Djempol Pandan Wangi menguras ikan mas di empang PDK

Hari/tanggal : Sabtu, 17 Desember 2011
Nama anglers : Saya sendiri disusul oleh Kang Ito
Arsenal : Shimano Symetre-1000+ Everwinner Golden-Fish 5′
Rangkaian pancing : 3 mata kail.
Nama kolam : pemancingan PDK V
Alamat : Kompleks PDK Parung Serab Ciledug
Jumlah lapak : 30
Ukuran kolam : P: +/- 26 meter L:+/- 14 mtr
Lebar Lapak : 1,8 mtr
Kondisi air kolam : Hijau
Jenis ikan : nyimas
Tiket : 150k (2 joran)
Jumlah peserta : 7(tujuh) orang.
Perolehan : 26 ekor nyimas dengan berat diatas 5 ons dan 1 ekor nila 4 jari.

IMG_4245Jalan cerita:
Berdasarkan sebuah pemikiran tentang komposisi umpan yang praktis dan memiliki ukuran yang akurat, akhirnya mencoba meramu umpan sbb:
1 bungkus Umpan Djempol Pandan Wangi
1 kaleng susu beruang putih 189ml
2 ons kroto
2 kaleng Deho
bubuk indomie(sebagai pengeras).

Jam 08:25 sampai dilokasi, wah baru ada satu orang pemancing, karena umpan dan arsenal sudah siap, maka sampai diempang tinggal chit-chat sambil menunggu kedatangan pemancing yang lain, ditengah canda ria, tiba2 telpon berdering..ternyata dari Sang Empunya Djempol(Kang Ito) beliau komplain “Koq sms saya tidak dijawab, sedang ada dimana nih”, saya jawab “ada di PDK, maaf saya tidak memeriksa sms yg masuk”,
lalu beliau melanjutkan “saya siang ini ada kegiatan sehingga tidak bisa mancing seharian, bagaimana jika saya ikut meramaikan suasana dan ikut memegang satu joran”,
dengan antusias saya jawab “woookeeehhhh….saya tunggu di TKP”.

Sampai pukul 09:00 baru berkumpul 4 orang pemancing, “wah alamat sepi nih”, akhirnya saya sampaikan pada panitia empang(sdr Ibob) “tunggu saja dulu hingga pukul 09:30, siapa tahu ada tambahan pemancing”, dan benar saja 15 menit kemudian berdatangan 3 orang pemancing lagi, sehingga jumlah seluruhnya ada 7 orang pemancing karena waktu sudah menunjukkan pukul 09:30, panitia melakukan pengundian lapak dan saya memperoleh lapak 25 dan diperbolehkan menggunakan lapak 26(satu pemancing boleh menggunakan 2 lapak), saya segera menduduki lapak 25 sambil menunggu aba2 start dari panitia.

Priiiitttt…tanda start diberikan dan saya segera melempar joran pertama pada posisi setengah di lapak 25 dan menempatkan joran kedua di posisi bawah blower pada lapak 26, belum selesai merapikan benang lemparan kedua, pelampung pada lapak 25 ngetrik hebat, saya gentak….deebbbb….wuiiihhh lumayan ada perlawanan, ikan 8 ons masuk korang dan basahlah ia, baru saja selesai memasukkan ikan pemlampung dilapak 26 ikut2an ngetrik….beuuut…sentak…dan kembali ikan 6 ons masuk korang…wah alamat neter nih, dan Kang Ito belum juga muncul, ya sudah sebagai single-fighhter sejati saya ladeni permainan ikan, berturut-turut beberapa ekor ikan berhasil saya kandangkan.

10:15 Kang Ito rawuh, dan saya berikan joran pada lapak 26, dia bertanya “sudah dapat berapa ekor”, saya jawab “lumayanlah…saya tidak sempat menghitung”, baru saja saya selesai bicara, Kang Ito menunjuk pelampung saya, seraya berkata “dimakan tuh….!!!”,
saya jawab “sabar…..” dan saya biarkan saja pelampung ngetrik dengan maksud untuk melihat pola makannya ikan, benar saja pelampung langsung tenggelam…dan beuuuttt…kembali satu ekor masuk korang, Kang Ito berkata “sombong amat ikan makan tapi didiamkan saja, nanti boncos lho”, saya hanya tersenyum dan menunjuk kearah pelampung(yg sedang ngetrik hebat) dilapak 26 “kalau yg seperti itu digentak nggak.?”, beliau berkata “anjriiittt…..makannya rakus benar yaa…” sambil mengandangkan ikan pertamanya, dan kejadian ini ber-ulang2, hingga Kang Ito berkata “pertahankan komposisi umpan ini…saya harus pergi tetapi saya menunggu dapat satu ekor lagi..ok”,
saya menjawab “silahkan jika mampu”, benar saja belum lama waktu berlalu kembali pelampung saya ngetrik hebat dan saya sentak….hilll…..nihilll….!!!, Kang Ito tertawa ter-bahak2 dan ditengah tawanya dia menggentak joran dan sama nihiiillll, gantian saya yg tertawa, karena ikan makan terus Kang Ito baru dapat meninggalkan empang pukul 13:00 dari jadwal semula pukul 11:30, dan saya teruskan memancing sendirian.

Sore hari pukul 15:40 Kang Ito menelepon ” Ikan masih makan tidak”, saya jawab “masih meski tidak sesering tadi”, “saya sempatkan datang nanti sore ya” ujar Kang Ito, saya jawab “penasaran nih yeee….!!!”.

IMG01328-20111217-1659Benar saja pukul 16 55 Kang Ito tiba dilokasi dan melanjutkan memancing dilapak 26 dan saya kembali konsentrasi di lapak 25 (empang PDK biasanya pada jam 17:00 ikan sudah sangat berkurang makannya), tetapi pelampung saya ngetrik dan Kang Ito bilang “dimakan tuh..”, saya tunggu sebentar dan beuutt…ternyata ada 2 ekor ikan yg makan(ini prestasi tersendiri pada sore hari).

Kesimpulan: ternyata umpan praktis dan ekonomis bisa berhasil juga menguras empang.

Demikian laporan ini saya buat dengan sesungguhnya dan dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani serta tidak ada paksaan dari pihak manapun, segala kekeliruan yang ada akan diperbaiki sebagaimana mestinya dengan cara yang seksama dan dalam tempo yang se-singkat2nya….lol.

571 thoughts on “Djempol Pandan Wangi menguras ikan mas di empang PDK

  1. Mantappp…..
    sekitar minggu kemarin sy coba pake ramuannya om, dan WWWWWWAAAAKKKKKKKKWAAAAWWWWWWW……

    Hasilnya memuaskan di pemancingan alibaba mang ujang cikeas nagrak, bogor. dari pemancing yg jumlahnya 13org ikan 26 kg, klo di itung ekornya mah ga tau dah berapa.
    setelah hitungan terakhir sang panitia acara “ujang biwir cs” sy lempar umpan ke titik tengah ga terlalu ke ujung karna pemancingannya searah tanpa blower. empat kali lempar baru deh ada yg nyenggol2, sy tarik dan sy beri umpan kembali di titik yg sama. dan belum sempat umpan sy sampe kedassar udah di sedott duluan sm si target,, waaaahh mulai deh neterrr dan jadi artis empang waktu itu, set pertama perolehan 17ekor, stelah pindah lapak sy dpt lapak “juara” katanya dan benar saja rembesan atau gelembung ikan seperti sudah mendidih di depan sy, sy lempar mpan ke titiknya dan ga ada 5menit saya nyalakan rokok dan nengok pelampung sudah hilang, ternyata ikan super berukuran 1,8ons yg apes kena kail saya, wlwkwkkkwkkwkwkkkkakakkkkkk…. senangnya hati beta…
    singkat nya perolah ikan 24 ekor plus 1ikan super yg bawa amplop heheheee,,
    perolahan sy jauh dari biasanya UMPAN nya memang mantabbbb…

          • Indomienya tanpa bumbu(bumbunya buang saja atau gunakan untuk membuat nasi goreng), saya sudah pernah memancing pada kondisi air yg Hijau pekat, coklat keruh, bening, alhamdulillah berhasil.

          • Mksh infonya gan ane mancing minggu kemaren zooong mulu sampai putus asa ni gan cara mancing .insya allah ane cb mohon izin dan restu nya gan ane mau cb resep dari juragan

          • cuma kurangi saja telor asinnya, cukup pakai kuningnya saja dan takaran cuwe tongkolnya yg sedianya 4 atau 4 potong kurangi jadi 3 potong saja dimusim hujan dan 2 potong jika musim kemarau.

          • Halco itu berfungsi meningkatkan aroma umpan sehingga bukan sebagai pengganti deho, anda tetap pakai deho tetapi tambahkan halco(baik yg fresh water maupun yg salt sama saja, saya suka pakai yg salt/berwarna orange)untuk takaran umpan ini gunakan sebanyak 1,5cm saja jangan lebih, jikaover dosis ikan hanya ber-putar2 tidak mau makan.

        • slm knal pak dar..saya newby didunia mancing sya mau tanya kl umpan dri kang dar dipakai dikolam yg airnya hijau kehitaman bisa gk???oya perlu ditambah essen lg gk kang krna dikolam biasa saya mancing rata2 pakai essen smw kang…mksih mohon pencerahan nya kang..

      • Juragan mnta pin bb nya dong biar bisa berbagi pengalaman yg lebih mantap soal mancing nua gan.oya sy jg mau tanya kl mancing ikan bawal umpan yg jos nya pake apa yah td nya sy mancing bawal juragan jong mulu.mohon info nya gan

        • Met pagi juragan umpan jempol pandan wangi ko yg sy buat ga d toel sedikit pun sm ikan komposisi apa yg d recomendasi sm juraga sdh sy terap kan kenapa yah ko ga dpt satu pun dan d toel jg ngga
          Empang posisi dcipondoh lapak 22 lapak satu pun ga ngetrik apa ada yg salah gan.

          • Lapak 22 dicipondoh itu memang lapak kuburan Om, biasanya saya main dekat2 saja sekitar 2 mtr dr lapak, yah begitulah mancing meski umpan sudah bagus masih ada beberapa faktor lain diluar jangkauan kemampuan kita yg ikut menentukan, misalnya hati yg sedang gundah, emosi(marah, kesal dlsbgnya) serta faktor rejeki juga tidak kalah dominan.
            Tidak usah risau saya pernah mancing dicipondoh hasilnya NOL BESAR……yah mau bilang apa.
            Saya selalu memegang prinsip, saya bayar tiket untuk memancing dan jika sudah terlaksana Alhamdulillah, jika tidak dapat ikan yg penting saya sudah memancing dan saya tidak pernah menyesal apalagi kesal…karena saya pikir jika saya kesal berarti saya mengeluarkan uang hari itu untuk membeli kesal…ogah…ahhh…he..he..he, tetap semangat ya Om, dicoba lagi dengan racikan lainnya(jika ragu dengan racikan ini, karena faktor keraguan juga ikut menentukan perolehan ikan).

    • Pagi kang
      Ijin share
      Minggu kemaren sy cb xplorer pandang wangi
      Maaf hasil nya nihil
      1/2 pandan wangi
      1 sdm deho
      1 sacset dancow
      1 sdm santan kara
      1 btr telor bebek
      1 ons kroto
      Ini komposisi nya
      Ikn tempat dimn sy biasa mncng
      Menyukai umpan dg basic aroma wangi
      Mohon koreksi n masukan nya apa yg slah n kurang dr komposisi di atas
      Makasi kang

    • Pagi kang
      Ijin share
      Minggu kmren cb sy xplorer pandan wangi tp hsil nya nihil
      dg komposisi ”
      1/2 pandan wangi
      1 sdm deho
      1 Sacset dancow
      1 Sdm sun cara
      1 Telor bebek
      1 Ons kroto
      Info aja kolam tempt sy mncng , ikan suka dg aroma umpan berbasic wangi , amis n gurih
      Mohon koreksi n masukanya apa yg slh n kurang dr komposisi di ats
      Mksi

      • Kurang amis Om, coba naikkan komposisi deho nya, karena pada komposisi umpan saya untuk 1 bks Djempol Pandan Wangi pada saat musim hujan begini saya gunakan 2(dua)kaleng deho.

