tersebut di artikan menjadi kebutuhan, ternyata itu semua salah karena apa yang diinginkan belum tentu menjadi sebuah kebutuhan, contohnya belanja pakaian terlalu sering karena melihat trend busana yang terus “update”.. kadang itu di artikan sebagai kebutuhan padahal itu hanya sebuah keinginan individu saja. jadi kita sebagai manusia harus lebih peka memilah mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan pribadi saja.

  62. Teori Hirarki kebutuhan merupakan salah satu teori yang populer.
    Maslow sendiri menyusun konsep hirarki kebutuhan manusia, hirarki ini adalah landasan motivasi bagi manusia untuk berperilaku. Hirarki kebutuhan maslow memiliki sifat universal, sehingga seharusnya ia dapat menjelaskan berbagai perilaku manusia pada setiap tingkat ekonomi, budaya, zaman dan letak geografis. Pada tingkatan yang paling rendah dari hirarki kebutuhan maslow adalah kebutuhan biologis, yaitu makan dan minum. Menurut Maslow tanpa terpenuhinya kebutuhan ini, manusia tidak akan mampu dan tidak akan pernah mencapai tahap berikutnya. Jadi setiap tingkatan adalah prasyarat bagi tercapainya tingkatan berikutnya. Untuk melewati tahap ini manusia akan melakukan apa saja!dan menghiraukan resiko apapun untuk memenuhi kebutuhan biologisnya! Sangat logis, dan ini adalah pendapat Maslow. Pada tingkatan yang paling tinggi adalah aktualisasi diri. Bagaimanakah manusia yang telah mencapai aktualisasi diri? Menurut Maslow orang yang teraktualisasi sudah dapat menerima diri mereka sendiri juga orang lain, ia cenderung berperilaku spontan, kreatif, dapat mengarahkan diri mereka sendiri atau self directed, baik dalam memecahkan masalah maupun dalam menjalin hubungan interpresonal, tidak otoriter, menghargai pengalaman, memiliki emosi yang kaya, cenderung untuk mencintai alam dll. Yang lebih unik adalah bahwa pada tahap ini, individu dikatakan mengalami sebuah peak experiences yaitu perasaan mistis dan spiritual yang membuat individu merasakan kesatuan dengan sesuatu di luar diri.

  63. Teori Hirarki Kebutuhan merupakan salah satu teori yang populer di mata masyarakat. Maslow sendiri menyusun konsep hirarki kebutuhan manusia, hirarki ini adalah landasan motivasi bagi manusia untuk berperilaku. Hirarki kebutuhan maslow memiliki sifat universal, sehingga seharusnya ia dapat menjelaskan berbagai perilaku manusia pada setiap tingkat ekonomi, budaya, zaman dan letak geografis. Pada tingkatan yang paling rendah dari hirarki kebutuhan maslow adalah kebutuhan biologis, yaitu makan dan minum. Menurut Maslow tanpa terpenuhinya kebutuhan ini, manusia tidak akan mampu dan tidak akan pernah mencapai tahap berikutnya. Jadi setiap tingkatan adalah prasyarat bagi tercapainya tingkatan berikutnya. Untuk melewati tahap ini manusia akan melakukan apa saja!dan menghiraukan resiko apapun untuk memenuhi kebutuhan biologisnya! Sangat logis, dan ini adalah pendapat Maslow. Pada tingkatan yang paling tinggi adalah aktualisasi diri. Bagaimanakah manusia yang telah mencapai aktualisasi diri? Menurut Maslow orang yang teraktualisasi sudah dapat menerima diri mereka sendiri juga orang lain, ia cenderung berperilaku spontan, kreatif, dapat mengarahkan diri mereka sendiri atau self directed, baik dalam memecahkan masalah maupun dalam menjalin hubungan interpresonal, tidak otoriter, menghargai pengalaman, memiliki emosi yang kaya, cenderung untuk mencintai alam dll. Yang lebih unik adalah bahwa pada tahap ini, individu dikatakan mengalami sebuah peak experiences yaitu perasaan mistis dan spiritual yang membuat individu merasakan kesatuan dengan sesuatu di luar diri.

  64. Teori Hirarki Kebutuhan merupakan salah satu teori yang populer di mata masyarakat.Maslow sendiri menyusun konsep hirarki kebutuhan manusia, hirarki ini adalah landasan motivasi bagi manusia untuk berperilaku. Hirarki kebutuhan maslow memiliki sifat universal, sehingga seharusnya ia dapat menjelaskan berbagai perilaku manusia pada setiap tingkat ekonomi, budaya, zaman dan letak geografis. Pada tingkatan yang paling rendah dari hirarki kebutuhan maslow adalah kebutuhan biologis, yaitu makan dan minum. Menurut Maslow tanpa terpenuhinya kebutuhan ini, manusia tidak akan mampu dan tidak akan pernah mencapai tahap berikutnya. Jadi setiap tingkatan adalah prasyarat bagi tercapainya tingkatan berikutnya. Untuk melewati tahap ini manusia akan melakukan apa saja!dan menghiraukan resiko apapun untuk memenuhi kebutuhan biologisnya! Sangat logis, dan ini adalah pendapat Maslow. Pada tingkatan yang paling tinggi adalah aktualisasi diri. Bagaimanakah manusia yang telah mencapai aktualisasi diri? Menurut Maslow orang yang teraktualisasi sudah dapat menerima diri mereka sendiri juga orang lain, ia cenderung berperilaku spontan, kreatif, dapat mengarahkan diri mereka sendiri atau self directed, baik dalam memecahkan masalah maupun dalam menjalin hubungan interpresonal, tidak otoriter, menghargai pengalaman, memiliki emosi yang kaya, cenderung untuk mencintai alam dll. Yang lebih unik adalah bahwa pada tahap ini, individu dikatakan mengalami sebuah peak experiences yaitu perasaan mistis dan spiritual yang membuat individu merasakan kesatuan dengan sesuatu di luar diri.

  65. Kebutuhan yang berada pada hierarki tidak harus dipenuhi sebagian sebelum seseorang akan mencoba untuk memiliki kebutuhan yang lebih tinggi tingkatannya. Sebagai misal seorang yang lapar atau seorang yang secara fisik dalam bahaya tidak begitu menghiraukan untuk mempertahankan konsep diri positif (gambaran terhadap diri sendiri sebagai orang baik) dibandingkan untuk mendapatkan makanan atau keamanan; namun begitu, orang yang tidak lagi lapar atau tidak lagi dicekam rasa takut, kebutuhan akan harga diri menjadi penting.

  66. Abraham H. Maslow pada intinya berkisar pada pendapat bahwa manusia mempunyai lima tingkat atau hierarki kebutuhan, yaitu : (1) kebutuhan fisiologikal (physiological needs), seperti : rasa lapar, haus, istirahat dan sex; (2) kebutuhan rasa aman (safety needs), tidak dalam arti fisik semata, akan tetapi juga mental, psikologikal dan intelektual; (3) kebutuhan akan kasih sayang (love needs); (4) kebutuhan akan harga diri (esteem needs), yang pada umumnya tercermin dalam berbagai simbol-simbol status; dan (5) aktualisasi diri (self actualization), dalam arti tersedianya kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehingga berubah menjadi kemampuan nyata.

  67. Kebutuhan manusia tidak bisa diukur batasannya , karena manusia mempunyai sifat yang tidak pernah merasa puas . jika sesuatu sudah terwujud maka dia akan mencoba mewujudkan keinginan selanjutnya

  68. Menurut pemikiran saya, setiap kebutuhan sebaiknya terpenuhi kerana setiap tingkatan kebutuhan saling berkitan satu dengan yang lainnya. dimana kebutuhan psikologi itu merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendasar sekali dalam kehidupan yang mana kebutuhan ini wajib untuk terpenuhi. setelah kebutuhan ini terpenuhi maka kebutuhan keamanan juga harus terpenuhi karena kita hidup didunia ini setiap detik dan langkah tidak pernah lepas dari bahaya dan ancaman. dalam hal memenuhi kebutuhan ini manusia tidak bisa melakukan sendiri karena manusia bersifat makhluk sosial, sehingga manusia juga harus memenuhi kebutuhan sosial untuk berinteraksi dengan lingkungan sektar. setelah manusia berinteraksi dengan lingkungan maka manusia pasti ingin sekali ingin dihargai. tidak hanya berinteraksi dengan lingkungan sekitar manusia juga harus bisa mengekspresikan diri masing masing sesuai dengan bakat dan keahlian masing-masing. oleh karena itu setiap tingkat kebutuhan saling berkaitan satu sama lain.

  69. Menurut pendapat saya. Manusia adalah makhluk sosial dan kebutuhannya tidak terbatas, dan contoh kebutuhan yang tertulis di atas itu benar bahwa manusia sangat membutuhkannya. dari mulai pangan,pakaian dll. Tapi terkadang manusia tidak bisa mengartikan kebutuhan tersebut.

