Tugas – Kepemimpinan.

Kepemimpinan merupakan sebuah kondisi yang ideal yang harus dicapai oleh setiap pemimpin.

Berikanlah sebuah petunjuk agar Kepemimpinan dapat melekat pada diri seorang pemimpin, gunakan contoh untuk memberikan ilustrasi petunjuk anda.

Catatan Penting…..!!!!!!!

Jangan melakukan copy-paste berdasarkan informasi yang diberikan Mbah Google….!!!!!!!

59 thoughts on “Tugas – Kepemimpinan.

  1. Menurut saya ,tugas kepemimpinan yaitu bertanggung jawab terhadap anggotanya serta memberi contoh yg baik dan disiplin yg pasti melekat pada anggotanya sehingga akan termotivasi untuk bisa menjadi seorang pemimpin

  2. Tugas seseorang pemimpin ya jelas harus memimpin yang baik, tapi dibalik semua itu dia harus tetap menerima masukan-masukan dari pihak bawahannya.

  3. Bissmilahirrohmanirohim
    Petunjuk untuk menjadi Pemimpin yang baik menjadikan AL-Qur’an sebagai pedoman hidup,karna didalam al-Qur’an dijelaskan tentang kepemimpinan yang baik.contohnya adalah Rasulullah.
    terimakasih

  4. Selaku penentu arah yang akan ditempuh dalam usaha untuk pencapaian tujuan
    Sebagai wakil dan juru bicara organisasi dalam hubungan dengan pihak luar.
    Sebagai komunikator yang efektif.
    Sebagai integrator yang efektif, rasional, objektif, dan netral.

    pimpinan itu
    • Memberikan kerangka pokok yang jelas yang dapat dijadikan pegangan oleh anggotanya.
    • Mengawasi, mengendalikan dan menyalurkan perilaku anggota yang dipimpin
    • Bertindak sebagai wakil kelompok dalam berhubungan dengan dunia luar
    kepemimpinan itu pada pokoknya adalah menjalankan wewenang kepemimpinan, yaitu menyediakan suatu sistem komunikasi, memelihara kesediaan bekerja sama dan menjamin kelancaran serta keutuhan organisasi atau perusahaan.

  5. Seorang pemimpin yang baik harus mempunyai karakter yang kuat agar dapat memengaruhi apa yang dipimpinnya, sehingga organisasi yang dipimpinnya dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan. Karakter seorang pemimpin meliputi:

    1.Berani mengambil keputusan.
    2.Berani menghadapi resiko
    3.Memiliki tingkat kecerdasan yang baik
    4.Optimis
    5.Berpenampilan menarik
    6.Memiliki karisma yang menarik

    Contoh ilustrasinya adalah:

    Kepemimpinan yang diguncang oleh skandal korupsi, sex atau hak asasi manusia, seperti yang terjadi pada mantan presiden Amerika, Richard Nixon, Bill Clinton atau para petinggi perusahaan Enron yang memanipulasi data keuangan.

    Jika seorang pemimpin tidak memiliki karakter yang kuat, ia tidak mendapatkan respek dari pengikutnya. Respek diperlukan bagi sebuah kepemimpinan. Seorang pemimpin memperoleh respek dengan mengambil keputusan yang berani dan mengakui kesalahannya. Ia juga lebih mendahulukan kepentingan terbaik pengikut dan organisasi dibandingkan kepentingan pribadinya.

  6. Tugas pemimpin harus bisa bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan atas keputusan apapun yang dia ambil . dan memberikan contoh yang baik kepada setiap orang .

  7. Seorang Pemimpin Mempunyai kewajiban-kewajiban dia yang harus di lakukan dalam suatu organisasi maupun memimpin dalam suatu perusahaan yang besar.
    Pemimpin sangat dipandang besar dengan Bawah-bawahannya, maka dari itu seorang pemimpin harus mempunyai tugas-tugas yang bisa mencontohkan oleh anggota-anggotanya jika pemimpin tidak mempunyai itu akan di pandang kecil dan tidak di hargai.
    tugas pemimpin di lain dari itu yaitu :
    1. Berwibawa
    2. Sopan/Santun dan mempunyai Etika
    3. Jujur
    4. Tegas Dalam mengambil Keputusan dalam masalah apapun yang di hadapinya
    5. Bisa Menghargai sesama anggota-anggotanya
    6. Kepala Dingin
    7. Idealis
    8. Mendegarkan setiap keluh-keluhan anggota-anggotanya ataupun masalah-masalah yang di hadapinnya (Tidak Egois), bisa di musyawarakan secara forum.
    9. Bisa melakukan kebaikan dan adil kepada anggotanya
    10. Terbuka, maksud dari terbuka disini tidak memandang siapa anda dan siapa saya .

  8. Seorang pemimpin haruslah melangkah dengan kaki sendiri memutuskan suatu persoalan dengan bijak serta melindungi dan mengayomi bawahannya misalnya, seorang direktur suatu perusahaan haruslah bijak kepada bawahannya dan mengambil keputusan baik dan mengutamakan team working untuk memajukan perusahaan, pemimpin bukanlah orang yg berkata “Kamu kerjakan itu” tetapi orang yg berkata “Ayo kita kerjakan itu”. Pemimpin bukan menindas tetapi tegas.

  9. Menurut pemikiran saya, menjadi seorang pemimpin yang dipandang dan dihormati oleh bawahannya adalah seorang pemimpin yang bijaksana, adil dalam setiap pengambilan keputusan, ramah, tegas, disiplin, memiliki sifat yang terpuji, selalu menjalankan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab, dan yang paling penting seorang pemimpin itu harus menerima apapun itu masukan dari bawahannya. Jangan bersikap otoriter yang mau menang sendiri serta dilarang keras melakukan yang namanya KKN dimanapun dan kapan pun. Karena KKN merupakan salah satu contoh sikap yang seharusnya tidak dimiliki oleh seorang pemimpin yang ingin dihormati dan dipandang oleh bawahannya.

