Teori Motivasi

Motivation Theory

Motivasi adalah dorongan untuk mencapai tujuan tertentu. Dorongan itu bisa saja berbentuk: antusiasme, harapan dan semangat. Semua yang kita lakukan setiap hari senantiasa dibayangi oleh adanya motivasi. Misalnya, seorang karyawan yang bekerja tentu saja memiliki motivasi bekerja, begitu pula seorang atlet memiliki motivasi bertanding, seorang pelajar dengan motivasi belajar, dan lain sebagainya.

• Dasar Pemikiran
Salah satu cara memahami hakekat manusia adalah dengan pendekatan yang lebih mengarah kepada teori tentang kepribadian manusia. Dewasa ini telah banyak hasil yang dicapai oleh para ahli psikologi dalam usaha untuk menyusun teori kepribadian . Pembahasan tentang kepribadian ini berkaitan erat dengan perilaku manusia yang salah satu determinannya adalah motivasi.
Berdasarkan penggolongan determinan perilaku manusia itulah para ahli psikologi mengemukakan teori-teorinya tentang motivasi. Di antara teori motivasi yang dikemukakan adalah teori aktualisasi diri yang pertama kali dikemukakan oleh Carl Rogers dan kemudian dikembangkan oleh Abraham H. Maslow. Abraham H. Maslow ini dianggap sebagai tokoh madzhab ketiga dari aliran psikologi yang melakukan penelitan dengan cara meneliti orang-orang yang sehat sebagai obyeknya.

• Teori Motivasi Maslow
Hakikat Manusia
Tentang hakekat manusia Maslow berpendapat bahwa manusia memiliki satu kesatuan jiwa dan raga yang bernilai baik, dan memiliki potensi-potensi. Yang dimaksud baik itu adalah yang mengakibatkan perkembangan kearah aktualisasi diri.
Kebutuhan Pokok Manusia
Manusia memiliki kebutuhan dasar yang akan selalu menjadi motivasi perilakunya, yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan keselamatan, kebutuhan akan memiliki dan rasa cinta, kebutuhan akan harga diri, dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Untuk dapat sampai pada tingkat aktualisasi diri semua kebutuhan-kebutuhan pokok manusia pada tingkat sebelumnya harus terpenuhi. Selain kebutuhan pokok tersebut yang disebut basic needs manusia juga memiliki metaneeds sebagai kebutuhan pertumbuhan seperti keadilan, keindahan, keteraturan, dan kesatuan.
Kebutuhan Pokok sebagai Unsur Motivasi
Teori Motivasi Maslow dibentuk atas dasar teori hirarki kebutuhan pokok. Dengan kata lain pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok inilah yang memotivasi manusia berbuat sesuatu. Teori ini tidak sekedar bersifat homeostatis tetapi juga homeostatis psikologis. Bahkan pada tingkat puncak kebutuhan yang disusun Maslow mengarah kepada mistisisme.

255 thoughts on “Teori Motivasi

  1. Motivasi itu sendiri muncul akibat dari keberagamannya kebutuhan manusia baik kebthan dasar sampai pengaktualusasian diri yg membuat kita melakukan sesuatu…

  2. Menurut saya motivasi merupakan pengaruh yang bisa saja diberikan oleh diri sendiri maupun oranglain, atau karena adanya suatu tuntutan yang harus dipenuhi, sehingga membuat seseorang terpacu untuk melakukan sesuatu. Motivasi sangat dibutuhkan untuk menunjang keinginan yang diharapkan.

    • Menurut saya pribadi : Motivasi adalah suatu dorongan yang timbul di dalam diri kita, yang mendorong kita untuk bertindak suatu hal, dan mencapai tujuan tersebut.

      Thank’s.

      Regards,
      Nama : Nurhayati.S
      NIM : 201552052
      Sesi : 24

  3. Semua orang pasti memiliki suatu tujuan, harapan, dan cita-cita yang kuat dalam kehidupannya, dan itulah yang dinamakan motivasi yang yang mendorong untuk mendapatkan segala sesuatu yang hendak dicapai. Akan tetapi sebagian orang terkadang tidak menyadari motivasi dalam diri mereka masing-masing, mereka hanya menganggapkan motivasi sebagai hal biasa yg tidak terlalu penting untuk dimiliki,ntidak berusaha dengan konsistensi melalui misi dalam hidupnya, sehingga pencapaian pun sulit untuk didapat. Pada dasarnya motivasi bisa berasal dari dalam diri manusia itu sendiri ataupun dari orang lain, yang pasti itu merupakan sesuatu hal yang positif untuk dimiliki dalam suatu kehidupan.

  4. Menurut saya, motivasi adalah sebuah stimulus dalam pencapaian target atau cita cita yang telah dicanangkan oleh kita . motivasi juga sangat mempengaruhi perilaku yang kita lakukan setiap hari. Dengan adanya motivasi, seorang individu memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya.

  5. menurut saya, motivasi adalah suatu proses yang terarah dan tepat oleh individu dengan di buktikannya ketekunan, intensitas, strategi, yang sesuai dengan apa motivasi yang akan dia tuju.

  6. Teori motivasi mengacu pada definisi motifasi yang merupakan sebuah proses yang berada pada diri seseorang yang dapat memberikan stimulasi terhadap tingkah laku atau memicu dilakukannya sebuah tindakan. Motivasi bisa dibilang merupakan rangsangan yang dirasakan seseorang untuk mencapai sebuah keadaan tertentu. Motivasi yang kuat tertanam pada jiwa seseorang akan mempengaruhi kualitas hidup yang akan diraihnya. Hal ini berkaitan dengan pencapaian yang didapatkan dalam hidupnya. Contohnya pada konteks belajar, seseorang mahasiswa harus menyelesaikan kuliahnya dengan baik, untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

  7. Motivasi adalah sebuah dorongan sehingga kita melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang kita inginkan atau memenuhi kebutuhan hidup kita. Motivasi diperlukan karena, dengan adanya motivasi kita bisa lebih terpacu untuk mencapai tujuan yg kita inginkan. Motivasi bisa berasal dari dalam diri individu itu sendiri, dari individu lain dan lingkungan sekitar.

  8. Pada hakikatnya, setiap manusia pasti mempunyai tujuan yang ingin dicapai, baik dalam jangka pendek, menengah, atau panjang. Untuk mewujudkannya, motivasi sangatlah dibutuhkan karena tidak menutup kemungkinan bahwa dalam meraih tujuan tersebut akan ada banyak halangan dan rintangan yang menghadang. Motivasi bisa berasal dari dalam atau luar individu. Dengan adanya motivasi yang tinggi, maka setiap orang pasti akan terus berjuang tanpa menyerah untuk mencapai tujuannya. Mereka tidak mengenal lelah serta akan bangkit bila terjatuh dan terus berjalan untuk meraihnya. Meskipun motivasi dari dalam adalah penentu utama keberhasilan, tetapi motivasi dari luar juga sangatlah penting karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dengan adanya dukungan/dorongan dari pihak-pihak di sekelilingnya, setiap orang akan semakin bersemangat untuk meraih tujuannya. Semangat yang semula luntur akan kembali lagi menjadi baru!

  9. Menurut saya, motivasi adalah dorongan atau pacuan yang seseorang miliki untuk melakukan sesuatu agar sebuah cita-cita yang diinginkan tercapai. Tujuan motivasi diantaranya adalah mempengaruhi kualitas hidup seseorang dalam pencapaian pada dirinya. Motivasi bisa berasal dari dalam diri individu itu sendiri, dari individu lain dan lingkungan sekitar. Trimakasih.

  10. Menurut pendapat saya motivasi adalah sebuah proses yang menjelaskan arah dan ketekunan yang dilakukan oleh seorang individu , atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan. Dengan arti lain motivasi dapat diartikan juga sebagai alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang yang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat disebut orang yang memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaan yang positif.

  11. Motivasi adalah dorongan semangat yang kita tujukan pada seseorang agar orang itu berhasil mencapai tujuannya.

    Terima Kasih

  12. Menurut saya Motivasi itu adalah dorongan untuk menuju kesuksesan yang seseorang ingin sampaikan atau cita citakan .dengan motivasi seseoorang bisa semangat mencapai tujuannya . dan semangat dengan cita citanya karna ia akan mengingfat Motivasi dari Motivatornya

  13. Menurut saya motivasi itu suatu dorongan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Karena motivasi itu kita bisa mencapai tujuan yang kita harapkan.

  14. Motivasi adalah kerakteristik psikologis manusia yang memberi kontribusi pada tingkat komitmen pada seseorang.
    Motivasi bisa diartikan juga proses kesediaan melakukan usaha tingkat tinggi untuk mencapai sasaran tertentu yang bisa memuaskan kebutuhan manusia itu sendiri

  15. Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan.

  16. Motivasi merupakan proses atau dorongan ke depan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Motivasi bisa berasal dari internal dan eksternal sehingga mempengaruhi seseorang atau individu untuk bertindak lebih jauh atau step by step ke depan secara tekun menuju tujuannya. Motivasi dapat dikatakan suatu alasan yang mendasar atau kuat dari suatu tindakan yang sekarang dilakukan untuk pencapaian tujuan tersebut.

  17. Motivasi sangat dibutuhkan dalam.hidup maayarakat untuk kelangsungan hidupnua. Motivaai sangat berperan oenting untuk menjmbuhkan sifat semangat dalam menjalani hidup, dan mewujudkan mimpinya. Motivasi yang kuat harus juga di iringi dengan tindakan yang setara, agar motivasi lebih terlihat fungsinya. Motjvasi diharapkan dapat menambah antusiasme dalah hidup seseorang.

  18. Secara singkat motivasi adalah tujuan yang hendak kita capai. Motivasi sendiri penting dimiliki setiap orang agar orang tersebut dapat mengetahui arah dan tujuan hidupnya atau apa yang hendak dicapai selanjutnya.

  19. Motivasi bisa dianggap sebagai dorongan untuk melakukan sesuatu. Motivasi bisa bertindak sebagai bahan bakar yang memberikan Anda kekuatan untuk mewujudkan impian. Motivasi dapat membuat orang biasa melakukan tugas-tugas yang luar biasa. Individu yang berbeda merasa termotivasi melalui cara yang berbeda pula.

  20. Motivasi adalah suatu dorongan unuk dapat mewujudkan suatu tujuan yang diinginkan. Motivasi tersebut dapat berupa semangat, keinginan, kecintaan terhadap orang lain, dan banyak lagi.
    Misalnya seorang anak sangat ingin membahagiakan orang tua yang ia cintai dengan menjadi seseorang yang mereka harapkan, misalnya dokter.
    Dan dia akan berusaha sangat keras untuk mewujudkannya demi kebahagiaan orang tuanya.

  21. Motivasi adalah suatu dorongan yang disadari dan disengaja untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar tergerak untuk bertindak melakukan sesuatu agar mencapai hasil atau tujuan yang diinginkan

  22. Motivasi adalah dorongan kehendakan yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi menjadi suatu kekuatan, tenaga atau daya, atau suatu keadaan yang kompleks dan kesiapsediaan dalam diri individu untuk bergerak ke arah tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari. motivasi seseorang dapat ditimbulkan dan tumbuh berkembang melalui dirinya sendiri dan dari lingkungan.

  23. motivasi merupakan suatu perasaan yang memaksa kita untuk merealisasikan apa yang kita ingin lakukan. motivasi bersifat mendorong, memaksa, membangun, menyemangati, mensugesti, membujuk seseorang untuk membuat rencana guna mencapai suatu tujuan atau mungkin impian yang selama ini hanya muncul di benak namun belum terealisasikan di depan mata. entah itu impian / tujuan yang baik ataupun yang buruk, motivasi adalah sebuah perasaan yang tanpa disadari menuntut seseorang untuk melakukan apa yang harus dilakukan demi menyatakan impian / tujuan tsb.

  24. motivasi adalah proses perubahan energi dalam diri pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi mencapai tujuan.

  25. Sebuah motivasi merupakan suatu dorongan untuk dapat melakukan hal yang lebih, melakukan hal yang lebih baik dan terpacu untuk melakukan hal yang baik untuk melangsungkan hidup kedepannya. sebuah motivasi memberikan dampak positive kepada orang yang menerimanya.

  26. menurut saya teori motivasi adalah suatu proses yang terarah dan tepat oleh individu untk menyemangati diri sendiri maupun orang lain untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ingin dicapainya. Baik dengan ucapan, perbuatan bahkan dengan memberikannya hadiah jika tercapai tujuannya.

