Laporan Temuan Bukti.

Dalam seluruh tahapan audit, penemuan dan kesimpulan dengan hati-hati didokumentasikan dalam lembar kerja audit. Dokumentasi sangatlah penting pada tahap evaluasi untuk mencapai dan mendukung, kesimpulan akhir.

report-finding-urlAuditor mempersiapkan laporan tertulis (dan kadang-kadang lisan) yang meringkas penemuan-penemuan dan berbagai rekomendasi audit, dengan referensi bukti pendukung dalam lembar kerja. Laporan ini disajikan kepada pihak manajemen, komite audit, dewan komisaris, dan pihak-pihak lain yang terkait. Setelah hasil audit dikomunikasikan, para auditor sering kali melaksanakan penelitian lanjut untuk memastikan bahwa rekomendasi mereka telah diimplementasikan.

29 thoughts on “Laporan Temuan Bukti.

  1. Menurut saya bukti audit sangat besar pengaruhnya terhadap kesimpulan yang ditarik oleh auditor dalam rangka memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diauditnya. Oleh karena itu auditor harus mengumpulkan dan mengevaluasi bukti yang sangat kompeten agar kesimpulan yang diambilnya tidak menyesatkan bagi pihak pemakai dan juga untuk menghindar dari tuntutan pihak – pihak yang berkepentingan di kemudian hari apabila pendapat yang diberikannya tidak pantas.

    Tipe bukti audit berupa dokumentasi juga penting bagi auditor. Bukti audit yang diperoleh selama pekerjaan lapangan harus didokumentasi kan dengan sangat baik dalam kertas kerja audit, disertai dengan keterangan mengenai klasifikasi bukti auditnya. Kertas kerja (working paper) merupakan mata rantai yang menghubungkan catatan klien dengan laporan audit. Oleh karena itu, kertas kerja merupakan alat penting dalam profesi akuntan publik. Dalam proses auditnya, auditor harus mengkumpulkan atau membuat berbagai tipe bukti. Untuk mendukung simpulan dan pendapatnya atas laporan keuangan auditan.

  2. Nama: Sonia Margaretha
    NIM: 2011-12-122
    Seksi 1

    Menurut kesimpulan saya dari materi diatas, maka laporan temuan bukti atas hasil audit sangatlah penting. karena laporan temuan bukti dapat mendukung opini yang diberikan auditor atas hasil temuan kegiatan auditnya, dimana laporan bukti audit tersebut disajikan kepada pihak manajemen dan pihak-pihak terkait lainnya.
    Terima Kasih..

  3. Siti Maulida
    2011-12-003
    Seksi 01

    Laporan temuan bukti audit sangat diperlukan oleh auditor untuk memberikan temuan atau hasil yang akan menjadi bukti bagi pihak perusahaan seperti manajemen, dewan komisaris serta pihak lain yang mempunyai kepentingan dengan perusahaan, sebagai salah satu pertanggungjawaban pekerjaan auditor. Dalam audit konvensional, laporan temuan bukti ini akan mempengaruhi opini yang akan diberikan oleh auditor atas jalannya kegiatan perusahaan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku. Dalam audit sistem informasi, dilakukan proses pengumpulan atas temuan bukti audit tersebut untuk menilai apakah sistem informasi sudah berjalan secara efektif, efisien dan ekonomis. Laporan temuan bukti audit ini dipergunakan untuk mencegah, mendeteksi dan memperbaiki penyalahgunaan yang mungkin timbul dalam jalannya operasional perusahaan.

  4. Yulianty Kusuma
    2011-12-038
    Seksi 01

    Tujuan menyeluruh audit laporan keuangan adalah menyatakan pendapat tentang apakah laporan keuangan klien telah disajikan secara wajar. Untuk itu, auditor harus memperoleh bahan bukti yang cukup dan kompeten sebagai dasar yang memadai untuk menyatakan pendapat. Temuan audit yang baik harus didukung oleh bukti yang memadai agar auditee dan para pembaca temuan audit menjadi yakin tentang kebenaran isi temuan audit. Bukti audit merupakan informasi yang digunakan oleh auditor untuk menetukan apakah informasi yang diaudit telah dinyatakan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Bukti audit memiliki pengaruh besar dalam pembuatan kesimpulan (opini) yang akan ditarik oleh auditor dalam memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diaudit. Selain itu, temuan audit juga harus menguraikan secara jelas kondisi, kriteria dan sebab-akibat dalam melaksanakan audit kinerja.
    Laporan temuan bukti audit sangat penting bagi auditor, karena laporan temuan bukti audit dapat mempengaruhi kesimpulan (opini) yang akan diberikan oleh auditor kepada pihak – pihak yang terkait.