  70. untuk menjadi sukses,setiap orang memiliki jalan dan tahapan nya masing-masing. semua nya itu di dasari dari hal-hal yang sederhana,setiap orang harus memiliki prinsip hidupnya masing-masing. dan juga setiap orang harus mempunyai motivasi tersendiri agar semua hal-hal yang di inginkan bisa diperoleh. sesuatu yang didapat oleh seseorang sangat tergantung dari kerja keras nya, agar setiap oraang mampu menikmati hidupnya

  71. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Manusia dalam kodratnya adalah mahluk yang tak akan pernah puas terhadap sesuatu . Namun tidak sedikit orang yang bisa melawan hawa nafsu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya . Tapi yang paling utama dalam “survive” di bumi adalah minum dan makan, kehidupan manusia akan sangat bergantung dalam 2 hal yang saya sebutkan barusan .

    terima kasih

    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  72. Dewasa ini kebutuhan manusia di dalam pemenuhan motivasinya sudah terbalik dari apa yang dikemukakan Maslow dalam teori kebutuhannya, manusia mulai mengedepankan kebutuhan aktualisasi dirinya dibanding kebutuhan fisiologisnya. hal ini disebabkan oleh proses globalisasi dan modernisasi yang berkembang sangat pesat. Buktinya sangat jelas sekali ditunjukkan oleh banyaknya orang orang/ masyarakat modern yang rela menghabiskan segala sumber daya yang dimilikinya agar ia dapat mengikuti trend apapun yang sedang booming saat ini. Miris memang, tapi inilah tanda ketidaksiapan masyarakat indonesia dalam menghadapi globalisasi serta modernisasi yang terjadi disekitarnya. Bagaimana orang rela menyerahkan apa saja bahkan menjual dirinya hanya untuk mengikuti trend. Trend yang saya maksudkan disini adalah trend gengsi yang diciptakan oleh industri industri baik itu industri pakaian, industri entertainment. contoh suksesnya penciptaan trend ini dapat dilihat pada negara Korea Selatan, dulu siapa yang perduli dengan Korea Selatan? Tapi lihat sekarang, masyarakat kita sangat menggemari makanan korea, artis korea, bahkan ada yang sampai mengikuti kursus bahasa korea dan merencanakan perjalanan mengunjungi negeri tersebut yang tentu saja memakan biaya yang tidak sedikit. Terima kasih.

  73. Sebagai makhluk hidup yang mempunyai keistimewaan lebih dengan mempunyai akal dan hawa nafsu manusia tentu banyak mempunyai keinginan, entah keinginan sebagai kebutuhan atau hanya pelengkap saya. Menurut saya, kebutuhan manusia terdiri dari 3 bagian yaitu primer,sekunder,dan tambahan. Contoh kebutuhan primer yaitu seperti sandang,pangan dan papan (tempat tinggal, makan, dan pakaian) tanpa itu semua manusia tidak bisa hidup aman dan nyaman. Contoh kebutuhan sekunder yaitu seperti kendaraan karena itu dianggap dapat membantu kelangsungan hidup, tetapi jika tidak memiliki kendaraaan pun manusia masih dapat menjalankan hidup. Contoh kebutuhan tambahan adalah segala sesuatu yang diinginkan oleh manusia untuk mencapai suatu kepuasan.

  74. Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya,manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu,yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari.Selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan.Seperti:Makanan,Pakaian,Perumahan, Pendidikan,dan Kesehatan.Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Dalam Teori yang dikemukakan oleh Moslow menurut saya sudah dapat dilakukan oleh manusia, lewat teori yang dijabarkan lewat piramida ini…walaupun ada manusia yang mengikutinya secara bertahap mengikuti piramida tersebut akan tetapi ada yang tidak bertahap, itu semua sesuai keinginannya dan kehidupan dari diri manusia tersebut dalam kehidupan yang ia jalani…

  75. SRI MULYANI 2013-11-461 Seksi 58
    Kebutuhan Fisiologis merupakan kebutuhan yang paling mendasarbagi seseorang untuk mempertahankan hidupnya seperti kebutuhan akan makanan, pakaian dan tempat tinggal.
    Kebutuhan keamanan dimana kita merasakan rasa bahagia, tentran dan jauh dari gangguan.
    Sebagai makhluk sosial tentu manusia tidak bisa hidup sendiri dan perlu berinteraksi dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.
    Seseorang akan lebih mrasa dihargai jika usahanya mendapat penghargaan atas prestasi yang dicapai.
    Sedangkan seseorang akan bertindak sesuai kehendak hati nuraninya sebagai wujud kecintaan dan aktualisasi dirinya.

  76. Sri Mulyani 201311461 Seksi 58
    Kebutuhan fisiologis merupakan kebutah mendasar seseorang untuk mempertahankan hidupnya. Kebutuhan akan rasa aman memberikan rasa bahagia, nyaman dan jauh dari gangguan.
    Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup sendiri maka diperlukan interaksi antar sesama manusia. Dalam melakukan usahanya sseorang memerlukan penghargaan atas prestasi yang telah dicapai. Dan sebagai wujud aktualisasi diri seseorang bertindak sesuai dengan keinginan hati nuraninya, melakukan apa yang disenanginya.

  77. menurut saya, dari semua teori kebutuhan yang dikemukakan oleh Maslow yang termasuk dalam kebutuhan utama yaitu kebutuhan fisiologis karena terdiri dari kebutuhan sandang, pangan dan papan. karena kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan paling mendasar yang harus dipenuhi oleh manusia itu sendiri dalam rangka mempertahankan hidup. sedangkan kebutuhan lainnya yaitu kebutuhan keamanan, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri dapat dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder dan tersier dimana dalam pemenuhannya dapat dipenuhi setelah kebutuhan utamanya terpenuhi.

  78. Menurut saya,Kebutuhan-kebutuhan yang disebut pertama (fisiologis) dan kedua (keamanan) kadang-kadang diklasifikasikan dengan cara lain, misalnya dengan menggolongkannya sebagai kebutuhan primer, sedangkan yang lainnya dikenal pula dengan klasifikasi kebutuhan sekunder. Terlepas dari cara membuat klasifikasi kebutuhan manusia itu, yang jelas adalah bahwa sifat, jenis dan intensitas kebutuhan manusia berbeda satu orang dengan yang lainnya karena manusia merupakan individu yang unik. Juga jelas bahwa kebutuhan manusia itu tidak hanya bersifat materi, akan tetapi bersifat psikologikal,mental,intelektual,dan bahkan juga spiritual. Terimaksih.

  79. Menurut saya, kebutuhan manusia pada dasarnya berbeda tahapannya. Mana yang lebih di butuhkan terlebih dahulu. Sperti kebutuhan primer dan sekunder, Namun semua kebutuhan itu harus terpenuhi demi kelangsungan hidup.

  80. Manusia memiliki kebutuhan dan keinginan. Rasa butuh dan rasa ingin inilah yang akan memotivasi manusia untuk memenuhi kedua hal tersebut. Menurut Abraham Marslow, terdapat lima hierarki kebutuhan manusia dari yang paling crusial (yang harus terpenuhi terlebih dahulu) seperti sandang, pangan, papan hingga mencapai aktualisasi diri manusia dengan diakui dihadapan sosial dan bisa menggunakan bakatnya. Manusia tidak akan pernah puas akan kelima hal tersebut sehingga munculah motif dalam diri manusia untuk mendapatkan kebahagian menurut konsepsi kebahagiaan yang dimiliki masing-masing individu.

  81. setiap individu memiliki kebutuhan-kebutuhan yang tersusun secara hierarki dari tingkat yang paling mendasar sampai pada tingkatan yang paling tinggi. Setiap kali kebutuhan pada tingkatan paling rendah telah terpenuhi, maka akan muncul kebutuhan lain yang lebih tinggi. Pada tingkat yang paling bawah, dicantumkan berbagai kebutuhan dasar yang bersifat biologis. Pada tingkatan yang lebih tinggi dicantumkan berbagai kebutuhan yang bersifat sosial.

  82. Menurut saya sepokok apapun kebutuhan manusia itu tergantung pada tingkat kehidupan manusia itu sendiri berada di tingkat mana.. contoh sering kita jumpai orang miskin yg berpakaian baju compang-camping, tidur di emperan toko dsb, itu berarti kebutuhan yg justru mereka butuhkan di hiraukan krna memang susahnya ekonomi yg didapat. Terkadang mereka berfikir untuk bs makan hari itu saja sudah bersyukur tanpa hrs memikirkan kebutuhan yg lain

  83. Menurut saya kebutuhan yang dikemukakan oleh maslow sangatlah penting untuk makhluk hidup terutama manusia, karna manusia adalah makhluk sosial yang saling berubungan yang lainnya . pendapat maslow ini sangat penting untuk manusia termasuk kebutuhan sandang, pangan, papan atau kebutuhan fisiologis

  84. Kebutuhan paling dasar pada setiap manusia adalah kebutuhan fisioligis yaitu kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya secara fisik. Kebutuhan fisiologis adalah potensi paling dasar dan besar bagi semua pemenuhan kebutuhan yang diatasnya.

  85. ARISTON (2013.12.090) SEKSI 58

    Saya setuju dengan teori maslow mengenai tingkat kebutuhan manusia, di mana manusia perlu memahami dengan baik kebutuhan kebutuhan utama hidupnya serta mengkategorikan kebutuhan yang lebih diutamakan. Karena ketika manusia mulai kehilangan kendali dalam pemenuhan kebutuhannya, yaitu ketika manusia lebih mengutamakan kebutuhan kebutuhan lain dibandingkan kebutuhan utama hidupnya maka akan berakibat buruk pada kelangsungan hidup manusia tersebut

  86. saya setuju dengan pendapat maslow, karena manusia selalu merasa kurang akan kebutuhanya sehingga ketika kebutuhan yang sesungguhnya atau kebutuhan hidup nya sudah terpenuhi maka dia akan tetap merasa kurang dan mencari lagi kebutuhan yang lain walaupun dia tidak membutuhkanya. termasuk kebutuhan sosial

  87. Kebutuhan manusia telah dibagi menjadi tingkatan-tingkatan tertentu. Untuk memenuhi kebutuhan yg sekunder kita harus dapat memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu. Setelah kebutuhan primer terpenuhi barulah kita dapat memenuhi kebutuhan sekunder. Untuk itulah motivasi dapat mempengaruhi dalam terpenuhinya kebutuhan tersebut. Dengan motivasi untuk memenuhi kebutuhan sekunder maka manusia akan termotivasi untuk memenuhi kebutuhan primernya.

  88. YOSUA SALIM / 2013-12-089 / SEKSI 58.

    Menurut saya. Kebutuhan itu dibagi menjadi 5 dan pemenuhannya berurutan sesuai kepentingannya.
    1. Fisiologis itu basic. Sandang, pangan, papan ketiga itu harus terpenuhi.
    2. Keamanan. Bebas dari rasa sakit, dari penjajahan. Lebih kearah hak asasi manusia.
    3. Sosial. Butuh teman, orang” yang dicinta seperti keluarga, pacar, dLL.
    4. Penghargaan. Dapat pujian, penghargaan atau bahkan hadiah.
    5. Akualisasi diri yaitu melakukan yang orang tsb suka atau punya passion didalamnya kaya hobby atau ambisi.