    • Bahan-bahan:
      1 bungkus Umpan Djempol Pandan Wangi
      1 kaleng susu beruang putih 189ml
      2 ons kroto
      2 kaleng Deho
      bubuk indomie/indomie diblender(sebagai pengeras).
      Cara pengolahan:
      Siram dengan air panas 2 ons kroto dan tiriskan pada saringan santan(biasanya berbahan alumunium).
      buka tutup susu beruang, dan kukus susu beruang(berikut kalengnya)selama 30 menit, catatan: susu tidak dikeluarkan dari kalengnya, atau tuangkan susu beruang kedalam panci kecil lalu didihkan(angkat pas mendidih/kira2 panasnya 80C)
      kukus kroto
      tuangkan bubuk Djempol pandan dalam baskom plastik(tempat mengaduk umpan).
      tuangkan susu beruang seluruhnya kedalam bubuk Djempol Pandan, aduk hingga merata.
      pada saat pertama kali dicampur susu beruang dengan Djempol Pandan akan terlihat seperti terlalu encer, aduk terus selama 5 menit dan diamkan hingga dingin, umpan akan mengental, kemudian bagi dua(yg separo disimpan untuk siang hari).
      Blender 1 kaleng tuna deho berikut minyaknya.
      Tuangkan tuna encer kedalam adonan susu dan Djempol yg separo tadi, aduk hingga merata dan akan tercium bau yang sangat khas(ada wangi, amis dan gurih), pada saat ini anda akan mendapatkan adonan yg agak lembek, setelah campuran susu, Djempol dan deho rata masukkan kroto 1 ons(yg 1 ons lainnya disimpan untuk digunakan siang nanti)yg telah dikukus tadi dan kembali aduk hingga rata, jika benar saat ini anda akan memperoleh umpan dengan komposisi yang sangat lembek, keraskan dengan menambah bubuk indomie, tuangkan sedikit demi sedikit hingga komposisinya antara lembek dan keras, diamkan selama 5 menit dan umpan akan mengeras sendiri, jika masih dirasa terlalu lembek tuangkan lagi bubuk indomie dengan cara seperti tadi(sedikit demi sedikit), jika benar cara mengerjakannya anda akan menemukan umpan dengan aroma yang sangat khas(perpaduan antara gurih, wangi dan amis yang meski sudah mencuci tangan masih tercium baunya), nah umpan sudah jadi dan siap digunakan.
      Pada saat tengah hari(setelah Dzuhur) buat adonan kedua dengan menggunakan separo adonan Djempol, 1 kaleng Deho dan 1 ons kroto, ulangi proses yg sama seperti diatas.
      selamat mencoba, semoga anda dapat merasakan sensasi neter seperti yg pernah saya alami.

  2. Terima kasih bro atas resep umpan wangi jempolnya,pada tanggal 11 Oktober 2014 saya mendapat juara II di pemancingan Deplu tiket 2,8 jt peserta sekitar 68 orang jumlah lapak 74 dan saya dapat ikan induk berat 4,4kg. Jumlah indukan yang saya dapatkan 4 ekor + 10kg ikan rame,sebetulnya kalau tidak mocel semua indukan yang saya dapat 9 ekor. sayang karena kurang sabarnya saya jadi yang 5 ekor lepas alias mocel hehehe. Thank’s umpannya

  3. hari minggu nanti sy pake nih resepnya coba di daerah tasikmalaya,,,,nyaplok gak yaaa..mudah2an straikeeee…do”anya ya kang darman

  4. kang…umpannya siiiiiiipppppp ceritanya saya jempol pandan wangi dari cirebon karna saya kerja d cirebon…gak kuat buat coba umpannya tuh…akhirnya dapat juara 2..walua pertama kurang PD karna lapak di sebelah kanan saya straike terus sampai ketinggalan perolehan 1 banding 5 saya keteter namun tidak lama juga akhirnya saya nyelip perolehannya .alias d kebut…akhirnya jumlah akhir ikan 9 ekor dan tetangga kanan hanya 6 ekor…makasih resepnya…pasti saya pake terus tuh resepnya..cuma ada kreasi lagi gak ? tuh di umpannya..?

        • Ya tidak bisa karena dalam kandungan umpan Djempol Pandan Wangi itu terdapat beberapa komposisi dan tentunya tidak hanya berisi pandan dan vanili saja….didaerah mana sih anda tinggal soalnya setahu saya Djempol itu sudah beredar di hampir seluruh wilayah Indonesia

    • Benar umpan tsb sudah pernah saya coba di Yasmin Bogor jadi jika ingin dicoba didaerah Cibinong saya kira tdk masalah karena air diseputar Cibinong hampir sama denga Bogor

    • Bisa, saya juga suka mancing di Telaga Hijau, Srengseng. Empang Pak Eko Komp Hankam Joglo, Empang Ribu Kav DKI, silahkan dicoba.

  5. Jika bahan2nya di blender smua bagus ga bos?kcuali kroto ya?trs tahan lama ga jika tdk di kukus?maaf mormula bos jdi bnyk tanya nie

    • Bahan itu tdk bs diblender karena karakteristik umpan Djempol(harus diaduk dgn cairan bersuhu 80 derajat/titik didih), jk langsung dikukus maka akan dihasilkan umpan sekeras batu.

  6. Bos klu umpannya di bagi 2 buat siang ikan dehonya harus pke 2 kaleng donk boa apa 1 kaleng bgi 2 bos?klu 2 kaleng ukuran kecil apa besar bos dehonya?mksh sblmnya

  7. Ass.wbr kang darmasyah terima kasih info unpan ikan nya luar bisa

    kemarin sy coba mancing di daerah cibinong benar benar dasyat

    sekali lagi sip dah unpan nya

  8. ass mas

    mas dar mau numpang nayakan kalau deho nya tidak diblender tidak apa2 kah
    hanya digerus pakai sendok sampai halus. nagruh tidak boss

  9. Slam kenal dari Pemancing Tambun

    mas kalau Dehonya tidak diblender tidak apa2 kah???
    cuman kita haluskan dengan sedok ditempat baskom plastik
    mohon balasannya terimakasih sebelumnya…
    wassalam

    • tidak apa2, saya lebih suka diblender karena lebih halus dan mudah tercampur dengan umpannya.
      jika mau digerus usahakan gerus sampai halus agar dapat menyatu dengan umpan.

  10. selamat pagi pak.Dar
    Menginformasikan pada bulan januari minggu ke-2 kami,berniat mancing harian di daerah tambun,dekat rumah kami. Nama Pemancingannya Rawa Pisang (Bpk. Totok) Pagi sekali kami sudah mencari lapak/tempat yg bagus,kira-kira jam 9 Para pemancing sudah mulai berdatangan,kira-kira total pemancing harian sekitar 17 orang. Ketika ikan sudah diturunkan,langsung saya lempar kail ke titik 3/4 empang,begitu dilempar ikan langsung menyambar umpan resep Pak.Dharmansyah yaitu Sijempol Pandan Wangi. Sampe sore saya kewalahan neter,karna banyaknya ikan yg mengumpul di lapak kami. Kira-kira saya mancing sampai sore mendapat 22 ekor ikan Mas.

    Terimakasih Bpk.Dharmansyah atas resep yang anda berikan. Semoga bermanfaat bagi pemancing lainnya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb

    Dari Pak.Eka Tambun

    • Terima kasih kembali, selamat memancing…memang tujuan saya menuliskan umpan ini untuk dapat saling berbagi karena saya meyakini bahwa apa yg pernah kita ketahui wajib kita beritahu kepada saudara2 kita yg lain.
      Salam hangat.

  11. Maaf saya ikut nimbrung nih…
    Saya mau tanya apa umpan tsb di pakai segala jenis air dan musim
    Contoh : air coklat,air hijau musim hujan dan musim panas
    Sekali lg trimakasih

    • benar saya sudah mencoba umpan itu di beberapa empang didaerah ciledug(yg rata2 empangnya airnya hijau pekat), diSawangan(yg rata2 airnya berwarna coklat), didaerah Green-Garden(yg rata2 airnya hijau ke-hitam2an), umpan itu masih saya gunakan sampai saat ini dan sudah melewati beberapa musim, selamat mencoba.

  12. Salam kenal dari saya pemancing baru..
    Saya mau tanya kang
    Apa umpan tsb bisa di gunakan segala kondisi air dan cuaca?
    Contoh: air hijau,coklat musim hujan dan musim panas kang
    Sekali lg maaf dan terimakasih..

  13. malam, pak dar…
    salam kenal pak dar…
    sy newbie dr Bali. baru 6 bln ni sy kecanduan mancing dikolam karena cuaca laut yg ga bersahabat. n dr berkali-kali trip d kolam harian, hasilnya ga memuaskan…. hehehe…..
    sy mw tnya, selain umpan djempol pandan wangi, apakah kreasi umpan djempol yg lain jg ampuh…?
    kalo boleh, sy minta racikan umpan djempol keju susu n amis spesial yg bisa menguras empang…hehehe…
    terima kasih sebelumnya…

  14. Salam Kenal pak Dermawan, udah agak lama saya tidak mancing ikan mas di pemancingan lg,, besok kaya nya mau TEMPUR di Pemancingan.. heheheeee

    Lokasi : Papanggo, Tg. Priok
    jenis Air : Hijau Pekat / Berlumut
    BLOWER kecil
    Jenis ikan : Buntek

    yg ingin di tanya kan ?
    1. apa Umpan tersebut bisa Membuahkan Hasil tanpa KROTO ?
    2. DEHO nya Di pakai SEMUA ( minyak2 nya ) atau hanya IKAN nya saja ?
    3. Dalam SITUASI apakah ( hujan / Panas ) UMPAN tersebut di gunakan .

    Terimakasih banyak PAK DERMAWAN . salam STRIKEEE :)

    • Maaf anda salah membaca nama saya, saya pernah mancing di Papanggo dan hasilnya cukup siginifikan, untuk deho dipakai semua berikut minyaknya, tapi ingat aroma deho hanya bertahan 1/2 hari sehingga perlu mengaduk umpan setelah lewat tengah hari meski umpan masih tersisa, biasanya saya campurkan umpan sisa dengan adukan yang baru.

  15. sore pak dar….
    saya sudah aplikasikan resep umpan djempol ini di kolam harian teratai, jln. by pass ngurah rai, suwung, denpasar, pada minggu kemarin, dengan kondisi air hijau agak payau (kolam dekat pantai).
    jam 9-11, mungkin karena cuaca agak mendung, umpan ga begitu efektif. cuma narik 1 ekor.
    jam 11-14 cuaca terik banget, nah di situ sy agak kewalahan. ikan makan rakus.
    hasilnya lumayan, naik 5 ekor, tp syg yg moncel sy itung 7 kali moncel. mungkin karena kail yg terlalu kecil kali ya. sy pake daichi dh-90, no. 9.
    mw tny jg pak, kalo mancing malam di kolam harian, umpan yg efektif djempol yg mana ya…?
    mohon bimbingannya….
    terima kasih sebelumnya….
    salam gentak….

  16. Dear pak Darmansyah,
    Numpang report hasil copas umpannya…
    Lokasi : Buli Jaya pondok rajeg
    Sistim : harian mas
    Hasil : 4 kg
    Mantab jos tenan

  17. Terima kasih pak Darmansyah,
    Sebelumnya salam kenal dahulu,
    Minggu kemarin saya coba reep umpan tsb untuk lomba di kolam ucok peninggilan permai, hasilnya lumayan neter di pagi hari sampai siang, total perolehan ikan: 12 ekor ikan rame dan 1 ekor ikan induk. Ikan induk strike pertama kali, total ikan yg mocel 2 ekor. Sempat memimpin di nomimnasi indukan, tapi kegeser2 terus sama perolehan lapak lain hehe…. over all resep umpan ini mak nyuss banget.
    Sekali lagi terima kasih pak Darmansyah

    • tidak bisa karena bear-brand selain berfungsi sebagai penambah aroma, panasnya berfungsi sebagai media untuk memasak umpan Djempolnya.

