Apa sih Nilai/Values bagi sebuah organisasi

values-urlNilai: Keyakinan yang dibagi di antara para pemangku kepentingan organisasi. Nilai mendorong budaya dan prioritas organisasi dan menyediakan sebuah kerangka di mana keputusan dibuat. Misalnya, “Pengetahuan dan keterampilan adalah kunci keberhasilan” atau “memberikan roti kepada seseorang hanya akan memberinya makan untuk satu hari, tapi mengajarkan dia untuk bertani akan memberinya makan untuk hidup”.

23 thoughts on “Apa sih Nilai/Values bagi sebuah organisasi

  1. Menurut saya,ketika kita berorganisasi banyak nilai yg kita dapat sebagai cth nilai organisasi itu sendiri yg mana memberitahu bahwa kebersamaan dalam melaksanakan sesuatu itu lebih mudah dari pada melakukannya sendiri

  2. Bekerja secara kerja sama atau bekerja secara kerja kooperatif (berorganisasi) dan nilai-nilai kerja sama menghasilkan kesehatan psikologis yang lebih tinggi dibanding bekerja secara kompetitif atau bekerja secara independen.
    Kekuatan ego personal, kepercayaan diri, independensi, dan otonomi mengalami peningkatan melalui upaya-upaya kerja sama.
    Kinerja kesehatan psikologis melalui interdependensi adalah yang tertinggi, diikuti oleh kinerja dependensi independensi sosial.

  3. Menurut saya, banyak sekali nilai atau pelajaran ketika kita beorganisasi. Dalam berorganisasi kita akan terasah dan terlatih dalam suatu kebersamaan dengan orang lain. Di suatu organisasi itulah tercampur secara alamiah berbagai perilaku dan sifat masing-masing anggota. Ada yang egois, namun ada juga yang sosial. Ada yang pendiam, tapi ada pula yang cerewetnya minta ampun. Dan dalam kebersamaan di organisasi itulah, akan terbentuk secara alami manusia yang sempurna dalam arti psikologis. Yakni, manusia yang mampu kapan saatnya menempatkan posisi dirinya sebagai individu dan kapan pula dia harus lebih mementingkan kepentingan organisasi demi kepentingan bersama pula.

  4. Nilai bagi organisasi sendiri adalah menyamaratakan semua pemikiran dari berbagai macam individu untuk mencapai persamaan ideologi atau cara berpikir suatu organisasi untuk tercapainya tujuan organisasi. Yang mana ego dan sifat individualistis harus dihilangkan untuk kepentingan bersama.

  5. bissmilahirrohmanirrohim
    menurut saya,Nilai adalah suatu perstandaran diri individu/kelompok dimana nilai itu didapat dari apa yang Ia telah capai,dan nilai itu mendorong seseorang individu/kelompok melakukan pekerjaan atau tugas dengan lebih baik,untuk masa depan.
    terimakasih

  6. Menurut saya , adalah tuntunan mengenai apa yang baik, benar dan adil. Misalnya : Seorang pemimpin memberikan contoh kepada anggota2 untuk bekerja lebih keras dan bekerja sama agar mendapatkan hasil yang memuaskan

  7. Menurut saya nilai yang terkandung dalam organisasi adalah nilai kebersamaannya dalam suatu pemikiran yang satu tidak berbeda”, satu pendapat yang membuat nilai itu menjadi sempurna.

  8. Yang saya cerna dalam artikel tersebut. Bahwa kita hidup saling membantu satu sama lain dalam artian memberi kebersamaan dalam satu sama lainnya.

  9. Nilai dalam suatu organisasi bisa dikatakan suatu standarisasi agar individu yang merasa nilainya masih kurang bisa lebih termotivasi dan bisa bekerja lebih tekun dan benar sehingga organisasi tersebut bisa berjalan dengan baik.

    Terima kasih

  10. Nilai-nilai atau bahasa tepatnya values merupakan tuntunan atau pedoman yang mendasari bagaimana seseorang atau sebuah organisasi berfikir, mengambil keputusan, bersikap dan bertindak. Nilai-nilai juga bisa diartikan gambaran dialog yang selalu terjadi dalam diri kita, yang menentukan apa yang penting dan apa yang tidak. Apa yang boleh dan apa yang tidak boleh. Apa yang bener dan apa yang salah. Nilai-nilai merupakan dasar tertentu, acuan dan motor penggerak motivasi, sikap dan tindakan.

