Materialitas dan Kepastian dalam mengumpulkan bukti Audit.

Materialitas dan kepastian. yang wajar merupakan hal yang penting ketika ingin memutuskan seberapa jauh kegiatan audit dibutuhkan dan kapan saat untuk mengevaluasi bukti. Oleh karena kesalahan selalu ada pada sistem manapun, para auditor berfokus untuk mendeteksi dan melaporkan kesalahan-kesalahan yang memiliki dampak signifikan pada interpretasl pihak manajemen atas penemuan-penemuan audit.

materiality-urlMenetapkan materialitas, yaitu mengenai apa yang penting dan tidak penting berdasarkan suatu situasi, sebagian besar merupakan masalah penilaian. Materialitas secara umum lebih penting untuk audit eksternal, yang penekanan umumnya adalah kejujuran penyajian laporan keuangan, bukan untuk audit internal, yang berfokus untuk menetapkan tingkat kesesuaian dengan kebijakan manajemen.

Auditor mencari keyakinan yang wajar bahwa tidak ada kesalahan yang material dalam informasi atau proses yang diaudit. Oleh karena sangat mahal untuk mencari kepastian yang lengkap, audit harus bersedia menerima sejumlah risiko bahwa kesimpulan audit tidak benar. Merupakan hal yang penting untuk disadari bahwa ketika risiko inheren atau pengendalian tinggi, auditor harus mendapatkan keyakinan yang lebih besar untuk mengimbangi ketidakpastian dan risiko yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>