Mengapa Pengendalian dan Keamanan Komputer Penting(3).

Potensi adanya kejadian atau kegiatan yang tidak diharapkan yang dapat membahayakan baik SIA maupun organisasi, disebut sebagai ancaman (threat). Potensi kerugian dalam bentuk uang yang terjadi apabila sebuah ancaman benar-benar terjadi, disebut sebagai pajanan/dampak (exposure) ancaman, sedangkan kemungkinan terjadinya ancaman disebut sebagai risiko yang berhubungan dengan ancaman.

computer-security-2-urlPihak manajemen berharap akuntan dapat menjadi konsultan pengendalian. Dengan kata lain, akuntan harus (1) mengambil pendekatan proaktif untuk menghilangkan ancaman terhadap sistem, dan (2) mendeteksi, memperbaiki, dan memuiihkan perusahaan dari ancaman apabila suatu ancaman terjadi.

Merupakan hal yang penting untuk diketahui bahwa lebih mudah mengembangkan pengendalian pada tahap awal desain, daripada menambahkannya setelah terjadi suatu ancaman. Berdasarkan alasan ini, akuntan dan para ahli pengendalian lainnya harus menjadi anggota yang lebih penting dalam tim yang mengembangkan atau mengubah sistem informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>