Audit Sistem Informasi dan Tujuannya.

Assurance chart_B_1Tujuan audit sistem informasi adalah untuk meninjau dan mengevaluasi pengendalian internal yang melindungi sistem tersebut. Ketika melaksanakan audit sistem informasi, para auditor harus memastikan tujuan-tujuan berikut ini dipenuhi:

  1. Perlengkapan keamanan melindungi perlengkapan komputer, program, komunikasi, dan data dari akses yang tidak sah, modifikasi, atau penghancuran.
  2. Pengembangan dan perolehan program dilaksanakan sesuai dengan otorisasi khusus dan umum dari pihak manajemen.
  3. Modifikasi program dilaksanakan dengan otorisasi dan persetujuan pihak manajemen.
  4. Pemrosesan transaksi, file, laporan, dan catatan komputer lainnya telah akurat dan lengkap.
  5. Data sumber yang tidak akurat. atau yang tidak memiliki otorisasi yang tepat diidentifikasi dan ditangani sesuai dengan kebijakan manajerial yang telah ditetapkan.
  6. File data komputer telah akurat, lengkap, dan dijaga kerahasiaannya.

Gambar-10-0002Gambar DD-2 melukiskan hubungan di antara keenam tujuan ini dengan komponen¬komponen sistem informasi. Setiap tujuan tersebut didiskusikan secara lebih terinci dalam bagian berikut.

Setiap deskripsi terdiri dari rencana untuk mencapai setiap tujuan di atas, dan juga teknik serta prosedur yang diperlukan untuk melaksanakan rencana audit tersebut.

22 thoughts on “Audit Sistem Informasi dan Tujuannya.

  1. 2011-12-122
    Seksi 1
    Maka dapat saya simpulkan bahwa audit system informasi mempunyai tujuan untuk memastikan apakah computer yg digunakan oleh perusahaan-perusahaan sudah memenuhi persyaratan keamanan keseluruhan yg ada pada computer, baik dari lokasi/tempat computer yg di letakan, program yg digunakan oleh computer tersebut, proses transaksi file, laporan dan catatan yg ada di computer..

    Terima Kasih..

  2. Dari artikel tersebut saya dapat mengambil arti dari Audit Sistem Informasi yaitu, auditor hatus melihat kelayakan proses sistem selain itu auditor harus dapat memenuhi ke enam tujuan dengan komponen sistem informasi.

  3. Aulia Rahmawati
    2011-12-149
    Seksi : 01

    Audit sistem informasi dilakukan untuk mengamankan asset perusahaan serta menjaga integritas data dalam perusahaan dimana data tersebut tersimpan rapi secara komputerisasi. Sehingga perlu adanya audit sistem informasi untuk mengamankan asset perusahaan dan menjaga integritas data. Dengan cara memeriksa komputer yang digunakan serta lingkungan yang memungkinkan akan berefek terhadap komputer pada perusahaan tersebut.

  4. NIM:2011-12-120 Seksi:2 Audit sistem informasi adalah sebuah media/alat yang digunakan dan membantu para auditor untuk menjaga keaslian sebuah sumber data didalam perusahaan.dimana sebelum adanya sebuah informasi harus dipastikan apakah sistem informasi audit sudah memenuhi komponen-komponen yang ada sehingga mampu menghasilkan sebuah informasi yang baik dan sesuai dengan data yang dimasukkan dan dimiliki perusahaan

  5. menurut pendapat saya mengenai artikel diatas ialah bahwa setiap auditor yang melakukan audit sistem informasi harus memastikan setiap perangkat komputer yang digunakan oleh perusahaan sudah memadai, disertai perlengkapan keamanan yang baik dan layak untuk menjaga keamanan data perusahaan secara menyeluruh. Sehingga meminimalkan setiap resiko yang timbul dalam proses audit.

  6. BAYU TIMUR
    2011-12-079
    SEKSI 01

    Dari artikel diatas dapat disimpulkan audit sistem informasi yang dilakukan sangat berbeda dengan keuangan biasa, Audit Sistem Informasi dilakukan lebih menyeluruh dan lebih luas.

    Audit Sistem Informasi tidak hanya memastikan data yang data yg diinput sudah tepat, tetapi Audit Sistem Informasi memastikan proses dan lingkungan data-data tersebut di input dan di proses sudah sesuai dengan standar yang ada.

  7. NAMA : SYAHRUL IKROM
    NIM : 201112031
    Seksi : 01

    Yang dapat saya simpulkan ialah tujuan audit sistem informasi
    1. Mengamankan aset
    2. Menjaga kevalidan/integritas data
    3. Menjaga efektivitas sistem
    4. Efesiensi sumber daya

  8. Audit sistem informansi bertujuan untuk mengawasi dan mengamankan asset perusahaan sertta menjaga integritas data perusahaan dimana Auditor harus memenuhi 6 tujuan Audit sistem informasi. Sehingga dapat membantu mengevaluasi pengendalian internal yang melindungi sistem tersebut.