  5. Nama : Liya Apriliya
    NIM : 201112109
    Seksi : 01

    Temuan audit ditemukan dengan membandingkan kriteria yang ada dengan kondisi yang terjadi, kemudian mengidentifikasi penyebab tersebut dan menganalisis akibat yang mungkin ditimbulkan. Temuan audit diungkaplan kepada pengguna dengan penjelasan pendukung. Auditor harus menggambarkan temuan audit tersebut positif maupun negatif, penyebab serta akibatnya. Auditor harus menyajikan laporan dengan temuan-temuan pendukung yang penting untuk mendukung kesimpulan serta rekomendasi sehingga pengguna laporan audit sistem informasi akan percaya.

  6. Nama : Erlita Merliana
    NIM : 2011-12-150
    Seksi 01

    Temuan audit yang baik harus didukung oleh bukti-bukti yang memadai agar auditee dan para pembaca temuan audit menjadi yakin atas kebenaran isi temuan audit tersebut. Bukti-bukti dari temuan audit adalah elemen yang sangat penting, sehingga harus didokumentasikan dengan baik, karena bukti-bukti tersebut dapat mempermudah penyusunan laporan hasil audit, penyiapan rekomendasi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, dan membuat opini audit.

  7. Seorang auditor harus memiliki sikap mental yang baik, yang tercermin dari upayanya untuk mempertahankan sikap obyektif, sehingga dapat mengemukakan temuan berdasarkan bukti-bukti atau fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian laporan atas hasil temuan harus lengkap dan didasarkan pada analisis yang obyektif. Artinya kualitas laporan, khususnya yang penting tidak boleh dikompromikan karena alasan apapun. Tidak boleh ada situasi yang membuat seorang auditor merasa tidak dapat memberikan pendapat yang obyektif.

  8. Aulia Rahmawati
    2011-12-149
    Seksi : 01

    Suatu temuan kesalahan yang mampu dipercaya yaitu dengan adanya bukti-bukti tertulis. Bukti – bukti ini lah yang digunakan dalam penyusunan rekomendasi perbaikan. Sehingga pada saat dalam perbaikan, bukti yang telah didokumentasikan tersebut digunakan sebagai alat dalam pengingat letak kesalahan yang merugikan perusahaan. Maka dari itu auditor dituntut untuk mampu memeriksa temuan-temuan sesuai fakta yang didukung dengan bukti-bukti yang falid agar kinerja auditor benar-benar diakui keprofesionalannya.

  9. Rini Hamupus Prahoro
    2011-12-145
    Seksi 01

    Dengan adanya dokumentasi yang merupakan hasil kerja selama mengaudit berarti auditor memiliki sikap tanggung jawab atas pekerjaannya yang mana semua bukti yang ditemukan selama mengaudit dan akan mambuktikan kinerja auditor. Selain itu dengan adanya dokumentasi tersebut auditor dapat menarik kesimpulan dari hasil temuannya serta dapat mendukung opini yang akan diberikan oleh auditor terhadap perusahaan yang diaudit.

  10. Nama : Dzikriyati Dwi Rifai Amini
    NIM : 2011-12-084
    Seksi : 01

    Dalam tahap evaluasi untuk mencapai dan mendukung kesimpulan akhir, dokumentasi sangatlah penting. Dokumentasi dibuat dengan hati-hati oleh auditor dalam lembar kerja audit. Auditor mempersiapkan laporan tertulis ataupun lisan berisi ringkasan penemuan dan berbagai rekomendasi dengan referensi bukti pendukung dalam lembar kerja, yang selanjutnya disajikan kepada manajemen, komite audit, dan komisaris. Untuk selanjutnya auditor melaksanakan penelitian lanjut untuk memastikan bahwa rekomendasi yang diberikan telah diwujudkan dan dilaksanakan.

