Resiko dalam Audit berbasis Resiko.

Meski aktivitas Audit SI/TI yang dilakukan berbasis resiko, aktivitas tersebut tidak terlepas dari potensi resiko kesalahan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan aktivitas audit itu sendiri. Kemungkinan potensi resiko kesalahan dari laporan informasi/ finansial yang kurang lengkap dan tidak terdeteksi selama pelaksanaan audit merupakan pengertian dari Audit Risk.
3-components-of-audit-riskResiko kesalahan tersebut dapat dikelompokkan menjadi: inherent risk, control risk dan detection risk. Pengelompokan tersebut bukan dimaksudkan untuk kerumitan dalam menentukan jenis resiko yang ada, namun digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan tindakan antisipasi agar resiko kesalahan terse but tidak muncul selama proses audit dilaksanakan.

Pengaudit SI/TI perlu memperhatikan proses bisnis yang akan diaudit dan mengklasifikannya ke dalam pengelompokkan resiko kesalahan audit tersebut untuk memudahkan dalam memfokuskan pengujian yang akan dilakukan nantinya.

Selain itu dengan mengetahui kemungkinan resiko kesalahan tersebut, bisa digunakan untuk pengalokasian sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan ahli di bidang yang sesuai dengan proses terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>