      • Assalamualaikum wr..wb..
        Salam kenal Pak Darmansyah

        Pak, saya pemancing pemula, mohon izin pake resep umpannya ya pak!

        Oh ya pak, kk kerotonya cukup disiram air panas saja atau setelah disiram air panas harus di rebus, kl hrs di rebus berapa lama waktunya?

        Terimakasih ya pak sebelumnya
        Wassalam

  18. Assalamualaukum wr..wb…

    Salam kenal pak Darmansyah

    Saya pemancing pemula pak, mau mohon ijin pake resepnya ya Pak…

    Oh iya pak, kl kerotonya cukup di siram air panas saja atau harus di kukus, kl harus di kukus berapa lama bagusnya?

    Terimakasih banyak ya Pak sebelumnya

  19. Assalamualaikum wr..wb..
    Salam kenal Pak Darmansyah

    Pak, saya pemancing pemula, mohon izin pake resep umpannya ya pak!

    Oh ya pak, kk kerotonya cukup disiram air panas saja atau setelah disiram air panas harus di rebus, kl hrs di rebus berapa lama waktunya?

    Terimakasih ya pak sebelumnya
    Wassalam

    • Jika memang kualitas krotonya kurang bagus sebaiknya setelah disiram air panas, kukus selama 10 sd 15 menit(jangan direbus karena beberapa zat yg terkandung didalamnya akan larut dalam air), tetapi jika krotonya bagus(tidak bau) cukup disiram pakai air panas hingga menghilangkan bau “sangit”nya kemudian tiriskan jika dirasa masih terlalu basah gunakan bubuk indomie untuk membuatnya agak kering. Salam hangat.

  20. Saya besok mau coba dngan umpannya pa klo saya pake 2 jempol 2 kaleng suber 2 ons kroto itu joss ga ya pa kira kira…???

    • Sebaiknya masih dalam kaleng, saya pernah mencoba diblender dirumah dan saya taruh dalam plastik baunya agak berbeda, jadi deho yg ke2 itu diaduk diempang dan tentunya tdk sehalus yg pertama

  21. Salam kenal pak darmansyah
    Saya mau tanya klo ngk pake keroto apa masih bisa ya pak karena skrg agak susah Beli keroto berebut sama pecinta burung??

    Makasih sebelumnya

    • Bisa saja tetapi jika semua pemancing menggunakan kroto biasanya kita akan tertinggal, karena memang ikan mas cenderung menyukai kroto.

    • Coba kontak pemilik Umpan Djempol Nama panggilan beliau didunia pemancingan “Kang Ito” 081317350500. Beritahu beliau nomor ini anda peroleh dari saya Darmansyah didunia pemancingan dikenal dengan nama “Kong Marga”.

      • slam pak dar… klau buat pelet jitu kira2 bahan2 apa aja ya pak, klau buat mncing mlem bahan2 pelet jitu bsa pak. tlong kesh tau bahan2 pelet jitu

  22. Haturnuhun pisan pak umpan ny sdh sy dapat..dan sy mau tanya klau umpan ini bagus di kukus ap cukup di kasih suber yg sdh di didihkan saja..maf pak yah bntak nanya maklum pemula :)).tx

    • Umpan ini tidak boleh langsung dikukus, tetapi harus di-aduk/di-adon dengan suber panas atau air panas terlebih dahulu, nah setelahitu boleh dikukus jika menghendaki umpan matang, jika langsung dikukus setelah dicampur air atau suber hasilnya akan sekeras batu.

  23. Salam kenal kang.mau tanya nih.
    Kalo akang sering main di daerah ciledug.mungkin tau pemancingan palem joglo abah ikin.utk kondisi sprt itu msh sanggup gak tuh umpan kang.mksh mohon dbls soalnya saya gak prnh dpt lbih dri 3 ekor dsana.

    • Yang di belakang komp Kostrad itu ya, silahkan dicoba umpan ini memang cocok untuk air seperti itu(saya sudah agak lama tdk kedaerah situ)kalau tdk salah dulu banyak kiongnya. Semoga sukses….!!!!

    • Bisa saja sesuaikan dengan lingkungan,kroto itu dasarnya hanya sebagai daya tarik bagi ikan mas. saya pernah kehabisan kroto dan hanya dapat 1 ons, jalan juga umpan itu, yg penting krotonya jangan sampai bau.

    • Tergantung dari kebiasaan empang tempat memancing, jika memang empang tsb para pemancingnya sering menggunakan umpan yg tingkat amisnya ekstrim, boleh saja anda tambahkan kukusan udang yg diblender, tetapi untuk umpan standar penambahan kukusan udang blender akan membuat umpan itu overdosis amisnya.

  24. Slam strike kang dar. Minggu bsk sy coba resepnya. Maklum slama mancing pling byk strike 3s/d4 ekor. Mdh2n lusa bisa neter pemula ngarep.com hehe….skali lg mksh resepnya. Sya report klo dh coba gan.

  25. Halo pak Darmansyah…
    Saya sudah coba umpannya di kolam harian
    (air kolam warna kuning irigasi dan sirkulasi jalan)
    lumayan dapat 6 ekor pak, biasanya dapet 2-3 ekor pake umpan pelet.
    kadang Zonk juga.. tapi kalau di banding review bapak, 6 ekor pasti ga ada apa-apanya

    pas bikin umpan, saya sudah bikin sesuai dengan tata cara diatas,
    awalnya agak ragu setelah Djempol di campur dengan susu panas,
    jadi wangi dan mengembang seperti adonan kue atau donat,
    tapi saya tetep lanjutkan demi penasaran, hehehe.
    perbedaannya untuk kroto saya hanya siram dengan air panas tidak di kukus,
    apa pengaruh kroto di kukus dengan tidaknya besar pak?
    soalnya lapak sebelah saya liat tidak pakai kroto malah dapet 8 ekor lebih.
    mohon pencerahannya pak..

    Kalau ada racikan/resep Djempol untuk ikan mas boleh di share ke email saya newbie.angler@gmail.com

    thanks

    • kroto dikukus itu hanya untuk mencegah agar tidak berbau asam, jika ada yg tdk pakai kroto dan dapat lebih banyak, percayalah itu karena rejeki semata, satu hal yg harus anda perhatikan jika menggunakan umpan ini jangan berpindah-pindah titik lemparan, usahakan buat satu atau dua titik saja, biasanya saya pada lemparan titik pertama selalu membuang umpan sebanyak lima(5) kali dengan cara lempar kemudian diamkan beberapa saat(biasanya kurang dari 1 menit)lalu saya gentak(pura2 dimakan ikan)hal ini saya lakukan sebanyak 5(lima) kali(nah bayangkan ada berapa umpan yg terkumpul dititik itu dan kumpulan umpan itu merupakan daya tarik tersendiri bagi ikan),baru pada lemparan ke 6(enam) saya diamkan dan tunggu sampai ikan makan.
      Selamat mencoba memancing dengan tehnik MEMBINA titik makan ikan.

  26. Maaf pak darmansyah mau nanya lagi. Kalau untuk ikan ukuran 4kg kira” pake umpan ini bagus gak pak ?

  27. Salam strike,Salam kenal pak darmansyah
    Saya wawan dari cilacap,
    Saya mau nanya pak,kalo pemncingannya tidak ada blowernya cocok gakpake umpan ini,,makasih

    • Cocok, karena saya pernah mancing di daerah cibinong Bogor dan empangnya tdk pakai blower, umpan tsb masih dapat diandalkan, asalkan mancingnya jangan pindah2 spot(satu titik lemparan saja).

  28. Salam Kenal
    Maaf Bang Darmansyah kemarin gak ijin dulu pakai menu umpanya dan ternyata berhasil mantab…sdh saya coba di 2 tempat pemancingan yaitu di Kabeda dan di Pamulang dekat pacuan kuda ( belakang kuburan ) walaupun bukan lomba tapi mancing arisan dg teman2, biasanya paling narik 4 – 6 ekor tapi kemarin sampai 14 ekor di dua tempat tsb. Terima kasih
    Mohon tanya Bang Dar…kira kira apa efeknya bila suber diganti dengan susu dencow seduh ?

  29. Numpang tanya ni bang dar.kalo buat di empang berwarna hijau – ada blower nya gimana,dan kalo pake nya setengah djempol pandan wangin nya apa susu nya juga aetengah aja.maklum pemula bang heheheheh

  30. Salam kenal Pak Darmansyah.

    Saya pemancing pemula, dan akan mencoba ikutan lomba mancing ikan mas, dengan kondisi air kolam hijau.
    Setelah membaca tips (resep tersebut di atas) dari bapak saya ingin mencobanya.
    Tapi saya belum mengerti cara membuat/meracik umpannya.
    Mohon di beri tahu cara meracik umpannya secara jelas. dan kapan waktu yang tepat untuk memracik umpannya ( sehari sebelumnya atau beberapa jam sebelumnya)…??

    Terimakasih
    Salam,
    Hefin

    • Mohon maaf saya baru saja kembali dari Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur tadi malam( tgl16-08-2015) sehingga baru dapat memberikan reply hari ini. Coba anda baca reply saya terdahulu, saya sudah menuliskan cara membuatnya, dan untuk kapan umpan tsb dibuat, biasanya saya membuatnya pada pagi hari menjelang berangkat ke empang(sekitar jam 6 pagi).

  31. saya tidak pernah pakai essence untuk kolam non galatama, tetapi jika mau pakai saja usar atau nilam yg aromanya keras karena pada dasarnya usar atau nilam itu meningkatkan aroma dasar umpan

      • oke deh om,,,makasih infonya,,,saya akan coba besok bikin dan hasilnya akan saya infokan setelah saya balik mancing,,,posisi saya di bekasi om,,,wassalam,,

        • selamat siang om,,semalam saya mancing menggunakan umpan racikan yg om kasih,,saya cuma dapat satu ekor,,permasalahannya dima ya om,,,kok kurang jitu,,kondisi airnya hijau kecoklatan om,,mohon bantu ya om….thanks,,

          • coba sesuaikan dengan umpan yg biasa digunakan hanya bahan dasarnya tetap Djempol dan susu bearbrand

  32. Salam kenal Pa Darmawan
    Kl utk mancing lomba yg durasinya hy dua jam, bs ga formulanya drubah masing2 bahan dipake sparo. jempol separo, susu 1/2 kaleng ma deho kecil?

    • susu beruang itu yg bertuliskan bearbrand ada dua variansyg satu kalengnya pendek(kurang dari 10cm) nah yg saya pakai yg panjang(lebih dari 10cm)

  33. Kang makasih resepnya.
    Barusan saya mancing di empang kang subur, di belakang TPU taman kota (cengkareng).
    Bawa pulang Nyimas 13 ekor, itu belum termasuk yg ngoncel2.
    Padahal saya hanya pakai keroto 1,5 ons kang. Salam kenal kang

  34. Malem pak darmawan
    .maf ganggu
    .pak saya mau nanya
    .apa kah umpannya boleh di pake essen
    .soalnya semua lawanya pake essen
    .untk gala tama
    .truss boleh di tambahin bau amisnya klw bole kasih apa
    .mksh sebelumnya
    .

      • Asalamualaikum pak dhar
        untuk umpan djempol premium amis+ crystal dan biang susu plus 30 butir telor puyuh,lebih nyedot mana pak dar dengan umpan djempol pandan wangi ini???
        saya sudah coba yg jempol pandan wangi,tapi untuk yg campuran telor puyuh,yg pernah pak dar tulis diblog,alhasil dapat ikan 54 ekor plus babon banci,saya baru mau coba besok minggu di pamulang pacuan kuda.
        Mohon untuk pencerahannya ya pak dar
        terimakasih
        salam silaturahmi KURNIAWAN
        Biasa dipanggil Takur

        • tergantung kebiasaan empangnya, keduanya sama baiknya tetapi yg telur puyuh memang agak merepotkan meraciknya dibandingkan dengan Pandan, tetapi sepanjang pengalaman saya telur puyuh memang lebih ampuh.