  11. Nama : Ria Angraini
    NIM : 2011-12-006
    Seksi : 01

    Temuan audit yaitu masalah-masalah penting (material) yang ditemukan selama audit berlangsung dan masalah tersebut pantas untuk dikemukakan dan dikomunikasikan dengan auditee karena mempunyai dampak terhadap perbaikan dan peningkatan kinerja-ekonomi, efesiensi, dan efektivitas-auditee. Seluruh hasil laporan kemudian akan dibandingkan dengan hasil audit, dan akan ditetapkan berdasar kriteria, sebab, dan akibat. Kemudian auditor akan menetapkan kriteria yang berkaitan dengan standar aktifitas atau program, penyebab yang berkaitan dengan keterjadian pada saat audit dilaksanakan, dan pengaruh dari laporan tidak berkaitan dengan standar audit.

  12. Nama : Ermawati Syahrudi
    NIM : 2011-12-058
    Seksi : 01

    Berdasarkan blog diatas yang membahas mengenai laporan temuan bukti, laporan temuan bukti merupakan laporan yang patut diketahui oleh pihak manajemen, komite audit, dewan komisaris, dan pihak-pihak lain yang terkait untuk memastikan bahwa rekomendasi telah dipraktikkan. Auditor mempersiapkan laporan tertulis ataupun lisan yang merangkum penemuan berbagai rekomendasi audit, dengan referensi bukti pendukung dalam lembar kerja.

  13. Lita Aprilia
    2011-12-238
    seksi 01

    Dokumentasi sangat penting pada tahap evaluasi untuk menacapai dan mendukung kesimpulan akhir, setelah hasil audit dikomunikasikan, para auditor akan melaksanakan penelitian lanjut untuk memastikan bahwa rekomendasi mereka telah diimplementasikan.

  14. laporan temuan audit merupakan temuan yang dianggap penting dan berpengaruh saat di lakukan pengauditan, temuan tersebut kemudian dibicarakan / dikomunikasikan oleh pihak perusahaan sehingga dapat dilakukan penelitian lanjut untuk memastikan bahwa rekomendasi mereka telah diimplementasikan.

  15. NAMA : SITI FATIMAH
    NIM : 201112115
    SEKSI : 01

    Laporan temuan bukti audit sangat besar pengaruhnya terhadap kesimpulan yang akan ditarik oleh auditor untuk memberikan pendapat/opini atas laporan keuangan yang diauditnya. Oleh karena itu auditor harus mengumpulkan dan mengevaluasi bukti yang cukup dan kompeten agar kesimpulan yang akan diambilnya dapat dipercaya bagi pihak pemakai dan juga untuk menghindar dari tuntutan pihak – pihak yang berkepentingan di kemudian hari apabila pendapat yang diberikannya tidak pantas.

  16. Nama : Dian Purnama Yuliantni
    NIM : 2011 – 12 – 037
    Seksi : 01

    Bukti audit sangat besar pengaruhnya terhadap kesimpulan yang ditarik oleh auditor dalam rangka memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diauditnya. Oleh karena itu auditor harus mengumpulkan dan mengevaluasi bukti yang cukup dan kompeten agar kesimpulan yang diambilnya tidak menyesatkan bagi pihak pemakai dan juga untuk menghindar dari tuntutan pihak-pihak yang berkepentingan di kemudian hari apabila pendapat yang diberikannya tidak pantas. Tipe bukti audit berupa dokumentasi (bukti dokumenter) juga penting bagi auditor. Namun, dokumentasi pendukung yang dibuat dan hanya digunakan dalam organisasi klien merupakan bukti audit yang kualitasnya lebih rendah karena tidak adanya pengecekan dari pihak luar yang bebas. Bukti audit yang diperoleh selama pekerjaan lapangan harus didokumentasi- kan dengan baik dalam kertas kerja audit, disertai dengan keterangan mengenai klasifikasi bukti auditnya. Hal tersebut dimaksudkan agar auditor mudah dalam melakukan analsisis dan evaluasi lebih lanjut, sehingga proses pengembangan temuan audit dapat dilakukan dengan baik berdasarkan unsur-unsurnya.

  17. Sendy Eka Rini
    2011-12-123
    seksi 01

    Laporan temuan bukti audit sangat penting pada tahap evaluasi untuk mendukung kesimpulan temuan audit. Laporan ini disajikan kepada pihak manajemen, komite audit, dewan komisaris, dan pihak-pihak lain yang terkait. Setelah itu para auditor melaksanakan penelitian lanjut untuk memastikan bahwa rekomendasi mereka telah diimplementasikan..

