Peran Laporan Audit.

audit-reportxKeberadaan laporan audit dan rekomendasi merupakan hal penting karena akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan tindak lanjut oleh pihak manajemen yang terkait.

Agar dapat bermanfaat, pihak manajemen seharusnya memahami, mendukung dan mengetahui tingkat kepentingan audit dalam perusahaan dan bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan efektivitas kontrol yang dapat membuat perusahaan lebih efektif dan efisien dari segi biaya.

Selain itu laporan audit dapat memberi informasi kepada pihak luar bagaimana audit telah dilakukan terutama terhadap investor yang menggambarkan bagaiman perusahaan telah dikelola secara bertanggung jawab.

universal-langauge-urlLebih jauh lagi, laporan audit seharusnya menjadi bahasa umum dari bisnis sehingga pihak manajemen dapat membaca, memahami, menilai, mengevaluasi dan mengambil langkah berdasarkan rekomendasi dalam laporan tersebut.

37 thoughts on “Peran Laporan Audit.

  1. Dari bacaan diatas saya sedikit memahami peran dari laporan audit. Menurut saya, Laporan Audit dapat didefinisikan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pekerjaan audit dan temuan audit secara komprehensif, yang diberikan oleh tim audit kepada organisasi audit. Laporan Audit adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan auditor agar hasil audit dapat bermanfaat bagi pengguna Laporan Audit.
    Laporan Audit seharusnya menjadi bahasa umum dari bisnis sehingga pihak manajemen dapat membaca, memahami, menilai, mengevaluasi dan mengambil langkah berdasarkan rekomendasi dalam laporan tersebut.

  2. Nama : Dian Purnama Yuliantini
    NIM : 2011-12-037
    SEKSI : 01

    PERAN LAPORAN AUDIT
    Peran Laporan Audit sebagai ringkasan dari pekerjaan audit dan temuan audit, Laporan audit juga merupakan dasar dalam membuat Surat Opini Audit, Rekomendasi dan membuat Keputusan Audit. Peran utama dari Laporan Audit merupakan jaan utama bagi institusi audit ntuk memahami informasi tentang proses audit. Tim audit harus menyerahkan laporan kepada institusi audit yang menugaskan pada saat audit selesai sehingga institusi audit dapat memahami proses dan hasil audit yang dilakukan oleh tim audit tersebut.
    Selain itu laporan audit juga merupakan dasar dalam pembuatan Surat Opini Audit dan memberikan opini dan rekomendasi berdasarkan temuan audit. Berdasarkan informasi tersebut institusi audit membuat Surat Opini Audit dan Keputusan Audit, dan
    Laporan audit merupakan dasar yang penting untuk mengumpulkan dan mengelola informasi audit. Sehingga dapat menyampaikan informasi dan masalah yang berhubungan dengan belanja dan pendapatan serta kegiatan-kegiatan ekonomi yang relevan dari institusi atau proyek yang diaudit.
    Terdapat manfaat audit yaitu: memberikan penguatan terhadap kehandalan informasi laporan keuangan atau informasi lain yang disajikan oleh auditan,sebagai bukti lampiran yang harus disampaikan dalam penyerahan SPT seperti dalam ketentuan UU KUP pasal 4 ayat (4b), serta sebagai syarat untuk perusahaan yang akan go public.

  3. Siti Maulida
    2011-12-003
    Seksi 01

    Pembuatan laporan auditor adalah langkah terakhir dan paling penting dari keseluruhan proses audit. Laporan audit merupakan suatu laporan pertanggungjawaban auditor kepada perusahaan atas kegiatan audit yang telah dilakukan, serta mengetahui apakah perusahaan sudah berjalan secara efektif, efisien dan ekonomis. Laporan audit tidak hanya berguna bagi pihak internal saja, tetapi juga berguna bagi pihak eksternal. Pihak internal dalam perusahaan seperti manajemen, laporan audit sebagai pertanggungjawaban manajer kepada pemegang saham atas sumber daya yang telah dipercayakan kepadanya apakah sudah berjalan secara efektif atau tidak. Sedangkan pihak eksternal (pihak luar perusahaan) membutuhkan laporan audit, dimana laporan tersebut menggambarkan bagaimana perusahaan sudah dikelola secara bertanggungjawab, serta menggambarkan prospek perusahaan ke depannya. Oleh karena itu, laporan audit harus menggunakan bahasa yang umum yang dapat dipahami oleh pembaca, serta untuk melakukan pendeteksian kesalahan yang terjadi dalam perusahaan, yang memudahkan tindak lanjut untuk menentukan tidakan perbaikan yang semestinya dilakukan.

