Komponen Perencanaan Strategis

vision-mission-valuesKomponen utama dari ‘perencanaan strategis’ meliputi pemahaman tentang visi entitas, misi, nilai-nilai dan strategi. (Dalam dunia komersial “Pernyataan Visi” dan / atau “Pernyataan Misi” mungkin merangkum visi dan misi).
strategy-url

23 thoughts on “Komponen Perencanaan Strategis

  1. Menurut saya,komponen perencanaan strategis harus memahami visi,misi,serta nilai -nilai yg terkandung didalamnya sehingga termasuk dalam perencanaan yg benar-benar strategis

  2. Perencanaan strategis itu adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) Perencanaan Strategis sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini yang
    meliputi prosedur, metode, dan jadwal pelaksanaannya. Di dalamnya termasuk ramalan (prakiraan) tentang kondisi di masa mendatang

  3. Menurut saya perencanaan strategis adalah proses sebuah organisasi untuk mengenali arah strategis organisasi. Pada dasarnya, semua berhubungan dengan proses dasar yang sama,termasuk mengenali visi organisasi, misi, nilai-nilai, semua sasaran-sasaran stategis dan metoda (strategi) melalui sasaran-sasaran yang ingin dicapai. Perencanaan strategis bermaksud membantu organisasi menjadi lebih produktif dan mempunyai arah yang jelas.

  4. Strategi sendiri memiliki arti program yang luas untuk mencapai tujuan organisasi, berarti bagaimana cara melaksanakan misi kita dalam organisasi. Jadi perencanaan strategis sendiri dapat diartikan proses untuk menentukan kebijakan dan metode yang digunakan untuk mencapai sasaran organisasi.

  5. bissmilahhirrohmanirrohim.
    menurut saya,Visi dan Misi yang memili strategi baik akan menghasilkan nilai-nilai yang maksimal,maka pemahaman tentang visi misi itu harus dimiliki setiap orang yang memiliki tujuan hidup agar bisa merancang suatu strategi dengan baik,dan akan mencapai nilai yang maksimal.
    terimakasih

  6. Strategi berasal dari visi misi yang di jalani, contoh setiap perusahaan ingin mendapatkan keuntungannya besar yaitu dengan cara berstrategi yang baik dan tidak merugikan pihak manapun.

  7. Perencanaan strategis yang dapat saya cerna yaitu. sebuah stategi juga harus memiliki visi dan misi yang kuat didalamnya supaya bisa mengatur jalannya stategi tersebut.

  8. dalam suatu organisasi tentu kita harus mempunyai suatu tujuan , dalam melaksanakan tujuan tersebut tentu tidaklah mudah , sehingga organisasi akan membuat strategi dimana para anggotanya akan berfikir bagaimana cara yang tepat agar bisa mencapai tujuan tersebut .

    Terima kasih

  9. Visi, misi, nilai-nilai, dan strategi merupakan satu kesatuan dalam komponen perencanaan strategis. Visi berfungsi sebagai mata, cara melihat dan menjadi paradigma manajemen organisasi, sumber motivasi dan strategi, kemudian diinterpretasi dalam sebuah kerangka aplikasi rill kinerja. Visi Misi dalam organisasi menjadi kerangka konsep yang mempertautkan berbagai kepentingan yang beragam. Visi Misi merupakan landasan pemersatu dan alat yang dapat menyamakan arah gerak organisasi sesuai ideologi, asas, dan tujuan yang akan dicapai sesuai plat form-nya. Visi Misi dalam organisasi juga merupakan dokumen serta panduan resmi yang wajib ditaati oleh segenap pelaku organisasi dan strategi merupakan pendukung pengimplementasiannya. Organisasi yang ingin maju adalah organisasi yang siap dengan perencanaan strategik dan visi sukses kemajuan organisasinya.

  10. Menurut saya perencanaan secara strategis itu diinginkan dan di kelola dalam organisasi yang dibentuk karna perencanaan strategis itu menghasilkan keuntungan yang besar .

    Terima kasih

  11. biasanya suatu organisasi mempunyai rencana yang luas untuk tujuan organisasi tersebut . perencanaan yang strategis menentukan dan metode yang digunakan

  12. Menurut saya ketika seseorang sudah memiliki visi misi ia juga harus memiliki sebuah strategi untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam berorganisasi.

  13. menurut saya jika visi dan misi telah terbentuk maka langkah selanjutnya adalah menyusun strategi agar usaha berkembang lebih cepat tanpa menjatuhkan atau memihak pada usaha lain.

  14. Menurut saya komponen perencanaan strategis adalah suatu prosedur langkah awal yang disusun secara strategis untuk menggapai suatu tujuan.

  15. Menurut saya jika seseorang telah mempunyai visi dan misi ia juga harus memiliki recana strategis agar visi dan misi yang ia inginkan dapat terwujud dengan baik.
    Terimakasih

  16. sebuah perencanaan hampir sama sebagai tujuan, contohnya didalam organisasi, kita menilai visi dan misi yang ada, dan kita setuju dengan visi dan misi tersebut, pasti kita akan menyadari bahwa didalam visi dan misi tersebut terdapat strategi yang baik.

  17. Perencanaan strategis adalah rincian dari visi & misi yang di tuangkan dimana disini lebih terlihat detail2 setiap langkah untuk mencapai visi & misi tersebut. Misalkan misal dalam tahun pertama menargetkan penjualan produk meningkat 50% atau menjangkau anak2 sekolah per kecamatan 10 rb. Biasanya berisi target dan rencana pekerjaan agar visi & misi pada akhirnya mengena.

  18. Perencanaan strategis adalah upaya yg dilakukan untuk mencapai visi suatu organisasi.Perencanaan dibuat per kuarter atau bisa juga per tahun agar langkah demi langkah yg di lakukan sudah berapa persenkah mencapai visi & misi yg di tetapkan. Perlu tindakan/action nyata dengan perencanaan strategis.

  19. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Baik mendirikan sebuah organisasi/perusahaan maupun membangun diri menjadi pribadi yang lebih baik, sangat diperlukan perencanaan yang strategis. Tiga komponen yang menjadikan sebuah rencana menjadi strategis ialah visi, misi dan nilai yang dianut. Ketiga hal tersebut saling berkaitan dan menguatkan satu sama lain. Visi, misi serta nilai-nilai merupakan cerminan jati diri perusahaan maupun pribadi kita dan merupakan hal yang harus dipegang teguh oleh kita.

    Best regards,
    Rohani

  20. Perencanaan harus dibuat strategis dengan menempatkan misi, visi, nilai, dan strategi yang saling sinkron di dalma suatu organisasi. Itulah sebab dinamakan Perencanaan Strategis. Menempatkan perencanaan strategisharus didukung dengan sikap pemimpin yang baik dan kerjasama antara atasan dan bawahan yang baik dan efektif.

  21. menurut saya perencana strategis merupakan hal yang penting dalam suatu pencapain perusahan sehingga visi dan misi yang terbentuk dapat terwujud, dan terwujudnya visi dan misi tersebut haruslah melalui perencana strategis yang baik. terimaksih

  22. Penentuan strategi merupakan bagian dari upaya pencapaian visi dan misi yang ditetapkan..krn tanpa penentuan strategi ,mustahil visi dan misi akan tercapai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>