  27. motivasi adalah dorongan atau keinginan dari hati untuk mencapai suatu tujuan. ketika usaha yang kita lakukan mendapat keberhasilan maka kita akan termotivasi untuk lebih baik lagi, sebaliknya ketika usaha kita mengalami kegagalan pun maka kita harus tetap termotivasi untuk mencoba lagi agar kesalahan yg dibuat dapat diatasi. dapat disimpulkan, motivasi adalah langkah awal menuju sukses

  28. motivasi menurut saya adalah suatu acuan untuk kita melakukan suatu proses guna mencapai tujuan tertentu. motivasi seperti menjadi penyemangat kita dalam menjalani proses tersebut. jika melakukan sesuatu tanpa motivasi dan tujuan sama saja berjalan di padang pasir, tidak tau ke mana arah dan tujuannya.

  29. Menurut saya Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan yg ia capai atau inginkan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk tercapainya suatu tujuan. seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan.

  30. Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan / tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan / keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan.

  31. Motivasi : suatu pendorong / pengacu / faktor yang mendorong seseorang dalam bertindak , melakukan sesuatu . Bisa berdampak positif dan bisa berdampak negatif . Tergantung individunya masing-masing.

  32. Menurut saya, motivasi adalah dorongan dari orang lain untuk kita agar kita bisa belajar lebih baik lagi untuk kedepannya. Motivasi ada karena dari individu tersebut merasa bahwa Ia tidak bisa mencapai suatu tujuan. Dan yang bisa memberikan motivasi tersebut adalah orang-orang terdekatnya, seperti orang tuanya. Contoh motivasi menurut saya, jika seorang anak merasa bosan dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari dan merasa dikucilkan dengan lingkungan sekitar, disini peran orangtua yang harus memberikan motivasi kepada anaknya agar dia tidak merasa bosan lagi dan tidak peduli dengan omongan orang yang mengucilkannya,

  33. Motivasi didefinisikan sebagai keadaan dalam diri individu yang menyebabkan mereka berperilaku dengan cara yang menjamin tercapainya suatu tujuan. Motivasi menerangkan mengapa orang-orang berperilaku seperti yang mereka lakukan. Semakin wirausahawan mengerti perilaku anggota organisasi. semakin mampu mereka mempengaruhi perilaku tersebut dan membuatnya lebih konsisten dengan pencapaian tujuan organisasi. Karena produktivitas dalam semua organisasi adalah hasil dari perilaku anggota organisasi, mempengaruhi perilaku ini adalah kunci bagi wirausahawan untuk meningkatkan produktivitas.

  34. motivasi adalah keseluruhan daya penggerak atau pendorong didalam diri yang menimbulkan kegiatan menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan sehingga tujuannya bisa tercapai.

  35. Menurut saya, motivasi adalah dorongan atau pacuan yang seseorang miliki untuk melakukan sesuatu agar sebuah cita-cita yang diinginkan tercapai. Tujuan motivasi diantaranya adalah mempengaruhi kualitas hidup seseorang dalam pencapaian pada dirinya. Motivasi bisa berasal dari dalam diri individu itu sendiri, dari individu lain dan lingkungan sekitar. Trimakasih

  36. LIKA DESI NATALIA (2013-11-246) SEKSI 15

    Motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.

  37. Motivasi adalah sesuatu yang dilakukan untuk merangsang kedalam pemikiran dan rasa emosional. Agar individu bisa menjalani hidupnya dengan lebih semangat dan mengerti apa yang harus dilakukan oleh individu tersebut atau hidupnya menjadi lebih terarah, karena adanya motivasi dalam diri individu tersebut.

  38. motivasi adalah sebuah nasehat orang yang mendorong orang laen untuk menjalankan hidup dengan baek.
    contoh motivasi seperti bapak mario teguh yang motivasi

  39. Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan

  40. Motivasi adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.

  41. Motivasi adalah penggerak dalam diri seseorang untuk memenuhi suatu tujuan dan menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau mendorong tingkah lakunya untuk mencapai suatu maksud dalam diri seseorang

  42. Motivasi adalah sebuah dorongan sehingga kita melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang kita inginkan atau memenuhi kebutuhan hidup kita. Motivasi diperlukan karena, dengan adanya motivasi kita bisa lebih terpacu untuk mencapai tujuan yg kita inginkan. Motivasi bisa berasal dari dalam diri individu itu sendiri, dari individu lain dan lingkungan sekitar.

  43. motivasi yang yang mendorong untuk mendapatkan segala sesuatu yang hendak dicapai. Akan tetapi sebagian orang terkadang tidak menyadari motivasi dalam diri mereka masing-masing,

  44. Motivasi itu adalah dorongan untuk menuju kesuksesan yang seseorang ingin sampaikan atau cita citakan .dengan motivasi seseoorang bisa semangat mencapai tujuannya . dan semangat dengan cita citanya karna ia akan mengingfat Motivasi dari Motivatornya

  45. Motivasi adalah suatu dorongan yang ada didalam diri seorang untuk melakukan suatu tindakan atau untuk mencapai sesuatu yang telah direncanakanya. motivasi bisa membangunkan semangat seseorang agar orang tersebut bisa mencapai tujuanya.

  46. Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan seseorang individu untuk mencapai tujuannya

  47. Menurut saya, teori motivasi sendiri ada kaitannya dengan teori hierarki kebutuhan, teori hierarki kebutuhan adalah teori pemenuhan kebutuhan yang berarti pemenuhan kebutuhan tersebut harus disertai adanya motivasi, motivasi sendiri mempunyai arti faktor yang mendorong orang untuk melakukan sesuatu, jadi jika tidak ada motivasi bagaimana seseorang itu akan memenuhi kebutuhannya?

  48. Menurut saya,motivasi adalah tujuan yg ingin dicapai yg mana tujuan itu sendiri yang menjadi dorongan untuk mencapainya cth ketika kita lapar kita ingin kenyang dan pada saat itu uga kita langsung mencari makan agar kita kenyang

  49. Bissmillahirrohmanirrohim.
    menurut saya Motivasi ini adalah suatu pedoman manusia dalam mencapai suatu tujuan yang didalamnya tediri sebuah semangat akan tercapainya tujuan itu sendiri

  50. motivasi juga dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat semngat dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri maupun dari luar individu. Seberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan terhadap kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja maupun dalam kehidupan lainnya.

  51. Menurut saya motivasi merupakan suatu dorongan, semangat dalam bentuk apapun yang membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan sesuatu. Tetapi motivasi saja belum cukup, kalau tidak ada niat di dalam hati suatu individu untuk mencapai sesuatu. Jadi motivasi dengan keinginan harus selaras, sehingga kebutuhan atau keinginan suatu individu dapat tercapai.

  52. Saya setuju dengan Motivasi yg dipaparkan di atas.
    Dan menurut saya, MOTIVASI adalah pencapaian akhir pada suatu tindakan yg mana dapat menimbulkan semangat kita untuk selalu menjadi yg unggul dan berprestasi.

  53. Menurut pendapat saya.. Motivasi yaitu Faktor yang mendorong setiap individu untuk mencapai suatu tujuan dan mewujudkan cita-cita yang di ingini. motivasi dapat terwujud karena adanya dorongan dari dalam diri kita sendiri untuk bertindak demi mencapai tujuan tersebut.

  54. Banyak para ahli yang sudah mengemukakan pengertian motivasi dengan berbagai sudut pandang para ahli masing-masing. Dari berbagai pendapat tersebut memiliki inti yang sama yaitu motivasi merupakan pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang ke dalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu.

  55. Menurut Saya Motivasi yaitu ; Keinginan induvidu untuk mendapatkan gairah atau Semangat yang menggebu, agar bisa bangkit dari keterpurukan yang sedang dialami menuju pintu kesuksesan yang berkesinambungan.

  56. Menurut saya Motivasi adalah suatu acuan dorongan untuk kita menjadi sukses, tetapi motivasi dapat terwujudkan jika kita niat dari dalam diri kita sendiri untuk melakukan suatu pencapain tersebut.

  57. menurut saya motivasi salah satu tujuan untuk membangkitkan segala sesuatu yang bersifat positif untuk mencapai tujuan bersama.
    motivasi itu membuat pribadi bangkit dan berfikir secara matang dan dapat menyelesaikan secara bijak, dan juga memberikan banyak inspirasi.

  58. Motivasi adalah dorongan yang ada dalam diri sendiri yang membuat kita akan bertindak untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  59. Menurut saya Motivasi itu adalah Faktor Pendorong atau Penggerak seseorang untuk melakukan sesuatu yang baik maupun buruk untuk suatu tujuan tertentu.

    • Menurut saya Motivasi itu adalah Faktor Pendorong atau Penggerak seseorang untuk melakukan sesuatu yang baik maupun buruk untuk suatu tujuan tertentu.

  60. 201352051_Siti Rahmayati_Seksi_59
    Menurut saya, motivasi adalah suatu dorongan dari dalam diri kita untuk memacu kita dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai atau diraih sesuai dengan apa yang ditargetkan oleh diri kita sendiri. Dan dalam teori motivasi itu sendiri mengarahkan kita untuk berusaha mewujudkan kebutuhan manusia itu sendiri sehingga kita dapat mengaktualisasikan diri kita sesuai dengan keadaan dan tujuan yang ingin dicapai.

  61. Menurut saya motivasi adalah arahan cara berpikir yang memacu sebuah keinginan entah itu positive ataupun negative

  62. Menurut saya Motovasi adalah faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu/mencapai tujuan.
    Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).

  63. Menurut saya Motivasi adalah faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu/mencapai tujuan.
    Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).

  64. Menurut pemikiran saya, motivasi itu merupakan suatu tujuan yang didukung dengan suatu tindakan. misalnya seseorang ingin membeli sebuah handphone baru maka tidakan yang dia lakukan adalah mengumpulkan uang dengan cara berkerja untuk mendapatkan uang lalu menabung atau menyisihkan uag saku untuk ditabung sehingga dia bisa membeli handphone itu. motivasinya adalah handphone baru tindakan pendukung untuk mencapai tujuannya adalah berkerja dan menabung atau menyisihkan uang jajan dan menabung.

  65. Menurut pendapat saya. Motivasi usaha itu semacam prinsip seseorang yang terdapat pada dirinya masing-masing. dan benar seperti apa kata yang tertulis di atas bahwa motivasi butuh antusiasme, harapan dan semangat. karena tanpa adanya itu seseorang berarti tidak memiliki motivasi pada dirinya.

  66. menurut saya, motivasi adalah suatu dorongan yang menyebaban seseorang melakukan tindakan dan perbuatan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. motivasi dapat menjadi suatu kekuatan untuk bergerak ke arah tujuan baik disaari ataupun tidak disadari.

  67. motivasi adalah suatu proses yang mempengaruhi atau mendorong seseorang dari luar untuk mencapai tujuan tertentu. kekuatan yang bersembunyi didalam diri kita, yang dapat mendorong kita untuk berkelakuan, bertindak ataupun kemauan yang mendorong untuk memenuhi kebutuhan.

  68. menurut saya, motivasi itu merupakan rangsangan kita untuk melakukan dan mencapai tujuan yang kita mau. Dalam arti,motivasi itu semacam gambaran sebelum kita bertindak mencapainya. Tanpa motivasi,tidak ada hal yang tercapai dalam hidup ini. Karena motivasi sendiri sangat kita butuhkan.

  69. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    pada dasarnya motivasi adalah suatu keinginan dalam mencapai suatu tujuan , sehingga ada “spirit” yang membara dalam diri dan hati kita dalam melaksanakan tujuan tersebut .

    terima kasih.
    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

  70. Menurut saya Motivasi adalah Keinginan akan tercapainya sesuatu untuk apa yang akan kita kerjakan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan tersebut. Motivasi juga bisa menentukkan apakah yang kita kerjakan sudah bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dan jika kita sudah bisa mendapatkan keinginan tersebut pasti kita bisa merasakan hasil yang maksimal. contoh. motivasi saya dalam menjalani hidup ini adalah untuk membuat kedua orang tua saya bangga dan menjadikan hari tua kedua orang tua saya merasakan hasil apa yang sudah mereka berikan selama ini kepada saya, memberikan rumah dan keperluan hari tuanya sehingga sejak saya bisa menghasilkan uang sendiri saya mencoba menabung dan berusaha bekerja untuk mencapai keinginan tersebut. keinginan tersebut menjadikan motivasi saya dalam bekerja dan melanjutkan kuliah hingga bisa mendapatkan hasil yang lebih besar.Terima kasih

  71. Menurut saya, motivasi adalah sesuatu yang membangkitkan hasrat seseorang untuk mencapai tujuannya, yang walaupun manusi tersebut belum tahu apa yang harus dia lakukan sebagai langkah awalnya namun dengan adanya hasrat tersebut akan memunculkan keinginan manusia tersebut untuk mencari cara serta bertindak dalam berusaha mencapai tujuannya. Dan motivasi ini bisa dikatakan sebagai faktor pendorong seseorang untuk memiliki hasrat untuk pencapaian tujuan, bisa diperoleh dari orang lain atau pun adanya faktor-faktor internal dari pribadi orang tersebut.