  18. Nur Dwi Rahmawati
    2011-12-096
    Seksi 01

    Temuan-temuan audit dapat diambil kesimpulan yang ditarik oleh auditor dalam rangka memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diauditnya. Oleh karena itu auditor harus mengumpulkan dan mengevaluasi bukti yang cukup dan kompeten agar kesimpulan yang diambilnya tidak menyesatkan bagi pihak pemakai dan juga untuk menghindar dari tuntutan pihak-pihak yang berkepentingan di kemudian hari apabila pendapat yang diberikannya tidak pantas.
    Terdapat 3 ciri temuan audit yang dikategorikan baik, yaitu temuan audit, yaitu :
    1. Temuan audit harus didukung oleh bukti yang memadai
    2. Temuan audit harus penting (Material)
    3. Temuan audit harus mengandung unsur temuan (kondisi, criteria, dan sebab-akibat)

  19. Eka Puspita Esterina
    2011-12-099
    Seksi 01

    Menurut pendapat saya, laporan temuan audit sangat berpengaruh terhadap kesimpulan yang akan diambil oleh auditor. Dimana temuan audit digunakan sebagai sarana untuk mengadakan check and balance antara temuan audit yang diperoleh selama audit dan tujuan audit yang ditetapkan pada saat perencanaan audit. Opini dari auditee harus didapatkan secara tertulis, yang seharusnya memuat apakah auditee sependapat atau tidak dengan temuan yang disampaikan oleh auditor. Dan dimana dokumentasi sangatlah penting pada tahap evaluasi untuk mencapai dan mendukung kesimpulan akhir.
    Ciri-ciri temuan audit yang baik adalah : temuan audit harus didukung oleh bukti memadai, temuan audit harus penting (material), serta temuan audit harus mengandung unsur temuan (kondisi, kriteria, dan sebab-akibat).

  20. Bayu Timur
    2011-12-079
    Seksi 01
    Laporan temuan audit sangatlah penting dalam kegiatan Audit, karena didalam laporan tersebut auditor menyampaikan hkesalahan – kesalahn yang dilakukan pihak manajemen baik disengaja ataupun tidak disengaja. Lalu laporan temuan audit tersebut akan digunakan sebagai dasar bagi tim auditor untuk memebrikan rekomendasi apa saja yang perlu dilakukan pihak manajemen yang nantinya rekomendasi tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan manjemen dalam mengambil keputusan.

  21. Nama : Martha Deborah Silaen
    NIM : 2011-12-006
    Seksi : 01

    Temuan audit seharusnya didukung oleh bukti yang cukup agar auditee dan para pembaca temuan audit menjadi yakin tentang kebenaran isi temuan audit. Semua unsure (kondisi, criteria, dan sebab-akibat) harys didukung oleh bukti yang cukup. Pengembangan temuan audit dengan dukungan bukti yang kuat akan mempermudah penyusunan laporan sekaligus mempermudah penyiapan rekomendasi untuk mengatasi permasalahan auditee

  22. Laporan temuan audit merupakan hal utama yang harus disajikan oleh auditor, dimana dalam laporan temuan audit berisikan rincian tertulis atas penyebab dari segala permasalahan yang timbul (temuan negatif) serta beberapa temuan positif dalam pemeriksaan audit informasi suatu perusahaan. selain itu, dengan adanya laporan temuan audit maka segala pekerjaan yang dilakukan oleh auditor dapat dipertanggugjawabkan.
    Berdasar laporan temuan audit, auditor dapat memberikan suatu rekomendasi yang positif yang dapat meningkatkan maupun memperbaiki kinerja suatu perusahaan dimasa mendatang

  23. Nama : Rizky Ratna Kartika Sari
    Nim : 2011-12-077
    Temuan audit ini dapat berfungsi sebagaimedia antara auditor dan auditee dalam pemuktahirkan danperbaikan data serta informasi yang akan dimasukkan ke dalam laporan akhit audit. Temuan Audit adalah masalah-masalah penting(material) yang ditemukan selama audit berlangsung danmasalah tersebut pantas untuk dikemukakan dandikomunikasikan dengan entitas yang diaudit karenamempunyai dampak terhadap perbaikan dan peningkatankinerja ekonomi

  24. Nama : Nur Hanifah
    nim : 2011-12-070

    Menurut saya bukti audit sangat besar pengaruhnya terhadap kesimpulan yang ditarik oleh auditor dalam rangka memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diauditnya. Oleh karena itu audit harus mengumpulkan dan mengevaluasi hasil bukti audit secara teliti dan cermat agar hasil dari bukti audit tersebut dapat disajikan kepada pihak manajemen, komite audit, dewan komisaris, dan pihak-pihak lain yang terkait.