  35. Aslmualaikum pak dharmansyah
    salam silaturahmi,saya selalu mengikuti resep umpan pak dharmansyah atau yang dikenal kong Marga didunie pemancingan,untuk racikan umpan djempol pandan wangi dan umpan djempol premium yang pakai campuran,telor puyuh lebih nyedot yg mana pak dhar??
    Saya sudah coba racikan yang pandan wangi,tapi untuk yang premium + telor puyuh baru mau coba.
    pertanyaan saya lebih nyedot pakai racikan yg mana pak dar????
    Terima kasih
    wasallamualakum..
    salam silaturahmi by: TAKUR

      • Repot plus mahal ya pak dar..
        benarkah ini bahannya ya pak dar..
        premium amis 1/2
        Premium wangi 1/2
        Telor puyuh 30
        Keju craf 3/4
        mede 3 sendok
        kukus plus daun pandan
        keroto 1 ons
        Deho 1 klg.
        jika memang lebih nyedot racikan ini saya akan coba pak dar,hari minggu besok,
        Saya sudah coba yang pandan wangi,alhasil dapat 15 ekor,
        maka dariitu saya ingin coba yg telur puyuh,jika memang lebih ampuh dan nyedot pakai umpan ini..
        salam kenal ya pak dar,saya selalu nyimak racikan umpan pak dar alias babeh kong marga.hehehehe

      • Repot plus mahal ya pak dar..
        benarkah ini bahannya ya pak dar..
        premium amis 1/2
        Premium wangi 1/2
        Telor puyuh 30
        Keju craf 3/4
        mede 3 sendok
        kukus plus daun pandan
        keroto 1 ons
        Deho 1 klg.
        jika memang lebih nyedot racikan ini saya akan coba pak dar,hari minggu besok,
        Saya sudah coba yang pandan wangi,alhasil dapat 15 ekor,
        maka dariitu saya ingin coba yg telur puyuh,jika memang lebih ampuh dan nyedot pakai umpan ini..
        salam kenal ya pak dar,saya selalu nyimak racikan umpan pak dar alias babeh kong marga.hehehehe

    • 1/2 sachet Djempol Amis+Crystal
      1/2 sachet Djempol wangi+Biang susu
      25 butir telor puyuh mentah
      1/8 potong keju kraft
      2 sdm kacang mede bubuk
      1 klg Deho(diblender)
      2 ons kroto(dikukus misah)
      semue aye kukus kecuali deho
      campurin deh ntu kukusan ame blenderan deho, kalo ude kalis campurin kukusan kroto
      pan jadi lembek, kerasin deh make Djempol amis(sise 1/2 sachet)

  36. salam kenal pa…
    izin coba resep djempol wangi nya…saya coba dengan penambahan sedikit ” halco”… kira-kira bisa ga.trimakasih.

    • sangat memungkinkan tapi usahakan jangan terlalu banyak karena jika halco terlalu banyak ikan hanya berkumpul tidak mau makan, cukup kira-kira 1 cm

  37. Salam kenal Pak Dat,,, mohon ijin pake resep umpan yg pakai telor puyu, kacang mede di ganti sama tepung mede bisa ngak, klau bisa ukuranya berapa sendok,,

  38. salam gentak,pak darmansyah.. pak kmrn saya copy paste racikan bapak,saya mancing di air hijau di daerah bekasi ,pekat tapi malah gk ad yg makn umpan y pak. nihil hasil yaa. saya bikin sesuai dngn komposisi bapak racikan ya. mohon penjelasany trims salam gentak

    • Bagus sekali tetapi takarannya paling banyak 1 ons saja untuk menggantikan 2 kaleng deho jika kebanyakan ikan hanya berkumpul tidak mau makan.

    • Bagus sekali tetapi takarannya paling banyak 1 ons saja untuk menggantikan 2 kaleng deho jika kebanyakan ikan hanya berkumpul tidak mau makan.

  39. Salam gentak pak dar,, untuk ikan mas ukuran 1kg per 2 ekor pak,, bagus y umpan menggunakan amis atau wangi pak,, dtambah kondisi air hijau keruh.. Bagus y umpan menggunakan ap y pak?? Saya mau terjun k pemancingan di darmawangsa daerah bekasi pak..
    Mohon masukan menurut pengalaman pak darmansyah,,!!! Trims salam gentak mantaapp….

    • saat ini musim kemarau saya lebih cenderung kearah amis, jika perlu tambahkan sedikit essence amis seperti choya atau tenggiri

  40. Malam pak dar,,,,saya nyari djempol pandan wangi ko gak ada yaa,,,adanya cuma djempol amis special sama susu keju,,,,kalo dikarawang adanya dimana kang,,,

    • waduh setau saya di Karawang sudah banyak beredar itu umpan, coba ekplorasi lagi toko lainnya.
      tetapi biasanya jika sebuah toko pancing menjual produk Djempol pasti komplit mungkin dia kehabisan stok.

  41. Maaf kang dar,,,,kaalo boleh minta resep ya amis special ada gak kang,,,terima kasih sebelumnya,,,
    Maklum masih amatir,,,hee

  42. untuk kang fuad ane juga di cikampek karawang, banyak koq hampir di semua toko pancing ada, ane biasanya beli yg didepan pom bensin duren kosambi kalo ngga sebelum pertigaan kosambi ada di sebelah kanan jalan.

  43. Kang imat terima kasih infonya tadi siang dh meluncur keTKP alcamdulillaah dh dpt pndan wangi tinggal nyobain mga bisa neter,,,aamiin
    Pak dar minta ijin pke resep planing rabo mau nyobain resep,,,,hihii
    Kmren sabtu nyoba amis special+suber+bella(deho abis jadi pke bella),,,,tanpa kroto kehabisan stok,,,alhasil ngangkat 5ekor nyimas,,,,mayan wat pemula,,,hihii
    Salam gentak

  44. Asslkm.pak darmansyah…
    Kmrn saya udh coba terjun di darmawangsa,, mantaap pak ngetrik trs kaya mesin jahit,,, trims racikn umpan bapak.. Salam gentak mantaap

  45. Pagi pak dar,,,rabu kemaren sya nyobain lagi pandan wangi,,,perolehan 9 ekor nyimas,,,,mantaapp ni umpan,,,bakalan jdi umpan andalan nich,,,hee
    Terima kasih resepnya pak Dar,,,,salam gentakk

  46. Maksudnya urutan pencampurannya pak dar. Keju 1/8 dari ukuran keju berapa gram pak. Terima kasih pak Darmansyah. Infonya sangat bermanfaat buat para mancing mania.

      • Pak dar…
        Adonan setelah dikukus jadinya agak keras ya. Sehingga harus diparut agar bisa diaduk dengan deho dan kroto.atau saya salah membuatnya.

      • Pak dar …
        Saya sdh coba bikin umpan telor puyuh. Setelah dikukus adonan jadi agak keras yaa…sehingga harus saya parut lagi baru bisa dicampur deho dan kroto.
        Atau saya salah buat adonannya ?

        • Itu disebabkan anda memasukkan Djempolnya dalam kondisi masih bubuk, Djempol tidak boleh langsung dikukus, jadi aduk Djempol dengan susu panas hingga tercampur sempurna baru kemudian tambahkan telor puyuh dan yg lain, aduk lagi hingga merata.
          Harus diperhatikan Umpan Djempol jika langsung dikukus akan jadi batu, karena kandungan bahannya mengandung jelly, oleh karena itu sebelum dikukus Umpan Djempol harus dicampur dengan air panas(air mendidih) atau susu panas(susu yg telah dididihkan).

  47. Oke pak dar….
    Kalau diseduh dgn susu beruang bisa apa nggak .
    Terima kasih Infonya . Sangat bermanfaat.
    Saya akan coba buat lagi.

    • Iya memang demikian yang saya lakukan, saya panaskan susu beruang hingga mendidih dan seketika mendidih saya angkat(kira2 suhunya 80 derajat celcius), kemudian saya campurkan pada Umpan Djempol, pada awalnya agak lembek tetapi diamkan hingga agak dingin dan kita akan memperoleh umpan yg sudah mengeras, lalu campur dengan racikan yg lain kemudian kukus.

  48. Pak dar saya berhasil membuat umpannya. Kalau hasil kukusannya saya pakai setengah dan saya aduk dengan deho dan kroto bisa apa nggak.
    Soalnya kalau semua saya aduk sepertinya banyak sekali. Trims.

    • Benar sekali, memang komposisi itu menghasilkan umpan dalam skala besar, jadi gunakan separuhnya saja, saya biasanya membungkusnya dalam dua bungkus plastik terpisah pada saat dikukus, sehingga pada saat digunakan yg satu masih utuh sebagai umpan cadangan jika kehabisan umpan diempang.

  49. malem om….
    mau tanya nih, klw deho nya diganti ikan tongkol yg dihalusin + minyak goreng trus di rebus bisa ngga ya..
    trus…umpan tsb untuk musim kemarau atau hujan
    ditunggu infonya ya om…thks

  50. Sore Pak De….

    pak de.. sebelumnya saya mohon maaf ni, yg sebesar2nya..
    saya belum sempat ijin ke pak de utk pakai racikannya…

    saya gk tau harus ngomong apa krn saking senangnya..

    pada malam sabtu tgl 6 nov 2015 saya baca racikan pak De.
    tanpa pikir panjang krn hari sudah malam . saya langsung beli djempol pandan wangi 2 bungkus . 1 kaleng deho dan susu beruang 2 kaleng serta 2 bks indomie.
    ke esokan paginya setelah sholat subuh umpan pun saya racik, tapi sayangnya deho nya hanya 1 kaleng.
    jadi saya racik. 1 kaleng susu beruang, 1 bungkus djempol dan 1 kaleng deho..
    jam 7;30 saya beranjak dari rumah menuju ke kolam pemancingan. di situ cipondoh. kebetulan lombanya di adakan jam 9:30.
    lomba pun di mulai. kebetulan saya dapat lapak no 8. saya gk tau pak De, bahwa lapak no 8 itu kata orang yg biasa ikut lomba adalah lapak mati ( jarang ada yg dapat ).
    begitu saya lempar umpan pertama saya cukup PD krn umpan yg saya buat .
    tapi sampai jam 11 pelampung saya belum bergoyang..padahal umpan sudah lebih 10 kali saya lempar. setelah jam 11 lewat 20 menit pelampung saya mulai ndut ndutan. saya sabri sampai dia tenggelam..
    apa yg terjadi , begitu saya tarik joran saya ……… langsung leandid 2 ekor ikan mas.. 1 indukan 2,6.kg dan yg 1 kira2 5 ons.. MAAAAANNTAAAAAAB….. teriak saya. sehabis itu saya tambah PD lg.
    Pak De tau apa yg terjadi. sampai jam 4 lomba selesai ternyata di dalam korang saya ada 31 ekor ikan.. dengan 3 ekor indukan…..Ciiiiiiihhhhhuuuuuuyy…
    akhirnya saya di nyatakan dengan pemenang prestasi terbanyak. walaupun saya gk dapat pemenang indukan, tetapi saya sudah senang banget menjadi pemenang pertama prestasi terbanyak.

    TERIMA KASIH BANYAK PAK DE DARMANSYAH atas share racikan umpannya.. semoga kedepannya dapat membagi pengalamnya ke pada kita semua.. SALAM HORMAT…

    • Alhamdulillah, tidak perlu ijin, memang racikan ini sengaja saya share dan anda membuat saya bangga karena telah menaruh kepercayaan pada apa yang saya tulis, selamat semoga Berkah dan Rahmat Tuhan selalu menyertai anda sekeluarga, Amin.

