Penjagaan Aset dan Pencatatan yang Memadai dalam Aktivitas-aktivitas Pengendalian menurut COSO

Ketika orang berpikir tentang penjagaan aset, mereka sering kali berpikir tentang kas dan aset fisik, seperti persediaan dan perlengkapan. Akan tetapi, di masa sekarang ini, salah satu aset terpenting perusahaan adalah informasi. Oleh sebab itu, harus diambil langkah-¬langkah untuk menjaga baik aset berupa informasi maupun fisik.

Prosedur-prosedur berikut ini menjaga aset pencurian, penggunaan tanpa otorisasi, dan vandalisme:Asset-Guardian-Solutions-Logo-Transparent-Background-Tiny

  • Mensupervisi dan memisahkan tugas secara efektif.
  • Memelihara catatan aset, termasuk informasi, secara akurat
  • Membatasi akses secara fisik ke aset (mesin kas, lemari besi, kotak uang, dan akses terbatas ke safe deposit box kas, sekuritas, dan aset dalam bentuk surat-surat berharga. Area penyimpanan yang terlarang, dipergunakan untuk melindungi persediaan. Contohnya, lebih dari $1 juta dicuri dari Perini Corp. karena pengendalian yang buruk. Cek-cek kosong disimpan dalam ruang penyimpanan yang tidak dikunci. Pegawai hanya perlu mengambil cek, membuat pembayaran untuk vendor fiktif, dan memasukkannya ke dalam mesin penandatangan cek yang juga tidak diletakkan dalam ruangan terkunci, kemudian menguangkan cek tersebut).
  • Melindungi catatan dan dokumen (area penyimpanan tahan api, kabinet file yang terkunci, dan lokasi pendukung di luar kantor, merupakan cara yang efektif untuk melindungi catatan dan dokumen. Akses ke cek kosong serta dokumen harus dibatasi hanya untuk personil yang memiliki otorisasi. Di Inglewood, Kalifornia, seorang pembersih kantor dituntut karena mencuri 34 cek kosong ketika membersihkan kantor bagian keuangan kota. Dia memalsukan tanda tangan para pejabat kota di cek-cek tersebut, dan menguangkannya dalam jumlah yang berkisar antara $50.000 hingga $470.000).
  • Mengendalikan lingkungan (Perlengkapan komputer yang sensitif harus diletakkan dalam ruangan yang memiliki alat pendingin dan perlindungan dari api, yang memadai. Ruangan tersebut harus ditinggikan dan diperkuat untuk menghindari banjir dan kejatuhan benda lainnya).
  • Pembatasan akses ke ruang komputer, file komputer, dan informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>