  25. TRI UTAMI YUSMAN
    2011-12-174
    SEKSI 01

    Laporan temuan bukti audit sangat penting bukti tersebut dapat membuat titik terang audit perusahaan. dimana bukti tersebut dapat mencari tahu sebab masalah perusahaan, mengevaluasi perusahaan tersebut dan auditor dapat memberikan solusi yang didapat dalam temuan bukti tersebut. terkadang bukti tersebut dapat berupa lisan maupun tulisan, yaitu dari wawancara dan bukti bukti tertulis seperti catatan laporan kerja dll. laporan bukti ini didapat dari seluruh pihak pihak yang terkait dalam perusahaan

  26. Temuan yang telah dikembangkan dengan baik harus disajikan sedemikian rupa sehingga masing-masing temuan dibedakan dengan jelas. Berikut ini diberikan beberapa saran yang perlu diperhatikan dalam penyajian temuan:
    o Gunakan sub judul dalam bagian temuan untuk membantu pihak pembaca mengikuti logika penyajian dan menilai hubungan-hubungan yang terdapat didalamnya.
    o Masukkan semua informasi yang penting dan relevan, walaupun mungkin informasi itu sifatnya menunjukkan bantahan terhadap pokok temuan auditor karena auditor harus bersifat objektif.
    o Jangan melebih-lebihkan, atau terlalu banyak memberikan tekanan. Yakinkan bahwa sikap auditor didukung oleh bukti-bukti yang kuat.
    o Hindarkan pengungkapan desas-desus sebagai fakta.
    o Jangan sertakan informasi yang bisa menyesatkan.
    o Yakinkan bahwa kesimpulan-kesimpulan adalah layak dan telah mengikuti logika dan informasi yang disajikan.
    o Jangan meniadakan kesimpulan-kesimpulan atau pernyataan sikap yang penting dengan anggapan bahwa hal-hal tersebut sudah diketahui oleh pihak pembaca.

  27. Nama : Rista Trijayanti
    Nim : 2011-12-002
    seksi : 01
    menurut saya informasi yang digunakan oleh Auditor untuk menentukan apakah informasi yang diaudit telah dinyatakan sesuai dengan criteria yang ditetapkan. Informasi ini sangat bervariasi sesuai kemampuannya dalam meyakinkan Auditor bahwa laporan keuangan telah disajikan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum. laporan temuan audit sangat besar pengaruhnya terhadap kesimpulan yang ditarik oleh auditor dalam rangka memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diauditnya. Oleh karena itu auditor harus mengumpulkan dan mengevaluasi bukti yang cukup dan kompeten agar kesimpulan yang diambilnya tidak menyesatkan bagi pihak pemakai dan juga untuk menghindar dari tuntutan pihak–pihak yang berkepentingan di kemudian hari apabila pendapat yang diberikannya tidak pantas.

  28. nama : Felesia Febelina
    NIM : 201212005
    seksi : 01

    Menurut pendapat saya laporan hasil pemeriksaan merupakan sebuah hasil dari pekerjaan seorang auditor ,dimana hasil ini akan memberikan sebuah pendapat tentang semua hal yang material dalam suatu entitas. Hasil temuan ini tentunya harus mempunyai dasar yang kuat agar nantinya tidak menyesatkan dan auditor harus mengumpulkan bukti yang cukup dan relevan.

  29. Melinda Febrina
    2012 12 003
    seksi 01

    Laporan hasil pemeriksaan merupakan sebuah laporan yang berisi hasil pemeriksaan berupa masalah-masalah penting dalam perusahaan yang ditemukan selama proses audit berlangsung dimana masalah tersebut patut diungkapkan dan dikomunikasikan kepada auditee karena mempunyai dampak terhadap auditee. Temuan audit harus material, dan mengandung unsur temuan (kondisi, kriteria, dan sebab-akibat). Temuan audit harus didukung oleh bukti yang memadai untuk memudahkan pembaca dalam memahami temuan, mempermudah penyusunan laporan dan mempermudah untuk menyiapkan rekomendasi untuk mengatasi permasalahan auditee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>