  72. Menurut saya motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul dari orang lain atau diri sendiri untuk mencapai suatu tujuan yang diingnkan.
    Motivasi juga dapat dikatakan sebagai alasan yang mendasari seseorang untuk melakukan suatu tindakan aau perbuatan tertentu baik positif maupun negatif.

  73. ira indriani (2012-11-153) seksi 59

    menurut saya motivasi itu adalah suatu semangat dan keinginan yang mendorong kita untuk mencapai sesuatu ,sehigga membuat seseorang terpacu untuk melakukan sesuatu agar apa yang diinginkan dapat terpenuhi.

  74. Menurut saya Motivasi Usaha adalah dorongan diri individu yang menyebabkan seseorang berperilaku untuk memenuhi tujuan untuk membangun suatu nilai dengan menciptakan sesuatu yang belum ada menjadi ada.

  75. Menurut saya motivasi adalah acuan dalam diri kita entah dalam bentuk semangat atau tindakan , dalam melakukan hal hal untuk mendapatkan satu hal yang kita inginkan .
    Terimakasih..

  76. Menurut saya Motivasi adalah faktor yang mendorong untuk mencapai tujuan yaitu dengan tindakan, motivasi dapat diartikan sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif. Motivasi dapat dikaitkan dengan kebutuhan, sehingga motivasi menjadi aktif pada saat-saat tertentu, terutama bila kebutuhan untuk mencapai tujuan sangat dirasakan atau mendesak.

  77. Mohon maaf untuk keterlambatan saya pak… saya kesulitan untuk membuka blog ini

    menurut saya motivasi terbaik itu adanya dari dalam diri sendiri, motivasi itu dapat muncul dari sebuah mimpi secara tidak langsung mimpi akan berubah jadi motivasi yang sangat tinggi dan jika kita memang yakin akan mimpi itu insyallah akan tercapai walaupun dengan proses yang panjang.

    Terimakasih

  78. SRI MULYANI 2013-11-461 Seksi 58.
    Motivasi merupakan dorongan seseorang untuk berbuat atau bertindak untuk mencapai apa yang diinginkan. Motivasi bisa dikatakan sebagai alasan yang mendasari seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti kebutuhan akan makan, pakaian, tempat tinggal, dan kebutuhan akan kesenangan atuu hiburan.
    Motivasi timbul dari dalam diri dan dari luar lingkungan (misalnya kebutuhan hidup bermasyarakat).

  79. NIM : 2013-12-309
    Seksi 58
    Menurut saya motivasi itu sendiri adalah dorongan yang dapat membuat seseorang melakukan sesuatu sesuai keinginannya sendiri maupun orang lain. Motivasi sangat mempengaruhi persentase keberhasilan dari hal-hal yang akan dilakukan oleh orang tersebut.

  80. 201311267 – Fendy – seksi 58

    Menurut saya, motivasi adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup. Setiap hal yang kita lakukan pasti memiliki penggeraknya, itulah yang dinamakan motivasi. Dengan motivasi, kita memiliki alasan dan tujuan dalam melakukan sesuatu.
    Terima kasih pak.

  81. Menurut saya motivasi adalah rasa yang muncul dari dalam diri seseorang yang mendorong seseorang tersebut untuk melakukan usaha demi mencapai sesuatu yang dia inginkan.

    Terima kasih

  82. Semua manusia di dunia ini pasti mempunyai cita-cita atau tujuan hidup, untuk mencapai cita-cita atau tujuan hidup tersebut diperlukan adanya perjuangan dan pengorbanan. Dalam perjuangan itu, ada kalanya kita down dan akhirnya tidak melanjutkan perjuangan tersebut. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya sebuah dorongan dalam diri kita, alasan mengapa kita perlu berjuang. Agar pada saat perjuangan mental kita tidak mudah down dan tetap semangat melalui setiap kesulitannya. Dan dorongan itu dinamakan MOTIVASI.

    Terima Kasih.

  83. Menurut saya motivasi adalah suatu proses perubahan yang terjadi dalam diri seseorang untuk mencapai tujuan tertentu yang lebih baik dari sebelumnya, seperti pepatah mengatakan “Hidup tanpa mempunyai TUJUAN sama seperti layang-layang putus. Miliki tujuan dan PERCAYALAH anda dapat mencapainya”.

  84. menurut saya, motivasi adalah kunci yang akan membuka potensi manusia. salah satu motivasi yang paling dibutuhkan pelaku usaha adalah keinginan nya untuk terus belajar dan menambah ketrampilan nya.

  85. Menurut saya motivasi adalah dorongan didalam diri seseorang yang timbul / bangkit untuk mencapai hal-hal yang kita inginkan. Motivasi timbul untuk mendorong gairah seseorang agar mau berjuang dan bekerja keras untuk mendapatkan segala hal yang kita mau atau kita inginkan. Motivasi yang timbul didalam diri seseorang untuk mendapatkan hal yang diinginkan timbul secara sadar atau tidak sadar.Motivasi juga dapat timbul dari orang lain atau lingkungan.

  86. Motivasi adah dorongan untuk mencapai tujuan tertentu. Melalui pendekatan kepribadian, manusia memiliki needs karena ada jiwa dan raga yang bersifat baik dan memiliki potensi-potensi. Seperti pada blog sebelumnya tentang Teori Hierarki Kebutuhan, kebutuhan pokok manusialah yang merupakan unsur dari motivasi.

  87. Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk tercapainya suatu tujuan.
    Motivasi dapat berupa motivasi intrinsic dan ekstrinsic. Motivasi yang bersifat intinsik adalah manakala sifat pekerjaan itu sendiri yang membuat seorang termotivasi, orang tersebut mendapat kepuasan dengan melakukan pekerjaan tersebut bukan karena rangsangan lain seperti status ataupun uang atau bisa juga dikatakan seorang melakukan hobbynya. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah manakala elemen elemen diluar pekerjaan yang melekat di pekerjaan tersebut menjadi faktor utama yang membuat seorang termotivasi seperti status ataupun kompensasi.

  88. menurut saya, motivasi usaha adalah keadaan dalam diri seseorang yang biasanya berupa dorongan dan menyebabkan seseorang berprilaku dalam memenuhi kebutuhan atau tujuan untuk mencapai kesuksesan.

  89. Hidup tanpa motivasi seperti jalan dalam kegelapan; tak ada arah yg di tuju, tak ada pegangan, apalagi secercah cahaya. Jadi motivasi ibarat cahaya, arah maupun tujuan kemana kita akan hidup.. setiap manusia pasti mempunyai motivasi hidup untuk membawa ke kehidupan yg lebih baik

  90. Menurut saya Motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang mendorong seseorang atau sekelompok orang aktif bertindak untuk mencapai suatu tujuan yang di kehendakinya.

  91. bentuk dari motivasi adalah tujuan,setiap orang harus memiliki motivasinya sendiri untuk mencapai sebuah tujuan.motivasu itu sendiri terkadang muncul dari orang-orang yang ada di sekitar kita,atau bisa dibilang dari orang yang terpenting dalam hidup kita.motivasi bukan semata-mata hanya mencapai sebuah tujuan,tetapi motivasi itu bisa dijadikan suatu pegangan hidup untuk mencapai segala hal.

  92. Motivasi yaitu faktor yang mendorong kita agar berbuat atau bertindak sesuatu untuk tujuan yang dicapai. contohnya yaitu mencapai suatu prestasi. Prestasi adalah sesuatu yang kita capai belum tentu orang lain capai. apakah kita sudah mencapai prestasi tersebut? sudah tercapai menurut saya, apa yang telah saya capai? sebagai salah satu contohnya yaitu saya dapat berkuliah, itulah prestasi yang telah saya capai.

  93. Motivasi adalah faktor yang mendorong kita agar bertindak sesuatu untuk tujuan yang dicapai. contohnya yaitu mencapai suatu prestasi.
    Prestasi adalah sesuatu yang kita miliki belum tentu orang lain capai.
    Apakah kita sudah mencapai prestasi tersebut? sudah tercapai menurut saya, apa yang saya capai? sebagai salah satu contoh prestasi yang telah saya capai yaitu saya dapat berkuliah. inilah salah satu prestasi yang telah saya capai.

  94. Menurut saya Motivasi dapat terdiri dari 2 sumber yaitu; dr dalam diri sendiri dan dari luar atau orang lain.
    Motivasi dari dalam diri sendiri merupakan suatu dorongan atau alasan dasar yang membuat seseorang melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan dengan keiinginan dari pribadi masing-masing untuk mencapai sebuah harapan atau keinginan yang di cita-citakan. Dapat berupa: Harapan: Cita-cita
    Sedangkan,
    Motivasi dari luar ( orang lain ) merupakan suatu dorongan atau pemicu untuk melakukan sebuha pekerjaan yang berasal dari luar diri ( Ekstrinsik ) untuk mencapai suatu hal yang kita inginkan yang nilai nya sebanding dengan apa yang kita kerjakan.Dapat berupa : Gaji, kemewahan.

    Tentunya manfaat dari motivasi yang muncul dr diri sendiri lebih besar bila dibandingkan dengan manffat dari motivasi ekstrinsik.
    hal ini dipengaruhi oleh faktor pendorong yang kuat yang biasanya timbul dari dalam diri sendiri karena motivasi intrinsik lebih berorientasi kepada kepuasan ataupun kebanggan batin sehingga efek nya lebih besar dan memubuat seseorang melakukan suatu hal dengan lebih giat.

  95. Motivasi adalah faktor yang mendorong kita agar bertindak sesuatu untuk tujuan yang dicapai. contohnya mencapai suatu prestasi.
    Prestasi adalah sesuatu yang kita capai belum tentu orang lain bisa mencapainya. Jadi, apakah kita sudah memiliki prestasi? tentu sudah memiliki prestasi menurut saya, prestasi apa yang saya capai, sebagai salah satu contonya yaitu saya bisa berkuliah inilah salah satu contoh prestasi saya.

  96. menurut saya motivasi adalah suatu dorongan yang berpengaruh besar untuk kita dapat menggapai atau mencapai apa yang kita inginkan dengan sangat ambisus.

  97. Menurut pandangan saya motivasi usaha adalah suatu dorongan dalam diri seseorang, yang mendorong orang tersebut untuk melakukan sesuatu, guna untuk mencapai tujuan dan keinginannya.

  98. motivasi itu sendiri akan muncul jika kita sudah melakukan sesuatu hal namun gagal hal tersebutlah yang memunculkan rasa ingin mencapai tujuan dan serta dorongan yang kuat untuk menggapai tujuan tersebut.

  99. menurut saya, memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang. Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang seringkali disamakan dengan semangat,

    • Irma Marita Wachid 201311488 seksi 58
      Menurut saya motivasi usaha itu sesuatu yang membuat kita bertindak / tergerak untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan,dan dalam mencapainya kita harus mempunyai usaha dan dukungan dari orang-orang disekitar kita.dan juga dalam motivasi tersebut kita harus mempunya prestati yang kita dapatkan yaitu sesuatu yang kita capai tapi orang lain belum tentu orang lain mencapainya.

  100. Setiap tujuan yang kita cita-citakan, kita harapkan untuk dapat terwujud. Bagaimana cara mewujudkannya ? Selain daripada usaha yang harus kita upayakan, motivasi juga berpartisipasi dalam mewujudkannya. Menurut saya, istilah motivasi ditujukan sebagai motor penggerak dalam mencapai suatu tujuan yang kita cita-citakan. Motor penggerak ini dapat kita peroleh dari dalam diri kita sendiri (intrinsic factor) maupun berasal luar (ekstrinsic factor). Motivasi inilah yang akan menjadi dorongan, kekuatan, penyemangat kita untuk mewujudkan cita-cita yang kita impikan. Telah disinggung sebelumnya, bahwa motivasi terdiri dari 2 faktor yakni :
    – Faktor Intrinsik : Faktor yang berasal dari pribadi masing-masing setiap individu sehingga dapat menggerakkan mereka untuk mencapai cita-cita.

    – Faktor Ekstrinsik : Faktor yang berasal di luar daripada individu. Contohnya : Motivasi orang lain, Penghargaan yang diperoleh apabila mencapai suatu tujuan.

    Maslow menggambarkan motivasi yang ada pada saat ini dilahirkan dari adanya keberagaman kebutuhan setiap individu untuk dipenuhi. Mulai dari kebutuhan dasar hingga yang paling tertinggi. Kebutuhan tertinggi akan terpenuhi jikalau kebutuhan dasar telah terpenuhi. Keinginan dan kebutuhan inilah yang mendorong manusia untuk melakukan segala sesuatu demi memenuhi kebutuhannya.

