Wewenang dan Kekuasaan.

Power and Authority
Wewenang (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Ada dua pandangan yang saling berlawanan mengenai sumber wewenang, yaitu teori formal (atau sering disebut pandangan klasik )dan teori penerimaan.
Teori formal berpendapat bahwa wewenang ada karena seseorang di beri atau di limpahi atau diwarisi hal tersebut. Pandangan teori penerimaan bahwa wewenang seseorang timbul hanya bila hal itu di terima oleh kelompok atau individu kepada siapa wewenang tersebut di jalankan. Chester Barnard menyatakan: “ bila suatu komunikasi direktif diterima seseorang kepada siapa hal itu ditunjukan wewenang untuknya tercipta atau di tegaskan”.Barnard menyebut penerima wewenang dengan sebutan “ zone of indifference”, dan Herbert A . Simon menyebut dengan “ area of acceptance”.

Kekuasaan(power) sering di campur adukan dengan wewenang. Bila wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, kekuasaan adalah kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Kekuasaan posisi (position power) di dapat dari wewenang formal suatu organisasi. Kekuasaan pribadi (personal power) di dapatkan dari para pengikut dan di dasarkan atas seberapa besar para pengikut mengagumi dan respeck pada seorang pemimpin.

135 thoughts on “Wewenang dan Kekuasaan.

  1. Kekuasaan adalah kemampuan untuk memberikan pengaruh kepada orang lain. Lima sumber kekuasaan diantaranya adalah kekuasaan memaksa, menghargai, sah, keahlian dan bujukan. Sedangkan wewenang terletak dalam diri seseorang untuk memberikan perintah kepada orang yang dipengaruhi baik berupa penerimaan maupun penolakan. Seseorang akan menerima wewenang tergantung dari bagaimana orang memahami perintah, memahami tujuan, nilai-nilai pribadi dan prioritas, serta kemampuan komunikasi dan kemampuan pekerjaan.

    • marsello fransiskus (2013-58-113) seksi 17
      Wewenang dan kekuasaan adalah dua pengertian tetapi tidak bisa di pisahkan karena wewenang itu adalah hak untuk memerintah orang lain agar mencapai tujuan. Wewenang disini memiliki dua teori yaitu teori formal dan teori penerimaan. Kekuasaan adalah kemampuan untuk malakukannya. Kekuasaan di bagi menjadi dua yaitu Kekuasaan posisi (position power) di dapat dari wewenang formal suatu organisasi contohnya suatu organisasi sepakbola dimas menjadi kapten tim sepak bola tersebut maka dimas berhak memberikan perintah kepada bawahannya. Kekuasaan pribadi (personal power) di dapatkan dari para pengikut contohnya H. Romah Iramah banyak pengikutnya jadi H.Romah berhak untuk menyuruh bawahan-bawahannya.

  2. Wewenang dan kekuasaan adalah hal yg mrpkn satu kesatuan yg tidak dpt dipisahkan. Tidaklah mungkin seseorang memiliki kekuasaan tanpa adanya yg memberi kkuasaan itu yaitu wewenang. Jdi dpt dktkan wewenang mrpkan ssuatu hal yg dpt mmberi kita hak atau kekuatan untuk mlakukan atau mmrintah ssuai kewenangannya. Jika ssorg mmliki hak untuk mmrintah dan mlkukan ssuatu shinnga mmungkin dia dpt mmliki kemmpuan untuk mmpengaruhi dan mngarahkan org lain yg disebut kkuasaan..

  3. Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh, atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku.

  4. Wewenang dapat kita artikan sebagai hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu sedangkan Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang lain; artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu atau kelompok.

  5. menurut saya, kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, dimana pemimpin selalu ada dalam berbagai kelompok baik kelompok besar maupun kelompok kecil. Dari kepemimpinan itulah, maka muncul kekuasaan, nah kekuasaan adalah kemungkinan seorang pelaku mewujudkan keinginannya di dalam suatu hubungan sosial yang ada termasuk dengan kekuatan atau tanpa mengiraukan landasan yang menjadi pijakan kemungkinan itu. Seorang pemimpin mempunyai kekuasaan untuk mengatur dan mengarahkan anggota-anggotanya. Selain itu, pemimpin juga mempunyai wewenang untuk memerintah anggotanya. Wewenang merupakan hak jabatan yang sah untuk memerintahkan orang lain bertindak dan untuk memaksa pelaksanaannya. Dengan wewenang, seseorang dapat mempengaruhi aktifitas atau tingkah laku perorangan di dalam organisasi. Maka dari itu kepemimpinan tidak akan pernah lepas dari kekuasaan dan kewenangan untuk mengatur anggota-anggotanya.

  6. Kekuasaan dan Wewenang pada dasarnya adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap pemimpin atau lembaga yang berwenang guna menjalankan tugas dan wewenang sesuai dengan porsi dan kedudukannya. Kekuasaan dan Wewenang yang dimiliki pun harus seimbang agar tidak terjadi kekeliruan atau penyimpangan dalam melaksanakannya. Apabila kekuasaan dan wewenang dijalankan tidak sesuai dengan porsi atau kedudukan yang dimiliki /diemban maka akan timbul sikap semena-mena yang menimbulkan konflik sosial.

  7. Kekuasaan adalah hal yang dapat menentukan nasib manusia bahkan nasib suatu bangsa. Sedangkan wewenang adalah kekuasaan yang dimiliki seseprang atau sekelompok orang untuk mendapatkan pengakuan dan juga dorongan.

  8. Kekuasaan memegang peranan penting dalam pembentukan strata social seseorang. Semakin tinggi kemampuan seseorang dalam orgnisasinya, pengaruhnya akan semakin besar dan secara otomatis kekuasaannya meluas sehingga strata sosialnya semakin naik. Sedangkan wewenang adalah hak,dimana adanya kekuasaan membuat keputusan, memerintah, dan melimpahkan tanggung jawab kpd orang lain.

  9. kekuasaan & hak sllu berjalan berdampingan krna ke-2 hal itu sangat berkaitan erat, 1 kesatuan & tak dpt dipisahkan. kekuasaan & wewenang tdk harus dikaitkan dgn masalah hukum, dll, tetapi seluruh aspek kegiatn yg kita lakukan sllu dekat dgn kekuasaan & wewenang. tanpa ada kemampuan, tentu kita tidak dpt mengambil apa yg seharusny mnjadi hak kita. namun jika kita tidak memiliki hak tetapi kita memiliki kemampuan, kita dpt menyatakannya kpd si pemberi wewenang bahwa kita berhak utk memperoleh wewenang tsb. sbg contoh, bapak guru memberi wewenang kepada seorg murid yg cadel (tdk bisa sebut R) utk menyebutkan kalimat “Ular melingkar di atas pagar sambil berputar-putar”. maka murid tsb akan sngat kesulitan utk menyebutkn kalimat tsb dikarenakn ia tdk mampu melakukannya, sekalipun ia telah diberikan wewenang. sementara ada seorang murid yang tidak cadel namun tidak diberikan wewenang, maka murid tsb dpt mngatakn kpd sang guru dgn cara membuktikannya bahwa ia bnr2 mampu menyebutkannya sehingga ia diberikan wewenang.

  10. orang yang berkuasa (baik jabatan atau level tertinggi) memiliki wewenang sebagai haknya dalam melakukan apapun yang dia inginkan. Bisa hal positif atau justru negatif dalam memanfaatkan kekuasaannya sendiri ..
    Tergantung pilihan orang tersebut..

  11. Wewenang itu adalah kekuasaan yang sah yang dimiliki seseorang untuk memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Sedangkan kekuasaan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain.

  12. Wewenang dan kekuasaan yang dimiliki sesorang akan menunjukkan apakah orang tersebut pantas menjadi seorang pemimpin atau tidak. Seorang pemimpin yang bijak terlihat dari bagaimana dia menggunakan wewenang dan kekuasaan yang dimilikinya. Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, sedangkan kekuasaan adalah kemampuan melakukan wewenang.

    Dalam suatu perusahaan, terdapat karyawan yang rajin (teori Y) dan malas bekerja (teori X). Dalam hal ini, pemimpin mempunyai peran yang sangat penting. Seorang pemimpin harus bisa mengatur karyawan-karyawannya dengan cara yang bebeda sesuai sifat dan kinerjanya.

    Misalnya: Pemimpin memberikan reward bagi karyawan yang rajin (teori Y), sedangkan bagi yang malas bekerja (teori X), pemimpin harus bisa memperbaiki kelakuannya dengan tetap memperhatikan aspek-aspek penyebab kemalasan karyawan untuk bekerja.

    Pada umumnya, dalam perusahaan terdapat beberapa divisi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemimpin menyalahgunakan kekuasaan dan wewenangnya serta mencegah agar tidak terjadi konflik. Jika seseorang melaksanakan wewenangnya tetapi tidak disertai kekuasaan, maka hanya konflik sajalah yang terjadi.

  13. Kekuasaan adalah kemampuan untuk bertindak atau memerintah sehingga dapat menyebabkan orang lain bertindak, pengertian disini harus meliputi kemampuan untuk membuat keputusan mempengaruhi orang lain dan mengatasi pelaksanaan keputusan itu. Sedangkan wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan atau pendapat pengakuan dari masyarakat. Adanya wewenang hanya dapat menjadi efektif apabila didukung dengan kekuasaan yang nyata.
    Terimakasih.

