Journalizing

Journalizing atau perjurnalan adalah merupakan tahap kedua dari siklus akuntansi. Setelah kita identifikasi suatu transaksi dan menentukan perkiraan mana yang akan didebit dan mana yang akan diCredit. Perkiraan2 yang terlibat tadi harus dicatat kedalam sebuah catatan standar yang disebut sebagai Journal(bentuk sederhananya adalah Standard Two Column Journal.

journalHal yang harus diperhatikan:
Sertakan tanggal untuk setiap transaksi.
Account yang didebet tidak harus menjorok
Account yang dikreditkan harus menjorok
Sertakan deskripsi transaksi (menjorok lebih jauh daripada rekening kredit).

21 thoughts on “Journalizing

  1. Nama : Eka Agustin
    Nim : 2012-31-035
    sesi :01
    penjurnalan adalah suatu proses akuntansi . Semua transaksi yang terjadi dalam perusahaan harus dicatat ke buku jurnal berdasarkan bukti-bukti yang ada , sesuai urutan kejadian, yang sebelumnya telah diidentifikasi terlebih dahulu mana yang ditulis dalam debit , mana kredit.

  2. NAMA : HESTI NURHAYATI
    NIM : 2012-31-135
    SESI : 01

    Journalizing adalah merupakan tahap ke dua dari siklus akutansi . Dan berdasarkan ”teori double entry system” yang digagas oleh lucas paciolo bahwa setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan akan mengubah paling sedikit 2 akun yang digunakan dalam perusahaan , dalam proses penjurnalan kedua akun yang digunakan untuk mencatat itu disyaratkan berada dalam dua sisi yang bersebrangan (sisi kanan dan sisi kiri ) dan dikenal dengan istilah sisi ”Debet” di satu sisi , sisi ”Kredit” di sisi lainnya.

  3. Nama : Dini Nur Islami
    Nim : 2012-31088
    Sesi : 01

    Penjurnalan adalah sebuah catatan yang tersusun secara sistematis dan berdasarkan kronologis dari transaksi-transaksi finansial yang jumlah dan keteranganya ringkas diantaranya waktu kejadian ,keterangan transaksi serta debet dan kredit

  4. Nama : Dini Nur Islami
    Nim : 2012-31-088
    Sesi : 01

    Pengertian jurnal akuntansi adalah sebuah catatan yang tersusun secara sistematis dan berdasarkan kronologis dari transaksi-transaksi finansial yang jumlah dan keteranganya ringkas diantaranya waktu kejadian ,keterangan transaksi serta debet dan kredit

  5. Nama : Andriyani Kurnia Putri
    Nim : 2012-31-075
    matakuliah/Seksi : Akuntansi Keuangan Rumah Sakit/01
    penjurnalan merupakan catatan akuntansi setelah melakukan transaski sebagai bukti transaksi. Fungsi dari penjurnalan adalah menyediakan catatan yang lengkap dan permanen dari semua transaksi perusahaan yang disusun dalam urutan kronologis kejadiannya sebagai referensi di masa mendatang apabila perusahaan membutuhkan bukti transaksi yang telah dilakukan.

  6. Thania Oktavia
    2012-31-060
    Seksi 01
    Journalizing merupakan salah satu dari siklus akuntansi, yaitu suatu proses mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi ke dalam buku harian (buku jurnal) secara sistematis dan kronologis. Setiap transaksi atau kejadian dibukukan yang sebelumnya telah teridentifikasi untuk menentukan mana debit dan mana kredit.

  7. Nama: Dena Sundawati
    Nim: 201231085
    Sesi : 01
    Penjurnalan adalah catatan transaksi yang telah terjadi dalam aktivitas keuangan. Jurnal menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan bertransaksi. Pencatatan disususun secara kronologis dan sistematis. Penjurnalan berfungsi mencatat transaksi kuangan dalam kolom debet dan kredit serta keterangan yang perlu, menentukan perkiraan yang didebet dan perkiraan yang dikredit serta jumlahnya masing-masing.

  8. Journalizing merupakan bagian dari siklus akuntansi berupa pencatatan secara kronologis yang bertujuan untuk pendataan, termasuk di dalamnya jumlah transaksi, nama-nama transaksi baik memengaruhi atau dipengaruhi, dan waktu transaksi berjalan

  9. Nama : Ardina Nur Rahma
    NIM : 2012-31-112
    Seksi : 01
    Journalizing merupakan bagian dari siklus akuntansi berupa pencatatan secara kronologis yang bertujuan untuk pendataan, termasuk di dalamnya jumlah transaksi, nama-nama transaksi baik memengaruhi atau dipengaruhi, dan waktu transaksi berjalan

  10. Nama: Maulana Suryandika
    NIM: 2012-31-089
    Seksi 01

    Jurnal adalah catatan transaksi keuangan yang dicatat dalam sebuah buku atau media lain. Jurnal merupakan rincian semua transaksi keuangan dan akun-akun yang mempengaruhi transaksi tersebut.