  89. menurut saya kebutuhan manusia itu terdiri dari beberapa tingkatan mulai dari primer, sekunder, tersier. banyak manusia yang sering tidak mementingkan kebutuhan pokoknya hanya mementingkan keinginannya.
    contoh : kita sudah membeli handphone yang dapat digunakan untuk berkomunikasi akan tetapi kita tertarik dengan produk baru padahal kita memiliki produk yg sama hanya berbeda spesifikasi sedikit. itulah keinginan yg dikedepankan dari pada kebutuhan pokoknya.

  90. menurut saya, hierarki sebenernya sangat membutuhkan manusia karena itu sudah kewajiban manusia mempunyai 5 kebutuhan tersebut.
    terimakasih

  91. Teori hirarki kebutuhan adalah teori yang menjalaskan bahwa manusia adalah makhluk hidup yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah didapatkan. Dengan adanya teori ini muncul tingkatan-tingkatan (hirarki) kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap manusia, manusia menjadi lebih mudah bersyukur dengan apa yang sudah didapatkannya dimulai dari kebutuhan psikologis sampai kebutuhan aktualisasi diri.

  92. 201311267 – Fendy – seksi 58

    Setiap manusia memiliki kebutuhan dasar yang rata-rata sama, seperti kebutuhan fisiologis, kebutuhan untuk merasa aman, dan terlibat dalam hubungan sosial. Kebutuhan tersebut perlu dipenuhi agar hidup dapat berjalan sebagaimana mestinya. Manusia akan bertindak dengan naluri dan keinginannya sendiri untuk mencapai hal tersebut.
    Terima kasih Pak.

  93. Menurut saya :
    Maslow telah membentuk sebuah hirarki dari lima tingkat kebutuhan dasar. Di luar kebutuhan tersebut, kebutuhan tingkat yang lebih tinggi ada. Ini termasuk kebutuhan untuk memahami, apresiasi estetik dan spiritual kebutuhan murni. Dalam tingkat dari lima kebutuhan dasar, orang tidak merasa perlu kedua hingga tuntutan pertama telah puas, maupun ketiga sampai kedua telah puas, dan sebagainya. Kebutuhan dasar Maslow adalah sebagai berikut:
    Teori Kebutuhan Maslow

    1. Kebutuhan Fisiologis
    Ini adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air, dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.

    2. Kebutuhan Keamanan
    Ketika semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.

    3. Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
    Ketika kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.

    4. Kebutuhan Esteem
    Ketika tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas, berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak berdaya dan tidak berharga.

    5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
    Ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya, gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang. Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk aktualisasi diri.

    Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida, lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa satu-satunya alasan bahwa orang tidak akan bergerak dengan baik di arah aktualisasi diri adalah karena kendala ditempatkan di jalan mereka oleh masyarakat negara. Dia bahwa pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia merekomendasikan cara pendidikan dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan taktik untuk tumbuh pendekatan orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus menanggapi potensi individu telah untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri / jenis-nya sendiri. Sepuluh poin yang pendidik harus alamat yang terdaftar:

    Kita harus mengajar orang untuk menjadi otentik, untuk menyadari diri batin mereka dan mendengar perasaan mereka-suara batin.
    Kita harus mengajar orang untuk mengatasi pengkondisian budaya mereka dan menjadi warga negara dunia.
    Kita harus membantu orang menemukan panggilan mereka dalam hidup, panggilan mereka, nasib atau takdir. Hal ini terutama difokuskan pada menemukan karier yang tepat dan pasangan yang tepat.
    Kita harus mengajar orang bahwa hidup ini berharga, bahwa ada sukacita yang harus dialami dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka untuk melihat yang baik dan gembira dalam semua jenis situasi, itu membuat hidup layak.
    Kita harus menerima orang seperti dia atau dia dan membantu orang belajar sifat batin mereka. Dari pengetahuan yang sebenarnya bakat dan keterbatasan kita bisa tahu apa yang harus membangun di atas, apa potensi yang benar-benar ada.
    Kita harus melihat itu kebutuhan dasar orang dipenuhi. Ini mencakup keselamatan, belongingness, dan kebutuhan harga diri.
    Kita harus refreshen kesadaran, mengajar orang untuk menghargai keindahan dan hal-hal baik lainnya di alam dan dalam hidup.
    Kita harus mengajar orang bahwa kontrol yang baik, dan lengkap meninggalkan yang buruk. Dibutuhkan kontrol untuk meningkatkan kualitas hidup di semua daerah.
    Kita harus mengajarkan orang untuk mengatasi masalah sepele dan bergulat dengan masalah serius dalam kehidupan. Ini termasuk masalah ketidakadilan, rasa sakit, penderitaan, dan kematian.
    Kita harus mengajar orang untuk menjadi pemilih yang baik. Mereka harus diberi latihan dalam membuat pilihan yang baik.

  94. Teori kebutuhan ada lima kebutuhan dalam teori Maslow yaitu kebutuhan fisiologis, keamanan dan keselamatan, sosial penghargaan serta aktualisasi.
    Menurut pendapat saya kebutuhan setiap individu berbeda-beda antara individu yang satu dengan yang lainnya. karena setiap individu mempunyai standar sendiri dalam mengartikan sudah terpenuhi atau belum kebutuhannya dalam memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan.

  95. Setiap makhluk hidup pasti memiliki kebutuhan, karena makhluk memang dituntut untuk memenuhi kebutuhannya agar bisa bertahan hidup. Kebutuhan yang diperlukan tergantung pada tingkat sosial seseorang. Kalau orang yang sederhana pasti yang paling penting adalah untuk memenuhi 3 kebutuhan pokok terlebih dahulu. Berbeda dengan orang yang mempunyai kedudukan yang tinggi dalam masyarakat, karena mereka tidak hanya mementingkan kebutuhan pokoknya namun juga mementingkan kebutuhan sekunder dan tersier. Terimakasih

  96. Menurut saya kebutuhan manusia tidak ada batasnya, manusia akan merasa membutuhkan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu ia butuhkan. dan teori hierarki tersebut menjelaskan bahwa manusia tidak pernah merasa puas apa yang sudah dimilikinya.
    Terimakasih

  97. menurut pandangan saya, 3 diantara 5 faktor tsb, kebutuhan fisiologis , keamanan, dan kebutuhan sosial adalah hal yang paling diutamakan. Karena hal itu menjadi faktor yang paling dibutuhkan manusia.

  98. menurut saya teori hierarki kebutuhan mengajarkan kepada kita tentang memprioritaskan kebutuhan yang perlu didahulukan ketimbang yg bisa dikesampingkan, atau kata lainnya keinginan.
    suatu kehidupan membutuhkan adanya fondasi untuk bertahan, pertahanan itu terdiri dari sandang pangan dan papan. jika kita sudah ada ketiganya cukup untuk kita dapat bertahan hidup dan barulah bisa mencukupi keinginan kita.

    FILEMON MAHAJAJAR SUMENDAP
    2013-52-139
    seksi 59

    terima kasih.

