Menjadikan Visi dan Misi efektif

effective-vision-missionAgar visi dan misi organisasi menjadi efektif, mereka(visi dan misi) harus berasimilasi ke dalam budaya organisasi. Mereka(visi dan misi) juga harus dinilai secara internal maupun eksternal. Penilaian internal harus fokus pada bagaimana para anggota dalam organisasi menafsirkan pernyataan misi mereka. Penilaian eksternal – yang mencakup kepentingan semua stakeholder bisnis – penilaian ini sangat berharga karena menawarkan perspektif yang berbeda. Perbedaan antara kedua penilaian dapat memberikan wawasan tentang efektivitas visi dan misi sebuah organisasi.

50 thoughts on “Menjadikan Visi dan Misi efektif

  1. Menurut saya,menjadikan visi dan misi yg efektiif adalan yg diinginkan oleh organisasi karna akan menghasilkan kepuasan dalam pencapaian visi dan misi tersebut

  2. Itulah pentingnya sebuah organisasi semua individu didalam organisasi harus disamakan ideologinya untuk menentukan visi agar tidak terjadi perbedaan yang bisa mengakibatkan konflik, dalam penilaian internal masing-masing ide dari setiap individu yang berbeda dapat dijadikan referensi untuk terciptanya sebuah keefektifan visi dan misi.

  3. Bissmillahirrohmanirrohim.
    Menurut saya,visi dan misi yang berjalan dengan efektif adalah tujuan semua organisai,namun visi misi ini akan menjadi efektif apabila setiap anggota memiliki pemahaman dan penilaian yang sama rata tentang visi misi yang dimiliki.
    terimakasih.

  4. menurut saya, visi dan misi yang efektif sangat diinginkan oleh setiap organisasi karena jika visi dan misi yang dibuat dan direncanakan bisa berjalan dengan baik maka organisasi atau perusahaan akan mendapat keuntungan dan kebanggan.

  5. Menurut saya visi misi yang efektif memang sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi. Yang membuat visi misi efektif memang sangat dibutuhkan dari penilaian eksternal maupun internal. Dan yang orang yang dapat menilai tidak lain tidak bukan adalah anggota dari organisasi tersebut.

  6. Menurut saya visi misi yang efektif sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi. Dan yang menjadikannya efektif memang harus ada penilaian ekternal dan internal. Dan yang menilainya tidak lain tidak bukan ialah anggota dari suatu organisai tersebut.

  7. Menurut saya visi misi yang efektif adalah membuat visi misi itu yang terfokus dan terarah maka dengan itu visi dan misi akan efektif.

  8. Menurut saya. Sesuatu yang efektif itu pasti baik, jadi jika kita mempunyai visi dan misi harus yang efektif. Supaya kedepannya akan menjadi benar.

  9. Dalam penerapannya maka visi misi diperlukankan suatu proses yaitu Anasilis Visi ….. Visi yang efektif antara lain harus memiliki karakteristik

  10. Dalam sebuah organisasi , Visi dan Misi akan melekat pada seluruh anggotanya , dan diharapkan mempunya visi dan misi yang sama agar tidak terjadi perbedaan tujuan dalam anggotanya . Maka ke-efektifan visi misi akan sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan .

    Terima kasih

  11. Visi dan misi dimaksudkan untuk menjadikan sebuah organisasi memiliki jati diri yang khas yang membedakannya dengan organisasi lainnya. Visi dan misi yang dimiliki oleh pribadi maupun organisasi harus merupakan karakteristik unik yang dapat diterjemahkan dalam aktifitas-aktifitas yang lebih operasional. Sehingga dalam melahirkan visi dan misi yang baik setidaknya mencakup tugas dan fungsi, filosofi dasar organisasi, apa yang akan ditawarkan, apa dan untuk siapa visi misi tersebut dibentuk.

  12. Menjadikan visi misi agar efektif, tentu perlu dilihat dari berbagai sisi pandang, saya setuju pada teori tersebut bahwa sisi pandang internal dan eksternal sangat diperlukan dalam kadar yang seimbang namun pada suatu titik, si pembuat visi misi perlu memiliki dasar internal yang cukup agar visi misi tersebut dapat dipertahankan pada titik tekanan eksternal yang besar dan berpotensi merusak keefektifan visi misinya tersebut.

  13. Keberhasilan Visi dan Misi dipengaruhi faktor internal dan eksternal.
    Faktor internal seperti budaya kerja suatu organisasi, JIka semua anggota merasa mempunyai tujuan yang sama, visi dan misi akan lebih mudah dicapai hal ini tentu akan lebih memperkuat teamwork.
    Sedangkan faktor eksternal steakholder jika mereka mempunyai kepentingan yang sama dengan organisasi dan tidak bersikap tidakpeduli terhadap permasalahan yg terjadi maka visi dan misi organisasi akan lebih mudah dicapai.

