Pengertian Visi dan Misi

vision-mission-urlVisi: menguraikan ingin menjadi apa sebuah organisasi, atau bagaimana ia ingin dunia di mana ia beroperasi menjadi (sebuah “ideal” pandangan dunia). Visi adalah pandangan jangka panjang dan berkonsentrasi pada masa depan. Hal ini dapat emotif dan merupakan sumber inspirasi. Sebagai contoh, sebuah badan amal yang bekerja dengan orang miskin mungkin memiliki pernyataan visi yang berbunyi “Dunia tanpa Kemiskinan.”

Misi: Mendefinisikan tujuan mendasar dari sebuah organisasi atau perusahaan, secara ringkas menjelaskan mengapa itu ada dan apa yang dilakukannya untuk mencapai visinya. Sebagai contoh, badan amal di atas mungkin memiliki pernyataan misi sebagai “menyediakan pekerjaan bagi para tunawisma dan pengangguran”.

Sebuah Organisasi terkadang meringkas tujuan dan sasaran dalam pernyataan misi dan/atau pernyataan visi. Lainnya dimulai dengan visi dan misi dan menggunakannya untuk merumuskan tujuan dan sasaran.

54 thoughts on “Pengertian Visi dan Misi

  1. Menurut saya,visi dan misi saling ketergantungan karna ketika seseorang memiliki visi maka seseorang juga harus merencanakan misi sehingga dapat mencapai visinya tersebut

  2. kalau menurut saya. Visi hidup saya simple sebenarnya bahagia dengan hidup yang saya milikin di masa depan nanti, bukan hanya dari segi ekonomi. banyak orang yang sukses mencari keberhasilan di segi ekonomi tapi mereka tidak bahagia dengan kehidupannya yang focus tertuju pada pekerjaan untuk menaikan taraf hidupnya. sukses menggapai cita-cita, membahagiakan kedua orang tua dimasa tua nya kelap, menjadi pribadi yang baik, membuat orang tersenyum dan tetap berada di jalan Tuhan YME

    Misi : berjalan lurus dengan prinsip saya yaitu selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk semua yang saya lakuin setiap saat

  3. Seperti yang sudah disebutkan diatas, visi dan misi saling berhubungan erat satu sama lain. Jika seorang individu atau organisasi menginginkan suatu pencapaian, sudah jelas harus ada misi, yaitu apa apa saj ayang akan dilakukan untuk mencapai visinya tersebut. Yang jelas, visi dan misi harus tetap ada dalam kehidupan. Karena menyangkut nasib seorang individu. Dan jangan lupa pula berdoa kepada Tuhan, supaya apa yang ingin kita capai, berhasil. Jadi dalam hidup memang kita harus mempunyai visi dan misi. Tetapi bila dibarengi dengan doa, hidup kita akan jauh lebih berharga.

  4. Visi adalah target dari sebuah organisasi/individu yang masih berupa pandangan luas, kemana dan apa tujuan dari organisasi/individu tersebut. Sedangkan Misi sudah berarti organisasi/individu sudah mempunyai gambaran mengenai apa saja hal yang dilakukan untuk tercapainya sebuah visi.

  5. Visi itu menurut saya adalah target dari sebuah organisasi/individu yang masih bersifat luas, mau kemana dan apa tujuan dari organisasi/individu tersebut. Sedangkan Misi adalah apa hal yang harus dilakukan supaya visi yang kita jadikan acuan bisa tercapai.

  6. bissmillahirrohmanirrohim
    menurut saya visi dan misi adalah satu paket sebuah keberhasilan.
    visi adalah pandangan yang harus ditentukan dengan benar,yang berisi tujuan besar.
    dan misi adalah suatu proses dari pencapaian suatukeberhasilan.
    terimakasih.

  7. menurut saya, visi dan misi memang di butuhkan oleh setiap organisasi, perusahaan maupun individu, karena visi dan misi yaitu tolak ukur dan rencana dlm sebuah organisasi, perusahaan dan individu untuk membangun dan memperbaiki di masa yang akan datang.

  8. Menurt saya pengertian visi dan misi adalah Dalam suatu organisasi misalnya, sekolah biasanya mencantumkan visi dan misinya di gerbang masuk dicetak besar agar mudah dibaca oleh siapapun. Visi Misi sebagai identitas dan suatu kebanggaan yang menunjukan ke mana arah sekolah tersebut menuju.

  9. Menurut saya Visi itu adalah sesuata yang diinginkan dan baru ingin di lakukan, sedangkan misi sesuatu yang diinginkan dan sedang dijalankan.