  9. Diana Rachmawati
    2011-12-176
    Seksi 1

    Dari artikel tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa tujuan dari audit SI ini adalah untuk melindungi komputer yang menyimpan aset perusahaan dari hal-hal yang tidak diinginkan. seperti memeriksa keamanan komputer, keakuratan data/file yang disimpan, serta pengembangan program yang sesuai dengan zaman.

  10. Audit sistem informasi adalah melakukan tinjauan atas pengendalian SIA untuk menilai kesesuaiannya dengan kebijakan dan prosedur pengendalian serta efektivitas dalam menjaga aset perusahaan. Ketika audit dilakukan, para auditor harus memenuhi ke-enam tujuan tersebut guna tercapainya hasil audit yang diharapkan.

  11. Rini Hamupus Prahoro
    2011-12-145
    Seksi 01

    dari artikel di atas maka dapat saya simpulkan bahwa audit sistem informasi bertujuan untuk mememilahara komputer yang ada di perusahaan agar data yang dimiliki perusahaan terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. untuk itu auditor harus memperhatikan tujuan- tujuan dari audit sistem informasi apakah sudah terpenuhi atau belum terpenuhi oleh perusahaan itu.

  12. Eka Puspita Esterina
    2011-12-099
    Seksi 01

    Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa sebelum melaksanakan audit sistem informasi, seorang auditor harus memperhatikan teknik serta prosedur yang diperlukan dan memastikan bahwa keenam tujuan tersebut dapat terpenuhi.

    Tidak hanya itu saja, tujuan audit sistem informasi adalah untuk memeriksa kecukupan dari pengendalian lingkungan, keamanan fisik, keamanan logical, serta keamanan operasi sistem informasi yang dirancang untuk melindungi perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan data terhadap akses yang tidak sah, kecelakaan, perubahan yang tidak dikehendaki yang bertujuan untuk melindungi asset perusahaan, dan memastikan bahwa sistem informasi yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa membantu perusahaan untuk mencapai tujuan strategis.

  13. Nur Dwi Rahmawati
    2011-12-096
    seksi 01

    Tujuan Audit Sistem Informasi dapat dikelompokkan ke dalam dua aspek utama dari ketatakelolaan IT, yaitu :
    a. Conformance (Kesesuaian) – Pada kelompok tujuan ini audit sistem informasi difokuskan untuk memperoleh kesimpulan atas aspek kesesuaian, yaitu : Confidentiality (Kerahasiaan), Integrity (Integritas), Availability (Ketersediaan) dan Compliance (Kepatuhan).
    b. Performance (Kinerja) – Pada kelompok tujuan ini audit sistem informasi difokuskan untuk memperoleh kesimpulan atas aspek kinerja, yaitu : Effectiveness (Efektifitas), Efficiency (Efisiensi), Reliability (Kehandalan).

    Tujuan audit sistem informasi menurut Ron Weber tujuan audit yaitu :
    1. Mengamankan asset
    2. Menjaga integritas data
    3. Menjaga efektivitas sistem
    4. Mencapai efisiensi sumberdaya.

  14. Yulianty Kusuma
    2011-12-038
    Seksi 01

    Audit sistem informasi menekan kan pada sistem informasi akuntansi dalam suatu organisasi, pencatatan keuangan dan pelaksanaan operasi organisasi yang efektif dan efisien.
    Ada beberapa aspek yang diperiksa pada audit sistem informasi :
    a. Audit keseluruhan, mencakup efektifitas, efisiensi, availability system, reliability, confidentiality dan integrity serta aspek security
    b. Audit atas proses, modifikasi program, audit atas sumber data dan data file
    Secara garis besar perlunya pelaksanaan audit dalam sebuah perusahaan, untuk mengatasi antara lain :
    a. Kerugian akibat kehilangan data
    b. Kerugian akibat kesalahan pemrosesan computer
    c. Pengambilan keputusan yang salah akibat informasi yang salah
    d. Kerugian karena penyalahgunaan computer
    Tujuan lain dari audit sistem infomasi adalah untuk memastikan bahwa sistem informasi yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa membantu organisasi untuk mencapai tujuan strategis.

  15. Audit sistem informasi merupakan perluasan dari traditional auditing (manual auditing), hal tersebut dilakukan karena pada saat ini teknologi semakin berkembang, sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan segala aktifitas. Karena dengan menggunakan teknologi komputerisasi data yang diolah akan menjadi lebih baik lagi hasilnya,dan juga harus dapat memperhatikan lingkungan pada saat pemrosesan.