  4. Yulianty Kusuma
    2011-12-038
    Seksi 01

    Laporan audit dapat didefinisikan sebagai laporan yang menyatakan pendapat auditor yang independen mengenai kelayakan atau ketepatan pernyataan klien bahwa laporan keuangannya disajikan secara wajar. Pembuatan laporan audit adalah langkah terakhir dan paling penting dari keseluruhan proses audit.
    Fungsi utama laporan audit adalah sebagai media komunikasi antara manajemen dengan pihak – pihak lain yang berkepentingan. Dalam laporan audit seharusnya auditor berusaha untuk menginformasikan hal – hal yang mereka temui, meyakinkan manajemen mengenai nilai dan validasi dari temuan audit dan memberikan hasil untuk menggerakkan manajemen kearah perubahan dan perbaikan.
    Peranan utama dari laporan audit adalah :
    a. Laporan audit adalah jalan utama bagi institusi audit untuk memahami informasi tentang proses audit
    b. Laporan audit adalah dasar dalam pembuatan Surat Opini Audit dan Keputusan Audit
    c. Laporan audit adalah dasar yang penting untuk mengumpulkan dan mengolah informasi audit

  5. Nama : Liya Apriliya
    NIM : 201112109
    Seksi : 01

    Laporan audit berperan sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh auditor kepada pihak manajemen untuk menyampaikan informasi guna mengambil keputusan yang dapat membuat perusahaan lebih efisien dan efektif. Selain itu, dalam laporan audit juga memuat tentang penjelasan pelaksanaan audit lapangan. Laporan audit harus berdasarkan fakta dan objektif beserta argumentasi yang dapat meyakinkan pihak manajemen bahwa informasi yang disajikan oleh auditor bersifat andal dan dapat dipercaya. Informasi tersebut tidak hanya untuk pihak manajemen tetapi juga pihak eksternal sehingga pihak eksternal mengetahui kondisi perusahaan untuk pengambilan keputusan bisnis yang diperlukan.

  6. Nama : Erlita Merliana
    NIM : 2011-12-150
    Seksi 01

    Laporan audit adalah media yang digunakan oleh auditor dalam mengkomunikasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai hasil dari aktivitas audit yang dilakukan. Sebagai output dari aktivitas audit, laporan audit memiliki banyak peranan, salah satunya adalah sebagai dasar bagi institusi audit (kantor akuntan publik) untuk memahami proses audit yang dilakukan oleh auditor-auditornya. Berdasarkan informasi yang ada dalam laporan audit, institusi audit akan membuat opini audit dan keputusan audit. Laporan audit memiliki andil besar dalam menentukan apakah hasil audit memberi dampak yang besar kepada auditee, pihak manajamen, dan pihak eksternal.

  7. Laporan audit digunakan oleh auditor untuk memberikan komunikasi kepada pihak yang berkepentingan tentang kesimpulan atas laporan keuangan yang telah diaudit., dimana isi dari konsep laporan audit tersebut harus mudah dipahami serta memenuhi standar pelaporan yang lengkap, akurat, obyektif, meyakinkan, jelas, dan ringkas.

  8. Aulia Rahmawati
    2011-12-149
    Seksi : 01

    Laporan audit merupakan hasil dari pekerjaan seorang auditor yang mana digunakan sebagai alat dalam memberikan informasi kepada manajemen maupun pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan yang lebih efisien dan efektif. Laporan Audit harus mengungkapkan kegiatan perusahaan (klien) yang diperiksa sesuai fakta yang ada dan diungkapkan menggunakan bahasa yang mudah dipahami bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Agar hasil berupa informasi yang diterima mampu memberikan dampak positif dalam pengambilan keputusan bagi pihak-pihak tersebut.