  14. wewenang adalah hak seseorang untuk memerintah orang lain yang memiliki jabatan di bawah orang yng memiliki wewenang tersebut, tapi kekuasaan akan ada apabila orang tersebut memiliki wewenanag. Jadi wewenang akan seseorang yang akan diberikan kepada orang lain apabila orang yang memirintah itu juga memiliki kekuasaan.

  15. kekuasaan dan wewenang yaitu suatu adalah hak yang dimiliki setiap orang untung memerintah orang lain dengan prosedur dan memiliki tujuan. adanya kekuasaan dan wewenang diberikan kepada orang tersebut untuk tidak di salah gunakan dalam memerintah seseorang.Kekuasaan dan wewenang adalah hal yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan.

  16. Kekuasaan adalah suatu hubungan dimana seseorang atau kelompok dapat menentukan tindakan seseorang atau kelompok lain kearah tujuan pihak pertama agar tujuan itu dapat tercapai.
    Kewenangan adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Kewenangan biasanya dihubungkan dengan kekuasaan, contoh : seseorang yang memiliki kewenangan berhak membuat peraturan dan mengharapkan kepatuhan terhadap peraturannya karena seseorang itu mempunyai kekuasaan

    • wewenang dan kekuasaan memiliki perbedaan. contoh mudahnya, ketika kita diberi kesempatan untuk meneruskan usaha milik orang tua kita walaupun kita tidak tahu dapat melaksanakan dengan baik atau tidak maka disana kita diberi hak untuk melaksanakannya, ini disebut wewenang. lain halnya ketika kita dipercaya oleh atasan kita untuk mengisi posisi jabatan yang lebih tinggi karena kinerja kita sangat bagus dan dianggap mampu melakukannnya, maka ini disebut kekuasaan

  17. Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.
    contoh : suatu guru yang mempunyai wewenang kepada murid untuk mengerjakan tugas karena guru tersebut mempunyai wewenang sebagai guru di kelas murid .
    Kekuasaan adalah suatu jabatan orang yg bisa memberikan wewenang terhadap orang laen .
    contohnya : suatu guru yang mempunyai kekuasan di dlm kelas dan dia mempunyai wewenang terhadap murid itu buat kerjain tugas
    jadi disimpulkan kekuasaan dan wewenang itu saling berkaitan satu dgn laennya

  18. Wewenang dan Kekuasaan adalah suatu hubungan dimana seseorang atau kelompok dapat menentukan tindakan seseorang atau kelompok lain kearah tujuan pihak pertama.

  19. Wewenang adalah hak seseorang untuk memerintah seseorang baik itu perintah untuk melakukan sesuatu maupun untuk tidak melakukan sesuatu. Sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk melaksanakan wewenang tersebut. Seseorang yg mempunyai wewenang belum tentu mempunyai kekuasaan, karena terkadang orang hanya mempunyai wewenang tetapi mereka tidak mampu melaksanakan wewenang tersebut karena dia belum mempunyai kemampuan. Jadi dalam konteks ini kekuasaan adalah kemampuan. Wewenang bisa didapatkan dan bisa juga diberikan. Biasanya wewenang yang didapatkan itulah yg lebih baik dari pada yang diberikan, karena jika wewenang didapatkan berarti seseorang tersebut berusaha keras yaitu dengan cara memaksimalkan kemampuaannya untuk mendapatkan wewenang tersebut. Jadi ketika dia berhasil mendapatkannya maka kemungkinan besar dia bisa melaksanakan wewenangnya dengan baik. Jika wewenang itu diberikan kemungkinan besar orang tersebut kurang memaksimalkan usahanya untuk mendapatkan wewenang tersebut dan kemungkinan besar orang tersebut tidak maksimal dalam melaksanakan wewenangnya. Tetapi sebaiknya Wewenang dan Kekuasaan berjalan seiringan tetapi hal ini sangat sulit untuk terjadi . Sebagai contoh : misal Joko terpilih sebagai PRESMA (Presiden Mahasiswa), hal ini terjadi karena tidak ada yang mencalonkan diri untuk menjadi PRESMA, karena dirasa Joko memiliki wajah yang cukup tampan dan berkarisma akhirnya terpilihlah dia untuk menjabat sebagai PRESMA. Seiring dengan berjalannya waktu ternyata kegiatan organisasi BEM di bawah naungan Joko tersebut tidak berjalan dengan baik. Banyak junior yang melaporkan kepada pihak Kaprodi atau Kemahasiswaan bahwa sebagian besar acara yang diadakan oleh setiap BEM Fakultas terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan misal banyak senior atau bahkan alumni yang semena-mena bertindak menyimpang dihadapan juniornya. Hal ini tentu mencerminkan bahwa Joko mempunyai wewenang tetapi tidak mempunyai kekuasaan (kemampuan) untuk menjadi seorang PRESMA.

  20. PERBEDAAN KEKUASAAN DAN WEWENANG
    Kekuasaan diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya. Kekuasaan merupakan hubungan antara pihak yang dapat mempengaruhi pihak lain (pemimpin) dengan pihak yang menerima pengaruhnya (pengikut).

    Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya. Wewenang akan berhasil apabila dibarengi dengan kekuasaan yang nyata.
    A. Kekuasaan
    1. Hakikat Kekuasaan dan Sumbernya
    Kekuasaan tertinggi dalam masyarakat adalah kedaulatan yang dijalankan oleh segelincir golongan masyarakat. Disebut juga the ruling class (Gaetano Mosca).
    Adapun sumber – sumber kekuasaan adalah sebagai berikut :
    · Militer, polisi, kriminal
    Sebagai pengendali kekerasan.
    · Ekonomi
    Sebagai pengendali tanah, buruh, kekayaan material, produksi.
    · Politik
    Sebagai pengambil keputusan.
    · Hukum
    Mempertahankan, memgubah, melancarkan interaksi.
    · Tradisi
    Sistem kepercayaan nilai – nilai.
    · Ideologi
    Pandangan hidup, integrasi.
    · Diversionary power
    Kepentingan rekreatif.
    2. Unsur – unsur pokok kekuasaan :
    · Rasa takut
    Menimbulkan kepatuhan terhadap segala kemauan dan tindakan orang yang ditakuti.
    · Rasa cinta
    Akan menghasilkan perbuatan – perbuatan yang positif.
    · Kepercayaan
    Timbul sebagai hasil hubungan langsung antara dua orang atau lebih yang bersifat asosiatif.
    · Pemujaan
    Pemegang kekuasaan mempunyai dasar pemujaan dari orang lain.
    3. Cara Mempertahankan Kekuasaan
    Kekuasaan dapat dipertahankan dengan cara – cara berikut :
    a. Dengan jalan meninggalkan segenap peraturan – peraturan lama, terutama dalam bidang politik yang merugikan kedudukan penguasa.
    b. Mengadakan sistem – sistem kepercayaan.
    c. Pelaksanaan administrasi dan birokrasi yang baik.
    d. Mengadakan konsilidasi secara horizontal dan vertikal.
    4. Kedudukan juga dapat diperkuat dengan :
    a. Menguasai bidang – bidang kehidupan tertentu.
    b. Penguasaan bidang – bidang kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan dengan paksa dan kekerasan.
    5. Bentuk – Bentuk Lapisan Kekuasaan
    · Tipe Kasta
    adalah lapisan kekuasaan dengan garis pemisah yang tegas dan kaku. Contohnya adalah pada masyarakat berkasta.
    · Tipe Oligarkis
    adalah dimana masih ada garis pemisah yang tegas, tetapi warga masih bisa memperoleh kesempatan memiliki kekuasaan.
    · Tipe Demokratis
    adalah lapisan yang sifatnya menyeluruh dan terus bergerak.

    B. Wewenang
    1. Wewenang Kharismatis, Tradisional dan Rasional (Legal)
    Perbedaan antara ketiganya adalah hubungan antara tindakan dengan dasar hukum yang berlaku.
    · Wewenang kharismatis merupakan wewenang yang didasarkan pada kharisma, yaitu suatu kemampuan khusus (pembawaan dan aura positif) yang ada pada diri seseorang.
    · Wewenang tradisional adalah wewenang yang bukan karena mempunyai kemampuan – kemampuan khusus, tetapi karena mempunyai kekuasaan dan wewenang yang telah turun menurun dan bahkan menjiwai masyarakat.
    · Wewenang rasional (legal) adalah wewenang yang didasarkan pada sistem hukum yang berlaku dalam masyarakat.
    2. Wewenang Resmi dan Tidak Resmi
    Wewenang resmi bersifat sistematis, diperhitungkan, dan rasional. Biasanya pada kelompok besar yang tetap.
    Wewenang tidak resmi bersifat spontan, situasional dan didasarkan pada faktor saling mengenal. Dalam masyarakat kecil, wewenang tidak resmi dapat menjadi resmi apabila terlalu seringnya terjadi pertikaian antar anggota.
    3. Wewenang Pribadi dan Teritorial
    Wewenang pribadi sangat tergantung pada solidarisan antar anggota. Wewenang territorial yaitu dimana tempat tinggal memegang peranan yang sangat penting. Yang membedakan keduanya adalah timbul dari sifat dan dasar kelompok – kelompok sosial tertentu.
    4. Wewenang Terbatas dan Menyeluruh
    Wewenang menyeluruh adalah suatu wewenang yang tidak dibatasi oleh bidang – bidang kehidupan tertentu.

