Fungsi SIA dalam Organisasi

Fungsi yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi dalam sebuah organisasi antara lain:

* Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
* Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
* Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Berbagai transaksi non keuangan yang tidak bisa diproses oleh Sistem Informasi Akuntansi biasa, diproses oleh Sistem Informasi Manajemen. Adapun perbedaan keduanya adalah :
* SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan
* SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi
Sebuah Sistem Informasi Akuntansi menambah nilai dengan cara:
* Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
* Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
* Meningkatkan efisiensi
* Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
* Meningkatkan sharing knowledge
* Menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

53 thoughts on “Fungsi SIA dalam Organisasi

  1. fungsi SIA dalam organisasi adalah pengumpulan data, pemrosesan atau pengolahan data, pengendalian dan pengamanan data serta berfungsi sebagai penyedia informasi. sebuah sistem akuntansi akan menambah nilai dengan cara :
    • Meningkatkan efisiensi
    • Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
    • Meningkatkan sharing knowledge
    • menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

  2. menurut saya, fungsi SIA adalah mengumpulkan dan menyimpan data tentang transaksi dan aktivitas,memproses data menjadi informasi yang di gunakan untuk memutuskan keputusan , menganalisa informasi financial , dan mengontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

  3. Menurut saya Fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
    * Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
    * Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
    * Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

  4. Fungsi SIA adalah mengumpulkan dan menyimpan data tentang kegiatan bisnis , aktivitas , dan transaksi mengenai informasi keuangan , informasi pemasaran & informasi produksi . Memiliki tujuan ( kegunaan ) , tugas , tahap , peranan & tanggung jawab yang berbeda-beda untuk tercapai dan terwujudnya fungsi Sistem Informasi Akuntansi yang efektif dan efisien .

  5. menurut saya, fungsi SIA dalam organisasi adalah : Mengumpulkan dan menyimpan data transaksi, memproses data transaksi atau aktivitas menjadi informasi untuk proses pengambilan keputusan, melakukan kontrol secara tepat dengan Sistem Informasi Akuntansi untuk memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung
    mempengaruhi pemprosesan transaksi keuangan.

  6. fungsi SIA dalam
    organisasi adalah : Mengumpulkan dan menyimpan data transaksi, memproses data transaksi atau aktivitas menjadi informasi untuk proses pengambilan keputusan, melakukan kontrol secara tepat dengan Sistem Informasi Akuntansi untuk memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung
    mempengaruhi pemprosesan transaksi keuangan.

    • fungsi SIA dalam
      organisasi adalah : Mengumpulkan dan menyimpan data transaksi, memproses data transaksi atau aktivitas menjadi informasi untuk proses pengambilan keputusan, melakukan kontrol secara tepat dengan Sistem Informasi Akuntansi untuk memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung
      mempengaruhi pemprosesan transaksi keuangan.

  7. Fungsi SIA dalam organisasi yaitu mengumpulkan, mencatat, melaporkan aktivitas-aktivitas dalam organisasi supaya bisa ditinjau ulang hal-hal yang telah terjadi, kemudian mengubah data menjadi informasi yang menyediakan pengendalian untuk menjaga aset.

  8. Menurut saya, fungsi SIA adalah mengumpulkan, menyimpan, memproses data menjadi informasi serta mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga dan tujuan dari pengembangan SIA adalah menambah nilai bagi perusahaan

  9. Fungsi SIA adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis.

  10. fungsi SIA :
    1.Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
    2.Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
    3.Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

  11. Menurut saya fungsi sia dalam organisasi adalah sebuah informasi terhadap proses pengambilan keputusan . sebab informasi tersebut berisi masalah yang telah terjadi. Dengan hal itulah seorang top management mempunyai berbagai opsi yg dapat dijadikan acuan guna memajukkan perusahaan. Contohnya dalam departemen penggajian . di departemen penggajian terdapat laporan kehadiran para pekerja. Otomatis ada kehadiran yang baik dan buruk. Efek dari laporan tersebut akan mendapatkan reward atau sanksi.

  12. Menurut pendapat saya, fungsi SIA dalam organisasi adalah:
    1. Mengumpulkan dan menyimpan data/input tentang aktivitas dan transaksi yang diproses sehingga menjadi data yang sudah diolah atau output berupa informasi.
    2. Proses data/input yang sudah diolah menjadi output/informasi tersebut berguna untuk Top Manager dalam mengambil keputusan dengan tepat.
    3. SIA berfungsi sebagai alat kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
    4. SIA mendukung kegiatan operasi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan atau kewajiban terkait dengan pertanggung jawaban perusahaan.

