Mengapa Ancaman-ancaman SIA Meningkat?

Sebagai akibat dari masalah-masalah tersebut diatas, pengendalian keamanan dan integritas sistem komputer menjadi isu yang penting. Kebanyakan manajer S1A menunjukkan bahwa risiko pengendalian telah meningkat dalam tahun-tahun belakangan ini.

integrity-urlContohnya, penelitian telah menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen organisasi telah mengalami kegagalan besar dalam pengendalian di tahun-tahun belakangan ini. Beberapa alasan atas peningkatan masalah keamanan adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan jumlah sistem klien/server (client/server system) memiliki arti bahwa informasi tersedia bagi para pekerja yang tidak baik. Komputer dan server tersedia di mana-mana terdapat PC di sebagian besar desktop, dan komputer laptop tersedia di tempat umum. Chevron Texaco, contohnya, memiliki lebih dari 35.000 PC.client_server
  • Oleh karena LAN dan sistem klien/server mendistribusikan data ke banyak pemakai, mereka lebih sulit dikendalikan daripada sistem komputer utama yang terpusat. Di Chevron Texaco, informasi didistribusikan di antara sistem dan ribuan pegawai yang bekerja di tempat lokal dan jarak jauh, seperti juga secara nasional dan internasional.
  • WAN memberikan pelanggan dan pemasok akses ke sistem dan data mereka satu sama lain, yang menimbulkan kekhawatiran dalam hal kerahasiaan. Contohnya, Wal-Mart mengizinkan beberapa vendor tertentu untuk mengakses informasi khusus di komputernya, sebagai salah satu persyaratan dalam persekutuan mereka. Bayangkan potensi masalah kerahasiaan apabila vendor-vendor tersebut juga membentuk persekutuan dengan para pesaing Wal-Mart, seperti Kmart dan Target.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>