    C. KesimpulanWewenang yaitu hak untuk memberi perintah dan kekuasaan untuk meminta agar dirinya dipatuhi orang lain. Kekuasaan harus dipertahankan oleh setiap individu agar tetap berjalan. Karena kekuasaan yang mengatur hidup manusia. Begitu juga dengan wewenang yang tidak kalah pentingnya. Wewenang haruslah didasari kekuasaan yang kuat dan nyata agar dapat berjalan dengan baik.

  21. kekuasaan & hak selalu berjalan berdampingan karena ke-2 hal itu sangat berkaitan erat, 1 kesatuan & tak dapat dipisahkan. kekuasaan & wewenang tidak harus dikaitkan dengan masalah hukum saja, tetapi seluruh aspek kegiatan yang kita lakukan selalu dekat dengan kekuasaan & wewenang. tanpa ada kemampuan, tentu kita tidak dapat mengambil apa yang seharusnya menjadi hak kita. namun jika kita tidak memiliki hak tetapi memiliki kemampuan, kita dapat menyatakannya kepada si pemberi wewenang bahwa kita berhak untuk memperoleh wewenang tersebut. sebagai contoh, bapak guru memberi wewenang kepada seorang murid yang cadel (tidak bisa sebut R) untuk menyebutkan kalimat “Ular melingkar di atas pagar sambil berputar-putar”. maka sang murid akan sangat kesulitan untuk menyebutkan kalimat tersebut dikarenakan ia tidak mampu melakukannya, sekalipun ia telah diberikan wewenang. sementara ada seorang murid yang tidak cadel namun tidak diberikan wewenang, maka murid lain tersebut dapat mengatakan kepada sang guru dengan cara membuktikannya bahwa ia benar-benar mampu menyebutkannya sehingga ia pun akan diberikan wewenang.
    (revisi dari komentar kiriman saya yang terdahulu)

  22. Kekuasaan adalah suatu hubungan dimana seseorang atau kelompok dapat menentukan tindakan seseorang atau kelompok lain kearah tujuan pihak pertama,
    sedangkan Wewenang adalah hak untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.Wewenang digunakan untuk mencapai tujuan pihak yang berwenang karena itu,wewenang biasanya dikaitkan dengan kekuasaan.

  23. Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok untuk menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang telah diberikan. Kekuasaan bisa bersifat positif dan bersifat negatif. Sedangkan wewenang adalah untuk memerintah seseorang atau kelompok untuk melakukan atau tidak melakukan kewenangan yang telah diberikan agar tercapai tujuan tertentu. Perbedaan dari kekuasaan dengan wewenang ialah wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk melakukan hak tersebut. Tetapi kekuasaan dan wewenang tidak dapat dipisahkan dan membentuk suatu hal yang saling berkaitan satu sama lain, karena wewenang tanpa kekuasaan atau kekuasaan tanpa wewenang akan menyebabkan konflik dalam organisasi.

  24. Kekuasaan adalah kemampuan untuk mengendalikan tingkah laku orang lain baik secara langsung dengan memberi perintah atau dengan tidak langsung. Sedangkan wewenang adalah seseorang yang mempunyai wewenang bertindak sebagai orang yang memimpin atau membimbing orang banyak menetapkan kebijaksanaan, menentukan keputusan, dan untuk menyelesaikan pertentangan.

  25. Menurut saya wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu yang sifatnya memerintah orang lain maupun tidak. Wewenang disini memiliki dua teori yaitu teori formal dan teori penerimaan. Kalau teori formal, wewenang ada karena diwarisi hal tersebut, seperti contohnya orang tua yang memberikan kepercayaan sebagai pemimpin di salah satu perusahaan showroom mobil kepada anaknya. Sedangkan teori penerimaan adalah wewenang yang didapatkan dengan cara diterima oleh setiap individu maupun kelompoknya, seperti contohnya orang yang dipercaya sebagai pemimpin disuatu organisasi karena orang tersebut memiliki keahlian dalam organisasi tersebut.
    Selanjutnya ada kekuasaan, kekuasaan yang dimaksud adalah hak untuk melakukan sesuatu karena mempunyari tingkat kemampuan yang tinggi. Ada dua jenis kekuasaan yaitu kekuasaan posisi dan keuasaan pribadi. Salah satu contoh kekuasaan adalah seorang Jendral yang memerintah bawahannya untuk melakukan sesuatu oleh atasannya, dan bawahannya harus mematuhi apa yang dikatakan atasannya (Jendral) tersebut.

  26. Wewenang dan kekuasaan merupakan hal yang saling terkait yang tidak dapat dipisahkan tetapi bukan suatu hal yang sama. Wewenang dan kekuasaan bila dipisahkan akan menjadi wewenang tanpa kekuasaan dan sebaliknya kekuasaan tanpa wewenang yang akan menyebabkan konflik sosial di dalam suatu organisasi. Wewenang adalah suatu hak yang digunakan untuk memerintah seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan si seseorang yang mempunyai kewenangan tersebut untuk mencapai tujuan tertentu. Seseorang yang mempunyai wewenang berhak untuk membuat suatu perintah atau peraturan yang diharapkan dapat dipatuhinya perintah atau peraturan tersebut. Sedangkan kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau suatu pihak yang digunakan untuk mempengaruhi tingkah laku dan sikap maupun pikiran orang lain baik individu maupun kelompok untuk mencapai apa yang diinginkan si pemegang kekuasaan.

  27. Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, sehingga kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh. Kekuasaan juga berarti kemampuan untuk mempengaruhi individu, kelompok, keputusan, atau kejadian. Kekuasaan tidak sama dengan wewenang,wewenang tanpa kekuasaan atau kekuasaan tanpa wewenang akan menyebabkan konflik dalam organisasi.

    Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya. Wewenang akan berhasil apabila dibarengi dengan kekuasaan yang nyata. Sehingga bisa disimpulkan wewenang adalah hak seseorang untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar tugas serta tanggung jawabnya dapat dilaksanakan dengan baik.

  28. Menurut saya wewenang dan kekuasaan itu berkaitan satu sama lain, wewenang itu hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah seseorang untuk melakukan sesuatu agar tercapai tujuan sedangkan kekuasaan merupakan perilaku seseoang individu ketika ia mengarahkan aktivitas sebuah kelompok menuju tujuan bersama.

  29. Menurut saya wewenang dan kekuasaan adalah suatu satu kesatuan dan berkaitan satu dengan yang lainnya dimana bila seorang individu mempunyai wewenang belum tentu dia mempunyai kekuasaan, tetapi bila dia mempunyai suatu kekuasaan sudah pasti dia mempunyai wewenang. Mengapa demikian ? karena bila seseorang berwewenang atau memiliki hak untuk melakukan sesuatu dia belum tentu mampu melakukan hal tersebut dengan benar, tetapi apabila dia memiliki kekuasaan sudah pasti dia memiliki hak dan mampu melakukannya dengan benar dan bertanggung jawab untuk apa yang akan dan telah dia lakukan.
    Wewenang adalah suatu hak dimana hak itu dipakai untuk melakukan sesuatu hal atau memerintah individu atau kelompok lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan kekuasaan adalah suatu kemampuan dimana kemampuan itu digunakan oleh individu atau kelompok yang berkuasa untuk melakukan suatu wewenang.

  30. pengertian Wewenang :Wewenang (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.Penggunaan wewenang secara bijaksana merupakan faktor kritis bagi efektevitas organisasi. peranan pokok wewenang dalam fungsi pengorganisasian, wewenang dan kekuasaan sebagai metoda formal, dimana manajer menggunakannya untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.Wewenang formal tersebut harus di dukung juga dengan dasar-dasar kekuasaan dan pengaruh informal. Manajer perlu menggunakan lebih dari wewenang resminya untuk mendapatkan kerjasama dengan bawahan mereka, selain juga tergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan mereka.
    Ada dua pandangan yang menjelaskan wewenang formal (resmi):
    1. Pandangan klasik (classical view)
    Wewenang datang dari tingkat paling atas, kemudian secara bertahap diturunkan ke tingkat yang lebih bawah
    2. Pandangan penerimaan (acceptance view)
    Sudut pandang wewenang adalah penerima perintah, bukannya pemberi perintah. Pandangan ini dimulai dengan pengamatan bahwa tidak semua perintah dipatuhi oleh penerima perintah. Penerima perintah akan menentukan apakah akan menerima perintah atau tidak.

    pengertian kekuasaan:Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang lain; artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu atau kelompok. Kekuasaan juga berarti kemampuan untuk mempengaruhi individu, kelompok, keputusan, atau kejadian. Kekuasaan tidak sama dengan wewenang, wewenang tanpa kekuasaan atau kekuasaan tanpa wewenang akan menyebabkan konflik dalam organisasi. Secara umum ada dua bentuk kekuasaan:
    1. Pertama kekuasaan pribadi, kekuasaan yang didapat dari para pengikut dan didasarkan pada seberapa besar pengikut mengagumi, respek dan terikat pada pemimpin.
    2. Kedua kekuasaan posisi, kekuasaan yang didapat dari wewenang formal organisasi. Kekuasaan berkaitan erat dengan pengaruh (influence) yaitu tindakan atau contoh tingkah laku yang menyebabkan perubahan sikap atau tingkah laku orang lain atau kelompok.