  10. saya akan coba memberi contoh kecil dalam Visi dan Misi ,

    Visi saya adalah menjadi rangking 1 di kelas , itu adalah tujuan saya . Dalam mencapai tujuan saya , saya mempunyai misi , yaitu belajar dengan giat dan selalu berdoa sehingga saya bisa mencapai visi saya . itu sekedar gambaran kecil dari saya , terima kasih .

  11. Visi dan misi adalah hal yang paling utama dalam suatu organisasi, tanpa adanya visi dan misi mustahil suatu organisasi akan tahu kemana arah tujuan organisasi tersebut, maka dalam visi dan misi dijelaskan apa yang harus dikerjakan demi mencapai tujuan organisasi tersebut.

  12. Visi Misi, saya sangat setuju dalam hal ini, setiap orang harus berusaha mencari dan mendefinisikan visi misinya secara pribadi. Dengan memiliki visi misi nya, saya yakin dan percaya bahwa setiap orang akan dapat lebih mudah mencapai tujuannya. Tidak hanya Perusahaan saja yang memerlukan visi misi, namun secara pribadi pun setiap orang harus memiliki itu didalam mencapai kemajuan didalam hidupnya. Kalau orang hidup tanpa adanya visi misi, maka logis kalau mereka kemudian pada suatu saat akan kehilangan arah dan gagal.

  13. visi dan misi adalah satu kesatuan yang tidak bisa dihilangkan satu sama lain , kita mempunyai visi tetapi tidak mempunyai misi tanpa misi apalah artinya sebuah visi itu tidak akan tercapai satu tujuan dan keberhasilan .
    Terimakasih …

  14. Menurut saya, visi dan misi sangatlah penting utnuk dimiliki. Karena dengan visi kita dapat merencanakaan apa tujuan hidup kita,menjadi apa kita,dan apa yang akan kita perbuat untuk orang-orang disekitar kita. Sedangkan dengan misi kita dapat menentukan dengan cara apa kita dapat mencapai visi kita dengan menjabarkan satu-satu setiap tujuan kita.

  15. VISI merupakan tujuan jangka panjang yang hendak dicapai, sedangkan MISI merupakan, langkah-langkah atau cara yang yang hendak dilakukan dalam mencapai VISI.

  16. Visi adalah suatu gambaran/tujuan yang akan kita capai dimasa yang akan datang, bisa melalui perwujudan cita-cita.
    Misi adalah suatu cara yang akan atau sedang dilakukan untuk mencapai visi tersebut .

  17. visi adalah tujuan atau sasaran yang ingin di capai dan misi adalah adalah cara untuk mencapai misi itu sendiri .pendapat saya seseorang harus mempunyai visi dan misi didalam hidupnya jika ingin menjadi manusia yang lebih berkembang dan maju

  18. Menurut saya, visi dan misi adalah kata yang tidak asing lagi bagi kita tapi terkadang kita salah mengartikannya.
    Visi itu ialah pola pikir atau pandangan kita terhadap masa depan serta menentukan tujuan yang akan kita capai.
    Sedangkan misi itu adalah bagaimana cara kita atau langkah kita mencapai tujuan kita tersebut

  19. Semua pengertian dari visi dan misi memang intinya seperti itu, tanpa adanya visi dan misi kita tidak tahu resiko apa yang kita hadapi . misalnya dikehidupan, manusiapun punya visi dan misi yang berbeda – beda.

  20. Visi dan misi harus dimiliki setiap manusia dan keduanya saling bergantungan. Tidak ada visi yang bisa sukses tanpa misi begitu jg sebaliknya. Jangankan dalam suatu organisasi, hidup manusia pun harus memliki keduanya.

  21. Visi adalah pernyataan tentang pandangan jauh kedepan mengenai usaha atau bisnis yang akan dimulai, apa saja tujuannya dan apa yang akan dicapai kedepannya nanti. Visi tidak ditulis secara detail, hal ini dikarenakan adanya kemungkinan perubahan ilmu dan situasi yang sulit diprediksi dimasa jauh kedepan.
    Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha untuk mewujudkan Visi. Misi usaha adalah cara mencapai tujuan dan alasan mengapa usaha itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan dalam proses pencapaian tujuan.

  22. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi.

  23. Menurut saya visi dan misi itu harus saling berkaitan, karena jika tidak ada di salah satu dari perencanaan tersebut maka tindakan awal untuk kita membuka peluang usaha atau bisnis tidak dapat berjalan dengan lancar.yang ada bisnis tersebut tidak akan berkembang secara efektif

  24. menurut saya visi dan misi sangat dibutuhkan disetiap perusahaan atau organisasi. agar suatu organisasi atau perusahaan memiliki tujuan yang jelas mengapa perusahaan atau organisasi tersebut akan seperti apa kedepannya. jika tujuan kedepan sudah positif maka proses tahapan untuk mewujudkan tujuan itu juga haruslah positif dan baik.