  14. Menurut saya visi misi yang efektif itu setiap organisasi menginginkan visi misinya itu bisa secara efektif atau semacam tepat sasaran, jadi visi misi dibuat dengan tujuan yang benar ingin kita tuju agar bisa efektif dan agar bisa menjado kebanggaan untuk organisasi tersebut dan para anggota.

    Terima kasih

  15. menjadikan visi dan misi efektif sebuah organisasi harus menyamaratakan pemikiran dan pendapat , mempunyai strategi yang efektif dalam mengeksekusi tujuan

  16. menurut saya, agar menjadikan visi dan misi suatu organisasi menjadi lebih efektif ialah harus ada keterkaitan dan kesatuan di setiap individunya agar misi misi yang di tumpahkan di dalamnya menjadi beriringan dan jelas sesuai dengan visinya

  17. Visi dan Misi adalah acuan dalam setiap organisasi, tanpa visi misi suatu organisasi tidak akan tau apa tujuan yang ingin mereka capai. Untuk menjadikan visi dan misi efektif saya setuju dengan teori diatas yaitu memandang sisi eksternal dan internal setiap anggota. Yang artinya mengetahui lebih dulu tentang tujuan bersama dan bagaimana cara menjalankan organisasi tersebut dengan memikirkan segala resiko dan menanggungnya bersama.

  18. Visi dan misi yang efektif mungkin dambaan semua perusahaan dalam tercapainya sebuah kesuksesan.. percuma keduanya ada dan dibentuk kalau itu tidak berjalan secara efektif.

  19. Terlebih dahulu harus membuat perumusan masalah-masalah yang dihadapi oleh organisasi, dan mempersempit masalah tersebut yang sekiranya akan difokuskan untuk ditangani dan menjadi maksud, tujuan dan cita-cita dari organisasi itulah langkah yg dpt kita tempuh untuk membuat sebuah visi dan misi yg efektif.

  20. Menurut pendapat saya, kesimpulan dari visi dan misi yang efektif akan muncul sesuai dengan kepribadian yang dimiliki masing-masing dari individu. Jadi kepribadian masing-masing individu sangat menentukan terciptanya visi dan misi yang efisien demi menccapai suatu tujuan tertentu atau yang diinginkan.

  21. Pentingnya visi misi didalam sebuah organisasi karena, menentukan tujuan ataupun rencana yang dibangun dalam team organisasi agar tujuan dan keinginan dapat tercapai.

  22. Visi Misi yang efektif terjadi bila tujuan tersebut dilakukan secara ikhlas, berusaha dan bekerja sama dengan baik dalam proses mencapai tujuan tersebut serta berdoa kepada Tuhan agar semua usaha yang sudah dilakukan secara gigih, tekun mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

  23. Menurut saya :
    Supaya visi dan misi organisasi menjadi efektif, mereka harus memiliki budaya organisasi yang baik. mereka juga harus memiliki secara internal maupun eksterna kesimpulan . Jadi masing-masing individu sangat menentukan terciptanya visi dan misi yang baik demi mencapai suatu tujuan tertentu atau yang diinginkan.

  24. Menjadikan visi dan misi efektif haruslah mengedepankan musyawarah dan keadilan, harus mendengar masukan atau pendapat anggota serta bekerja sama untuk mewujudkan visi dan misi tersebut.

  25. Menurut saya visi dan misi yang efektif itu adalah visi dan misi yang dapat dipahami oleh seluruh pelanggan internal ( karyawan ) maupun pelanggan eksternal (klien, konsumen, dll) jika setiap orang dapat memahami dan menjalan visi dan misi ini maka baru dapat dikatakan bahwa visi dan misi tersebut efektif. Terimakasih

  26. Keefektifan visi dan misi perlu dinilai secara internal dan eksternal. Dengan adanya kerja sama internal dalam menjalankan misi maka suatu organisasi akan dapat mencapai visinya. Sedangkan dari faktor eksternal yaitu perlu adanya kerja sama dari pihak stakeholder organisasi tersebut dengan pihak internal yang dapat menunjang terpenuhi visi dan misi organisasi tersebut.

  27. Menurut saya untuk menjadikan visi dan misi efektif kita harus memiliki keyakinan didalam diri kita bahwa kita sanggup menjalankan visi dan misi tersebut. Dan kita harus memiliki strategi khusus agar visi dan misi tercapai.
    Terimakasih

  28. intinya dari hal ini kita harus menyadari bahwa visi dan misi berjalanseiringan, maka dari hal tersebut kita harus yakin, bahwa untung mencapai hasilkita percaya visi dan misi yang kita buat.

