Analisis Logika Program.

Apabila seorang auditor mencurigai bahwa sebuah program aplikasi berisi kode yang tidak sah atau kesalahan serius, maka analisis yang rinci atas logika program mungkin diperlukan. Proses ini sangat memakan waktu dan membutuhkan keahlian dalam hal bahasa pemrograman, sehingga langkah ini harus digunakan sebagai pilihan terakhir.

logical-error-urlUntuk melaksanakan analisis tersebut, auditor merujuk pada bagan alir sistem dan program, dokumentasi program, dan daftar kode sumber program. Software berikut dapat dipakai untuk membantu analisis ini:

  • Automated flowcharting program, yang menerjemahkan kode sumber program dan membuat bagan alir program berdasarkan kode tersebut.
  • Automated decision table program, yang rnembuat sebuah tabel keputusan yang mewakili logika program.
  • Scanning routine, yang memeriksa suatu program atas terjadinya nama variabel tertentu atau kombinasi karakter lainnya.
  • Mapping program, yang mengidentifikasi kode program yang belum berfungsi. Software ini mengungkapkan kode program yang dimasukkan oleh programer yang tidak bertanggung jawab untuk menghapus seluruh file komputer ketika dirinya diberhentikan, seperti yang dieontohkan pada.bagian sebelumnya.
  • Program tracing, yang secara berurutan meneetak seluruh langkah program aplikasi (berdasar nomor baris atau nama paragraf) yang dijalankan selama operasional program. Daftar ini bercampur dengan output yang normal sehingga auditor dapat mengamati urutan yang tepat atas suatu kegiatan yang tampak selama pengoperasian program. Penelusuran program membantu auditor untuk mendeteksi perintah program tidak sah, alur logika yang salah, dan kode program yang belum berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>