SEKILAS tentang AUDIT SI/TI.

audit-urlPenggunaan istilah audit telah banyak dipakai di berbagai disiplin ilmu mulai dari keuangan, pemerintahan hingga Teknologi Informasi (TI). Aktivitas yang berlangsung pada dasarnya serupa, yakni: penemuan ketidakpatutan proses yang ada terhadap standar pengelolaan aktivitas terkait.

Agar dapat sukses mengimplementasikan hal tersebut, maka aktivitas audit seharusnya terencana dengan baik untuk memberikan hasil yang optimal sesuai dengan kondisi bisnis masing-masing perusahaan. Adapun hasil dari audit dapat berupa rekomendasi yang dapat digunakan pihak manajemen dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan aktivitas dan perbaikan berkelanjutan dari Proses TI, contohnya rekomendasi dari hasil Audit SI/TI, hingga keputusan ketidaksesuaian proses yang berlangsung dengan standar yang ditetapkan seperti dalam Audit Keuangan.

IT_Process_Automation-300x216Dalam bidang SI/TI, aktivitas audit dilakukan demi memberikan gambaran Proses TI yang berlangsung di perusahaan masa kini kemudian mengamati, menganalisis dan menyesuaikan gambaran tersebut dengan ketetapan, standar, regulasi dan hukum yang berlaku. Penyesuaian tersebut menghasilkan rekomendasi proses yang perlu mendapatkan perhatian pihak manajemen agar dapat diperbaiki dan disempurnakan sehingga TI dapat memberikan dukungan yang optimal terhadap bisnis. Setiap tahapan dalam aktivitas tersebut memerlukan pemahaman yang menyeluruh akan proses bisnis, struktur organisasi maupun hukum dan regulasi yang berlaku di perusahaan. Selain itu diperlukan pengetahuan dan wawasan yang luas dari pengaudit SI/TI mengenai metodologi pelaksanaan audit maupun praktek audit yang baik pada umumnya untuk mendapatkan hasil rekomendasi yang paling merepresentasikan kebutuhan perbaikan proses yang diperlukan perusahaan.

outcomesPengetahuan bagaimana Audit SI/TI dilaksanakan tersebut juga merupakan hal yang perlu diketahui bagi pihak manajemen agar dapat dipahami urgensi pengelolaan Proses TI yang terarah dalam tata kelola sekaligus mampu mendorong implementasi yang lebih efektif. Lebih jauh lagi, dengan menekankan pada pentingnya keberadaan TI dalam mendukung bisnis dan memastikan pengelolaannya secara efektif dalam kerangka Tata Kelola TI, maka pengelolaan terse but akan berpotensi menghasilkan outcome TI yang lebih tinggi (ISACA,An Executive View of IT Governance) 2009).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>