  101. Carla Magdalena Habibuw-201352175,seksi 59
    Menurut saya ,
    Motivasi merupakan kondisi atau energi yang menggerakkan diri sendiri yang terarah atau tertuju untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Sikap mental dari diri kita yang pro dan positif terhadap situasi apapun itulah yang memperkuat motivasi untuk mencapai hasil maksimal”.
    Enam Karakteristik orang yang mempunyai motivasi itu bisa ditunjukkan dengan memiliki tingkat tanggung jawab pribadi yang tinggi, berani mengambil dan memikul resiko, memiliki tujuan realistik,memiliki rencana kerja yang menyeluruh dan berjuang untuk merealisasikan tujuan,memanfaatkan umpan balik yang konkrit dalam semua kegiatan yang dilakukan, dan mencari kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah diprogramkan.

  102. Menurut saya motivasi adalah dorongan untuk mencapai sebuah tujuan. motivasi dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan hal hal yang akan dilakukannya.
    Terimakasih

  103. dalam mencapai keberhasilan faktor motivasi adalah hal yang paling membangun diantara semuanya, dengan adanya motivasi itu, menjadikan pendorong segala sesuatu hal yang kita kerjakan .

  104. Rohani ( 2012-52-109) seksi 59

    Dear Bp Darmamsyah,

    Menurut saya motivasi merupakan salah satu hal dasar yang wajib dimiliki manusia sebagai dasar alasan dan pemacu semangat dalam setiap tindakannya. Motivasi berbeda dengan tujuan, tujuan merupakan hal yang ingin kita capai, sedangkan motivasi adalah alasan yang mendasari tujuan dari tindakan kita.

    Dengan memiliki motivasi, manusia akan lebih terarah dan fokus dalam mengerjakan sesuatu. Contohnya, pegawai yang memiliki motivasi dalam bekerja ( mendapat gaji, jenjang karir, pengakuan dari atasan, dsb. ) pada dasarnya hasil pekerjaannya akan lebih maksimal dibandingkan pegawai yang tidak memiliki motivasi.

    Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita memiliki motivasi dalam segala pekerjaan yang kita lakukan ( bekerja, belajar, berkreasi, bisnis, dsb. ) agar segala pekerjaan dapat terasa menyenangkan dan mendapat hasil maksimal.

    Best regards,
    Rohani

  105. Motivasi terbentuk dari adanya suatu kebiasaan yang mencerminkan sifat atau kepribadian manusia. manusia itu sendiri mempunyai kebutuhan yang mendorong adanya aktifitas yang harus dilakukan setiap harinya. Dengan adanya suatu motivasi manusia melakukan segala sesuatunya menjadi jelas dengan adanya satu tujuan yang akan dituju.

    Terima kasih.

  106. menurut saya, motivasi adalah faktor yang mendorong seseorang untuk memenuhi kebutuhannya ataupun untuk meraih tujuan yang sudah ditetapkan dirinya sendiri. motivasi bisa berasal dari dalam maupun dari luar diri, misalnya seorang karyawan bekerja dengan giat karena ingin agar atasannya mengakui pekerjaanya (dari luar diri), atau bisa juga karena dia ingin pekerjaannya cepat selesai untuk kepuasan batinnya (dari dalam diri)

  107. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Menurut saya motivasi merupakan hal yang menjadi pemacu semangat dan alasan dalam tindakan manusia. Motivasi berbeda dengan tujuan, bila tujuan adalah goal akhir yang ingin dicapai, maka menurut saya motivasi ialah alasan yang mendasari tindakan manusia.
    Dengan adanya motivasi, manusia menjadi lebih terarah serta memungkinkan manusia memberikan hasil maksimal dalam pekerjaannya.
    Karyawan yang memiliki motivasi tinggi dalam bekerja (kenaikan salary, jenjang karir, pengakuan dari atasan, nafkah keluarga, dsb.) tentunya hasil yang diberikan berbeda dengan karyawan yang tidak memiliki motivasi dalam bekerja.

    Best regards,
    Rohani

  108. motivasi adalah sesuatu tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. yang terpenting saat kita termotivasi adalah bagaimana kita bisa mempertahankan motivasi tersebut, karena motivasi tidak ada yang permanen. motivasi adalah kondisi pikiran kita yang kapan saja itu bisa luntur. jadi sangan penting jika kita termotivasi melalukan sesuatu hal kita menjaga motivasi tersebut.

  109. motivasi dapat di artikan sebagai kekuatan seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan .

  110. Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk tercapainya suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan.

  111. Menurut pendapat saya motivasi adalah sebuah faktor yg mendorong manusia untuk bertindak atau melakukan sesuatu yg di inginkan. Motivasi diperlukan karena, dengan adanya motivasi kita bisa lebih terpacu untuk mencapai tujuan yg kita inginkan. Motivasi bisa berasal dari dalam diri individu itu sendiri, dari individu lain dan lingkungan sekitar.

  112. Maslow mengatakan piramida kebutuhan terbagi menjadi kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial , penghargaan dan aktualisasi diri. Aktualisasi diri merupakan kebutuhan tertinggi. Sedangkan kebutuhan pokok merupakan kebutuhan terendah.

  113. motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.

  114. Google+ Followers
    Home » ilmu pengetahuan » Motivasi » Pengertian » Pengertian Motivasi
    Pengertian Motivasi

    Motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.

  115. Menurut penafsiran saya, motivasi yang lebih utama dapat timbul dari hakikat mimpi atau seseorang yang hendak dicapai dengan adanya faktor dari intern maupun ekstern yang menyertainya.

    Dalam ilmu sosiologi ada beberapa kebutuhan manusia yang harus dipenuhi, dan juga tidak harus dipenuhi.Disesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi.

  116. Menurut saya Pengertian Motivasi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul adanya gejala penasaran,kejiwaan dan emosi yang tinggi sehingga mendorong individu untuk melakukan atau bertindak sesuatu yang dibutuhkan,keinginan dan tujuan yang tinggi.

  117. Menurut saya Pengertian Motivasi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul adanya gejala perasaan, kejiwaan dan emosi yang tinggi sehingga mendorong individu untuk melakukan atau bertindak sesuatu yang dibutuhkan,keinginan dan tujuan yang tinggi.

  118. Motivasi yaitu dorongan semangat berupa kata2, pikiran ataupun tindakan yang membangun seseorang ke arah yg lebih baik. Motivasi bisa didapat dari dalam diri ataupun orang lain. ^^

    • Motivasi yaitu dorongan semangat berupa kata2, pikiran ataupun tindakan yang membangun seseorang ke arah yg lebih baik. Motivasi bisa didapat dari dalam diri ataupun orang lain. ^^

  119. 201466049
    motivasi adalah kemampuan seorang individu untuk melakukan suatu pekerjaan karena ada suatu tujuan yang ingin di capai oleh orang tersebut. Dengan adanya suatu impian atau tujuan tersebut maka setiap orang akan melakukan usaha dengan baik.

  120. Menurut saya Motivasi merupakan dorongan, rangsangan, dan pengaruh yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberi motivasi tersebut menuruti atau melaksanakan apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional, dan penuh rasa tanggung jawab.

  121. Menganalisa dari defenisi motivasi diatas saya mengambil kesimpulan bahwa Setiap individu yang hidup di bumi, sadar atau tidak sadar pasti punya motivasi, bahkan sudah sering mencoba mewujudkannya. Apa yang dilakukan atau diperbuat pasti memiliki tujuan akan kebutuhan yang diinginkannya. Yang jadi pertanyaan sampai sebatas mana motivasi itu, dan apakah setiap individu sudah mencapai itu???

    Bapak Abraham Maslow mempunyai penilaian bahwa aktualisasi diri menjadi kebutuhan tertinggi bagi setiap individu. Ini yang menjadi ukuran penting agar motivasi yang kita jalankan sepanjang daur kehidupan memperoleh makna yg positif dalam kehidupan bermasyarakat. Motivasi selalu berjalan seimbang dengan usaha setiap individu. Tidak ada individu yang bisa mencapi sesuatu yang dicita-citakannya tanpa usaha yang dilakukannya, begitupun sebaliknya tidak ada individu yang berusaha tanpa mempunyai motivasi :)

  122. Menurut saya, motivasi adalah dorongan, arah, dan tekad seorang individu untuk mencapai tujuannya, hal ini bisa dalam pekerjaan, cita-cita, dll. Karena setiap saat ketika seorang individu melakukan suatu pekerjaan/tindakan mereka pasti memiliki motivasi dalam dirinya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  123. Menurut saya motivasi merupakan suatu rangkaian proses atau tindakan yang didasari oleh adanya “TUJUAN”. Tidak semua “TUJUAN” bisa disamakan dengan “MOTIVASI” karena motivasi merupakan gabungan antara “TUJUAN” dengan “TINDAKAN/USAHA” dan motivasi hanya bisa muncul dari dalam diri sendiri.

    saya ambil contoh :

    Suatu hari seorang pengangguran datang ke acara seminar motivasi usaha, ia datang karena di seminar tersebut ada makanan gratis. kemudian ketika pengangguran ini sedang makan sambil mendengarkan motivator berbicara ia bersemangat ingin memiliki harta banyak, seminar akhirnya usai dan pengangguran pulang, dirumah ia hanya memimpikan bahwa ia akan memiliki harta yang banyak.

    Dari contoh diatas saya memiliki pendapat bahwa :
    1. pengangguran ingin makanan gratis (TUJUAN) kemudian ia pergi(TINDAKAN/USAHA) ke seminar motivasi usaha, maka kondisi seperti ini pengangguran memiliki “MOTIVASI”. Motivasi hanya muncul dari dalam diri sendiri.

    2. Pengangguran ingin memiliki harta banyak (TUJUAN) kemudian ia hanya bermimpi (Tidak melakukan usaha apapun) , maka kondisi seperti ini pengangguran tidak memiliki “MOTIVASI” . Motivasi hanya muncul dari dalam diri sendiri, dan menurut pendapat saya bahwa motivator hanya memberikan sebuah “TUJUAN” Dari sebuah “TUJUAN” diharapkan akan timbulnya “TINDAKAN/USAHA” dari dalam diri Sehingga out putnya menjadi “MOTIVASI”.

    mengacu kepada asal kata motivasi yaitu berasal dari kata “MOTIF” atau dari kata “MOVE” yang berarti “bergerak”, sehingga saya memiliki pemahaman bahwa MOTIVASI = TUJUAN + TINDAKAN.

  124. Menurut saya, Motivasi merupakan sebuah dorongan atau pacuan yang timbul di dalam diri setiap individu untuk mencapai sebuah tujuan. Tujuan ini bisa berupa keinginan ataupun kebutuhan untuk memenuhi hidup.

    Motivasi sangat diperlukan oleh masing-masing individu, karena dengan adanya motivasi, tujuan menjadi lebih fokus dan terarah. Tapi tentu saja tujuan tersebut harus diiringi dengan tindakan nyata atau usaha. Dengan adanya motivasi didalam diri individu, maka akan mempengaruhi kualitas hidupnya.

    Contoh sederhananya, apabila seseorang mempunyai keinginan membeli sebuah barang (tujuan), maka ia akan memotivasi dirinya untuk lebih giat menabung. Sehingga dia bisa mendapatkan barang yang dia inginkan/tujuannya tercapai.

    Terimakasih ^^

  125. Motivasi adalah dorongan dalam diri kita yang membuat kita bertindak. Motivasi juga dapat membuat kita memulai, memotivasi, membimbing kita untuk melakukan hal yang sesuai dengan tujuan tertentu dan mempertahankannya sampai tujuan itu tercapai.

  126. Menurut saya, motivasi adalah tujuan atau pendorong dr diri sendiri ataupun org lain dengan tujuan sebenarnya yang menjadi daya penggerak utama bagi seseorang dalam mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkannya baik itu secara positif ataupun negatif. Selain itu, Motivasi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul karna adanya gejala perasaan, kejiwaan dan emosi sehingga mendorong sseorg untuk melakukan atau bertindak sesuatu yang disebabkan karena kebutuhan, keinginan dan tujuan.
    Dan motivasi pun tidak akan berhasil atau menjadi sia” tanpa adanya rasa percaya diri dan kemauan dari org itu sendiri.

    Cth nya sprti :
    Saya termotivasi utk kuliah biar bisa memenuhi kebutuhan sehari” dan saya mendapatkan motivasi dr org tua saya krna org tua ingin anaknya llusan sarjana karna kakak”nya tdk ada yg sarjana.