  99. 1. Tingkat Kebutuhan Dasar Fisiologis
    Pada tingkat dasar hiearkis, terdapat kebutuhan dasar fisik yang menyangkut makanan, makanan, air, udara, seks, istirahat, karena manusia memiliki sejumlah dorongan atau kebutuhan biologis yang sama seperti binatang. Rasa haus, lapar, istirahat adalah motivator biologis yang umum.
    Rasa lapar sebagai motivator, banyak mendapat perhatian dari para psikolog dan fisiolog. Mengkonsumsi makanan merupakan jawaban yang bisa mengurangi atau menghilangkan dorongan rasa lapar. Rasa sakit diperut akibat lapar dikaitkan dengan kontraksi perut. Hipotalamus bereaksi pada saat kadar gula rendah, sehingga menimbulkan rasa lapar dan membuat kita berhenti makan pada saat kadar gula dalam darah naik. Riset Zeigler menunjukkan bahwa pusat hipotalamik bisa dipengaruhi oleh input saraf dari saraf trigenemus, yang membentang sepanjang pipi dan wajah dan mengontrol respon mengunyah dan menelan. Kerusakan pada trigenemus bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan. Schacther menyatakan bahwa orang yang kegemukan jauh lebih menyadari syarat ekternal dari lingkungan, makan dengan porsi yang lebih banyak tanpa melihat waktu, seperti jam makan. Orang yang beratnya rata-rata, biasanya makan pada saat mereka lapar.
    Meskipun manusia memiliki dorongan biologis yang sama dengan binatang untuk melakukan reproduksi. Masres dan Johnson, melaporkan bahwa perilaku seksual yang sehat membutuhkan hubungan yang setia. Sedangkan riset yang dilakukan oleh Olds, menyatakan bahwa kesenangan berada pada otak manusia dan binatang. Kesenangan seksual berkaitan dengan penyulut saraf di daerah tertentu otak. Jadi meskipun rasa lapar dan istirahat adalah sebagai perilaku yang didorong oleh motivasi, itu semua adalah untuk mengurangi ketegangan atau rangsangan.
    2.Tingkat Kebutuhan Akan Rasa Aman
    Apabila kebutuhan fisiologis telah terpenuhi, maka munculah kebutuhan-kebutuhan lain yang meliputi jaminan, stabilitas, perlindungan, ketertiban. Semua ini membuktikan bahwa sampai pada tahap tertentu, kita harus mempunyai stabilitas, perlindungan dari lingkungan. Orang yang tidak memiliki tempat berteduh atau berlindung, biasanya tidak akan tertarik akan kebutuhan selanjutnya. Dalam hal ini, Maslow menyatakan bahwa perlakuan orangtua memiliki pengaruh yang sangat penting untuk perkembangan anak.
    Perlakuan orangtua yang pesimis, kasar, pemisahan orangtua dari anak, perceraian, kematian akan menjadi pengaruh yang buruk terhadap rasa aman yang dibutuhkan oleh anak tersebut. Bagi orang dewasa, kubutuhkan rasa aman nampak dalam usaha melindungi diri melalui asuransi, menabung, tinggal dalam lingkungan pekerjaan yang aman tanpa perlu melakukan terobosan – terobosan yang baru. Di samping itu, sejumlah orang yang neorotik, apabila menghadapi keadaan yang mengancam, dia akan berusaha keras untuk menstabilkan dirinya dengan penampilan yang rapi, disiplin dan teratur. Kebutuhan rasa aman dari orang-orang neorotik, sering diekspresikan melalui keinginannya untuk mencari perlindungan dari orang- orang yang kuat, yang bisa dijadikan tempat bergantung.
    3.Tingkat Kebutuhan Akan Cinta dan Dikasihi
    Kasih dan penerimaan diri sangat penting untuk kehidupan yang penuh. Kebutuhan ini mendorong individu untuk mengadakan hubungan yang efektif dengan sesamanya, yakni dengan cara menerima dan memberi cinta. Menurut Maslow, mobilitas yang tinggi merupakan akibat kurang terpenuhinya kebutuhan cinta dan kasih untuk memiliki. Cinta yang matang menunjukkan hubungan cinta yang sehat yang saling percaya dan saling menghargai.
    4. Tingkat Kebutuhan Akan Penghargaan
    Kebutuhan akan harga diri sangat penting, selain perlu dikasihi, kita juga perlu dihormati oleh orang lain. Ada dua macam penghargaan, yakni penghargaan yang berasal dari orang lain dan juga penghargaan yang berasal dari diri sendiri mencakup hasrat untuk memperoleh kompetensi, rasa percaya diri, kekuatan pribadi, kemandirian dan kebebasan.
    5. Tingkat Kebutuhan Akan Aktualisasi Diri
    Tingkat kebutuhan tertinggi adalah perwujudan diri, dimana kita bergerak melalui kasih untuk menuju perwujudan diri dan keselarasan dengan diri sendiri. Kebutuhan ini dapat juga dinyatakan sebagai kebutuhan akan hasrat untuk menjadi orang yang sesuai dengan keinginan dan potensi yang dimilikinya untuk mencapai taraf pengaktualisasian diri. Untuk mencapai aktualisasi diri, maka kita perlu memperhatikan kondisi lingkungan. Apakah kondisi lingkungan menunjang terhadap gagasan dan pengalaman – pengalaman baru yang didapat oleh individu tertentu. Tingkat ini hanya dicapai oleh sedikit orang yang ditandai dengan pengalaman – pengalaman puncak.
    Setelah menyadari kebutuhan – kebutuhan manusia, Maslow juga meneliti sikap – sikap pengalaman puncak (peak experience). Orang –orang yang mengalami pengalaman – pengalaman puncak merasa lebih berintegrasi, lebih bersatu dengan dunia, lebih menjadi raja atas dirinya sendiri, lebih spontan, kurang menyadari ruang dan waktu, lebih cepat dan mudah menyerap sesuatu.

    Menurut Moslow, orang yang dewasa dan masak secara penuh adalah orang yang telah mencapai aktualisasi diri, yaitu yang “mengalami secara penuh, gairah, tanpa pamrih, dengan konsentrasi penuh dan terserap secara total” dalam apa artinya “menjadi manusia utuh dan penuh.Jadi secara ringkas Moslow memiliki keparcayaan besar pada kodrat yang lebih luruh yang ada pada manusia. Kodrat itu dapat mengatasi keadaan dan sifat biologisnya. Agama terletak pada kemampuan manusia untuk menyadap kekuatan-kekuatan batin dan mengatasi kebutuhan yang lebih rendah.

  100. Kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan & keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan & kebutuhan aktualisasi diri yang diungkapkan Abraham Maslow adalah 5 kebutuhan lazim yang ingin didapatkan setiap individu. Kebutuhan-kebutuhan tersebut harus dipenuhi secara bertahap, artinya kebutuhan yang paling penting harus didahulukan dari kebutuhan lainnya. Jangan sampai kebutuhan yang tidak terlalu penting diutamakan dari kebutuhan yang sangat penting.

    Terima Kasih

  101. Menurut saya tingkat kebutuhan masing-masing individu berbeda-beda tergantung taraf dan tingkat kehidupan nya, namun yang membedakan hal tersebut terletak dalam kebutuhan ” Tersier “. saya katakan demikian karena masing-masing individu memiliki kebutuhan dasar yang sama, berupa :
    Sandang ( Pakaian )
    Pangan ( Makanan )
    Papan ( tempat tinggal )
    untuk kebutuhan ” Tersier ” sepertinya lebih dominan ke individu-individu yang mapan untuk hal tersebut, terkadang kebutuhan ” Tersier” juga dianggap lain-lain karena kebutuhan tersebut bukan lah merupakan kebutuhan pokok individu.
    masing-masing individu dapat memiliki tingkat kebutuhan tersier yang berbeda-beda.

  102. melva marshella (2013-52-199) seksi 59
    bicara tentang kebutuhan manusia sebenarnya hanya ada pada kebutuhan tingkat pertama (kebutuhan fisiologis) dimana sebenarnya ini adalah kebutuhan untuk bertahan hidup yang tertanam dalam naluri. kebutuhan-kebutuhan ditingkat selanjutnya lebih seperti keinginan yang apabila tidak terpenuhi pun seseorang masih dapat hidup. sekarang ini banyak orang menganggap memenuhi ego adalah kebutuhan yang teramat penting bahkan lebih penting dari kebutuhan fisiologis. contoh : seorang perempuan yang memilih tidak makan sampai jatuh sakit demi memiliki bentuk tubuh yang indah supaya dikagumi orang disekitarnya.

  103. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, kebutuhan manusia terbagi menjadi beberapa jenjang dalam bentuk piramida. kebutuhan paking bawah merupakan kebutuhan fisik yang amat krusial bagi hidup manusia, yang bilamana pemenuhannya tidak dilakukan dapat berujung pada kematian.
    Sedangkan jenjang di atasnya (keamanan, sosial, penghargaan) menurut pendapat saya urutannya tidak harus selalu berurutan. Beberapa kondisi psikologi serta lingkungan manusia memungkinkan adanya perubahan urutan dalam kebutuhan-kebutuhan tersebut.

    Best regards,
    Rohani

  104. Menurut pendapat saya, setiap individu memiliki kebutuhan untuk kelangsungan hidupnya. Dalam teori hierarki disebutkan bahwa kebutuhan di bagi atas beberapa tingkatan. Oleh karena itu kita harus bisa lebih mendahulukan kebutuhan daripada keperluan.

  105. Ice krisyani (2013-52-145) seksi 59

    kebutuhan pokok adalah kebutuhan setiap orang, semua orang berusaha untuk memenuhi kebetuhan tersebut. seperti contoh kita bekerja karena ingin memenuhi kebutuhan pokok tersebut. alasan tersebut yang membuat kita termotivasi melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tersebut. dan di karenakan manusia adalah memiliki perasaan yang tidak pernah puas dengan kebutuhan, maka semankin terpenuhi yang diingikan manusia tersebut lebih termotivasi untuk mendapatkan yang lebih lagi.

  106. Menurut saya kebutuhan manusia tidak akan pernah habis. karena manusia adalah mahluk yang tidak pernah puas, manusia akan mencari cara untuk memenuhi kebutuhannya tersebut . Saya juga berpendapat sama seperti Abraham Maslow manusia akan memenuhi kebutuhan yang penting dahulu baru kebutuhan yang tidak terlalu penting.

  107. Wilson-201312195-Seksi58
    Menurut saya dari 5 teori hirarki abraham maslow, kehidupan sekarang lebih mementingkan kebutuhan fisiologis sekitar 80%, kebutuhan keamanan sekitar 70%, kebutuhan sosial sekitar 60%, kebutuhan penghargaan sekitar 70%, kebutuhan aktualisasi diri sekitar 40%. Karena kehidupan sekarang lebih termotivasi memenuhi kebutuhan yang tidak bisa di tunda lagi. Semakin banyak hal yang terpenuhi maka semakin tinggi motivasi seseorang untuk mencapai ke level/tingkat yang lain.

    Terima kasih.

  108. teori hierarki kebutuhan ialah beranggapan bahwa kebutuhan kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan kebutuhan di tingkat yang lebih tinggi menjadi hal yang termotivasi

  109. Menurut saya teori hierarki kebutuhan mengajarkan kepada kita tentang memprioritaskan kebutuhan manusia Selama hidup membutuhkan bermacam-macam kebutuhan.Seperti:Makanan,Pakaian,Perumahan, Pendidikan,dan Kesehatan.Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi. tidak jauh dengan Interaksi Manusia nya dengan siapa dia berinteraksi maka dari situlah muncul kebutuhan nya. dan seterusnya tapi tetaplah terapkan kebutuhan Primer Sekunder tersier,kebutuhan moril ataupun materil, dan kebutuhan lainnya.

  110. Menurut pendapat saya :
    Setiap manusia yang hidup pasti mempunyai kebutuhan, dan mereka hidup untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan itu sendiri berarti sesuatu yang menggerakkan makhluk hidup untuk beraktivitas dan berusaha. Manusia hidup mempunyai beragam kebutuhan, seperti berdasarkan intensitasnya (primer, sekunder, tersier), waktu, sifat, dan subjeknya.

    Teori kebutuhan dikembangkan oleh Abraham Maslow yang dikenal dengan Teori Hierarki Kebutuhan Maslow / Abraham Maslow. Menurut Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat.

  111. Menurut pendapat saya,
    Setiap manusia yang hidup pasti mempunyai kebutuhan, dan mereka hidup untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan itu sendiri berarti sesuatu yang menggerakkan makhluk hidup untuk beraktivitas dan berusaha. Manusia hidup mempunyai beragam kebutuhan, seperti berdasarkan intensitasnya (primer, sekunder, tersier), waktu, sifat, dan subjeknya.

