Perencanaan Audit SI/TI

audit-planPerencanaan yang memadai adalah kebutuhan utama demi mewujudkan pelaksanaan Audit SI/TI yang efektif. Perencanaan tersebut seharusnya terhimpun dalam metodologi yang terarah, step-by-step sehingga memudahkan dalam pengimplementasiannya.

Pengaudit biasanya terdiri dari sekelompok pengaudit SI/TI gabungan antara internal perusahaan dengan pihak ketiga. Pengaudit SIITI seharusnya menilai resiko secara keseluruhan dari area yang akan diaudit kemudian mengembangkan perencanaan audit berikut tujuan dan prosedur-prosedur terkait dengan eksekusi dari rencana tersebut.

Dalam pelaksanaan Audit SI/TI, diperlukan pengumpulan bukti oleh pengaudit, kemudian mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari kontrol terkait dengan pengimplementasian Proses TI berdasarkan dari bukti yang dikumpulkan kemudian menyusun laporan kepada pihak manajemen.

Umumnya Audit SI/TI dilakukan dengan menggunakan pendekatan resiko, seperti yang telah dipaparkan pada tulisan sebelumnya, dan berorientasi terhadap proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>