Cakupan Dokumentasi Audit SI/TI.

Agar dapat digunakan, dokumentasi audit seharusnya mencakup kriteria berikut:documentation_icon

  • Seluruh dokumentasi seharusnya terkait dengan tujuan pelaksanaan audit.
  • Dokumentasi dapat berupa poin catatan dalam wawancara yang dengan jelas menyatakan topik diskusi, pihak yang diwawancara, posisi dan jabatan serta waktu dan tempat.
  • Dokumentasi dapat berupa catatan observasi saat Auditor melihat kinerja yang mungkin mencakup tempat dan waktu, alasan dilakukan observasi dan pihak yang terlibat.
  • Dokumentasi dapat berupa laporan dan data yang dikumpulkan dari sistem secara langsung oleh Auditor atau disediakan oleh staf perusahaan.
  • Auditor SI/TI perlu memastikan bahwa laporan tersebut jelas sumber, waktu dan cakupan informasinya.
  • Sering ditemui bahwa Auditor SI/TI bekerja dengan template kosong dan mengisinya saat pelaksanaan audit. Untuk meningkatkan dokumentasi tersebut Auditor kemudian mengisikan informasi-informasi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Auditor SI/TI dapat menambahkan komentar dan klarifikasi, keraguan dan kebutuhan akan informasi tambahan dalam penyajian yang berbeda. Auditor seharusnya kembali ke bagian tersebut dan memberikan informasi bagaimana dan dimana hal tersebut dipenuhi.
  • Laporan draft dan final dari audit seharusnya mengacu pada hasil dokumentasi audit yang disusun.

documentation_iconNamun demikian, menciptakan dokumentasi yang baik bukanlah perkara yang mudah. Pelaksanaan audit biasanya dilakukan dalam jadwal yang ketat sehingga kadang sukar untuk menghabiskan banyak waktu dengan staf operasional perusahaan dan informasi yang dibutuhkan sering datang terlambat.Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah penggunaan tool sederhana dan proses yang memudahkan pendokumentasian.

Document-icon2Jika dirasa perlu, Auditor SI/TI seharusnya sudah menyiapkan template dokumentasi halĀ¬hal yang ingin didokumentasikan dalam proses audit sehingga memudahkan dalam penyusunan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>