    Teori kebutuhan dikembangkan oleh Abraham Maslow yang dikenal dengan Teori Hierarki Kebutuhan Maslow / Abraham Maslow. Menurut Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat.

  112. Teori Kebutuhan manusia yg dikemukakan oleh A. Maslow sangat relevan dengan kehidupan yg terjadi sekarang.Orang yg terpenting adalah memenuhi kebutuhan pokok seperti sandang ,pangan & papan.Stelah org tsb bisa memenuhi tingkatan bawahnya maka manusia akan menuju tingkatan selanjutnya.Oleh karena itu seberapa besar kekuatan ekonomi dari manusia tersebut.Jika dia memiliki keuangan yg pas2an maka dia bisa mendapatkan jenjang hirarki piramid kesemuanya.

  113. Menurut saya setiap manusia harus berinteraksi sosial untuk memenuhi kebutuhannya. Karena dengan dia berinteraksi dengan yang lain dia akan mendapat pekerjaan, sehingga dia dapat memenuhi sandang dan pangannya (Kebutuhan phisiologis), dia akan merasa aman karena dia mempunyai teman (Kebutuhan keamanan), dan dia akan menemukan orang – orang yang dicintainya apabila dia bergaul dengan banyak orang (Kebutuhan sosial), dan seseorang akan mendapatkan penghargaan apabila dia lebih berprestasi dari pada orang disekitarnya (Kebutuhan penghargaan) serta dia akan merasa puas ketika dia bisa menentukan sendiri atau pun sesuka hati melakukan sesuatu sesuai dengan bakatnya. Jadi kesimpulannya, untuk mencapa kebutuhan itu diperlukan sosialisasi yang sangat tinggi.
    Terimakasih.

  114. Menurut saya, berbicara tentang kebutuhan manusia tidak akan ada habisnya. Kebutuhan manusia pada umumnya dibagi menjadi 2 yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani seseorang pada umumnya juga dibagi menjadi 3 yaitu, kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka manusia dituntut untuk berinteraksi. Dua kebutuhan tersebut wajib dipenuhi agar seimbang.

  115. Teori Maslow digambarkan seperti piramida yang dimulai dari tingkat terendah yakni kebutuhan dasar, lalu meningkat pada kebutuhan rasa aman, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri. Semua kebutuhan ini merupakan penunjang yang dibutuhkan setiap manusia untuk dapat menjalani kehidupannya. Manusia terlebih dahulu harus memenuhi kebutuhan dasarnya agar dapat memenuhi ke tingkatan selanjutnya hingga mencapai tingkat tertinggi yakni aktualisasi diri.

  116. Sebagai manusia dalam menentukan kebutuhannya harus mengetahui seberapa besar kemampuan untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Kita penuhi dahulu kebutuhan mendasar kita sebagai manusia yaitu sandang, pangan, dan papan. Setelah ketiga kebutuhan tersebut terpenuhi baru kita menentukan kebutuhan yang lain sesuai potensi diri, kreatifitas, kemudian kita kembangkan potensi diri untuk mencapai kebutuhan yang lebih tinggi atau besar.

  117. Menurut pendapat saya, setiap manusia memiliki kebutuhan dan ketika kebutuhan itu sudah terpenuhi manusia tidak akan pernah merasa puas. Karena itu salah satu sifat manusia yg mutlak ada. Baik tidak pernah puas dalam menggali ilmu pengetahuan maupun berupa alat benda atau lainnya. Ada beberapa penggolongan kebutuhan manusia yang ingin dicapai misalnya psikologis, kesehatam, keamanan, pengakuan atau penghargaan dan sandang pangan papan.

  118. Teori hierarkhi kebutuhan menurut maslow ada 5 yaitu: Kebutuhan fisiologis, keamanan, kasih sayang, penghargaan dan aktualisasi diri. Dan sering digambarkan dengan bentuk piramida, lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri.

  119. Menurut Teori hierarki kebutuhan Maslow adalah teori yang diungkapkan oleh Abraham Maslow. Ia beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi.
    dan menurut teori hierarki maslow ada 5 yaitu :
    1.Kebutuhan Fisiologis
    2.Kebutuhan akan rasa aman
    3.Kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang
    4.Kebutuhan akan penghargaan
    5.Kebutuhan akan aktualisasi diri

  120. Seperti yang dijelaskan, kebutuhan terbagi menjadi 5. Kebutuhan utama harus terpenuhi seperti pangan, sandang dan papan.
    Terkadang keinginan seseorang (ingin membeli mobil atau lainnya yang belum diperlukan) membuat kebutuhan utama tidak tercukupi. Disini diperlukan pendendalian diri dari diri seseorang untuk mengutamakan kebutuhan daripada keinginan dan dari eksternal (manusia sekitar) yang memotivasi atau mengingatkan akan hal ini.
    ^^

    • Seperti yang dijelaskan, kebutuhan terbagi menjadi 5. Kebutuhan utama harus terpenuhi seperti pangan, sandang dan papan.
      Terkadang keinginan seseorang (ingin membeli mobil atau lainnya yang belum diperlukan) membuat kebutuhan utama tidak tercukupi. Disini diperlukan pendendalian diri dari diri seseorang untuk mengutamakan kebutuhan daripada keinginan dan dari eksternal (manusia sekitar) yang memotivasi atau mengingatkan akan hal ini.
      ^^

  121. Jadi terlebih dahulu saya mengartikan arti kebutuhan. Kebutuhan merupakan hasrat atau keinginan manusia untuk memiliki dan menikmati kegunaan barang dan jasa. Menurut saya manusia sangat banyak kebutuhannya namun menurut Maslow manusia mempunyai 5 kebutuhan yaitu :
    1. Kebutuhan Fisiologis : merupakan kebutuhan sehari-hari. Contohnya sandang,pangan,dan papan.
    2. Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan : Contoh seperti : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, dan bebas dari rasa sakit.
    3. Kebutuhan Sosial
    Misalnya adalah : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.
    4. Kebutuhan Penghargaan
    Contoh : pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.
    5. Kebutuhan Aktualisasi : kebutuhan dan keinginan untuk bertikdan sesuka hati.

  122. Jadi terlebih dahulu saya mengartikan arti kebutuhan. Kebutuhan merupakan hasrat atau keinginan manusia untuk memiliki dan menikmati kegunaan barang dan jasa. Menurut saya manusia sangat banyak kebutuhannya namun menurut Maslow manusia mempunyai 5 kebutuhan yaitu :
    1. Kebutuhan Fisiologis : merupakan kebutuhan sehari-hari. Contohnya sandang,pangan,dan papan.
    2. Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan : Contoh seperti : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, dan bebas dari rasa sakit.
    3. Kebutuhan Sosial
    Misalnya adalah : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.
    4. Kebutuhan Penghargaan
    Contoh : pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.
    5. Kebutuhan Aktualisasi : kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati.

  123. Suci Kusumastuti (201411263) Seksi 2
    Jadi terlebih dahulu saya mengartikan arti kebutuhan. Kebutuhan merupakan hasrat atau keinginan manusia untuk memiliki dan menikmati kegunaan barang dan jasa. Menurut saya manusia sangat banyak kebutuhannya namun menurut Maslow manusia mempunyai 5 kebutuhan yaitu :
    1. Kebutuhan Fisiologis : merupakan kebutuhan sehari-hari. Contohnya sandang,pangan,dan papan.
    2. Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan : Contoh seperti : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, dan bebas dari rasa sakit.
    3. Kebutuhan Sosial
    Misalnya adalah : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.
    4. Kebutuhan Penghargaan
    Contoh : pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.
    5. Kebutuhan Aktualisasi : kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati.

  124. menurut teori hierarki maslow kebutuhan ada 5 yaitu :
    1.Kebutuhan Fisiologis
    2.Kebutuhan akan rasa aman
    3.Kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang
    4.Kebutuhan akan penghargaan
    5.Kebutuhan akan aktualisasi dir

  125. Eudia Margaretta Age 201411229 sesi 23
    menurut saya manusia tidak dapat bertahan hidup bila keluar dari 5 kebutuhan ini : fisiologi, keamanan, sosial, penghargaan, aktualisasi diri.
    ~ Manusia akan dapat merasa aman bila sudah mencukupi sandang pangan dan papan.
    ~ Manusia butuh yang namanya pujian dan perhatian. itu akan menimbulkan rasa percaya diri manusia.
    ~ Manusia tidak dapat hidup sendiri, Manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk bertahan hidup.
    ~ Mental Manusia akan sehat jika dia terbebas dari ancaman psikologi yang tidak baik contohnya ancaman, kejahatan.
    ~ Manusia lebih suka berjalan dengan kemauannya sendiri, tanpa paksaan orang lain dengan begitu manusia dapat mengembangkan sifat dan bakat dari diri sendiri.

  126. Kebutuhan adalah sesuatu keinginan yang timbul dalam diri individu manusia, yang bersifat sangat penting ( harus di penuhi) sampai paling tidak penting.

    Karena kebutuhan setiap individu berbeda – beda maka manusia ( individu) akan memenuhi kebutuhan hidup nya dari kebutuhan dasar yaitu kebutuhan fisiologis sampai kebutuhan yang tidak penting yaitu kebutuhan akan aktualisasi diri.