  9. Rini Hamupus Prahoro
    2011-12-145
    Seksi 01

    Menurut saya laporan audit merupakan media komunikasi yang dilakukan oleh audit yang akan diberikan kepada manajemen dan pihak-pihak yang berkepentingan mengenai hasil temuan auditnya. Dimana laporan audit ini harus sesuai dengan fakta dan bukti-bukti yang telah ditemukan agar dapat menyakinkan manajemen bahwa laporan audit yang diberikan dapat di percaya. Dari hasil laporan audit yang diberikan auditor akan memberikan pengaruh tidak hanya untuk perusahaan namun untuk pihak eksternal.

  10. Nama : Sonia Margaretha
    NIM : 2011-12-122
    Seksi 1

    Menurut kesimpulan saya dari materi tentang peran laporan audit adalah laporan audit dapat menjadi alat bantu bagi pihak manajemen dalam mempertimbangkan keputusan yang akan di ambil untuk meningkatkan efektivitas kegiatan bisnis yang ada diperusahaan..

    Terima kasih..

  11. Nama : Dzikriyati Dwi Rifai Amini
    NIM : 2011-12-084
    Seksi : 01

    Laporan audit sangatlah penting bagi perusahaan terutama manajemen untuk mengambil keputusan dimasa yang akan datang. Selain itu, dapat memberikan informasi bagi pihak eksternal seperti investor yang akan melihat laporan keuangan perusahaan sehingga dapat diketahui kinerja perusahaan apakah dapat mengembalikan investasi yang telah diberikan.

  12. Nama : Ria Angraini
    NIM : 2011-12-006
    Seksi : 01

    Menurut saya laporan audit dapat didefinisikan sebagai laporan yang menyatakan pendapat auditor yang independen mengenai kelayakan atau ketepatan pernyataan klien bahwa laporan keuangannya disajikan secara wajar sesuai dengan prinsip-prinsip akuntan yang berlaku umum, yang diterapkan secara konsisten dengan tahun sebelumnya. Dalam menyiapkan dan menerbitkan sebuah laporan audit, auditor harus berpedoman pada empat standar pelaporan yang terdapat dalam Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP). Peran utama laporan audit yaitu sebagai media komunikasi antara manajemen dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan, maka dibutuhkan adanya keseragaman pelaporan untuk menghindari kerancuan.

  13. Nama : Ermawati Syahrudi
    NIM : 2011-12-058
    Seksi : 01

    Dari pernyataan diatas, menurut saya, peran laporan audit sebagai penentu keputusan mengenai kondisi perusahaan bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan (pihak yang berkepentingan).
    Adapun bagi pihak internal seperti manajer perusahaan, peran laporan audit untuk mengetahui kondisi didalam perusahaan apakah baik atau buruk.
    Dan bagi pihak eksternal seperti investor, peran laporan audit untuk memberikan informasi kinerja keuangan didalam suatu perusahaan yang menggambarkan bagaimana perusahaan telah dikelola secara bertanggung jawab. Ini sebagai rekomendasi investor untuk berinvestasi di perusahaan terkait.

  14. Laporan audit adalah suatu laporan pihak auditor yang menyatakan pendapatnya atas laporan keuangan yang diaudit, dimana auditor dapat melaporkan temuannya kepada pihak manajemen atau klien serta memberikan solusi. Laporan audit memiliki tujuan utama yaitu :
    – menginformasikan, yaitu memberitahukan hal – hal yg mereka temukan.
    – mempengaruhi, yaitu menyakinkan manajemen mengenai nilai dan validasi dari temuan audit.
    – memberikan hasil, yaitu menggerakan manajemen ke arah perubahan dan perbaikan.

