Pendekatan Audit Berdasarkan Risiko(The Risk Based Audit Approach).

risk-base-audit-urlPendekatan empat tahap berikut ini untuk evaluasi pengendalian internal; disebut pula sebagai pendekatan audit berdasarkan risiko, dan memberikan kerangka logika untuk melaksanakan audit:

  • Tentukan ancaman-ancaman (kesalahan dan ketidakberaturan) yang dihadapi SIA.
  • Identifikasi prosedur pengendalian yang diimplementasikan untuk meminimalkan setiap ancaman dengan mencegah afau mendeteksi kesalahan dan ketidak┬Čberaturan.
  • Evaluasi prosedur pengendalian. Meninjau dokumentasi sistem dan wawancara dengan personil yang tepat untuk menetapkan apakah prosedur yang dibutuhkan ada atau tidak, disebut pula sebagai tinjauan sistem. Kemudian, uji pengendalian dilaksanakan untuk menetapkan apakah prosedur-prosedur tersebut telah diikuti dengan baik. Uji ini terdiri dari berbagai kegiatan seperti mengamati operasional sistem; memeriksa dokumen, catatan, dan laporan; memeriksa beberapa sampel input dan output sistem; serta menelusuri transaksi di sepanjang sistem.
  • Evaluasi kelemahan (kesalahan dan ketidak-beraturan yang tidak terungkap oleh prosedur pengendalian) untuk menetapkan pengaruhnya atas sifat, atau keluasan prosedur audit dan saran pada klien. Langkah ini berfokus pada risiko pengendalian dan apakah sistem pengendalian secara keseluruhan menangani hal-hal tersebut atau tidak. Apabila kekurangan pengendalian teridentifikasi, auditor menanyakan tentang pengendalian pengimbang (compensating control), atau prosedur-prosedur yang mengimbangi kekurangan tersebut. Kelemahan pengendalian di sebuah area mungkin dapat diterima apabila kelemahan tersebut diimbangi dengan kelebihan pengendalian di area lainnya.

identify-urlPendekatan berdasarkan risiko untuk audit memberikan para auditor pemahaman yang jelas atas kesalahan dan ketidak-beraturan yang dapat terjadi dan risiko serta pajanan(exposure) yang terkait. Pemahaman atas hal ini memberikan dasar yang kuat untuk mengembangkan rekomendasi pada pihak manajemen mengenai bagaimana sistem pengendalian SIA seharusnya ditingkatkan.

2 thoughts on “Pendekatan Audit Berdasarkan Risiko(The Risk Based Audit Approach).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>