  31. Kekuasaan amat erat hubungannya dengan wewenang. Tetapi kedua konsep ini harus dibedakan. Kekuasaan melibatkan kekuatan dan paksaan, wewenang merupakan bagian dari kekuasaan yang cakupannya lebih sempit. Wewenang tidak menimbulkan implikasi kekuatan. Wewenang adalah kekuasaan formal yang dimiliki oleh seseorang karena posisi yang dipegang dalam organisasi. Jadi seorang bawahan harus mematuhi perintah manajernya karena posisi manajer tersebut telah memberikan wewenang untuk memerintah secara sah.

  32. Sebuah wewenang dan kekuasaan adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan,karena kedua hal ini dapat mempenagruhi pribadi atau menentukan sikap pepimpin yang akan diperintahkan nantinya.Wewenang adalah salah satu kekuasaan yang ada dalam diri manusia untuk melakukan dan memerintahkan agar tujuan yang ingin ia capai dapat berhasil.Sedangkan kekuasaan adalah perilaku individu untuk mengarahkan atau memberikan sasaran serta pendapat yang baik dalam mencapai tujuan bersama.

  33. Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang lain; artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu atau kelompok.
    Kekuasaan juga berarti kemampuan untuk mempengaruhi individu, kelompok, keputusan, atau suatu kejadian.
    Kekuasaan tidak sama dengan wewenang, wewenang tanpa kekuasaan atau
    kekuasaan tanpa wewenang akan menyebabkan konflik dalam organisasi.

    Secara umum ada dua bentuk kekuasaan:
    a. Kekuasaan pribadi, kekuasaan yang didapat dari para pengikut dan didasarkan
    pada seberapa besar pengikut mengagumi, respek dan terikat pada pemimpin.
    b. Kekuasaan posisi, kekuasaan yang didapat dari wewenang formal organisasi,
    besarnya kekuasaan ini tergantung pada besarnya pendelegasian orang yang
    menduduki posisi tersebut.

  34. Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak-haknya. Wewenang akan berhasil apabila dibarengi dengan kekuasaan yang nyata. Wewenang merupakan syaraf yang berfungsi sebagai penggerak daripada kegiatan-kegiatan. Wewenang yang ada pada diri seseorang yang bersifat formal harus didukung pula dengan wewenang yang bersifat informal, untuk mendapatkan kerjasama yang baik dengan bawahan.
    Kekuasaan adalah perilaku seorang individu ketika ia mengarahkan aktivitas sebuah kelompok menuju suatu tujuan bersama. Kekuasaan merupakan kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo,2002) atau Kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi (Ramlan Surbakti,1992).

  35. Kekuasaan adalah kemampuan individu atau kelompok untuk mempengaruhi dan juga memberi keputusan-keputusan yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi tindakan-tindakan individu atau kelompok yang berada dibawah kekuasaannya.individu atau kelompok lain, agar mereka mau mengikuti keinginan dari yang memegang kuasa. Dalam hal ini kekuasaan mencangkup kemampuan untuk memerintah sedangkan Wewenang adalah kekuasaan yang pada seseorang atau sekelompok orang yang mendapat pengakuan masyarakat

  36. Kekuasaan adalah hal yang dapat menentukan nasib seseorang bahkan nasib suatu bangsa. Sedangkan wewenang adalah kekuasaan yang dimiliki seseprang atau sekelompok orang untuk mendapatkan pengakuan dan juga dorongan.

  37. Wewenang merupakan syaraf yang berfungsi sebagai penggerak daripada kegiatan-kegiatan. wewenang yang ada pada diri seseorang yang bersifat formal harus didukung pula dengan wewenang yang bersifat informal, untuk mendapatkan kerjasama yang baik dengan bawahan. Disamping itu juga wewenang juga tergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan. Wewenang berfungsi untuk menjalankan kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi. Wewenang dapat diartikan sebagai hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.

    Sedangkan Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku

  38. marsello fransiskus (2013-58-113) seksi 17
    Wewenang dan kekuasaan adalah dua pengertian tetapi tidak bisa di pisahkan karena wewenang itu adalah hak untuk memerintah orang lain agar mencapai tujuan. Wewenang disini memiliki dua teori yaitu teori formal dan teori penerimaan. Kekuasaan adalah kemampuan untuk malakukannya. Kekuasaan di bagi menjadi dua yaitu Kekuasaan posisi (position power) di dapat dari wewenang formal suatu organisasi contohnya suatu organisasi sepakbola dimas menjadi kapten tim sepak bola tersebut maka dimas berhak memberikan perintah kepada bawahannya. Kekuasaan pribadi (personal power) di dapatkan dari para pengikut contohnya H. Romah Iramah banyak pengikutnya jadi H.Romah berhak untuk menyuruh bawahan-bawahannya.

  39. Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku, Kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruh
    Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu.
    Ada 2 pandangan mengenai sumber wewenang, yaitu :
    1. Formal, bahwa wewenang di anugerahkan karena seseorang diberi atau dilimpahkan/diwarisi hal tersebut.
    2. Penerimaan, bahwa wewenang seseorang muncul hanya bila hal itu diterima oleh kelompok/individu kepada siapa wewenang tersebut dijalankan.

  40. wewenang yaitu sebuah hak untuk memerintah dengan tujuan untuk mencapai yang ia kehendaki sedangkan kekuasaan menurut saya adalah sebuah cara untuk mencapai tujuan wewenang . wewenang datang apabila ada kekuasaan

  41. Menurut pemahaman saya, wewenang dan kekuasaan saling berhubungan. Wewenang sendiri dapat diartikan sebagai kekuasaan jabatan yang memperoleh pengesahan dari orang lain, dalam hal ini atasan dan bawahan. Pengertian tentang wewenang dapat dipandang secara klasik dan juga secara pengakuan.
    Secara klasik, wewenang dimiliki oleh atasan dan bawahan berkewajiban mematuhinya. Kondisi ini dapat menimbulkan kekuasaan yang sewenang-wenang. Pandangan pengakuan berdasarkan adanya pengakuan dari seseorang yang dipengaruhi terhadap orang lain yang mempengaruhi mereka. Dengan demikian, dalam lingkup sempit, wewenang yang sah belum tentu memperoleh pengakuan orang lain. sedangkan kekuasaan adalah usaha mempengaruhi perilaku orang lain saat kita menggunakan kekuasaan, biasanya didukung oleh kemampuan yang dimiliki. demikian pendapat saya mengenai materi wewenang dan kekuasaan. terima kasih

  42. yang saya pahami dari blog ini adalah bahwa wewenang itu hak untuk melakukan perintah terhadap orang yang diperintahkannya. bisa dilakukan atau tidak dilaksanakan. seperti orangtua yang menyuruh anaknya untuk pergi ke pasar dan orang tua itu mempunyai wewenang atau hak terhadap anaknya.

    Kekuasaan adalah kemampuan untuk melakukan memerintahkan juga dari individu ke bagian kelompok.

  43. Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.
    Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain untuk mencapai sesuatu dengan cara yang diinginkan untuk mencapai tujuan.

  44. Menurut saya, wewenang merupakan hak untuk melakukan sesuatu dan sebagai penggerak dari berbagai kegiatan. kekuasaan adalah kemampuan untuk menjalankan suatu kewenangan yang didapatkan dari individu atau kelompok.
    Teerima Kasih

  45. Kekuasaan diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi individu lain menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya. Kekuasaan merupakan hubungan antara pihak yang dapat mempengaruhi pihak lain (pemimpin) dengan pihak yang menerima pengaruhnya (pengikut).

    Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya. Wewenang akan berhasil apabila dibarengi dengan kekuasaan yang nyata.

  46. Kekuasaan dapat diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya. Kekuasaan merupakan hubungan antara pihak yang dapat mempengaruhi pihak lain (pemimpin) dengan pihak yang menerima pengaruhnya (pengikut).
    Dan wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak–haknya. Wewenang akan berhasil apabila dibarengi dengan kekuasaan yang nyata.

  47. Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok yang menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, sedangkan kewenangan adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.

  48. Kalau Menurut Saya Kekuasaan:
    Power sering diartikan sebagai kekuasaan. Sering juga diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh suatu pihak yang digunakan untuk memengaruhi pihak lain, untuk mencapai apa yang diinginkan oleh pemegang kekuasaan. Max Weber dalam bukunya Wirtschaft und Gesselshaft menyatakan, kekuasaan adalah kemampuan untuk, dalam suatu hubungan sosial, melaksanakan kemauan sendiri meskipun mengalami perlawanan. Pernyataan ini menjadi rujukan banyak ahli, seperti yang dinyatakan Harold D. Laswell dan A. Kaplan,” Kekuasaan adalah suatu hubungan dimana seseorang atau kelompok dapat menentukan tindakan seseorang atau kelompok lain kearah tujuan pihak pertama.”

    Kewenangan:
    Kewenangan (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Kewenangan biasanya dihubungkan dengan kekuasaan. Penggunaan kewenangan secara bijaksana merupakan faktor kritis bagi efektevitas organisasi.
    Kewenangan digunakan untuk mencapai tujuan pihak yang berwenang. Karena itu, kewenangan biasanya dikaitkan dengan kekuasaan. Robert Bierstedt menyatakan dalam bukunya an analysis of social power , bahwa kewenangan merupakan kekuasaan yang dilembagakan. Seseorang yang memiliki kewenangan berhak membuat peraturan dan mengharapkan kepatuhan terhadap peraturannya.

  49. Contoh kasus wewenang: Seorang bos yang memiliki wewenang untuk menyuruh anak buahnya untuk melaksanakan tugas dengan sangat baik.

    contoh kasus kekuasaan: rejim pemerintahan.