  15. laporan audit atau audit report yaitu laporan auditor yang menyatakan bahwa pemeriksaan telah dilakukan dengan norma pemeriksaan akuntan, disertai dengan pendapat mengenai kewajaran atas laporan keuangan perusahaan yang diperiksa, jenis pendapat yang dikenal ialah wajar tanpa syarat (unqualified clean), wajar dengan syarat (qualified), menolak dengan memberikan pendapat (adverse), dan menolak tanpa memberikan pendapat sama sekali (disclaimer). laporan audit adalah suatu laporan oleh pihak auditor yang menyatakan pendapatnya atas laporan keuangan yang diaudit, dimana auditor dapat melaporkan temuannya kepada manajemen atau klien.

  16. Lita Aprilia
    2011-12-238
    Seksi 01

    Laporan audit dan rekomendasi sangat penting keberadaannya karena dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan tindak lanjut oleh pihak yang terkait pihak manajemen seharusnya memahami dan mendukung serta mengetahui tingkat kepentingan audit dalam perusahaan agar dapat membuat perusahaan lebih efektif dan efisien dari segi biaya.

  17. laporan audit merupakan laporan sangat berguna bagi pihak luar perusahaan terutama bagi investor, dari laporan audit setiap investor atau calon investor dapat menilai kelayakan perusahaan tersebut untuk dijadikan tempat berinvestasi. laporan audit juga menjadi bahan pertimbangan dan tindak lanjut oleh pihak manajemen yang terkait dan dapat meningkatkan efektivitas kontrol yang dapat membuat perusahaan lebih efektif dan efisien dari segi biaya.

  18. SITI FATIMAH
    201112115
    SEKSI 01

    Laporan audit memberikan informasi kepada pihak manajemen untuk menunjukkan penilaian terhadap laporan keuangan perusahaan, dan laporan audit ini dapat mempengaruhi keputusan manajemen dalam menngunakan seluruh sumber daya perusahaan agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu laporan audit juga memberikan peran kepada pihak eksternal untuk mengambil keputusan mengenai kegiatan pendanaan atau yang lainnya terhadap perusahaan.

  19. Nama : Dian Purnama Yuliantni
    NIM : 2011 – 12 – 037
    Seksi : 01

    Logika yang terkait dalam laporan hasil audit lebih banyak memiliki kesamaan dengan penggunaan auditor pada pengembangan audit itu sendiri. Untuk memulai audit, auditor memerlukan tujuan audit, yang dapat diperoleh dalam tiga elemen audit. Auditor memperoleh bukti dari tiap-tiap elemen tersebut dengan tujuan untuk menghasilkan kesimpulan. Seluruh hasil laporan kemudian akan dibandingkan dengan hasil audit, dan akan ditetapkan berdasar kriteria, sebab, dan akibat. Kemudian auditor akan menetapkan kriteria yang berkaitan dengan standar aktifitas atau program, penyebab yang berkaitan dengan keterjadian pada saat audit dilaksanakan, dan pengaruh dari laporan tidak berkaitan dengan standar audit.
    Rekomendasi biasanya merupakan usulan laporan singkat oleh auditor sebagai apa yang sudah dikerjakan untuk mengembangkan entitas yang diaudit tentang perbaikan/kemajuan kinerja. Pihak manajemen dari sebuah organisasi mempunyai tanggungjawab untuk menerapkan setiap rekomendasi yang diberikan, auditor guna untuk saran perbaikan kinerjanya.dan rekomendasi itu harus selalu dalam pengawasan auditor sampai dilakukannya kembali audit pada perusahaan tersebut sekalipun auditor nya diganti

  20. Sendy Eka Rini
    2011-12-123
    seksi 01

    Laporan audit berperan penting dalam proses auditing, karena sebagai bahan untuk pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.
    Selain itu laporan audit dapat memberi informasi kepada pihak luar (investor) yang menggambarkan bagaimana perusahaan telah dikelola secara bertanggung jawab. Sehingga perusahaan dapat dipercaya kinerjanya oleh para investor.