    Nilai-nilai organisasi adalah apa yang secara aktual menjadi praktek dari organisasi tersebut dan apa yang disaksikan, diyakini, dipercaya, dilakukan dan dipraktekkan oleh para karyawan di organisasi. Nilai-nilai dalam organisasi dapat dirunah melalui dua jalur dan keduanya harus ditempuh secara bersamaan. Karena jika tidak, maka perubahan nilai-nilai akan mengalami kepincangan dalam prakteknya.

  11. Menurut saya setiap organisasi itu pasti punya nilai tersendiri maka dari itu nilai dari organisasi itu sangat penting karena nilai itu bisa menjadi pedoman untuk kebersamaan meraih sukses.

    Terima kasih

  12. Organisasi yang baik biasanya memiliki sebuah visi dan misi yang sama , menyamaratakan , menyatukan pemikiran untuk suatu tujuan dan kepentingan organisasi

  13. menurut saya, nilai dari suatu organisasi banyak yang positif seperti organisasi mengajarkan kita untuk bebas berpendapat , nilai kerjasama dalm melakukan hal yang sulit di kerjakan oleh individu

  14. menurut saya banyak sekali nilai positif yang bisa kita ambil jika kita berorganisasi seperti bertambah teman, bertambah ilmu pengetahuan, banyak mengajarkan kita untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. tapi sebaiknya kita lebih selektif untuk memilih organisasi karena jika salah pilih maka kita terperangkap dalam organisasi yang sesat.

  15. Nilai bagi organisasi yaitu memberikan suatu contoh permasalahan dan akan diselesaikan bersama secara team working. Nilai sangatlah penting apalagi bila di organisasi independent.

  16. Menurut saya nilai bagi sebuah organisasi itu adalah nilai kebersamaan,nilai saling menghargai antar individu dimana harus menghilangkan ego kita untuk terlihat menojol, dan lebih mementingkan kebersamaan anggota organisasi tersebut.
    Terimakasih

  17. dari hal ini, saya kira nilai organisasi memiliki peran berarti, karena pada dasarnya anggota atau individual di organisasi memiliki pemahaman yang berbeda, dari sana lah kita menilai, bahwa dari yang berbeda ini bagaimana kitabisa mengetahui karakter seseorang, dan menghargai perbedaan yang ada adalah suatu nilai terpenting.

  18. Nilai adalah cermin dari organisasi dan untuk menjadikan visi & misi kuat & tercapai perlu nilai yg mendorong.Nilai adalah sebuah integritas sebagai contoh Nilai KEJUJURAN ditanamankan dalam diri setiap anggota organisasi sehingga tidak ada kompromi yg tercipta yg akan melancarkan proses visi & misi sebuah organisasi tersebut.

  19. Nilai perlu ada didlm suatu visi & misi agar percepatan visi & misi lebih terarah & mudah utk di capai.Nilai apa yg di adopsi oleh suatu organisasi itu menentukan organisasinya berjalan atau tidak.Stp komitmen dan integritas akan mengokohkan visi & misi tersebut.

  20. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Nilai dalam sebuah organisasi dapat dikatakan sebagai dasar/konsep yang dianut dan diyakini oleh organisasi tersebut. Nilai memang dilahirkan dari pemilik ataupun sekelompok orang yang memiliki organisasi. Nilai mempengaruhi keputusan serta tindakan yang akan diambil oleh organisasi tersebut. Seiring dengan perkembangan dan perubahan dalam internal organisasi, nilai yang diyakini organisasi harus tetap dipegang teguh sebagai pengingat jati diri organisasi tersebut.

    Best regards,
    Rohani

  21. Menurut saya nilai adalah konsep dalam buah pemikiran satu atau sekelompok pemimpin perwakilan yang ditanamkan dalam organisasi atau memang sudah lahir dari budaya dan sejarah organisasi itu sendiri. Nilai akan menggerakan organisasi tersebut untuk mengambil keputusan dan bertindak sesuai konsep tersebut.

  22. menurut saya nilai merupakan suatu dari suatu pemikiran yang bertujuan agar perusahan dapat menuju untuk jadi lebih baik.
    terimaksih

  23. sesuatu yang mempunyai nilai pasti krn ada akar atau landasan yang kuat tertanam didalam nya dan itu harus terus menerus dipupuk agar tak hanya sampai batas tertentu saja tetapi harus bisa sampai ke nilai yang tak terbatas (unlimited)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>