  50. Kekuasaan adalah kemampuan untuk memerika perintah dan memberi keputusan yang baik secara langsung maupun tidak mempengaruhi tindakan tindakan pihak lainnya.
    Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau kelompok orang yang mendapat pengakuan masyarakat

  51. Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu.

    kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang lain; artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu atau kelompok. Kekuasaan juga berarti kemampuan untuk mempengaruhi individu, kelompok, keputusan, atau kejadian. Kekuasaan tidak sama dengan wewenang,wewenang tanpa kekuasaan atau kekuasaan tanpa wewenang akan menyebabkan konflik dalam organisasi.

  52. Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh, atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku

  53. Wewenang dan kekuasaan yang dimiliki sesorang akan menunjukkan apakah orang tersebut pantas menjadi seorang pemimpin atau tidak. Seorang pemimpin yang bijak terlihat dari bagaimana dia menggunakan wewenang dan kekuasaan yang dimilikinya. Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, sedangkan kekuasaan adalah kemampuan melakukan wewenang.

    Dalam suatu perusahaan, terdapat karyawan yang rajin (teori Y) dan malas bekerja (teori X). Dalam hal ini, pemimpin mempunyai peran yang sangat penting. Seorang pemimpin harus bisa mengatur karyawan-karyawannya dengan cara yang bebeda sesuai sifat dan kinerjanya.

    Misalnya: Pemimpin memberikan reward bagi karyawan yang rajin (teori Y), sedangkan bagi yang malas bekerja (teori X), pemimpin harus bisa memperbaiki kelakuannya dengan tetap memperhatikan aspek-aspek penyebab kemalasan karyawan untuk bekerja.

    Pada umumnya, dalam perusahaan terdapat beberapa divisi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemimpin menyalahgunakan kekuasaan dan wewenangnya serta mencegah agar tidak terjadi konflik. Jika seseorang melaksanakan wewenangnya tetapi tidak disertai kekuasaan, maka hanya konflik sajalah yang terjadi.

  54. LIKA DESI NATALIA (2013-11-246) SEKSI 15

    Wewenang merupakan syaraf yang berfungsi sebagai penggerak daripada kegiatan-kegiatan. wewenang yang ada pada diri seseorang yang bersifat formal harus didukung pula dengan wewenang yang bersifat informal, untuk mendapatkan kerjasama yang baik dengan bawahan. Disamping itu juga wewenang juga tergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan. Wewenang berfungsi untuk menjalankan kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi. Wewenang dapat diartikan sebagai hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.

    Sedangkan Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku atau Kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi
    Dalam pembicaraan umum, kekuasaan dapat berarti kekuasaan golongan, kekuasaan raja, kekuasaan pejabat negara. Sehingga tidak salah bila dikatakan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang ada pada pemegang kekuasaan tersebut. Robert Mac Iver mengatakan bahwa Kekuasaan adalah kemampuan untuk mengendalikan tingkah laku orang lain baik secara langsung dengan jalan memberi perintah / dengan tidak langsung dengan jalan menggunakan semua alat dan cara yg tersedia. Kekuasaan biasanya berbentuk hubungan, ada yg memerintah dan ada yg diperintah. Manusia berlaku sebagau subjek sekaligus objek dari kekuasaan. Contohnya Presiden, ia membuat UU (subyek dari kekuasaan) tetapi juga harus tunduk pada UU (objek dari kekuasaan).

  55. Wewenang dan kekuasaan yang dimiliki sesorang akan menunjukkan apakah orang tersebut pantas menjadi seorang pemimpin atau tidak. Seorang pemimpin yang bijak terlihat dari bagaimana dia menggunakan wewenang dan kekuasaan yang dimilikinya. Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, sedangkan kekuasaan adalah kemampuan melakukan wewenang.

    Dalam suatu perusahaan, terdapat karyawan yang rajin (teori Y) dan malas bekerja (teori X). Dalam hal ini, pemimpin mempunyai peran yang sangat penting. Seorang pemimpin harus bisa mengatur karyawan-karyawannya dengan cara yang bebeda sesuai sifat dan kinerjanya.

    Misalnya: Pemimpin memberikan reward bagi karyawan yang rajin (teori Y), sedangkan bagi yang malas bekerja (teori X), pemimpin harus bisa memperbaiki kelakuannya dengan tetap memperhatikan aspek-aspek penyebab kemalasan karyawan untuk bekerja.

    Pada umumnya, dalam perusahaan terdapat beberapa divisi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemimpin menyalahgunakan kekuasaan dan wewenangnya serta mencegah agar tidak terjadi konflik. Jika seseorang melaksanakan wewenangnya tetapi tidak disertai kekuasaan, maka hanya konflik sajalah yang terjadi.

  56. Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu.

    Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku atau Kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi

    Pada dasarnya kekuasaan dan wewenang saling berkaitan

  57. Wewenang yaitu hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu, wewenang biasanya dihubungkan dengan kekuasaan. Jadi seseorang yang memiliki wewemang berhak membuat peraturan dan mengharapkan kepatuhan terhadap peraturannya.
    Sedangkan kekuasaan yaitu kemampuan yang dimiliki oleh suatu pihak yang digunakan untuk memengaruhi pihak lain, untuk mencapai apa yang diinginkan oleh pemegang kekuasaan.

  58. kekuasaan adalah ability seseorang dalam melakukan wewenang. wewenang adalah hak seseorang dalam melakukan kekuasaan. kekuasaan menurut pakar psikologi berasal dari 5 sumber yaitu: kekuatan. kedudukan atau jabatan, kekayaan, kepercayaan, dan keterampilan atau skill.
    yang saya lihat sekarang banyak sekali pempin-pemimpin yang kurang kompeten dalam melaksanakan tugasnya. hanya bermodal bicara mereka bisa mendapatkan wewenang untuk memimpin.

  59. Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang lain artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu atau kelompok. Kekuasaan juga berarti kemampuan untuk mempengaruhi individu, kelompok, keputusan, atau kejadian. Kekuasaan tidak sama dengan wewenang, wewenang tanpa kekuasaan atau kekuasaan tanpa wewenang akan menyebabkan konflik dalam organisasi. Kekuasaan berkaitan erat dengan pengaruh (influence) yaitu tindakan atau contoh tingkah laku yang menyebabkan perubahan sikap atau tingkah laku orang lain atau kelompok.

  60. Wewenang sudah jelas di katakan adalah hak. Kita semua tau hak itu tidak untuk dicari, melainkan telah ada, sudah ada. Wewenang adalah hak seseorang untuk memerintah, berarti orang yang akan diberi perintah sudah mengetahui bahwa orang tersebur memang memiliki wewenang untuk memerintahnya. Misalnya seorang direktur yang sudah tua di gantikan oleh anaknya yang masih muda sebagai seorang direktur. Maka para karyawan sudah akan mematuhi anak tersebut karena dia di beri wewenang oleh sang ayah.
    Sedangkan kekuasaan, adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain supaya mengikuti peraturannya. Di sini dibutuhkan kemampuan untuk meyakinkan orang banyak agar di angkat menjadi seorang pemimpin. Lebih di butuhkan kerja keras, etika, dan kecerdasan.

  61. Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok untuk menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelakunya .

  62. 1. Kewenangan

    Kewenangan (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Kewenangan biasanya dihubungkan dengan kekuasaan. Penggunaan kewenangan secara bijaksana merupakan faktor kritis bagi efektevitas organisasi.

    Kewenangan digunakan untuk mencapai tujuan pihak yang berwenang. Karena itu, kewenangan biasanya dikaitkan dengan kekuasaan.

    2. Kekuasaan

    Power sering diartikan sebagai kekuasaan. Sering juga diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh suatu pihak yang digunakan untuk memengaruhi pihak lain, untuk mencapai apa yang diinginkan oleh pemegang kekuasaan. Kekuasaan adalah kemampuan untuk, dalam suatu hubungan sosial, melaksanakan kemauan sendiri meskipun mengalami perlawanan.

    Power (kekuasaan) dan authority (wewenang) saling terkait; power = informal authority, authority = legimate power.

    Power tidak membutuhkan legitimasi sedangkan authority membutuhkan legitimasi dan membutuhkan power. Authority merupakan hak untuk memanipulasi atau merubah orang lain.

  63. Menurut saya kekuasaan dan wewenang adalah suatu hal yang bertolak belakang. Kekuasaan adalah kemampuan menggunakan pengaruh kepada orang lain dan kemampuan mengubah sikap pada individu atau kelompok. Sedangkan wewenang dimiliki setiap orang. Dan setiap individu dapat menggunakan haknya untuk memerintah dan mengatur orang lain.

  64. kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang atau kelompok lain, sehingga tingkah laku menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang mempunyai kekuasaan itu.
    sedangkan wewenang adalah hak untuk memerintah oprang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu.

  65. Kekuasaan adalah kemampuan untuk memberikan pengaruh pada orang lain artinya suatukemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu atau kelompok. Di suatu organisasi,manajer menggunakan kekuasaan kemudian ia akan memberikan pengaruh kepada karyawan dibawahnya. Akan tetapi para manajer juga harus menyadari bahwa kekuasaan bukan hanya dimiliki olehmereka melainkan di tingkat bawah para anggota organisasi juga mempunyai kekuasaan informal yangcukup besar yang didasari oleh pengetahuan, keterampilan atau sumber daya yang mereka miliki
    Wewenang yaitu hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu, wewenang biasanya dihubungkan dengan kekuasaan. Jadi seseorang yang memiliki wewemang berhak membuat peraturan dan mengharapkan kepatuhan terhadap peraturannya.

