3(tiga) Dimensi yang menguntungkan untuk menangani isu Pengendalian Menurut COBIT.

cobit-dimensi-urlKerangka tersebut menangani isu pengendalian berdasarkan tiga poin atau dimensi yang menguntungkan, yaitu:

  1. Tujuan Bisnis. Untuk memenuhi tujuan bisnis, informasi harus sesuai dengan kriteria yang disebut COBIT sebagai persyaratan bisnis atas informasi. Kriteria tersebut dibagi ke dalam kategori terpisah tetapi saling melengkapi, yang mencerminkan tujuan-tujuan COSO, yatiu: efektivitas (relevan, berkaitan, dan tepat waktu), efisiensi, kerahasiaan, integritas, ketersediaan, kesesuaian dengan persyaratan hukum, dan keandalan.
  2. Sumber daya-sumber daya TI, yang termasuk didalamnya adalah orang, sistem aplikasi, teknologi, fasilitas, dan data.
  3. Proses TI, yang dipecah ke dalam empat bidang, yaitu: perencanaan dan organisasi, proses perolehan (acqusition) dan implementasi, pengiriman dan pendukung, serta pengawasan.

3 thoughts on “3(tiga) Dimensi yang menguntungkan untuk menangani isu Pengendalian Menurut COBIT.

    • Silahkan baca artikel terkait…..diskusi panjang mengenai hal ini tdk dapat dilakukan melalui media ini…..itu sebabnya untuk memahaminya harus lewat tutorial langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>