  10. Menurut pemikiran saya, menjadi seorang pemimpin itu harus memiliki sikap yang tegas baik itu pada dirinya maupun pada bawahannya. tegas untuk dirinya itu bisa melarang dirinya untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan banyak pihak. sedangkan tegas kepada bawahannya berani untuk menindak bila ada bawahannya yang melakukan tidakan yang tidak terpuji atau merugikan banyak pihak. sikap adil juga harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang mana jika dirinya melakukan kesalahan maka dirinya wajib untuk ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku hal yang sama juga mesti diterapkan pada bawahannya. dan juga seorang pemimpin harus bersikap amanah yang artinya dapat dipercaya dalam menjalankan tugas sebagai seorang pemimpin.

  11. Misalnya kita jadi seorang pemimpin. kita harus menjadi pemimpin yang tidak memetingan ego kita sendiri, kita harus menerima pendapat bawahan kita dan mau bekerja sama dengan baik.
    Terimakasih

  12. pemimpin adalah seorang yang akan memimpin anggota nya, dibalik hal tersebut seorang pemimpin harus memiliki jiwa kepemimpinan, tegas mengambil keputusan dan berani mengambil tindakan. pemimpin tidak lah harus keras. namun jadilah pemimpin yang disegani bukan ditakuti.

  13. Menurut saya yang dapat di sebut sebagai pemimpin adalah orang yang dapat bertanggung jawab terhadap diri nya dan orang lain, pemimpin yang baik tentu nya harus dapat memimpin diri sendiri dengan baik, baru dapat memimpin orang lain.
    Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
    Sikap kepemimpinan dapat melekat pada diri seorang pemimpin jika seorang pemimpin dapat memimpin diri nya dengan baik. hal yang sangat di butuhkan dalam menjadi seorang pemimpin menurut saya adlah ” DIsiplin ”
    Seorang pemimpin yang baik dapat disiplin terhadap diri sendiri dalam hal apapun, bersikap adil untuk anggota nya . setelah seseorang dapat disiplin dan tegas terhadap diri nya, barulah ia dapat menjadi sosok pemimpin yang memiliki sifat kepemimpinan dan dapat menjadi contoh untuk anggota nya.

    Contoh :
    Mahasiswa A adalah seorang yang disiplin terhadap diri nya, tegas dengan kata-kata nya.
    untuk kegiatan sehari-hri yang ia lakukan ia sudah memiliki waktu nya tersendiri. untuk belajar, bekerja, istirahat, semua di lakukan nya sesuai pada waktu nya.
    sehingga saat ia menjadi seorang pemimpin ia dapat mengorganisir anggota nya dengan baik dalam melaksanakan suatu kegiatan.

  14. Rohani (2012-52-109) seksi 59

    Menurut saya kepemimpinan ialah hal yang melekat dalam diri seseorang. Kepemimpinan tidak dapat diwariskan.
    Bagaimana menjadi pemimpin yang baik? Menurut saya :
    1. Diperlukan kedewasaan dalam mengenali potensi serta memahami anggotanya
    2. Pemimpin yang baik mengayomi dan menjadi teladan bagi anggotanya (menginspirasi dan memotivasi)

    Sebagai gambaran : Pemimpin bukanlah suatu status, melainkan sikap. Pemimpin dapat melahirkan rasa hormat dan loyalitas dari para anggotanya. Pemimpin tidak memberitahukan cara bertindak, namun ia mencontohkan langsung bagaimana harusnya para anggotanya bersikap dan bertindak.

    Best regards,
    Rohani

  15. Christ jerico 2014-52-036 seksi 11
    Seorang pemimpin bukan hanya memiliki sifat dan wibawa sebagai sosok pemimpin, tetapi pemimpin yang hebat itu harus mempunyai 5 aspek : jujur, adil, tegas, berintegritas dan mempunyai visi misi yang jelas. dengan itu semua sikap seorang pemimpin akan timbul. mempunyai pandangan jelas, bertanggung jawab dan bersikap postif akan menjadi contoh atau cerminan yang baik untuk seorang pemimpin.

  16. Susan Carolina Yamin (201252031) Seksi 59

    Menurut saya kepemimpinan adalah hal yang diperlukan oleh seorang Pemimpin, Bagaimana cara seorang pemimpin bisa menunjukkan wibawa dan mempunyai integritas yang tinggi dalam melakukan pekerjaan sehingga mampu memotivasi para bawahannya. dan dapat menjadikan motivasi bagi karyawannya untuk memberikan masa depan yang lebih baik.

    • Sebagai Contoh :

      Seorang pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpinan yaitu mempunyai sikap dan sifat yang bisa membuat bawahan nya bisa bersikap profesional dalam bekerja dan bisa menjadikan panutan. tidak menjadi pemimpin yang otoriter, egois dan hanya mementingkan kepentingan perusahaan tanpa melihat pertimbangan apapun

  17. Menurut saya kepemimpinan yg baik adalah mampu menempatkan dirinya sebagai pemimpin yang bijak dan cerdas yang membuatnya di segani oleh bawahannnya dan juga tokoh lain di bidang yang sama dengannya.

    Contohnya:
    Menurut saya kepemimpinan yang akan saya bahas kali ini adalah studi kasus tentang kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati.
    Sri Mulyani menjadi tokoh yang hangat diperbincangkan berkaitan dengan kasus Bank Century. Di tengah penyelidikan kasus tersebut tiba-tiba Bank Dunia menunjuknya sebagai Direktur Pelaksana di Bank Dunia. Sri Mulyani menjadi satu-satunya perempuan pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia yang membawahi 70 lebih negara.