    Cth diatas dpt simpulkan bahwa tanpaa adanyaa kemauan dr diri sndri utk kuliah maka motivasi yg d dapat dr org lain pun percuma sia” wlaupun diaa memiliki kemauan tanpa tindakan pun jg sia”
    Sperti kata org “TALK ONLY NOT ACT”

  127. Motivasi merupakan dorongan bagi seseorang untuk mencapai tujuannya, baik motivasi dari diri sendiri maupun dari orang lain. Motivasi itu sendiri dapat muncul dikarnakan kebutuhan dasar manusia .Setiap orang pasti memiliki keinginan dan keinginan tersebut modorong seseorang untuk bertindak, namun seringkali dorongan tersebut melemah disebabkan oleh beberapa faktor. Memotivasi diri adalah proses untuk menghilangkan faktor yang melemahkan dorongan kita.

  128.  Motivasi adalah semangat hidup, dorongan atau desakan alami dari dalam diri kita untuk mendapatkan sesuatu atau tujuan yang kita inginkan. Motivasi juga dapat diartikan sebagai ketekunan usaha untuk mencapai tujuan atau Proses mempengaruhi atau mendorong dari luar terhadap seseorang atau sekelompok orang agar mereka mau melaksanakan sesuatu yang telah di tetapkan

  129. Motivasi adalah semangat hidup, dorongan atau desakan alami dari dalam diri kita untuk mendapatkan sesuatu atau tujuan yang kita inginkan. Motivasi juga dapat diartikan sebagai ketekunan usaha untuk mencapai tujuan atau Proses mempengaruhi atau mendorong dari luar terhadap seseorang atau sekelompok orang agar mereka mau melaksanakan sesuatu yang telah di tetapkan.

  130. Menurut saya Motivasi adalah suatu dorongan dari seorang individu kepada individu lain maupun kelompok sehingga orang yang diberikan motivasi tersebut dapat mengikuti apa yang dimotivasikan oleh seorang motivator tersebut.

  131. Hidup tanpa motivasi itu galau. hidup kita tidak akan berjalan dengan baik dan tidak akan mengalir seperti air. Motivasi itu sangat penting bagi kita, dengan adanya motivasi akan membangun rasa percaya diri untuk mendorong semangat yang tinggi untuk memperoleh apa yang kita ingin kan. Hidup senang hati pun senang.

  132. Motivasi adalah dorongan yang tak terlihat atau kemauan dari dalam diri kita untuk mencapai target yang kita inginkan agar bisa tercapai,karena motivasi sangat berkaitan erat dengan suatu tujuan. Motivasi sangat diperlukan karena motivasi merupakan penyemangat untuk melakukan sesuatu.

  133. motivasi keinginan untuk mencapai sesuatu yang diinginkan atau tujuan yang ingin dicapai pada jangka panjang atau jangka pendek, tergantung seberapa kuat pikiran kita untuk tetap pada motivasi. motivasi juga penyemangat hidup

  134. motivasi adalah sebuah dorongan untuk mencapai tujuan tertentu di dalam hidup individu itu sendiri. tanpa adanya motivasi tidak ada dorongan untuk mencapai tujuan itu. selain itu motivasi berguna untuk pendorong dan pengarah akan tujuan hidup.

  135. Motivasi adalah suatu dorongan dari individu ke individu lain untuk demi tercapainya suatu keinginan.

  136. Motivasi itu adalah suatu perubahan dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

  137. Motivasi itu timbul dari diri kita sendiri atau dukungan dari keluarga , teman dan sebagainya , dengan adanya motivasi kita lebih bisa menentukan arah tujuan hidup dan sesuatu yang ingin di capai .

  138. Tauliatun Nisa (201411247) sesi 23
    Motivasi itu timbul dari diri kita sendiri atau dukungan dari keluarga , teman dan sebagainya , dengan adanya motivasi kita lebih bisa menentukan arah tujuan hidup dan sesuatu yang ingin di capai .

  139. Motivasi dapat berupa motivasi intrinsic dan ekstrinsic. Motivasi yang bersifat intinsik adalah manakala sifat pekerjaan itu sendiri yang membuat seorang termotivasi, orang tersebut mendapat kepuasan dengan melakukan pekerjaan tersebut bukan karena rangsangan lain seperti status ataupun uang atau bisa juga dikatakan seorang melakukan hobbynya. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah manakala elemen elemen diluar pekerjaan yang melekat di pekerjaan tersebut menjadi faktor utama yang membuat seorang termotivasi seperti status ataupun kompensasi.

  140. Nama : Vera Utifah
    NIM : 2014-11-082
    Sesi : 01

    Motivasi merupakan dorongan atau semangat dalam diri seseorang yang timbul dikarenakan oleh sesuatu yang ingin diraih atau dicapai. Motivasi dapat dipengaruhi oleh keinginan diri sendiri,orang lain maupun lingkungan sekitar. Dengan adanya motivasi dalam diri,seseorang akan dapat menjalani aktivitas dan pekerjaan lebih baik untuk mencapai hasil yang memuaskan.

  141. Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).
    Seberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan terhadap kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja maupun dalam kehidupan lainnya.
    Dalam motivasi selain teori Abraham H. Maslow, ada beberapa teori motivasi lainnya, antara lain sebagai berikut :
    – Teori McClelland (Teori Kebutuhan Berprestasi);
    – Teori Clyton Alderfer (Teori ERG);
    – Teori Herzberg (Teori Dua Faktor);
    – Teori Keadilan;
    – Teori penetapan tujuan;
    – Teori Victor H. Vroom (teori Harapan);
    – Teori Penguatan dan Modifikasi Perilaku; dan
    – Teori Kaitan Imbalan dengan Prestasi.

  142. Heribertus Edwin Kasiwali (2014 – 11 – 089)

    Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Kemampuan adalah apa yang bisa kita kerjakan, Motivasilah yang menentukan apa yang kita kerjakan.

  143. Motivasi didefenisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.

  144. DEVI PUTRIANI 201411174 (SEKSI 23)
    Motivasi adalah suatu kondisi dalam diri inidividu yang menimbulkan, mengarah, mengorganisasikan tingkah laku, dan bahkan mempengaruhi tingkat usaha yang mungkin dilakukan dan hasil yang diperoleh dalam mencapai tujuan.
    Terima Kasih.

  145. Martia Andini 201411257 sesi 01
    Motivasi merupakan suatu dorongan dari dalam diri seseorang untuk melakukan perbuatan yang dapat mencapai tujuan tertentu. Motivasi juga membuat seseorang semangat dalam melakukan kegiatan tertentu. Motivasi sangat berpengaruh dalam hasil belajar seseorang, jika seseorang tidak mempunyai motivasi maka seseorang tersebut tidak akan mencapai hasil belajar yang optimal.

  146. SITI TAHYATI (201411178) SEKSI 23
    Menurut pendapat saya Motivasi ialah sebagai tujuan atau pendorong, dengan tujuan sebenarnya yang menjadi daya penggerak utama bagi seseorang dalam berupaya dalam mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkannya baik itu secara positif ataupun negatif. Selain itu, Motivasi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul adanya gejala perasaan, kejiwaan dan emosi sehingga mendorong individu untuk melakukan atau bertindak sesuatu yang disebabkan karena kebutuhan, keinginan dan tujuan.

  147. Motivasi adalah suatu dorongan atau proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi dapat dipandang dari segi proses dan dirangsang oleh faktor luar untuk menimbulkan motivasi dalam diri manusia yang melalui proses rangsangan belajar, sehingga dapat  mencapai tujuan yang dia mau.

  148. Menurut pendapat saya motivasi adalah dorongan semangat yang ditujukan pada seseorang agar berhasil mencapai tujuannya

  149. Nurdiansyah (2014-11-256) seksi 02
    Motivasi adalah suatu dorongan yang positif yang di berikan untuk membuat seseorang agar terus maju dan semangat untuk mencapai sebuah kesuksesan. Biasanya motivasi itu muncul dari orang-orang terdekat misalnya keluarga dan sahabat

  150. Atikah Suri Pan (201434019) sesi 13

    Motivasi merupakan suatu dorongan yang diberikan agar dapat berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu faktor dorongan tersebut dapat berasal dari diri sendiri, keluarga, lingkungan.

  151. Atikah Suri Pan (201434019) sesi 13

    Motivasi merupakan suatu dorongan yang diberikan agar dapat berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu faktor dorongan tersebut dapat berasal dari diri sendiri, keluarga, lingkungan

  152. Atikah Suri Pan (201434019) sesi 13

    Motivasi merupakan suatu dorongan yang diberikan agar dapat berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu faktor dorongan tersebut dapat berasal dari diri sendiri, keluarga, lingkungan
    Tanpa adanya motivasi, akan terasa kurang percaya diri, malu, sehingga motivasi itu penting untuk membangun semangat agar tujuan tercapai.

  153. Motivasi adalah dorongan, pengaruh, atau stimulasi yang diberikan seorang individu kepada individu yang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberi motivasi tersebut menuruti atau melaksanakan apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional, dan penuh tanggung jawab.
    Motivasi dapat diberikan dari seorang individu kepada kelompok, kelompok kepada kelompok, atau kelompok kepada individu. Wujud motivasi dapat berupa sikap, perilaku, pendapat, saran, dan pertanyaan. Penghargaan berupa pujian guru kepada siswa berprestasi tinggi merupakan motivasi bagi siswa untuk belajar lebih giat lagi. Motivasi diberikan oleh orang-orang yang kedudukan atau statusnya lebih tinggi dan berwibawa. Mereka memiliki unsur-unsur keteladanan dan panutan masyarakat. misalnya : seorang ayah yang baik dan bijaksana, serta memberikan kasih sayangnya kepada anak dan istrinya adalah tokoh yang patut disegani bagi seluruh anggota keluarganya. apa yang dilakukan ayah akan menjadi motivasi bagi keluarganya untuk berbuat dan berperilaku sebaik ayahnya.

  154. Motivasi adalah dorongan, pengaruh atau stimulasi  yang diberikan seorang individu kepada individu yang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberi motivasi tersebut menuruti atau melaksanakan apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional, dan penuh tanggung jawab.
    Motivasi dapat diberikan dari seorang individu kepada kelompok, kelompok kepada kelompok, atau kelompok kepada individu. Wujud motivasi dapat berupa sikap, perilaku, pendapat, saran, dan pertanyaan. Penghargaan berupa pujian guru kepada siswa berprestasi tinggi merupakan motivasi bagi siswa untuk belajar lebih giat lagi. Motivasi diberikan oleh orang-orang yang kedudukan atau statusnya lebih tinggi dan berwibawa. Mereka memiliki unsur-unsur keteladanan dan panutan masyarakat. misalnya : seorang ayah yang baik dan bijaksana, serta memberikan kasih sayangnya kepada anak dan istrinya adalah tokoh yang patut disegani bagi seluruh anggota keluarganya. apa yang dilakukan ayah akan menjadi motivasi bagi keluarganya untuk berbuat dan berperilaku sebaik ayahnya. 

  155. Motivasi menurut saya ialah suatu dorongan yang muncul di dalam diri setiap individu yang akan mengacu pada semngat individu tersebut untuk berusaha lebih keras agar tercapainya suatu tujuan yang di inginkan individu tersebut.

  156. Motivasi adalah mendorong seseorang untuk bisa lebih maju, seseorang yang memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang di inginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang.

  157. kalo secara bahasa motivasi itu dorongan. secara istilah, motivasi itu adalah kekuatan rohani yang didapat dari pengaruh orang lain dalam segi positif. jadi berarti, motivasi adalah suatu dorongan positif untuk memberikan kekuatan terhadap seseorang.

  158. MIA DAMAYANTI (2014-11-136)
    SEKSI 01
    Motivasi sangat penting dimiliki oleh seseorang. Orang akan memiliki motivasi yang berbeda-beda dalam hidupnya. Semua itu tergantung pada apa yang ingin dia raih dalam hidupnya. Yang jelas motivasi ini akan mempengaruhi hidupnya secara keseluruhan. Bagaimana dia menjalani hidupnya dan apa yang dia kerjakan tergantung pada motivasi ini.

  159. Motivasi hidup sangat penting dimiliki oleh seseorang. Orang akan memiliki motivasi yang berbeda-beda dalam hidupnya. Semua itu tergantung pada apa yang ingin dia raih dalam hidupnya. Yang jelas motivasi ini akan mempengaruhi hidupnya secara keseluruhan. Bagaimana dia menjalani hidupnya dan apa yang dia kerjakan tergantung pada motivasi ini….

  160. Tiara (2014-11-002) SESI 01
    menurut saya motivasi adalah suatu keinginan atau dorongan untuk seorang individu agar dapat memotivasi atau menggapai semua impian kita ke depan….

  161. Menurut saya motivasi adalah sebuah perbuatan yang sifatnya mendorong seseorang untuk mencapai suatu yang ingin di miliki dan dapat menjadi suatu prestasi yang menguntungkan bagi sesama individu.