  25. Visi dan Misi dalam kehidupan sangatlah penting, karena tanpa visi dan misi tidak akan ada tujuan untuk kedepan

  26. Visi adalah tujuan yang harus dicapai dimasa yang akan datang, tidak boleh merupakan tujuan yang standar tetapi juga tidak boleh terlalu tinggi sehingga tingkat keberhasilan yang dicapai rendah dan harus spesifik dalam menuliskan sebuah visi. Misi adalah langkah-langkah yang dibuat untuk mencapai sebuah misi. Jadi Visi dan Misi berkaitan satu sama lain, dengan dibuatnya Misi yang jelas maka tingkat keberhasilan untuk mencapai Visi sangat besar.

  27. Menurut saya :
    Pengertian Visi
    Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan – tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi:
    – Berorientasi ke depan
    – Tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini
    – Mengekspresikan kreatifitas
    – Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat
    Pengertian Misi
    Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Misi perusahaan adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan.Terima kasih

  28. Visi dan misi adalah suatu komponen yang bersimbiosis mutualisme karena mereka berpengaruh besar dalam sukses atau tidaknya perjalanan suatu usaha.

  29. Menurut saya visi dan misi adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Karena visi dapat tercapai bila disertai dengan misi. Begitu pula jika yang ada hanya misi maka kita tidak tau apa yang ingin dicapai karena visi berisi dari tujuan yang ingin dicapai tersebut. Maka jika kita telah menentukan visi maka tentukan juga misinya untuk mencapai apa yang ada di visi tersebut.

  30. Dari materi di atas dapat kita simpulkan bahwa setiap organisasi maupun individu memiliki visi dan misi-nya sendiri. Visi adalah sebuah pernyataan tujuan dari sebuah organisasi dan misi adalah cara untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

  31. Menurut saya visi dan misi itu saling berkaitan satu sama lain. karna jika tidak ada misi maka visi tersebut tidak tercapai. Pentingnya visi misi dalam kehidupan adalah sebagai acuan seseorang untuk mencapai tujuannya.
    Terimakasih

  32. pengertian visi dan misi kadang kali disalah artikan oleh seseorang. Bagi saya bagaimana visi itu dibuat, itu akan mendorong misi dalam hal tersebut. Visi dan misi setiap individual akan selalu berbeda.

  33. Visi adalah tujuan jangka panjang sebuah organisasi misalkan pemerintah akan membebaskan kemiskinan yg merajalela selama 10 tahun ini.Misi pemerintah sekarang adalah melakukan program2 kerakyatan seperti BPJS atau BLT untuk membantu rakyat terlepas dari kemiskinan.Misi lebih ke arah tindakan sedangkan visi adalah gambaran secara tertulis yg diumumkan kepada anggota & pihak eksternal.

  34. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Visi dan misi merupakan 2 hal yang saling melengkapi. Sejak kecil kita sering mendengar kata Visi dan Misi, baik dari sekolah, komunitas, kampus, maupun perusahaan. Di beberapa tempat terkadang visi dan misi seakan hanya sebagai penghias yang menjadi kewajiban dalam organisasi. Seringkali Visi dan misi terlupakan dan tidak lagi dijadikan acuan dalam tindakan organisasi. Agar organisasi tidak kehilangan arahnya, maka diperlukan mengingat kembali visi serta misi awal dari organisasi.

    Best regards,
    Rohani

  35. Visi bisa dikatakan sebagai tujuan yang mengarah ke depan untuk suatu organisasi sedangkan misi itu alasan dan cara untuk mencapai misi tersebut. Misalnya visi yaitu menjadi pengrajin dan penjual batik Indonesia yang hebat, berkualitas tinggi dan go international. Misi nya yaitu memperkuat daya saing brand toko dan memasarkan produk asli Indonesia dengan mutu yang kelas menengah atas, serta menjaga kualitas batik sampai mengekspornya ke mancanegara.

  36. Menurut saya, Visi dan Misi saling berkaitan, dimana Visi adalah sebuah target / tujuan jangka panjang yang ingin dicapai individu atau organisasi dimasa yang akan datang, sedangkan Misi adalah serangkaian cara yang dilakukan untuk mewujudkan atau mencapai Visi tersebut.