  18. Menurut saya kepemimpinan sesuatu yang timbul dalam diri seseorang yang mempunyai tanggung jawab, tegas dan bedisiplin tinggi terhadap dirinya terlebih dahul lalu dia dpat menerepapkannya kepada orang lain atau anggotaya sehingga dapat menjadi contoh dan dapat mendorong anggotanya menjadi lebih baik juga.

  19. Jumroh 2014-53-009 seksi 11
    Menurut saya, Agar jiwa kepemimpinan melekat pada diri seseorang ia harus memiliki sifat saling menghargai antara yang satu dengan yang lain nya tanpa pandang bulu. Seorang yang benar2 dikatakan pemimpin, ia tidak akan merasa bahwa dirinya seorang pemimpin tapi dia akan menganggap dirinya seorang yang biasa tanpa melupakan kewajibannya untuk memberikan kebutuhan kepada yang dipimpinnya. conyohnya disebuah tempat yg mana tempat itu jauh dari lingkungan pendidikan, semua anak tidak ada yg bersekolah karna tempat mereka sangat terpencil, misalnya kita seorang guru lalu kita mengabdikan diri kita untuk mereka, membantu pendidikan warga disana, maka tanpa disadari kita telah dianggap sebagai seorang pemimpin mereka, dan kita bisa menjadi satu dengan mereka, mengajar, bermain dan lain-lain. tanpa melupakan bahwa kita harus memberi kebutuhan pendidikan untuk mereka.
    Terimakasih.

  20. Nama : Ellen Margaret
    NIM : 2011 52 123
    Seksi : Motivasi Usaha ( seksi 59 )

    Selamat malam pak,

    Menurut saya kepemimpinan merupakan suatu jabatan yang harus dicapai seseorang, dalam suatu pekerjaan.
    Menurut saya kepemimpinan yang melekat dalam diri seorang pemimpin apabila seseorang itu dapat menjadi contoh yang baik bagi bawahannya. Dan memiliki suatu mental pemimpin yang benar, dan bertanggung jawab.
    Contohnya : Saat ini saya menjabat sebagai salah satu Manager di Perbankan Bank Asing di Indonesia. Dalam menjadi seorang pemimpin, gaya kepemimpinan yang saya lakukan adalah dengan menjadi contoh bagi bawahan saya :
    1. Dengan mengetahui semua cara kerja, dan mengaplikasikan nya kepada bawahnya saya
    2. Dengan menjadi role model yang bisa diikuti oleh bawahan saya.
    3. Dengan menjadi seorang pemimpin yang ikut bekerja untuk memberi contoh yang baik, bukan sebagai manager, yang kerjanya hanya menyuruh bawahan tanpa mau tahu keadaan di lapangan.
    4. Dengan dihargai oleh bawahan karena kredibilitas kerja kita, bukan karena takut oleh jabatan kita.
    5. Dengan menjadi sosok yang bisa diandalkan dalam pengetahuan pekerjaan bagi bawahan kita.
    6. Dengan memberikan arahan yang baik, agar kita bisa menciptakan pemimpin-pemimpin yang baik dimasa yang akan datang.
    7. Pemimpin yang bisa dijadikan kawan, disaat-saat yang dibutuhkan, (Contoh : masalah keluarga, acara berduka ikut turut hadir) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari bawahan itu sendiri nantinya.
    8. Tegas dalam mengambil sikap ( contoh nya :pada saat ada karyawan yang bersikap kurang ajar menyalahi aturan, seperti tidak masuk tanpa kabar, pemimpin yang benar harus mengambil sikap memberikan SP kepada karyawan tersebut, agar karyawan lain bisa melihat kinerja yang benar dan tegas dalam bekerja)

    Berikut adalah pendapat saya tentang kepemimpinan dari seorang pemimpin.
    Terima Kasih

  21. Nama : Aziz Prima Putra
    NIM : 2014-58-013
    Seksi : 11

    Menurut saya pemimpin yang baik itu , pemimpin yang menyadari bahwa tanpa bawahan-bawahannya itu dia tidak akan bisa disebut pemimpin bahkan bawahannya itulah yang bisa membuat dia berkembang,dia harus mampu memberikan contoh yang baik bagi para bawahannya. dan juga pemimpin itu harus selalu bisa memberikan waktu untuk mendengarkan dan juga membantu bawahannya di kala ada hal lain yang diperlukan.

    misalnya :
    ada anggotanya yang punya pendapat bagus untuk membuat organisasi / usaha itu berkembang , maka pemimpin itu harus mendengarkannya dan mempertimbangkan pendapat itu.

    misalkan ada salah satu anggota dari organisasi / usaha itu sedang mendadak kecelakaan, maka pemimpin harus mengajak anggotanya untuk menengok orang yang kecelakaan itu, dan juga memberikan dana tambahan untuk berobat. jadi bisa menjadi contoh yang baik.