  127. DEVI PUTRIANI 201411174 (SEKSI 23)
    DEVI PUTRIANI 201411174 (SEKSI 23)
    Menurut saya kebutuhan setiap manusia perlu ke 5 teori tersebut karena semua nya saling berkaitan satu sama lain dan tidak bisa kurang satu pun. dan manusia membutuhkan udara, air, makanan, tidur, dll. Ketika kebutuhan fisiologis telah terpenuhi maka akan muncul kebutuhan akan keamanan. Diantaranya aman dari kejahatan dan agresi,keselamatan kerja,keamanan sumber daya,keamanan fisiologis,keamanan keluarga maka timbulha yang namanya asuransi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Lalu Manusia biasanya membutuhkan rasa dimiliki dan diterima, apakah datang dari kelompok sosial yang luas (kelompok, kantor, perkumpulan keagamaan, organisasi profesional, tim olahraga, geng , dll.)
    Lalu manusia membutuhkan penghargaan, menghargai diri sendiri, dan juga menghargai orang lain. Orang perlu melibatkan diri untuk mendapatkan pengakuan dan mempunyai kegiatan atau kontribusi kepada orang lain dan juga nilai diri, baik di dalam pekerjaan ataupun hobi
    Lalu yang terakhir Aktualisasi diri adalah kebutuhan naluriah manusia untuk memanfaatkan kemampuan mereka yang unik dan berusaha menjadi yang terbaik
    Terima Kasih.

  128. DEVI PUTRIANI 201411174 (SEKSI 23)
    Menurut saya kebutuhan setiap manusia perlu ke 5 teori tersebut karena semua nya saling berkaitan satu sama lain dan tidak bisa kurang satu pun. dan manusia membutuhkan udara, air, makanan, tidur, dll. Ketika kebutuhan fisiologis telah terpenuhi maka akan muncul kebutuhan akan keamanan. Diantaranya aman dari kejahatan dan agresi,keselamatan kerja,keamanan sumber daya,keamanan fisiologis,keamanan keluarga maka timbulha yang namanya asuransi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Lalu Manusia biasanya membutuhkan rasa dimiliki dan diterima, apakah datang dari kelompok sosial yang luas (kelompok, kantor, perkumpulan keagamaan, organisasi profesional, tim olahraga, geng , dll.)
    Lalu manusia membutuhkan penghargaan, menghargai diri sendiri, dan juga menghargai orang lain. Orang perlu melibatkan diri untuk mendapatkan pengakuan dan mempunyai kegiatan atau kontribusi kepada orang lain dan juga nilai diri, baik di dalam pekerjaan ataupun hobi
    Lalu yang terakhir Aktualisasi diri adalah kebutuhan naluriah manusia untuk memanfaatkan kemampuan mereka yang unik dan berusaha menjadi yang terbaik
    Terima Kasih.

  129. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Hirarki kebutuhan merupakan tingkatan atau urutan-urutan kebutuhan manusia. Setiap kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari dimana selama hidup manusia membutuhkan berbagai kebutuhan seperti: sandang, pangan, pendidikan, tempat tinggal, dan kesehatan.
    Kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh kebudayaan, waktu, agama dan lingkungan.

  130. Menurut saya, kebutuhan harus dipenuhi dan bila tak dipenuhi merasa kurang, keinginan adalah sesuatu yang melebihi kebutuhan.
    Teori Maslow menyatakan bahwa kebutuhan dasar harus terpenuhi terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi.

    Seseorang yang tidak termotivasi biasanya tidak akan meluangkan usaha yang lebih untuk melakukan suatu aktivitas. Seseorang yang menginginkan sesuatu dan harapan memperolehnya cukup besar akan terdorong untuk berusaha memperoleh hal yang diinginkannya itu.

  131. Menurut saya, kebutuhan harus dipenuhi dan bila tak dipenuhi merasa kurang, keinginan adalah sesuatu yang melebihi kebutuhan.
    Seseorang yang tidak termotivasi biasanya tidak akan meluangkan usaha yang lebih untuk melakukan suatu aktivitas. Seseorang yang menginginkan sesuatu dan harapan memperolehnya cukup besar akan terdorong untuk berusaha memperoleh hal yang diinginkannya itu.

  132. Kebutuhan adalah suatu keinginan sesorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan itu adalah sifat manusia yang alamiah, dan biasanya kebutuhan dapat terpenuhi dengan adanya pengorbanan dan harus bekerja.
    Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
    1 ) Kebutuhan primer
    Contoh kebutuhan primer, antara lain makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal.
    2 ) Kebutuhan sekunder
    Contoh kebutuhan sekunder, antara lain tas, sepeda motor, meja, kursi, alat tulis,
    3 ) Kebutuhan tersier
    Contoh kebutuhan tersier, antara lain kebutuhan rumah mewah, perhiasan, berlian, dan mobil mewah.

  133. Menurut pendapat saya setiap manusia pasti tidak terlepas dari kebutuhan seperti: rumah,makanan,pakaian,pendidikan dll. Semakin tinggi kebudayaan masyarakat semakin tinggi pula kebutuhan yg harus dipenuhi

  134. Kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow dalam Teori Hierarki. Kebutuhan menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar yaitu kebutuhan fisiologis, keamanan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri. Setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama, akan tetapi karna budaya, maka kebutuhan tersebut pun ikut berbeda.

  135. Selama manusia hidup, pasti dia memiliki kebutuhan untuk memenuhi hidupnya. Kebutuhan sendiri merupakan aspek psikologis yang menggerakan makhluk hidup dalam menjalankan aktivitas-aktivitasnya, dan menjadi alasan individu tersebut untuk berusaha memenuhinya.
    Kebutuhan harus dipenuhi dari yang penting dulu, apabila yang penting-penting sudah terpenuhi maka dapat meningkat menjadi yang tidak terlalu penting.

    Kebutuhan dasar manusia menurut Maslow dibagi menjadi 5, yaitu:
    1. Kebutuhan fisiologis, yaitu kebutuhan manusia untuk mempertahankan hidupnya. Contohnya seperti makanan, minuman, air, oksigen, dll.
    2. Kebutuhan akan rasa aman, seperti bebas dari teroris, dll.
    3. Kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, seperti memiliki sahabat, memiliki pasangan dan berkeluarga.
    4. Kebutuhan akan penghargaan, seperti piagam atas lomba/olimpiade yang dijuarai.
    5. Kebutuhan aktualisasi diri, yaitu bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan/sesuai minatnya. Misalnya, individu tsb hobi menyanyi maka dia memilih untuk menjadi seorang penyanyi.

    Terimakasih^^

  136. kalo menurut saya kebutuhan itu adalah suatu keinginan mnusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun rohani.kebutuhan manusia tidak terbatas, misalnya rasa aman, ingin dihormati atau dihargai. adapun faktornya adalah dengan bertambahnya jumlah penduduk dan majunya IPTEK

  137. Menurut saya hirarkie kebutuhan sangat dibutuhkan oleh Manusia karena tingkat akan kebutuhan yang diperlukan sangat berbeda tiap individu baik jasmani maupun rohani dengan adanya hirarkie kebutuhan kits juga dapat membandingkan apa yang baik dan buruk

  138. Nurdiansyah (201411256) seksi 02
    Dalam sebuah kehidupan semua manusia pasti mempunyai kebutuhan yang harus di penuhi . seperti yang di jelaskan oleh Maslow yaitu 5 dasar kebutuhan manusia
    1. kebutuhan fisiologis
    2. kebutuhan keamanan dan keselamatan
    3. kebutuhan sosial
    4. kebutuhan penghargaan
    5. kebutuhan aktualisasi diri

  139. Teori hierarki : Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis maupun psikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.
    Kemudian Teori Hierarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Maslow menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar :
    1. Kebutuhan Fisiologis
    2. Kebutuhan keamanan dan keselamatan
    3. Kebutuhan sosial
    4. Kebutuhan penghargaan
    5. Kebutuhan aktualisasi diri

  140. menurut teori hierarki maslow mempunyai 5 kebutuhan yaitu :
    1.Kebutuhan Fisiologis
    2.Kebutuhan akan rasa aman
    3.Kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang
    4.Kebutuhan akan penghargaan
    5.Kebutuhan akan aktualisasi diri ,yaitu bertindak sesuai dengan apa yg inginkan

  141. Teori hierarki Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis maupun psikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.
    Kemudian Teori Hierarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Maslow menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar :
    1. Kebutuhan Fisiologis
    2. Kebutuhan keamanan dan keselamatan
    3. Kebutuhan sosial
    4. Kebutuhan penghargaan
    5. Kebutuhan aktualisasi diri

  142. Menurut pendapat saya setiap manusia pasti mempunyai kebutuhan, namun ada kebutuhan paling utama yang selalu di usahakan agar dapat terpenuhi yaitu : kebutuhan fisiologis seperti sandang pangan dan papan, kebutuhan sosial seperti berinteraksi secara luas, kebutuhan rohani seperti keyakinan masing-masing dan kebutuhan pelengkap seperti halnya keinginan atau impian yang masih dalam benak manusia ketika kebutuhan utama nya telah terpenuhi.

  143. Teori Kebutuhan Maslow

    Maslow telah membuat teori hierarkhi kebutuhan. Semua kebutuhan dasar itu adalah instinctoid, setara dengan naluri pada hewan. Manusia mulai dengan disposisi yang sangat lemah yang kemudian kuno sepenuhnya sebagai orang tumbuh. Bila lingkungan yang benar, orang akan tumbuh lurus dan indah, aktualisasi potensi yang mereka telah mewarisi. Jika lingkungan tidak “benar” (dan kebanyakan tidak ada) mereka tidak akan tumbuh tinggi dan lurus dan indah.
    Teori kebutuhan maslow
    1.  Kebutuhan Fisiologis
    Ini adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air, dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.
    2.  Kebutuhan Keamanan
    Ketika semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.
    3.  Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
    Ketika kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.
    4.  Kebutuhan Esteem
    Ketika tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas, berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak berdaya dan tidak berharga.
    5.  Kebutuhan Aktualisasi Diri
    Ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya, gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang. Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk aktualisasi diri.
    Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida,  lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa satu-satunya alasan bahwa orang tidak akan bergerak dengan baik di arah aktualisasi diri adalah karena kendala ditempatkan di jalan mereka oleh masyarakat negara. Dia bahwa pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia merekomendasikan cara pendidikan dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan taktik untuk tumbuh pendekatan orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus menanggapi potensi individu telah untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri / jenis-nya sendiri. Sepuluh poin yang pendidik harus alamat yang terdaftar:
    Kita harus mengajar orang untuk menjadi otentik, untuk menyadari diri batin mereka dan mendengar perasaan mereka-suara batin.Kita harus mengajar orang untuk mengatasi pengkondisian budaya mereka dan menjadi warga negara dunia.Kita harus membantu orang menemukan panggilan mereka dalam hidup, panggilan mereka, nasib atau takdir. Hal ini terutama difokuskan pada menemukan karier yang tepat dan pasangan yang tepat.Kita harus mengajar orang bahwa hidup ini berharga, bahwa ada sukacita yang harus dialami dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka untuk melihat yang baik dan gembira dalam semua jenis situasi, itu membuat hidup layak.Kita harus menerima orang seperti dia atau dia dan membantu orang belajar sifat batin mereka. Dari pengetahuan yang sebenarnya bakat dan keterbatasan kita bisa tahu apa yang harus membangun di atas, apa potensi yang benar-benar ada.Kita harus melihat itu kebutuhan dasar orang dipenuhi. Ini mencakup keselamatan, belongingness.