  29. Visi & Misi ibarat produk dagangan yg dipertontonkan/diperjualbelikan kepada publik.Kita sebagai pedagang menawarkan visi & misi kepada orang dalam hal ini pihak di luar (eksternal).Jika visi & misi kita sesuai & mjd kebutuhan mereka maka niscaya organisasi / perusahaan akan bertumbuh dan pihak2 internal (anggota yg didalamnya) pun akan terus mendukung kemajuan visi & misi tersebut. Perlu menyamakan visi & misi antara pemimpin dg anggotanya agr ketika berjalan ke eksternal sudah tidak terjadi bentrok visi & misi sehingga perusahaan bisa berjalan dengan baik.

  30. Agr visi & misi menjadi efektif perlu dilakukan komunikasi & action dari pihak organisasi & anggotanya dengan pihak luar selaku stakeholder sehingga mampu bersinergi sama2 demi ketercapaiannya visi & misi.

  31. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Agar visi dan misi dapat direalisasikan, diperlukan kesamaan tujuan antara perusahaan dengan lingkungan internal serta eksternal perusahaan. Dengan lingkungan internal diperlukan penyamaan arti visi-misi serta kesepahaman terkait visi dan misi perusahaan. Sedangkan dengan lingkungan eksternal diperlukan komunikasi dan sharing agar perusahaan juga dapat membuka wawasannya sesuai kebutuhan lingkungan eksternal sehingga dapat saling memahami serta menyesuaikan satu sama lain demi terciptanya kerjasama yang positif dan kontiniu.

    Best regards,
    Rohani

  32. Mengoreksi visi dan misi organisasi salah satunya dengan pertanyaan “sudah efektifkah visi dan misi yang dibuat?”. Mempertimbangkan keeefektivitasan visi dan misi melalui pengaruh internal (budaya organisasi) dan pengaruh eksternal (budaya di luar organisasi). Kedua ini harus dipertimbangkan supaya visi dan misi tercapai dengan efektif.

  33. Visi dan Misi yang efektif dapat diciptakan dengan melihat tujuan dan sasaran-sasaran organisasi pada saat pembuatannya. Sebab jika visi dan misi itu tidak sejalan dengan sasaran perusahaan maka visi dan misi tersebut tidak dapat dijalankan dengan baik dan akan sulit sebuah perusahaan mencapai tujuannya, serta visi & misi tersebut hanya akan menjadi sebuah tulisan pajangan di dinding perusahaan.

    Terima Kasih

  34. menjadikan vis dan misi efektif yaitu dengan menjalankan visi dan misi yang sudah dibuat dengan baik, dan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak ada hubunganya denga visi dan misi.

  35. 201311267 – Fendy – seksi 58

    Menurut saya, visi dan misi yang efektif adalah tentu memang yang sejalan dengan budaya organisasi, apapun bentuknya. Baik dari faktor internal maupun eksternal, setiap organisasi harus fokus dalam visi dan misi tersebut agar bisa dijalani. Lewat visi yang jelas ke depannya, misi pun dapat diciptakan dengan baik dan teratur.

  36. Menurut pendapat saya :
    Agar Visi dan Misi menjadi efektif dalam sebuah organisasi maka semua anggotanya harus mempunyai pandangan yang sama, yang berarti kita harus menyamakan tujuan kita.

  37. Visi dan misi yang efektif merupakan keinginan dari setiap organisasi. maka dari itu visi dan misi akan mudah di capai apabila tahapan-tahapan sebelum menentukan visi dan misi itu sendiri lebih jelas. sehingga pada prakteknya visi dan misi dapat berjalan dengan baik, dan tujuan yang di inginkan oleh organisasipun dapat tercapai.

  38. Menurut pendapat saya,
    Agar sebuah Visi dan Misi menjadi efektif dalam sebuah organisasi maka semua anggotanya harus mempunyai pandangan yang sama, yang berarti kita harus menyamakan tujuan kita.

  39. visi misi adalah dasar tujuan yang harus dimiliki setiap perusahaan atau organinsai. karena dengan adanya visi misi tersebut, maka akan jelas kemana arah perusahaan atau organisasi akan berjalan kedepannya. dan secara internal, para anggota dari perusahaan atau organisasi tersebut harus paham betul dalam memahami apa yang menjadi visi misi nya. sedangkan untuk eksternal, maka apa yang dijalankan oleh anggota internal sedikit banyak tentu dapat mempengaruhi penilaian dari ekternal itu sendiri.

