Kontras dan Konfrontasi dalam Perubahan.

ContrastCara tebaik untuk memperlihatkan perubahan adalah dengan menggabungkan kontras dan konfrontasi. Sesuatu yang tidak kontras (kontras rendah) yang perubahannya tidak kasat mata, yang terjadi sekelebat (konfrontasi rendah sering dianggap sebagai sesuatu yang tidak penting atau disebut tong sampah. Sesuatu yang sangat kontras (kontras tinggi) dan hanya datang sekelebat (konfrontasi rendah) hanya menimbulkan keterkejutan sesaat atau disebut parade. Sesuatu yang tampak berulang-ulang (konfrontasi tinggi) namun tidak kontras (kontras rendah) akan tampak seprti barang tua atau kehadirannya biasa saja. Sesuatu yang bisa membukakan mata terhadap perubahan justru datang dari situasi yang sangat kontras (fokus) dan terekspos berulang-ulang secara intensif.
Contoh kasus di Universitas Indonesia pada program magister dan doctor dalam ilmu manajemen pernah dilakukan perubahan cara mahasiswa belajar dan cara pengajar menyampaikan materi pengajaran. Adanya GAP antara mahasiswa S1 yang cenderung tidak membaca sebelum perkuliahan dan mahasiswa S2 dan S3 yang aktif membaca maka dilakukan perubahan untuk membudayakan membaca. Berdasarkan masukan tersebut program melakukan beberapa langkah sebagi berikut :

  1. Menjadikan semester berikutnya sebagai tahun membaca. Spanduk, brosur dan leaflet disebarkan di beberapa titik di sekitar gedung kuliah dan ruang kelas.
  2. Memanggil para dosen dan melakukan diskusi mendalam.
  3. Mungubah seluruh cara pengajaran, satu jam pertama diterapkan proses interaksi dan membaca kemudian satu jam berikutnya dilakukan diskusi dan tanya jawab.
  4. Selama kuliah berlangsung, mahasiswa dipantau dan diberlakukan kontes dimana kelas paling aktif akan diberi reward dan mahasiswa yang paling aktif akan diberi beasiswa pembebasan uang kuliah.

kontas-and-konfrontasi-urlPenggabungan antara kontras dan konfrontasi dapat merubah kebiasaan mahasiswa. Setelah berjalan satu semester, para dosen menyampaikan kepuasannya dalam mengajar karena suasana kelas telah berubah 180 derajat dan kepuasan mahasiswa ikut kuliah meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>