      • Assalamualaikum wbr…….

        salam kenal pak de…..
        saya pemancing pemula mau ijin mencoba umpan racikan pa De……
        oh…ya pak De suka mancing di daerah ciledug didaerah mana aja pak De?

        • Wah, dalam beberapa semester ini saya tidak bisa mancing karena jadwal saya sabtu dan minggu terpakai semua di kampus.
          Tetapi jika saya mancing makan orang akan lebih mengenal saya sebagai “Kong Marga”…….he…..he…he.

  51. Mlm pak dar,,,,minggu lalu sya pake lagi umpan jempol pandan tpi tanpa kroto,,,,,perolehan 8ekor 3 mocel ,,,,,,kalah umpan sama sebelah yg makai umpan kukusan mujaer sma kroto,,,,,heee

    • Benar sekali, biasanya indomie saya buang semua bumbunya, lalu mie-nya saya blender memakai gelas blender yg kecil dan hasilnya halus sekali.

  52. Selamat siang pak Dar….
    Umpannya mantab ….
    Setelah berhasil membuatnya langsung saya tes harian di bekasi.
    Turun jatah 1 kilo dapat hampir 4.5 kilo.
    Racikannya mantab.
    Terima kasih pak.

  53. Sore gan .. kemarin minggu ane cb tuh resep di pemancingan telaga buli pondok rajeg.. umpan gak jalan sama sekali alhasil dri pagi sampe sore cm 2 ekor doank..

    • Terkadang memang umpan itu tidak menentukan nasib seseorang pada suatu hari, jika memang tidak jalan sama sekali jangan dipakai lagi.

    • Saya biasanya tidak tuh, setelah adonan jadi saya simpan dalam 2(dua) plastik dan pada saat diempang saya gunakan satu pada pagi hari dan saya campurkan dengan deho 1(satu)kaleng, kemudian setelah jam 12 saya gunakan yg satu bungkus lagi juga dengan menambahkan deho 1(satu)kaleng lagi.

  54. Salam gentak pak dar.. Pak racikan umpan telur puyuh,untuk djempol amis+cristal dan djempol biang susu y,lansg dikukus dngn telur puyuh ya atau bagaimana pak dar.. Trims…

    • Djempolnya sebelum dikukus aduk dulu dengan air panas atau susu panas, setelah kalis campurkan dengan bahan yg lain baru kukus, jika Djempol tidak diaduk dulu maka pada saat jadi umpan akan keras sekali.

  55. Baik pak dar,trims info ya…
    Nnti saya mau yobain racikan telur puyuh yaa,, antara sabtu atau minggu saya mau terjun mancing,saya kabarin hasil y,, terima kasih pak dar,,, salam gentaakk!!!!

  56. Slm kenal. Bang Darmansyah.sy hoby mncng ikan mas.sy sdh l. Pk umpan jempol.sy srng bc di google.semacam pandan wangi menguras empang, 313 dan jempol amis itu udah sy cb semua. Tp sy selalu boncos di lomba plng dpt 3 ekor.untuk bang Darmansyah sy mohon solusi nya.

    • Dalam memancing di empang lomba banyak sekali faktor yg mempengaruhi hasil kita, antara lain:
      1. Jenis air empang(coklat muda, bening, hijau pekat dlsbgnya)
      2. Spot atau lapak juga menjadi faktor penentu terkadang dalam satu empang ada beberapa lapak yg tidak suka dikunjungi ikan.
      3. Adanya hewan lain yg mengganggu ikan mas sehingga ikan menjauh.
      4. keahlian dan tehnik memancing.
      5. Kebiasaan merokok apalagi rokok putih(cigarette) tanpa kita sadari ada aroma yg melekat pada jari tangan kita dan saat kita gunakan jari tadi untuk mengambil dan memasang umpan maka aromanya akan membekas pada umpan, biasanya ikan akan menjauh mencium aroma tembakau, hal ini berlaku juga untuk aroma obat gosok dan yg sejenis.
      6. Peruntungan, percaya tidak saya pernah mancing borongan(empang belum pernah dipancing dan ikan dipelihara dari bibit hingga besar)dan saat itu saya hanya memperoleh 2(dua)ekor saja dan kecil2.
      Saran saya:
      Jika hal-hal diatas sudah benar maka yg anda harus lakukan adalah melakukan penumpukan umpan dengan cara lempar kesatu titik, diamkan selama beberapa saat(saya biasanya kurang dari 1 menit)lalu rontokkan umpan dengan cara menggentaknya seperti jika kita menggentak ikan yg makan kail, lakukan ini minimal 5x pada titik yg sama sebelum anda mulai memancing, nah tunggu dan lihat reaksinya, jika setelah lebih dari 5 menit belum ada tanda2 ikan mendekat lakukan lagi langkah diatas dan kurangi banyaknya gentakan yg sedianya 5x jadikan 3x kemudian coba lagi mancing, Insya Allah berhasil.
      Jika tidak yaaahhhh saya juga tidak tahu harus bilang apa lagi.

  57. Trims saran. Nya .waktu dulu umpan jempol pernah terjun di daerah suradita di empang eko pas hr minggu wkt itu pas lomba.sy jg ikut,di st umpan jempol promosi sy jg pk.wkt itu yg dpt tmn sy guru dia dpt bonus ril dr jempol.nah dr st smp skrng sy pk jempol trs. Bang kl racikan pandan wangi tlr nya sy ganti pk tlr puyuh bisa gak,kl bs tlr puyuh nya pk brp. Sy akan mj trs smp ktm umpan jempol yg bnr” mntp

  58. Slm bang,Bgs gak bang tlr nya sy gnt pk tlr puyuh,brp bnyk tlr puyuh nya ya bang, yg sy racik jempol pandan wangi. Oh iya bang warna air nya agak kecoklatan.mohon solusi dr bang Darmansyah.trims

    • Telur puyuh biasanya saya pakai untuk Djempol Amis Crystal dan Wangi Biang Susu(yg warnanya merah dan biru), untuk air kecoklatan coba pakai racikan Djempol Pandan Wangi saja.

  59. Siang pak Dar..
    Pak kalau yang racikan telur puyuh kacang medenya bisa digati minyak wijen atau tidak pak.
    Soalya menurut temen saya kacang mede untuk umpan ikan mas wanginya sama seperti minyak wijen.
    Sebelumnya terima kasih pak.

    • Saya belum pernah coba, tidak ada salahnya jika dicoba, pada dasarnya racikan umpan yg jitu itu berdasarkan beberapa percobaan.

  60. Slm bang Dar,bang Dar wkt hr rb sy mcng pk racikan pandan wangi sy dpt 4ekor.bang kl sy + keju racikan pandan wangi nya bgs gak bang. Dan kl pk kj Ukurannya kj nya segimana bang.mohon solusi dr bsng Dar..mks.

  61. Pencerahany pak… Boncos trus ni pak gk pernah hasil.. Lokasi pemancingan d lampung tengah pak.. Kondisi kolam coklat, sirkulasi air sungai pake mesin air rummahan , ikan 1kg isi 4.. Warna ikan hitam bentuk bulat… Mohon pencerahan umpan yaang cocok pak… Salam kenal y pak

  62. aslkm…pk de…kmrin ikut lomba nyimas….airnya coklat umpan telur puyuh kurang nyedot pk de,,,apa umpan utk air coklat y pakde…sirkulasi air kurang bagus……

    • Musim Hujan gunakan Djempol Wangi Biang Susu dan Djempol Amis Crystal serta Telor puyuh, racikannya lihat reply terdahulu.

  63. Slm bang dar,maaf bang sy mau tanya 1adonan pandan wangi di bg 2 bngks.nah 1 bngks adonan ukuran deho nya 1klng atau 1/2 klng ya bang. mhn penjelasan nya. Trims.

    • 1 bungkus Djempol pandan wangi saya aduk dengan susu beruang 1 klg kemudian saya bagi dua, untuk setiap bagian 1 klg Deho.
      jadi kalo dihitung 1/2 bks Djempol Pandan Wangi diberi 1 klg Deho.

  64. asalammualaikum pa, alhamdulillah setelah beberapa kali percobaan umpan djempol pandan wangi, akhirnya hari sabtu kemaren bisa juara satu induk terberat plus ikan rame 10 ekor, walaupun di gencet kanan kiri sama senior 2,tapi sy tetep percaya diri sama umpan sy ,temen2 sih bilang itu hasil luar biasa bwt seorang nubie,terima kasih banyak atas ilmunya.

  65. Slm bang Dar.bang sy mau tanya,adonan pandan wangi di bg 2 bngks, nah 1bngks nya deho nya 1 klng atau 1/5klng ya bang trs pake minyak gak. Sy mahon penjelasan nya dari bang Dar.

    • air keruh dan hijau sudah pernah saya coba dan berhasil begitu pula air yg lumayan jernis(agak coklat muda) seperti didaerah sawangan.

  66. Aslkm wr wb. Pa darmansyah. Maaf mau ngerepotin. Sy mau minta umpan yg ada telor. Tlg tulisin dengan jelas cara buatnya. Mksh
    Wslkm. Wr. Wb

    • bisa dilakukan dengan cara mengaduk wysman dengan umpan Djempol yg sudah diaduk dengan susu panas atau mencampurnya dengan telor puyuh.

  67. Pak mau tayak ni .saya dari medan. klo di daerah saya gak ada jual umpan Djempol .kira² apa pengganti buat umpan djempol ?
    THX.

    • Wah saya tidak punya referensi pengganti umpan Djempol, setahu saya Umpan Djempol itu sudah beredar diseluruh Indonesia, DiMedan juga sudah ada, coba kunjungi beberapa toko pancing dan cari info.

    • Tidak ada umpan khusus yg saya ketahui untuk Kumpay….he…he…he…memang sih kumpay itu gampang2-susah, biasanya dia makannya..hit and run…saya sering mengakalinya dengan umpan yg pas seukuran mata-kail(jika kita raba umpan yg terpasang pada mata-kail akan terasa ujung mata-kail yg tajam).

      • Terima kasih banyak Pak Dar atas informasinya,
        saya penasaran karena umumnya ikan mas kumpay sering dibuat untuk ikan jekpot dan sangat susah dapetinya

    • Pada dasarnya sebuah racikan umpanitu tidak berlaku baku dapat saja di modifikasi dan disesuaikan dengan kondisi setempat, silahkan dan tolong khabari bagaimana tingkat keberhasilannya.

      • hapunteun ya pak darmansyah..ane mau ng share aja buat para angler. barangkali ada yg lagi nyari”Getah Katilayu” (utk kegunaan dan manfaat silahkan googling aja ya..) ane mau jual edisi pensiun mancing..uda dpt info resep umpan dari Om Dar trus pake Katilayu jadi manteb bgt dah insya Allah Neterrr!! gan..ane punya barang Asli dari Gumulung tonggoh .greged.kab Cirebon..utk info lengkap hubungin;087829954252..

  68. Gak tau harus bilang apa, yang jelas ini umpan bener-bener EEEDDDDAAAANNNN
    gak ngaruh ama cuaca jenis air, lokasi. saya dah buktikan sendiri. tentunya semuanya dibalikan dengan cara ngolahnya dan besar kecil ikan yang akan di pancing…

    JOSS PAK D makasih resepna.

  69. Terima kasih resepnya pak Darmansyah, kemarin sabtu 19 des 2015, sy dapat 13 ekor, dapat juara 3, ikan terbanyak juara 1 dan 2 babon terberat, di empang Villa Kalisari, Cijantung, jakarta timur

  70. saya salah baca, cma pake 1 kaleng deho di bagi 2, tpi hasilnya memuaskan, sya dapat juara 1.
    makasi infonya bang, trus brkreasi dn tetap semangat, salam strike..

    • Berarti karakter empang itu tidak perlu terlalu amis, jika ada yg menggunakan aroma amis biasanya kita kalah jika hanya memakai deho 1 saja.