  13. Sistem Informasi Akuntansi memilik tiga fungsi penting didalam sebuah organisasi, yaitu :
    1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut, dan para pelaku yang terlibat dalam berbagai aktivitas tersebut, agar pihak manajemen, para pegawai, dan pihak-pihak luar yang berkepentingan dapat meninjau ulang hal-hal tersebut.
    2. Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kerja.
    3. Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset-aset organisasi. Termasuk data organisasi, untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan.

  14. Simpel saja, fungsi SIA secara garis besar adalah untuk mengarahkan dan mengawasi rangkaian kerja akuntansi sehingga nantinya apa yang dihasilkan dari rangkaian kerja tersebut dapat dijadikan sebuah wacana untuk membantu pengambilan keputusan. seperti contoh bagian pemasaran mempertimbangkan untuk memperkenalkan produk baru dalam produksi perusahaan, untuk itu bagian tersebut meminta laporan analisa perkiraan keuntungan yang dapat diperoleh dari produk baru tersebut. Bagian SIA memproyeksikan perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan produk tersebut, kemudian data yang diperoleh tersebut diproses. Setelah diproses hasilnya dikembalikan ke bagian SIA untuk kemudian diberikan ke bagian pemasaran. Selanjutnya kedua bagian akan merundingkan hasil analisa tersebut untuk dicari keputusan yang tepat. Dengan contoh tersebut ditemukan bahwa SIA berperan dalam menghasilkan informasi yang dapat membantu departemen lainnya untuk mengambil keputusan.

  15. SIA mempunyai beberapa karakteristik tersendiri, yaitu sebagai berikut:
    1. SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
    SIA hanya melakukan tugas yang diperlukan oleh pemakai Informasi saja.
    2. Menangani data terinci
    Data yang ditangani SIA merupakan data yang sudah jelas dan lengkap.
    3. Menyediakan informasi pemecahan masalah
    SIA bertugas menyediakan berbagai macam Informasi dalam pemecahan suatu masalah untuk lebih memudahkan dalam penyelesaianya.

    Karakteristik-karakteristik yang dimiliki SIA tersebut sangat menunjang fungsi SIA dalam sebuah organisasi.
    1. Untuk mendukung operasi-operasi sehari-hari (to support the–day-to-day operations).
    2. Untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen (to support decision making by internal decision makers).
    3. Untuk memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggungjawaban (to fulfill obligations relating to stewardship).

  16. Fungsi Sistem Informasi Akuntansi dalam sebuah organisasi adalah menyediakan informasi-informasi akurat dan andal yang diperlukan untuk pembuatan keputusan. Dimulai dari mengumpulkan data, mengubah data jadi informasi serta mengendalikan agar aset organisasi terjaga.

  17. Menurut saya, fungsi dari Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebagai berikut: 1. Menyediakan pengendalian internal yang memadai.
    2. Menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengontrol aktivitas.
    3. Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.
    4. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efektif dan efisien.
    5. Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan bagi manajemen.

  18. SIA memiliki banyak peran penting dalam perusahaan seperti : memperbaiki pengambilan keputusan, memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya dalam menghasilkan barang ataupun jasa dan menciptakan keunggulan kompetitif. 3(Tiga) fungsi utama yang dibentuk SIA pada organisasi selain digunakan untuk pengambilan keputusan, yaitu: mengumpulkan dan menyimpan data transaksi, memproses data menjadi informasi, serta melakukan kontrol terhadap aset organisasi. Informasi akuntansi yang dihasilkan SIA ada 2 yaitu Informasi Akuntansi Keuangan yang berbentuk laporan keuangan dan Informasi Akuntansi Manajemen yang digunakan untuk pengambilan keputusan oleh perusahaan. Lingkup SIA menelusuri sejumlah besar informasi mengenai pesanan penjulalan, penjualan dalam satuan unit dan mata uang, penagih kas, pesanan pembelian, penerimaan barang, pembayaran, gaji dan jam kerja.

