Penentuan Rekomendasi Audit SI/TI.

Development of Audit FindingsAktivitas audit seharusnya menghasilkan kesimpulan dan temuan yang akan mengarahkan pada rekomendasi yang mencerminkan pemenuhan terhadap tujuan objektif yang berbasis waktu, kinerja dan biaya.

audit-report-urlHal tersebut seharusnya disertai dengan laporan awal yang menggambarkan temuan awal dalam aktivitas audit sebelum kemudian disusun ke dalam laporan akhir sehingga pihak manajemen mendapatkan gambaran mengenai kondisi eksisting perusahaannya serta gambaran rekomendasi yang akan diberikan oleh Auditor SI/TI (Gallegos, IT Audit Report and Follow-up: Methods and Techniques for Communicating Audit Findings and Recommendations,2002) .

17 thoughts on “Penentuan Rekomendasi Audit SI/TI.

  1. Nama : Liya Apriliya
    NIM : 201112109
    Seksi : 1

    Mengkomunikasikan hasil audit serta rekomendasi kepada pihak yang berkepentingan penting untuk meyakinkan pihak manjemen bahwa hasil audit dan rekomendasi sudah andal. Hal ini mendorong pihak yang berwenang untuk memperbaiki kelemahan perusahaan yang ditemukan auditor. Laporan audit disajikan dengan bukti-bukti penting yang akan mendukung kesimpulan audit dan rekomendasi. Rekomendasi menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menarik untuk ditindaklanjuti.

  2. Tujuan tindak lanjut audit adalah untuk :
    1. Memastikan bahwa saran/rekomendasi auditor yang dimuat dalam laporan hasil audit telah dilaksanakan secara memadai, dan tepat waktu oleh entitas yang diperiksa
    2. Mengetahui perkembangan tindak lanjut saran/rekomendasi dalam Laporan Hasil Audit lalu yang masih belum selesai
    3. Memonitor koreksi yang sudah dilakukan manajemen, serta hasil dan pengaruhnya bagi entitas yang diperiksa
    4. Memastikan bahwa temuan yang diperoleh dalam audit sebelumnya tidak dijumpai lagi dalam audit yang sedang dilaksanakan.

  3. Nama : Sonia Margaretha
    NIM :2011-12-122
    Seksi 1

    Dalam membuat laporan audit yang akan berisikan tentang rekomendasi yang diberika oleh pihak auditor kepada pihak manajemen harus mampu membuat gambaran dengan jelas rekomendasi tersebut. Karena rekomendasi dari pihak auditor akan sangat membantu bagi pihak manajemen dalam mengevaluasi dan menindaklanjuti kegiatan perusahaan..

    Terima kasih..

  4. Nama : Dzikriyati Dwi Rifai Amini
    NIM : 2011-12-084
    Seksi : 01

    Proses audit dimulai dari penelitian atas perusahaan sampai dengan hasil atas audit yang dilakukan. Setelah hasil audit dilaporkan dan disetujui oleh manajemen, maka auditor harus memberikan rekomendasi atas audit yang dilakukannya. Rekomendasi harus menerminkan atau menunjukkan pemenuhan terhadap tujuan objektif yang berbasis waktu, kinerja dan biaya.

  5. Nama : Ermawati Syahrudi
    NIM : 2011-12-058
    Seksi : 01

    Dari pembahasan blog diatas, menurut saya, penentuan rekomendasi audit SI/TI merupakan hal terpenting didalam proses penentuan keputusan oleh pihak manajemen. Jadi dalam menentukan rekomendasi audit SI/TI seharusnya disesuaikan dengan tujuan objektif yang berbasis waktu, kinerja dan biaya. Dan dengan disertai laporan awal yang menggambarkan temuan awal sebelum aktivitas audit sampai dengan disusunnya ke dalam laporan akhir.

  6. Apabila auditor mengajukan rekomendasi, maka bagian temuan yang berhubungan dengannya harus memuat pernyataan jelas tentang tujuan yang hendak dicapai atau alasan auditor untuk berpendapat bahwa diperlukan tindakan korektif.
    Dalam memberikan rekomendasi dibagi menjadi 3 jangka waktu pencapaian yaitu :
    – rekomendasi jangka pendek, berkaitan dengan hal – hal yang harus dengan segera dilakukan oleh perusahaan agar proses TI yang ada masih tetap berjalan dengan baik.
    – rekomendasi jangka menengah, dilakukan pengklasifikasian berdasarkan perencanaan strategis di unit TI.
    – rekomendasi jangka panjang, diberikan rekomendasi yang berkenaan dengan kebijakan perusahaan.

  7. SITI FTATIMAH
    201112115
    SEKSI 01

    Dalam pemberian rekomendasi audit SI/TI hendaknya disampaikan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh pihak manajemen. hal ini dimaksudkan agar dalam penerapan rekomendasi tersebut pihak manajemen tidak salah mengartikannya. rekomendasi penting diberikan oleh audit SI/TI karena rekomendasi ini memberikan masukan/saran kepada pihak manajemen untuk memperbaiki kelemahan yang ada dalam sistem di perusahaan.

  8. Siti Maulida
    2011-12-003
    Seksi 01

    Rekomendasi merupakan hal yang terpenting dalam laporan audit SI/TI, yang akan diberikan oleh auditor kepada manajemen yang berisi jalan keluar atau solusi atas adanya temuan yang menyimpang dari tujuan perusahaan atau temuan positif yang terdapat dalam perusahaan untuk lebih meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Seringkali rekomendasi yang diberikan oleh auditor hanya dijadikan sebagai wacana bagi manajemen, tidak dilaksanakan dengan baik. Untuk meyakinkan manajemen, rekomendasi harus menyajikan analisis dan manfaat yang diperoleh perusahaan jika rekomendasi tidak dilaksanakan serta kerugian yang mungkin terjadi jika rekomendasi tidak dilaksanakan karena tidak ada tindakan perbaikan yang dilakukan perusahaan. Oleh karena itu, rekomendasi yang diberikan oleh auditor seharusnya diimplementasikan dengan baik dan tepat untuk memperbaiki kelemahan atau kekurangan yang ada dalam perusahaan agar tujuan perusahaan tercapai.