  71. nanya lg pk de…umpan telur puyuh sdh diadon sy bagi dua lalu sy kukus…tiap satu bungkus adonan satu kaleng deho y pkde dan satu ons kroto?…biasanya sy buat satu kaleng deho dan 2 ons kroto baru sy bagi dua.,mohon penjelasannya pk de wslm

  72. alhamdulillah pak darmansyah, resep umpan bapak saya bagi ke kawan sy, alhamdulillah iya dapat 26 ekor di pemancingan pitara depok, mohon maaf ga ijin dulu kalaw bagi -bagi resep ke orang lain,

    • Selamat…deh…..begitulah pemancing saling berbagi dan anda akan merasakan bahagianya membuat orang lain senang, anda sudah satu langkah lebih maju dari pemancing biasa.

    • Bisa yg penting dari tuna itu kita ambil aroma amisnya, saya pernah menggunakan ikan tuna cuek dan saya blender dengan minyak sayur berhasil juiga tuh.

    • Bisa saja malah saya pernah coba dan memang hasilnya lebih baik tetapi tuna ayam brang relatif lebih mahal dari deho.

    • Pada dasarnya dapat saja dilakukan modifikasi demikian tetapi takarannya sesuaikan dengan karakter empng dimana umpan akan diterapkan, apakah komposisi amisnya yg leboh banyak atau wanginya.

  73. Malam kang ane mau tanya,apa umpan ini pernah ada yabg pakai dikolam pemancingan sabar jaya ( kolam h budin ) mohon pencerahan,wss nhn kang.

    • Sudah pernah cingreng disana dan juga diempang telaga mas (itu dari tugu terus saja kira2 2km ada disebelah kiri masuk kedalam)

  74. Assalamualaikum Pak Dar, semenjak saya pake resep pandan wangi pak Dar pada musim panas kemaren saya mancing ga pernah zonk, tapi pas ganti musim hujan pandan wangi ga jalan sama sekali padahal komposisi tidak saya rubah . Masalahnya dimana ya pak bisa sampai ga di toel2 acan umpan ama nyimas???

    Terimakasih

      • puenten ya pak dar..klo boleh nanggapin dari pak rohimat..kmaren senin ane cobain pake umpan pak dar cakep bgt buat harian padahal pagi cuaca panas jam 12 siang mulai ujan tp alhamdulillah neter ampe jam 2 siang 12Ekor dikorang pocelan 2 ekor putus 1 ekor total klo kena smua 15 ekor pak dar resep yg mantap!!!..maaf ye klo boleh bcanda..klo kate pemancing tergantung amal perbuatan..hehehe..piss pak rohimat..salam ngetrixx..

  75. Pak wawan Salam strike juga, thanks responnya kalo gitu ane patut coba lagi mungkin iya kali kemaren ane lg ga hoky. tadinya ane pikir pandan wangi emang hanya untuk musim panas

    Pak Dar, itu telor asin dipake semua (putih + kuningnya) pak???

  76. he…beda orang beda hoky juga, justru klo di bekasi umpan pak D lebih joss pas musim hujan,yg lain bengong plampung saya ilang. cuma takaran dehonya sy kurangi kalo musim ujan 1 deho besar buat 2 bungkus, klo musim panas 1 deho besar buat 1 bungkus.

    • Aroma jadi berbeda saya pernah coba dan gagal, tetapi tergantung dari kondisi kolam jika memang kacang tanah berlaku dikolam tsb, bisa dicoba.

  77. Maaf ganggu pagi-pagi om,saya pemula nih soal mancing ikan myimas.
    Mau tanya om deho nya di ganti sama express gimana om.
    Bisa gak kira-kira?
    Mohon petunjuknya om.

  78. Salam Strike Pak Darmansyah,

    Semoga dalam keadaan sehat selalu, aamiin.

    Minta infonya Pak, untuk krotonya dipisahin dulu atau tidak ya? kan ada yg ukuran kecil (calon semut rangrang) dan besar (kaya calon laron/semut ratu).

    Sama minta bocorannya dong untuk rangkaian kailnya seperti apa yang biasa PakDarmansyah gunakan (klo boleh bisa kasih liat fotonya pak)

    makasih ya Pak Darmansyah yang dermawan.

    Salam strike, hook up, fish on, etc, etc, etc…

    • Saya biasanya memang membersihkan kroto yg besar2 dan semutnya yg hitam saya buang, untuk rangkaian kail saya menggunakan 3 mata kail(ukuran 4 atau 5 gamakatsu chinu) dalam satu rangkaian dengan posisi: mata kail pertama berjarak 4 cm dari kili2 kemudian cabang untuk kail kedua dan ketiga terletak 1cm dari mata kail pertama, mata kail kedua dan ketiga saya buat sejajar, nanti deh saya photo rangkaiannya.

      • sepertinya pakai sistem “bongkar pasang” pak ya, nda di paten/diikat langsung dengan senar pancingnya.

        Karena ada yg bilang kalo pake kili2 ikan jadi kurang makan / jadi takut.

        makasih pak infonya…

        • Ya benar saya pakai peniti galatama jadi bongkar pasang, memang ada karakter ikan yg tidak mau makan jika ada peniti galatama dan kili2, tetapi saya selalu menggunakan metoda ini untuk mancing di-empang ikan mas, dimanapun saya mancing. Jika ragu pakai saja sambung langsung mungkin bisa lebih Jossss…..!!!!

  79. Om darmansyah lam ngetrik…
    Saya mau tanya… nih.umpan pandan wangi cocok gak klo di pakai di pemancingan air hijau keruh.niatnya rabo tgl 9 mart 2016.saya mau mancing di empang kang gondrong.di pamulang tembusannya gang kubur pacuan kuda. Makasih om. By dhika

  80. Saya ralat om kiriman saya yg barusan. Maksud saya itu umpan djempol pandan wangi.nulisnya buru2 jd djempolnya gak di tulis.hehehe mohon pencerahannya makasiiih…..

  81. Pa kalau umpan pandan wangi bisa di tambahkan telur tidak ? Kalau bisa berapa butir bisa di tambahkan ? Di pakai kuning telurnya apa putihnya saja? terimakasih sebelumnya

    • Boleh pakai telur dan pakai semuanya baik putih maupun kuningnya untuk komposisi umpan saya gunakan 2 butir telur saja sudah cukup.

  82. Assalamualikum.. Pa Darmansyah,…Maaf Ikut Nanya ..Untuk Kroto sebanyak 2Ons itu apa harus dipilih putihnya semua? atau boleh dimasukkan semuanya?(termasuk yg sudah dewasa?)…trims Infonya.

    salam stike…mantaaap.
    By. Ali Ys Banjarmasin.

    • Saya biasanya hanya membuang yg sudah jadi semut dan cenderung berwarna coklat atau hitam serta kotoran lainnya, untuk biang kroto atau telor kroto yg besar tetap saya pakai sedangkan untuk yg sudah jadi semut tetapi masih berwarna putih juga tetap saya pakai.

  83. Om dar maaf ni mo nanya lagi, soal umpan djempol pandan wangi yg om dar paparkan di atas, apabila deho di ganti sama ikan salmon bisa gak om dar?? mohon penjelasan.trims salam gentak.

    • Bisa malah hasilnya sangat bagus tetapi harus diingat jangan gunakan berlebihan, untuk racikan saya itu gunakan sekitar 100 sd 150 gr daging ikan salmon, sebab jika berlebihan ikan hana ngumpul tidak mau makan.

    • Koq Kang Ito, Kang Ito itu pemilik umpan Djempol dan bukan saya atau saya menggunakan alias bukan..benar2 bukan Kang Ito murni penggagas Umpan Djempol sedangkan saya adalah seorang pendidik.
      Untuk Pertanyaan anda saya jawab bisa karena saya pernah mancing malam di Pemancingan Iwari Ulujami Kebayoran Lama Jakarta-Selatan dan hasilnya cukup memuaskan.

  84. Mohon pencerahan pak dar, kalo racikan umpan pandan wangi ditambah putih telurnya bebek bisa gk ? Makasih sebelum,y salam striker…

    • Bisa saja hanya putih telornya harus dikocok sampai mengembang jika tidak maka umpan akan cenderung keras seperti batu.

      • Makasih om darmansyah atas info’y.
        Tapi saya mau tanya lagi nih cara pengolahan daging salmonnya.di campur mentah atau di kukus dan di goreng gitu? Mohon pencerahanya.makasih

  85. Makasih om darmansyah atas info’y.
    Tapi saya mau tanya lagi nih cara pengolahan daging salmonnya.di campur mentah atau di kukus dan di goreng gitu? Mohon pencerahanya.makasih

  86. Met malam pak, maaf mengganggu…
    Maksudnya Bisa tidak racikan umpan diatas untuk ikan lama dikolam, atau yang tidak terkena pancing pada waktu dilepas. trims

    • Kukus salmon dalam dua plastik yang berbeda tentunya setelah dibagi 2 pada saat masih segar, tujuannya agar tidak terkena udara(oksidasi) agar lebih awet.

  87. Kang, mo tanya jika krotonya dikasi lebih dari 2 ons ngaruh gak, trus apa warna umpannya setelah jari kang, kuning atau putih, atau cokelat ? Trims..

    • semakin banyak kroto semakin baik, 2ons itu untuk yg merasa berat beli kroto lebih banyak, jika sudah jadi umpan akan cenderung berwarna putih butek.

      • Trims kang tanggapannya..
        tambahan ni kang, kebetulan sya tinggal di Pekanbaru – Riau, saya perhatikan mayoritas pemancing pakai umpan wangi (harum/tidak amis, dan warnanya umpannya putih pucat, pertanyaannya apabila mengikuti kebiasaan ikan mas disni suka yg umpan wangi/harum, kira2 apa bahan yg harus ditambah / dikurangi kang spya umpannya wangi.
        trms

  88. Mikum om dar…. mau nanya lagi nih… maklum pemula.ikan salmonnya maksimal berapa ons om? Trus djempol pandan wangi’y 1 bungkus saja atau 2 om? Mohn penjelasannya.makasih

  89. Asalamualaikum om dar…. mau nanya lagi nih… maklum pemula.ikan salmonnya maksimal berapa ons om? Trus djempol pandan wangi’y 1 bungkus saja atau 2 om? Mohn penjelasannya.makasih

    • Djempol Pandan Wanginya cukup 1(satu) bungkus saja dan gunakan daging ikan salmon maksimal1,5ons jika berlebihan ikan hanya berkumpul dan tidak mau makan.

  90. Assalamulaikum….

    Salam kenal kang!
    saya tinggagl di Bontang Kalimantan Timur, dan rutin mengikuti mancing siap sabtu dan minggu. mohon arahannya mengenai penggunaan kroto kebetulan di Pemancingan disini dilarang menggunakan kroto. kira2 komposisi diganti apa?

    hatur nuhun.

    • Jika semua pemancing tidak memakai kroto ya sudah tidak usah pakai, saya pernah mancing tanpa kroto(karena kehabisan ditoko pancing)dan lumayan meski tidak segencar mereka yg memakai kroto, karena pada dasarnya kroto itu memiliki tingkat protein yg tinggi dan sangat menarik minat makan ikan, jika tetap ingin menggunakan kroto sebaiknya dibersihkan dulu hingga tinggal yg putihnya saja, cuci lalu kukus setelah itu campur dengan deho dan diblender sehingga tidak terlihat krotonya tetapi proteinnya masih bisa kita dapat, semoga membantu ya.

  91. kang untuk dikolam yang digunakan info airnya jernih dan sirkulasi lancar menggunakan aliran paralon atas dan bawah.

    hatur nuhun

      • punteun ya pak dar..dari skian banyak pertanyaan yg para angler tanyakan k pak de..ane mohon donk report nya setelah hasil mancing nya….

        • Sepertinya ada beberapa teman yang memberikan feed back atas pertanyaannya meski tidak semua dan saya tidak bisa memaksa mereka untuk memberikan repotnya.

