Ilustrasi Nilai Software Audit dalam Audit Sistem Informasi.

valuesKasus berikut ini mengilustrasikan nilai software audit. Di dalam sebuah kota kecil di New England, seorang penagih pajak baru saja dipilih dengan mengalahkan orang yang sebelumnya memegang jabatan yang sarna. Penagih pajak yang baru tersebut meminta diadakannya audit atas catatan penagihan pajak kota tersebut.

software-icon-256-x-256Dengan menggunakan CAS, auditor yang ditunjuk mengakses catatan penagihan pajak untuk 4 tahun terakhir, . menyortirnya berdasarkan tanggal penagihan, menambahkan jumlah total pajak yang dikumpulkan bulanan, serta mempersiapkan laporan ringkasan 4 tahun atas penagihan pajak bulanan tersebut.

Analisis auditor mengungkapkan bahwa penagihan pajak selama bulan Januari hingga Juli, dua bulan tersibuk dalam setahun, telah menurun sebanyak 58 persen dan 72 persen, secara spesifik. Auditor menggunakan CAS untuk membandingkan catatan-catatan penagihan pajak satu per satu, dengan catatan-catatan properti kota.

Laporan selanjutnya mengidentifikasi beberapa penyimpangan, termasuk suatu kasus yang menyebutkan penagih pajak sebelumnya menggunakan pembayaran dari pembayar pajak lainnya untuk menutupi tunggakan tagihan pajak dirinya sendiri. Penagih pajak yang sebelumnya ditahan dan dituntut dengan tuduhan penggelapan.

Tujuan utama dari CAS adalah untuk membantu auditor dalam melakukan tinjauan serta menarik informasi dari berbagai file komputer. Ketika auditor menerima laporan dari CAS, sebagian besar kegiatan audit akan tetap harus dilaksanakan. Hal-hal yang termasuk dalam laporan pengecualian harus diselidiki, jumlah total file harus diverifikasi dengan sumber informasi lainnya, seperti buku besar, dan sampel-sampel audit harus diselidiki serta dievaluasi.

Walaupun kelebihan menggunakan CAS sangat banyak dan dapat dipereaya, CAS tidak dapat menggantikan penilaian auditor atau membebaskan auditor dari tahap-tahap audit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>