  66. menurut pemahaman saya, wewenang dan kekuasaan saling berkaitan, karena orang yang memiliki kekuasaan berhak memberikan wewenang kepada orang yang akan diberikan, sedangkan orang yang diberikan wewenang harus memiliki kekuasaan agar dapat menjalankan tugas yang diberikan, walaupun wewenang disini adalah hak untuk melakukan atau tidak sesuatu agar tercapai tujuannya.

  67. Menurut saya kekuasaan adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya sedangkan wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya.

  68. Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh, atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku.

  69. wewenang dan kekuaaan adalah2 hal yang berbeda. wewenang adalah hak untuk memimpn memberikan pengaruh untuk orang lain. sedangkan kekuasaan adaah sebuah kemampuan untuk memimpin. Menurut saya, orang yang memiliki wewenang belumtentu memiliki kekuasaan. karna trkadang orang yang hanya memiliki hak untuk memimin, belum tentu memiliki kemampuan untuk memimpin.

  70. 1. wewenang dan kekuaaan adalah2 hal yang berbeda. wewenang adalah hak untuk memimpn memberikan pengaruh untuk orang lain. sedangkan kekuasaan adaah sebuah kemampuan untuk memimpin. Menurut saya, orang yang memiliki wewenang belumtentu memiliki kekuasaan. karna trkadang orang yang hanya memiliki hak untuk memimin, belum tentu memiliki kemampuan untuk memimpin.

  71. Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau sekelompok manusia untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang atau kelompok lain menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang mempunyai kekuasaan tersebut.
    Sementara wewenang adalah pelimpahan kekuasaan dari atasan kebawahan dalam suatu organisasi.

  72. Kekuasaan adalah kemampuan untuk bertindak atau memerintah sehingga dapat menyebabkan orang lain bertindak, pengertian disini harus meliputi kemampuan untuk membuat keputusan mempengaruhi orang lain dan mengatasi pelaksanaan keputusan itu. Sedangkan wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan atau pendapat pengakuan dari masyarakat. Adanya wewenang hanya dapat menjadi efektif apabila didukung dengan kekuasaan yang nyata.

  73. menurut saya wewenang dan kekuasaan adalah 2 hal yang berbeda. wewenang adalah hak untuk memimpin. kekuasaan adalah kemampuan untuk memimpin, tapi terkadang orang yang meiliki wewenang belum tentu memiliki kekuasaan, begitu juga sebaliknya.

  74. “Kekuasaan” didefinisikan sebagai “kemampuan untuk memengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu yang bila tidak dilakukan”, akan tetapi “Kewenangan” ini akan mengacu pada klaim legitimasi, pembenaran dan hak untuk melakukan kekuasaan. Sebagai contoh masyarakat boleh jadi memiliki kekuatan untuk menghukum para kriminal dengan hukuman mati tanpa sebuah peradilan sedangkan orang-orang yang beradab percaya pada aturan hukum dan perundangan-undangan dan menganggap bahwa hanya dalam suatu pengadilan yang menurut ketenttuan hukum yang dapat memiliki kewenangan untuk memerintahkan sebuah hukuman mati.

  75. menurut saya wewenang dan kekuasaan adalah suatu hal yang memang berbeda. Kalau wewenang adalah hak untuk memimpin dan kekuasaan adalah suatu kemampuan untuk memimpin. Namun walau hal ini berbeda tapi seseorang yang memiliki kekuasaan dapat memberikan wewenang kepada orang lain untuk memimpin dalam suatu organisasi. Namun orang yang memiliki wewenang tidak bisa memerintah orang lain untuk memimpin dalam organisasi lainnya.

    • ralat :
      menurut saya wewenang dan kekuasaan adalah suatu hal yang memang berbeda. Kalau wewenang adalah hak untuk memimpin dan kekuasaan adalah suatu kemampuan untuk memimpin. Namun walau hal ini berbeda tapi seseorang yang memiliki wewenang dapat memberikan kekuasaan kepada orang lain untuk memimpin dalam suatu organisasi. Namun orang yang memiliki kekuasaan tidak bisa memerintah orang lain atau memberikan wewenang untuk memimpin dalam organisasi lainnya.

  76. Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku atau Kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi.

    Wewenang adalah Kekuasaan yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang yang sudah mendapatkan pengakuan.dan dukungan dari masyarakat.
    Contoh : seorang dosen yang memberikan tugas penambahan nilai agar untuk nilai tambahan.

  77. Wewenang dan kekuasaan adalah dua pengertian tetapi tidak bisa di pisahkan karena wewenang itu adalah hak untuk memerintah orang lain agar mencapai tujuan. Wewenang disini memiliki dua teori yaitu teori formal dan teori penerimaan. Kekuasaan adalah kemampuan untuk malakukannya. Kekuasaan di bagi menjadi dua yaitu Kekuasaan posisi (position power) di dapat dari wewenang formal suatu organisasi contohnya suatu organisasi sepakbola dimas menjadi kapten tim sepak bola tersebut maka dimas berhak memberikan perintah kepada bawahannya. Kekuasaan pribadi (personal power) di dapatkan dari para pengikut contohnya H. Romah Iramah banyak pengikutnya jadi H.Romah berhak untuk menyuruh bawahan-bawahannya.

  78. wewenang adalah sebuah hak dari seseorang apabila dia mempunyai kekuasaan pada sebuah kelompok maupun organisasi karena dia mempunyai dukungan, apabila seseorang mempunyai kekuasaan maka dia dapat diartikan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk menuntut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya.

  79. 1. Kekuasaan
    Power sering diartikan sebagai kekuasaan. Sering juga diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh suatu pihak yang digunakan untuk memengaruhi pihak lain, untuk mencapai apa yang diinginkan oleh pemegang kekuasaan.
    2. Kewenangan
    Kewenangan (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain
    untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Kewenangan biasanya dihubungkan dengan kekuasaan.

  80. Beda antara kekuasaan dengan wewenang ialah bahwa setiap kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain dapat dinamakan kekuasaan. Sedangkan wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan atau mendapat pengakuan dari masyarakat.

  81. wewenang adalah hak untuk mengendalikan orang lain sesuai kehendak kita untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. biasanya orang yang memiliki wewenang adalah orang yang berpangkat tinggi dan memiliki kuasa. contohny ratu elizabeth dan raja philip. mereka yang memiliki negara inggris maka mereka mempunyai wewenang untuk memerintah dan mengatur pemerintahan serta rakyat inggris.
    kekuasaan adalah hak yang didapat dari wewenang tersebut. karena memiliki wewenang untuk mengatur orang lain maka otomatis memiliki kuasa untuk mengatur semuanya sesuai kehendak sendiri.

  82. Wewenang itu adalah kekuasaan yang sah yang dimiliki seseorang untuk memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Sedangkan kekuasaan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain.

  83. kekuasaan adalah kemampuan untukmengubah sikap atau tingkah laku individu atau kelompok
    ciri2 kekuasaan, mengendalikan orang lain, orang mampu mengendalikan pihak lain,tetapi ada perlawanan, dalam melakukan kekuasaan selalu ada konflik
    contoh: seorang bos yang memiliki wewenang untuk menyuruh anak buahnya untk melakasanakan tugas dg sangat baik
    dan wewenang itu syaraf yang berfungsi sebagai penggerak dari pada kekuasaan itu

  84. Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau sekelompok manusia untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang atau kelompok lain sedemikian rupa, sehingga tingkah laku itu menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang mempunyai kekuasaan itu.
    Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu.

  85. kekuasaan merupakan respect dan pengakuan yang di dapat dari orang lain, sehingga orang lain tersebut dapat diatur dan di perintah oleh penguasa yang ingin mencapai suatu tujuan, jika kekuasaan itu telah di dapat maka kewenangan pun akan ikut

  86. kekuasaan adalah kemampuan individu mampu mempengaruhi mine set seseorang untuk melakukan perintah atau tugas yang telah diberikan secara tegas dan tentunya mengarah ke hal positif, sehingga kekuasaan mampu memerintah seseorang harus melakukan hal tersebut, setuju atau tidak setuju tetap harus dilaksanakan.
    Sedangkan wewenang adalah hak yang diberikan kepada individu dari atasan atau dari pemberi kuasa guna mencapai tujuan yang hendak di capai.

  87. Kekuasaan adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang yang di gunakan untuk mempengaruhi seseorang,untuk mencapai tujuan yang di ingginkan kepada pemegang kekuasaan.
    sedangkan KeWewenangan Adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.

  88. Kekuasaan sering juga diartikan sebagai kemampuan dengan adanya posisi tertentu yang dimiliki oleh suatu pihak yang digunakan untuk memengaruhi pihak lain, untuk mencapai apa yang diinginkan.

    Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Wewenangan digunakan untuk mencapai tujuan pihak yang berwenang.

  89. menurut saya, kekuasaan merupakan suatu kewenangan yang didapatkan oleh individu atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh.

  90. Kekuasaan merupakan kemampuan individu untuk mempengaruhi individu lain agar mereka mau mengikuti keinginan dari yang memegang kuasa. Sedangkan wewenang adalah kekuasaan yang sah yang ada pada seseorang yang mempunyai hak untuk memerintah atau bertidak untuk mencapai tujuan tertentu.