  144. Maslow telah membuat teori hierarkhi kebutuhan. Semua kebutuhan dasar itu adalah instinctoid, setara dengan naluri pada hewan. Manusia mulai dengan disposisi yang sangat lemah yang kemudian kuno sepenuhnya sebagai orang tumbuh. Bila lingkungan yang benar, orang akan tumbuh lurus dan indah, aktualisasi potensi yang mereka telah mewarisi. Jika lingkungan tidak “benar” (dan kebanyakan tidak ada) mereka tidak akan tumbuh tinggi dan lurus dan indah.
    Teori kebutuhan maslow
    1.  Kebutuhan Fisiologis
    Ini adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air, dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.
    2.  Kebutuhan Keamanan
    Ketika semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.
    3.  Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
    Ketika kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.
    4.  Kebutuhan Esteem
    Ketika tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas, berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak berdaya dan tidak berharga.
    5.  Kebutuhan Aktualisasi Diri
    Ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya, gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang. Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk aktualisasi diri.
    Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida,  lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa satu-satunya alasan bahwa orang tidak akan bergerak dengan baik di arah aktualisasi diri adalah karena kendala ditempatkan di jalan mereka oleh masyarakat negara. Dia bahwa pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia merekomendasikan cara pendidikan dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan taktik untuk tumbuh pendekatan orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus menanggapi potensi individu telah untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri / jenis-nya sendiri. Sepuluh poin yang pendidik harus alamat yang terdaftar:
    Kita harus mengajar orang untuk menjadi otentik, untuk menyadari diri batin mereka dan mendengar perasaan mereka-suara batin.Kita harus mengajar orang untuk mengatasi pengkondisian budaya mereka dan menjadi warga negara dunia.Kita harus membantu orang menemukan panggilan mereka dalam hidup, panggilan mereka, nasib atau takdir. Hal ini terutama difokuskan pada menemukan karier yang tepat dan pasangan yang tepat.Kita harus mengajar orang bahwa hidup ini berharga, bahwa ada sukacita yang harus dialami dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka untuk melihat yang baik dan gembira dalam semua jenis situasi, itu membuat hidup layak.Kita harus menerima orang seperti dia atau dia dan membantu orang belajar sifat batin mereka. Dari pengetahuan yang sebenarnya bakat dan keterbatasan kita bisa tahu apa yang harus membangun di atas, apa potensi yang benar-benar ada.Kita harus melihat itu kebutuhan dasar orang dipenuhi. Ini mencakup keselamatan, belongingness

  145. Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kebutuhan manusia tidak terbatas pada kebutuhan yang bersifat konkret (nyata) tetapi juga bersifat abstrak (tidak nyata). Misalnya rasa aman, ingin dihargai, atau dihormati,maka
    kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas.

  146. 201411337 Nicko Febrian Seksi 11

    Menurut Saya, sesuai dengan teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow ini manusia dalam memenuhi setiap tingkatan kebutuhannya, akan melakukan usaha, mulai dari yang paling ringan sampai dengan yang paling kompleks. Motivasi mendasari upaya yang dihasilkan untuk pencapaian setiap kebutuhan. Semakin tinggi tingkatannya, motivasi yang ada di dalam pribadi semakin kuat dan usaha yang dilakukan untuk mencapainya akan semakin terlihat dalam bentuk komitmen dan perilaku kekonsistenan

  147. teori hierarki kebutuhan adalah kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi. ada Lima kebutuhan individu yaitu :
    1. Kebutuhan fisiologis
    2. Kebutuhan akan rasa aman
    3. Kebutuhan sosial
    4. kebutuhan esteem
    5. Kebutuhan akan aktualisasi

  148. Mia Damayanti
    2014-11-136 Seksi 01

    Menurut pendapat saya, kebutuhan yang berada pada hierarki paling bawah tidak harus dipenuhi sebagian sebelum seseorang akan mencoba untuk memiliki kebutuhan yang lebih tinggi tingkatannya. Contohnya seorang yang lapar atau seorang yang secara fisik dalam bahaya tidak begitu menghiraukan untuk mempertahankan konsep diri positif (gambaran terhadap diri sendiri sebagai orang baik) dibandingkan untuk mendapatkan makanan atau keamanan, namun begitu, orang yang tidak lagi lapar atau tidak lagi dicekam rasa takut, kebutuhan akan harga diri menjadi penting. Kemudian kebutuhan yang ditambahkan oleh Maslow adalah tahap menyempurnakan modelnya untuk memasukkan tingkat penghargaan antara kebutuhan dan aktualisasi diri adalah kebutuhan untuk pengetahuan dan estetika.

  149. Teori hierarki kebutuhan adalah teori yang mempelajari tentang tingkatan-tingkatan kebutuhan manusia dari yang paling penting hingga kebutuhan yang tidak terlalu penting.
    Ada 5 kebutuban dasar Maslow :
    1. Kebutuhan fisiologis
    2. Kebutuhan keamanan dan keselamatan
    3. Kebutuhan sosial
    4. Kebutuhan penghargaan
    5. Kebutuhan aktualisasi diri

  150. Heribertus Edwin Kasiwali(2014-11-089)

    Teori Hierarki Kebutuhan adalah bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi. dalam teori ini kita juga mempelajari tingkat-tingkat kebutuhan dasar manusia. diantaranya : Kebutuhan Fisiologis/Physiological Needs, Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan/Safety Needs, Kebutuhan Sosial/ Social Needs,Kebutuhan Penghargaan/Esteem Needs,Kebutuhan Aktualisasi Diri/Self Actualisation.

  151. Teori Maslow mengenal lima tingkat dasar kebutuhan yang lebih rendah (biogenis ) ketingkat kebutuhan yang lebih tinggi (psikogenis). Teori tersebut mengendalikan bahwa individu berusaha memenuhi kebutuhan yang lebih rendah sebelum timbul tingkat kebutuhan yang lebih tinggi. Tingkat kebutuhan yang paling rendah yang terus menerus tidak tepenuhi yang dialami oleh seseorang akan membantu memotivasi perilakunya. Jika kebutuhan tersebut sudah terpenuhi dengan “cukup baik,” kebutuhan baru ( dan lebih tinggi ) akan timbul sehingga orang terdorong untuk memenuhinya. Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi, kebutuhan baru (yang lebih tinggi lagi) akan timbul dan seterusnya. Sudah tentu jika kebutuhan yang lebih rendah tingkatnya hilang atau terampas lagi, untuk sementara mungkin menjadi menonjol kembali.

  152. Irawati nim : 2014.11.270 seksi : 23
    kebutuhan dasar manusia merupakan unsur – unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik seecara fisiologis maupun psikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.

  153. pada dasarnya setiap manusia memerlukan kebutuhan , baik secara psikologis dan sebagainya , yang harus mereka penuhi setia harinya , seperti makan , minum dll , agar tetap bisa bertahan hidup dan sehat.

  154. Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida, lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. pada dasarnya kebutuhan ada 5 macam:
    1. Kebutuhan Fisiologis
    Ini adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air, dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.
    2. Kebutuhan Keamanan
    Ketika semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.
    3. Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
    Ketika kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.
    4. Kebutuhan Esteem
    Ketika tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas, berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak berdaya dan tidak berharga.
    5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
    Ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya, gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang. Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk aktualisasi diri.

  155. Menurut saya teori hirerarki kebutuhan ialah sesuatu yang harus terpenuhi oleh individu , setidaknya kebutuhan yang paling terendah atau sering di sebut dengan kebutuhan fisiologi yang harus cukup atau terpenuhi terlebih dahulu dari yang lainnya. jika kebutuhan fisiologi sudah terpenuhi dan di rasa cukup maka kebutuhan-kebutuhan lain pun akan mengikuti atau menyesuaikan.

  156. Teori Hierarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Maslow menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar, yaitu :
    1. kebutuhan fisiologis
    2. kebutuhan rasa aman dan perlindungan
    3. kebutuhan rasa cinta
    4. kebutuhan harga diri
    5. kebutuhan aktualisasi diri

  157. Nama : irmawati
    Seksi : 23
    Nim : 201411251

    Teori hierarki kebutuhan Maslow adalah teori yang diungkapkan oleh Abraham Maslow. Ia beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi.

  158. Nama: Shinta Anggraini Karsono
    NIM: 201466113
    Sesi: 24

    Kebutuhan menurut Abraham Maslow, manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. Manusia tidak akan ke kebutuhan selanjutnya jika kebutuhan yang paling penting belum terpuaskan. Sebagai contoh, ketika kebutuhan fisiologis seperti saat manusia lapar, manusia akan mencari makan. Fokusnya adalah untuk memenuhi rasa laparnya itu. Manusia yang lapar akan selalu termotivasi untuk makan, bukan
    untuk mencari teman atau dihargai. Manusia akan mengabaikan atau menekan
    dulu semua kebutuhan lain sampai kebutuhan fisiologisnya itu terpuaskan.