  11. DYTA RIZKI AMELIA RAHMAWATI
    2012 31 124
    Sesi 01

    Pengertian Jurnal akuntansi jurnal adalah semua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis dan bertujuan untuk pendataan, termasuk di dalamnya jumlah transaksi, nama-nama transaksi baik mempengaruhi atau dipengaruhi, dan waktu transaksi berjalan. Proses pencatatan ini disebut penjurnalan. Jurnal dikenal juga sebagai buku pemasukan utama books of original entry karena menjadi tempat terjadinya pencatatan transaksi pertama atau penyesuaian pemasukan adjusting entries.

  12. Almira Ristizsa
    2012-31-023
    Seksi 01
    Jurnal adalah catatan harian transaksi atau peristiwa finansial suatu entitas berdasarkan urutan waktu.

  13. Nama : Dede dahlan
    Nim : 201231090
    Seksi : 1

    Penjurnalan adalah catatan transaksi yang telah terjadi dalam aktivitas keuangan. Jurnal menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan bertransaksi. Hal ini berdasarkan dengan bukti bukti pengeluaran perusahaan yang disusun secara sistematis .

  14. Nama : Nurhayati
    NIM : 201231014
    Seksi : 1

    Penjurnalan adalah sebuah catatan yang tersusun secara sistematis dan berdasarkan kronologis dari transaksi-transaksi finansial yang jumlah dan keteranganya ringkas diantaranya waktu kejadian ,keterangan transaksi serta debet dan kredit

  15. Nama : Ika Putri Yanuarti
    NIM : 2012-31-102
    Seksi : 01
    Jurnal umum atau jurnal transaksi adalah catatan sistematis dan kronologis yang dimiliki perusahaan at as transaksi yang telah dilakukan. Menjurnal (journalizing) adalah aktivitas meringkas dan mencatat transaksi perusahaan berdasarkan dokumen dasar secara kronologis beserta penjelasan yang diperlukan dalam buku jurnal.

  16. Nama : Ria Rizkyani
    Nim. : 201231125
    Sesi : 1

    Pengertian jurnal akuntansi adalah sebuah catatan yang tersusun secara sistematis dan berdasarkan kronologis dari transaksi-transaksi finansial yang jumlah dan keteranganya ringkas diantaranya waktu kejadian ,keterangan transaksi serta debet dan kredit.

  17. Nama : safitri
    nim: 201231126
    Sesi : 01

    perjurnalan adalah merupakan tahap kedua dari siklus akuntansi. Setelah kita identifikasi suatu transaksi dan menentukan perkiraan mana yang akan didebit dan mana yang akan diCredit. Perkiraan2 yang terlibat tadi harus dicatat kedalam sebuah catatan standar yang disebut sebagai Journal(bentuk sederhananya adalah Standard Two Column Journal.

  18. Nama : Tiara Nurastriani 201331253
    Penjurnalan adalah suatu pencatatan dari semua kegiatan yg terjadi baik diperusahaan atau organisasi yang disusun secara sistematis dan akan dilaporkan. Segala bentuk kegiatan yang dilakukan akan di catat di dalam jurnal, baik pengeluaran atau pemasukan.

  19. Sri Sugiarti
    Nim 2012313-313
    Pengertian jurnal akuntansi adalah sebuah catatan yang tersusun secara sistematis dan berdasarkan kronologis dari transaksi-transaksi finansial yang jumlah dan keteranganya ringkas diantaranya waktu kejadian ,keterangan transaksi serta debet dan kredit. Jurnal disebut juga “book of original entry” .. sesudah memahami pengertian jurnal Selanjutnya mengetahui pentingnya jurnal.

    • Penjurnalan adalah hal yang sangat mendasar dalam menyusun Laporan Keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Jika penjurnalan yang dilakukan salah maka laporan keuangan yang dihasilkan juga tidak benar. bila pelaporan awal salah akan mempengaruhi pelaporan akhir.

  20. Penjurnalan adalah hal yang sangat mendasar dalam menyusun Laporan Keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Jika penjurnalan yang dilakukan salah maka laporan keuangan yang dihasilkan juga tidak benar. bila pelaporan awal salah akan mempengaruhi pelaporan akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>