  91. Apa yg dibicarakan diatas memang benar, jadi Kekuasaan (power) itu adalah kemampuan individu atau kelompok untuk mempengaruhi individu atau kelompok lain (masyarakat) agar mereka mau mengikuti keinginan dari yang memegang kuasa.
    Sedangkan wewenang itu sendiri yaitu suatu kekuasaan yang diperoleh seseorang dan ingin mendapat pengakuan dari orang lain terhadap kekuasaan yg dia miliki.

  92. Wewenang itu adanya hak memerintah kepada orang lain agar tujuan tersebut tercapai oleh yang memiliki hak wewenang. Power juga sering diartikan sebagai kekuasaan. Diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh suatu pihak yang digunakan untuk memengaruhi pihak lain, untuk mencapai apa yang diinginkan oleh pemegang kekuasaan.

  93. Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, kekuasaan adalah kemampuan untuk melakukan hal tersebut.
    Wewenang dan kekuasaan jangan disalah gunakan. Seseorang yang memiliki wewenang dan kekuasaan tidak boleh semena-mena. Orang tersebut harus memikirkan juga hak orang yang menerima perintah/tugas tersebut.

  94. Kekuasaan dan wewenang memilki pengertian yang jauh berbeda walaupun ada sedikit persamaan. Seperti kekuasaan yang merupakan kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang lain dengan maksud kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu atau kelompok perbedaan ada pada kata hak dan kemampuan, jika dalam wewenang kita dapat menggunakan hak kita untuk memerintah dan mengatur orang lain sedangkan dalam kekuasaan ,kita memang memiliki kemampuan untuk mengatur atau memerintah orang lain. Wewenang dapat kita artikan sebagai hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu sedangkan

  95. Kekuasaan adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu maupun kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu agar tercapainya suatu tujuan organisasi yang telah di tentukan. Sedangkan wewenang adalah bagian dari kekuasaan yang berarti kekuasaan yang dimiliki seseorang secara formal atau terlegitimasi. Kewenangan merupakan kekuasaan untuk mengatur berbagai hal sesuai legitimasinya.

  96. bapak kalau menurut saya Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.
    Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain untuk mencapai sesuatu dengan cara yang diinginkan.
    atau wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, kekuasaan adalah kemampuan untuk melakukan hal tersebut.

  97. Wewenang adalah: merupakan syaraf yang berfungsi sebagai
    penggerak dari pada kegiatan-kegiatan. Wewenang yang bersifat informal, untuk
    mendapatkan kerjasama yang baik dengan bawahan. Disamping itu wewenang
    juga tergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan, pengalaman dan
    kepemimpinan.

    Kekuasaan adalah: Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang mempengaruhi.

  98. Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh kepada orang lain.Sedangkan Wewenang adalah bentuk dari kekuasaan. Wewenang juga dapat diartikan sebagai kekuasaan formal yang dimiliki oleh seseorang karena posisi yang dipegang dalam organisasi. Jadi seorang bawahan harus mematuhi perintah manajernya karena posisi manajer tersebut telah memberikan wewenang untuk memerintah secara sah.

  99. Perbedaan Kekuasaan dan Wewenang yaitu :

    – Setiap kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain dapat dinamakan kekuasaan, sedangkan wewenang adl kekuasaan yg ada pada seseorang / kelompok, yg mempunyai dukungan / mendapat pengakuan dari masyarakat.
     
    -Kekuasaan diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan sumber-sumber yang mempengaruhi proses politik, sedangkan kewenangan merupakan hak untuk memerintah,

  100. kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau sekelompok orang untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang atau kelompok lain sedemikian rupa, sehingga tingkah laku itu menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang mempunyai kekuasaan itu
    kewenangan adalah dasar untuk melakukakan suatu tindakan, perbuatan dan melakukan kegiatan/aktivitas perusahaan. Wewenang merupakan hasil delegasi atau pelimpahan wewenang dari atasan ke bawahan dalam suatu organisasi.

  101. Lindawati 2014-11-205 seksi 23
    Kekuasaan adalah kemampuan bagi seorang individu untuk mengayomi suatu lingkungan dimana itu adalah area kemampuannya.
    Wewenang adalah hak individu untuk memerintah atau menjalankan pemerintah di daerah kekuasaannya. Pemilik Kekuasaan dan wewenang sering dikaitkan hanya kepada pemimpin suatu daerah tertentu. Tapi yang tidak disadari adalah kita memiliki kekuasaan dan wewenang untuk diri kita pribadi.

  102. Kekuasaan biasanya diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya. Kekuasaan merupakan hubungan antara pihak yang dapat mempengaruhi pihak lain (pemimpin) dengan pihak yang menerima pengaruhnya (pengikut). Sementara Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya. Wewenang akan berhasil dijalankan apabila dibarengi dengan kekuasaan yang nyata dan tidak memihak.

  103. Kekuasaan diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya. Kekuasaan merupakan hubungan antara pihak yang dapat mempengaruhi pihak lain (pemimpin) dengan pihak yang menerima pengaruhnya (pengikut).

    Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya. Wewenang akan berhasil apabila dibarengi dengan kekuasaan yang nyata.

  104. Kekuasaan : Sosiologi tidak memandang kekuasaan sebagai suatu yang baik atau buruk, namun sosiologi mengakui kekuasaan sebagai unsur yang penting dalam kehidupan suatu masyarakat.
    Kekuasaan ada dalam setiap bentuk masyarakat, baik yang bersahaja maupun masyarakat yang kompleks.
    Adanya kekuasaan tergantung dari hubungan antara yang berkuasa dan yang dikuasai, atau dengan perkataan lain, antara pihak yang memiliki kemampuan untuk melancarkan pengaruh dan pihak lain yang menerima pengaruh itu, dengan rela atau karena terpaksa.
    Apabila kekuasaan dijelmakan pada diri seseorang, biasanya orang itu dinamakan pemimpin, dan mereka yang menerima pengaruhnya adalah pengikut-pengikutnya.
    Wewenang : Adalah kekuasaan yang ada pada diri seseorang atau sekelompok orang yang mendapat pengakuan masyarakat.

    Sebagai suatu proses, baik kekuasaan maupun wewenang merupakan suatu pengaruh yang nyata atau ptensial. Mengenai pengaruh tersebut, lazimnya diadakan pembedaan diantaranya :
    Pengaruh bebas yang didasarkan pada komunikasi dan bersifat persuasif
    Pengaruh tergantung atau tidak bebas menjadi efektif karena ciri tertentu yang dimiliki oleh pihak-pihak yang berpengaruh.

  105. 201411302 (Sesi 23)
    Wewenang dan Kekuasaan adalah hal yang sangat berkaitan dan berhubungan. Jika seseorang mempunyai wewenang untuk melakukan sesuatu pasti dia juga memiliki kekuasaan untuk menyuruh seseorang untuk mengikuti perintahnya.

    Kekuasaan: kemampuan yang dimiliki seseorang (pemimpin ) untuk mempengaruhi pihak lain (pengikut ) menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya.

    Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya.

    • 201411302 (Sesi 23)
      Wewenang dan Kekuasaan adalah hal yang sangat berkaitan dan berhubungan. Jika seseorang mempunyai kekuasaan untuk melakukan sesuatu pasti dia juga memiliki wewenang untuk menyuruh seseorang untuk mengikuti perintahnya.

      Kekuasaan: kemampuan yang dimiliki seseorang (pemimpin ) untuk mempengaruhi pihak lain (pengikut ) menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya.

      Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya.

  106. 201411037
    SESI-23
    Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu.
    Ada 2 pandangan mengenai sumber wewenang, yaitu :
    1. Formal, bahwa wewenang di anugerahkan karena seseorang diberi atau dilimpahkan/diwarisi hal tersebut.
    2. Penerimaan, bahwa wewenang seseorang muncul hanya bila hal itu diterima oleh kelompok/individu kepada siapa wewenang tersebut dijalankan.

    Kekuasaan ialah suatu sumber yang memungkinkan seseorang mendapatkan hak untuk mengajak, mempengaruhi dan meyakinkan orang lain.
    Kekuasaan dapat diperoleh dari pengaruh pribadi, jabatan pribadi atau diperoleh keduanya.

  107. Wewenang dan Kekuasaan adalah dua kata yang mungkin tidak asing di telinga kita. Kita pasti beranggapan bahwa wewenang dan kekuasaan itu sama, namun sebenarnya wewenang dan kekuasaan adalah 2 hal yang berbeda.

    Wewenang adalah hak yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain. Cara memperoleh wewenang bisa dengan diberi orang lain, dan bisa juga dengan diperoleh.

    Sedangkan kekuasaan adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang. Kekuasaan ini bisa berupa pengetahuan, prestasi, dll. Kekuasaan yang dimiliki tidak akan mungkin bisa diambil oleh orang lain.

    Jadi, seseorang yang memiliki wewenang belum tentu memiliki kekuasaan. Sedangkan seseorang yang memiliki kekuasaan, walaupun tidak memiliki wewenang tetapi mempunyai suatu modal agar seseorang yang mempunyai wewenang tersebut memberikan wewenangnya kepada dia.