  22. 2014-52-018 Mustika Rohmah Seksi 11
    Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa kepemimpnan merupakan sebuah kondisi yang ideal yang harus dicapai oleh setiap pemimpin.
    Kepemimpina itu sendiri dapat melekat pada diri seorang pemimpin apabila seorang dari pemimpin tersebut, mampu menjadikan anggota dan yang dipimpinnya menjadi pribadi yang lebih baik yang di idealka atau diunggulkan.
    Contoh sebuah ilustrasi menurut saya,
    Didalam sebuah perdesaan yang tidak diunggulkan yang mayoritas warganya adalah masyarakat awam yang tidak mengerti sama sekali perkembangan zaman (Internet), dan hanya sedikit yang tahu mengenai perkembanga teknologi, bahkan hampir tidak adda yang mengerti sama sekali cara mengeksplorasikannya.
    Lalu datanglah satu diantara orang yang fasih dan paham benar tentang penggunaan hal ini serta faktor media serta alat pendukung yang memadai yang orang ini miliki, dengan demikian seseorang tersebut lah yang bisa dikatakan pemipin dengan sebuah peluang, meskipun kata pimpinan atau pemimpin tersebut tidak dieresmikan melalui peresmian pasti, akan tetapi kepemimpinanya lah yang justru akan melekatkankanya dl memimpin anggotanya.
    Masalah melekat atau tidaknya naluri kepemimpinannya pada masa pimpinannya tergantuk terletak pada hasil yang diperoleh dari kemajuan anggota yang dipimpinnya, apabila dari seluruh anggotanya berhasil berkat kepemimpinannya maka demikian pula kejayaan kepemimpinanya tidak diragukan lagi.
    sebab dari masyarakat awam yang tidak tahu dan mengerti apa apa sehingga menjadi handal dan yang diunggulkan.
    demikian ulasan dari saya mengenai tugas kepemimpinan,
    Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam pengetikan kata.
    Terima Kasih

  23. Eka Despita 2014-53-013 sesi 11
    seorang pemimpin harus bisa bertanggung jawab, bisa memposisikan dirinya sebagai seorang pemimpin dan mengambil tindakan atas dasar kepentingan bersama bukan berdasarkan kepentingan pribadi. saya mengambil contoh seorang pemimpin negara keenam di Iran yaitu Mahmud Ahmadinejad.Beliau merupakan tokoh bukan dari kalangan atas ataupun tokoh-tokoh dinegara iran sendiri.Beliau benar-benar bertanggung jawab akan keadaan rakyatnya,mementingkan kesejahteraan rakyat. pengorbanan yang begitu besar pada saat menghadapi tekanan berat,tidak memikirkan harta sedikitpun pada saat menjadi presiden karena bagi beliau yang paling penting yaitu melayani bangsa iran.Dengan sikap dan sifat kesederhanaannya beliau mampu untuk berdiri menjadi kepala negara yang dicintai rakyatnya dan menjadi panutan untuk semuanya.

  24. kepipimpinan menurut saya adalah sifat yang dimiliki untuk dapat mempengaruhi orang lain. menurut saya pemimpin yang baik harus memiliki sifat tegas, berwibawa, jujur dan adil. pemimpin yang baik tidak hanya meminta bawahannya untuk melakukan sesuatu, tapi juga harus bisa membimbing bawahannya. pemimpin tidak harus selalu ada didepan. pemimpin harusnya bisa berada didepan untuk mengarahkan, ditengah untuk membantu dan menolong bawahannya, juga harus bisa berada dibelakang untuk menjaga bawahannya

  25. NAMA : DINI FATIMAH
    NIM : 2014.53.018
    SEKSI : 11 (Motivasi Usaha)

    Menurut saya kepemimpinan adalah seseorang atau orang lain yang menuju tercapainya tujuan yang harus menanamkan kepercayaan kepada orang lain yang dipimpinnya dan menyadarkan bahwa mereka mampu berbuat sesuatu dengan baik . untuk menjadi seorang pemimpin untuk diri sendiri itu tidak mudah karna harus dari niat diri sendiri,jujur,mengambil resiko,dan mau menerima pendapat dari orang lain,introfeksi diri,dan memberikan contoh yang baik dan keteladanan dan harus bertanggung jawab .
    contoh yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari yaitu mengenai di kepemimpinan presiden dan wakil presiden di negeri kita sendiri. akibat semakin rendahnya kualitas yang ditunjukan oleh presiden dan wakilnya dalam memecahkan berbagai masalah contohnya : seperti korupsi di indonesia ini belum bisa teratasi dan macetnya dijakarta dan kurangnya perhatian untuk masyarakat yang kurang mampu yang sangat memerlukan bantuan . minimnya kualitas dalam pemimpin negara dapat menimbulkan rendahnya rasa demokrasi dikalangan masyarakat luas . maka dari itu presiden dan wakil presiden harus bisa mengerti bahwa masyarakat sangat membutuhkan tindak lanjut agar indonesia ini bisa lebih berkembang dan mampu mengatasi semua masalah yang ada di negeri ini .
    terima kasih .

  26. 2014-58-010 Dhini Auliasari R. seksi 11
    Menurut saya kepemimpinan yaitu kegiatan sekelompok orang untuk mencapai tujuan dalam situasi dan kondisi tertentu seorang pemimpin itu harus mempunyai :
    1. Kompetensi profesional dalam arti memiliki wawasan luas,pengetahuan dan keterampilan termasuk kemampuan mengarahkan, berkomunikasi dan mendelegasikan.
    2. Pemimpin harus mempunyai perilaku teladan,motivasi,rasa percaya diri yang tidak berlebihan dan dapat mengevaluasi kualitas secara obyektif tidak memperkaya diri sendiri serta dapat mengambil keputusan dalam masalah yang sulit.
    Contoh :
    Ratu atut yang merupakan gubenur banten yang terlibat korupsi dan menyalahi kekuasaan serta memanipulasi data keuangan APBD banten.

    Pemimpin yang mengutamakan kepentingan pribadi diatas kepentingan masyarakat akan memberikan gejolak pertentangan dalam kepemimpinan ratu atut lebih mengutamakan KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme) dikalangan saudara-saudaranya dalam era kepemimpinan.