  159. Nama : Katharina M
    Nim : 201466180
    Seksi : 24

    Motivasi berasal dari kata latin movere yang berarti dorongan atau menggerakkan. Motivasi mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi bawahan, agar mau bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan. Motivasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam menentukan perilaku seseorang, termasuk perilaku kerja. Untuk dapat memotivasi seseorang diperlukan pemahaman tentang bagaimana proses terbentuknya motivasi karena untuk memotivasi karyawan, manajer harus mengetahui motif dan motivasi yang diinginkan karyawan. Seperti teori hierarki menurut Maslow, setiap individu memiliki kebutuhan-kebutuhan yang tersusun secara hierarki dari tingkat yang paling mendasar sampai pada tingkatan yang paling tinggi. Setiap kali kebutuhan pada tingkatan paling rendah telah terpenuhi, maka akan muncul kebutuhan lain yang lebih tinggi. Pada tingkat yang paling bawah, dicantumkan berbagai kebutuhan dasar yang bersifat biologis. Pada tingkatan yang lebih tinggi dicantumkan berbagai kebutuhan yang bersifat sosial. Saya ambil contoh kebutuhan tingkatan yang paling bawah yaitu pemenuhan kebutuhan fisiologis dasar akan sandang, pangan dan papan, ini sangat terkait dengan gaji yang diberikan oleh perusahaan. Gaji pokok dan uang makan yang diberikan sesuai standar UMR. Gaji yang diberikan sudah memadai bagi pegawai yang masih lajang karena sudah memenuhi kebutuhan fisiologis dasar pegawai untuk makan, membeli pakaian dan kos. Namun bagi pegawai yang sudah berkeluarga, gaji pegawai operasional tidak memungkinkan untuk kredit kepemilikan rumah karena sangat terbatas. Faktor ini menjadi salah satu penyebab mengapa pegawai terkadang merasa jenuh dengan tekanan dari pihak manajemen agar mereka memberikan pelayanan service excellent tetapi gaji yang diberikan masih belum mencukupi kebutuhan fisiologis dasar bagi pegawai yang sudah menikah. Dari contoh tersebut tentu saja akan berpengaruh pada perilaku memberikan motivasi kepada staf dibawahnya Bagaimana berkomunikasi dan pendekatannya akan berbeda.

  160. Nama : Dyah Laras Harjanti
    Nim : 201466179
    Seksi : 24

    Teori hierarki kebutuhan Maslow harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkat ke yang tidak terlalu penting. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya. Berikut ini kebutuhan yang harus terpenuhi seperti : Kebutuhan fisiologis, Kebutuhan rasa aman dan perlindungan, Kebutuhan rasa cinta, Kebutuhan harga diri, Kebutuhan aktualisasi diri

  161. Nama : Robert Setiady
    NIM : 201281216
    Seksi : 24

    Pada tingkat yang paling bawah terdapat beberapa kebutuhan dasar yang bersifat biologis. Pada tingkatan yang lebih tinggi terdapat beberapa kebutuhan yang bersifat sosial. Kebutuhan pada tingkat tertinggi (level atas) seseorang seperti kekuasaan (haus kekuasaan) menjadi yang paling berbahaya karena bisa merugikan kebutuhan dasar (level bawah) dari orang lain.

  162. Nama : Nuraini Diah Noviati
    NIM : 201466168

    Maslow mengklasifikasikan kebutuhan dasar manusia terdiri dari kebutuhas psikologis, kebutuhan akan keamanan dan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan, kebutuhan akan aktualisasi diri. Jika seseorang sudah memenuhi kebutuhan sampai aktualisasi diri dapat dikatakan orang tersebut telah memenuhi kebutuhan dasar tingkat tertinggi dimana kebutuhan yang berada di tingkat lebih bawah telah terpenuhi dengan baik

  163. Nama : Desi Irma
    NIM : 201466078
    Seksi : 24
    Motivasi manusia sangat dipengaruhi oleh kebutuhan mendasar yang perlu dipenuhi. dimana menurut maslow kebutuhan dasar manusia yang perlu dipenuhi diklasifikasikan yaitu kebutuham psikologis, kebutuhan akan keamanan dan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri.

  164. Salam hangat Pak Darmansyah,

    Teori Hierarchy of Needs yang dicanangkan oleh Abraham Maslow lewat tesisnya yang berjudul “A Theory of Human Motivation” yang terkompilasi dalam Psychological Review pada tahun 1943 memang mendapat banyak sorotan perhatian dari kalangan manajemen di Amerika Serikat dan di bidang organizational behaviour. Tak kalah banyaknya riset-riset manajemen internasional yang berkembang dari teori Maslow ini untuk menjamah pengertian teori ini dari sudut pandang motivasi pegawai di seantero dunia ini (Mead, 1994).

    Namun terlepas dari banyaknya riset internasional yang mendukung asumsi-asumsi mendasar yang menghirarki bahwa kebutuhan yang berada di level bawah (yang paling penting) harus tercapai dahulu sebelum mencapai kebutuhan level di atasnya (yang secara gradual menjadi “tidak terlalu” penting), perlu dipahami juga ekstensi dan ekstrapolasi dari teori Abraham Maslow ini terhadap perbedaan kultur-kultur masyarakat dunia. Sederhananya, kita pun sekiranya menyoroti apakah teori ini memang bisa diaplikasi secara universal terhadap kultur lain, secara partikular kultur Asia yang termasuk di dalamnya Indonesia.

    Banyak peniliti yang berpendapat bahwa teori Hierarchy of Needs Maslow ini terlalu kebarat-baratan (too Western) dan perlulah untuk ditinjau secara kombinatif dengan perspektif Timur yang sangatlah kolektif (collective) (Luthans & Doh, 2012). Menurut Edwin C. Nevis lewat tesisnya yang berjudul Cultural Assumption and Productivity: The United States and China dalam Sloan Management Review tahun 1983, hirarki Maslow ini merefleksikan dan sangat berorientasikan kultur Barat dan berlandaskan serta memfokuskan kepada kebutuhan dari dalam individu-individu perseorangan (inner needs of individuals).

    Menurut pendapat saya, tidak semua kultur berfungsi dan berperilaku seperti ini. Kultur Asia, misalnya, menekankan dan mengedepankan kebutuhan masyarakat (needs of society). Lagipula, menurut Nevis, ia berpendapat bahwa hirarki kebutuhan masyarakat Tiongkok selayaknya memiliki 4 level yang bertingkat-tingkat dari bawah ke level tertinggi: kebutuhan dan rasa saling memiliki (secara sosial), physiological, kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, dan kebutuhan aktualisasi diri dalam mengemban pelayanan terhadap masyarakat luas. Dari sini kita dapat melihat bahwa motivasi seseorang berkultur Asia berawal dari kebutuhan sosial yang berlandaskan masyarakat untuk pada akhirnya kembali lagi kepada masyarakat. Sebagai contoh, salah satu orang pengusaha e-commerce tersukses Tiongkok, Jack Ma sering mengutarakan dalam banyak wawancara bahwa “apabila Anda memiliki 1 juta dolar, itu memang uang Anda; disaat Anda memiliki 10 juta dolar, itulah disaat masalah mulai berdatangan dan Anda mulai khawatir akan inflasi dan hal lainnya. Waktu Anda memiliki 1 milyar dolar, itu adalah kepercayaan yang diberikan orang-orang. Itu bukan uang Anda.” Atau yang akhir-akhir ini sering terlihat dalam bentuk iklan sebelum kita menonton video pilihan kita di Youtube bermain, seorang tua membuka iklan itu dengan mengatakan “I think most of you wouldn’t know me. I am Manoj Bhargava, founder of 5-hour energy”. Jujur sebelum melihat video ini, saya belum pernah mendengar atau melihat namanya dimana pun. Padahal, setelah saya melakukan sedikit riset ternyata Manov Bhargava, seorang India di USA, oleh kebanyakan orang, pastilah sudah diperkiran , mengacu kepada teori Maslow, bahwa ia sudah mencapat tingkat aktualisasi diri, lewat bisnis dan pencapaiannya, dalam tahapan dimana potensinya sebagai seorang manusia sudahlah mencapai titik tertinggi. Namun, kehadirannya dalam iklan singkat tersebut membuktikan bahwa pencapaian terbesar dirinya ternyata adalah keterlibatannya secara langsung terhadap bantuan-bantuan sosial dan aksi filantrofisnya, seperti yang ia katakan juga dalam iklan tersebut “if you have wealth, it is a duty to help those who don’t”. Kira-kira, begitulah sedikit pendapat saya mengenai teori Maslow tersebut. Sekian dan terimakasih, Pak atas kesempatan untuk berkomentar di blog Bapak.

    Mikail Karim, mahasiswa fakultas hukum dengan NIM 201541017

    Referensi:
    A. H. Maslow, “A Theory of Human Motivation,” Psychological Review, July 1943, pp. 390–396.

    Edwin C. Nevis, “Cultural Assumption and Productivity: The 
United States and China,” Sloan Management Review, Spring 1983, pp. 17–29.

    Hodgetts, Richard M., and Fred Luthans. International Management: Culture, Strategy, and Behavior. 8th ed. Boston: McGraw-Hill, 2006. 425-429. Print.

    Richard Mead, International Management: Cross-Cultural Dimensions (Cambridge, MA: Blackwell, 1994), pp. 209–212.

  165. Nurhata
    201321082
    Sesi 24

    Pendapat saya kebutuhan manusia bermacam macam tidak semua sama. Kebutuhan manusia juga tergantung pada tingkat kemampuan yang dimilikinya. Selain itu kebutuhan yang mendasar yaitu kebutuhan psikologis. Jila kebutuahan psilologis seseorang terpenuhi maka kebutuhann yang lain akan melengkapi. Terimakasih

  166. Dela Fariha Fuadi
    201466144
    Sesi 24

    Kita tidak mampu memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi sebelum kebutuhan yang berada dibawahnya terpenuhi. Namun dalam proses pemenuhannya tidak selalu harus berdasarkan hierarki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>