  162. Motivasi adalah dorongan yang muncul pada setiap individu untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan yang mengacu pada tekad dan semangat individu itu sendiri sehingga tujuan yang diinginkan tercapai.

  163. Fandy Anugrah ( 2014-11-099) Sesi 01

    motivasi adalah suatu dorongan yang menggerakan & mengarahkan kamu untuk melakukan sesuatu.

    nih contoh , Misal kamu ingin dapet nilai matkul sosiologi yang bagus , terus yg dapat jadi pendorong kamu untuk mencapat target itu siapa ? nah misalkan pacar kamu, ya jadi pacar kamu lah yang menyebabkan kamu ingin berusaha mencapai target kamu itu.
    jadi yang menjadi motivasi kamu itu adalah pacar kamu …

    Maaf kalo ada salah” kata , Terima Kasihh ..

  164. Menurut saya Motivasi adalah hasrat di dalam seseorang menyebabkan orang tersebut melakukan tindakan. Seseorang melakukan tindakan untuk sesuatu hal mencapai tujuan. Oleh sebab itu motivasi merupakan penggerak yang mengarahkan pada tujuan dan itu jarang muncul dengan sia-sia.

  165. Motivasi, merupakan dorongan, rangsangan, pengaruh, atau stimulasi yang diberikan seorang individu kepada individu lain sehingga orang yang diberi motivasi menuruti atau melaksanakan apa yang dimotivasikan itu secara kritis, rasional, dan penuh rasa tanggung jawab.

  166. menurut saya motivasi adalah suatu keinginan yg mendorong diri agar mencapai suatu tujuan yg diinginkan. Motivasi didasari oleh sebuah semangat yg sangat tinggi. Dengan adanya motivasi seseorang akan terbawa oleh motivasi/semangatnya dalam melaksanan pekerjaan sehari2 dan mencoba yang terbaik supaya keinginan yg dituju bisa tercapain dengan baik.

    • Menurut saya motovasi usaha adalah suatu tujuan untuk kebetuhan hidup dan mendorong /pacuan hidup agar ada suatu tujuan hidup,,motivasi usaha intinya untuk penyemangat suat aktifitas sehari-hari,thanks..

      Nama : herlandi supriyadi
      Nim. : 201281187
      Sesi. : 28
      Jurusan : teknik informatika

  167. Hello pak,ya intinya motivasi merupakan dorongan dalam diri manusia untuk mencapai tujuan/kebutuhannya. Menurut saya, orangorang tidak akan ‘tidak’ untuk bermotivasi, walaupun tujuannya tidak berhasil. Motivasi adalah penggerak dalam diri.

  168. Hello pak,sy Gabriella 2012-52-009
    ya intinya motivasi merupakan dorongan dalam diri manusia untuk mencapai tujuan/kebutuhannya. Menurut saya, orangorang tidak akan ‘tidak’ untuk bermotivasi, walaupun tujuannya tidak berhasil. Motivasi adalah penggerak dalam diri.

  169. Selamat sore Pak. Saya mau menanggapi tentang adanya motivasi. Menurut saya motivasi bisa muncul itu berawal dari adanya suatu kebutuhan. Kebutuhan yang bisa bersifat kebutuhan dasar ataupun kebutuhan tersier itu menghasilkan keinginan yang membuat seseorang bertujuan untuk mencapainya. Dalam pewujudan suatu kebutuhan maka motivasi ini muncul. Motivasi ini muncul untuk memicu seseorang tersebut dalam berusaha mencapai kebutuhan ataupun tujuannya.
    Terimakasih Pak.

  170. hallo pak,saya herlandi supriyadi 2012.81.187
    menurut saya motivasi adalah berupa dorongan yang menyebabkan seseorang berperilaku dalam memenuhi kebutuhan dan tujuan untuk mengarahkan seseorang untuk bertingkah laku tertentu.

  171. kalau menurut saya pak Motivasi itu ibarat senjata yang ada di diri kita sendiri. Dengan senjata tersebut kita bisa melakukan apapun yang kita yakini bisa kita lakukan dengan baik.

  172. Menurut pendapat saya, motivasi adalah suatu dorongan untuk membangkitkan semangat kita untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang kita inginkan.

  173. LULUT RIZKIANI ( 2014-11-122 ) SESI 23

    Menurut saya Motivasi adalah kekuatan pendorong yang bisa berasal dari diri sendiri maupun orang lain yang muncul dari perubahan energi untuk melakukan sesuatu. Motivasi lebih mengarah ke hal-hal positif seperti belajar.
    Dengan adanya motivasi yang timbul, seseorang akan merasa bahwa dia dapat melakukan sesuatu yang dia inginkan serta mendorong seseorang tersebut untuk bersungguh-sungguh untuk mencapai tujuannya tersebut.
    Contoh : seorang siswa ingin lulus UN dengan nilai maksimal maka dia akan belajar dengan giat demi mencapai tujuannya tersebut, motivasi inilah yang menjadi alasan mengapa seorang siswa tersebut mau belajar dengan giat.

    Terimakasih.

  174. Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.

  175. Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk tercapainya suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan.

  176. Irawati nim : 2014.11.270 seksi : 23
    motivasi adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas.

  177. teori motivasi:
    motivasi itu adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.
    ·Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan / tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan / keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan.

  178. Motivasi adalah dorongan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu untuk mencapai tujuannya

  179. Nama : irmawati
    seksi : 23
    Nim : 201411251

    Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan / tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan / keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan.

  180. Inneke Putri Manna 201411302 seksi 23
    Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya, mereka akan berusaha atau termotivasi agar tujuan tersebut bisa tercapai. Jadi motivasi ialah ajakan untuk mencapai tujuan misalnya saya ingin sekali menjadi orang yang sukses , sukses dalam hal materi. Saya berusaha dengan cara bekerja,berbisnis, dan sebagainya

  181. Sebelumnya maaf atas keterlambatan reply nya pak,karna kemarin ada masalah dengan laptop saya
    Motivasi adalah sebuah penyemangat ataupun pendukung dalam bentuk materi ,benda atau apapun yang dapat mempengaruhi tingkat keinginan seseorang dalam suatu tujuan untuk mencapai sesuatu ,bisa meningkat atau pun menurut .
    Biasa nya motivasi bersifat baik,tetapi banyak dari kita menjadi kan nya ke hal yang negatif,
    Contoh : Seorang pelatih yang diberi motivasi berbentuk materi untuk memenangkan sebuah pertandingan ,tetapi motivasi tersebut malah dijadikan sebagai penghasilan sehingga ia bergantung pada motivasi itu sja ,tidak berusaha untuk hal lain .

    Sunarti
    2014 11 326
    sesi 01

  182. Nama: Eliana
    NIM: 201552106
    Seksi: 24

    Dalam basic needs, memang nyaris semua orang bahkan memang semuanya membutuhkan “Basic needs”. Tetapi, di negara sakura (Jepang) ada sebuah istilah yang bernama “Hikikomori”, dimana arti dari istilah itu adalah Hikikomori (引きこもり, ひきこもり, atau 引き籠もり, arti harfiah: menarik diri, mengurung diri) adalah istilah Jepang untuk fenomena di kalangan remaja atau dewasa muda di Jepang yang menarik diri dan mengurung diri dari kehidupan sosial (source:Google). Istilah tersebut muncul karena orang Jepang terkenal sebagai orang-orang hebat yang tidak mengenal kata “Kalah” atau “Gagal”. Jadi disaat mereka sangat ter-motivasi untuk mendapatkan sesuatu diluar basics needs, mereka akan berjuang sekuat tenaga. Tetapi, ketika ia kalah atau menyerah, maka biasanya mereka akan melakukan “Hikikomori” atau beberapa sumber mengatakan bahwa mereka (orang Jepang) tidak segan-segan melakukan bunuh diri.
    Oleh karena istilah itu, saya berpikir bahwa metaneeds bukan suatu kebutuhan wajib atau mutlak, melainkan hanya sebuah pelengkap. Bukan hanya pelengkap, malah bagi sebagian besar orang, metaneeds tidak pernah dibutuhkan. Selain itu, saya juga beranggapan bahwa manusia tidak hanya ter-motivasi untuk memenuhi kebutuhan pokok, tetapi manusia lebih ter-motivasi untuk memenuhi “What they Want” than “What they Need”.

  183. Setelah saya membaca blog ini , kita membicarakan mengenai Motivasi. Banyak sekali arti motivasi dari sudut pandang setiap orang.jika kita bicara mengenai motivasi maka bisa di artikan sebagai tujuan. Saya yakin dari kita semua apabila di tanya mengenai motivasi maka akan menjawab motivasi adalah tujuan. Saya kembangkan dari sudut pandang saya Motivasi adalah suatu tujuan/tindakan dari setiap manusia untuk mendapatkan sesuatu yang di inginkannya. Motivasi merupakan dorongan dari dalam diri manusia itu sendiri untuk melakukan hal” yang dia inginkan dan juga merupakan penyemangat untuk dirinya. Motovasi juga merupakan perubahan energi dalam diri manusia yang ditandai dengan munculnya perasaan semangat dan di dahului dengan tanggapan/tindakan terhadap tujuan tersebut.
    Contoh : Si A yang ingin mempunyai sebuah usaha atau bisa dibilang ingin menjadi pengusaha. Maka dalam dirinya timbul motivasi untuk hal tersebut.bahwa dia harus melakukan tindakan untuk mewujudkan itu. Seblum melakukan tindakan adanya perasaan semangat dalam dirinya yang disebut energi
    Nama : resti myuelpi
    Nim : 201452164
    Seksi: 24

    • Menurut saya Motivasi adalah daya dorong penggerak dari dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

      Nama : Sindhu Arwianto
      Nim : 201581139
      Sesi : 24

  184. Nama : Even wijaya
    Nim. : 201511211
    Sesi. : 24

    Pada dasarnya manusia memiliki motivasi dalam kehidupannya, karena jika manusia tidak memiliki motivasi dalam kehidupannya maka ia akan mengalami kehidupan yang begitu gitu saja tanpa ada gairah dan semangat dalam menjalani kehidupan. Artikel diatas menjadi contoh bahwa manusia memiliki motivasi dalam kehidupannya untuk memenuhi kebutuhan. Namun itu adalah suatu motivasi dasar dalam kehidupan, manusia harus memiliki motivasi lain selain itu, untuk mencapai suatu kehidupan yang lebih baik dan berkualitas.

    Jadi menurut saya motivasi ialah suatu keinginan yang kuat dalam diri untuk mencapai tujuan kehidupan yang lebih baik dan berkualitas dan dapat menginspirasi sekitar.

  185. Motivasi terjadi karena adanya tekanan dan hukuman yang membuat seseorang merasakan cemas dan kecemasan pada dirinya, serta memicu seseorang melakukan dorongan agar pengalaman yang pernah terjadi tidak pernah terjadi lagi dan kejadian yang tidak diinginkan tak terjadi.

  186. Motivasi terjadi karena adanya tekanan dan hukuman yang membuat seseorang merasakan cemas/khawatir dan kecemasan/kekhawatiran pada dirinya, serta memicu seseorang melakukan dorongan agar pengalaman yang pernah terjadi tidak pernah terjadi lagi dan kejadian yang tidak diinginkan tak terjadi.
    Contoh : seorang wahasiswa pada saat uts matkul (a) mendapatkan nilai kurang baik khawatir tidak lulus dan akan mengulang ditahun depan sehingga membuat dirinya terdorong agar di uas nanti di matkul tersebut harus mendapat kan nilai terbaik agar apa yang dia khawatirin tidak terjadi dan kejadian di uts mendapatkan nilai kurang bagus tidak terjadi lagi.

    NIM : 201521018
    NAMA : Muhamad Sopian
    Sesi 24

  187. menurut saya motivasi merupakan penggerak bagi seseorang untuk mencapai suatu tujuan dari sebuah perencanaan yang orang tersebut rencanakan.
    sperti halnya saya menanamkan dalam diri saya ” saya ingin menjadi seorang IT yang pandai dalam bidang pemrograman ” untuk mencapai tujuan tersebut lah saya termotivasi untuk bergerak maju untuk mencapai tujuan saya.

    Name : Jujun Junaedy
    Nim : 201581049
    Sesi : 24

  188. Pada dasar nya setiap individu memiliki dan mempunyai motivasi dalam hidup nya yang memang sudah ada pada masing masing individu. yang dimaksud motivasi menurut pandangan saya dorongan atau keinginan seseorang untuk bertindak. Dimana didalam nya terdapat proses yang didasari dari memulai, merancang , dan mempertahankan tujuan tsb hingga tercapai. Ya terkadang memang hal tesebut sangat simple, tapi justru menurut saya jika seseorang tidak memiliki motivasi dalam hidupnya akan menjadikan bumerang .. kenapa? ya karena sebagian besar banyak yang menunda dan kurang termotivasi ,hal tersebut saya iyakaan karena bisa terjadi dr beberapa aspek. Hal yang sangat mudah untuk menanamkan motivasi dalam diri kita adalah Tanggung Jawab, this!. hal yang penting namun sering di sepelekan, bagaimana sebuah tanggung jawab memegang peranan yang penting untuk saya pribadi untuk mencapai sebuah tujuan ,disamping itu juga harus memilik Option A atau B untuk mencapai apa yang kita inginkan.

