Tujuan 4.5- Audit Sistem Informasi: Audit Pengendalian Pemrosesan Komputer, Teknik Audit Bersamaan

Teknik Audit Bersamaan.
concurrent-audit-techJutaan dolar transaksi dapat diproses oleh sistem on-line tanpa meninggalkan jejak audit yang memuaskan. Dalam kasus semacam ini, bukti dikumpulkan setelah pemrosesan data dianggap tidak cukup untuk tujuan audit. Sebagai tambahan, oleh karena banyak sistem on-line memproses transaksi seeara terus-menerus, merupakan hal yang sulit atau tidak mungkin untuk menghentikan sistem tersebut dan melaksanakan pengujian audit. Jadi, auditor menggunakan teknik audit bersamaan untuk secara terus-menerus mengawasi sistem dan mengumpulkan bukti audit sementara data langsung diproses selama jam kerja normal.

Teknik audit bersamaan menggunakan modul audit melekat (embedded audit module), yaitu bagian-bagian dari kode program yang melaksanakan fungi audit. Mereka juga melaporkan hasil pengujian ke auditor dan menyimpan bukti yang dikumpulkan untuk ditinjau oieh auditor. Teknik audit bersamaan sangat memakan waktu dan sulit digunakan, tetapi tidak akan terlalu sulit dilaksanakan apabila digabungkan ketika program sedang dikembangkan.

Terdapat 5(lima) Teknik Audit Bersamaan, yaitu:

  • Integrated test facility (ITF)
  • Snapshot
  • System control audit review file (SCARF)
  • Audit hooks
  • Continuous and internittent simulation (CIS)

One thought on “Tujuan 4.5- Audit Sistem Informasi: Audit Pengendalian Pemrosesan Komputer, Teknik Audit Bersamaan

  1. Nama : Armando Ondihon
    Nim : 201383124
    sesi 02
    hal yang sulit atau tidak mungkin untuk menghentikan sistem tersebut dan melaksanakan pengujian audit. Jadi, auditor menggunakan teknik audit bersamaan untuk secara terus-menerus mengawasi sistem dan mengumpulkan bukti audit sementara data langsung diproses selama jam kerja normal.
    Teknik audit bersamaan menggunakan modul audit melekat
    yaitu bagian-bagian dari kode program yang melaksanakan fungi audit. Mereka juga melaporkan hasil pengujian ke auditor dan menyimpan bukti yang dikumpulkan untuk ditinjau oieh auditor. Teknik audit bersamaan sangat memakan waktu dan sulit digunakan, tetapi tidak akan terlalu sulit dilaksanakan apabila digabungkan ketika program sedang dikembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>