  21. Nur Dwi Rahmawati
    2011-12-096
    seksi 01

    Audit atas laporan keuangan mempunyai peran social yang sangat besar. Apabila laporan keuangan tersebut tidak di audit, disampaikan kepada para pembaca seperti kreditor dan pemilik modal, kemungkina akan ada suatu resiko informasi (information risk) yaitu resiko dimana pemakai akan salah mengambil keputusan sebagai akibat dari adanya salah saji yang material dalam laporan keuangan. Hal ini sangat beralasan karena laporan keuangan juga merupakan pertanggung jawaban manejemen atas pengelolalan perusahaan. Disini peranan akuntan publik sebagai pihak yang independen diperlukan untuk mengaudit laporan keuangan sehingga dapat meningkatkan kredibilitas laporan keuanagan.

  22. Nama : Kokom Kurmalasari
    NIM : 201112152
    Seksi : 01

    peran laporan audit sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena laporan audit berperan serta dalam pemberian informasi tentang suatu performa yang telah dilakukan oleh sebuah perusahaan kepada seluruh masyarakat luas dan para pengguna laporan keuangan serta para investor. Bagi pihak internal perusahaan, laporan audit berguna sebagai pengevaluasian apakah kontrol dan pengawasan yang telah dilakukan oleh perusahaan berjalan dengan baik atau tidak.

  23. Eka Puspita Esterina
    2011-12-099
    Seksi 01

    Menurut pendapat saya, laporan audit dapat didefinisikan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pekerjaan audit dan temuan audit secara komprehensif, yang diberikan oleh tim audit kepada organisasi audit. Laporan Audit adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan auditor agar hasil audit dapat bermanfaat bagi pengguna Laporan Audit. Sehingga, keberadaan laporan audit dan rekomendasi merupakan hal penting karena akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan tindak lanjut oleh pihak manajemen yang terkait.

  24. Bayu Timur
    2011-12-079
    Seksi 01

    Laporan Audit berperan sebagai media Tim Auditor untuk mengkomunikasikan hasil seluruh kegiatan audit mereka kepada pihak manajemen terkait untuk memberikan informasi atas apa saja yang sudah mereka temukan dalam mengaudit beserta rekomendasi apa yang harus dilakukan oleh pihak manajemen.

  25. laporan audit berguna sebagai alat komunikasi yang dihasilkan oleh auditor kepada manajemen, yang berisikan suatu informasi yang nyata guna mengevaluasi hasil kinerja suatu perusahaan yang pada akhirnya digunakan sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan bagi perusahaan dimasa mendatang.

  26. Priska Yudith Felicia
    2011-12-210

    Menurut saya, laporan audit merupakan hal yang penting karena dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak manajemen yang terkait. Dalam hal ini, maka dalam suatu organisasi yang terkait baik manajer ,maupun manajemen untuk bisa membuat suatu keputusan yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam mengelola dan melakukan fungsi kontrol. Oleh sebab itu, Perusahaan membutuhkan audit sebab memberikan banyak sekali manfaat terhadap perusahaan dan membantu penilaian terhadap laporan keuangan perusahaan.

  27. Nama : Martha Deborah Silaen
    NIM : 2011-12-005
    Seksi : 01

    Peranan laporan audit adalah melaporkan atau memberikan pendapat apakah laporan keuangan tersebut disajikan secara wajar sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Laporan audit digunakan sebagai sarana untuk mengomunikasikan pekerjaan audit dan temuan audit secara komprehensif, yang diberikan oleh tim audit kepada organisasi audit. Laporan audit sangat penting untuk diperhatikan auditor agar hasil audit dapat bermanfaat bagi pengguna laporan audit seperti kreditur, para investor, dan lain lain. dimana Laporan audit juga merupakan dasar dalam membuat Surat Opini Audit, Rekomendasi dan membuat Keputusan Audit. Dimana laporan Audit mengevaluasi kewajaran, ketaatan dan kinerja dari auditan dan memberikan opini dan rekomendasi berdasarkan temuan audit. Berdasarkan informasi tersebut institusi audit membuat Surat Opini Audit dan Keputusan Audit.