    NAMA : Iqbal Ramadhan Fauzi
    NIM : 2014.66.059
    sesi : 24

  189. Motivasi adalah sesuatu yang timbul dari sebuah ide kecil untuk menjadi lebih baik baik dalam hal usaha , prinsip hidup , kemudian berkembang lebih lanjut menjadi semangat untuk mewujudkan ide tersebut yang tadinya berwujud abstrak menjadi real dengan adanya penyusunan langkah-langkah yang diperlukan seperti visi dan misi.

    Nama : Robert Setiady
    NIM : 201281216
    Sesi : 24

  190. Menurut saya, rasanya aneh bila seseorang hidup tanpa motivasi. Baik itu motivasi yang baik maupun yang buruk sekalipun. Pasti seseorang akan memiliki motivasi dalam sepanjang kehidupannya. Untuk dapat terus bergerak maju diperlukan motivasi.
    Karena motivasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku seseorang ke arah suatu tujuan tertentu. Coba bayangkan bila seseorang tidak ada motivasi dalam hidupnya. Pasti akan seperti orang tanpa tujuan hidup atau tidak ada gairah hidup. Tidak ada semangat, arah, dan kegigihan dalam kehidupannya. Bisa jadi dalam hidupnya hanya ada keluhan – keluhan yang tidak bermakna.
    Motivasi bisa terbentuk dari dalam diri sendiri atau faktor lingkungan yang mempengaruhi. Mungkin salah satu cara agar kita memiliki motivasi yang baik adalah dengan “ rasa senang dan berfikir positif sepanjang hidup “ karena dengan demikian kita akan terus berupaya meletakkan tujuan – tujuan yang baik dan berupaya untuk mendapatkannya. Coba bila sejak awal kita bangun tidur sudah merasa “tidak suka/ tidak senang/ bed mood“ maka motivasi hidup tidak akan pernah dimiliki.

  191. assalamualaikum wrwb
    izinkan saya mereply atau coment mengenai motivasi.
    Motivasi itu sendiri merupakan istilah lebih umum digunakan untuk mengantikan terma “motif-motif” yang dalam bahasa inggris yang disebut motive yang berasal dari kata motion, yang berarti
    gerakan atau sesuatu yang bergerak. Karna itu terma motif erat hubungan dengan gerak yang
    dilakukan manusia atau disebut perbuatan atau juga tingkah laku. Motif dalam psikologi berarti
    rangsangan dorongan, atau pembangkit tenaga bagi terjadinya tingkah laku.
    kesimpulan saya mengenai motivasi yakni sesuatu yang mendorong atau menggerakan manusia agar berbuat sesuatu yang terbaik sesuai dengan tujuan atau misi dengan harapan minimal bisa merubah dirinya sendiri, karna tidak ada yg dapat mengubah diri seseorang selain dirinya. firman ALLAH dalam Al-Quran “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaansuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (Ar-Ra’d: 11)
    wassalam,,,

    nama : ruby taufik akbar
    nim : 201466088
    sesi : 24

  192. Kornelius Sendy
    201381194
    sesi 24

    Artikel yang menarik, karena ternyata ada teori tentang motivasi. Bahkan ada beberapa istilah yang baru di telinga saya mengenai homeostasis.

    “Homeostasis adalah suatu kondisi keseimbangan internal yang ideal, di mana semua sistem tubuh bekerja dan berinteraksi dalam cara yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan dari tubuh. Semua organisme hidup berusaha untuk homeostasis”

    Kata kunci “Keseimbangan” menjadi sorotan saya, karena dalam banyak kasus, seseorang dapat keluar dari kemiskinan, untuk dapat kehidupan yang layak, namun tidak merasa tenang. Menarik karena saya sadari bahwa kekayaan, uang, kehidupan yang layak bisa jadi salah satu motivasi, tetapi tidak bisa menjadi satu-satunya motivasi.

    Penting untuk pembelajaran, karena satu motivasi saja, mungkin bisa menyebabkan ketidakseimbangan. Seluruh motivasi harus mencakup motivasi secara mental, fisik dan spritiual

  193. Motivasi menurut saya adalah upaya untuk mendorong baik diri sendiri maupun orang lain dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuannya. Motivasi inilah yang menjadi daya gerak utama bagi seseorang dalam berupaya mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkan baik itu secara positif maupun negatif. Biasanya apabila seseorang telah termotifasi akan muncul perasaan, kejiawaan dan emosi sehingga munculah dorongan pada orang tersebut untuk melakukan atau tindakan yg disebabkan oleh kebutuhan, keinginan dan tujuan.

    Nama : Desi Irma
    NIM : 2014-66-078
    Sesi : 24

  194. Menurut saya Motivasi adalah daya dorong penggerak dari dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

    Nama : Sindhu Arwianto
    Nim : 201581139
    Sesi : 24

  195. Motivasi adalah semangat tambahan yg di miliki seseorang yg di jadikan pemacu dalam hidup untuk mewujudkan impian yg biasanya hanya sebuah khayalan tapi bisa menjadi kenyataan,membuat daya juang seseorang tersebut 2x lipat bertambah dalam hidupnya dan tidak gampang terpuruk apabila dia gagal dia akan terus berpikir apa yg membuat dia gagal sampai dia bisa mencapai semua impian dan cita citanya tersebut yg menjadi kenyataan yg bisa di abenar benar raih dengan semangat ekstra yg dia miliki dari awal berjuang untuk semua itu.

    Nama: Yudi Nurdiansyah
    Nim : 201581047
    Sesi : 24

  196. Assalamualaikum Wr.wb
    Menurut saya motivasi adalah pemicu seseorang untuk menggapai sebuah tujuan contoh seperti orang tua ingin anaknya menjadi seorang yang sukses, maka yang menjadi motivasi/pemicu nya adalah orang tua. berbeda dengan semangat yang di artikan di masyarakat sebagai motivasi contoh “saya ingin anak saya mempunyai motivasi yang tinggi” yang saya kutip dari wikipedia. saya menyimpulkan bahwa semangat akan timbul ketika mempunya motivasi yang tinggi (adanya pemicu khususnya orangtua, keluarga, pasangan dll) Terimakasih

    Nama : fachrudinsyah
    Nim : 201521046
    sesi : 24

  197. Nama : Nurul Sobariah
    NIM : 201281215
    Seksi : 24

    Pada dasarnya motivasi adalah suatu alasan seseorang untuk melakukan suatu tindakan. Dalam hal ini tindakan dan motivasi saling berkaitan. Kita akan bertindak jika memiliki suatu motivasi.

    Lalu, apa yang kita lakukan jika sudah termotivasi tapi tidak bertindak juga ?

    Motivasi hampir sama dengan energi yang bisa menggerakan sesuatu. Jika beban dan hambatan menggerakan beban itu lebih besar dibandingkan dengan energi, maka benda tersebut tidak akan bergerak. Begitu juga dengan motivasi pada diri kita, jika beban dan hambatan bertindak lebih besar dibandingkan dengan motivasi kita, maka kita tidak akan pernah bergerak.

  198. Motivasi berasal dari bahasa Latin “movere” yang artinya adalah “menggerakan”. Secara psikologis, motivasi dapat diartikan sebagai proses-proses dimana dapat membentuk stimulasi, arahan, kegigihan terhadap sebuah kegiatan yang dilakukan secara sukarela yang diarahkan pada suatu tujuan.(Robert Kreitner, 2014)
    Motivasi selalu dikaitkan dengan teori-teori kebutuhan , karena munculnya motivasi merupakan perwujudan dari pemenuhan kebutuhan.
    Teori motivasi ini sering diterapkan kepada karyawan di perusahaan, untuk mempertahankan prestasi kinerja dalam jangka waktu yang lama. Jika karyawan memilki motivasi maka mereka akan melakukan pekerjaan secara terarah , sukarela, dan memiliki tujuan yang kaitannya tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan perusahaan melainkan untuk pemenuhan kebutuhan diri sendiri contohnya ketika pekerjaan dilakukan tepat waktu , karyawan akan mendapatkan reward berupa tambahan cuti.

    Nuraini Diah Noviati
    NIM : 201466168
    Seksi 24

  199. menurut saya motivasi adalah sebuah perubahan energi yang ada dalam pribadi seseorang yang ditandakan dengan adanya rasa (feeling) dan pembangkit gairah serta pembakar spirit dalam melakukan sesuatu untuk mencapai setiap tujuan agar setiap tindakan yang di lakukan dapat berhasil guna mencapai mimpi dan cita cita

    Best Regard,

    Nama :Benny Sutanto
    NIM: 201552037
    Sesi 24

  200. Diki Fajar abdillah
    NIM : 201521028
    sesi 24
    menurut saya Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). jadi motivasi adalah kekuatan dari diri sendiri untuk merubah dan menunjukan presatasi yg ia miliki .

  201. Menurut saya pribadi : Motivasi adalah suatu dorongan yang timbul di dalam diri kita, yang mendorong kita untuk bertindak suatu hal, dan memastikan agar tujuan tersebut tercapai.

    Thank’s.

    Regards,
    Nama : Nurhayati.S
    NIM : 201552052
    Sesi : 24

  202. Nama : Yoel Yulius Saputra
    Nim : 201552107
    sesi : 24

    Motivasi menurut saya adalah suatu teori untuk membuat cara berfikir anak untuk lebih maju. Biasanya motivasi di berikan kepada anak yang beranjak dewasa atau remaja. Motivasi juga membantu pola pikir seseorang untuk befikir lebih jernih untuk menjalani hidup nya.

  203. Nama : Dyah Laras Harjanti
    Nim : 201466179
    Sesi : 24

    Menurut saya motivasi adalah faktor yang mendorong orang untuk melakukan sesuatu tindakan berdasarkan pemikiran dari dalam diri orang tersebut untuk mewujudkan apa yang diinginkannya.

  204. Nama : Ofi Putri Liani
    NIM : 201552048
    Sesi : 24

    Menurut pendapat saya Motivasi adalah suatu dorongan atau penyemangat untuk meraih atau memperoleh sesuatu. Motivasi tersebut muncul di dalam diri kita sendiri yang memiliki antusias untuk menggapai sesuatu yang dicita-citakan. Motivasi juga kita peroleh karena kita telah memiliki suatu gambaran atau contoh, Apa yang harus dilakukan? , Untuk apa? dan bagaimana kita melakukannya? dan lain sebagainya. Motivasi juga harus kita lakukan dengan kerja keras dan semangat yang tinggi.

  205. Nama : Indriyani Astika
    NIM : 2014 11 250
    Sesi : 24

    Motivasi suatu kondisi yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.
    Dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan.

  206. Nama: Sari Tri Yulianti
    NIM : 2014 66 147
    Sesi : 24

    Berbicara mengenai teori motivasi, setiap orang memiliki artian motivasi masing masing. Saya tidak akan mengartikan arti dari motivasi secara panjang lebar karena tentunya pengunjung blog ini pastinya telah membaca baik itu teori motivasi dari materi isi blog, maupun isi reply dari teman-teman yang sudah sangat banyak mengartikan dari motivasi itu sendiri. Seperti yang dikatakan Pak Darmansyah dikelas, utarakan pendapat yang berbeda, jangan yang sama ataupun mirip. Nah disini saya ingin mengajak teman teman berfikir yang tentu konteksnya masih seputar tentang motivasi. Lets think, kenal Alexander Graham Bell? Albert Einstein? Mereka yang sukses dengan penemuannya dan masyarakat merasakan manfaat keberhasilannya hingga sekarang. Pernahkah berfikir, apakah kita bisa punya handphone jika dahulu tidak ada alexander graham bell, atau ia sendiri tidak menemukan penemuannya itu? Dan mengenai si “sang jenius” Albert Einstein, dengan divonis idiot oleh guru SD nya,bahkan ia mengidap sindrom Asperger dan kesulitan bersosialisasi, bagaimana ia bisa mendapat rumus tersebut yang ia dapatkan pada saat itu. Setelah kita membaca biografi dan sejarah hidup mereka, apakah tertulis dibenak kita, “dia bisa, mengapa saya tidak!” yang bahkan si albert Einstein divonis bodoh, Thomas alfa Edison yang dianggap idiot dan di DO (dropout) dari sekolah nya, mereka bisa. Nah ini bisa jadi anda termotivasi. Atau sebaliknya ada yang beranggapan, “mereka punya bakat, ya tentu bisa. Sedangkan saya tidak memiliki itu” inilah fikiran negative yang harus kita hindari. Bagaimana ilmuwan tersebut memiliki motivasi yang besar hingga sukses dengan penemuannya, itulah yang harus kita pelajari. Yang bodoh saja bisa jadi jenius, apalagi kita yang dilahirkan dengan tanpa kekurangan. Nah disini saya ingin memberikan kesimpulan bahwa apapun kekurangan yang kita miliki bahkan jika tidak memiliki bakat sekalipun, asalkan punya motivasi yang kuat dan disertai usaha yang keras, bukan tidak mungkin kita bisa meraihnya. Sehingga motivasi berperan penting menjadi alasan dibalik sebuah kesuksesan. Tanpa motivasi? You wouldn’t be a success person.

