Filosofi Pihak Manajemen dan Gaya Beroperasi dalam Lingkungan Pengendalian menurut COSO

Semakin bertanggung jawab filosofi pihak manajemen dan gaya beroperasi mereka; semakin besar kemungkinannya para pegawai akan berperilaku secara bertanggung jawab dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi.

phylosophy-urlApabila pihak manajemen menunjukkan sedikit perhatian atas pengendalian internal, maka para pcgawai akan menjadi kurang rajin dan efektif dalam mencapai tujuan pengendalian tertentu.

Contohnya, Maria Pilier menemukan bahwa garis otoritas dan tanggung jawab di Springer’s tidak ditetapkan dengan jelas, dan dia curiga bahwa pihak manajemen mungkin terlibat dalam rekayasa akuntansi untuk memperlihatkan kinerja perusahaan sebaik mungin.

Sementara itu, Jason Scott menemukan bukti adanya praktik pengendalian internal yang tidak memadai dalam fungsi pembelian dan utang usaha. Mungkin sekali bahwa kedua kondisi ini saling berhubungan yaitu bahwa sikap pihak manajemen yang tidak ketat memberikan kontribusi pada ketidakberadaan praktik pengendalian internal yang baik di bagian pembelian.

ManagementFilosofi pihak manajemen dan gaya beroperasi dapat dinilai-dengan cara menjawab pertanyaan seperti berikut ini:

  • Apakah pihak manajemen mengambil risiko yang tidak sepantasnya untuk mencapai tujuan perusahaaan, atau apakah pihak manajemen menilai potensi risiko dan penghargaan sebelum bertindak?
  • Apakah pihak manajemen mencoba untuk memanipulasi ukuran-ukuran kinerja seperti pemasukan bersih, agar kinerjanya dapat dilihat dalam pandangan yang lebih baik?
  • Apakah pihak manajemen menekan para pegawai untuk mencapai hasil apa pun metode yang dipergunakan, atau apakah pihak manajemen menuntut perilaku yang beretika? Dengan kata lain, apakah pihak manajemen yakin bahwa hasil dapat membenarkan cara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>