  27. Menurut pendapat saya, pemimpin yg mempunyai kepemimpinan itu tidak mudah, pemimpin itu harus bisa menerima masukan-masukan dari bawahan nya, serta beri fasilitas pada bawahan nya agar kerja nyaserius, dan jika ingin menjadi pemimpin yg mempunyai kepemimpinan itu harus memiliki :
    1. mengenali diri nya sendiri
    2. penuhi kebutuhan orang yg kita pimpin.
    contoh pemimpin dikehidupan sehari – hari itu adalah orang tua. jika tugas mereka kita kerjakan dengan iklas tanpa pamrih maka mereka bisa disebut pemimpin yg mempunyai kepemimpinan.
    dan kita kita ingin menjadi seorang pemimpin disuatu tempat yg sudah kita ketahui, seperti : misal disuatu daerah disitu tidak bisa pencak silat, dan kita bisa pencak silat, maka kita bisa mengajarkan pencak silat itu pada daerah tersebut. maka kita bisa disebut pemimpin.

  28. 201311267 – Fendy – seksi 58

    Kepemimpinan dapat melekat pada diri seorang pemimpin lewat waktu. Ketika seseorang terbiasa membina orang lain untuk berubah lebih baik, dia sudah melekat menjadi seorang pemimpin. Orang-orang akan menilai dengan sendirinya, karena mereka menganggap pemimpin ini sangat berpengaruh dalam hidupnya.
    Contoh :
    Dalam suatu organisasi, ada seorang anggota yang peduli dan selalu men-support anggota lain, sehingga mereka menjadi terinspirasi dan termotivasi. Anggota-anggota lain akan bisa menilai bahwa orang ini bisa memimpin mereka, karena dia memahami kebutuhan-kebutuhan mereka.

  29. Sikap dominan, rendah hati, tidak egois, dan mau melibatkan orang lain dalam hal yang dikerjakan, bagi saya keempat hal diatas adalah beberapa petunjuk agar kepemimpinan dapat melekat pada diri seseorang. Contohnya yaitu proyek kelompok. Sikap dominan seseorang akan mudah muncul dalam situasi kerja kelompok. Siapa yang mau inisiatif, dan mau menerima masukan serta rendah hati melibatkan anggota-anggota kelompoknya adalah sikap kepemimpinan dalam diri seorang berjiwa pemimpin.

  30. menurut saya, seorang pemimpin di kalangan organisasi salah satunya organisasi di osis yang bisa dibilang dengan ketua osis.. seorang pemimpin disebah organisasi kecil di SMA/SMK itu fokus melakukan sesuatu yang benar,melihat jauh kedepan,menentukan visi yang kualitas dan terarah,berpikir dari sudut inovasi dan pengembang.

  31. (Fix)
    Aziz Prima Putra
    2014-58-013
    Sesi 11
    Keberhasilan sebuah organisasi sangat dipengaruhi oleh pemimpinnya.
    Pada umumnya seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik pula.
    Secara terperinci jiwa kepemimpinan yang baik itu antara lain :

    1. Memiliki keberanian dalam mengambil keputusan
    2. Memiliki kepekaan yang tinggi dalam melihat situasi dan kondisi selanjut dengan cepat dan tegas mengambil sikap.
    3. Memiliki keterampilan berkomunikasi dengan baik
    4. Selalu berpandangan luas, objektif dan jauh kedepan .
    5. Selalu mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi
    6. Memiliki keterampilan organisasi yang baik
    7. Berwibawa

    Ex :
    Misalkan terjadinya banjir di suatu tempat sebut saja itu jakarta , seorang kepala daerah harus dengan cepat dan tegas turun tangan dan mengambil keputusan untuk segera membantu orang-orang yang terkena bencana itu , dan juga mencari solusi agar bencana itu dapat di minimalisir ataupun tidak terjadi lagi,

  32. Menurut saya, cara agar jiwa kepemimpinan dapat melekat pada diri seseorang adalah dengan belajar atau meminta masukan dari seniornya yang sudah lebih berpengalaman dalam menjadi pemimpin, dan ia harus memahami kelebihan dan kekurangan yang ada dalam dirinya apabila ia ingin menjadi seorang pemimpin. Menurut saya, agar seseorang dapat menjadi pemimpin dibutuhkan sifat yang tegas, berani, jujur, adil dan bertanggung jawab.

    Contoh: Ada seseorang yang ingin mencalonkan diri sebagai presiden, oleh sebab itu sebelum ia mencalonkan diri sebagai presiden ia harus memahami dulu kelebihan dan kekurangan yang ada dalam dirinya baru setelah itu dia harus memahami kelebihan dan kekurangan dari bangsa yang ingin dipimpinnya. Dan tentunya dia harus belajar dari orang-orang yang dulunya pernah menjadi presiden di negara yang ingin dipimpinnya, serta meminta masukan agar dia dapat menyelesaikan setiap permasalah yang ada di negara tersebut.
    Supaya dia bisa disebut presiden yang baik pun dia harus bersikap tegas, berani mengambil keputusan dan menanggung semua resikonya, adil kepada seluruh masyarakatnya, dan bertanggung jawab

  33. Nama: Herdie Indracaya
    NIM: 201452022
    Seksi: 11

    Menurut saya, cara agar jiwa kepemimpinan dapat melekat pada diri seseorang adalah dengan belajar atau meminta masukan dari seniornya yang sudah lebih berpengalaman dalam menjadi pemimpin, dan ia harus memahami kelebihan dan kekurangan yang ada dalam dirinya apabila ia ingin menjadi seorang pemimpin. Menurut saya, agar seseorang dapat menjadi pemimpin dibutuhkan sifat yang tegas, berani, jujur, adil dan bertanggung jawab.