  108. LULUT RIZKIANI ( 2014-11-122 ) SESI 23

    Menurut saya, Wewenang dan Kekuasaan tidak sama tetapi saling memiliki keterlibatan .
    Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, sedangkan Kekuasaan adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu tersebut.
    Wewenang dapat diberikan dan diambil setiap saat namun Kekuasaan tidak dapat dilimpahkan ke orang lain.
    Contoh : Seorang manajer yang memberikan wewenang kepada bawahan untuk melakukan suatu pekerjaan yang dinilai manajer bawahan tersebut dapat melakukannya sesuai dengan yang manajer harapkan.

    Terimakasih.

  109. Keteraturan sangat diperlukan dalam kehidupan masyarakat. Keteraturan tersebut dapat ditegakkan melalui kedisiplinan setiap anggota masyarakat di dalam memegang teguh sistem nilai dan sistem norma yang telah disepakati bersama. Nah oleh karena itu pengendalian sosial itu tercipta.

    Pengendalian sosial adalah pengawasan oleh masyarakat terhadap jalannya pemerintahan, khususnya pemerintah beserta aparatnya. Memang ada benarnya bahwa pengendalian sosial, berarti suatu pengawasan dari masyarakat terhadap jalannya pemerintahan.

    Pengertian pengendalian sosial tersebut mencakup segala proses, baik yang direncanakan atau tidak, yang bersifat mendidik, mengajak atau bahkan memaksa warga masyarakat untuk mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai sosial yang berlaku.

  110. SITI TAHYATI (2014-11-178) SEKSI 23
    Kekuasaan adalah kemampuan untuk mengendalikan tingkah laku orang lain baik secara langsung dengan jalan memberi perintah / dengan tidak langsung dengan jalan menggunakan semua alat dan cara yg tersedia. Kekuasaan biasanya berbentuk hubungan, ada yg memerintah dan ada yg diperintah. Manusia berlaku sebagau subjek sekaligus objek dari kekuasaan.
    wewenang adalah hak seseoranng untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar tugas serta tanggung jawabnya dapat dilaksanakan dengan baik.

  111. SITI TAHYATI (2014-11-178) SESI 23
    Kekuasaan adalah kemampuan untuk mengendalikan tingkah laku orang lain baik secara langsung dengan jalan memberi perintah / dengan tidak langsung dengan jalan menggunakan semua alat dan cara yg tersedia.
    wewenang adalah hak seseoranng untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar tugas serta tanggung jawabnya dapat dilaksanakan dengan baik.

  112. Irawati nim : 2014.11.270 sesi : 23
    pengertian kekuasaan dan wewenang
    menurut Max weber ( jerman ) kekuasaan adalah kesempatan seseorang atau sekelompok orang untuk memaksakan kehendaknya pada orang atau kelompok lain.
    etziomi , sosiologi dari amerika serikat membedakan kekuasaan menjadi :
    1. utilitarian adalah kegunaan atau manfaat yang berkaitan dengan asset ekonomi.dimana bagi mereka yang memiliki sumber daya ekonomi yang besar maka akan memiliki kekuasaan.
    2. koersif adalah kekuasaan yang terjadi di karenakan memiliki kekuatan fisik, senjata dan lain – lain sehingga bisa memaksakan kehendaknya kepada orang lain.
    3. normatif adalah kekuasaan yang terjadi di karenakan mereka memiliki asset yang berkaitan dengan norma – norma social.

    sementara C.Webber mengartikan wewenang adalah suatu hak yang telah di tetapkan dalam suatu tata tertib social bertujuan menetapkan kebijaksanaan – kebijaksanaan , menentukan keputusan – keputusan mengenai persoalan – persoalan penting untuk menyelesaikan pertentangan- pertentangan.

  113. wewenang merupakan hak untuk melakukan sesuatu, sedangkan kekuasaan yaitu Kemampuan untuk melakuan hal tersebut.
    Maksudnya wewenang dapat dilimpahkan kepada siapa pun yang di beri kepercayaan penuh untuk melakukan sesuatu. sedangkan kekuasaan hanya dapat dilimpahkan pada seseorang yang berprestasi , memiliki skill dan berjiwa pemimpin.

  114. Wewenang ialah kekuasaan yang syah yang dimiliki seseorang untuk memerintah orang lain untuk melakukan sesuatu. Sedangkan Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain untuk mencapai sesuatu dengan cara yang diinginkan.
    Jadi wewenang dan kekuasaan adalah 2 (dua) hal yang saling berkaitan atau saling berhubungan.

  115. Rochayah – 201411158 – sesi 23
    menurut saya kekuasaan dan wewenang konsep yang terpisah tetapi berhubungan. kekuasaan adalah milik otoritas, kontrol, atau pengaruh dimana seseorang mempengaruhi tindakan orang lain, baik dengan otoritas langsung atau dengan beberapa lain, cara yang lebih tidak berwujud. sumber utama dari kekuasaan adalah memiliki pengetahuan. seseorang dengan pengetahuan seringkali dapat menggunakan pengetahuan itu untuk langsung atau tidak langsung mempengaruhi tindakan orang lain. dimana kekuasaan dapat memperkuat wewenang.

  116. -Kekuasaan diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi orang lain.

    -Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya.

  117. Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya.
    Sedangkan kekuasaan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya.

    Wewenang akan berhasil apabila dibarengi dengan kekuasaan yang nyata.

  118. wewenang dan kekuasaan saling berhubungan satu dengan yang lain nya , wewenang bisa di artikan sebagai seseorang yang mempunyai kedudukan tinggi yang di berikan orang lain untuk mengatur dan suatu saat bisa di ambil kembali oleh pemberi kuasa.sedangkam kekuasaan adalah kemapuan yang kita miliki seperti prestasi,keterampilan, kerasi , ide yang ada pada diri orang terbebut.

  119. nama : irmawati
    nim : 201411251
    seksi : 23

    Wewenang :Wewenang (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.Penggunaan wewenang secara bijaksana merupakan faktor kritis bagi efektevitas organisasi. peranan pokok wewenang dalam fungsi pengorganisasian, wewenang dan kekuasaan sebagai metoda formal, dimana manajer menggunakannya untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.Wewenang formal tersebut harus di dukung juga dengan dasar-dasar kekuasaan dan pengaruh informal. Manajer perlu menggunakan lebih dari wewenang resminya untuk mendapatkan kerjasama dengan bawahan mereka, selain juga tergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan mereka.

  120. kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang ada pada pemegang kekuasaan tersebut sedangkan kewenangan adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Kewenangan biasanya dihubungkan dengan kekuasaan.

  121. kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang ada pada pemegang kekuasaan tersebut sedangkan kewenangan adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Kewenangan biasanya dihubungkan dengan kekuasaan.

  122. Nama : Elvira Putri Pembayun
    NIM : 2014-11-184
    SEKSI : 01

    Kekuasaan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi orang – orang lain. Melalui pemahaman tersebut, di manapun juga manusia berada dan bermasyarakat, fenomena kekuasaan, dalam bentuk yang bermacam-macam, pasti dimiliki oleh masyarakat tersebut. Wewenang merupakan kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang yang memiliki dukungan atau mendapat pengakuan dari masyarakat. Wewenang memiliki arti sebagai suatu hak yang telah ditetapkan dalam tata tertib sosial untuk menetapkan kebijaksanaan, menentukan keputusan, dan meyelesaikan pertentangan. Hak tersebut dapat diartikan sebagai hak yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang; dengan demikian wewenang memiliki tekanan pada hak bukan pada kekuasaannya. Kekuasaan tanpa wewenang dapat dianggap kekuatan yang dianggap tidak sah oleh masyarakat. Kekuasaan harus mendapatkan pengakuan dan pengesahan dari masyarakat agar kekuasaan tersebut memiliki wewenang.

  123. Putri Wulandari – 201411033 – sesi 01

    wewenang adalah hak untuk memerintahkan kepada orang lain, biasanya bersifat memaksa.
    sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar menuruti apa yang diperintahkannya,
    jadi kekuasaan dapat semuanya dimiliki seseorang, tetapi wewenang tidak semua orang memilikinya.

  124. Bebby Elisa 2014-12-190 SESI 22

    Wewennag adalah hak untuk memerintah orang lain untuk melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu,dimana dalam kehidupan sehari-hari sering disebut dengan jabatan.Wewenang dapat diperoleh dengan sendiri ataupun diberikan oleh orang lain.Contohnya : pemilihan ketua kelas

    Kekuasaan adalah kemampuan yang didasari oleh keahlian.
    Contohnya : Presiden, ia membuat UU (subyek dari kekuasaan) tetapi juga harus tunduk pada UU (objek dari kekuasaan)

  125. Kekuasaan diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang diinginkan pada kekuasaan yang dipegangnya. Kekuasaan merupakan hubungan antara pihak yang dapat mempengaruhi pihak lain (pemimpin) dengan pihak yang menerima pengaruhnya (pengikut).

    Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan dan pengakuan dari masyarakat dalam memperoleh hak – haknya. Wewenang akan berhasil apabila dibarengi dengan kekuasaan yang nyata.

  126. Wewenang adalah Hak untuk melakukan sesuatu tindakan atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan yang pasti.

    Kekuasaan adalah Kemampuan untuk melakukan sesuatu yang dilihat dalam kekuasaan tingkat posisi yang bertujuan untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang atau sekelompok orang itu agar mencapai sesuai keinginan.

  127. Menurut saya wewenang adalah hak yang diberikan kepada seseorang untuk baik melakukan tugas ataupun memerintah orang untuk mencapai tujuan

    Kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang Lain agar bertindak sesuai dengan APA yang kita inginkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>