Umpan Djempol + Telur Puyuh.

ari sabtu 20 agustus 2011, ade BukBer & Sahur Bareng DI TL, tapi aye ade tahlilan 40 ari wafatnye mertue, jadi kagak bise dateng sesi atu, nah pagi-pagi nganggur, daripade bengong mending ke empang P&K aje deh, en ni jalan ceritenye:

Abis sahur, nunggu subuh buka milis…sepi…….sepi…..!!!!! abis subuh ngeracik empan dah:

Jempol-7adonannye kayak gini nih :
1/2 bungkus Umpan Wangi + Biang Susu Jempol
1/2 bungkus Umpan Amis + Crystal Jempol
30 butir telor puyuh
3 sendok makan kacang mede
3 cm keju kraft (keju kraft potong jadi 6 bagian)
kocok lepas pake kocokan telor jadul
kalu ude nyampur siapin loyang masupin 3 lembar daon pandan
tuang deh ntu adonan kedalem loyang terus kukus 30 menit.
sembari nunggu empan mateng pegi beli kroto 2 ons ame deho 1 kaleng.
kroto dikukus, deho ame minyaknye diblender ampe kayak eek bayi.
kalu adonan ude mateng matiin kompor, buka kukusan bakal ngedinginin empan ame kroto(tujuannye biar endapan aer nguap).
tarok blenderan deho dalam baskom, masupin empan aduk sampe rate.terus masupin kroto kukus aduk lagi, pan jadinye rade lembek.
nah sise empan jempol nyang amis pake deh bakal ngerasin mpan.
kalu pengen mpan rade perak(gampang buyar kalo kena aer) pas ngaduknye jangan kelewatan diteken tapi diteken ale kadarnye aje.
kalu pengen mpannye pulen(rade lengket) ye ngaduknye teken pake tenage. nah mpan ude siap.

kul 8:00 meluncur ke parung serab(empang P&K) nyampe lokasi cume ade atu pemancing, set dah bijimane nih…..tapi H Mancuk(pemilik empang) ngomong berape orang aje jadi, kagak use khawatir, kul 9:00 mulain nyang pade dateng walhasil ade 8 orang, diundi deh, aye dapet lapak 28, wah ngalamat panen nih…..!!!!!

Bener aje aye bise naekin ….kagak tanggung-tanggung….54(lime puluh empat ekor) ikan rame/sekilo tige ame sekilo due ples atu super banci 1,58 Kg, kagak juare sih abis ketiban ame nyang 1,64Kg(juarenye tunggal doang), tapi en ni ati puas banget dari mulain setat ampe kul 4:00 sore gentak teruuuuussssss……!!!!!!

Ohhh…iye…….aye ude bekali-kali make kumpusisi empan kayak diatas dan hasilnye kagak ngecewain…..aye sengaje share en ni empan biar sudare-sudare aye semue bise ngebuktiin.

Kagak lupe aye ngucapin mekasi ame Yang Mahe Kuase. Terus aye juge mekasi banyak ame Kang Ito selaku penggagas dan produsen empan DJEMPOL…..Kang…..pertahankan komposisi empannye…..selaen jadi produsen….Kang Ito juge ikut berjase ame sudare-sudare kite nyang make dan ude behasil ngebuktiin saktinye entu empan….(asal bener ngadonnye).

35 thoughts on “Umpan Djempol + Telur Puyuh.

  1. bang dar….dr semua komposisi diatas yg saya tanyakan kacang mede mentah atau masak.
    apa perlu di campur susu .klo pake susu..susu apa? pak tolong di perjelas lg cara membuat dan komposisinya terima kasih

  2. Salam kang.
    Saya masih bingung dengan cara pengolahannya, mungkin bisa dikoreksi kalo saya salah kang.
    Pertama didihkan susu BB, tuang umpan wangi + amis kedalem loyang dan tuang susu BB kedalm loyang aduk dan masukkan telur puyuh, kacang mede, keju dan masukan deho dan kroto. Begitu bukan kang..??

    • Anda sudah benar,hanya saja jika sudah mengaduk campuran susu panas dengan Djempol biarkan dulu selama beberapa saat hingga dingin baru kemudian masukkan telur puyuh, mede halus, keju lalu aduk lagi hingga tercampur sempurna baru dikukus.
      Untuk Deho dicampur saat akan digunakan karena aroma amisnya lebih bagus daripada Dehonya ikut dikukus.
      Untuk Kroto, krotonya cuci dulu diatas saringan santan kelapa(yg terbuat dari alumunium dan ada lubang kecil2), setelah bersih tiriskan lalu kukus(ingat dikukus bukan direbus)saya biasanya mengukus kroto dengan tutup kukusan terbuka, hal ini dimaksudkan agar uapnya keluar tidak mengendap sehingga krotonya cenderung tidak basah.

  3. ada yg ketinggalan nih..waktu ngukus ntu mpan pan 30 menit nah tuh pake api kecil apa api sedeng makasih ye sebelumnya (takut kematengan..hehehehe) salam djempol

  4. coba deh bang dar bikin tutorial umpannye di videoin pasti manteb baik yg pandan wangi maupun yg telor puyuh…..hehehehe salam hormat

  5. asalamualaikum pak dar, mau nanya untuk mengukusnya di masukin ke plastik ( kaya masak indomie pake plastik) atau hrs pake wadah loyang yg di kukus di atas panci ya. mohon pencerahannya utk nubie ini.

    wasalam.

    • Agar aromanya tidak terbuang sebaiknya dikukus dalam plastik, saya biasanya membagi umpan menjadi dua plastik dengan tujuan agar jika digunakan cukup membuka plastik yg satu sedang yg lain untuk cadangan pada siang harinya.

  6. trima ksh atas advice nya pak Dar, akan coba saya praktekan pada hr sabtu ini pada perlombaan mancing amal untuk anak yatim ditmpat saya. akan sangat membantu jika bapak jg berkenan membuat video tutorial nya.

    salam,
    endra di jaksel.

  7. mantap kong….ane baru pulang mancing neh…berangkat jam 9 pulang jam 2 bawa ikan 14 ekor….ga beda jauh pk umpan pandan wangi… soalnya umpan telor puyuh aroma metenya kuat banget. soalnya mete di indomart adanya yg rasa madu ,jd ane bli mete mentah goreng ndiri. trus setelah di kukus umpan jadi keras y… apa ad yg salah…? btw umpan kong marga mangtabh….klo kondisi ujan gmn kong?

    • Bener emang entu empan kalo sale ngaduknye jadi keras bangeeettt…..begini carenye, Djempolnye aduk dulu make aer panas atawe susu bruang yg udeh dipanasin, aduk dah ampe kalis, baru campur ame nyang laen….ok….met nyoba ye…..!!!

  8. ok kong besok ane coba lagi…kebeneran tanggal muda maen lomba. klo ujan gmn kong? pake yang telor puyuh apa yg pandan wangi..? mengingat empan dua duanya jossss….

  9. Om marga ane bikin umpan telor puyuh ,, udh ane masukin djempol premium wangi sm amis 1/2 bungkus trus mede, keju, telor puyuh sesuai intruksi dr kong marga nah pas ane aduk semua trus ane tambahin susu beruang yg udh di kukus eh malah jadi encer kong marga, ane bingung nih om kudu gimane biar jadi pulen lagi ntu umpan,,, minta bantuannya kong marga

    • Anda salah meraciknya, Pertama panaskan susu beruang kemudian aduk dengan Djempol Premium wangi dan amis, maka Djempolnya akan mengental, nah setelah itu masukkan racikan yg lain lalu kukus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>