    Terima Kasih

  37. 201311267 – Fendy – seksi 58

    Visi adalah tujuan jangka panjang yang memiliki arah yang jelas. Visi bukan sesuatu yang mudah dibuat, dan merupakan pandangan untuk masa yang ke depan. Sedangkan Misi adalah cara untuk mencapai Visi tersebut.

  38. Menurut pendapat saya :
    Visi adalah tujuan yang ingin dicapai, sedangkan Misi adalah bagaimana cara mencapai visi tersebut.

  39. Menurut pendapat saya visi dan misi saling keterkaitan. karena visi adalah tujuan yang akan di capai di masa yang akan datang baik oleh individu ataupun organisasi, sedangkan misi adalah cara atau langkah-langkah untuk pencapaian visi itu sendiri.

  40. Menurut pendapat saya,
    Visi adalah tujuan yang ingin dicapai, sedangkan Misi adalah bagaimana cara mencapai visi tersebut.

  41. menurut saya, visi dan misi adalah hal yang tidak dipisahkan dalam mencapai sebuah target disemua aspek kehidupan.
    visi adalah suatu dasar dimana kita ingin mencapai sebuah tujuan maka harus memiliki tujuan untuk mewujudkannya. sedangkan misi adalah upaya yang dilakukan agar bisa mewujudkan visi yang ingin diraih.

  42. melva marshella (2013-52-199) seksi 59
    visi adalah cita-cita yang ingin dicapai secara individual bagi hidup seseorang ataupun bagi usaha yang ingin dibangunnya. sebuah visi haruslah diatas rata-rata dan berorientasi jauh ke masa depan. bila tidak demikian berarti kita memandang rendah kemampuan diri kita. percayalah setinggi apapun visi anda, dapat anda capai melalui usaha. usaha inilah yang kita sebut dengan misi. tanpa adanya misi maka sebuah visi akan menjadi sia-sia, karena anda menempatkannya hanya sebagai angan-angan tanpa mau berusaha.

  43. menurut saya, Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya untuk menwujudkan visi tersebut.

  44. Menurut padangan saya, visi adalah tujuan atau sasaran yang ingin di capai dalam waktu jangka panjang. Sedangkan misi adalah adalah cara untuk mencapai misi itu sendiri.

  45. Visi adalah Tujuan jangka panjang yang dimilki organisasi atau individu yang akan dicapai di masa yang akan datang diatas tingkat kecemerlangan. Visi diharapkan harus spesifik. Sedangkan misi adalah segala upaya yang dilakukan untuk mencapai visi yang telah dipaparkan.. Biasanya misi menggunakan kata kunci memanfaatkan.

  46. Visi adalah sesuatu yang akan dicapai dimasa yang akan datang sedangkan misi merupakan cara-cara untuk mencapai visi tersebut.

  47. Menurut saya visi adalah tujuan atau impian seseorang/suatu organisasi/perusahan yang ingin dicapai di masa yang datang. Sedangkan misi adalah segala sesuatu cara untuk melengkapai agar tujuan atau impian seseorang/organisasi itu dapat di capai.

  48. Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan – tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Misi perusahaan adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan.

  49. visi adalah gambaran akan masa depan atas apa yg diinginkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan utk menentukan tujuan dan cita-cita yg ingin dicapai

    misi adalah apa yang akan dikerjakan atau dilakukan utk mencapai gambaran tentang visi dari organisasi atau perusahaan tsb, didalamnya terdapat langkah-langkah dan strategi dalam pencapaian tujuan dr organisasi atau perusahaan

  50. Menurut saya visi dan misi suatu organisasi sangat terikat dan satu sama lain saling berakaitan. Untuk definisi visi sendiri menrupakan suatu tujuan oranisasi yang periode nya untuk jangak waktu yang panjang sedangkan untuk misi ialah hal-hal atau caa-cara yang dilakukan untuk mencapai visi tersebut dan misi lebih menitikberatkan pada bagian tugas atau kewajiban secara divisi atau per bagian di sebuah organisasi atau
    perusahaan.

  51. Menurut saya Visi dan Misi itu dua komponen yang di buat untuk mencapai suatu tujuan baik suatu perusahaan maupun seseorang. Visi adalah impian / target perusahaa/seseorang dimasa yang akan datang. Visi itu bisa disebutdengan tujuan jangka panjang dan misi adalah segala upaya yang dilakukan untuk mencapai visi tersebut. Misi disebut juga sebagai tujuan jangka pendek.

  52. Nama : Bebby Elisa
    Nim : 201412
    Sesi : 25
    Menurut saya visi adalah tujuan dalam jangka panjang sedangkan misi cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>