Tugas On-Line(4) Bentuk Strategi pada Manajemen Perubahan.

Drs. Abdul Gani, MA saat menjadi CEO Garuda Indonesia. Ada tiga masalah penting yang ia anggap harus dibenahi terlebih dahulu saat itu, yaitu masalah keuangan, masalah operasional dan masalah manajemen. Ketiga masalah ini menunjukkan adanya suatu hubungan dari suatu masalah pada masalah yang lain, dan membawa keterpurukan Garuda Indonesia saat itu.

Garuda-Boeing-777Segera setelah ia menyadari ketiga masalah ini, ia mengajak orang muda di Garuda Indonesia untuk memotret masalah yang ada di masing-masing unit karena kelak mereka akan menjadi change agents di Garuda Indonesia. Dengan pendekatan konsepsional, sistematis, bertahap dan konsisten ia mulai melakukan pembenahan pada Garuda Indonesia. Ia memulai perkembangan pada tubuh Garuda Indonesia dengan program survival, yaitu menghentikan pendarahan yang dapat mematikan Garuda Indonesia atau hutang Garuda yang saat itu sebesar 1,8 miliar dolar, posisi perpindahan kantor pun ia lakukan dengan tujuan memudahkan pengawasan dan pengendalian.

Selanjutnya Ia menyadari apa yang harus ia ubah pertama kali dalam Garuda Indonesia yaitu mengubah paradigma berpikir yang hanya menganggap bahwa change-mgt-1-urlini hanya sekedar bisnis angkutan udara dan kedua ia merubah pelayanan yang harus diberikan lebih pada konsumen, ketiga ia menerapkan norma bisnis secara utuh, keempat ia memprioritaskan penerbangan domestik pada Garuda, kelima ia menggeser segmentasi pasar ke kelas menengah keatas. Keenam ia membuang pola pikir “Garuda in Business” yang berarti membuang sikap lama yang tidak berorientasi pada bisnis. Ketujuh ia meningkatkan kerja team work pada Garuda Indonesia. Kerja keras nya mulai membawa perubahan baik pada Garuda Hingga dalam 2 tahun berturut-turut Garuda memperoleh penghargaan “The Most Punctual Airline” dari bandara di Amsterdam.

strategy-quiz-urlTentukan jenis  strategi yang digunakan pada kasus tersebut diatas dan berikan ulasan mengapa anda menganggapnya demikian.

(ingat ada dua jawaban: 1. Jenis strateginya apa; 2. Ulasan anda sehingga anda menyimpulkan jenis strategi yg digunakan).

 

8 thoughts on “Tugas On-Line(4) Bentuk Strategi pada Manajemen Perubahan.

  1. Greetings Pak,

    Saya telah melaksanakan tugas-on-line-4, melalui upload via VLE Pak.

    terima kasih,
    Herry – 201183025

  2. Selamat malam pak

    Saya sudah upload tugas online 4 di vle.esaunggul.ac.id

    Terima kasih,
    Nur Azizah
    201383038

  3. Dear Pak Darmawan,

    Selamat siang pak, untuk tugas online ke empatnya. Saya sudah upload di vle.esaunggul.ac.id

    Terimakasih,
    Mega 2013-83-165

  4. Malam Pak, saya sudah mengumpulkan tugas Ol 4 melalui vle.esaunggul.ac.id
    Siti Qori’ah / 201183065

    thank’s
    Regards

  5. Dear Pak Darmansyah

    Selamat siang pak, untuk tugas online 4. Saya sudah upload di vle.esaunggul.ac.id

    Thank You
    Fathia Noor Annisah (201183066)

  6. Selamat malam Pak Darmansyah,
    Saya telah mengerjakan tugas online 4 melalui vle.

    Nama : Nur Rachmi
    Nim : 2011-83-042

    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>