Audit Sistem Informasi berbasis Komputer.

Para auditor disewa untuk berbagai jenis tugas dan tanggung jawab. Banyak organisasi yang mempekerjakan auditor internal untuk mengevaluasi jalannya operasi perusahaan.

auditing-in-computer-environmentGeneral Accounting Office dan pemerintah negara bagian juga mempekerjakan auditor untuk mengevaluasi kinerja manajemen dan kesesuaian dengan keinginan legislatif dalam berbagai departemen milik pemerintah. Departemen Pertahanan mempekerjakan auditor untuk melakukan tinjauan atas catatan keuangan perusahaan¬-perusahaan yang memiliki kontrak peralatan pertahanan. Perusahaan-perusahaan terbuka menyewa auditor eksternal untuk memberikan tinjauan independen atas laporan keuangan mereka.

Auditor internal secara langsung bertanggung jawab untuk membantu pihak manajemen meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasional, termasuk membantu mendesain dan mengimplementasikan SIA yang memberikan kontribusi pada tujuan perusahaan. Sebaliknya, auditor eksternal terutama bertanggung jawab pada pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan dan investor, dan hanya secara tidak langsung berkepentingan dalam efektivitas SIA perusahaan. Di luar perbedaan ini, banyak konsep dan teknik audit internal yang dapat diterapkan untuk audit eksternal.

3 thoughts on “Audit Sistem Informasi berbasis Komputer.

  1. secara organisasi perusahaan, Auditor Internal, posisinya ada dimana ? dibawah wewenang siapa ?
    Apakah anggota dari Auditor juga dapat diambil dari orang IT perusahaan tersebut ?

    • Internal Auditor dapat ditempatkan sebagai Staff pada bentuk organisasi line and staff. Untuk IT audit personilnya dapat saja diambil dari staff IT.

  2. Bapak bukannya fungsi auditor internal maupun eksternal memiliki porsi yang sama dan sama” berkepentingan. Dimana sama” membantu perusahaan agar menjaga assett perusahaan dan memberikan informasi kepada pihak eksternal (auditor).

    Pihak auditor eksternal di bayar untuk membantu perusahaan, apakah yg di audit pihak internal bener atau tidak. Supaya tidak ada kecurangan auditor dengan pihak menejer selama proses mengaudit untuk di informasikan hasil auditnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>