  19. Arina Rolan Tiur 2013-12-239 (Seksi 02)

    Fungsi SIA dalam organisasi
    1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut, dan para pelaku yang terlibat dalam berbagai aktivitas tersebut, agar pihak manajemen, para pegawai, dan pihak-pihak luar yang berkepentingan dapat meninjau ulang (review) hal-hal yang telah terjadi.
    2. Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
    3. Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset-aset organisasi, termasuk data organisasi, untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan, akurat, dan handal.

    Model rantai nilai menunjukkan bahwa SIA adalah aktivitas pendukung. Jadi, SIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu, agar aktivitas utama rantai nilai dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. SIA yang dirancang dengan baik dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa, memperbaiki efisiensi, memperbaiki pengambilan keputusan, berbagi pengetahuan

  20. Fungsi sia dalam organisasi adalah agar dapat membuat kemudahan dan kelancaran organisasi dalam melakukan aktivitas nya serta agar tujuan dari organisasi cepat tercapai. Jadi dengan ada nya sia dalam suatu organisasi, maka pada saat orang-orang yang ada di organisasi sudah mendapatkan suatu informasi yang di inginkan. Maka dengan ada nya sia, informasi tersebut akan di proses dan di klasifikasikan ke dalam suatu laporan keuangan, yang pada hasil ahkir nya laporan tersebut dapat di jadikan sebagai suatu infomasi yang empiris. Karena data yang di dapat sudah berdasarkan suatu prosedur yang telah di tentukan. Oleh karena itu data tersebut sudah terjamin akan empiris nya.

  21. Menurut saya fungsi SIM adalah mempermudah kita sebagai akuntan untuk menginput data non keuangan ke dalam sistem, karna akuntansi sendiri adalah menyediakan informasi dalam bentuk laporan, maka dari itu adanya sistem adalah untuk mempermudah menyajikan informasi. Dengan ada nya sistem itu kita dapat mengefisiensikan pekerjaan pada keuangan.

  22. Fungsi SIA dalam organisasi:
    1. Mengumpulkan dan menyimpan data mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efisien dan efektif.
    • Menangkap data transaksi pada dokumen-dokumen sumber.
    • Mencatat data transaksi kedalam jurnal-jurnal, dimana catatan tersebut dibuat secara kronologis dari apa yang telah terjadi.
    • Posting data dari jurnal-jurnal ke buku besar, yang menyingkat data dengan jenis rekening.
    2. Menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan bagi manajemen.
    Dalam sistem manual, informasi ini disediakan dalam bentuk laporan kedalam dua kategori utama:
    Laporan keuangan
    Laporan manajerial
    3. Menyediakan pengendalian internal yang memadai (cukup).– Memastikan bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem adalah handal dan dapat dipercaya.
    – Memastikan bahwa aktivitas bisnis yang dilakukan efisien dan sesuai dengan tujuan manajemen.
    – Mengamankan (menjaga) kekayaan organisasi/perusahaan, termasuk data.

  23. Nama : Cornelius Richo Angkasa
    Nim : 201312255
    Seksi : 02

    Fungsi mempelajari SIA
    Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan, Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen, Memanajemen data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas.

  24. Fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi yaitu melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi serta menghasilkan informasi yang dapat membantu departemen lainnya untuk mengambil keputusan.
    Informasi Akuntansi keuangan, berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak external. Informasi Akuntansi Manajemen, berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.

  25. Nama: Andita Katriningtias
    NIM: 201312018
    Seksi 02

    Fungsi memepelajari SIA yaitu untuk Mengumpulkan dan menyimpan data, memprosesnya agar menjadi sebuah informasi, serta mengkontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
    SIA pun dapat menambah nilai dengan cara:
    * Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu secara efesien dan efektif
    * Meningkatkan efisien
    * Meningkatkan kemampuan untuk pengambilan keputusan
    * dan Menambah efisiensi kerja pada bidang keuangan

  26. Fungsi SIA dalam Organisasi :
    *Mengumpulkan dan juga menyimpan
    data tentang aktivitas dan transaksi (pengumpulan data)
    *Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. (pemrosesan data)
    *Melakukan kontrol secara tepat
    terhadap aset organisasi.(manajemen data)

  27. Dian mahesa putri 201312154 seksi 10

    1. Mengumpulkan dan menyimpan
    data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan
    2. Memproses data menjadi informasi
    yang berguna pihak manajemen.
    3. Memanajemen data-data yang ada
    kedalam kelompok-kelompok yang
    sudah ditetapkan oleh perusahaan.
    4. Mengendalikan kontrol data yang
    cukup sehingga aset dari suatu
    organisasi atau perusahaan terjaga.
    Penghasil informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas.