  207. Nama : Nuur Nisa Rahajeng
    NIM : 201466127
    Seksi : 24

    Manusia memiliki kebutuhan, untuk memenuhi suatu kebutuhan dibutuhkan suatu dorongan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Menurut saya motivasi adalah dorongan untuk melakukan suatu usaha didasari karena adanya kebutuhan dan tujuan yang harus dipenuhi. Motivasi terletak dalam diri individu masing-masing. Terkadang motivasi juga menjadi suatu alasan individu melakukan perbuatan baik ataupun buruk sehingga dapat mengarah pembentukan tingkah laku seseorang. Motivasi juga harus memiliki arah sehingga perbuatan yang dilakukan dapat mengarah ketujuan yang jelas dan efisien

  208. Nama : Nining Wijayanti
    NIM : 2014-66-111
    Sesi : 24
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Menurut saya, motivasi merupakan dasar penggerak. Dasar penggerak itu sendiri didapat dari factor internal ataupun factor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri sendiri yang mendorong seseorang melakukan sesuatu, sedangkan faktor eksternal factor yang berasal dari luar diri seperti lingkungan, keluarga, dan lain sebagainya sehingga mendorong seseorang melakukan sesuatu. Motivasi akan mendorong seseorang melakukan sesuatu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sehingga tercapai tujuan dengan cara yang sudah dipikirkan dengan baik dan matang.

    • Menurut saya motovasi usaha adalah suatu tujuan untuk kebetuhan hidup dan mendorong /pacuan hidup agar ada suatu tujuan hidup,,motivasi usaha intinya untuk penyemangat suat aktifitas sehari-hari,thanks..

      Nama : herlandi supriyadi
      Nim. : 201281187
      Sesi. : 28
      Jurusan : teknik informatika

  209. Nama : Lailah Intisari
    NIM : 2014-83-099
    Sesi : 24
    Motivasi adalah dorongan yang muncul karena diberikan seseorang kepada orang lain atau diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut melakukan usaha agar menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

  210. Assalamu’alaikum
    trianda laksmana
    201466090
    Sesi 24
    Setiap manusia memiliki dasar pembentukan motivasi..tergantung pada keadaan, kebutuhan, dan diri sendiri. Selama diri sendiri belum tergerak maka motivasi tersebut akan sia2.. yang dibutuhkan juga adalah ‘action’.. action untuk mengawali langkah pertama menuju kesuksesan yg kita inginkan..

  211. Menurut saya Motivasi adalah sesuatu apa yang membuat seseorang bertindak yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan.

  212. Motivasi adalah suatu keinginan yang ada pada diri seseorang yang mendorong seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Motivasi dapat juga diartikan sebagai suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul dari perasaan, kejiwaan dan emosi sehingga mendorong individu untuk melakukan atau bertindak sesuatu yang disebabkan karena kebutuhan, keinginan dan tujuan.
    Mind (pikiran)
    Opportunity (kesempatan)
    Thrust (dorongan)
    Inspiration (inspirasi)
    Vision (visi)
    Action (aksi)
    Trust (tanggung jawab)
    Eagerness (keinginan)

    Asya Zahratur Rahma – 201466162 – sesi 24

  213. Nama: Shinta Anggraini Karsono
    NIM: 201466113
    Sesi: 2014

    Seperti yang telah diuraikan di atas, motivasi adalah sebuah dorongan yang memaksa manusia untuk bergerak demi tercapai kebutuhannya. Seringkali kita melihat dan mendengar banyak orang-orang yang mengeluh kehilangan motivasi ditengah rumitnya kehidupan. Banyak pula orang-orang yang sibuk mencari motivasi dari luar atau bingung bagaimana memunculkan motivasi yang perlahan hilang tanpa ada sisa. Menurut saya, meskipun motivasi juga bisa didapat dari luar, lebih baik tidak perlu sibuk mencari kemana motivasi itu hilang dan kemana mencari motivasi baru agar bersemangat lagi. Fokuslah pada diri sendiri. Ketika kita tahu dengan jelas goal apa yang mau diraih dan mengapa kita harus meraih goal itu, yakin dengan kemampuan kita, dan percaya bahwa kita mampu. Dengan sendirinya motivasi itu akan muncul, berkembang, dan mengarahkan kita menuju goal dengan mudah.

  214. Nama : EKO AGUSTIAN
    NIM : 201581138
    Sesi : 24

    Menurut saya Motivasi adalah sesuatu apa yang membuat seseorang bertindak yang diindikasikan dengan adanya, hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan dan penghormatan.

  215. Nama : Eko Agustian
    NIM : 201581138
    Sesi : 24

    Menurut saya Motivasi adalah sesuatu yg membuat seseorang bertindak yang diindikasikan dengan adanya, hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan dan penghormatan.

  216. Nama : Eko Agustian
    NIM : 201581138
    Sesi : 24

    Menurut saya Motivasi adalah sesuatu apa yg membuat seseorang bertindak yang diindikasikan dengan adanya, hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan dan penghormatan.

  217. Nama: Dela Fariha Fuadi
    NIM: 201466144
    Sesi: 24

    Assalamualaikum wr wb
    Pada dasarnya motivasi itu adalah kebutuhan utama yang harus dimiliki oleh tiap individu. Setiap perbuatan yang kita lakukan diawali dengan sebuah motivasi, entah itu perbuatan yang kecil maupun yang besar.
    Aktivitas sehari-hari yang kita lakukan merupakan bentuk pengaplikasian motivasi, dari awal kita bangun tidur sampai kita hendak pergi tidur pun tidak luput dari motivasi.
    Menurut saya, motivasi tidak hanya berarti suatu hal yang positif, perbuatan tercela seperti mencuri pun didasarkan oleh motivasi. Namun dalam kasus ini motivasi yang muncul bersifat negatif.
    Sehingga motivasi yang bersifat positif perlu ditanamkan pada individu sedini mungkin.
    Terimakasih

  218. Nama : septi darnawanti
    Nim. : 201552061
    Sesi. : 24 Menurut saya motivasi usaha itu faktor yang mendorong atau memberikan semangat kepada diri kita agar termotivasi dan kita lebih bersemangat untuk menjalankan usaha tersebut.. dan bisa juga orang yang memberikan motivasi adalah contoh untuk kita yang termotivasi bagaimana agar lebih baik dan tidak salah arah untuk lebih maju ..

  219. Nama dwi ariani
    Nim 2013 66 096
    Sesi 24

    Menurut saya Motivasi merupakan suatu kemauan atau keinginan yang ada di dalam diri setiap manusia, yang di maksudkan,dengan adanya motivasi dalam diri setiap orang ini agar keinginannya bisa berkembang,dan semangat untuk mewujudkan keinginannya agar menjadi nyata

  220. Nama : Ardeno
    Nim : 201371043
    Seksi : 24

    Menurut pendapat saya motivasi adalah sebuah dorongan yang membuat seseorang melakukan sesuatu aktifitas. Motivasi dapat berupa intrinsik maupun ekstrinsik. Motivasi intrinsik contohnya seperti kebutuhan untuk makan karena lapar. Sedangkan motivasi ekstrinsik contohnya adalah keinginan untuk membeli kendaraan. Motivasi juga dapat berbentuk positif maupun negitif, motivasi positif adalah motivasi yang mendorong orang untuk melakukan tindakan yang dianggap baik oleh lingkungan sekitarnya. Sedangkan motivasi negatif adalah dorongan yang membuat seseorang melakukan tindakan yang buruk.

  221. Nama : Tri Ulaika
    Nim : 201411212
    Sesi : 25
    Menurut saya motivasi adalah dorongan atau suatu proses mempengaruhi diri sendiri,orang lain, atau kelompok kerja untuk melakukan suatu tindakan demi tujuan yang diharapkan. Motivasi merupakan kekuatan tersembunyi yang ada di dalam diri untuk mendorong kita untuk bertindak

  222. Menurut saya motivasi itu ialah suatu dorongan atau cara berfikir. Dimana motivasi tersebut dapat mempengaruhi kinerja kita untuk melakukan hal-hal yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

  223. Nama : Muhammad Iqbal
    NIM : 201581185
    Sesi : 24

    Menurut saya motivasi itu ialah suatu dorongan atau cara berfikir. Dimana motivasi tersebut dapat mempengaruhi kinerja kita untuk melakukan hal-hal yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

  224. Nama : Adnando Sebastian
    NIM : 201581172
    Sesi : 25

    Menurut saya motivasi memang sangat penting namun harus juga disertai dengan ibadah dan berdo’a serta usaha yang dilakukan oleh manusia tersebut dalam mencapai suatu tujuan tersendiri sehingga bila sudah tercapai tujuan tersebut maka akan mendapat suatu prestasi yang dibanggakan.

  225. Menurut saya Motivasi adalah sebuah dorongan untuk memperoleh sesuatu yang di Raih,dan Motivasi itu sendri muncul dari dalam diri kita sendiri untuk menggapai sesuatu yang kita inginkan atau yang kita cita-citakan.

  226. Nama : Heryanto
    Nim : 201321077
    sesi : 24

    Menurut saya Motivasi adalah sebuah dorongan untuk memperoleh sesuatu yang di Raih,dan Motivasi itu sendri muncul dari dalam diri kita sendiri untuk menggapai sesuatu yang kita inginkan atau yang kita cita-citakan.

  227. Menurut saya motivasi sangat penting dalam hidup kita karena tanpa motivasi tidak ada dorongan dari diri untuk mencapai suatu tujuan dan bagi saya motivasi hidup saya adalah keluarga saya karena merekalah yang selalu menjadi alasan saya untuk bertujuan melakukan yang terbaik demi kebahagiaan dan kebergunaan diri kita sendiri terutama untuk orang-orang yang kita cintai :)

    Mona Oktarina, 201466145, sesi 25

  228. Nurhata
    201321082
    Sesi 24

    Menurut saya motivasi merupakan dorongan untuk memperoleh sesuatu hal yang sangat penting yg ada dalam setiap individu untuk mencapai hal yang penting dalam hidupnya.

  229. Nama : Bebby Elisa
    Nim : 201412190
    Sesi : 25
    Motivasi adalah dorongan untuk melakukan tindakan atau usaha untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi ada 2 bentuk yaitu :
    – Motivasi Positif
    Motivasi positif merupakan proses untuk mempengaruhi orang lain dengan cara memberikan penambahan tingkat kepuasan tertentu , contohnya motivasi kerja dengan memberikan promosi jabatan, memberikan insentif atau tambahan penghasilan, menciptakan kondisi tempat kerja yang baik agar mereka merasa aman dalam bekerja, dan sebagainya.
    – Motivasi Negatif
    Motivasi negatif merupakan proses untuk mempengaruhi orang lain dengan cara menakut-nakuti atau mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu secara terpaksa. Misalnya menakut-nakuti bawahan dengan memberikan gambaran seolah-olah mereka akan kehilangan jabatan, diturunkan pangkat , dipotong gajinya dan sebagainya.

  230. Motivasi adalah suatu keinginan yang ada pada diri seseorang yang mendorong seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Motivasi dapat juga diartikan sebagai suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul dari perasaan, kejiwaan dan emosi sehingga mendorong individu untuk melakukan atau bertindak sesuatu yang disebabkan karena kebutuhan, keinginan dan tujuan.
    Mind (pikiran)
    Opportunity (kesempatan)
    Thrust (dorongan)
    Inspiration (inspirasi)
    Vision (visi)
    Action (aksi)
    Trust (tanggung jawab)
    Eagerness (keinginan)

  231. Motivasi adalah suatu dorongan atau bentuk perubahan pola pikir agar menjadi lebih giat dan semangat lagi dalam suatu hal yang didapat dari dalam diri sendiri, orang lain, dan atau lingkungan.
    Motivasi juga akan menimbulkan sifat sukarela dalam melakukan suatu hal (pekerjaan) untuk mencapai suatu tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>