Komitmen atas Integritas dan Nilai-nilai Etika dalam Lingkungan Pengendalian menurut COSO

Merupakan hal yang penting bagi pihak manajemen untuk menciptakan struktur organisasional yang menekankan pada integritas dan nilai-nilai etika. Perusahaan dapat mengesahkan integritas sebagai prinsip dasar beroperasi, dengan cara secara aktif mengajarkan dan mempraktikkannya.

commitment-integrity-urlContohnya, manajemen puncak harus memperjelas bahwa laporan yang jujur lebih penting daripada Iaporan yang sesuai keinginan pihak manajemen. Pihak manajemen harus tidak berasumsi bahwa setiap orang menerima kejujuran. Mereka harus secara konsisten menghargai dan mendorong kejujuran, serta memberikan suatu sebutan untuk perilaku yang jujur dan tidak jujur. Apabila perusahaan hanya menghukum atau menghargai kejujuran tanpa memberikan sebutan atas perilakunya atau menjelaskan prinsipnya, atau apabila standar kejujuran tidak konsisten, maka para pegawai akan cenderung tidak konsisten perilaku moralnya.

Pihak manajemen harus mengembangkan kebijakan yang tertulis dengan jelas, yang secara eksplisit mendeskripsikan perilaku yang jujur dan tidak jujur. Kebijakan-kebijakan ini harus secara khusus mencakup isu-isu yang tidak pasti atau tidak jelas, seperti konflik kepentingan dan penerimaan hadiah.

Contohnya, sebagian besar agen pembelian akan setuju bahwa menerima suap sebesar $5.000 dari pemasok adalah hal yang tidak jujur, tetapi liburan akhir minggu di pondok berburu tidak dijabarkan dengan jelas. Penyebab utama ketidakjujuran berasal dari perasionalisasian situasi-situasi ini; bukanlah hal yang aneh apabila kriteria kesesuaian (expediency), menggantikan kriteria benar atau salah.

Seluruh tindakan yang tidak jujur harus secara menyeluruh diinvestigasi, dan mereka yang dianggap bersalah harus dibebastugaskan. Pegawai yang tidak jujur harus dituntut untuk membuat pegawai mengetahui bahwa perilaku semacam ini tidak akan diperbolehkan.

2 thoughts on “Komitmen atas Integritas dan Nilai-nilai Etika dalam Lingkungan Pengendalian menurut COSO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>