  16. Sendy Eka Rini
    2011-12-123
    seksi 01

    berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ketika melaksanakan audit sistem informasi, para auditor harus memenuhi keenam tujuan-tujuan audit tersebut agar rencana audit dapat terlaksana dengan baik. selain itu untuk menghindari kecurangan atau kesalahan pada proses audit.

  17. Siti Maulida
    2011-12-003
    Seksi 01

    Audit sistem informasi berbeda dengan audit konvensional. Audi konvensional hanya memeriksa kelayakan isi dari laporan keuangan, sedangkan audit sistem informasi selain menilai kelayakan isi dari laporan keuangan juga menilai lingkungan dimana proses audit itu berlangsung. Untuk melakukan audit sistem informasi, auditor harus memastikan keenam tujuan tersebut diatas sudah terpenuhi, agar setiap rencana audit berjalan sesuai dengan tujuan. Serta untuk memastikan bahwa apa yang dikerjakan sesuai dengan yang ditentukan.

  18. TRI UTAMI YUSMAN
    2011-12-174
    SEKSI 01

    Audit sistem informasi bertujuan untuk mereview dan mengevaluasi pengawasan internal yang digunakan untuk menjaga keamanan dan memeriksa tingkat keprcayaan sistem informasi serta mereview operasional sistem aplikasi.

    Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menjalankan pemeriksaan sistem informasi:

    Pertimbangan jenis kesalahan dan ketidakaturan yang sering terjadi.
    Menentukan prosedur pengendalian yang dapat mencegah atau mendeteksi kesalahan dan ketidakaturan.
    Menentukan apakah prosedur penting yang telah ditetapkan dapat dijalankan dengan baik dan memuaskan.
    Mengevaluasi setiap kelemahan yang ditemukan pada suatu prosedur untuk mengevaluasi pengaruhnya pada kebiasaan, waktu, dan menjalankan prosedur pemeriksaan.

  19. Audit sistem informasi adalah proses pengumpulan dan penilaian bukti – bukti untuk menentukan apakah sistem komputer dapat mengamankan aset, memelihara integritas data, dapat mendorong pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan menggunakan sumberdaya secara efisien
    Tujuan audit sistem informasi menurut Ron Weber tujuan audit yaitu :
    1. Mengamankan asset
    2. Menjaga integritas data
    3. Menjaga efektivitas sistem
    4. Mencapai efisiensi sumberdaya.

  20. Nama : Armando Ondihon
    NIM : 201383124
    SESI 02
    Audit sistem informasi bertujuan untuk mereview dan mengevaluasi pengawasan internal yang digunakan untuk menjaga keamanan dan memeriksa tingkat keprcayaan sistem informasi serta mereview operasional sistem aplikasi.ehingga dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan segala aktifitas. Karena dengan menggunakan teknologi komputerisasi data yang diolah akan menjadi lebih baik lagi hasilnya,dan juga harus dapat memperhatikan lingkungan pada saat pemrosesan.

  21. Viyanti Yulia
    2012-12-122
    Seksi 1

    Audit sistem informasi bertujuan untuk mengamankan asset, menjaga integritas data, menjaga efektivitas sistem dan mencapai efisiensi sumber daya.

    Mengamankan asset, aset informasi suatu perusahaan seperti perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), sumber daya manusia, file data harus dijaga oleh suatu sistem pengendalian intern yang baik agar tidak terjadi penyalahgunaan aset perusahaan.
    Menjaga integritas data, jika integritas data tidak terpalihara, maka suatu perusahaan tidak akan lagi memilki hasil atau laporan yang benar.
    Menjaga efektivitas sistem, suatu sistem informasi dapat dikatakan efektif bila sistem informasi tersebut telah sesuai dengan kebutuhan user
    Mencapai efisiensi sumberdaya, suatu sistem sebagai fasilitas pemrosesan informasi dikatakan efisien jika ia menggunakan sumberdaya seminimal mungkin untuk menghasilkan output yang dibutuhkan.

  22. Rindu Riadihardja
    2012-12-073
    seksi 01

    audit informasi ialah proses pengumpulan bukti-bukti untuk menentukan apakah sistem komputer tersebut dapat mengamankan aset, memelihara data secara efektif, dan menggunakan sumber daya secara efisien.

    tujuan lain dari sistem informasi :
    Untuk memeriksa kecukupan dari pengendalian lingkungan, keamanan fisik, keamanan logikal, serta keamanan operasi sistem informasi.
    Untuk memastikan bahwa sistem informasi yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa membantu organisasi untuk mencapai tujuan strategis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>