    Contoh: Ada seseorang yang ingin mencalonkan diri sebagai presiden, oleh sebab itu sebelum ia mencalonkan diri sebagai presiden ia harus memahami dulu kelebihan dan kekurangan yang ada dalam dirinya baru setelah itu dia harus memahami kelebihan dan kekurangan dari bangsa yang ingin dipimpinnya. Dan tentunya dia harus belajar dari orang-orang yang dulunya pernah menjadi presiden di negara yang ingin dipimpinnya, serta meminta masukan agar dia dapat menyelesaikan setiap permasalah yang ada di negara tersebut.
    Supaya dia bisa disebut presiden yang baik pun dia harus bersikap tegas, berani mengambil keputusan dan menanggung semua resikonya, adil kepada seluruh masyarakatnya, dan bertanggung jawab

  34. Menurut saya seorang pemimpin harus memiliki sebuah ide dan pemikiran yang tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki sebuah tujuan yang jelas arahnya, bisa diterima oleh masyarakat luas, serta yang paling penting, tidak menguntungkan pihak-pihak tertentu yang bertentangan dengan sikap seorang pemimpin

    Contoh : Jokowi yang selalu turun tangan dan berkonsultasi dengan masyarakat atas segala keluhan masyarakat dan dengan cepat akan merespon segala kebutuhan masyarakat tanpa perhitungan

  35. Seperti yang sudah dijelaskan, pemimpin harus memenuhi setiap kebutuhan orang yang dipimpin. Contohnya, pemimpin harus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang yang dipimpinnya. Menurut saya pemimpin yang sebenarnya itu guru, sebab setiap guru mempunyai kelebihan dalam bidangnya masing2. Sehingga bila di analogikan guru adalah seorang pemimpin, dan murid yang diajarkan ialah seseorang yang dipimpin.

  36. Seperti yang sudah dijelaskan, pemimpin harus memenuhi kebutuhan seseorang yang dipimpinnya. Contohnya, seorang pemimpin harus mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh seseorang yang dipimpin. Menurut saya, guru adalah seorang pemimpin, karena guru memiliki kelebihan dibidang masing2. Jadi bila dianalogikan, guru adalah seorang pemimpin dan murid ialah seseorang yang dipimpin.

  37. Menurut pendapat saya agar seseorang dapat mempunyai predikat sebagai seorang pemimpin itu ia harus memiliki sifat bijaksana, tidak otoriter terhadap kehendaknya, harus dapat berbaur dengan anggota atau kelompok yang ia pimpin, dan harus dapat memberikan pengaruh positif kepada setiap anggotanya agar si anggota tersebut memiliki rasa segan terhadap apa yg dilakukannya, tanpa harus ditunjukan terlebih dahulu oleh pemimpin tersebut. jadi bisa dikatakan apa yg dilakukan oleh si anggota tersebut itu timbulnya dari hati dan bukan karena paksaan dari sipemimpin tersebut.
    contoh :
    dalam sebuah lingkup perusahaan ada seorang pemimpin yang berwibawa, bijaksana dan ingin turun bebaur dengan para pekerjanya. ia ingin memutuskan kebijakan baru agar perusahaannya tetap berjalan baik dan tidak mengalami kebangkrutan. tapi kebijakan tersebut agak sedikit kurang menguntungkan bagi para anggotanya. namun karena pemimpin tersebut disegani dan dianggap baik oleh sianggota. maka anggota tersebut menerima kebijakan dari si pemimpin tersebut dengan keyakinan bahwa sipemimpin tersebut akan mengangkat perusahaan tersebut dari jurang kebangkrutan yg akhirnya dapat menguntungkan juga bagi anggotanya.

  38. Seorang pemimpin yang baik adalah dia yang mampu menjadi contoh bagi bawahannya dan dapat menjadi panutan. Sebagai pemimpin pasti mempunyai bawahan, pemimpin yang mempunyai kepemimpinan pasti bawahannya akan selalu mendampingi dia tanpa harus disuruh, sebagai contoh : seorang capres yang memiliki kepemimpinan , saat kampanye bawahannya pasti akan berinisiatif untuk mendukung dan membela capres tersebut.

  39. Seorang pemimpin yang baik adalah dia yang mampu menjadi contoh bagi bawahannya dan dapat menjadi panutan. Sebagai pemimpin pasti mempunyai bawahan, pemimpin yang mempunyai kepemimpinan pasti bawahannya akan selalu mendampingi dia tanpa harus disuruh, sebagai contoh : seorang capres yang memiliki kepemimpinan , saat kampanye bawahannya pasti akan berinisiatif untuk mendukung dan membela capres yang mereka pilih.

  40. Seperti yang sudah dijelaskan, pemimpin harus memenuhi setiap kebutuhan orang yang dipimpin. Contohnya pemimpin harus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang yang dipimpin. Dan menurut saya guru merupakan pemimpin karena guru mempunyai kelebihan masing2 untuk memenuhi setiap kebutuhan muridnya. Jika dianalogikan guru adalah seorang pemimpin dan murid adalah orang yang sedang dipimpin.

  41.     Yang dimaksud dengan Kepemimpinan merupakan sebuah kondisi yang ideal yang harus dicapai oleh setiap pemimpin adalah:

    Pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan itu jika anggota atau bawahannya mengerjakan perintahnya maka anggota tersebut akan mengerjakan dengan sepenuh hati atau suka rela.
    Saya akan mencoba menjawab dengan menggunakan contoh.
        Kita sebagai manusiawi pasti memiliki keinginan untuk menjadi seorang pemimpin dala suatu bidang, sebelum kita ingin menjadi pemimpin maka harus ada suatu tujuan yaitu siapa atau bidang apa yang aka kita pimpin ? setelah itu kita harus introspeksi diri kita sendiri, apakah kita memiliki kemampuan di bidang tersebut ? contohnya: Jika kita ingin menjadi pemimpin di salah satu padepokan pencak silat, maka yg wajib kita miliki adalah Kita mampu dan mahir dalam pencak silat. jika kita tidak memiliki keahlian dalam bidang pencak silat maka kita bukan apa-apa melainkan hanyalah pengikut atau rakyat di padepokan pencak silat. Dan jika kita ingin memiliki jiwa kepemimpinan dalam memimpin maka berikanlah, ajarkanlah ilmu pencak silat kita ini kepada murid-murid kita serta penuhilah fasilitas mereka dalam berpencak silat. In syaa Allah semua anggota kita akan mengerjakan perintah kita dengan ketulusan dan suka rela.

