Penyusunan Dokumentasi Audit SI/TI.

Records+Check+-+ENGLISHSelama proses audit, Auditor SI/TI memeriksa banyak catatan, mempelajari banyak jenis informasi, melihat banyak laporan, mengobservasi prosedur kerja dan melakukan wawancara dengan berbagai pihak. Seluruh aktivitas tersebut menghasilkan bukti (evidence) yang berarti terkait dengan sistem yang berlangsung di perusahaan. Bukti tersebut akhirnya dikumpulkan dan dievaluasi untuk memungkinkan Auditor SI/TI membentuk opini mengenai kecukupan dan keefektifan kontrol internal sehingga dapat merekomendasikan tindakan perbaikan dan korektif.

evidence-urlSering kali bukti yang ditemukan sangat banyak namun kadang tidak langsung memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh Auditor SI/TI. Bahkan proses audit seperti mengumpulkan potongan mozaik sehingga gambaran akhir akan dapat dilihat setelah mozaik terakhir ditempatkan. Dengan demikian, penting bagi Auditor SI/TI untuk mencatat segala pekerjaan dan observasi dengan benar saat proses audit. Dokumentasi audit yang benar dapat membedakan audit dengan konklusi yang valid dan saran yang berguna atau hanya sebuah laporan audit.

documentation_iconTerdapat banyak alasan mengapa pekerjaaan audit perlu didokumentasikan secara benar. Alasan utamanya adalah memungkinkan tcrciptanya kinerja yang baik dari proses audit. Auditor SIITI adalah pihak yang mendapatkan keuntungan utama dari dokumentasi tersebut. Dokumentasi yang baik menggambarkan ketelitian dan akan membantu dalam penyusunan laporan audit nantinya.

Dokumentasi audit sendiri memiliki pengertian sebagai catatan dari pekerjaan audit yang dilaksanakan disertai dengan bukti yang mendukung temuan Auditor. Apapun yang dilihat, didengar, diobservasi dan diuji saat pelaksanaan tinjauan merupakan bukti audit dan perlu didokumentasikan (Sayana, The Necssity for Documentation, 2002).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>