  9. Sendy Eka Rini
    2011-12-123
    seksi 01

    Berdasarkan materi di atas dapat disimpulkan bahwa rekomendasi disebabkan oleh temuan audit. Temuan audit dipengaruhi oleh beberapa elemen yaitu kriteria, kondisi, efek dan penyebab. Setelah elemen-elemen tersebut terpenuhi maka dapat ditentukan rekomendasi auditnya.

  10. Nur Dwi Rahmawati
    2011-12-096
    Seksi 01

    Temuan audit yang dilaporkan oleh auditor disampaikan kepada pihak manajemen untuk pengambilan keputusan oleh manajemen perusahaan. Temuan audit juga merekomendasi jalan keluar yang akan diambil oleh perusahaan untuk temuan audit yang menyimpang dari tujuan perusahaan sedangkan temuan audit yang positif direkomendasikan untuk peningkatan kinerja perusahaan.

  11. Yulianty Kusuma
    2011-12-038
    Seksi 01

    Rekomendasi audit merupakan solusi atau saran alternatif untuk menyelesaikan/mengatasi masalah tertentu yang dideskripsikan dalam setiap unsur temuan audit. Rekomendasi harus bersifat flesibel, operasional, spesifik, dan mengidentifikasi subjek yang bertanggung jawab untuk melakukan tindak lanjut. Kesimpulan/pendapat harus menempatkan berbagai temuan audit dalam perspektif yang didasarkan kepada implikasi dari temuan audit keseluruhan. Sebelum laporan audit tertulis diterbitkan, auditor internal perlu mendiskusikan temuan audit termasuk rekomendasinya dengan tingkatan manajemen yang tepat. Pihak manajemen dari sebuah organisasi mempunyai tanggungjawab untuk menerapkan setiap rekomendasi yang diberikan auditor guna untuk saran perbaikan kinerja.

  12. Bayu Timur
    2011-12-079
    Seksi 01

    Dalam Kegiatan Audit SI/TI tim auditor akan mengaudit seluruh sitem dan lingkungan dan kegiatan yang dilakukan oleh pihak manajemen. Didalam kegiatan Auditnya Tim Auditor akan memperoleh temuan-temuan audit yang tidak sesuai dengan standar yang digunakan dalam kegiatan audit. Dari temuan – temuan tersebut nantinya Tim Auditor harus mencari tahu apa penyebab dari temuan yang menyimpang dari standar tersebut dan tim auditor harus pula menentukan atau menyarankan kepada pihak manajemen bagaimana solusi atas temuan tersebut. Setelah tim auditor menemukan penyebab dan solusi dari temuan – temuan tersebut auditor akan melaporkan kepada pihak manajemen mengenai penyebab temuan tersebut dan rekomendasi yang sesuai untuk mencegah terulangnya temuan – temuan tersebut.

  13. Rekomendasi merupakan suatu usulan atau laporan singkat hasil audit, atas apa yang telah dikerjakan auditor,guna mengembangkan perusahaan yang diaudit tersebut dalam memperbaiki/meningkatkan kinerjanya.
    Rekomendasi tersebut disampaikan kepada pihak manajemen terkait dari perusahaan yang sedang di asudit, yang bertanggungjawab untuk menerapkan setiap poin dalam rekomendasi tersebut guna memperbaiki/meningkatkan kinerja perusahaan tersebut.

  14. Nama : Rizky Ratna Kartika Sari
    Nim : 2011-12-077
    Rekomendasi merupakan saran perbaikan yang diberikan auditor atas berbagai kekurangan/kelemahan yang terjadi pada program/aktivitas yang diaudit. Auditor harus memberikan rekomendasi kepada atasan dari pengelola program/ aktivitas yang diaudit.Rekomendasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan manajemen dalam melihat prospek perusahaan selanjutnya.

  15. rekomendasi berdasarkan temuan yang berguna untuk perbaikan proses sistem informasi. Berdasarkan temuan, maka rekomendasai yang perlu dilakukan untuk perbaikan proses sistem informasi adalah sebagai berikut:
    1. Untuk mengatasi perbedaan realisasi anggaran investasi TI, Manajer TI melakukan analisa terhadap investasi TI secara umum terhadap penggunaan teknologi dengan cara:
    a. Membuat sistem informasi untuk pemantauan realisasi investasi TI
    b. Pemantauan realisasi investasi TI dilakukan per bulan maupun per tri wulan dengan menunjukkan grafik serta prosentasi pemakaian investasi TI
    c. Menyusun analisis pemakaian investasi TI jika terdapat selisih atau perbedaan realisasi investasi TI

  16. Rini Hamupus Prahoro
    2011-12-145
    Seksi 01

    Rekomendasi audit merupakan langkah terakhir yang dilakukan oleh auditor. Rekomendasi didapat oleh auditor atas temuan-temuan audit yang telah dilakukan. Untuk itu auditor dituntut untuk memberikan rekomendasi yang baik atas hasil temuannya yang mana akan di komunikasikan oleh pihak manajemen. Dengan adanya rekomendasi audit ini akan menjadi pertimbangan pihak manajemen untuk prospek perusahaan yang lebih baik di masa depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>