  28. Ada banyak sekali fungsi SIA di dalam organisasi, mengapa demikian ? Karena SIA menghasilkan informasi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan SIA, seorang manajer bisa mengendalikan aktivitas yang berlangsung di perusahaan atau organisasi. Seorang manajer tidak perlu lagi turun langsung ke gudang untuk mengecek persediaan atau ke bagian pembelian untuk mengecek barang-barang apa saja yang sudah habis di gudang dan harus dibeli. Cukup dengan SIA, seorang manajer bisa memberikan keputusan dan melakukan control secara tepat terhadap asset organisasi.

  29. Fungsi SIA dalam organisasi adalah mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas – aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi agar pihak manajemen, pegawai dan pihak pihak luar yang berkepentingan dapat meninjau ulang hal – hal yang telah terjadi, mengubah data menjadi Informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset – aset organisasi termasuk data organsiasi, untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan, akurat dan andal. Selain itu juga SIA berfungsi untuk melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

  30. Nur Indah Sari (2013-12-151) Seksi 10

    Fungsi Sistem Informasi (SIA) dalam Organisasi :
    SIA selain digunakan untuk pengambilan keputusan, SIA juga terdiri dari, mengumpulkan dan menyimpan data transaksi, memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan, serta melakukan kontrol terhadap aset organisasi.
    Informasi akuntasi yang dihasilkan SIA ada 2 yaitu Informasi Akuntansi Keuangan yang berbentuk laporan keuangan dan Informasi Akuntansi Manajemen yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

  31. Sepertinya sebelumnya Sistem Informasi Akuntansi berupa aktivitas memproses sebuah data menjadi informasi. Berkaitan dengan fungsi SIA dalam organisasi adalah mengumpulkan segala data yang berkaitan dengan transaksi perusahaan yang kemudian di klasifikasikan untuk dianalisa sehingga siap untuk dilaporkan agar dapat memudahkan manajer dalam pengambil keputusan. Oleh karena itu kualitas dari pada laporan SIA sangat di perhatikan.

  32. Menurut yang saya pelajari SIA memiliki 3 fungsi penting dalam organisasi, yaitu:
    1. Mengumpulkan dan menyimpan data mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efisien dan efektif.
    • Menangkap data transaksi pada dokumen-dokumen sumber.
    • Mencatat data transaksi kedalam jurnal-jurnal, dimana catatan tersebut dibuat secara kronologis dari apa yang telah terjadi.
    • Posting data dari jurnal-jurnal ke buku besar, yang menyingkat data dengan jenis rekening.
    2. Menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan bagi manajemen.
    Dalam sistem manual, informasi ini disediakan dalam bentuk laporan kedalam dua kategori utama: laporan keuangan dan laporan manajerial
    3. Menyediakan pengendalian internal yang memadai (cukup).
    – Memastikan bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem adalah handal dan dapat dipercaya.
    – Memastikan bahwa aktivitas bisnis yang dilakukan efisien dan sesuai dengan tujuan manajemen.
    – Mengamankan (menjaga) kekayaan organisasi/perusahaan, termasuk data.

  33. Sistem Informasi Akuntansi dibuat atau dirancang karena mempunyai fungsi mengumpulkan data dan menyimpannya, mengubah data menjadi suatu informasi, dan menjadi kontrol atas aset perusahaan.
    Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari 3 subsistem:
    1. Sistem pemrosesan transaksi.
    2. Sistem buku besar atau pelaporan keuangan.
    3. Sistem pelaporan manajemen.

  34. Fungsi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) bagi organisasi yaitu :
    – mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi untuk kegiatan bisnis organisasi.
    – menyediakan informasi yang dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan bagi manajemen.
    – melakukan kontrol secara tepat terhadap asset organisasi.

  35. Fungsi Informasi Akuntansi adalah :
    1) Mengumpulkan dan menyimpan data mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efisien dan efektif.
    2) Menyediakan informasi yang berguna sebagai pengambilan keputusan bagi manajemen.
    3) Menyediakan pengendalian internal yang memadai dan memastikan bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat dipercaya.