  42. kepemimpinan dapat melekat pada diri seorang pemimpin apabila seorang pemimpin bisa menempatkan diri dimana dia berada dan dia sadar dia sedang memimpin siapa. seorang pemimpin juga harus memiliki kepekaan akan visi dan misi awal yang sudah dia gadang-gadangkan dan seorang pemimpin harus bijaksana dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin.
    contohnya : misalkan saya adalah seorang pemimpin di lingkungan tempat tinggal atau ketua RT, lantas saya harus tau apa yang akan saya lakukan untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat sekitar. saya harus menjalankan visi dan misi awal yang sudah saya rencanakan sebelum saya dipilih menjadi seorang ketua RT saya juga harus bersikap bijaksana terhadap semua masyarakat yang sedang mengalami masalah. dengan demikian kepemimpinan pada diri saya telah melekat apabila saya bisa berlaku sesuai tempat yang saya pimpin dan masyarakat secara sukarela menerimanya.. kurang lebihnya saya mohpn maaf pak :)

  43. melva marshella (2013-52-199) seksi 59
    menurut saya, agar kepemimpinan dapat melekat pada diri seorang pemimpin maka:
    1. seorang pemimpin harus harus berorientasi kepada karyawannya bukan hanya kepada dirinya ataupun perusahaan. dengan demikian seorang pemimpin harus menghormati karyawannya bukan sekedar ingin dihormati. kemudian ia harus menciptakan suasana dimana bukan hanya tujuan perusahaan yang penting namun karyawan juga merasa kesejahteraannya diperhatikan.
    2. seorang pemimpin harus bersikap adil dan objektif. jangan ada keistimewaan diantara karyawannya. menilai setiap hasil kerja berdasarkan hasilnya bukan berdasarkan siapa yang mengerjakannya. berilah imbalan dan hukuman yang sesuai dengan hasil pekerjaan mereka.
    3. seorang pemimpin harus bisa menempatkan dirinya dengan baik. sehingga karyawan merasa nyaman berada didekatnya. karyawan tidak merasa tertekan ataupun terintimidasi karena kekuasaan yang dimiliki pemimpinnya. namun karyawan tetap menghormatinya dan sadar bahwa pemimpinnya tetaplah pemimpin walaupun bersikap luwes dan menawarkan keakraban.
    4. seorang pemimpin yang baik adalah seseorang yang mampu memotivasi karyawannya untuk menjadi lebih baik bagi diri mereka sendiri dan bagi perusahaan. pada akhirnya memberikan hasil yang sempurna untuk perusahaan dan disaat yang bersamaan mampu mengembangkan potensi diri karyawannya.

  44. Menurut saya untuk menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Seorang pemimpin harus bisa menjadi contoh dan panutan bagi semua orang namun pemimpin yang baik ia yang selalu di ikuti dengan suka rela. Salah satu kemampuan dari seorang pemimpin adalah kemampuan untuk menggerakan orang menuju kearah pencapaian tujuan. Contohnya seperti di jalan kita melihat banyaknya sampah dan kita memungutnya. Orang – orang yang melihat pun akan tergerak melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan. Jasi seorang pemimpin yang mampu menggerakan para anggotanya haruslah punya keyakinan dan keberanian bahwa idenya itu bisa membawa manfaat bagi orang banyak.

  45. Menurut saya menjadi seorang pemimpin adalah seorang leader yg dapat bertindak tegas,bijaksana, bisa mengayomi , bisa membawa diri atau menempatkan diri dalam segala posisi, mampu mengendalikan sebuah organisasi

  46. 201453011, Kartika Afriyani, Sesi 11

    Q :
    Berikanlah sebuah petunjuk agar Kepemimpinan dapat melekat pada diri seorang pemimpin, gunakan contoh untuk memberikan ilustrasi petunjuk anda.

    A :
    Kepemimpinan itu menurut saya adalah sifat dan kebiasaan. Sifat dan kebiasaan itu berasal dari diri kita sendiri, yang tumbuh sesuai dengan ruang lingkup lingkungan kita dan ajaran apa yang kita terima dari orangtua kita. Jika orangtua mengajarkan saling bantu satu sama lain, hormat pada orang yang lebih tua, disiplin, dan hal-hal lain yang baik sejak masih kecil lalu ia dibiasakan hingga dewasa, maka sifat dan kebiasaan itu akan tertanam didalam diri dia. Dan tanpa disadari atau disengaja, sifat dan kebiasaan itu akan terbawa hingga ia menjadi orangtua nantinya. Dan lalu ia akan mengajarkan anak ia seperti apa yang diajarkan orangtua ia sebelumnya. Maka, orangtua bisa juga disebut sebagai seorang pemimpin. Tetapi jika ia bisa menanamkan sifat dan kebiasaan baik kepada anaknya dan tanpa disadari anaknya pun tertanam oleh sifat itu dan menjadi kebiasaan. Namun jika orangtua tidak mendidik anaknya dengan baik, maka ia tidak bisa disebut sebagai seorang pemimpin yang dapat memimpin dengan baik.

