Penipuan dan Pengamanan Komputer

KASUS INTEGRATIF: NORTHWEST INDUSTRIES
Pada akhir jam kerja di hari Minggu terakhir di bulan Maret. Jason Scott sedang mengisi formulir pajaknya. Sebelum menutup amplopnya, dia meninjau kembali formulir pajak tersebut. Jason membandingkan dokumen yang biasanya digunakan dengan angka sebenarnya. Semuanya telah benar kecuali jumlah potongan pajaknya. Untuk suatu alasan, potongan pajak penghasilannya pada slip gaji terakhirnya ternyata lebih besar $5 daripada yang tertera pada formuiir W-2. Dia memutuskan untuk menggunakan jumlah di formulir W-2 dan membuat catatan untuk memeriksanya di bagian penggajian untuk mengetahui apa yang terjadi dengan $5 tersebut. Keesokan harinya, sama dengan hari Senin lainnya di Northwest Industries, Jason sangat sibuk. Setelah melihat daftar hal-hal yang harus dia.kerjakan, dia memutuskan untuk mengabaikan perbedaan $5 tersebut karena jumlahnya tidak terlalu berarti.

Pada saat jam makan siang, tanggal 16 April, beberapa orang bercakap-cakap mengenai saat terakhir mereka mengisi formulir pajak mereka. Dalam percakapan tersebut, salah seorang rekan kerja Jason mengeluhkan uang $5 yang diambil oleh perusahaan dari gajinya untuk tambahan pajak. Tidak ada yang menanggapi pendapat orang tersebut, namun sebelum jam makan siang berakhir, Jason menvadari bahwa hal tersebut bukanlah suatu kebetulan. Dia bukan satu-satunya yang mengalami perbedaan $5 antara potongan pajak dan formulir W-2. Setelah memperoleh penjelasan yang memadai, Jason mulai menyelidikinya lagi. Pada hari selanjutnya, Jason semakin khawatir karena kebanyakan dari 1.500 pegawai perusahaan mengalami perbedaan $5 antara potongan pajak yang dilaporkan dan jumlah potongan yang sebenarnya. Hal yang menarik adalah formulir W-2 dari Don Hawkins, programer yang bertanggung jawab atas sistem penggajian. Di formulir W-2 tersebut terdapat kelebihan ribuan dolar dari yang dilaporkan ke IRS daripada yang dipotong di slip gajinya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Northwest menghadapi masalah serius. Jason menyadari bahwa jika dia melaporkan hal tersebut, manajemen akan menanyakan hal-hal berikut:
Apa saja yang termasuk penipuan, dan apakah masalah potongan pajak tersebut termasuk penipuan?

Jika hal tersebut termasuk penipuan, bagaimana hal tersebut terjadi? Apa yang mendorong Don melakukan hal tersebut?

Mengapa perusahaan tidak mengetahui kesalahan tersebut lebih awal? Apakah ada kerusakan pada pengendalian?

Apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mendeteksi dan mencegah penipuan?

Seberapa rentan sistem komputer terhadap penipuan?