  36. Menurut saya Fungsi Sistem Informasi Akuntansi untuk organisasi yaitu mengumpulkan serta menyimpan data tentang suatu aktivitas dan transaksi dari organisasi tersebut utk kemudian di proses data tersebut menjadi suatu keluaran informasi yang dapat digunakan dalam mengambil suatu keputusan oleh pengambil keputusan dari organisasi tersebut dan juga untukk melakukan kontrol secara tepat terhadap aset-aset organisasi itu sendiri.

  37. kasipah 201312001
    seksi 01

    Fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :

    * Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
    * Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
    * Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

    Subsistem Sistem Informasi Akuntansi memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.

  38. Menurut saya fungsi SIA dalam organisasi itu sendiri adalah untuk mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas atau transaksi yang terjadi dalam sebuah organisasi tersebut,melakukan pengontrolan terhadap ase yang ada didalam organisasi tersebut dan juga memproses data yang ada menjadi sebuat informasi yang bisa dijadikan pembuatan suatu keputusan.Fungsi SIA dalam sebuah organisasi harus diperhatikan dengan benar,karena jika ada dari salah satu fungsi yang tidak bekerja dengan baik maka organisasi yang dijalankan akan kacau atau tidak sesuai dengan yang diharapkan.

  39. Nama : Rosmiati (2013 12 136) sesi 10

    Fungsi dari Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada sebuah organisasi antara lain :

    1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
    2. Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
    3. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

  40. Yuniati Utami 2013-12-177 sesi 10

    Menurut saya, fungsi SIA dalam organisasi adalah sebagai penggerak jalannya sebuah organisasi, karena tanpa sebuah sistem informasi tidak akan ada proses input menjadi output dan sebaliknya, terlebih bagi seorang akuntan dimana pekerjaan mereka sebagian besar berkutik dengan data-data yang harus di olah menjadi sebuah informasi yang tepat dan akurat. Dalam perusahaan juga mengenal Sistem Informasi Manajemen yang berfungsi dalam berbagai transaksi non keuangan yang tidak bisa diproses oleh Sistem Informasi Akuntansi biasa

  41. Dian Nanda Sari – 201312176 – Seksi 10
    Fungsi SIA dalam Organisasi adalah pada suatu informasi yang ada berkaitan dengan manajemen untuk mengambil keputusan internal maupun eksternal.

    Fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
    * Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
    * Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
    * Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

  42. Fungsi SIA dalam organisasi adalah agar aktivitas suatu organisasi dapat berjalan dengan efektif dan efesien sehingga menghasilkan output yang baik.

    • SIA pada dasarnya merupakan bagian dari SPI (Sistem Pengendalian Internal). Dalam SPI terdapat SIA dan SIM. Kedua sistem informasi ini saling melengkapi dan membentuk laporan keuangan suatu instansi menjadi lebih efisien, transparan, dan semakin menyampaikan banyak informasi.

  43. Menurut saya SIA sangat membantu dalam perusahaan. SIA memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan mengkomunikasikan informasi keuangan.

    Thanks

  44. Fungsi dari SIA adalah dapat mengkontrol jalan nya suatu organisasi suatu perusahaan , agar tetap tertata rapi dan mempermudah mengambil suatu keputusan , karna SIA sendri itu adalah suatu proses mengolah data menjadi suatu informasi.

  45. Menurut saya SIA sangat berperan penting bagi suatu perusahaan dalam aktivitas pencatatan tentang transaksi keuangan perusahaan dan SIA sendiri merupakan suatu proses dalam mengolah data yang berguna bagi perusahaan kedepannya seperti dalam pengambilan keputusan agar keputusan yang diambil dapat berguna bagi semua pihak yang bersangkutan tanpa merugikan pihak manapun.

  46. Fungsi penting SIA adalah
    1. Mengumpulkan dan menyimpan data aktivitas dan transaksi
    2. Memproses data menjadi info informasi
    3. Melakukan Kontrol Secara tepat

  47. Menurut saya, SIA memiliki peranan yang cukup penting, terutama didalam bidang akuntansi itu sendiri. Dengan adanya SIA, aktivitas akuntansi dapat berjalan dengan teratur, rinci, dan rapi. Selain itu, SI didalam mata rantai (I-P-O) memiliki peranan dalam menjalankan fungsi-fungsi dari organisasi, sehingga akan menghasilkan laporan, yang dapat digunakan untuk mendukung suatu pengambilan keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>