  47. menurut saya, menjadi seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau bertukar pikirannya dengan bawahannya dan memberikan contoh yang baik terhadap bawahannya. pemimpin yang baik pasti mempunyai bawahan yang baik karena peran seorang pemimpin yang baik sangat penting dalam suatu organisasi. contohnya: dalam suatu perusahaan terdapat pemimpin yang baik dan teladan, secara tidak langsung bawahan akan terpengaruh dari sikap si pemimpin tersebut. maka bawahan itu akan bekerja lebih loyal dan bekerja dengan suka rela.
    Terima kasih..

  48. Cara menanamkan jiwa pemimpin di diri kita yaitu,dengan kita menyadari kemampuan kita sendiri,apakah kita mempunyai kepemimpinan di diri kita atu tidak.kepemimpinan bisa tumbuh di diri kita jika bisa mengetahui apa itu kepemimpinan.pemimpin ialah orang yang bisa mengatur waktunya dengan baik,pemimpin yanga bisa mengayomi orang yang ada di sekeliling kita.
    CONTOH:Di sebuah lingkungan dimana lingkungan itu cuacanya sangat panas dan ada seseorang yang mengajak warga untuk menanam sebuah pohon atau sebuah taman,supaya lingkungannya tidak panas lagi.

  49. Haerlandi Nugraha 2014-53-022 seksi 11
    Menurut saya pemimpin itu seorang yang bisa memenuhi kebutuhan orang lain yang di lakukannya secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan dengan itu orang yang telah dibantu mempunyai rasa segan karena telah di penuhi kebutuhannya
    contohnya seperti seseorang yang mengajarkan anak jalanan untuk bisa baca dan tulis dengan kegiatan tersebut menurut saya bisa di anggap pemimpin karena sudah memenuhi kebutuhan anak jalanan itu untuk bisa baca dan tulis secara suka rela tanpa mengharapkan imbalan

    note : kepada pak darmansyah maaf saya baru menirim tugas ini

  50. Menurut saya, Seorang pemimpin itu harus mempunyai apa yang dibutuhkan seseorang. jika seseorang tersebut telah memenuhi kebutuhannya maka orang tersebut akan di anggap pemimpin secara sukarela.
    contohnya :
    Seorang pelatih sepak bola, ia mempunyai kebutuhan (ilmu) yang dicari oleh anak didiknya, supaya anak didiknya bisa bermain sepakbola dengan baik seperti apa yang di ajarkan oleh pelatihnya.

  51. Seorang pemimpin harus memiliki integritas, prinsip dan karakter yang kuat. karena seorang pemimpin merupakan seseorang yang pastinya dicontoh oleh bawahannya. jikalau seorang pemimpin tidak mempunyai prinsip atau karakter yang kuat, bagaimana ia bisa memimpin suatu perusahaan atau bawahan mereka. seperti contohnya, tim Jokowi-JK yang mendapatkan tim relawan dari anies baswedan tanpa bayaran sepeserpun. Itu karena beliau percaya kepada pasangan Jokowi-Jk yang mempunyai prinsip dan tujuan yang jelas untuk Indonesia. Menjadi pemimpin harus menjadi diri sendiri yang mempunyai integirtas dan ketulusan. Pemimpin harus memberikan kepastian pada orang yang dipimpinnya melalui pembuktian kemana seharusnya kebenaran itu diikuti dan di perjuangkan. 

  52. Theresia Yunita, NIM 201471129 Kelas 11

    Agar kepemimpinan dapat melekat pada diri seorang pemimpin, dia harus tau dulu apa arti memimpin orang. Menurut saya, seorang pemimpin harus mempunyai karakter yang kuat, bertanggung jawab, menjadi inspirasi , ramah dan mau menjadi pendengar yang baik.
    Sebagai contoh nya, adalah Pendeta yg menjadi pemimpin di Gereja saya, beliau mempunyai karakter yg kuat ( saklek dengan keputusan ), tidak sedikit orang yg tidak menyukai nya, meskipun demikian dia tetap menjadi orang yg ramah bahkan beliau banyak menginspirasi anak muda untuk terus berkembang.
    Menurut saya itulah petunjuk agar Kepempinan melekat pada diri seorang pemimpin. terimakasih

  53. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat membuktikan apa yang telah ia katakan dan ia mampu mengerjakan sebelum menyuruh orang lain melakukannya.
    menjadi seorang pemimpin adalah amanah yg besar dan sangat berat oleh karena itu pemimpin harus mempunyai kelebihan diatas orang lain agar dapat menghandle bawahannya.
    Contoh : seorang manager harus harus mempunya tingat IQ & EQ lebih dari bawahannya, agar ketika terjadi suatu masalah tentang kesalahan dan keteledoran baik secara teknis maupun psikologis manager dapat menghandle dan menjalankannya dengan baik oleh karena itulah seorang manager harus lebih dari orang lain mampu mengeksploitasi kelebihannya dan dapat menutupi kekurangannya.
    terimakasih.

  54. Nama : nadiyah afifah
    Nim : 201466175
    Seksi : 25
    Menurut saya kepemimpinan adalah suatu hubungan antara pemimpin dan yang dipimpin ,dimana pemimpin lebih banyak mempengaruhi atau berperan dari pada dipengaruhi dengan mengharuskan seseorang untuk bertindak sesuai dengan permintaan pihak untuk mengikuti serangkaian tindakan

  55. Menurut saya kepemimpinan adalah suatu hubungan antara pemimpin dan yang dipimpin ,dimana pemimpin lebih banyak mempengaruhi atau berperan dari pada dipengaruhi dengan mengharuskan seseorang untuk bertindak sesuai dengan permintaan pihak untuk mengikuti serangkaian tindakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>