  92. selamat Siang Pa Dar
    salam kenal, saya pemancing pemula, hampir sebulan lalu tepatnya tanggal 9 Maret 16 saya coba resep Djempol dengan komposisi sama seperti yang pa Dar tulis hanya Dehonya saya cuma pake 1 kaleng, alhamdulillah yang biasanya saya dapat paling banter 6, kali ini saya dapat 12 ekor dengan mocel 4…… mantap sekali,
    pada tanggal 20 maret karena acara dadakan saya tidak pake Djempol, hasilnya dari pagi jam 9 sampai jam 5 hanya dapat 5 ekor,…
    rencana tanggal 26 maret nanti kami akan mancing lagi, mau nanya kalo kawan2 pake essen perlu gak Djempol pandan wangi di tambah essen ? kalo perlu essennya apa ? mohon pencerahan….terima kasih

    • Jika semua orang pakai essence coba dulu pakai tidak pakai essence tetapi jika kalah gunakan essence yg sama seperti yg digunakan teman2 lainnya tetapi usahakan jumlah tetesan essencenya separuh dari kebiasaan teman2.

  93. malam ooomm…..report kmrn minggu sy mancing di daerah rajeg tangerang dgn umpan djempol yg bisa ane pake….hasilnya cm 4 ekor tp di timbang beratnya 3,8 kg. saya pikir kondisi empang yg beda bgt. kedalaman kira2 120 cm bahkan di lapak tengah mngkn smp 1,5 meter. blower ngricik kecil dan bagian tengah blower nyentuh air empang,jd g ad kricikan. gimana ngakalinya ya om…? lapak pojok lebih cetek…jd klo d tengah seolah ikan ngambang ga maen di dasar. tolong solusinya om… mengingat selama ini sy pk djempol paling sedikit sy bw ikan 8 ekor.

  94. Assalamu’alaikum pak, sya mau mnta ijin dan ridho dr bpa..ramuan umpan bpa, mau sya pke buat lomba jam 8 nnti ! Skli lg sya mhn ridhonya y pak.. Trm ksh? Wassalam..

  95. Sore pak darmansyah
    Mo ikutan nanya pak..
    – umpan jembol nya bisa sekalian di jadiin jd boom ga pak..pada.empang, g diperbolehkan nge boom
    – sisa campuran djempol plus susu yg separuh lg boleh sisimpan di kulkas ga untuk di pake dua hari ke depan..kira2 mempengaruhi aromanya ga pak
    Makasih sebelumnya

    • Boleh saja digunakan untuk bom racikan itu dan jangan gunakan Djempol saja. Disimpan dalam pendingin boleh saja asal jangan pernah dibuka dan paling lama 1 minggu jika lebih aromanya akan berkurang.

  96. Pa….sudah pernah blum mancing di daerah pd kacang barat ciledug yg dekat vhiara..klw sudah hasinya gimana trims

    • Ohh itu empang Jabed/Jebeng yang masuk dari samping Mushola, lumayan beberapa kali saya mancing disitu bagus sekali hasilnya, tetapi diempang itu dulu jika dapat lapak kecil paling banyak 10 ekor.

  97. Malam pak Dar… Salam gentakk..!!! Klo 1 ons itu sama saja dengan 100 gram ya pak, TRIms sebelum y… Salam gentak..!!!

  98. Untuk deho y saya ganti dengan ikan salmon. Bagus y ikan salmon y saya kukus dulu ikan y bru saya campurkan dengan djempol ,, atau bagaimana pak dar,, yang bagus yaa… Ap di kukus barengan djempol dngn salmon y pak dar,,,

  99. salam kenal kang ito, saya khairul dr banjarbaru kalimantan selatan, mau nanya ni kang masalah umpan ikan mas, udah sering mancing di kolam harian, tapi cmn dpt 1 aj kang, selalu kdluan orang dpt nya, hampir prustasi ni kang , gmna ngeracik umpan yang sip buat gentak tu ikan mas, ad yg baru datang, gak lama dapat kang, sdngkan saya udah lama bnget gak dpt2 ni kang, karakter air nya wrna hijau kang, mohon bantuanya, udah nanya k yg sering dpt ikan, cmn gak pernah mau ngasih tau kang… tolong bantunya kang, salam gentak

  100. Assalamulaikum pak, jika ada.. minta saran nih untuk umpan ikan mas ongol-ongol bahan pasta atau essence, untuk lomba, barang kali bapak ada resep yang recomended gitu, :)

  101. Salam kenal kong Marga, saya mohon petunjuk
    Dikolam harian tempat saya daerah Blitar dan Dah oba pakai umpan Djempol ikan cuma numpang lewat saja, dan yang neter pakai umpan nasi ( komposisi dirahasiakan waktu saya tanya )
    Umpan yg saya pakai :
    Djempol Keju Susu
    Djempol Amis Spesial
    1 kaleng Deho
    3 Telur Asin ( Ambil Kuningnya saya )
    Kroto 1 Ons

    Mohon Koreksi jika ada kesalahan atas racikan umpan saya, umpan itu saya coba di harian selalu kurang memuaskan

    Salam Kenal

    • Aroma umpan yg anda gunakan terlalu amis, kurang wangi dan gurih.
      coba komposisinya dibuat : keju susu 1/2 bks dan amis spesialnya 1/4 bks yg lain tetap

  102. Slmt pagi Pak Darmansyah….hari minggu kemarin rencana sy mo ikut lomba tp ga kebagian tiket…kira kira umpan djempol saya klo di pake besok hari kamis masih bisa ga yah…?sedangkan kroto udah sy campur. jadi umpan udah 4 hari dlm freezer

  103. Misi kang,minta ijin ya umpan racikannya mau di pake

    Tapi kalo pake krotonya di cocol gitu gimana kang ?
    Sebelumnya terimakasih kang

  104. Di kolam tempat saya mancing besok di kota metro Lampung airnya sedikit hijau biasanya upan yg wangi narik mohon petunjuk kang?

  105. Selamat malam kang dar..
    Saya pemancing ,tapi udah 6 tahun ini saya berhenti dah sekarang kumat lagi hobynya,tenyata jenis ikan mas nya agak buntet berasal dr kota padang dan agak susah dipancing,apa lg ikan lawasnya sangat susah
    Kalau yg dr palembang jenis nya agak panjang dan tidak sesusah yg dr padang.
    Yg mau saya tanyakan kang
    1.umpan jempol pandan wangi tidak ada didaerah saya ( maklum desa Hehe) bisakah diganti dengan bahan dasar lain trus pake pewangi daun pandan.

    2.Apa pengaruh susu beruang buat ikan mas,karna saya selalu pake susu dancow hasil nya zonk wae euy…
    3.DEHO susah cari didaerah saya
    Kalau diganti dengan ikan tongkol kira kira dosisnya berapa banyak.
    Hatur Nuhun kang mohon pencerahannya
    Salam dr JAMBI.

    • Bisa saja gunakan umpan yg lain dengan campuran aroma daun pandan, gunakan ikan tongkol yg sudah diasinkan(cuwe tongkol) beli saja 4 atau 5 potong seukuran L:2cm dan p:4cm

  106. selamat pagi pak.Darmansyah
    mau tanya nih pak..untuk komposisi salmon untuk separuh adonan baikNya berapa ya takaranNYa?
    terus djempol yg di pakai yang kemasan warna apa?karena saya liat ada beberapa warna bungkusNYa.

  107. Kang Dar, minta oplosan umpan jempol premium amis+ cristal untuk ikan ukuran 1kg 6-7 ekor, sy pernah pakai oplosan umpan itu dg takaran:
    1. Umpan jempol 1/2 bgks
    2. Telor puyuh 4 butir
    3. Keju ukuran kotak korek api 1 @1.000
    4. Deho beli @6.000
    Klw ukuran ikan 1 kg 2-3 ekor umpan itu mantap, isi ikan 1 kg dpt 3 kg (lumayan). Cuma klw ikan yg masuk 1 kg 6-7 ekor umpan itu tdk di makan, mhn saran kang dar knp ikan gk makan ya? Terimakasih

    • coba naikkan komposisi wanginya dengan cara menambah umpan Djempolnya menjadi 3/4 bks.
      Karena ikan besar cenderung menyukai aroma wangi.

    • Mancing itu jangan selalu diidentikkan dengan memperoleh ikan, namanya juga mancing terkadang dapat terkadang tidak yg penting sudah berusaha dan sudah menjalankan kegiatan mancing, jangan dibuat susah hati karena anda akan rugi dua kali, sudah keluar uang dan susah hati pula, apapun hasilnya yang penting sudah mancing.
      Terkadang kita sering memaksakan kehendak kita tetapi Tuhan tahu yang terbaik buat kita, yakinlah dan terus berusaha.

    • Saya setiap tahun ikut Family Gathering dari Kampus, dan selalu lokasinya didaerah dingin(Puncak, Lembang, Sukabumi),Alhamdulillah pada acara lomba mancing selalu naik podium untuk menerima piala.

  108. Pak dar, mohon pencerahannya. Apakah umpan djempol pandan wangi n djempol crystal amis/ biang susu + telur puyuh bisa di pake di waduk? Terimakasih

  109. Pak dar, mohon pencerahannya. Apakah umpan djempol pandan wangi n djempol crystal amis/ biang susu + telur puyuh bisa di pake mancing ikan mas di waduk? Terimakasih

      • punten kang, kmaren saya nyoba djmpol,susu bruang deho, racikan djmpol yg sudah d campur susu bruang, say ambil stngah lalu campur deho, pengeras indomi, 2 kali saya pakay, hasil nya no besar, kolam kecil kdalaman sekitar stngah meter air hijau aga keruh dan tanpa sirkulasi/aliran air di tengah kolam, mohon info nya kang

        • Waduh….koq gagal ya……coba diperbanyak campuran Djempolnya ada kemungkinan karakter empangnya cenderung wangi.

  110. Aslmkum..
    pak darmansyah bagaimana kalau bubuk indomie diganti dengan bubuk kacang mede?
    Hasilnya bagus tidak???

    Untuk deho diganti dengan salmon kukus,bagaimana dengan minyaknya pak?? Untuk deho sendiri kan sudah ada minyaknya dalam kemasan.kalau diganti dengan salmon kukus,ditambahkan dengan minyak apa pak?
    Dan untuk pengukusannya berapa menitpak?

    Terimakasih
    wassalam

  111. Pak Dar, saya tertarik dengan umpan racikan tersebut, apakah bisa digunakan sebagai bom di rawa dengan sasaran ikan Nila, apakah bapak pernah menggunakan nya di Rawa liar, terimakasih

  112. Maaf baru sempet nulis report.
    Umpannya tak buat mancing d danau hasilnya moncer. Dapet 30 ekor ikan mas.
    Org2jadi minta umpannya, khabisan umpan deh. Jd mancing jam 07.00-14.00 uda pulang dngan hati gmbira walaupun umpan habis d minta tetangga. Hahahaha
    Makasih kang dar.

  113. Slmt pagi Pak Darmansyah….saya pemancing pemula.

    Mau bertanya, kalo sisa umpan yg sudah dibuat di simpan di kulkas / freezer bisa bertahan berapa lama? Apa bisa lebih dari sebulan ? Menyimpannya apa cukup menggunakan plastik saja atau menggunakan kotak plastik / tupperware ? Trus untuk menetralkan kembali, apa cukup didiamkan saja ? Atau bapak ada tips lain ?

    Kemudian untuk mancing lomba sebaiknya menggunakan mata kail nomer berapa pak ? Terimakasih

    • Jika disimpan lebih dari 1 minggu maka komposisi umpan akan berubah, jadi tdk direkomendasikan utk disimpan dalam waktu yg lama, utk menggunakan umpan yg sudah beku, didihkan air dalam kukusan setelah mendidih baru masukkan umpan beku tsb.

