Tujuan 4.6- Audit Sistem Informasi: Audit Pengendalian Pemrosesan Komputer, Integrated test facility (ITF)

ITF-urlIntegrated test facility (ITF) adalah teknik yang menempatkan serangkaian kecil catatan fiktif di file utama. Catatan tersebut dapat saja mewakili bagian, departemen, atau kantor cabang, pelanggan, atau pemasok fiktif..Pemrosesan transaksi uji yang memperbarui catatan fiktif ini tidak akan mempengaruhi catatan asli.

fictitious-urlOleh karena catatan fiktif dan yang sesungguhnya diproses bersama-sama, para pegawai perusahaan biasanya tetap tidak menyadari bahwa pengujian tersebut berjalan. Sistem tersebut harus membedakan catatan ITF dari catatan yang sesungguhnya, mengumpulkan informasi atas dampak transaksi uji, serta melaporkan hasilnya.

Auditor akan membandingkan pemrosesan dengan hasil yang diharapkan, untuk memverifikasi bahwa sistem tersebut beserta pengendaliannya beroperasi dengan benar.

Dalam pemrosesan seeara batch, teknik ITF meniadakan kebutuhan untuk melakukan penelusuran transaksi uji dan dengan mudah disembunyikan dari para pegawai yang mengoperasikan sistem tersebut.

ITF sangat sesuai untuk menguji sistem pemrosesan on┬Čline, karena transaksi uji dapat dilakukan sesering mungkin, diproses bersama dengan transaksi yang sesungguhnya, dan ditelusuri melalui seluruh tahap pemrosesan.

Semua ini dapat dicapai tanpa mengganggu operasional pemrosesan yang normal; akan tetapi, perhatian harus diberikan untuk tidak menggabungkan catatan fiktif dengan yang sesungguhnya selama proses pelaporan.

One thought on “Tujuan 4.6- Audit Sistem Informasi: Audit Pengendalian Pemrosesan Komputer, Integrated test facility (ITF)

  1. pagi pak, saya mau tanya jika perusahaan tersebut baru 2 tahun dan ingin memulai sistem akutansi yang baru apakah harus memiliki sistem pengendalian informasi (server) juga untuk back up data?

    terima kasih pak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>