  40. melva marshella (2013-52-199) seksi 59
    efektif sendiri artinya adalah tepat sasaran. visi akan efektif apabila memenuhi keinginan si pemilik. misi akan efektif apabila mampu mewujudkan visi menjadi nyata. keduanya akan efektif apabila setiap individu dalam perusahaan tersebut memiliki pandangan yang sama dan berkomitmen untuk menerapkannya dalam kegiatan perusahaan. makna efektif sendiri dapat bergeser seiring dengan waktu, karnanya kita juga tidak boleh bersikap kaku, kita harus membuka diri untuk setiap perubahan dalam beroperasi mengingat visi dibuat dengan memandang jauh kemasa depan

  41. NIM : 2013-52-145

    menurut Jansen Sinamo (2005) yang memberikan 12 kriteria mengenai kriteria visi dan misi yang hidup dan efektif, yang terpenting yang bisa saya ambil yaitu:

    1. Visi-misi harus sesuai dengan roh zaman dan semangat perjuangan organisasi

    2. Visi-misi harus mampu menggambarkan sosok organisasi idaman yang mampu memikat hati orang

    3. Visi-misi harus mampu menjelaskan arah dan tujuan organisasi

    4. Visi-misi harus mudah dipahami karena diungkapkan dengan elegan sehingga mampu menjadipanduan taktis dan strategis

    5. Visi-misi harus memiliki daya persuasi yang mampu mengungkapkan harapan, aspirasi, sentimen, penderitaan para stakeholder organisasi

    6. Visi-misi harus mampu mengungkapkan keunikan organisasi dan menyarikan kompetensi khas organisasi tersebut yang menjelaskan jati dirinya dan apa yang mampu dilakukannya

    7. Visi-misi harus ambisius, artinya ia harus mampu mengkiristalkan keindahan, ideal kemajuan, dan sosok organisasi dambaan masa depan, sehingga mampu meminta pengorbanan dan investasi emosional dari segenap stakeholder organisasi.

  42. menurut saya, Setiap organisasi tentu punya visi dan misi yang jelas sehingga organisasi yang akan dibentuk akan mempunyai tujuan yang jelas..visi dan misi yang baik haruslah melaui tahapan perumusan permasalahan yang ada dan ingin dipecahkan oleh organisasi atau seseorang yang akan memimpin organisasi tersebut..pimpinan yang handal adalah pimpinan yang mengetahui dan memahami persis permasalahan dan cita-cita organisasinya..dan yang menjadikannya efektif memang harus ada penilaian eksternal dan internal.

  43. Dear : Bp. Darmansyah

    Menurut pandangan saya, yang dimaksud dengan Visi dan Misi yang efektif adalah dimana dengan adanya visi dan misi tersebut memberikan pencapaian yang memuaskan bagi orang yang mempunyai visi misi tersebut. Bisa kita simpulkan visi misi yang efektif itu adalah:

    * Visi dan misi yang mampu menjelaskan arah dan tujuan organisasi.
    * Visi-misi harus mudah dipahami. Supaya setiap orang yang ada dalam organisasi tersebut bisa menjalankannya.
    * Visi-misi harus memiliki daya persuasi yang mampu mengungkapkan harapan, aspirasi, sentimen, penderitaan para stakeholder organisasi
    * Visi-misi harus mampu mengungkapkan keunikan tersendiri. Agar organisasi tersebut memiliki ciri khas dan bisa menunjukkan jati diri organisasi.

    Terimakasih.

  44. Visi dan misi yang ada harus berjalan secara efektif sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Kesatuan pikiran, perasaan sangat dibutuhkan dalam menjadikan visi dan misi secara efektif. Dengan persatuan yang dimiliki diharapkan setiap usaha yang dilakukan dapat menjadi kontribusi dalam pencapaian visi dan misi tersebut. Selain itu, visi dan misi disarankan untuk dinilai dari internal maupun eksternal. Hal ini dilakukan guna mendapatkan kiranya saran yang konstruktif untuk hal-hal yang masih kurang dalam pelaksanaan visi dan misi tersebut.

  45. komunikasi yang baik sangat penting agar visi dan misi berjalan efektif karna komunikasi yang sinergi antara atasan dan bawahan dapat menghasilkan kinerja kerja yang baik sehingga tujuan dari visi dan misi dapat terwujud.
    terimakasih

  46. Visi dan misi akan efektif bila dilakukan penilaian secara internal dan eksternal. Kedua penilaian ini akan membuat persepektif yang bebeda antara keduanya.

  47. Menurut saya sebuah visi & misi agar dapat berjalan dengan efektif pasti memiliki faktor-faktor yang mendukung agar visi & misi it bisa berjalan dengan baik. Ada juga flashback kepada karyawan dalam sebuah perusahaan untuk menjalankan misi dengan baik agar sebuah perusahaan dapat maju/mencapai visi nya.

  48. Visi dan Misi merupakan sebuah arahan suatu perusahaan ataupun pribadi yang mengarahkan dan membawa kita ke suatu tujuan.
    Visi dan misi adalah suatu satu kesatuan yang saling berhubungan satu sama lain.
    Dikatakan efektif bila visi dan misi tersebut dapat menjadi satu system yang saling memiliki keterkaitan satu sama lain, serta fleksibel mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>