Tujuan 4.10- Audit Sistem Informasi: Audit Pengendalian Pemrosesan Komputer, Continuous and intermittent simulation (CIS)

cis_logo1Continuous and intermittent simulation (CIS) melekatkan modul audit dalam sistem manajemen database. Modul CIS memeriksa seluruh transaksi yang memperbarui DBMS dengan menggunakan kriteria yang hampir sarna dengan SCARF.

intermitten-simulation-mage-0000872Apabila sebuah transaksi memiliki nilai untuk diaudit, modul tersebut akan secara independen memproses data (dalam cara yang hampir sarna dengan simulasi paralel), mencatat hasil-hasilnya, dan membandingkan hasilnya dengan yang didapat dari DBMS.

Apabila terjadi penyimpangan, rincian penyimpangan tersebut akan ditulis dalam daftar audit untuk penyelidikan selanjutnya. Apabila ditemukan penyimpangan yang serius, CIS akan mencegah DBMS melaksanakan proses pembaruan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>