  28. Nama : Rizky Ratna Kartika Sari
    Nim : 2011-12-077

    Menurut saya laporan audit merupakan media yang digunakan atau diapaki oleh si auditor dalam mengkomunikasikan kepada pihak kepentingan tentang kesimpulan atas laporan keuangan yang di audit

  29. Nama : Rizky Ratna Kartika Sari
    Nim : 2011-12-077

    Menurut saya laporan audit merupakan media yang digunakan atau dipakai oleh si auditor dalam mengkomunikasikan kepada pihak kepentingan tentang kesimpulan atas laporan keuangan yang di audit

  30. Nama : Rizky Ratna Kartika Sari
    Nim : 2011-12-077

    Menurut saya laporan audit merupakan media yang digunakan atau diapaki oleh si auditor dalam mengkomunikasikan kepada pihak kepentingan tetntang kesimpulan atas laporan keuangan yang di audit

  31. Nama : Rizky Ratna Kartika Sari
    Nim : 2011-12-077

    Menurut saya laporan audit merupakan media yang digunakan atau diapaki oleh si auditor dalam mengkomunikasikan kepad apihak kepentingan tetntang kesimpulam atas laporan keuangan yang di audit

  32. Nama : risky ratna kartika sari
    Nim : 2011-12-077
    Menurut saya laporan audit merupakan media yang digunakan atau diapaki oleh si auditor dalam mengkomunikasikan kepad apihak kepentingan tetntang kesimpulam atas laporan keuangan yang di audit

  33. Nama : Nur Hanifah
    nim : 2011-12-070

    Laporan audit dapat didefinisikan sebagai laporan yang menyatakan pendapat auditor yang independen mengenai kelayakan atau ketepatan pernyataan klien bahwa laporan keuangannya disajikan secara wajar, yang bertujuan untuk memberi informasi kepada pihak luar bagaimana audit telah dilakukan terutama terhadap investor yang menggambarkan bagaiman perusahaan telah dikelola secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, laporan audit harus menggunakan bahasa yang umum yang dapat dipahami oleh pembaca, serta untuk melakukan pendeteksian kesalahan yang terjadi dalam perusahaan, yang memudahkan tindak lanjut untuk menentukan tidakan perbaikan yang semestinya dilakukan.

  34. Tri utami yusman
    2011-12-174
    seksi 01

    Dari artikel tersebut dapat saya simpulkan
    Peran Laporan audit sangat penting bagi perusahaan, baik untuk manajemen dan Investor. karena laporan audit tersebut bermanfaat untuk membuat pertimbangan tindak lanjut oleh pihak manajemen yang terkait sehingga perusahaan lebih efektif dan efisien. sedangkan untuk pihak investor dapat mengetahui apakah perusahaan tersebut sudah dikelola dan dijalan kan dengan baik dan benar, sehingga investor tidak dirugikan oleh pihak pihak yang ingin mengambil kepentingan yang merugikan mereka.

  35. Audit atas laporan keuangan mempunyai peran social yang sangat besar. Apabila laporan keuangan tersebut tidak di audit, disampaikan kepada para pembaca seperti kreditor dan pemilik modal, kemungkina aka nada suatu resiko informasi (information risk) yaitu resiko dimanapemakai akan salahmengambil keputusan sebagai akibat dari adanya salah saji yang material dalam laporan keuangan. Hal ini sangat beralasankarena laporan keuangan juga merupakan pertanggung jawabanmanejemen atas pengelolalan perusahaan. Disini peranan akuntan public sebagai pihak yang independen diperlukan untuk mengaudit laporan keuangan sehingga dapat meningkatkan kredibilitas laporan keuanagan.

  36. ELIS MARSELA
    2011-12-015
    SEKSI 01

    Dari yang sudah saya baca diatas, Peran laporan audit ini sangat penting terutama untuk perusahaan itu sendiri, karena dengan adanya laporan audit dapat terlihat dimana perusahaan melakukan kesalan atau tidak.
    Laporan audit juga penting untuk melihat kinerja perusahaan tersebut, dengan adanya laporan audit akan mengahasilkan rekomendasi untuk perbaikan kinerja organisasi.
    Sehingga peran laporan audit ini sangat diperlukan untuk mengevaluasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>