      • Mlm pak dar..minggu kmren saya pakai resep umpannya makyoss bgt bt pmula sperti saya..mancing harian narik smp 10 ekor sma tmen..rata2 ikan makan pagi smua….pertanyaan saya knapa klo siang dan sore umpan jempolnya susah dimakan…apakah pak dar pnya resep buat umpan siang dan sore…trims pak dar…

  114. Assalamualaikum w.w.
    Selamat siang kang darmansyah
    Saya mau tanya kalau deho ditukar sama ikan nila rebus bagaimana kang , apa cocok ?..
    Saya mancing banyak zoong dari pada dapat .. kadang dicemooh kawan .. cari strike tapi dapat struuk ..hahahaaa
    Mohon petunjuk.. air kolamnya bening kehijauan dan coklat keruh …. sirkulasi air bagus… terima kasih

  115. Kemaren sy mancing didaerah Bogor dg umpan Pandan Wangi Deho subernya sy ganti ama dancow ama kroto keju parut hasilnya cuma dua ekor apa yg salah ya kang Margo airnya hijau blower

  116. selamat pagi Pak Dar, mau nanya pak! umpan djempol pandan wangi ini bisa buat mancing indukan (babon) ga pak? komposisinya gmn pak?

  117. selamat malam pak darmansyah saya ingin bertanya kpd bapak,berhubung bapak berpengalaman dalam hal memancing ,ada beberapa hal yg mau saya tanyakan :
    1.bagaimana pendapat bapak jika empang gaplekan IKAN MAS hadiahnya perwilayah,misal wilayah A total terbanyak juara 1 dan 2 dan wilayah B total terbanyak 1 dan 2.

    2.atau gaplekan seperti biasa juara 1 2 dan 3 atau mungkin bapak punya saran masukan untuk kelola pemancingan.terima kasih :)

  118. selamat malam pak Darmansyah.. kira2. umpan nya masuk ngga ya buat ikan tombro majalaya..[ saya mancing daerah jawa timur ]. soal ikannya sejenis nyimas kalo d bandung.. mohon pencerhannya. terima kasih salam gentak

  119. Pagi kang’ umpan tersbt apakah harus d kukus/dadakan,.
    Nb. Misalkan umpan terlalu amis, buat ngenetralkan sebaiknya pake apa kang?
    (Murnian/pake essen)

  120. Maap kang mau ikut nimbrung ni mslh umpannya…
    Umpanya hrs di kukus/dadakan?
    Trs apakah perlu di tambah essen? Bagusnya essen apa

  121. Salam kenal pak..
    Mau tanya pak.. Kalau untuk air kuning kecoklatan dan air nya di ambil dari irigasi gimana pak, mampu kah resep kita itu pak,
    Dkarna Minggu depan akan ada even lumayan besar di daerah saya Palembang pak, hadiah nya sekitar 5,j6jt minta solusi nya pak agar menjadi juara nya

  122. selamat pagi mas dar…terima kasih atas resep umpannya, awalnya saya ragu dan pnasaran untuk pemancing pemula sperti saya, tetapi setelah saya coba joss!!!… minggu kmren saya mancing harian di empang daerah ciputat gaplek yang berwarna hijau saya dapat 10 ekor lepas 1, bersama teman saya, umpan rata2 dimakan pada waktu pagi hari dari pukul 8 smp pukul 11, setelah jam 12 sampai sore umpan sulit sekali dimakan, tapi lapak lain masih bisa narik untuk jam sgitu, apakah ada pilihan atau racikan umpan lain untuk jam siang dan sore…mohon pencerahannya pak dar….terimkasih..wass…

    • Untuk siang atau sorenya raacikan tadi tambahkan saja lagi dehonya atau amisan lainnya karena biasanya aroma deho itu hanya bertahan setngah hari saja.

  123. Salam kenal Pak Dar/ Kongmarga
    Dipemancingan pagentongan bogor 3kg gebrus empangnya cukup luas 400M2
    pemancing dibolehkan ngebom airnya ada blower Hijau bening sy pake umpan pandan wangi suber kroto ama deho tapi hasilnya 3 ekor kalah dg umpan pelet rebon ama tongkol mohon pencerahannya

  124. Kong Marga,

    numpang tanye kong, Minggu lalu aye pake ni racikan empan, biasanya nyomot ato minte buatin ame temen, klo bikin diri boncos mulu, alhasil aye coba pake empan engkong,5 nyimas masuk korang 5 mocel.
    cuman aye mo nanye kong, deho aye ganti same empress trus minyaknya aye blender semua, hasilnya jadii berminyak bgt empan aye, kira2 deho same empress minyaknya bykn mane kong ? ape klo aye pake deho gak bakal berminyak banget ?

  125. Asslmlkum.. gan mau cba umpannya.. ane mau tanya.. ini umpanya warnanya putih pa coklat kalo jd.. soalnya dsini gk boleh pke umpan putih.. nah.. kalo djempoel pandan di ganti dengan jitu gimana gan, sblmnya mksh

  126. Salam Kenal Pak Dar / Kongmarga

    Numpang tanya kongmarga … !!!

    Ane mancing hasilnya gak pernah maksimal … ya paling tinggi 2 ikan mas setelah itu umpan gak pernah dimakan lagi.
    Untuk itu ane mau tanya ama kongmarga
    1. Apa keunggulan umpan putih … ???
    2. Umpan jempol apa yang pas untuk air coklat ( kebetulan sy tinggal di Cikarang dan tempat sy mancing air nya warna coklat dan berasal dari kali malang )
    3. Kalu boleh sy mau minta resep racikan untuk ikan mas untuk air tersebut di atas

  127. Malam Kong Marga
    Kalau dehonya saya ganti Tuna Whiskas kira2 bisa gak ya..
    Klo bisa penggunaanya berapa 1 sachet itu tertera 85 gr.
    Terima kasih.

  128. mantap gan saya pelanggan setia djempol dan alhmdulillah selalu masuk 3 besar
    kemarin terakhir minggu 6 november 2 season juara hehehehe Mantabs…

  129. Kong darma, kemarin saya coba resepnya di pemancingan daerah Tambun Bekasi & angkat nyimas 8, mocel 4, lepas 1 ekor. Lumayanlah buat angler yg masih amatir seperti saya. Terima kasih kong darma resep umpannya maknyus

  130. siang om dar,salam kenal,,saya mau tanya kalo di kolam,ikan mujairnya galak sekali apa yang harus di tambahkan agar ikan mujairnya tidak makan umpan jempol kita…. mohon pencerahannya..makasi banyak

  131. Resepnya jitu banget bos, kamis kemaren mancing. Alhamdulillah ngangkat 30 ekor…. 15 menit pertama ikan gak respon, selanjutnya gak berhenti narik

  132. Mantap gan hasilnya. kalo saya mancing ikan mas merupakan ikan yang paling susah di dapat. udah berbagai cara, pake cara ini cara itu tetep saja hasilnya tidak memuaskan. Jadi saya mancing ikan lele saja yang lebih mudah makanya.

  133. Met Pagi menjelang Siang,
    Gun, saya mau tanya kalau deho 1 kaleng trus dicampur pindang tongkol biar lebih amis boleh gak..??
    Apakah untuk ikan mas Subang cocok gak umpan ini..??
    Thanks for your attation..
    Salam Strike..
    edisar

    • Boleh saja jika memang tingkat amis yg tinggi dibutuhkan.
      saya sudah coba dibeberapa daerah dan masih tetap ok tuh Gan.
      semoga berhasil yaaaaa

  134. Maaf Pak Darmansyah, umpan yang Agan buat sama persis yang OLASAVA buat, sbb. :
    ———————————————————————
    Mungkin bisa dicoba…..umpan yg pernah saya buat

    1 bungkus Umpan Djempol Pandan Wangi
    1 kaleng susu beruang putih 189ml
    2 ons kroto
    2 kaleng Deho
    bubuk indomie(sebagai pengeras).

    Bahan-bahan:

    1 bungkus Umpan Djempol Pandan Wangi
    1 kaleng susu beruang putih 189ml
    2 ons kroto
    2 kaleng Deho
    bubuk indomie/indomie diblender(sebagai pengeras).

    Cara pengolahan:

    Siram dengan air panas 2 ons kroto dan tiriskan pada saringan santan(biasanya berbahan alumunium).
    buka tutup susu beruang, dan kukus susu beruang(berikut kalengnya)selama 30 menit, catatan: susu tidak dikeluarkan dari kalengnya, atau tuangkan susu beruang kedalam panci kecil lalu didihkan(angkat pas mendidih/kira2 panasnya 80C)
    kukus kroto
    tuangkan bubuk Djempol pandan dalam baskom plastik(tempat mengaduk umpan).
    tuangkan susu beruang seluruhnya kedalam bubuk Djempol Pandan, aduk hingga merata.
    pada saat pertama kali dicampur susu beruang dengan Djempol Pandan akan terlihat seperti terlalu encer, aduk terus selama 5 menit dan diamkan hingga dingin, umpan akan mengental, kemudian bagi dua(yg separo disimpan untuk siang hari).
    Blender 1 kaleng tuna deho berikut minyaknya.
    Tuangkan tuna encer kedalam adonan susu dan Djempol yg separo tadi, aduk hingga merata dan akan tercium bau yang sangat khas(ada wangi, amis dan gurih), pada saat ini anda akan mendapatkan adonan yg agak lembek, setelah campuran susu, Djempol dan deho rata masukkan kroto 1 ons(yg 1 ons lainnya disimpan untuk digunakan siang nanti)yg telah dikukus tadi dan kembali aduk hingga rata, jika benar akan memperoleh umpan dengan komposisi yang sangat lembek, keraskan dengan menambah bubuk indomie, tuangkan sedikit demi sedikit hingga komposisinya antara lembek dan keras, diamkan selama 5 menit dan umpan akan mengeras sendiri, jika masih dirasa terlalu lembek tuangkan lagi bubuk indomie dengan cara seperti tadi(sedikit demi sedikit), jika benar cara mengerjakannya akan menemukan umpan dengan aroma yang sangat khas(perpaduan antara gurih, wangi dan amis yang meski sudah mencuci tangan masih tercium baunya), umpan sudah jadi dan siap digunakan.
    Pada saat tengah hari(setelah Dzuhur) buat adonan kedua dengan menggunakan separo adonan Djempol, 1 kaleng Deho dan 1 ons kroto, ulangi proses yg sama seperti diatas.

    • Wah bisa sama persis yaaa…tetapi setahu saya sebelum saya share racikan itu belum pernah ada tulisan tentang itu…..saya tulis racikan ini pertama kali di Fishy Forum, saat itu saya bertindak sebagai Administrator Fishy Pond.
      tetapi jika ada yg mengklaim bahwa itu adalah karyanya…silahkan saja….saya sengaja share pengalaman saya untuk dimanfaatkan semua orang…..mau diakui sebagai penggagasnya….boleh…..mau diakui sebagai penemunya ….bolehhh….
      agar lebih mantaaabbbb….coba tanya pemilik umpan DJEMPOL….biasa dikenal sebagai “KANG ITO”…..silahkan search nama beliau di google.

  135. pagi kang dar..mohon info resep dong..untuk mancing ikan bawal..dengan djempol..mancing harian, soalnya ane zong trus…ngelamun bae..liat yang narikin..hehe…makasih kang dar…:)

  136. Salam Strike Kang Dar….
    Klo Indomie halusnya diganti dengan Mie Telor halus bagaimana…??

    Saya coba variasi Racikan Kang Dar…
    1.) Bungkus Jempol Pandan Wangi.
    2.) 1 Kaleng DEHO
    3.) 1 Kaleng HALCO
    4.) 2 Lembar Biskuit Regal (dihaluskan)
    5.) Mie Telor halus secukupnya
    6.) 3 tetes essen tengiri
    7.) 5 tetes essen susu
    8.) 2 butir minyak ikan

    #Catatan :
    Teteskan Essen ke baskom dan ratakan. Aduk dan Campur Pelet Jempol dengan Biskuit Regal tsb dalam Baskom yang telah diratakan tetesan essen tersebut.
    Penggunaan Minyak Ikan, terakhir dalam pengolahan.. seiringan dengan campuran Mie Halus untuk mengeraskan empan.

    Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>